Home Blog

Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

0

Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay. 

Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.

Cara Berlangganan Netray

1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.

4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.

8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.

11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.

Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.

Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

1

Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.

1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.

6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.

Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.

7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.

8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.

Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)

1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keywordpsbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).

2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.

Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?

Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.

Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?

  1. Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
  2. Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
  3. Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
  4. Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
  5. Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
  6. Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
  7. Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
  8. Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.

Mengamati Perbincangan Isu Ganjar Capres Bokep dan Antibola di Twitter

Ganjar Pranowo kembali menjadi pusat perbincangan setelah Hashim Djohohadikusumo melontarkan sindiran terhadap “lawan” politik Prabowo Subianto yang dinilai suka nonton bokep dan antibola. Meski tak merujuk langsung kepada Ganjar, pernyataan adik Prabowo Subianto tersebut langsung mengingatkan publik kepada sosok Ganjar yang beberapa waktu terakhir kerap dilingkupi oleh isu tersebut.

Ramainya perbincangan seputar sindiran Hashim ini dipantau Netray Media Monitoring dengan menggunakan kata kunci adik && prabowo, capres && anti && bola, capres && bokep, dan ganjar && bokep. Hasilnya ditemukan sebanyak 5,5 ribu twit mengandung kata kunci tersebut selama periode pemantauan 19-29 Mei 2023.

Gambar 1. Statistik perbincangan

Topik ini diperbincangkan oleh 2,7 ribu akun dan mendapat impresi sebanyak 2,7 juta reaksi dengan potential reach hingga 34 juta akun. Meski didominasi twit bersentimen negatif, sentimen positif juga terlihat tinggi yakni sebesar 28,67% twit.

Sindiran capres bokep dan antibola ini diujarkan oleh Hashim pada Sabtu, 20 Mei 2023 saat peresmian Relawan Prabowo Mania 08 di Surabaya. Ujaran tersebut kemudian mendapat sorotan media berita dan menjadi topik perbincangan warganet. Terlihat dari grafik di bawah ini, puncak perbincangan terjadi di tanggal 21 Mei 2023 dengan total mencapai 1,4 ribu twit dalam satu hari. Setelah itu perbincangan warganet terkait kata kunci ini terlihat fluktuatif.

Gambar 2. Grafik perbincangan
Gambar 3. Sampel twit

Meski tak secara langsung menyebut bahwa capres bokep yang dimaksud Hashim adalah Ganjar, warganet kerap menyebut nama Ganjar ketika membahas sindiran adik Prabowo tersebut. Hal ini mengingat pernyataan Gubernur Jawa Tengah tersebut kala menjadi bintang tamu podcast milik Deddy Corbuzier. Pada acara bincang-bincang tersebut, ia mengutarakan jika dirinya suka menonton film porno. Pengakuan inilah yang menjadi dasar asumsi warganet kala merespons sindiran Hashim.

Gambar 4. Sampel twit

Sedangkan pernyataannya soal “yang satu lagi, lawan Pak Prabowo anti bola Indonesia, antibola nasional'” disinyalir mengarah kepada momen gagalnya pagelaran Piala Dunia U-20 yang diisukan lantaran kepentingan politik. Sikap Ganjar kala itu adalah tegas menolak Israel bertandang atas amanat konstitusi sehingga dituding menjadi salah satu sosok yang ikut andil dalam kegagalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia.

Gambar 5. Sampel twit

Atas isu capres bokep dan antibola ini Ganjar kembali diserang dengan narasi negatif. Tak sedikit warganet yang turut mempertanyakan prestasinya sebagai Bacapres 2024. Bahkan warganet juga menyebutkan beberapa permasalahan di daerah yang tengah ia pimpin, seperti banjir, angka kemiskinan, hingga rusaknya jalan Pantura.

Gambar 6. Sampel twit

Isu ini juga berdampak negatif terhadap PDIP, partai yang menaungi Ganjar. Sejumlah warganet menilai bahwa Ketum Megawati telah salah langkah dalam mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres untuk memenangkan PDIP. Mereka pun memperkirakan jika PDI-P mungkin akan meninjau ulang pencapresan Ganjar tersebut.

Gambar 7. Sampel twit

Jika diamati lebih lanjut, sebetulnya bukan hanya Ganjar yang dihujani twit bersentimen negatif atas isu ini. Hashim yang memulai “permainan” ini pun juga mendapat kritik dari warganet yang menyayangkan sikapnya karena caranya yang salah dalam mengkampanyekan Prabowo. Bahkan warganet kembali mengingatkan Hashim yang pernah terseret kasus lantaran anaknya viral sebagai aktor bokep.

Gambar 8. Sampel twit

Dukungan untuk Ganjar Pranowo di Tengah Isu Capres Bokep dan Antibola

Viralnya Ganjar sebagai “capres bokep” justru tak menyurutkan pendukungnya untuk terus memberikan dukungan. Tak sedikit warganet yang menyatakan hal tersebut sebagai sesuatu yang lumrah. Bahkan, budayawan Sudjiwo Tedjo pun memberikan tanggapan atas kejadian ini dan menyebut penyerang Ganjar yang menggunakan isu tersebut merupakan orang-orang yang munafik.

Gambar 9. Sampel twit

Akun yang Turut Meramaikan Topik Capres Bokep dan Anti Bola

Perbincangan terkait kata kunci ini santer diramaikan selama sepuluh hari ke belakang. Adapun akun yang paling banyak mendapat impresi dari warganet terkait topik ini adalah akun @AndiSinulingga. Terlihat dari gambar di bawah ini, akun ini membagikan beberapa twit yang berkaitan dengan kata kunci. Twit-twit dari Andi didominasi oleh cuitan bernada pro dengan pernyataan Hashim sehingga memberikan sentimen negatif kepada Ganjar.

Gambar 10. Akun yang paling banyak mendapat impresi
Gambar 11. Akun @AndiSinulingga

Sedangkan akun yang paling banyak menulis topik ini ialah akun @EagleReaper01. Akun tersebut telah membagikan 75 twit yang memiliki kaitan dengan kata kunci. Terlihat dari gambar di bawah ini, akun @EagleReaper01 membagikan twit-twit yang memiliki sentimen negatif terhadap Ganjar. Twit -twit tersebut didominasi oleh cuitan yang menyebut jika Ganjar dapat merusak negara apabila terpilih sebagai presiden.

Gambar 12. Akun yang paling banyak mengetwit kata kunci
Gambar 13. Akun @EagleReaper01

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Tingkah Absurd Aldi Taher Saat Live di tvOne Kembali Jadi Bahan Lelucon

Aldi Taher kembali menjadi perbincangan publik terkait pencalonannya sebagai anggota DPR untuk Pemilu 2024 melalui dua partai. Tak sampai disitu, kehebohan warganet berlanjut setelah viral momen dirinya bernyanyi saat wawancara berlangsung di sebuah stasiun televisi swasta hingga jawaban kocaknya ketika ditanya alasan maju dari dua partai sekaligus.

Merespons kejadian ini warganet pun ramai-ramai berkomentar sehingga namanya sempat trending di Twitter dan menjadi sorotan media pemberitaan selama 5 hari terakhir. Aksinya yang dinilai ‘nyeleneh’ tersebut membuat mantan suami Dewi Persik ini semakin populer meski dengan sentimen negatif yang mendominasi. Momen ini mengingatkan pada aksi serupa Aldi jelang Pilkada 2020 lalu.

Netray memantau pembahasan topik Aldi Taher di kanal Twitter dan News sejak 25 Mei 2023 sampai dengan 29 Mei 2023. Dengan menggunakan kata kunci aldi taher berikut hasil pengamatan Netray.

aldi taher
Gambar 1. Statistik Report

Di media pemberitaan terdapat 133 artikel terkait Aldi Taher yang berasal dari 53 portal media online. Dari 133 artikel tersebut 68 artikel di antaranya berkategori entertainment dan 61 di antaranya berkategori politik. Hal ini menunjukkan bahwa latar belakang Aldi Taher sebagai seorang entertain tidak dapat dilepaskan dari pemberitaan topik ini meskipun isu yang dimuat sedikit banyak bersinggungan dengan latar belakang politiknya.

Selama periode pemantauan tampak intensitas pembahasan media mengalami peningkatan pada 26 Mei 2023 sebagaimana tampak pada gambar berikut.

Gambar 2. Intensitas pemberitaan

Kemunculan kata kunci Aldi Taher dalam media pemberitaan online tampak sejak awal periode pemantauan. Namun, puncak pemberitaan terjadi pada 26 Mei 2023 dan berangsur menurun hingga 29 Mei 2023. Dari 133 artikel yang dimuat oleh berbagai portal media 57 di antaranya bersentimen negatif dan 38 bersentimen positif. Berikut berbagai kosakata populer yang kerap muncul dalam artikel terkait Aldi Taher.

Gambar 3. Kosakata yang paling banyak muncul dalam artikel soal Aldi Taher

Selain nama Aldi Taher terdapat berbagai kosakata yang turut mengiringi pembahasan terkait dirinya, seperti wawancara, bingung, coldplay, presenter, warganet, hingga partai perindo. Kemunculan berbagai kosakata tersebut disebabkan oleh berbagai aksi Aldi Taher yang cukup mengherankan jagat maya. Berikut beberapa artikel yang dimuat oleh media berita online.

Gambar 4. Artikel terkait Aldi Taher

Pada 25 Mei 2023 Aldi Taher menjadi topik pemberitaan usai dirinya membuat bingung Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di Pemilu 2024 mendatang melalui dua partai, yakni Perindo dan Partai Bulan Bintang (PBB). Aldi Taher diketahui maju sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari PPB dan anggota DPR dari Perindo.

Setelah diklarifikasi, ternyata ia telah memutuskan mengundurkan diri dari PBB dan resmi maju dari Partai Perindo. Tak sampai disitu, aksi kocak Aldi berlanjut ketika diwawancara terkait pendaftarannya sebagai bakal calon legislatif tersebut.

Gambar 5. Artikel terkait Aldi Taher

Keramaian ini pun bermula saat video live wawancara Aldi Taher bersama tvOne tersebar di jagat maya. Dalam video itu, Aldi Taher memulai menyapa pemirsa dengan mengucapkan salam dan setelah itu ia menyanyikan lagu “Yellow” yang dipopulerkan oleh Coldplay. Kemudian Aldi Taher juga sukses membuat warganet terhibur ketika ditanya mengenai alasannya maju sebagai caleg dari dua partai sekaligus, PBB dan Perindo.

“Kalau ditanya kenapa, saya juga bingung mbak. Jujur mbak,” kata Aldi Taher yang dikutip melalui AyoJakarta.com pada jumat (26/5). Selanjutnya ketika ditanya alasannya mau jadi calon wakil rakyat, Aldi Taher kembali memberikan jawaban nyeleneh.

“Bang Aldi kalau bingung sama diri sendiri, gimana nanti kalau kepilih jadi wakil rakyat bingung juga sama rakyatnya?” tanya hostnya.

“Memang mbak enggak bingung? Semua manusia di bumi ini bingung, nanti enggak bingung kalau udah di surga,” kata Aldi Taher secara blakblakan.

“Astaghfirullah,” lanjut host seraya tertawa dengan jawabannya.

Aksi ‘Nyeleneh’ Aldi Taher Jadi Bahan Lelucon Warga Twitter

Aksi ‘nyeleneh’ dari mantan pesinetron ini pun sempat menjadi trending topik Twitter pada Jumat 26/5/2023. Merespons kejadian ini warganet pun ramai-ramai memberi tanggapan. Dengan periode dan kata kunci yang sama Netray menemukan setidaknya 38,5 cuitan warganet yang menyebut Aldi Taher.

Gambar 5. Statistik report Twitter

Dari 38,5 ribu cuitan tersebut 15,9 ribu di antaranya bersentimen negatif. Topik ini pun mendapat 320,4 juta impresi warganet dan berpotensi menjangkau hingga 109 juta akun pengguna Twitter. Berikut berbagai kosakata yang kerap muncul dalam reaksi warganet terhadap Aldi Taher.

Gambar 6. Kosakata Populer

Dalam merespons aksi kocak Aldi Taher, Netray menemukan berbagai kata yang populer, seperti gila, stress, caleg, bingung, wawancara, tvone, hingga coldplay. Kemunculan kata gila dan stress menjadi kata bersentimen negatif yang mengiringi perbincangan warganet terhadap Aldi Taher. Selain itu, intensitas warganet pun diketahui meningkat signifikan usai wawancara dilakukan oleh tvOne sebagaimana dapat diamati melalui grafik berikut.

Gambar 6. Grafik intensitas perbincangan warganet

Perbincangan terkait aksi Aldi Taher ini terus berlanjut hingga 30 Mei 2023 meski secara keseluruhan perbincangan tersebut didominasi oleh sentimen negatif. Berikut beberapa cuitan populer warganet kala menanggapi tingkah kocak Aldi.

Gambar 7. Ragam komentar warganet

Di Twitter, pemantik perbincangan ini dimulai dari salah satu cuitan terpopuler yang diunggah oleh akun @vaneeaye yang mereka ulang tingkah laku Aldi Taher saat wawancara berlangsung. Atas hal ini beberapa warganet menilai aksi Aldi Taher tersebut cukup nyeleneh sehingga melabelinya tidak waras. Namun, tidak sedikit juga warganet yang meresponsnya dengan candaan sarkas, seperti halnya pada cuitan berikut.

Gambar 8. Ragam komentar warganet

Kemunculan Aldi Taher dengan segala aksinya selalu mampu membuat warganet geleng-geleng kepala. Warganet menilai aksinya cukup menghibur meski kerap membuat bingung berbagai pihak. Berikut berbagai akun dan portal populer dalam topik perbincangan terkait Aldi Taher selama periode pantauan Netray.

Gambar 9. Akun dan Portal populer

Akun @vaneeaye menjadi akun dengan impresi atau reaksi terbanyak dari warganet. Sebagaimana tampak pada Gambar 7, akunnya turut menjadi salah satu akun dengan cuitan terpopuler terkait Aldi Taher. Kemudian, pada kategori Top Portal tampak Ayo Jakarta menjadi portal dengan artikel terbanyak selama pemantauan.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

CEO ‘Nyamar’ Jadi Sopir Taksi, Bluebird Banjir Sentimen Positif

Bermula dari aksi CEO yang menyamar jadi sopir taksi, kini Bluebird kembali menjadi perbincangan. Menariknya, selain respons positif atas aksi tersebut, warganet juga turut membagikan pengalamannya selama menggunakan layanan taksi milik Bluebird ini. Kabar CEO Bluebird, Sigit Priawan Djokosoetono yang menyamar menjadi sopir taksi ini pertama kali diviralkan oleh akun @SocialiteGhibah yang mengambil foto Sigit dari Instagram miliknya @sigitdjokosoetono. Netray pun memantau respons warganet Twitter terkait aksi yang tak biasa dilakukan oleh seorang bos ini.

Gambar 1. Twit [email protected]

Dengan menggunakan kata kunci β€˜bluebird’ dan β€˜blue bird’ selama periode 21-26 Mei 2023 ditemukan 3.223 twit dari 1.673 akun memperbincangkan merek taksi yang sudah ada sejak tahun 1972 ini. Impresi yang terkumpul atas topik ini mencapai 11,3 juta reaksi, baik dalam bentuk like, comment, maupun retweet. Perbincangan ini setidaknya mampu menjangkau hingga 70,4 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Gambar 2. Statistik perbincangan Twitter isu taksi Bluebird

Dari pantauan Netray, intensitas perbincangan soal taksi Bluebird sebelum twit viral tersebut naik tidak banyak, yakni di bawah 100 tweet hingga 23 Mei 2023. Kemudian pembahasan kata kunci mulai meningkat pada 24 Mei saat twit CEO Bluebird menjadi sopir taksi muncul. Puncaknya terjadi di hari berikutnya, pada 25 Mei dengan 1.888 twit.

Gambar 3. Tren peak time perbincangan

Aksi tersebut membuat nama CEO Bluebird menjadi yang paling banyak disebut dalam perbincangan selama periode pemantauan. Hal ini dapat diamati pada Gambar 4 di bawah. Terlihat kata sigit, djokosoetono, dan priawan masuk dalam kosakata yang paling banyak disebut setelah bluebird, blue, dan sopir.

Gambar 4. Kosakata yang sering disebut dalam perbincangan

Pujian Warganet

Aksi turun lapangan sang bos ini sontak mendapat berbagai pujian dari warganet Twitter, seperti yang diungkapkan oleh akun @mynameprada. Ia memuji Sigit lantaran mau berbaur dengan sopir-sopir Bluebird di lapangan dan berfoto bersama. Hal senada diungkapkan oleh akun @ahabibpaat25 yang menilai para pimpinan Bluebird sebagai sosok yang rendah hati.

Gambar 5. Opini warganet

Pujian lainnya pun terlontar dari warganet, salah satunya mengenai keamanan. Seperti yang dituliskan oleh @ceritatehfidy yang mengaku sering menggunakan taksi Bluebird terutama saat malam hari. Ia merasa lebih aman karena terdapat fitur passcode dan kode mobil yang tertera pada aplikasi. Hal serupa juga diungkapkan oleh @seungsolehot dan @TTermada yang membahas soal pemahaman sopir terhadap rute jalan yang dilewati dan barang yang tertinggal bisa kembali ke pemiliknya.

Gambar 6. Opini warganet

Tarif juga menjadi salah satu sorotan ulasan positif warganet. Akun @hello_cibi merasa tarif taksi Bluebird akhir-akhir ini lebih murah dibanding taksi online meski tidak menggunakan voucher. Selain itu, tarif yang digunakan juga lebih jelas karena menggunakan harga pasti (fixed rate). Hal ini seperti yang dicuitkan oleh akun @irnanaa pada Gambar 7.

Gambar 7. Opini warganet

Karakter sopir taksi Bluebird terhadap penumpang juga menuai pujian sebab pelayanan mereka dinilai ramah dan sopan. Seperti yang terlihat pada Gambar 8. Akun @nish_4 dan @dadimdum merasa lebih nyaman dengan sopir Bluebird karena tak suka marah-marah atau mengalami mood yang buruk.

Gambar 8. Opini warganet

Bahkan tidak hanya pelanggan yang memuji merek taksi senior ini. Keluarga yang bekerja di sana pun turut kecipratan rezeki melalui Program Beasiswa Bluebird Peduli. Hal ini seperti yang dicuitkan oleh akun @ahabibpaat25 dan @CICHEN6.

Gambar 9. Opini warganet

Komentar Negatif terhadap Taksi Bluebird

Di balik pujian yang membanjiri ada pula warganet yang menyampaikan pengalaman pahit. Salah satunya adalah twit akun @ariefsabkli yang sekaligus menjadi twit terpopuler dengan sentimen negatif. Ia sebagai sopir taksi Bluebird merasa komisi yang didapatnya selama sehari berkendara tidak manusiawi. Ia mengaku hanya mendapat komisi bersih sebesar Rp80.020 dengan bukti gambar yang diunggahnya.

Hal senada tampak dicuitkan oleh akun @gruusomeflower, seorang penumpang taksi Bluebird yang mengaku dicurhati sopir yang meminta review jelek supaya mendapat servis untuk taksinya.

Gambar 10. Opini negatif warganet

Isu pemberhentian karyawan juga menyeruak dalam twit dengan sentimen negatif. Akun @waltertothemars membeberkan nasib ayahnya seorang sopir Bbluebird yang diberhentikan tanpa alasan jelas pada tahun 2016. Sementara itu, akun @__dewifortuna menceritakan nasib tetangganya yang diberhentikan karena sakit paru-paru padahal sopir tersebut tengah memiliki tabungan cicilan mobil sebanyak Rp90 juta.

Gambar 11. Opini negatif warganet

Di samping keluhan dari sopir, pelanggan yang pernah naik taksi Bluebird juga turut bersuara. Seperti yang tampak dari akun @thedufresne dan @tegnabretnip yang menyayangkan kebanyakan armada yang digunakan Bluebird adalah jenis transmover seperti Avanza sehingga tidak nyaman apabila digunakan dalam kecepatan tinggi.

Gambar 12. Opini negatif warganet

Sepanjang periode pemantauan, akun komika sekaligus sutradara Ernest Prakarsa menjadi yang paling banyak mendapat impresi dari warganet Twitter. Melaui akunnya @ernestprakasa ia membagikan pengalamannya pernah melihat Nikita Willy dan suaminya yang juga pewaris Blue Bird menaiki taksi ini dengan mobil jenis Avanza. Ia menilai hal tersebut merupakan suatu hal yang keren dan tidak berkesan pencitraan.

Gambar 13. Jajaran top akun
Gambar 14. Twit top akun @ernestprakasa

Kemudian akun selanjutnya yang memperoleh banyak impresi dari warganet datang dari akun @ngabdul. Twitnya merespons aksi CEO Bluebird yang menjadi supir taksi. Ia memuji dan menganggap Bluebird sebagai salah satu satu perusahaan taxi di dunia yang berhasil mengalahkan serbuan taksi online. Aplikasinya pun tak kalah bagus, tak perlu membakar miliaran dolar uang investor dan masih bisa memberi layanan lebih bagus dibanding taksi online.

Gambar 15. Twit top akun @ngabdul

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Kuliner Jepang Unagi Ternyata dari Cilacap, Banyak yang Baru Tahu

Kabupaten Cilacap mendadak trending di media sosial Twitter pada pekan lalu. Pemantiknya adalah perbincangan tentang kuliner khas Negeri Sakura yang ternyata diimpor dari daerah tersebut. Informasi soal unagi dari Cilacap ini mengejutkan banyak warganet yang tidak tahu jika ikan sidat, yang diolah menjadi unagi, selama ini dibudidayakan di Cilacap.

Perbincangan tersebut berhulu dari twit dari akun @PartaiSocmed yang mengunggah sebuah twit tentang ekspor unagi dari Cilacap ke Jepang.

Cilacap
Gambar 1. Unggahan akun @PartaiSocmed viralkan Cilacap

Unggahan yang dibuat pada tanggal 24 Mei malam tersebut lantas trending keesokan harinya. Pemantauan linimasa Netray Media Monitoring selama sepekan antara tanggal 21 Mei hingga 27 Mei 2023 menunjukkan lonjakan drastis penggunaan kata kunci β€œcilacap”, β€œsidat”, dan β€œunagi” pada tanggal 25 Mei. Dari yang awalnya hanya puluhan twit menjadi 1.734 unggahan.

Gambar 2. Total twit dan Peak Time

Perbincangan memang tak bertahan cukup lama. Di dua hari terakhir, 26 Mei dan 27 Mei intensitasnya menurun dan kembali normal. Akan tetapi selama periode tersebut, Netray secara total telah menemukan 2.639 twit dari warganet.

Ribuan twit ini juga menghasilkan respons yang besar. Total impresi twit yang mengandung kata kunci terpantau sebanyak 22,3 juta kali dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Perbincangan tersebut secara potensial dapat menjangkau hingga 15,1 juta akun berbahasa Indonesia.

Gambar 3. Statistik impresi perbincangan warganet

Akun @PartaiSocmed praktis menjadi akun dengan total impresi terbanyak yakni sebesar 32.038. Selain berkisar di twit yang dibuat oleh @PartaiSocmed, perbincangan ini juga ramai di akun @jogmfs. Akun menfess tersebut meruap 7.278 total impresi melalui twit yang terindeks dengan sentimen positif.

Gambar 4. Akun dengan impresi terbanyak
Gambar 5. Twit dari akun menfess @jogmfs
Gambar 6. Twit dari akun @PartaiSocmed

Pemantauan Netray menunjukkan bahwa sentimen positif atas perbincangan ini terhitung cukup tinggi dengan 735 unggahan. Sedangkan twit dengan sentimen negatif terpantau sebanyak 173 unggahan. Twit netral pada dasarnya mendominasi karena perbincangan ini cenderung bersifat informatif seperti twit dari akun @PartaiSocmed sendiri.

Gambar 7. Tren sentimen perbincangan warganet

Meski begitu, respons warganet dengan sentimen baik positif dan negatif cukup menarik untuk dicermati. Sebagai contoh dari twit dengan sentimen positif adalah unggahan dari akun @nikenV dan @jaretghosty. Kedua akun ini sama-sama membagikan informasi kekayaan kuliner dalam negeri yang digemari masyarakat mancanegara.

Gambar 8. Twit dengan sentimen positif

Akun @nikenV memaparkan bahwa Cilacap tak hanya memiliki ikan sidat yang populer di Jepang. Terdapat juga ekspor kuliner lain yang bernama katsuobushi yang berupa serutan ikan cakalang yang telah diawetkan. Katsuobushi biasanya digunakan sebagai topping kuliner Jepang yang sangat populer yaitu takoyaki.

Sedangkan akun @jaretghosty membagikan informasi dalam bentuk komik strip. Selain unagi, makanan Jepang yang ternyata dari Indonesia antara lain adalah wasabi yang banyak diproduksi di wilayah Dieng. Juga ada mie shirataki yang berasal dari Pasuruan Jawa Timur.

Respons berbeda dapat ditemukan dari twit dengan sentimen negatif. Contohnya dari unggahan yang dibuat akun @akutajirmlintir dan akun @kozirama. Sebagai warga Cilacap asli, @akutajirmlintir merasa sedikit malu karena ia tidak pernah tahu banyak tentang wilayahnya sendiri. Sedangkan @kozirama menyebut bahwa unagi Cilacap memiliki cita rasa yang berbeda dengan unagi Jepang. Twit tersebut membalas unggahan dari akun menfess @jogmfs.

Gambar 9. Twit dengan sentimen negatif

Dengan kekayaan alam yang melimpah, sangat mungkin Indonesia bisa menjadi pengekspor kuliner baik bahan baku maupun barang siap konsumsi ke sejumlah negara. Sangat mungkin juga ekspor tersebut merupakan entitas yang sangat populer di tempatnya seperti cerita unagi Jepang dari Cilacap. Apakah ada kuliner daerah kalian yang juga diekspor ke luar negeri?

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 22-28 Mei 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.

Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 22-28 Mei 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, Nasdem menduduki peringkat pertama seperti pekan sebelumnya. Isu korupsi Johnny G Plate masih meramaikan topik soal Nasdem pada pekan ini. Sementara itu, posisi selanjutnya diisi oleh Gerindra, PDIP, Demokrat, dan PKS.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 22-28 MeiΒ 2023

Berdasarkan pantauan Netray terkait popularitas tokoh politik di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok), nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut selama periode 22-28 Mei 2023. Sementara urutan empat dan lima kembali diisi oleh Erick Thohir dan Ridwan Kamil.

Jika dilihat dari periode sebelumnya, kelima tokoh tersebut konsisten masuk posisi 5 besar. Namun, pekan ini urutannya berubah. Prabowo Subianto naik di urutan satu menggeser Anies Baswedan yang pekan lalu sempat memimpin. Sementara itu, Ganjar Pranowo dari pekan lalu stagnan di urutan ketiga. Demikian halnya dengan Erick Thohir dan Ridwan Kamil di urutan yang sama seperti pekan lalu.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

Antusiasme Media Terbitkan Hasil Survei Capres Jelang 2024: Ganjar Paling Banyak Disebut

Jelang tahun politik 2024, media pemberitaan kian gencar menerbitkan artikel terkait survei capres yang berasal dari berbagai lembaga survei. Sejauh ini terdapat 3 nama capres yang digadang-gadang akan berkontestasi pada Pilpres 2024 mendatang, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Ketiganya pun masuk dalam jajaran tokoh politik populer di media pemberitaan. Untuk mengetahui seperti apa antusiasme media membahas topik seputar survei capres 2024, Netray memantau topik ini sejak 24 Maret sampai dengan 24 Mei 2023. Berikut hasil temuan Netray.

survei capres
Gambar 1. Statistik report

Dengan menggunakan kata kunci survei && capres, Netray menemukan sebanyak 4.975 artikel terkait survei capres yang berasal dari 312 total media. Seluruh artikel tersebut setidaknya melibatkan lebih dari 19,8 ribu total entitas. Adapun kategori yang mendominasi pemberitaan sebanyak hampir 99 persen berkategori politik.

Meningkatnya intensitas pemberitaan terkait survei ini tentu dipengaruhi oleh tahun politik yang semakin mendekat sehingga deklarasi serta dukungan kepada beberapa capres kian riuh. Sebagaimana tampak pada Gambar 2 di bawah, selama periode pantauan Netray tampak intensitas pemberitaan cenderung meningkat sejak akhir April 2023 hingga akhir masa periode pemantauan dengan sentimen tren yang cenderung positif.

Gambar 2. Intensitas pemberitaan dan sentimen tren

Kemudian melalui Word Cloud (Gambar 3) dapat ditemukan berbagai nama tokoh politik yang kerap muncul di artikel ketika membahas survei capres selama periode pemantauan. Sejumlah nama tokoh politik seperti Ganjar, Prabowo, Anies, Erick, Airlangga, Jokowi, hingga Sandiaga muncul atau lebih banyak disebut ketimbang tokoh lain.

Gambar 3. Kosakata yang paling banyak disebut dalam artikel survei capres

Berdasakan penyebutan, Ganjar memiliki proporsi terbanyak dibanding dengan Prabowo dan Anies. Ganjar setidaknya disebut dalam 30.319 artikel, kemudian Prabowo 27.058 artikel, dan Anies disebut dalam 16.454 artikel. Ketiganya memang kerap muncul dalam top survey capres 2024 yang diterbitkan oleh sejumlah lembaga seperti dalam artikel berikut.

Gambar 4. Artikel survei capres akhir Maret 2023

Sebagaimana tampak pada awal periode pantauan Netray, tepatnya pada akhir Maret 2023 hasil Survei Indikator menunjukkan bahwa Ganjar berada pada urutan pertama, atau unggul dari Prabowo dan Anies Baswedan. Meski demikian, pada akhir periode pemantauan Netray, tampak terjadi gelagat kenaikan elektabilitas Prabowo berdasarkan hasil rilis Survei Litbang Kompas.

Gambar 5. Artikel pemberitaan survei capres

Sebagaimana dimuat oleh Kompas dan Kumparan pada 24 Mei 2023, terlihat hasil survei tersebut menunjukkan kenaikan elektabilitas Prabowo yang kini mengalahkan Ganjar Pranowo. Hasil survei Litbang Kompas tersebut diambil pada 29 April-10 Mei 2023 yang menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres sebesar 24,5 persen. Sementara elektabilitas Ganjar sebesar 22,8 persen, dengan margin of error survei kurang lebih di angka 2,83 persen.

Ini merupakan kali pertama Prabowo berada di posisi puncak elektabilitas capres versi Litbang Kompas sejak Oktober 2022. Pada survei bulan Oktober 2022 dan Januari 2023, elektabilitas Prabowo selalu berada di bawah Ganjar. Hasil survei Litbang Kompas ini pun kemudian turut meramaikan media pemberitaan online dengan terbitan artikel serupa.

Pada word cloud dapat ditemui beberapa nama tokoh politik lain yang turut mencuat pada topik survei capres di media, seperti Erick Thohir dan Sandiaga Uno. Nama-nama tersebut muncul dalam topik bursa cawapres yang dirilis oleh berbagai media seperti halnya pada artikel berikut.

Gambar 6. Kemunculan nama Erick Thohir dan Sandiaga Uno dalam topik survei capres

Jika pada Pilpres sebelumnya Sandiaga Uno muncul sebagai cawapres mendampingi Prabowo, kini namanya kembali masuk dalam bursa survei Cawapres untuk Pilpres mendatang. Namun, kini nama Sandiaga justru bersaing dengan sosok Erick Thohir yang dinilai memiliki elektabilitas yang lebih tinggi dibanding dengan Sandiaga Uno.

Dikutip berdasarkan temuan Poltracking periode Februari hingga April 2023, nama Erick berkontribusi menaikkan elektabilitas Ganjar dan Prabowo. Elektabilitas Erick sebagai cawapres dalam tiga bulan terakhir tercatat stabil. Pada Februari, elektabilitas Erick sebesar 16,5 persen kemudian naik menjadi 16,7 persen pada Maret dan naik menjadi 17,1 persen pada April.

Pada kategori Top People terlihat nama Ganjar menempati urutan teratas dan menjadi media darling dalam topik survei capres selama periode pantauan Netray. Kemudian diikuti oleh Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Selain itu, tampak nama Jokowi yang turut disebut dalam berbagai artikel pada topik ini dan nama Erick Thohir yang digadang-gadang sebagai cawapres potensial dengan elektabilitas tertinggi.

Gambar 7. Top Entities

Kemudian, pada kategori Top Organizations tampak PDIP dan Gerindra berada pada urutan pertama dan kedua. Hal ini sejalan dengan popularitas Ganjar yang berasal dari PDIP yang juga menempati urutan pertama pada kategori Top People dan Prabowo dengan Gerindra yang berada pada urutan kedua.

Selain nama-nama partai dalam kategori Top Organization, Netray juga menemukan beberapa lembaga survei yang menjadi rujukan media berita online dalam menerbitkan artikel seputar survei capres seperti yang tampak pada Gambar 8 berikut.

Gambar 8. Organisasi partai /lembaga yang paling banyak disebut

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menjadi salah satu lembaga yang hasil surveinya kerap dimuat oleh media, diikuti oleh Indikator Politik Indonesia dan SMRC. Ketiga lembaga survei tersebut menjadi lembaga survei terkait capres terpopuler selama periode pantauan Netray.

Kemudian pada kategori Top Portal, Netray menemukan bahwa Tribun News menjadi media berita online yang paling banyak menerbitkan artikel dengan 364 artikel. Pada urutan kedua tampak Sindonews dengan 255 artikel dan Kompas sebanyak 244 artikel.

Gambar 9. Media yang paling banyak menerbitkan artikel survei capres

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya diΒ analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secaraΒ real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis diΒ netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Apresiasi dan Kritik dalam Perbincangan Seputar KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Sepuluh negara ASEAN berkumpul di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023 lalu dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN 2023 ke-42. Sepuluh negara tersebut terdiri dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Timor Leste. Perhelatan yang menjadikan Indonesia tuan rumah sekaligus Ketua ASEAN 2023 ini bertemakan “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Artinya bahwa Indonesia ingin ASEAN jadi tetap penting dan relevan bagi masyarakat ASEAN dan Dunia.

Netray ingin mengetahui beragam perbincangan selama KTT ASEAN 2023 dilaksanakan. Dengan menggunakan kata kunci ktt asean && labuan bajo serta asean && summit selama periode 7-13 Mei 2023 ditemukan 51,2 ribu twit dari 5.611 akun memperbincangkan isu ini. Kata kunci tersebut mampu menghasilkan impresi sebanyak 3,6 juta kali dan berpotensi menjangkau hingga 172, 9 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan Twitter isu KTT ASEAN 2023

Perbincangan topik ini didominasi oleh sentimen positif sebanyak 51,4 ribu twit jika dibanding dengan sentimen negatif yang hanya sebanyak 448 Twit. Puncak perbincangan terjadi pada 13 MeiΒ 2023. Pada tanggal tersebut, twit yang menyuarakan dukungan Telkom terhadap suksesnya KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo mendominasi. Dalam twit-twit ini, warganet menggunakan tagar #AktivitasTanpaBatas, #TelkomDukungKTTASEAN2023 dan #ElevatingYourFuture.

Gambar 2. Grafik peak time perbincangan

Perbincangan sentimen positif diwarnai oleh cuitan Presiden Jokowi dan para menterinya yang turut serta dalam konferensi ini. Cuitan dari Presiden Jokowi @jokowi mengenai usainya pelaksanaan KTT ASEAN 2023 menjadi twit bersentimen positif terpopuler selama perbincangan. Selain itu Kapolri @ListyoSigitP juga turut mengapresiasi timnya atas semangat dalam mengamankan KTT ASEAN sehingga berjalan aman dan kondusif.

Gambar 3. Sampel twit

Di balik kemeriahan KTT ASEAN ini ternyata masih ada masalah yang mengintai. Hal ini tercermin dari adanya kritik twit bersentimen negatif yang muncul. Kritik ini datang dari akun aktivis sekaligus jurnalis Dandhy Dwi Laksono melalui akunnya @Dandhy_Laksono. Ia mencuitkan soal para peserta KTT ASEAN bisa menikmati hotel bintang lima dan jalan yang mulus namun ada rakyat yang belum mendapat ganti rugi atas lahannya yang telah dipakai untuk kepentingan acara ini. Dhandy juga menyoroti soal warga Manggarai Barat yang berniat demo menuntut haknya justru mendapat tekanan dan dilaporkan ke polisi.

Gambar 4. Sampel twit

Selain Presiden Joko Widodo, Dandhy Laksono, dan Kapolri Listyo Sigit, sejumlah akun yang meramaikan topik ini adalah @txtdariHI, Mahfud MD, Puan Maharani, dan lain sebagainya seoerti yang tertera pada gambar di bawah.

Gambar 5. Akun populer berdasarkan impresi tertinggi
Gambar 6. Kosakata yang paling banyak disebut dalam twit seputar KTT ASEAN

Jika dilihat berdasarkan jajaran kata yang paling banyak muncul, selain jokowi, muncul nama Puan, Erick, Ganjar, dan Moeldoko yang juga banyak disebut dalam perbincangan. Puan disebut dalam sejumlah twit warganet dengan narasi soal pentingnya perlindungan keselamatan pekerja migran indonesia dan tindak pidana perdagangan orang.


Gambar 7. Sampel twit

Sementara itu, Erick muncul bersama Wishnutama dan Chef Arnold karena diberi tanggung jawab untuk menyukseskan KTT ASEAN 2023. Erick bertugas untuk mengembangkan kawasan terpadu seperti membangun pelabuhan dan hotel. Hal ini seperti yang dicuitkan oleh @YRadianto dan @denni_sauya. Adapun tagar yang digunakan warganet ketika menuliskan tweet soal Erick adalah #GanjarErickDuetTerbaik.

Gambar 8. Sampel twit kata ‘erick’

Pantauan Pemberitaan Daring Acara KTT ASEAN 2023

Netray juga memantau perhelatan akbar ini melalui kanal pemberitaan media online. Dengan menggunakan kata kunci dan periode pemantauan yang sama ditemukan 2.946 artikel dari 250 media membahas KTT ASEAN 2023.Β  Dari jumlah itu kategori yang mendominasi pemberitaan yakni pemerintahan, keuangan, dan pariwisata.

Gambar 9. Statistik Pemberitaan KTT ASEAN

Intensitas pemberitaan media massa sudah mulai meningkat sejak sebelum acara tersebut dimulai. Puncaknya terjadi pada 10 Mei 2023 atau hari kedua KTT ASEAN berlangsung dan mulai menurun hingga akhir periode pemantauan.

Gambar 10. Intensitas pemberitaan dan sentimen
Gambar 11. Kosakata yang paling banyak disebut dalam artikel

Kemudian, Netray mengamati pembahasan apa yang banyak dituliskan oleh media daring melalui kosakata populer seperti yang tertera pada Gambar 12. Kata ‘labuan’, ‘bajo’ dan ‘indonesia’ menjadi kata yang paling banyak disebut dalam pemberitaan sebagai tempat berlangsungnya acara. Menariknya, kata ‘ekonomi’, ‘umkm’, dan ‘listrik’ juga menjadi bahasan yang cukup menonjol.

Kata ekonomi, tercermin dalam berita antisipasi kenaikan harga pangan global serta penguatan konektivitas pembayaran regional dan transaksi mata uang lokal masing-masing negara atau dedolarisasi. Seperti yang diberitakan oleh Pakuan Raya dan Akurat.

Gambar 12. Sampel berita kata ‘ekonomi’

Sedangkan kata ‘umkm’ membahas soal pelaku usaha UMKM yang ikut serta, mulai dari UMKM makanan hingga kain tenun. Kurang lebih 50 UMKM turut serta dan meraup banyak keuntungan dari acara ini. Kisah ini seperti yang diberitakan oleh Ayo Jakarta dan Detik pada gambar di bawah ini.

Gambar 13. Sampel berita kata ‘umkm’

Lalu, kata ‘listrik’ banyak diberitakan terkait PLN yang menghadirkan listrik tanpa kedip guna mendukung perhelatan internasional ini. Listrik yang dihasilkan berasal dari energi ramah lingkungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Ulumbu. Tak hanya itu, PLN juga mengisi daya 371 kendaraan listrik yang digunakan untuk operasional selama acara.

Gambar 14. Sampel berita kata ‘listrik’

Menilik kategori top facilities (Gambar. 16) terlihat bahwa Hotel Meruorah menjadi tempat yang paling banyak disebut dalam 423 berita. Hotel milik BUMN yang baru dikembangkan pada tahun 2019 ini menjadi venue utama KTT. Fakta menariknya adalah bahwa hotel ini dulunya merupakan pelabuhan tua. Seperti tampak yang diberitakan oleh Kompas.

Gambar 15. Tempat yang paling banyak disebut
Gambar 16. Sampel berita

Sedangkan untuk top portal yang memberitakan KTT ASEAN ke-42 ini, Kompas menjadi portal berita yang paling banyak menghasilkan berita dengan 186 artikel, disusul Detik dengan 164 artikel dan Tribun News sejumlah 144 artikel.

Gambar 17. Jajaran top portal

Meski di media sosial Twitter dan media pemberitaan perbincangan seputar KTT ASEAN didominasi oleh sentimen positif, Netray menemukan sejumlah permasalahan atau kritik yang disuarakan, salah satu yang populer dari aktivis Dandhy Laksono soal ganti rugi lahan warga yang terdampak dari pembangunan infrastruktur untuk acara ini.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya diΒ analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secaraΒ real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis diΒ netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Topik Sindiran Anies ke Ganjar Ramai di Twitter Sepi di Pemberitaan Media Massa

Anies Baswedan disinyalir memberikan sindiran kepada Ganjar Pranowo saat berpidato di perayaan Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke 21 pada Sabtu 20 Mei 2023. Anies berujar bahwa ia akan kalah adu lari keliling Indonesia, akan tetapi ia siap untuk adu gagasan. Pernyataan ini membuat gaduh publik dan memanaskan situasi politik menjelang Pemilu 2024.Β Hal ini mengingat Ganjar Pranowo yang kerap membagikan potretnya kala sedang melakukan aktivitas lari pagi.

Kegaduhan tersebut Netray potret melalui pemantauan linimasa Twitter. Pemantauan dilakukan selama sepekan, yakni dalam periode 17 Mei hingga 23 Mei 2023. Untuk menjaring unggahan twit dan berita dalam topik sindiran Anies ke Ganjar, Netray Media Monitoring menggunakan kata kunci β€œanies”, β€œganjar”, dan β€œlari pagi”. Hasilnya bisa disimak di bawah ini.

Selama sepekan, twit warganet yang berhasil dikumpulkan Netray terhitung cukup tinggi, yakni sebanyak 2.618 twit dengan kata kunci. Sedangkan pekan sebelumnya hanya ada 503 twit. Artinya, perbincangan terkait topik sindiran Anies melonjak secara signifikan dengan kisaran persentase sebesar 420%.

sindiran
Gambar 1. Total twit dan Peak Time

Dari grafik pada Gambar 1 di atas juga terlihat bahwa terdapat lonjakan intensitas perbincangan pada tanggal 17 Mei, 21 Mei dan 23 Mei. Lebih jelas lagi, lonjakan tersebut terjadi pada satu hari sebelum pidato Anies di acara PKS, bertepatan dengan acara, serta dua hari setelahnya.

Netray menemukan kurang lebih 1,8 juta impresi terkumpul dalam bentuk reply, retweet, dan favorites (Gambar 2). Dengan tingkat impresi sebesar ini, perbincangan tersebut secara potensial dapat menjangkau 59,5 juta akun berbahasa Indonesia.

Gambar 2. Impresi dan jangkauan potensial perbincangan

Saat perbincangan meningkat pada tanggal 17 Mei, perbincangan lebih banyak dikuasai oleh twit dengan sentimen negatif. Tampaknya, masing-masing pendukung Anies maupun Ganjar sudah saling serang menggunakan topik kebiasaan olahraga lari tersebut. Perbincangan lantas meredup hingga mendekati hari saat Anies memberi pidato. Pada tanggal 20 Mei, perbincangan mulai meningkat dan twit dengan sentimen negatif mendominasi linimasa Twitter.

Gambar 3. Sentimen unggahan warganet
Gambar 4. Contoh twit sebelum pidato Anies

Jumlah twit dengan sentimen positif sempat mengimbangi pada tanggal 21 Mei. Akan tetapi intensitas twit dengan sentimen positif justru menurun dan hingga akhir periode pemantauan didominasi penuh oleh twit dengan sentimen negatif. Total terdapat 1.476 twit sentimen negatif berbanding 544 twit positif.

Perbincangan Publik Tentang Sindiran Anies ke Ganjar

Akun media massa menjadi semacam ruang bagi pro dan kontra warganet terkait sindiran yang dilayangkan Anies Baswedan untuk Ganjar Pranowo. Antara lain akun milik @CNNIndonesia dan @KompasTV. Masing-masing akun meraup impresi tertinggi dalam pemantauan ini, yakni 19.608 impresi untuk @CNNIndonesia dan 11.531 impresi bagi @KompasTV.

Gambar 5. Akun dengan impresi terbanyak
Gambar 6. Perbincangan warganet pada unggahan akun media massa

Kubu-kubuan warganet juga ditemukan dari akun-akun populer di Twitter yang mengisi grafik Top Accounts. Akun seperti @ch_chotimah2, @Paltiwest, dan @yusuf_dumdum adalah akun yang memiliki sikap kontra dengan Anies Baswedan.

Akun @ch_chotimah2 menyebut bahwa memang betul bahwa Ganjar suka lari pagi sedangkan Anies suka lari dari janji. Sedangkan akun @Paltiwest mencibir bahwa Anies bukan adu gagasan tetapi adu membohongi rakyat. Hal ini diperinci oleh twit @yusuf_dundum lewat sejumlah fakta ingkar janji Anies seperti rumah DP 0 dan janji tolak reklamasi.

Gambar 7. Twit dari akun kontra pidato Anies sindir Ganjar

Sejumlah akun yang mendukung Anies juga memperoleh impresi yang tinggi. Dari daftar di atas (Gambar 5 ) terpantau akun @HensuAja dan @marlina_idha melihat sindiran Anies sebagai hal yang positif. Bagi mereka Anies tidak perlu lari-lari dan selfie di medsos untuk pencitraan semata seperti yang biasa dilakukan oleh Ganjar.

Gambar 8. Twit dari akun pro pidato Anies

Meskipun ramai di media sosial, pemantauan kanal berita daring justru menunjukkan fakta yang sebaliknya. Dengan periode dan kata kunci yang sama, Netray hanya menemukan 142 artikel di kanal media massa. Termasuk hanya 48 kantor berita yang mengolah isu ini.

Gambar 9. Statistik pemantauan media massa

Tribun Network menjadi grup media massa yang paling sering memberitakan cerita kontroversial ini. Media utama mereka di Tribunnews.com memuat 16 artikel, sedangkan portal Wartakota.tribunnews.com memuat 10 berita. Belum termasuk portal-portal mereka yang berada di daerah seperti Tribunnews Medan atau Tribunnews Manado.

Gambar 10. Intensitas pemberitaan media massa

Media massa yang memiliki unggahan twit yang meraup impresi terbanyak justru hanya merilis sedikit artikel. CNNIndonesia.com hanya menerbitkan 5 artikel saja. Sedangkan Kompas.tv hanya mengunggah 4 artikel yang membahas sindiran Anies ke Ganjar.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Indonesian Idol 2023 Trendingkan Salma Sang Juara

Salma Aliyyah Putri Mandaya atau yang kerap disapa Salma Salsabil keluar sebagai pemenang ajang Indonesian Idol 2023. Hal tersebut tak diragukan lagi sebab namanya sering masuk ke jajaran trending twitter di setiap minggunya. Kemenangan perempuan asal Probolinggo ini disambut meriah oleh netizen.

Berdasarkan pantauan Netray Media Monitoring, kata kunci ‘salma’ dan ‘indonesian idol’ ditemukan dalam 4,6 ribu twit dalam periode pemantauan 15-23 Mei 2023. Topik ini telah meraih impresi sebanyak 2,1 juta reaksi. Twit-twit yang diunggah oleh 1,7 ribu akun ini bahkan mampu menjangkau hingga 35,5 juta akun berbahasa Indonesia.

Gambar 1. Statistik Perbincangan di Twitter

Meski menuai ribuan twit dari kedua kata kunci tersebut, ternyata twit-twit tersebut bukan sepenuhnya berisikan impresi tentang Salma ataupun Indonesian Idol. Melainkan, sebanyak 14,09% twit merupakan twit yang terindikasi sebagai spam. Hal tersebut juga dapat dilihat dari jajaran Top Words di bawah ini. Kosakata yang tidak memiliki kaitan dengan topik, seperti raline, mirdad, becca, gibran, dan lain sebagainya diunggah warganet dengan menyelipkan kata kunci di dalamnya.

Gambar 2. Grafik Spam
Gambar 3. Jajaran Top Words

Trendingnya Salma dapat terlihat dari grafik peak time di bawah ini. Grafik perbincangan terkait kata kunci ini naik di setiap hari Selasa, yakni tanggal 16 dan 23 Mei 2023, satu hari setelah ajang tersebut tayang di televisi. Puncaknya yakni pada Selasa lalu yang menghasilkan twit sebanyak 3.298 dalam satu hari.

Gambar 4. Grafik Peak Time

Beragam pujian diunggah netizen atas kemenangan Salma di ajang Indonesian Idol 2023. Suara dan performa Salma mendapat apresiasi dari warganet. Kegagalan Salma di beberapa ajang pencarian bakat kini sudah terbayar dengan menang sebagai juara satu di Idol season 12. Suara emas yang dimiliki oleh Salma telah mencuri hati penikmat musik atau penonton Indonesian Idol.

Gambar 5. Sampel Twit
Gambar 6. Sampel Twit

Tak hanya memiliki suara merdu, perilaku Salma selama grand final bersama Nabila juga mendapat sorotan dari warganet. Sikap Salma yang selalu peduli dan rendah hati kepada Nabila terlihat dalam beberapa sesi acara. Seperti halnya pada saat host dan juri meminta Salma untuk berduet dengan Mahalini, tak tinggal diam Salma pun mengajak pesaingnya tersebut untuk bernyanyi bersama. Attitude Salma inilah yang menuai pujian warganet.

Gambar 7. Sampel Twit
Gambar 8. Sampel Twit

Penggemar Salma kian meluas dengan adanya fandome yang menamakan dirinya sebagai Pasukan Ikan. Kedekatan Salma dan Rony yang kemudian disebut sebagai pasangan ‘Salmon’ membuat penggemar keduanya bersatu dan mendukung Salma di grand final. Maka tak ayal. apabila kemenangan Salma membuat Pasukan Ikan semakin bangga. Bahkan setiap penampilan duetnya pun menuai pujian dari warganet.

Gambar 9. Sampel Twit
Gambar 10. Sampel Twit

Banjir akan pujian untuk sang pemenang, namun ajang pencarian bakat ini juga mendapat beberapa kritik dari warganet. Twit bersentimen negatif datang dari warganet yang menilai adanya diskrimanasi. Warganet menilai juri dan host Idol terlalu ‘menganakemaskan’ Salma. Perbedaan sikap yang terlalu menonjol tersebut membuat warganet geram kepada host dan juri Idol.

Gambar 11. Sampel Twit
Gambar 12. Sampel Twit

Salma Indonesian Idol 2023 Trending YouTube

Konten dengan kata kunci ‘indonesian idol’ dan ‘salma’ ditemukan dalam 259 unggahan dalam periode pemantauan 18-24 Mei 2023. Video-video tersebut telah ditonton sebanyak 17 juta kali dengan total impresi sebanyak 17,6 juta reaksi. Peak time unggahan terjadi di tanggal 23 Mei dengan total 150 konten dalam satu hari.

Gambar 13. Statistik Konten di Kanal Youtube
Gambar 14, Grafik Peak Time

Kanal yang paling banyak mendapat impresi berasal dari kanal milik Indonesian Idol 2023 dengan total 8,8 juta reaksi. Sedangkan kanal milik Salma berada di posisi ke empat dengan total impresi mencapai 633 ribu reaksi.

Gambar 15. Jajaran Top Channel

Empat video terpopuler berdasarkan jumlah penonton berasal dari kanal milik Indonesian Idol 2023. Video dengan jumlah view terbanyak merupakan video yang berisikan penampilan dari kontestan perempuan yang berduet dengan Mahalini Idol season 10. Video tersebut telah ditonton sebanyak 1,4 juta kali dengan raihan 2,5 ribu komentar dan 33,3 ribu likes.

Gambar 16. Jajaran Video Terpopuler

Sedangkan lagu kemanangan Salma yang berjudul ‘Menghargai Kata Rindu’ menduduki trending lima di kanal YouTube pada 25 Mei 2023.Video yang diunggah pada 22 Mei tersebut telah ditonton sebanyak 627 ribu kali dan memperoleh 18,2 ribu komentar dan 54,5 ribu likes. Beragam komentar disampaikan penonton dengan didominasi komentar bersentimen positif.

Gambar 17. Video Klip Menghargai Kata Rindu
Gambar 18. Sampel Komentar Video Klip Salma

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi