Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 18–24 November 2022.
Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, Partai Nasdem masih menjadi parpol yang paling banyak disebut sejak mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 pada awal Oktober 2022. Baik di media pemberitaan online maupun Twitter, Nasdem berhasil menguasai penyebutan secara konsisten di urutan 1 berturut-turut.
Sedangkan posisi 2-5 diisi oleh Demokrat, PDIP, PKS, dan Gerindra. Jika dibandingkan dengan periode sebelumnya terdapat perubahan pada peringakat tiga yang sebelumnya diisi Gerindra sekarang ditempati PDIP yang sebelumnya menempati posisi empat. Sedangkan posisi 4 ditempati PKS yang sebelumnya di posisi lima, kemudian posisi 5 pekan ini ditempati Gerindra yang anjlok dua posisi.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Badai PHK masih jadi momok para pekerja startup. Yang terbaru, Sirclo Group mengumumkan pemutusan hubungan kerja terhadap 8% dari total karyawannya yang berlaku efektif per 22 November 2022. Sebelumnya, PHK karyawan di perusahaan GoTo, Shopee, dan Ruangguru juga menjadi sorotan media dan publik. Beragam opini disuarakan warganet dalam mengamati fenomena ini.
Sebelumnya, Media Monitoring Netray sempat membahas topik ini dalam artikel Ada Apa dengan Startup ketika gelombang PHK menyerang startup pada Q1 2022. Hingga jelang akhir tahun 2022 ternyata gejolak badai PHK masih terus menanjak.
Gelombang PHK startup mulai merangkak naik sejak Q1 2022. Dilansir dari layoffs.fyi, hingga saat ini tercatat terdapat lebih dari lima puluh ribu karyawan yang telah mengalami PHK dari berbagai perusahaan startup dunia. Meski belum memasuki akhir tahun, angka PHK ini bahkan naik hingga 60,7% daripada jumlah pada kuartal sebelumnya.
Memantau dengan kata kunci “phk” dalam kanal news, Netray menemukan 1.455 artikel. Pemberitaan terkait topik ini ditemukan dalam berita dengan kategori finance & insurance. Dalam periode pemantauan 17-23 November 2022 topik tersebut mampu mencuri perhatian 129media berita daring Indonesia.
Gambar 1 Statistik Pemberitaan
Peak time pemberitaan terjadi di tanggal 18 November 2022 dengan total pemberitaan mencapai 413 artikel dalam satu hari. Kabar PHK karyawan GoTo dan Ruangguru menjadi pemberitaan utama di hari tersebut. Pemberitaan terkait topik ini didominasi oleh berita bersentimen negatif meski berita sentimen positif juga tak terpaut jauh.
Gambar 2 Peak Time dan Sentiment Trend Pemberitaan
Menggunakan kata kunci tersebut, media massa banyak memberitakan terkait perusahaan GoTo, Ruangguru, dan juga Shopee. Terlihat dari gambari di bawah ini, nama-nama perusahaan tersebut masuk ke dalam jajaran Top Organizations pantauan Netray (Gambar 3). Tak hanya itu, GoTo dan Ruangguru juga masuk ke dalam jajaran Word Cloud bersanding dengan beberapa kosakata dominan lainnya, seperti perusahaan, pemutusan, hubungan, kerja, karyawan, dan lainnya (Gambar 4).
Gambar 3 Top Organizations
Gambar 4 Word Cloud
Menyandang status sebagai perusahaan unicorn menjadikan perusahaan ini sebagai salah satu perusahaan yang diminati para jobseeker. Kolaborasinya dengan Tokopedia (GoTo) justru semakin membuat perusahaan ini diincar para pencari pekerjaan. Terlihat dari artikel di bawah ini (Gambar 5), GoTo telah mengangkat sebanyak 586 karyawan tetap baru di perusahaan per 30 Juni 2022. Dengan kata lain, jumlah pekerja di perusahaan di kuartal II 2022 ialah mencapai 9.630 karyawan tetap.
Gambar 5 Sampel Berita
Gambar 6 Sampel Berita
Namun, setelah perekrutan besar-besaran tersebut justru GoTo memberikan badai PHK kepada 1.300 karyawannya (Gambar 6). Dilansir dari Bisnis Indonesia, Chief Financial Officer GOTO Jacky Lo menuturkan perampingan personel tersebut membuat beban biaya GoTo berkurang hingga 14 persen. Artinya, dengan pengurangan jumlah karyawan tersebut GoTo mengklaim telah membuat perusahaan berhemat hingga Rp965 miliar.
Gelombang Pembicaraan PHK di Twitter
Badai PHK yang menerpa pekerja Indonesia juga tengah menjadi sorotan warganet lantaran kondisi ini justru muncul dan mencuat pasca Covid-19. Dengan menggunakan kata kunci dan periode pemantauan yang sama dengan kanal news, Netray menemukan sebanyak 9.602 twit dengan dominasi twit bersentimen negatif. Dari sekian twit, 56% di antara nya ialah twit dengan sentimen negatif dan hanya 16% yang merupakan sentimen positif.
Gambar 7 Statistik Perbincangan
Perbincangan terkait gelombang PHK ini cukup menarik perhatian warganet Twitter. Terilhat dari jumlah impresi yang didapat yakni sebanyak 1,1 juta reaksi. Dari twit yang diunggah oleh 4.685 akun, topik ini bahkan mampu menjangkau hingga 120,1 juta akun.
Akun yang paling santer mengetwit kata kunci selama periode pemantauan ialah akun portal berita @detikfinance dengan total sebanyak 78 twit. Selain Detik, beberapa akun portal berita lainnya juga turut membagikan twitnya terkait topik PHK ini. Hanya akun milik @za2ng2509 dan @JHaduw yang merupakan akun non-media yang menduduki jajaran ini.
Gambar 8 Top Accounts by Count
Sedangkan akun yang paling banyak mendapat impresi setelah mengetwit kata kunci ini ialah akun milik @txtfrombrand. Akun tersebut membagikan twit yang berisikan repost gambar pemberitaan terkait PHK yang terjadi di perusahaan GoTo dan Sirclo. Dari twit-twit tersebut @txtdaribrand telah mendapatkan 19.043 reaksi dari warganet.
Gambar 9 Top Accounts by Popularity
Gambar 10 Sampel Twit @txtfrombrand
Banyaknya jumlah pekerja yang terdampak PHK, terutama oleh startup di Indonesia membuat banyak warganet kini merasa sangsi dengan perusahaan-perusahaan ini. Warganet menyimpulkan bahwa bekerja di perusahaan startup memang tak seharusya dalam durasi yang lama karena perusahaan yang notabene berbasis IT tersebut akan mengurangi jumlah pekerja setelah mendapatkan keuntungan.
Gambar 11 Sampel Twit
‘Bakar duit’ ala startup menjadi bahan perbincangan warganet yang andil dalam mengkritik fenomena ini. Perusahaan-perusahaan ini dinilai mampu menggaet konsumen atau pelanggan lebih cepat lantaran banyaknya karyawan yang dipekerjakan sehingga mampu menciptakan lingkungan kerja yang baik. Namun, di balik itu, anggaran untuk menggaji karyawan akan dinilai sebagai beban sehingga layyoff menjadi senjata perusahaan untuk bertahan. Cara mempekerjakan yang demikian yang dijadikan ajang kritik warganet terkait metode bekerja di startup.
Gambar 11 Sampel Twit
Gambar 12 Sampel Twit
Tak berhenti pada kritik perusahaan startup, UU Ciptakerja juga menjadi ajang kritik warganet lantaran hal ini dinilai sebagai penyebab perusahaan dapat secara mudah melakukan PHK. Bahkan warganet juga menilai bahwa perundangan-undangan ini bukan merupakan undang-undang yang berpihak pada pekerja, namun justru berpihak pada pemberi kerja atau perusahaan. Maka tak heran, jika banyak warganet yang menilai undang-undang ini justru dijadikan alat perusahaan untuk mempermudah PHK.
Gambar 13 Sampel Twit
Gambar 14 Sampel Twit
Startup yang pernah menjadi incaran para jobseeker kini justru mendapat sentimen negatif dan menjadi ajang kritik bagi warganet setelah gelombang badai PHK kian menanjak. Sempat meredam di tahun 2021, tahun 2022 gelombang ini kembali menjulang dan menerpa para pekerja Indonesia. Tak heran, perusahaan yang dulu menjadi target pencari kerja kini justru menjadi momok lantaran fenomena ini. Undang-undang yang seharusnya menjadi pelindung, nyatanya saat ini dinilai ‘membuntungkan’ pekerja.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Piala Dunia 2022 resmi digelar pada 20 November 2022 lalu hingga 18 Desember 2022 mendatang. Ajang pesta sepak bola dunia empat tahunan ini diadakan di Qatar sebagai tuan rumah. Hal ini menjadi pertama kali dalam sejarah Jazirah Arab sebagai tuan rumah dengan negara berpenduduk mayoritas Muslim.
Didapuknya Qatar sebagai tuan rumah juga diliputi oleh berbagai kontroversi dan kabar miring yang sempat terjadi, mulai dari korupsi hingga isu kerja paksa yang berujung pada pelanggaran HAM. Meski demikian, pada 20 November 2022 lalu opening ceremony berhasil digelar dengan berbagai suguhan pertunjukan.
Untuk mengetahui ragam perbincangan warganet terkait Piala Dunia 2022 Netray melakukan monitoring sejak 16 November 2022 sampai dengan 22 November 2022 dengan kata kunci “piala dunia”. Dari kosakata populer di bawah (Gambar 1) tampak berbagai kata yang kerap digunakan warganet dalam perbincangan terkait Piala Dunia, seperti streaming, opening, jungkook, fifa, ayat, islam, pembukaan, dan berbagai kata lainnya.
Gambar 1. Kosa kata populer
Selama periode tersebut Netray mendapati 59,4 ribu total cuitan warganet yang didominasi oleh perbincangan bersentimen negatif. Jumlah impresi warganet mencapai 122,8 juta dengan berpotensi menjangkau 302,1 juta akun pengguna Twitter. Topik ini pun lebih banyak dicuitkan oleh akun-akun yang terdeteksi bergender laki-laki sebanyak 17,8 ribu.
Gambar 2. Infografik warganet
Perbincangan warganet terkait Piala Dunia mulai melonjak sejak 19 November 2022 lalu dan mencapai puncaknya pada 22 November 2022. Selain pada tanggal tersebut perbincangan warganet juga sempat mengalami peningkatan saat upacara pembukaan berlangsung, yakni pada 20 November 2022.
Gambar 3. Grafik perbincangan warganet
Selama periode pantauan Netray terdapat berbagai cuitan populer yang menjadi topik perbincangan warganet. Sebagaimana tampak pada Gambar 4, beberapa cuitan warganet menyoroti official song Piala Dunia 2022 yang dibawakan oleh Jungkook. Popularitas Jungkook sebagai member BTS turut mendulang tingginya antusiasme warganet akan lagu yang dinyanyikannya saat upacara pembukaan tersebut.
Gambar 4. Cuitan populer warganet
Selain itu, warganet juga menyoroti pembacaan Q.S Al-Hujurat saat pembukaan berlangsung. Sebagai negara dengan mayoritas berpenduduk muslim, Qatar memamerkan identitas tersebut sebagai suatu kebanggaan. Hal ini pun mendapat apresiasi dari warganet Indonesia yang turut merasa senang akan hal tersebut.
Piala Dunia 2022 dan Impresi Negatif Warganet
Seperti yang telah disinggung di awal, statistik kata kunci “piala dunia” selama periode pantauan Netray didominasi oleh sentimen negatif. Terlepas dari banyaknya apresiasi positif yang dilemparkan untuk pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar, perbincangan soal Piala Dunia tahun ini banyak diisi opini negatif dengan total 14.016 twit.
Gambar 5. Grafik sentimen negatif warganet
Mulai dari isu terkait official song yang dibawakan oleh Jungkook, pelarangan atribut LGBT, terbatasnya minuman beralkohol, hingga isu pelanggaran HAM turut menjadi sorotan warganet. Sebagian warganet menyoroti isu LGBT yang dilarang keras di Qatar, hal ini lantas menjadi kritik negara-negara lain yang membebaskan hal tersebut.
Gambar 6. Cuitan negatif warganet
Sebagai negara Muslim Qatar juga sangat memperketat peredaran alkohol di negaranya. Hal ini juga turut menjadi kontroversi mengingat tamu mereka kali ini datang dari berbagai negara dengan budaya yang berbeda. Sehingga mau tidak mau para suporter dan tamu yang tiba di Qatar harus patuh mengikuti aturan yang berlaku di negara tersebut.
Selain itu, isu terkait pelanggaran HAM juga beredar menjadi perbincangan luas warganet. Adanya dugaan Qatar melakukan pelanggaran HAM terhadap pekerja migran menjadi isu kontroversi yang turut menyumbang sentimen negatif dari perhelatan akbar ini. Isu tersebut berkembang di media sosial setelah diduga terdapat 6.500 pekerja migran yang mengalami pelanggaran HAM saat pengerjaan proyek untuk Piala Dunia 2022 tersebut. Namun, kabar miring ini masih menjadi bola liar di berbagai media yang belum diketahui kebenarannya.
Gambar 7. Media populer
Top media populer yang banyak mendapat perhatian warganet dalam perbincangan ini adalah pernyataan dari Kepala Keamanan Piala Dunia Qatar 2022 Abdullah Nasari. Ia menyampaikan pendapatnya terkait aturan ketat LGBT selama Piala Dunia berlangsung di Qatar. Qatar menolak dengan tegas segala aktivitas dan atribut LGBT selama Piala Dunia di Qatar berlangsung. Selain itu, warganet tampak mengunggah foto dari ayat Al Quran yang dibacakan saat opening ceremonial pada Minggu, 20/11/22 lalu.
Selanjutnya dapat diamati Top Kategori (Gambar 8) dari topik perbincangan warganet terkait Piala Dunia. Pada kategori akun populer tampak @bts_bighit menjadi akun paling populer pada topik ini. Jungkook yang tampil di upacara pembukaan membawakan official song World Cup 2022 bersama Fahad Al Kubaisi berhasil menarik perhatian warganet secara luas hingga @bts_bighit menjadi akun paling populer pada topik ini karena kerap mendapat mentions.
Gambar 8. Top kategori
Sementara pada kategori Tokoh Populer tampak nama @Husen_Jafar menjadi tokoh paling populer. Hal ini pun dipengaruhi oleh cuitannya yang mengingatkan warganet untuk tidak berjudi saat pesta sepak bola dunia berlangsung. Cuitan tersebut pun mendapat sambutan luas warganet hingga cuitannya masuk dalam kategori cuitan populer.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Mengulas sebuah produk atau makanan menjadi hal yang populer saat ini. Bahkan konten-konten jenis ulasan atau review dapat dengan mudah ditemukan di media sosial mana pun, baik di Youtube, TikTok, Twitter, hingga Instagram. Produk yang diulas pun beragam mulai dari fesyen, benda elektronik hingga mi ayam.
Makanan yang dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia ini pun tak luput dari berbagai review warganet di media sosial. Warganet yang mengulas sebagian besar memuat promosi terkait mi ayam yang menurut mereka memiliki rasa yang enak. Namun media sosial manakah yang paling ramai dalam membahas topik terkait mi ayam saat ini?
Netray pun memantau perbincangan terkait mi ayam di beberapa media sosial, yakni TikTok, Instagram, dan Twitter selama periode 10 November 2022 sampai dengan 16 November 2022. Seberapa ramaikah perbincangan terkait review konten mi ayam di masing-masing media sosial tersebut?
Gambar 1. Infografik TikTok
Di TikTok konten terkait mi ayam ditemukan sebanyak 9 unggahan. Konten-konten tersebut meraih impresi sebesar 427,7 ribu dengan total like sebanyak 421,4 ribu. Konten tersebut mendapatkan lebih dari dua ribu komentar dan dibagikan kembali sebanyak 4,3 ribu kali.
Gambar 2. Konten mie ayam di TikTok
Salah satu konten mi ayam milik akun @setoriskyramadhan tampak mendapatkan like mencapai 34,4 ribu dan dibagikan hingga 305 kali. Konten yang memuat challenge dan review mi ayam tersebut tampak ramai mendapat respon warganet pengguna TikTok. Konten-konten ulasan yang viral semacam ini tentu dapat memberi nilai positif bagi brand yang sedang dipromosikan. Selain menjadi lebih banyak dikenal, biasa banyak warganet yang kemudian penasaran dan pada akhirnya meningkatkan konversi penjualan produk.
Di Instagram, konten terkait mi ayam memiliki jumlah yang lebih signifikan, perbandingan tersebut dapat diamati melalui jumlah konten yang ditemukan Netray dengan periode pantauan yang sama. Jumlah unggahan pada topik mie ayam mencapai 1.004 konten dengan lebih dari 50% konten tersebut bersentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 24,6 ribu dengan berpotensi menjangkau 3,3 juta akun pengguna Instagram.
Gambar 2. Infografik Instagram
Jumlah konten di Instagram tersebut menandakan bahwa secara jumlah Instagram masih lebih banyak digunakan oleh warganet untuk mereview makanan, termasuk mi ayam. Berikut beberapa konten mi ayam yang diunggah oleh warganet di Instagram.
Gambar . Konten-konten mie ayam di Instagram
Terlihat beberapa konten terkait mi ayam yang diunggah oleh warganet dengan jumlah like pada masing-masing konten mencapai ratusan bahkan ribuan. Hal ini didukung oleh popularitas masing-masing akun, seperti halnya akun @ariemadione yang memiliki jumlah pengikut mencapai 76,8 ribu. Satu unggahannya terkait mi ayam mampu mendulangsebanyak 1.620 like.
Populernya konten mi ayam di Instagram tak lepas dari peran akun-akun kuliner yang kerap membagikan konten terkait berbagai jenis makanan. Banyaknya jenis akun seperti ini membuat konten terkait review makanan cukup populer di Instagram. Selain itu, hal ini juga didukung dari warganet yang kerap melakukan interaksi dengan akun tersebut bahkan untuk sekedar mencari referensi guna menemukan makanan paling direkomendasikan.
Lalu akun-akun siapa sajakah yang populer dalam topik seputar mi ayam di Instagram?
Gambar . Top akun dan tagar terkait
Terlihat berbagai akun dengan nama akun mie atau bakso mendominasi kategori Top Akun pada topik ini. Salah satu akun yang paling populer yakni @mie.today. Sesuai dengan namanya akun tersebut pun mengunggah berbagai konten ulasan tentang mi ayam. Sementara itu, tagar yang banyak digunakan oleh warganet dalam mempopulerkan topik ini adalah kulinerindonesia, bakso, kuliner, foodie, dan berbagai tagar lainnya.
Sementara itu, di media sosial Twitter mi ayam menjadi topik perbincangan yang cukup menarik bagi warganet. Selama periode yang sama Netray menemukan lebih dari tiga ribu cuitan terkait mi ayam dengan didominasi oleh sentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 3,3 juta dengan berpotensi menjangkau 11,7 juta akun pengguna Twitter.
Gambar . Infografik Twitter
Perbincangan warganet terkait mi ayam di Twitter tampak mengalami lonjakan sejak 14 November 2022 dengan intensitas tertinggi pada 16 November 2022. Sementara itu, pada kosakata populer tampak berbagai kata yang kerap digunakan warganet dalam membahas topik terkait mi ayam, seperti yamien, bandung, jogja, jakarta, wonogiri, dan berbagai kosakata lainnya.
Gambar . Grafik intensitas perbincangan warganet dan kosa kata populer
Di Twitter perbincangan terkait mi ayam pada periode ini turut didominasi oleh perbincangan terkait mie yamien. Dua menu ini kemunculannya mendominasi perbincangan warganet pada periode pantauan Netray. Hal ini juga berkaitan dengan berbagai nama kota yang turut menjadi pembahasan warganet.
Berbagai kota tersebut disebut warganet untuk menyampaikan opini mereka terkait ciri khas mi ayam dan mi yamin dari berbagai kota yang menjadi andalan warganet. Hal ini bahkan mengundang perdebatan di antara warganet.
Gambar . Perdebatan warganet
Meningkatnya intensitas perbincangan warganet terkait mi ayam di Twitter sejak 14 November 2022 diketahui dipantik oleh salah satu cuitan warganet yang membagikan pengalamannya mencoba mi yamien di Yogyakarta. Menurutnya mi tersebut tidak seenak mi yamin yang berada di Bandung. Hal ini kemudian memantik perdebatan panjang dari warganet.
Salah satu warganet menyarankan apabila di jogja sebaiknya mencoba menu mi ayam, bukan mi yamin. Meski beberapa warganet juga turut memberikan opininya bahwa di Jogja memang cukup sulit menemukan mi ayam yang enak.
Di Twitter akun @berrypuncch tampak menempati urutan teratas kategori akun paling populer pada topik ini, diikuti oleh akun @rasjawa. Melalui akunnya tampak @berrypuncch selama periode pantauan Netray mencuitkan beberapa cuitan terkait mi ayam. Cuitannya pun ramai mendapat respon dari warganet lainnya hingga menjadi cuitan populer.
Gambar . Akun populer
Pemanfaatan media sosial sebagai brand awareness atau media promosi agaknya dapat menjadi alternatif yang berdampak positif bagi pengusaha. Beragam konten terkait makanan yang diulas oleh pengguna media sosial membuat brand tersebut meraih atensi publik hingga berpotensi meningkatkan penjualan. Dari ketiga kanal media yang dipantau Netray, masing-masing memiliki insight yang berbeda dan menarik.
TikTok meskipun tidak banyak ditemukan konten ulasan mi ayam sebanyak Instagram, jumlah impresi seperti view, like, comment, dan share count lebih tinggi hingga ratusan ribu. Artinya, konten soal mi ayam di TikTok sedikit namun tiap konten lebih mudah mendapatkan impresi dibanding Instagram yang kebanyakan interaksi terjadi pada akun dengan banyak pengikut seperti influencer atau akun kuliner. Hal ini berkaitan dengan menjamurnya akun-akun kuliner di Instagram yang menjadikan mi ayam sebagai bagian dari konten mereka.
Berbeda lagi dengan Twitter yang total perbincangan dan impresinya jauh lebih besar dari TikTok dan Instagram namun karena dipantik oleh sebuah utas dari suatu akun sehingga lebih banyak berisi diskusi dan opini pribadi, yang tentu saja akan lebih beragam dan variatif arah pembahasannya bergantung pada utas apa yang tengah populer. Dalam periode pantauan ini mi ayam dibicarakan bersama mi yamin yang kemudian melebar pada perdebatan soal wilayah.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali telah berlangsung pada 15-16 November 2022. Konferensi yang menghadirkan 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa ini sangat menyedot perhatian publik. Bagaimana tidak? Dalam dua hari pelaksanaannya, pembicaraan warganet mengenai konferensi ini telah menyentuh angka ratusan ribu twit. Tak hanya soal keberhasilan Indonesia menghelat KTT G20, tetapi juga soal anggaran, isu lingkungan, hingga Anies Baswedan.
Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, selama 14-17 November 2022 terdapat lebih dari 200 ribu twit dengan kata kunci ‘g20’. Dari sekian twit, 122,9 ribu di antaranya ialah twit bersentimen positif sedangkan jumlah twit dengan sentime negatif sebanyak 31,7 ribu twit.
Gambar 1 Statistik Perbincangan
Konferensi ini sangat menyedot anime publik, terutama warganet. Dalam pantauan Netray, ditemukan sebanyak kurang lebih 54,9 ribu akun turut menyuarakan atau berbagi twit dengan kata kunci tersebut. Selain itu, antusiasme warganet juga terlihat dari jumlah potential reach yang mencapai 611,1 juta akun dengan total impresi sebanyak 520,4 juta reaksi.
Sentimen Positif Disumbang oleh Akun Tokoh Publik
Gelombang arus twit positif banyak dihadirkan oleh akun-akun yang memiliki jutaan pengikut , seperti tokoh publik. Dari gambar di bawah ini, terlihat beberapa nama tokoh publik yang menduduki jajaran Top Accounts by Popularity (Gambar 2). Akun milik Presiden RI, @jokowi bahkan menduduki peringkat pertama sebagai akun yang banyak mendapat impresi pada topik ini. Selanjutnya, terdapat nama @narendramodi yang merupakan Perdana Menteri India dan @wishnutama mantan Menteri Kemenparekraf.
Gambar 2 Top Accounts by Popularity
Presiden Jokowi aktif dalam memberikan informasi terkait jalannya KTT G20. Setiap twit @jokowi tersebut bahkan mendapat ribuan impresi dari warganet. Dalam twit di hari terakhir pelaksanaannya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa konferensi akbar tersebut merupakan suatu kehormatan besar bagi Indonesia. Suatu kebanggaan dan penuh syukur lantaran G20 telah menghasilkan Leaders Declaration (Gambar 3).
Tak hanya Presiden RI, Narendra Modi (Gambar 4) juga berbagi twit terkait kedatangannya di Bali ketika turut ambil bagian dalam KTT G20. Twit yang berisikan harapan tersebut menyumbang sentimen positif dan mendapat impresi sebanyak 22.563 like serta 4.296 retweet.
Gambar 3 Twit @jokowi
Gambar 4 Twit @narendramodi
Gelombang Pembicaraan Negatif Perhelatan G20
Perhelatan besar yang membawa beberapa pimpinan negara dan tamu agung tentu tak luput dari biaya penyelenggaran yang fantastis. Dilansir dari unggahan @korantempo, total anggaran yang dikeluarkan pemerintah dalam menyelenggarakan perjamuan besar ini mencapai Rp674,8 miliar. Biaya yang dinilai fantastis tersebut menjadi ajang kritik warganet yang merasa risau lantaran konferensi ini diklaim terancam gagal menghasilkan komunike bersama. Kegagalan tersebut disebabkan oleh adanya ketegangan geopolitik. Isu perubahan iklim, krisis multisektor, hingga perpecahan geopolitik yang membuat konferensi sulit menghasilkan leader’s declaration.
Gambar 5 Sampel Twit
Kegiatan yang memiliki poin-poin untuk mengatasi krisis global ini pun tak luput dari kritik. Waraganet menilai bahwa poin pembahasan konferensi akbar tersebut justru 180 derajat berbanding terbalik dengan realita yang terjadi di Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh akun @Dhandy_Laksono yang mengungkapkan bahwa KTT G20 membahas tentang transisi energi padahal yang terjadi di Indonesia adalah sebaliknya. Dhandy memberikan contoh seperti halnya PLN yang dinilai sebagai sapi perah oligarki batubara.
Gambar 6 Sampel Twit
Tak hanya perihal poin-poin pembahasan G20, teknis penyelenggaraan pun juga menjadi sasaran kritik warganet. Anggaran penari Pendet menjadi sorotan setelah akun @kurawa mengunggah twitnya. Dalam twit tersebut, @kurawa mengatakan bahwa para penari Pendet merupakan sosok yang ‘paling lelah’ dalam penyelenggaraan konferensi ini. Hal ini disebabkan oleh fee yang diterima tak sebanding dengan pekerjaan yang didapatkan. Twit ini pun bahkan mendapat ribuan like dan 310 retweet dari warganet.
Gambar 7 Sampel Twit
Salah Fokus Warganet
Meski banyak menyitan perhatian warganet, perbincangan KTT G20 dalam kanal twittter justru tak melulu soal isu, tujuan, atau hasil dari konferensi tersebut. Namun, Netray justru menemukan perbincangan-perbincangan warganet yang ‘salah fokus’ dengan beberapa hal.
Gambar 8 Jajaran Top People
Sorotan utama yang menjadi salah fokus warganet terkait konferensi akbar ini ialah sosok Anies Baswedan. Berbagai macam komentar warganet terkait kemunculan Anies Baswedan menjadi sorotan yang berbeda. Anies yang ditunjuk sebagai pembicara di acara ini mendapat perhatian dari warganet. Kehadiran Anies dalam acara ini justru membuat warganet saling adu komentar terkait tokoh politik ini.
Gambar 9 Sampel Twit
Gambar 10 Sampel Twit
Kehadiran Anies sebagai pembicara membuat warganet merasa heran terkait kedudukan Anies dalam sektor pemerintahan. Warganet menilai konferensi G20 ini merupakan acara yang hanya dihadiri oleh petinggi-petinggi negara. Namun, dalam kondisi saat ini Anies yang tak mempunyai jabatan dalam pemerintah justru mendapat serangan negatif warganet terkait keikutsertaan atau kemunculannya dalam KTT G20.
Gambar 11 Sampel Twit
Gambar 12 Sampel Twit
Menyaring kata ‘ganjar’ dalam topik ini, Netray juga menemukan persaingan perbincangan warganet terkait tokoh politik ini. Terlihat pada Gambar ,warganet ‘pro’ Ganjar merasa bangga lantaran Duber AS datang mengunjungi Ganjar. Hal tersebut kontras dengan pesaingnya Anies yang harus turut serta mendaftarkan diri agar menjadi penerima tamu dalam KTT G20. Namun, pada Gambar kubu ‘kontra’ juga tak mau kalah dalam bersuara. Kehadiran Anies yang menjadi pembicara justru menjadi kebanggaan warganet yang membandingkan hal tersebut dengan ketidakikutsertaan Ganjar secara langsung dalam konferensi tersebut.
Gambar 13 Sampel Twit
Gambar 14 Sampel Twit
Sosok lainnya yang menjadi sorotan ialah Basuki Hadimuljono. Berbeda dengan kedua tokoh politik yang menjadi ajang persaingan warganet, Menteri PUPR ini menjadi sorotan warganet saat dirinya turut berperan dalam konferensi besar tersebut. Yang menjadi gelak tawa warganet ialah sosoknya yang hadir dalam penyambutan bukan dengan memakai baju formal ala pejabat pemerintahan, namun berkostum formal ala fotografer.
Gambar 15 Sampel Twit
Presidensi G20 Indonesia 2022 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan. Meski telah mencapai Leaders Declaration, hajat besar ini tak surut dari perhatian warganet. Tak hanya soal penyelenggaraan KTT G20, ternyata banyak warganet yang ‘salah fokus’ dalam perbincangan.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 11–17 November 2022.
Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, Partai Nasdem masih menjadi parpol yang paling banyak disebut sejak mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 pada awal Oktober 2022. Baik di media pemberitaan online maupun Twitter, Nasdem berhasil menguasai penyebutan secara konsisten di urutan 1 berturut-turut.
Sedangkan posisi 2-5 diisi oleh Demokrat, Gerindra, PDIP, dan PKS. Jika dibandingkan dengan periode sebelumnya maka tidak ada yang berubah dari posisi kelima parpol populer ini. Akan tetapi, jika ditilik dari perolehan mention di masing-masing kanal, PDIP lebih banyak diberitakan media pemberitaan, tetapi Gerindra lebih populer di Twitter. Namun, jika dibanding dengan PKS, PDIP masih lebih unggul baik di pemberitaan maupun di Twitter.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Berdasarkan pantauan Netray nama Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Erick Thohir mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok) selama periode 11-17 November 2022. Jika dilihat dari periode sebelumnya, minggu ini Erick Thohir naik peringkat di urutan 3 menggantikan Puan Maharani yang minggu lalu sempat eksis di urutan ke-3.
Anies Baswedan masih tetap konsisten di urutan satu selama beberapa periode berturut. Sedangkan AHY kerap naik turun mengisi peringkat 2 dan 3 bergantian dengan Ganjar Pranowo, Erick Thohir, ataupun Puan Maharani. Untuk minggu ini Ganjar Pranowo dan Prabowo naik peringkat mengisi urutan 4 dan 5. Sedangkan Puan Maharani harus turun di urutan 7.
Meskipun AHY dan Erick Thohir unggul dalam jumlah mention, porsi popularitas di tiap kanal media pada minggu ini dikuasai oleh Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil, baru kemudian AHY dan Erick Thohir. Porsi popularitas ini dihitung berdasarkan tingkat penguasaan kanal media masing-masing tokoh politik terhadap tokoh lainnya. Semakin tinggi angkanya maka semakin merata pula popularitasnya.
AHY dan Erick Thohir, meskipun menguasai penyebutan di Twitter 3 teratas, namanya tidak masuk dalam 5 besar teratas di tiap kanal media. Sementara itu, Ganjar dan Ridwan Kamil, meskipun tidak menguasai 3 besar Twitter, namanya selalu muncul dalam 5 besar di tiap kanal media.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id
Mendekati tahun-tahun politik, sejumlah partai mulai menyusun strategi memilih dan membidik bakal calon presiden yang hendak diajukan untuk Pilpres 2024. Nama-nama tokoh politik yang potensial mulai muncul ke publik. Di Twitter nama mereka jadi perbincangan mulai dari soal dukungan hingga dipasangkan.
Selama periode 1-7 November 2022, berdasarkan pantauan Netray, empat tokoh politik yang meraih paling banyak mention di Twitter di antaranya adalah Anies Baswedan (81 ribu), AHY (43 ribu), Erick Thohir (26 ribu), dan Ganjar Pranowo (21 ribu). Kami kemudian melihat bagaimana jejaring perbincangan yang menyebut para tokoh politik populer ini saling bersinggungan hingga beberapa membentuk kedekatan.
Gambar 1. Statistik penyebutan tokoh politik berdasarkan kata kunci
Lebih jauh, Netray mencoba melihat kedekatan tokoh politik dengan entitas tokoh yang lain melalui jaringan percakapan di Twitter. Dari pengamatan ini, jika dianalisis lebih dalam barangkali juga dapat dilihat siapa saja tokoh yang memiliki jaringan pendukung yang sama, bersinggungan, atau justru saling berseberangan.
Berikut jaringan percakapan atau social network analysis (SNA) yang tertangkap Netray (gambar 2) kala menuliskan nama sejumlah tokoh politik populer selama periode pemantauan.
Gambar 2. Jaringan percakapan berdasarkan mention kata kunci tokoh politik
Dari gambaran SNA di atas terlihat bagaimana jaringan percakapan warganet yang menyebut tokoh politik (berwarna putih) ditunjukkan dari garis hijau dan merah pada periode ini paling banyak berpusat pada Anies Baswedan, AHY, Ganjar Pranowo, Erick Thohir dan Prabowo Subianto. Garis-garis yang semakin padat menunjukkan bahwa intensitas penyebutan akun tokoh politik tersebut semakin tinggi. Kedekatan entitas tokoh politik dapat dilihat dari semakin dekatnya jarak antar jaringan. Semakin banyak tokoh A disebut bersama tokoh B dalam perbincangan maka akan semakin dekat pula jaringannya.
Dalam jaringan tersebut, intensitas penyebutan tokoh politik paling tinggi adalah Anies Baswedan. Sementara kedekatan yang paling terlihat adalah intensitas penyebutan Anies dengan Nasdem atau Erick Thohir dengan Ganjar Pranowo.
Puan Maharani meskipun masuk dalam 5 tokoh politik paling banyak disebut di Twitter, pada periode ini tidak begitu banyak dibicarakan bersama tokoh-tokoh politik populer yang menghiasi linimasa. Demikian pula dengan Ridwan Kamil dan tokoh politik lain.
Intensitas penyebutan Puan dengan tokoh lain lebih sedikit daripada penyebutan AHY dengan Anies atau Erick dengan Ganjar. Jika menilik entitas yang paling banyak disebut dalam topik Puan, nama Puan Maharani selain disebut secara tunggal dalam twit warganet juga kerap disebut bersama Megawati, Siti Zuhro, dan Ganjar. Sedangkan Ridwan Kamil banyak dibicarakan bersama Ganjar dan Anies Baswedan. Meski demikian intensitasnya tidak tinggi, hanya muncul dalam kurang dari seribu kali mention.
Gambar 3. Top People kata kunci “puan maharani”
Gambar 4. Top People kata kunci “ridwan kamil
Jaringan Tokoh Politik Anies-AHY-Ganjar-Erick-Prabowo Paling Padat
Dari kelima tokoh politik yang banyak disorot, jaringan AHY paling banyak berbagi dengan jaringan Anies, sedangkan Ganjar lebih dekat dengan Erick Thohir. Sementara itu, Prabowo meski banyak disebut dan memiliki jaringan percakapan yang cukup besar, ia tidak banyak bersinggungan dengan tokoh lain.
Namun jika diamati, pada periode ini ada kalanya Prabowo disebut bersama Muhaimin Iskandar atau Erick Thohir. Apakah artinya Anies-AHY, Ganjar-Erick, Prabowo-Erick adalah formasi pasangan duet yang diinginkan warganet?
Dari pantauan Netray, jika menilik kata kunci topik AHY, Anies Baswedan memang menjadi entitas tokoh yang paling banyak dibicarakan warganet bersama AHY. Ketimbang tokoh politik lain, AHY juga lebih sering disebut bersama Presiden RI ke-6 sekaligus ayahnya sendiri, Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan menyangkut entitas organisasi Partai Demokrat dan Nasdem menjadi dua yang paling banyak disebut bersama AHY.
Beberapa twit populer di bawah ini (gambar 6) menunjukkan bahwa dukungan warganet untuk AHY sebagai cawapres Anies cukup tinggi. Bahkan ditemukan beberapa tagar dan twit ajakan untuk mendukung pasangan ini. Warganet juga kerap membicarakan AHY bersama SBY, baik secara positif maupun negatif sebagai anak-bapak maupun sebagai mantan presiden dan calon presiden atau wakil presiden masa depan.
Gambar 5. Top People kata kunci “AHY”
Gambar 6. Sampel twit
Namun, jika menilik perbincangan kata kunci Anies Baswedan, AHY tidak masuk dalam 5 besar entitas tokoh yang paling banyak disebut bersama Anies. Justru pada periode ini Anies banyak disebut bersama akun @GerakAnies, @abuwaras, @Yurisa_Samosir, @sutanmangara, dan @AndiSinulingga. Sementara entitas organisasi yang kerap disebut dalam perbincangan soal Anies selain Nasdem adalah akun portal media @geloraco, @tempodotco, partai PPP dan PKS serta ormas HTI.
Gambar 7. Top People kata kunvi “anies baswedan
Dari pantauan Netray, pendukung Anies di Twitter cukup masif. Akun-akun dalam deretan Top People yang kerap di-mention bersama Anies di atas merupakan akun yang banyak menulis twit positif soal Anies. Demikian pula dengan kedekatan Anies, Nasdem dan PKS yang sudah diketahui publik, terutama setelah Nasdem mendeklarasikan Anies beberapa waktu lalu. Bahkan, PPP pun turut diisukan akan mengumumkan dukungannya untuk mantan gubernur Jakarta tersebut. Sementara menyoal HTI, pada periode ini isu negatif Anies terkait HTI masih banyak muncul dalam sejumlah twit warganet.
Di sisi lain, topik Ganjar Pranowo paling banyak dibicarakan bersama Prabowo, Erick, Anies, dan Ridwan Kamil. Kelima tokoh ini memang kerap disebut warganet ketika membicarakan soal politikus yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024. Bahkan tidak sedikit warganet yang menginginkan duet antara Ganjar dengan Erick atau Ganjar dengan Ridwan Kamil.
Gambar 8. Top People kata kunci “ganjar pranowo”
Akan tetapi, gambaran berbeda terlihat ketika Anies disebut bersama Ganjar. Bukan nada dukungan untuk berduet melainkan didominasi oleh narasi warganet dari masing-masing pendukung yang berseberangan. Warganet terpantau kerap menyandingkan Anies dengan Ganjar bukan sebagai pasangan duet tetapi sebagai rival. Pendukung Anies dan Ganjar terlihat cukup sering beradu argumen soal pilihannya masing-masing.
Di sisi lain jajaran entitas tokoh pada topik Erick Thohir dan Prabowo Subianto terlihat berkeseinambungan. Keduanya sama-sama kerap disebut dalam obrolan warganet. Pendukung Erick terlihat kerap menyebut Prabowo dan Ganjar ketika membicarakan potensi Erick di Pilpres 2024. Demikian pula dengan obrolan soal Prabowo yang menyinggung hal serupa.
Gambar 9. op People kata kunci “erick thohir”
Gambar 10. Top People kata kunci “prabowo subianto”
Akan tetapi, hal yang menarik adalah bahwa di dalam jajaran entitas Prabowo terdapat nama Anies dan Cak Imin yang juga tengah ramai digadang-gadang sebagai bakal capres 2024. Hal ini terkait dengan pertemuan antara Prabowo dan Muhaimin pada awal November lalu yang menjadikan momen keduanya dianggap sebagai sinyal pasangan duet.
Gambar 11. Sampel twit
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Baru-baru ini mobil Esemka ramai dibicarakan warganet. Edi Hermanto, seorang pengusaha emas, melalui akunnya @BangEdiii mengkritik keberadaan mobil Esemka yang tak tampak batang hidungnya pada 11 November 2022. Edi mengomentari unggahan @JulBayur3 yang tampak memamerkan mobil Esemka terbaru model SUV (Sport Utility Vehicle). Lalu ia pun menantang @JulBayur3 untuk mengirimkan 5 unit mobil Esemka ke rumahnya langsung.
Gambar 1. Twit @BangEdiii Kritik Mobil Esemka
Gambar 2. Twit @BangEdiii Kritik Mobil Esemka
Keinginan Edi untuk membeli mobil Esemka pun ditanggapi oleh akun @irwanka yang menanyakan alamat dan nomor kontak Edi guna dikirimi mobil tersebut. Akhirnya pada 13 November 2022 @BangEdiii mencuitkan telah menerima mobil itu sambil menyematkan video yang menunjukkan mobil yang tidak terlihat wujudnya.
Gambar 3. Twit Pemantik Perbincanagan Mobil Esemka
Seperti diketahui, mobil Esemka merupakan mobil karya anak bangsa yang telah diluncurkan Jokowi pada 2019. Mobil ini merupakan buatan siswa Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Selanjutnya mobil ini diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi, Boyolali, Jawa Tengah.
Mengutip gooto.com. Mobil Esemka ini berupa pikap dengan varian Bima 1.2 dan Bima 1.3 dengan harga Rp125 juta. Total penjualan pikap Esemka antara tahun 2019 hingga 2020 ditaksir mencapai 300 unit. Kabarnya produksi mobil terhenti akibat pandemi Covid-19.
Netray ingin mengetahui perbincangan warganet soal mobil Esemka ini. Menggunakan kata kunci esemka dengan periode pemantauan 11-15 November 2022, Netray menemukan sebanyak lebih dari 4.499 akun membicarakan topik ini dalam 9.090 twit.
Gambar 4. Statistik Perbincangan Twitter Isu Mobil Esemka
Sentimen negatif mewarnai perbincangan isu ini sebanyak 5.088 twit dibanding dengan sentiment positif yang hanya berjumlah 1.538 twit. Tampak Top Complaints menunjukan kata ‘goblok’ menjadi yang sering disebut sebanyak 104 kali. Goblok ditujukan kepada akun yang bersikukuh soal keberadaan mobil dan keotentikan Esemka yang dinilai produksi indonesia 100% namun pada kenyataannnya masih mengimpor dari luar negeri seperti China. Bahkan ada pula kata ‘goblok‘ yang ditujukan kepada Presiden Jokowi.
Gambar 5. Sampel Twit kata ‘Goblok’
Gambar 6. Sampel Twit kata ‘Goblok’
Akun yang paling banyak membahas mobil Esemka berasal dari @firzahusainInc yang memiliki pengikut cukup banyak, yakni sebesar 37 ribu seperti yang terlihat pada grafik Top Accounts di bawah. Dari beberapa twitnya ia terlihat ingin membuktikan bahwa keberadaan mobil Esemka nyata adanya. Akun ini menjelaskan panjang lebar soal mobil Esemka. Salah satunya, ia mengatakan bahwa proyek tersebut merupakan proyek Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari tahun 2009 dan Jokowi hanya mendukung sebagai Wali Kota Solo saat itu.
Gambar 7. Jajaran Top Account Isu Mobil Esemka
Gambar 7. Sampel Twit akun Top Account @firzahusaininc
Perdebatan Warganet Twitter Soal Mobil Esemka
Keberadaan mobil Esemka ini terlihat menjadi perdebatan antara kadrun dan cebong. Setelah sebelumnya @BangEdiii- disebut sebagai kadrun (kadal gurun, bukan pendukung Jokowi) oleh warganet- membuktikan keberadaan mobil Esemka yang nihil. Kemudian muncul akun @firzahusainInc yang diidentifikasi oleh warganet sebagai cebong (pendukung Jokowi) iyang ngin membuktikan eksistensi mobil karya anak bangsa ini sambil menyematkan video mobil dengan disertai suara yang menjelaskan fisik mobil.
Gambar 9. Opini Warganet
Cuitan @firzahusainInc menuai banyak sentimen negatif dari warganet karena banyak yang tidak percaya terhadap keberadaan mobil Esemka. Mereka menilai video yang diunggah tersebut adalah video lama yang diupload ulang. Bahkan Akun @firzahusainInc mendapat serangan secara pribadi seperti dihujat sebagai cebong yang tolol dan goblok seperti yang tertulis pada akun @irfanrbs dan @pria_iwan.
Gambar 10. Opini Warganet
Di balik perdebatan itu muncul pula opini warganet yang menyatakan bahwa mobil yang pertama kali diresmikan Jokowi dan diproduksi pabrik merupakan mobil yang berbeda. Seperti yang tampak @AloysiusCandraan dan @kasamago.
Gambar 12. Opini Warganet
Tokoh-tokoh terkemuka juga turut berkomentar soal topik ini. Ekonom senior, Rizal Ramli melalui akunnya @RamliRizal ia merasa dibohongi oleh Jokowi karena pernah memuji mobil Esemka saat awal kemunculannya. Muhammad Said Didu, pegiat media sosial yang juga mantan Sekretaris BUMN menyampaikan komentar satirenya melalui akun @msaid_didu.
Gambar 13. Opini Warganet
Warganet juga sempat membandingkan mobil Esemka dengan Mobil Nasional Timor yang pernah rilis pada tahun 1996. Seperti yang dicuitkan oleh akun @baiou_2829 dan @prayogayuliano. Mobil Timor diakui memakai mobil KIA asal korea Selatan yang kemudian diganti dengan onderdil lokal. Mobil ini memiliki pabrik, ruang pameran (showroom) dan pembelinya, sedangkan Esemka dinilai belum jelas keberadaannya hingga saat ini.
Gambar 14. Opini Warganet
Meskipun penuh dengan hujatan meragukan ada pula warganet yang membela mobil Esemka meski jumlahnya tak begitu banyak. Seperti yang tertulis pada akun @romistsuT. Ada pula warganet yang memberi solusi agar pemerintah segera buka suara soal kejelasan mobil Esemka seperti yang dicuitkan @hadycrbn yang membalas akun berita @republikaonline soal berita mobil Esemka.
Gambar 15. Opini Warganet
Pantauan Pemberitaan Media Daring Isu Mobil Esemka
Netray juga memantau isu mobil Esemka pada pemberitaan media online dengan kata kunci dan periode yang sama. Isu ini ternyata tidak menghasilkan begitu banyak berita. Sebanyak 20 berita dari 10 media tercatat membahas isu ini. Berita didominasi soal dengan sentimen negatif yang menunjukan bahwa mobil Esemka memang tak tampak batang hidungnya. Berita – berita yang muncul juga hanya mengambil dari cuitan Twitter mulai dari Edi Hermanto hingga Rizal Ramli.
Gambar 16. Statistik Pemberitaan Media Online Isu Mobil Esemka
Gambar 17. Sampel Berita Isu Mobil Esemka
Namun ada berita dari Detik yang memberi sentimen positif yang tampak ingin membuktikan keberadaan mobil Esemka. Dari berita ini Detik melakukan penelusuran melalui aplikasi e- Samsart Banten mobil Esemka melalui plat nomor yang viral di media sosial (B 9016 WAI). Ditemukan bahwa mobil tersebut masih aktif lengkap dengan informasi pajak.
Gambar 17. Sampel Berita Isu Mobil Esemka
Dari pemantauain ini, sentimen negatif yang mendominasi dan sejumlah opini kontra terhadap Esemka menunjukkan bahwa hingga saat ini mayoritas warganet Indonesia masih tertarik mempertanyakan keberadaan dan produksi mobil Esemka. Belum lagi sejumlah cerita-cerita sulitnya mendapatkan mobil ini hingga tak pernah terdengar gaungnya apalagi melintas di jalanan. Wajar jika banyak warganet meragukan atau merasa jengah ketika membicarakan keberadaan Esemka, yang kerap kali berujung pada adu argumen antara warganet pro dan kontra pemerintah.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Maskapai penerbangan Batik Air kembali menjadi sorotan setelah bermasalah dengan pelayanan penumpangnya. Kali ini publik kembali dibuat heboh usai Kaesang membuat cuitan terkait kopernya yang menyasar hingga ke Kualanamu, padahal ia melakukan penerbangan menuju Surabaya. Hal ini membuat warganet kembali menyoroti pelayanan Batik Air yang dinilai tidak maksimal hingga melakukan kesalahan pada anak bungsu Presiden Jokowi tersebut.
Peristiwa ini pun memantik perbincangan luas warganet hingga mempengaruhi citra dari maskapai tersebut. Pasalnya hal ini bukan pertama kalinya terjadi, sebelumnya publik juga dihebohkan dengan persoalan penyanyi legendaris Ari Lasso yang juga mengalami permasalahan dengan Batik Air.
Untuk mengamati imbas dari dua insiden yang melibatkan publik figur tersebut Netray memantau perbincangan warganet dengan menggunakan kata kunci batik air, batik && koper, dan batik && delay.
Selama periode 17 Oktober 2022 sampai dengan 14 November 2022 Netray menemukan 13,4 ribu cuitan dengan jumlah impresi mencapai 239,9 juta dan berpotensi menjangkau hingga 89,5 juta akun pengguna Twitter. Menariknya, perbincangan dengan sentimen positif mendominasi topik ini hingga mencapai 54% dari total twit. Sementara sentimen negatif sebesar 25%.
Gambar 1. Infografik perbincangan warganet
Pada Gambar 2 di bawah ini tampak beberapa kosakata populer seperti pelayanan, nyasar, koper, membuktikan, hukum, dan berbagai kata lainnya. Kosakata tersebut banyak digunakan warganet dalam membahas topik seputar Batik Air. Maskapai yang tergabung dalam Lion Group ini pun menjadi topik yang populer di Twitter hingga sempat menduduki topik trending.
Gambar 2. Kosa kata populer
Batik Air dan Respons Satire Warganet
Selama periode pantauan Netray, perbincangan warganet terkait Batik Air mengalami lonjakan yang signifikan pada dua titik. Pertama pada tanggal 20 Oktober 2022 dan kedua pada 13 November 2022. Keduanya dipicu oleh permasalahan pelayanan yang dialami oleh publik figur tanah air, yakni Ari Lasso sang musisi legendaris dan Kaesang putra bungsu Presiden Joko Widodo.
Gambar 3. Intensitas perbincangan warganet Ari Lasso vs Batik Air
Gambar 4. Intensitas perbincangan warganet Kaesang vs Batik Air
Pada 19 Oktober lalu Ari Lasso menyampaikan kritiknya terhadap Batik Air di media sosial Instagram miliknya. Ia mengkritik Batik Air setelah dirinya ditinggal oleh penerbangan Batik dari Singapura yang sebelumnya melakukan perubahan jam penerbangan dan tidak sesuai dengan pemberitahuan. Hal ini kemudian dipopulerkan kembali oleh akun @txtfrombrand yang mengunggah kembali video tersebut di Twitter. Cuitannya kemudian menjadi populer dengan mendapat 1.182 komentar, 31.624 like, dan di-retweet sebanyak 7.808 kali.
Gambar 5. Cuitan warganet mempopulerkan Batik Air vs Ari Lasso
Gambar 6. Media populer Batik Air vs Ari Lasso
Sementara itu, pada 13 November giliran Kaesang Pangarep yang harus mengalami pelayanan kurang menyenangkan dari Batik Air. Kaesang melalui akun Twitternya mengaku koper miliknya tersasar ke penerbangan lain hingga tiba di Kualanamu padahal ia terbang menuju Surabaya. Cuitan tersebut pun ramai direspons oleh warganet hingga mendapat 885 komentar, 67.399 like, dan di-retweet sebanyak 4.881 kali.
Gambar 7. Cuitan Kaesang terkait Batik Air
Gambar 8. Media populer cuitan Kaesang
Menariknya, meski memuat komplain atau kritik perbincangan topik Batik Air selama periode pemantauan didominasi oleh sentimen positif. Diketahui sentimen positif tersebut berasal dari berbagai cuitan warganet yang sebetulnya bersifat satire. Sindiran warganet dikemas dengan berbagai kalimat positif padahal muatannya tetaplah sebagai bentuk kritik terhadap Batik Air.
Salah satu yang kerap digarisbawahi oleh warganet adalah soal pelayanan yang tidak pandang bulu. Warganet menilai peristiwa tersebut membuktikan bahwa pelayanan Batik Air yang kurang menyenangkan ini tdak membedakan kalangan. Mulai dari artis hingga anak Presiden pun nyatanya bisa mengalami hal yang serupa.
Gambar 9. Respon satire warganet
Tak sampai di situ, peristiwa ini pun memantik reaksi warganet dengan berbagai meme yang mengibaratkan kondisi Batik Air saat insiden tak menyenangkan tersebut terjadi pada Putra Bungsu Presiden.
Gambar 10. Meme warganet
Melalui meme-nya warganet menggambarkan keadaan ketar-ketir yang harus dirasakan kru Batik Air karena penumpang mereka kali ini merupakan putra sang Presiden. Hal ini menjadi persoalan serius mengingat buruknya pelayanan Batik Air yang dapat menimpa siapa saja tanpa terkecuali. Sehingga Batik Air harusnya dapat berbenah memperbaiki kualitas pelayanan mereka.
Gambar 11. Tokoh dan akun populer
Peristiwa yang menimpa Ari Lasso dan Kaesang Pangarep tersebut membuat nama mereka menjadi tokoh populer dalam topik Batik Air selama periode pantauan Netray. Terutama nama Kaesang, namanya menduduki kategori teratas karena Kaesang membuat cuitan terkait Batik melalui akun Twitter pribadi miliknya.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.