BerandaCurrent ReportFilm Keramat 2: Caruban Larang, antara Ekspektasi dan Realita Warganet

Film Keramat 2: Caruban Larang, antara Ekspektasi dan Realita Warganet

Published on

Resmi dirilis pada 24 November 2022 lalu Keramat 2 akhirnya tayang dengan jeda 13 tahun dari sekuel pertamanya. Film horor dengan model alur dokumenter tersebut sempat menjadi fenomenal pada tahun 2009 lalu. Warganet pun dibuat penasaran dengan sekuel kedua Keramat dengan tajuk Caruban Larang yang kini ramai diulas dan diperbincangkan di jagad media sosial.

Sebelumnya, dalam perbincangan soal film horor paling ditunggu di tahun 2022, Keramat 2 termasuk yang paling dinanti setelah Pengabdi Setan 2. Warganet menilai Keramat 1 merupakan film horor Indonesia yang paling sukses membuat bulu kuduk merinding meski tidak menampakkan visual yang mengerikan. Suasana yang mencekam dari film model dokumenter ini berhasil membuat warganet menaruh harapan positif terhadap kesuksesan sekuel keduanya.

Lalu, seperti apa impresi warganet setelah Keramat 2 yang dinanti ini dirilis? Mampukah Keramat 2 menandingi eksistensi Keramat 2009 lalu? Simak hasil analisis Netray berikut.

Netray mengamati perbincangan warganet sejak 22 November sampai dengan 27 November 2022 dengan menggunakan kata kunci keramat 2. Hasilnya impresi pada topik ini mencapai 2,8 juta dengan jumlah cuitan sebanyak 4.294. Dari jumlah cuitan tersebut 1.423 di antara nya bersentimen negatif dan 1.268 cuitan bersentimen positif. Topik ini pun berpotensi menjangkau sebanyak 47,7 juta akun pengguna Twitter.

Keramat 2
Gambar 1. Infografik perbincangan warganet

Film yang disutradarai oleh Monty Tiwa ini pun berhasil meraih atensi publik sejak sekuel pertamanya pada tahun 2009 lalu menjadi film horor yang fenomenal. Tak heran jika warganet menantikan kelanjutan cerita dari kisah horor dengan judul yang sama tersebut. Meski para pemain di Keramat 2 berbeda dengan film sebelumnya.

Gambar 2. Grafik perbincangan warganet

Sementara melalui grafik tampak laju perbincangan warganet yang naik signifikan pada 24 November 2022. Hal ini bertepatan dengan perilisan Keramat 2: Caruban Larang yang dilakukan pada tanggal tersebut. Perbincangan tersebut pun terus muncul hingga 27 November 2022 meski intensitasnya semakin menurun.

Gambar 3. Kosa kata populer

Berdasarkan kosakata populer tampak berbagai kata yang kerap digunakan warganet dalam perbincangan terkait film Keramat 2, seperti cirebon, serem, bagus, mistis, mencekam, keanu, dan berbagai kosakata lainnya. Lalu seperti apakah pendapat warganet terkait film horor satu ini.

Gambar 4. Impresi positif warganet

Sebagian warganet tampak antusias dengan dirilisnya Keramat 2, bahkan salah satu warganet mengakui Keramat 2 sebagai salah satu film horor terasyik tahun ini. Warganet juga berpendapat Keramat 2 memiliki alur cerita yang lebih menyenangkan dan rasa mencekam yang tidak kalah dari pendahulunya di tahun 2009.

Meski demikian tidak sedikit warganet yang juga memberikan komentar bersentimen negatifnya untuk Keramat 2. Berikut beberapa di antaranya.

Gambar 5. Impresi negatif warganet

Sebagian warganet menilai Keramat 2 tidak lebih bagus dari Keramat 2009 sehingga tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Warganet menilai akting pemain kurang mendukung dan penggunaan kata-kata kasar yang berlebihan membuat Keramat 2 kalah dari film pertamanya. Sehingga warganet menyarankan untuk tidak menyaksikan film ini di bioskop jika tidak ingin membuang-buang uang.

Keramat 2: Caruban Larang Keanu Sebagai Spotlight

Pemilihan Keanu sabagai salah satu pemeran di Keramat 2: Caruban Larang agaknya menjadi pilihan yang menarik. Hal ini dapat diamati melalui berbagai cuitan warganet yang menilai kehadiran Keanu di Keramat 2 cukup memberikan warna. Buktinya tidak sedikit warganet yang memberikan apresiasi akan peran Keanu di film ini.

Gambar 6. Keanu menjadi sorotan warganet

Kehadiran Keanu sebagai pemain di Keramat 2 membuahkan apresiasi dari warganet yang merasa terhibur. Menurut warganet meski ceritanya tidak begitu semenarik Keramat 1, akting Keanu dapat menutupi hal tersebut dengan jokes-jokes yang dihadirkannya. Tidak hanya Keanu, Lutesha yang juga menjadi pemeran di Keramat 2 juga turut memperkuat alur cerita. Bahkan menurut warganet jika tidak ada mereka Keramat 2 menjadi film yang kurang menarik untuk disaksikan.

Gambar 7. Top kategori

Dalam arus perbincangan warganet terkait topik Keramat 2 yang sempat menduduki trending topik Twitter turut dipopulerkan oleh akun @WatchmenID, @bicaraboxoffice, dan berbagai akun lainnya. Sementara pada kategori Top People Umay Shahab dengan akunnya @umayshhhhb menjadi tokoh yang paling banyak diperbincangkan oleh warganet karena aktingnya yang dinilai cukup menyebalkan di Keramat 2.

Keramat 2: Caruban Larang menjadi salah satu film horor yang tayang menjelang akhir tahun 2022. Kehadirannya setelah 13 tahun penantian warganet membuat warganet terbagi menjadi dua kubu, yakni warganet yang mendukung dan merasa puas dengan Keramat 2 dan warganet yang menyayangkan Keramat 2 tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak...

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal...
%d blogger menyukai ini: