Beranda#Membaca2024Jokowi Beri Kode Ciri Pemimpin yang Baik, Warganet Kerap Sebut Nama Ganjar...

Jokowi Beri Kode Ciri Pemimpin yang Baik, Warganet Kerap Sebut Nama Ganjar Pranowo

Published on

Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu sempat memberi petunjuk bahwa pemimpin yang memikirkan rakyat biasanya memiliki ciri khusus, yakni antara memiliki banyak kerutan di wajahnya atau berambut putih/ubanan. Ciri ini bisa saja bisa merujuk pada sejumlah tokoh politik yang digadang-gadang akan maju ke pilpres 2024 nanti.

Ciri kerutan di wajah terdengar cukup umum bagi tokoh politik yang berusia paruh baya. Akan tetapi ciri berambut putih tampaknya cukup distingtif karena tak semua tokoh politik berusia paruh baya memiliki rambut berwarna putih. Prabowo Subianto dan Anies Baswedan misalnya.

Karena tertarik dengan pernyataan presiden Joko Widodo yang menyedot perhatian publik ini, Netray Media Monitoring memantau perbincangan warganet. Netray menggunakan kata kunci “pemimpin” dan “rambut putih” selama periode 22 November hingga 28 November 2022. Hasilnya bisa disimak di bawah ini.

Nama Ganjar Pranowo Kerap Disebut Warganet

Sebagai sosok yang memulai wacana, nama Presiden Joko Widodo menjadi entitas yang paling banyak disebut oleh warganet. Dari pemantauan Netray, nama Presiden Joko Widodo berada di posisi pertama. Warganet menyebut nama Presiden di dalam twit mereka sebanyak 1.313 kali penyebutan.

Gambar 1. Tokoh yang paling sering disebut warganet

Posisi kedua, ketiga, dan keempat diisi oleh akun Twitter yakni @JukiHoki, @UyockBack, dan @Tan_Mar3M. Ketiganya masuk dalam deretan paling banyak disebut karena mereka kerap di-mention oleh warganet sehubungan dengan tiga twit populer mereka kala menanggapi pernyataan Jokowi soal kriteria pemimpin yang baik.

Nama Ganjar Pranowo sebagai nama non-akun, berada di posisi kelima dari daftar Top People. Muncul dengan entity alias ‘Ganjar”, warganet menyebut tokoh ini sebanyak 175 kali selama periode pemantauan. Entitas yang sama juga muncul di posisi ketujuh, kali ini dengan alias ‘Pak Ganjar’ dengan 135 kali penyebutan.

Ganjar Pranowo praktis menjadi tokoh politik yang terbesit di pikiran publik ketika Presiden menyebutkan tentang pemimpin yang putih rambutnya. Selain fitur fisik ini memang cukup khas, Ganjar adalah tokoh politik yang namanya sudah sering disebut sebagai calon presiden dan kerap menempati posisi teratas di sejumlah survei.

Hasil yang kurang lebih sama juga didapat dari grafik Top Words. Nama Ganjar Pranowo menjadi yang paling sering disebut warganet sehingga berada di tengah diagram. Nama tokoh lain juga muncul di sini yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Tentu saja dua tokoh ini tidak terkenal dengan fitur rambut yang sudah memutih. Namun, dari pantauan Netray, warganet mengaku tetap mendukung tokoh politik idolanya meski tidak memiliki kriteria yang disebutkan Jokowi.

Gambar 2. Kata yang paling sering muncul

Perbincangan Warganet dalam Pemantauan Netray

Data di atas tentu saja bukanlah satu-satunya data yang didapat dari pemantauan Netray. Data-data lain hasil pemantauan menggunakan Netray bisa memberikan gambaran yang sama sekali berbeda. Berikut adalah sejumlah perspektif data yang dapat dieksplorasi lebih dalam lagi. Semisal data tentang akun yang memiliki impresi tertinggi.

Akun dengan impresi tertinggi sempat kita singgung ketika dalam Top People muncul sejumlah akun yang mendapat mention tertinggi dari warganet. Salah satunya adalah akun @JukiHoki yang terpantau berhasil mengumpulkan impresi sebesar 7.988 kali dalam bentuk reply, retweet, dan reply. Akun ini membuat unggahan yang berfokus pada media gambar alih-alih pada teks.

Gambar 3. Akun dengan impresi tertinggi

Akun @JukiHoki mengunggah foto Soeharto dengan caption mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo soal ciri pemimpin yang memikirkan rakyat. Penelusuran pada data unggahan gambar atau media lain terpopuler, menunjukkan bahwa twit yang serupa dengan yang diunggah @JukiHoki ternyata cukup populer. Dari gambar di bawah bisa dilihat bahwa tak sedikit yang menyukai kelakar semacam ini dan membuat konten yang serupa.

ganjar
Gambar 4. Unggahan multimedia terpopuler

Apabila menggunakan perspektif tokoh yang paling banyak disebut warganet, yakni Ganjar Pranowo, dari daftar media terpopuler ini hanya ditemukan dua gambar saja dari 24 unggahan media terpopuler. Meskipun juga tidak ada tokoh politik lain yang memiliki fitur fisik yang sama dan lebih realistis.

Gambar 5. Daftar akun dengan impresi tertinggi

Dari daftar akun dengan impresi tertinggi, respons yang bersifat negatif ternyata juga mendulang impresi yang tinggi. Dua di antaranya datang dari akun @Dandhy_Laksono dan @UyokBack. Dandhy menulis dengan sinis bahwa apa yang diucapkan Presiden justru merupakan sindiran atas kepemimpinannya sendiri. Sedangkan @UyokBack merasa kecewa bahwa pernyataan Presiden ini diungkapkan justru ketika rakyat masih berduka karena bencana.

Gambar 6. Sentimen negatif raup impresi yang tinggi

Resposn negatif tampaknya menjadi wajah yang lebih dominan dari reaksi warganet dalam perbincangan ini. Pada tren sentimen menunjukkan bahwa twit dengan sentimen negatif lebih banyak dilayangkan warganet, yakni sebanyak 2.715 kali. Sedangkan twit dengan sentimen positif sendiri bukannya minim, tetapi hanya kalah dominan. Terpantau sebanyak 1.037 unggahan warganet Twitter memiliki sentimen positif. 

Gambar 7. Tren sentimen unggahan warganet Twitter

Pantauan statistik juga menunjukkan bahwa terdapat 4.621 twit yang dikirim selama periode pemantauan. Total twit tersebut meraup impresi sebesar 350,4 ribu kali dan secara potensial dapat menjangkau 78,6 juta akun Twitter berbahasa Indonesia. Perbincangan ini muncul dan memuncak pada tanggal 26 November 2022.

Gambar 8. Statistik pemantauan Twitter

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Popularitas Tokoh Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode Januari 2023

Netray melakukan pemantauan media online dan media sosial (Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube) untuk melihat...

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online dan Twitter Periode Januari 2023

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol) selama 1-31 Januari...

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...
%d blogger menyukai ini: