Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay.
Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.
2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.
3. Pilih Trialuntuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.
4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.
5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)
7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.
8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.
9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.
11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.
Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.
Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.
Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paketTrial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.
2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.
3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.
5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.
6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.
Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.
7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.
8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.
Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.
Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)
1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.
Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keyword ‘psbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).
2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.
Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?
Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.
Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?
Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.
Judi online atau judol kini menjadi penyakit yang menjangkiti dan kian meresahkan masyarakat. Berbagai aplikasi dan situs website judi online sekarang dapat dengan mudah diakses melalui gawai masing-masing orang tanpa memandang usia. Apalagi sekarang promosi judol dilakukan akun-akun media sosial yang membuat judol semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Melihat fenomena ini, Netray memantau media sosial Instagram dan kanal YouTube. Tujuan utama pemantauan ini adalah untuk mengetahui interaksi akun-akun yang mempromosikan situs judi online. Termasuk mana saja akun yang mendapati respons terbanyak dari warganet ketika mengunggah konten promosi judi online.
Hasilnya, Netray menemukan ribuan konten terkait promosi judi online di Instagram maupun YouTube. Artinya, judi online seolah menjadi jamur yang dapat dengan mudah tumbuh subur di Tanah Air. Bahkan mengutip data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), total transaksi judi online di Indonesia mencapai sekitar Rp200 triliun.
Pemerintah sendiri sudah melakukan tindakan guna memberantas masalah ini. Menkominfo Budi Arie mengaku telah memblokir ribuan situs judi online. Namun apakah hal ini dapat mencerabut masalah judol hingga ke akar-akarnya?
Gambar 1. Artikel terkait upaya pemerintah
Judi Online yang kian meresahkan pun membuat masyarakat meminta pemerintah untuk lebih serius dalam menangani persoalan ini. Terlebih judi online kini menjangkiti pelajar hingga ibu rumah tangga. Sampai saat ini, Kominfo telah memutus akses dan menghapus sebanyak 60.582 konten perjudian online sepanjang periode 1 hingga 21 September 2023. Meski demikian, hasil penjaringan Netray masih menemukan berbagai akun-akun yang mempromosikan situs judi online.
Ribuan Konten Promosikan Judi Online di Instagram dan YouTube
Pengamatan topik akun promosi judi online, dilakukan Netray dengan menggunakan kata kunci judionline, slot, slotgacor, slotindonesia, dan slotonline dengan rentang selama 25 September sampai dengan 01 Oktober 2023. Hasilnya dapat diamati melalui statistik report berikut.
Gambar 2. Statistik Report
Selama rentang sepekan saja Netray setidaknya menemukan 4.007 total unggahan terkait judi online di Instagram. Dari jumlah tersebut 692 di antaranya bersentimen positif dan 235 bersentimen negatif. Sementara jumlah impresi mencapai 13 ribu reaksi yang berpotensi menjangkau 1,3 juta akun pengguna Instagram. Untuk memperluas jangkauan pengguna akun pun menggunakan beberapa tagar yang kemudian menjadi populer dalam mempromosikan situs judol di Instagram, berikut di antaranya.
Gambar 3. Tagar dan akun terpopuler
Salah satu tagar yang paling kerap digunakan dalam mempromosikan situs judi digital ini adalah slotgacorhariini, casino, situsslot, situsgacor, slotgame, maxwin, dan berbagai tagar lainnya. Sementara akun yang paling populer dalam topik ini adalah akun dengan id @angkaresultkostoto dan sembilan akun lainnya dengan beragam situs judi yang berbeda-beda. Berikut detail profil akun dengan unggahan terbanyak.
Gambar 4. Profil akun Ig terpopuler
Bahkan mengutip data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), total transaksi judi online di Indonesia mencapai sekitar Rp200 triliun.a akun tersebut menjadi akun yang paling banyak mempromosikan situs judi online. Tampak kedua akun tersebut pun memiliki ribuan pengikut dengan profil yang menawarkan pilihan bonus menarik. Tak lupa akun-akun tersebut juga mencantumkan link yang terhubung langsung ke situs judi tersebut. Berikut beberapa konten terpopuler temuan Netray.
Gambar 5. Konten terpopuler
Netray menemukan beragam akun dengan situs dan jenis permainan judi yang berbeda. Akun-akun tersebut mempromosikan berbagai penawaran menarik guna menggaet para pengguna Instagram. Konten-konten semacam ini kemudian tumbuh subur di media sosial yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Mirisnya, PPATK mencatat 2,7 juta orang yang mengikuti permainan judi online, 2,1 juta di antaranya berasal dari kalangan berpendapatan rendah yang bertaruh dengan nominal kecil di bawah 100 ribu.
Tak hanya di Instagram, konten promosi serupa juga ditemukan Netray di kanal YouTube. Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama Netray menemukan berbagai konten YouTube yang turut mempromosikan judi daring.
Gambar 6. Statistik report YouTube
Selama sepekan Netray menemukan 345 konten terkait judi daring yang dipromosikan melalui platform ini. Konten tersebut telah ditonton sebanyak 6.8 juta kali dan mendapat 324,3 ribu like serta 19 ribu komentar. Adapun jumlah impresi mencapai 7,2 juta reaksi pengguna YouTube dengan dominasi komentar bersentimen positif.
Gambar 7. Peak time dan post top words
Secara intensitas bahkan konten dengan muatan judi daring ini muncul setiap harinya dengan capaian hingga 71 konten per hari. Sementara pada kosakata kerap digunakan dalam unggahan antara lain seperti tampak kata slot, machine, situs, judi, casino, jackpot, terpercaya, dan berbagai kata lainnya. Berikut beberapa konten judi terpopuler di YouTube.
Gambar 8. Konten judi di YouTube
Di YouTube konten-konten terkait judi online banyak membagikan tips, daftar situs slot, dan pola-pola permainan dalam situs tersebut. Konten-konten tersebut pun banyak meraih atensi pengguna YouTube, bahkan satu konten saja dapat meraih ribuan penonton dan ratusan komentar. Berikut beberapa komentar warganet yang mungkin juga seorang sloter atau pejudi online dalam konten tersebut.
Gambar 9. Komentar warganet
Bersembunyi dibalik akun-akun anonim di jagat maya, para pejudi sloter bahkan tak lagi segan meninggalkan komentar di berbagai konten yang mempromosikan judi daring ini. Menkominfo pun telah mengkaji adanya dampak lanjutan judi online dengan adanya jerat pinjaman online atau pinjol ilegal. Tak sedikit pelaku judol ini kemudian terjerat dalam pinjol ilegal hingga melakukan tindakan melawan hukum seperti tindak kriminal. Hal ini membuat Indonesia kini mengalami darurat judi online. Berikut channel terpopuler pada periode ini dan tag yang kerap digunakan dalam mempromosikan judi online di YouTube.
Gambar 10. Channel dan tag populer
Selama periode ini channel NG Slot menjadi channel terpopuler dengan raihan impresi tertinggi, diikuti oleh channel MANDO GEDE dan berbagai situs promosi lainnya. Adapun tag yang paling banyak digunakan dalam mempromosikan situs judi dalam berbagai konten tersebut adalah tagar slot, slot machine, pola slot gacor hari ini, casino, dan berbagai tag lainnya.
Sebagaimana tampak dari hasil monitoring, meski pemerintah telah memblokir ribuan situs terkait praktik judi ini kemunculan situs lainnya seolah bak rumput liar yang tak terkendali. Oleh karena itu, perlu penanganan serius dari pemerintah dalam menyelesaikan persoalan ini. Peran aktif kesadaran masyarakat pun diperlukan agar tidak menimbulkan dampak yang besar dikemudian hari.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Selain nama tiga calon presiden, sejumlah nama tokoh politik nasional lain juga kerap disebut dalam pemberitaan media massa daring dan perbincangan di media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok). Popularitas dan intensitas penyebutan nama tokoh kerap merepresentasi situasi politik nasional terutama menjelang Pemilu 2024.
Berdasarkan pemantauan Netray Media Monitoring terkait popularitas tokoh politik, nama yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto masih menempati posisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut selama periode 25 September – 1 Oktober 2023. Sementara urutan empat dan lima juga tetap diisi oleh Agus Harimurti dan Erick Thohir.
Tak banyak pergeseran posisi yang berarti pada pekan ini. Dari posisi lima besar hingga posisi 9 masih ditempati tokoh politik yang sama seperti pekan sebelumnya. Perubahan nama baru terjadi pada posisi 10 dan 11 yang pekan ini ditempati Khofifah dan Puan Maharani. Sedangkan nama Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil turun di posisi 12 dan 13. Dua nama yang sempat digadang-gadang sebagai cawapres ini dari hari ke hari semakin kurang populer.
Gambar 1. Topik-topik perbincangan warganet Twitter.
Gambar. Perbincangan warganet terkait nama Ganjar, Anies, dan Prabowo.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan media sosial Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.
Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 25 September – 1 Oktober 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, PDIP kembali menduduki tempat pertama setelah hampir lima pekan terlempar dari posisi tersebut. PDIP menggeser posisi Demkorat yang pekan ini turun ke posisi tiga. Sedangkan PSI yang pekan lalu berada di tempat kelima, pekan ini naik di tempat kedua. Posisi empat dan lima diisi PKB dan Gerindra.
Intensitas penyebutan PDIP yang tinggi didapat dari topik Rekernas partai yang diadakan Jumat 19 September 2023. Sejumlah petinggi partai mengisi pidato seperti Ketum Megawati dan Presiden Jokowi. Selain itu wacana dukungan capres juga masih mengemuka, terutama menyangkut masa depan dukungan Presiden Jokowi terhadap salah satu capres. Hal ini semakin kompleks setelah berita Kaesang menjadi Ketum PSI yang disinyalir akan merapat ke Prabowo, alih-alih mendukung Ganjar yang dipilih oleh partai keluarganya.
Gambar 1. Topik Rakernas PDIP dorong intensitas penyebutan nama partai
Gambar 2. Sejumlah topik perbincangan terkait entitas PDIP
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis.
Teka-teki cawapres Ganjar Pranowo hingga saat ini belum menemukan jawabannya. Pendaftaran capres dan cawapres yang kian dekat semakin membuat publik penasaran siapa sosok wakil yang akan diusung oleh PDI-P dalam bursa Pilpres 2024. Sejumlah nama sempat mencuat di media berita, bahkan lembaga survei pun juga pernah merilis hasil elektabilitas Ganjar jika disandingkan oleh beberapa nama tersebut.
Lantas siapa sosok yang paling santer diunggah media pemberitaan terkait isu ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Netray Media Monitoring turut memantau beberapa kanal media dengan kata kunci cawapres && ganjar. Hasilnya adalah sebagai berikut.
Dalam periode pemantauan 21-27 September 2023, Netray menemukan 829 artikel yang mencatut kata kunci tersebut. Artikel-artikel ini diunggah oleh 109 media berita daring dalam sepekan pemantauan. Media IDN Times menjadi portal media berita yang paling banyak memuat berita yang menyebut kata kunci, yakni sebanyak 97 artikel. Lalu, di posisi kedua terdapat Kompas yang memiliki selisih sebanyak 36 artikel dari IDN Times.
Gambar 1. Statistik pemberitaan media
Gambar 2. Jajaran top portal media
Lalu, siapa yang paling santer diberitakan media terkait kata kunci tersebut? Melalui fitur Top Entitas Netray di bawah ini, dapat dilihat deretan nama tokoh yang dicatut media berita dalam mengunggah artikel perihal topik tersebut.
Dari jajaran 5 besar, tokoh yang kerap diberitakan media terkait kata kunci ialah sosok-sosok yang memiliki hubungan secara langsung dengan Ganjar, seperti Jokowi sebagai Presiden atau kader partai dan Megawati yang merupakan Ketum PDI-P. Sedangkan dua nama lainnya merupakan tokoh yang berkaitan dengan kontestasi Pilpres, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
Lalu, jika dilihat dari jajaran 10 besar (Gambar 4), terlihat nama Moh Mahfud MD, Abdul Muhaimin Iskandar, Sandiaga Salahuddin Uno, Puan, dan Hasto. Hanya dua nama yang memiliki potensi tertinggi untuk maju sebagai cawapres Ganjar, mereka ialah Mahfud MD dan Sandiaga Uno.
Gambar 3. Jajaran 10 besar top person
Gambar 4. Jajaran 10 besar top person
Mahfud dalam Pemberitaan Cawapres Ganjar
Nama Mahfud menjadi yang paling banyak disebutkan media dalam pemberitaan tentang cawapres Ganjar. Meski hanya selisih 7 penyebutan dengan Sandiaga, Mahfud unggul dengan total 82 artikel. Pemberitaan Mahfud yang digadang-gadang sebagai cawapres Ganjar didominasi dengan berita bersentimen positif sebanyak 71% dan hanya 1 artikel yang bersentimen negatif.
Gambar 5. Statistik pemberitaan nama Moh Mahfud MD
Mahfud disinyalir menjadi kandidat terkuat sebagai cawapres Ganjar. Seperti yang diberitakan oleh Poskota Online, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Senopati Syndicate, Mahfud mendapatkan perolehan suara paling tinggi yakni 37.857 atau 28% dari jumlah 135.000 responden. Senada dengan Poskota Online, Jitu News juga menyebut bahwa Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengungkapkan partainya cukup intensif membahas potensi Mahfud sebagai calon pendamping Ganjar. Menurutnya, kiprah Mahfud di lembaga negara menjadi pertimbangan.
Gambar 6. Berita tentang Mahfud kandidat terkuat
Gambar 7. Berita tentang Mahfud kandidat terkuat
Keunggulan yang dimiliki oleh Mahfud MD menjadi bahan pemberitaan media yang kemudian memberikan sumbangan sentimen positif kepada Menkopolhukam. Dari kedua media berita di bawah ini, Mahfud dinilai dapat mendongkrak elektabilitas Ganjar Pranowo. Rekam jejak Mahfud yang bersih dan berani dianggap mampu memperkuat branding Ganjar. Selain itu, Mahfud saat ini juga diklaim sebagai Nahdliyin yang paling populer sehingga dapat memberikan dampak positif pada pemungutan suara Pilpres mendatang.
Gambar 8. Berita tentang keunggulan Mahfud MD
Gambar 9. Berita tentang keunggulan Mahfud MD
Sandiaga Uno dalam Pemberitaan Cawapres Ganjar
Nama Sandiaga Uno ditemukan dalam 75 artikel yang mengandung kata kunci pemantauan. Terdapat 37 portal berita yang membawa nama Sandiaga dalam topik ini. Sama halnya dengan Mahfud MD, pemberitaan tentang Sandiaga juga didominasi dengan berita bersentimen positif.
Gambar 10. Statistik pemberitaan nama Sandiaga Salahuddin Uno
Sandiaga Uno disebut sebagai sosok yang menarik hati oleh Hasto Kristiyanto. Hal ini diungkapkan oleh Hasto pada acara diskusi bedah buku di daerah Jakarta Selatan. Sekjen PDI-P ini menyebut bahwa Sandiaga adalah sosok yang memiliki ideologis yang tinggi.
Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi atau tanda-tanda jika Sandiaga akan dipilih sebagai cawapres Ganjar. Akan tetapi, hal tersebut tak menyurutkan semangat PPP untuk tetap mendukung Ganjar dalam Pilpres 2024. Meski demikian, Ketua DPP Usman Tokan juga tetap berharap PDIP-P akan memilih cawapres yang memiliki irisan dengan PPP.
Gambar 11. Berita tentang Sandiaga cawapres yang menarik
Gambar 12. Berita tentang PPP tak masalah jika Sandiaga tidak dipilih Megawati
Mahfud dan Sandiaga dalam Konten Youtube
Memantau di kanal YouTube, Netray menggunakan kata kunci dan periode yang sama dengan kanal news. Hasilnya ialah ditemukan sebanyak 386 video selama periode pemantauan. Video-video tersebut mendapatkan 6,1 juta impresi dengan rincian telah ditonton sebanyak 6 juta kali dengan 31,5 ribu komentar dan 47,5 likes.
Gambar 13. Statistik konten cawapres Ganjar di kanal YouTube
Pada kanal YouTube, nama Mahfud MD juga menjadi paling unggul terkait topik ini. Terlihat dari gambar di bawah ini kosakata mahfud telah disebut sebanyak 118 sedangkan sandiaga ditemukan dalam 30 penyebutan.
Gambar 14. Jumlah penyebutan Mahfud di YouTube
Gambar 15. Jumlah penyebutan Sandiaga di YouTube
Video terpopuler yang menampilkan konten berisikan tentang Mahfud sebagai cawapres Ganjar berasal dari channel Tribun Lampung News Video. Dalam video bertajuk KIAI NU DUKUNG MAHFUD MD CAWAPRES ditemukan sebanyak 39 komentar dengan rincian 26 komen bersentimen positif, 8 negatif, dan 4 netral.
Gambar 16. Video tentang Mahfud MD
Gambar 17. Komen peak time video Tribun
Sentimen positif berasal dari dukungan penonton kepada Mahfud yang akan dipasangkan dengan Ganjar. Penonton menilai Mahfud MD adalah sosok yang pas untuk dijadikan sebagai cawapres Ganjar. Tak sedikit penonton yang turut mendoakan untuk Mahfud agar terpilih menjadi pasangan Ganjar di Pilpres 2024.
Gambar 18. Komen positif untuk Mahfud MD
Gambar 19. Komen positif untuk Mahfud MD
Gambar 20. Komen positif untuk Mahfud MD
Gambar 21. Komen positif untuk Mahfud MD
Video terpopuler tentang Sandiaga Uno terkait topik ini berasal dari channel SINDOnews yang membagikan konten dengan judul Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil Paling Kuat di Simulasi Bacawapres Ganjar Pranowo. Konten yang tayang pada 21 September 2023 ini telah ditonton sebanyak 14,3 ribu kali dengan total komen sebanyak 58. Dari grafik Comment Peak Time di bawah ini terlihat, komentar bersentime positif lebih dominan dibandingkan dengan komentar bersentimen negatif dan netral.
Gambar 22. Video tentang Sandiaga Uno
Gambar 23. Komen peak time video SINDOnews
Video tersebut menampilkan sebuah acara talkshow Konspirasi Prabu yang membahas sosok Sandiaga Uno. Sandiaga dinilai sebagai kandidat cawapres yang bisa menjadi variabel komplementer bagi Ganjar. Senada dengan perbincangan yang menyebut Sandiaga adalah kandidat terkuat setelah Ridwan Kamil, penonton pun mengiyakan hal tersebut. Terlihat dari jajaran komentar di bawah ini, penonton cenderung memilih Sandiaga dibandingkan dengan Ridwan Kamil. Kader PPP ini dinilai pas untuk mendampingi Ganjar.
Gambar 24. Komen positif untuk Sandiaga
Gambar 25. Komen positif untuk Sandiaga
Gambar 26. Komen positif untuk Sandiaga
Gambar 27. Komen positif untuk Sandiaga
Mengerucut dan menguatnya kedua nama tersebut, Mahfud dan Sandiaga, hingga sampai saat ini masih saja menjadi tanda tanya. Akankah salah satu dari mereka benar terpilih menjadi Cawapres Ganjar? Atau justru Megawati dan PDIP memilih tokoh baru yang tak pernah terjaring perbincangan publik Indonesia?
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Restoran all you can eat (AYCE)atau makan sepuasnya sepertinya menjadi destinasi yang trendi bagi para pecinta kuliner. Restoran AYCE juga terlihat semakin menjamur terutama setelah masa pandemi berakhir. Seperti data tren pariwisata 2022/2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukan bahwa perkembangan tren restoran AYCE ini diprediksi akan terus tumbuh. Hal ini disebabkan kemampuan restoran menyajikan pilihan dan inovasi yang beragam bagi konsumen. Tren restoran AYCE bukan hanya identik akan kemewahan namun menjadi massal dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.
Gambar 1. Tren Industri Pariwisata Kemenparkraf
Konsep all you can eat sendiri sebenarnya sudah ada sejak abad ke 16. Dilansir dari validnewsmenunjukan bahwa Swedia sebagai negara yang mengawali konsep ala prasmanan ini. Konsep prasmanan ini disebut dengan nama brannvinsboard di kalangan masyarakat Swedia. Beragam makanan yang tersaji seperti roti, mentega, keju, ikan, daging, hingga buah-buahan.
Selanjutnya konsep AYCE semakin populer pada pertengahan abad ke 20 di Amerika Serikat. Konsep ini diadopsi oleh restoran-restoran buffet yang menghadirkan berbagai jenis hidangan dalam jumlah yang berlimpah kepada konsumen dengan harga tetap. Restoran buffet pertama yang terkenal bernama “Horn & Hardart Automat” didirikan di Philadelphia pada tahun 1902.
Di Indonesia sendiri, eksistensi resto AYCE meningkat salah satunya karena menjamurnya rekomendasi warganet TikTok. Warganet pecinta kuliner di Indonesia memberi rekomendasi restoran all you can eat yang menyajikan menu makanan Jepang, Korea, Thailand, hingga western style.
Netray coba melakukan pemantauan resto AYCE mana saja yang populer sekaligus diminati oleh warganet. Dengan menggunakan kata kunci all you can eat, all u can eat, dan ayce, Netray menemukan sebanyak 193 video Tiktok diunggah selama periode dua minggu yakni tanggal 11 September hingga 24 September 2023. Video dengan kata kunci telah diputar 8,4 juta kali, dengan total impresi mencapai 385,2 ribu kali yang berupa 358,2 ribu likes, 6.028 komentar dan dibagikan ulang sebanyak 21 ribu kali.
Gambar 2. Statistik unggahan TikTok Resto AYCE
Rekomendasi Populer Resto All You Can Eat
Membara Grill
Gambar 3. Rekomendasi Membara Grill @lordjajanofficial
Resto yang menyediakan menu grill (panggang) dan shabu-shabu; sajian irisan daging dan sayuran rebus ala Jepang terlihat direkomendasikan oleh akun @lordjajanofficial. LORD JAJAN sendiri dalam unggahannya memilih hidangan steamboat berupa bakso, sosis, crabstick, jamur enoki, jamur kancing, sayur, keju mozarella, mie dan bihun hingga daging. Ia juga memilih makanan manis seperti wafel dan Marshmallow yang disiram coklat.
Hidangan all you can eat seperti yang ditampilkan Lord Jajan dapat dimakan hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 78.000 dengan durasi makan sepanjang 90 menit. Membara Grill berada di beberapa lokasi seperti Condet, Depok dan Pamulang. Video yang diunggah akun ini menjadi video terpopuler sepanjang periode pemantauan hingga mampu memperoleh 79.9 ribu likes, 473 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 784 kali.
Cinmoi Restoran – Golden Tulip Hotel
Gambar 4. Rekomendasi Cinmoi Restoran @ka.keju.kulineran
Hotel pun kini juga tak hanya jadi tempat menginap, namun juga menyajikan konsep AYCE untuk sarapan, makan siang, makan malam atau momen tertentu seperti buka puasa. Seperti dari akun @kak.keju.kulineran yang terlihat merekomendasikan all you can eat di Golden Hotel Tulip Pontianak seharga Rp 98.000 tanpa batas waktu makan.
Sajian yang dihidangkan pun begitu beragam berupa makanan utama prasmanan ala Indonesia, nasi hainan, mie ayam bakso, bubur. Kemudian appetizer atau makanan pembuka berupa dimsum, salad buah. Lalu disajikan pula dessert atau makanan penutup seperti cupcake, donat, pudding, kue, serta buah-buahan.
Hidangan Sunday brunch Cinmoi restoran ini dapat dinikmati setiap hari Minggu dari pukul 09.00 – 14.30 WITA. Video yang diunggah KAK KEJU ini menjadi populer hingga mampu menarik reaksi warganet 27.6 ribu likes, 796 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 3,3 ribu kali.
Kong Mekarwangi
Gambar 5. Rekomendasi Kong @bettyagustina
Resto AYCE Kong yang terletak Mekarwangi, Bandung bertemakan grill & shabu direkomendasikan oleh akun @bettyaugustina. Kong mematok harga mulai Rp 98.000 untuk dapat memakan semua hidangan yang disajikan. Seperti daging sapi wagyu, saikoro, tenderloin hingga sirloin. Kemudian daging ayam, hingga sate dan seafood seperti dori, cumi , udang, dan kerang juga tampak melimpah. Aneka jamur dan sayuran juga tersaji lengkap untuk mendampingi makan daging.
Tersedia pula makanan lainnya seperti pasta, gyoza, bubur, croffle, pancake, dimsum, dan tempura. Aneka makanan penutup juga disiapkan resto ini seperti buah, pudding, serta es krim enam rasa. Betty Agustina mengaku merogoh kocek Rp 123.500 untuk memakan hampir semua sajian. Video rekomendasi yang diunggahnya ini berhasil menarik impresi warganet dengan 15, 2 ribu likes, 301 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 1,6 ribu kali.
Super Yakiniku
Gambar 6. Rekomendasi Super Yakiniku @suryaadhisaputra
Super Yakiniku yang berlokasi di Pondok Indah Mall, Kebayoran Lama Jakarta terlihat direkomendasikan akun @suryaadhisaputra. Dengan harga Rp 155.000, pembeli sudah bisa menikmati berbagai pilihan daging dan makanan pelengkapnya. Tersedia juga berbagai macam salad, sup, gorengan, hingga minuman.
Tak hanya itu, ada pula menu all you can eat lainnya yang disajikan seperti gyoza, chicken karage, hingga ramen. Dari berbagai makanan yang ada akun @suryaadhisaputra tampak menonjolkan berbagai jenis daging yang dapat dinikmati dengan saus yang diracik sendiri. Ia juga menyukai sayuran yang dapat diminta untuk menemani makan daging seperti selada hingga kimchi.
Menu makanan penutup juga disoroti oleh akun ini karena rasanya yang enak seperti milk pudding caramel dan buah-buahan segar. Unggahan resto AYCE Jepang ini berhasil menarik perhatian warganet dengan 8,6 ribu likes, 95 komentar, dan dibagikan ulang sejumlah 1,1 ribu kali.
Genki Sushi
Gambar 7. Rekomendasi Genki Sushi @walidaika
Restoran bertema Jepang yang khusus menyajikan sushi ini juga mulai mengadopsi konsep AYCE. Meskipun begitu, layanan AYCE tak tersedia setiap hari. Hanya pada tanggal tertentu setiap bulan. Para konsumen harus bersedia untuk melihat sosial media resto ini jika sewaktu-waktu pengumuman all you can eat dibuka.
Akun @walidaika pun telah mencoba hidangan AYCE yang disediakan. Konsumen dapat menikmati AYCE dengan membayar mulai Rp 128.000 dalam waktu 75 menit. Sushi yang disediakan pun begitu beragam mulai dari telur, salmon, tuna, hingga gurita. Namun jika konsumen tak mampu menghabiskan hidangan yang telah dipilihnya maka akan dikenakan denda sebesar Rp 25.000.
Walidaika melalui unggahannya merekomendasikan salmon cheese nigiri, salmon salad, mala fire roll menjadi makanan terfavoritnya. Genki Sushi sendiri sudah memiliki banyak cabang di kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya hingga Batam. Video unggahan rekomendasi AYCE di Genki Sushi ini berhasi meraih 9 ribu likes, 45 komentar, dan dibagikan ulang sejumlah 193 kali.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Nama Putra Bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep tengah santer menjadi perbincangan setelah dirinya secara resmi masuk PSI. Kaesang resmi menerima Kartu Tanda Anggota (KTA) PSI di kediaman Jokowi, Sumber, Banjarsari, Solo pada Sabtu (23/9/2023). Keputusan Putra Presiden tersebut menjadi kontroversi karena baik Jokowi, putra kedua Gibran Rakabuming Raka, hingga menantunya Bobby Nasution merupakan kader PDIP. Perbedaan partai dalam satu keluarga politisi tersebut pun menuai respons dari berbagai kalangan hingga nama Kaesang dibanjiri sentimen negatif.
Netray mengamati pembahasan topik ini di media massa online dan kanal YouTube untuk mengetahui bagaimana respons publik terkait bergabungnya Kaesang bersama PSI. Berikut hasil pengamatan Netray selengkapnya.
Gambar 1. Statistik Report
Netray mengamati pembahasan topik ini media sejak 19-26 September 2023 dengan menggunakan kata kunci kaesang && PSI. Hasilnya, tampak jumlah artikel pada topik ini mencapai 1.283 artikel yang berasal dari 116 total media. Secara keseluruhan pembahasan media masuk ke dalam kategori politik. Periode yang digunakan dalam memantau isu Putra Bungsu Presiden dan PSI menjangkau saat pertama kali Kaesang diumumkan bergabung dengan PSI dan selang dua hari kemudian dirinya resmi didapuk sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Giring Ganesha. Hal ini dapat diamati melalui puncak pemberitaan pada grafik berikut.
Gambar 2. Intensitas dan tren sentimen pemberitaan
Suami Erina Gundono tersebut dinyatakan resmi bergabung dengan PSI tepatnya pada 23 September 2023. Barulah kemudian pada 25 September dirinya diumumkan sebagai Ketum PSI. Hal ini pun sontak mengundang sorotan media dan reaksi dari berbagai kalangan. Seperti yang tampak dalam grafik, pemberitaan bersentimen negatif mendominasi kabar ini meski pada akhir periode grafik sentimen positif tampak lebih menjulang.
Jika diamati melalui intensitas pemberitaan, isu Kaesang masuk ke PSI sudah tercium oleh media sejak 20 September 2023. Meski pada tanggal tersebut hanya terdapat 10 artikel yang memuat isu ini sebagai artikel. Berikut beberapa sampel artikel terkait.
Gambar 3. Isu awal bergabungnya Kaesang dengan PSI
Isu tersebut bermula saat akun resmi PSI di laman X mengunggah video ‘tak biasa’ berdurasi 42 detik. Dalam video terdengar suara mirip putra bungsu Presiden Joko Widodo yang menyatakan diri terjun ke dunia politik. Gimik ini pun terbukti benar, sebab kemudian pada 23 September dirinya secara resmi menyatakan bergabung dengan PSI.
Gambar 4. Sampel artikel pada 23 September 2023
Bergabungnya Kaesang bersama PSI diumumkan langsung oleh petinggi PSI seperti Giring Ganesha dan Grace Natalie. Pilihan Kaesang dengan partai yang dikenal sebagai partai anak muda ini pun seolah menambah dinamika politik jelang 2024. Terlebih Putra Bungsu Presiden ini mengambil jalan kaderisasi yang berbeda dengan keluarganya yang dikenal sebagai kader PDIP. Hal ini kemudian memantik gelombang isu perbedaan sikap yang terjadi antara Jokowi dan PDIP terkait arah dukungan pada Pilpres mendatang. Tak heran bila media turut memuat berbagai artikel terkait respons PDIP mengenai kabar ini.
Gambar 5. Artikel terkait
Dari keretakan hingga perang dingin menjadi judul media dalam mengemas isu hubungan Megawati dan Jokowi. Terlebih saat Kaesang resmi menjadi anggota partai yang berbeda dari ayah dan saudaranya. Merespons hal ini, Puan Maharani pun memberikan ucapan selamat kepada Kaesang. Puan pun tak mau menanggapi saat ditanya apakah pilihan Kaesang itu sebagai manuver dinasti politik Jokowi. Dia menyatakan tidak menilai seperti itu. Demikian halnya dengan Kaesang yang juga enggan mengomentari isu perbedaan haluan Jokowi dan partainya tersebut.
Selang dua hari bergabung dengan PSI Kaesang pun langsung mendapatkan kursi sebagai Ketua Umum PSI. Hal ini cukup mengejutkan publik, proses singkat dan dinilai terburu-buru ini pun mendapat reaksi sinis di media. Hal ini lantas mempengaruhi sentimen yang menyelimuti nama Kaesang pada topik ini.
Gambar 6. Artikel terkait
Kaesang memang belum pernah memiliki jabatan di partai politik sebelumnya, namun dirinya kini melaju kencang mendapat kursi sebagai pemimpin partai. PSI diduga akan menjadi partai milik keluarga Jokowi, meski dirinya bersama Gibran dan menantunya Bobby masih menjadi kader PDIP. Kilatnya proses yang dilalui Kaesang dinilai oleh Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA sebagai tindakan PSI yang mengharapkan efek Jokowi atau “Jokowi’s effect” agar PSI lolos ke Senayan pada tahun politik mendatang.
Tanggapan sinis lainnya disampaikan oleh Pengamat politik Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi yang menilai PSI justru melemahkan citra yang selama ini dibangun sebagai partai yang memiliki ciri demokrasi. Menurut Airlangga, pemilihan Kaesang sebagai Ketua Umum PSI yang berlangsung secara cepat juga menunjukkan tidak terujinya proses meritokratik maupun penggemblengan terhadap Kaesang sebagai bagian dari dialektika. Airlangga khawatir, apa yang dilakukan oleh PSI justru tidak menjadi proses yang baik, dan dalam jangka panjang justru merugikan langkah politik Kaesang dalam karir politiknya.
Kaesang, PSI, dan Reaksi Warganet
Seperti halnya di jagat media massa online di kanal YouTube, Netray juga menemukan trend sentimen negatif yang menyelimuti ragam komentar warganet terkait bergabungnya Kaesang bersama PSI. Berikut hasil pantauan Netray selengkapnya.
Gambar 7. Statistik Report
Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama, Netray menemukan 387 konten video di kanal YouTube yang melibatkan Kaesang dan PSI. Konten tersebut telah disaksikan sebanyak 5,9 juta pengguna YouTube dan mendulang like sebanyak 49,4 ribu. Adapun jumlah impresi pada keseluruhan konten mencapai 6 juta reaksi dan mendapat 29 ribu komentar yang didominasi bersentimen negatif.
Gambar 8. Intensitas konten terkait
Secara intensitas, konten terkait topik ini muncul sejak 21 September 2023 hingga puncaknya terjadi pada 26 Oktober 2023. Popularitas Kaesang pun kian meningkat di kanal YouTube selama periode ini meski sentimen negatif mendominasi reaksi warganet. Berikut beberapa konten terpopuler selama periode ini.
Gambar 9. Konten YouTube terpopuler
Konten yang meliput saat pidato pertama kali sebagai Ketum PSI pun menjadi konten yang paling banyak disaksikan oleh warganet. Konten yang diunggah oleh KOMPASTV tersebut disaksikan oleh 943,9 ribu penonton, mendapat 5,5 ribu komentar, dan 10,8 ribu like. Konten terpopuler lainnya menampilkan reaksi Gibran yang dinilai kesal saat mendapat pertanyaan terkait bergabungnya Kaesang bersama PSI.
Sementara itu, tampak channel Rocky Gerung Official menilai masuknya Kaesang ke PSI merupakan tamparan keras keluarga Jokowi kepada Megawati. Sebab, hal ini menunjukkan sikap tegas Jokowi untuk keluar dari pandangan sebagai petugas partai PDIP. Berikut ragam komentar warganet yang dihimpun dari konten-konten terpopuler tersebut.
Gambar 10. Komentar warganet
Nama Jokowi memang seolah tidak dapat terlepas dari bayang-bayang PDIP, tak heran bila keputusan Putra Bungsunya untuk masuk di Partai yang berbeda menuai pro dan kontra. Warganet memberikan komentar negatif menilai Jokowi dan keluarganya telah mempermalukan PDIP dan Megawati hingga menilai kekuasaan Jokowi pun kelak akan lenyap di tangan Putra Bungsunya yang karena dinilai merusak citra dan popularitas yang dibangun oleh Jokowi. Meski demikian, terdapat warganet yang masih memberikan support akan kepada Kaesang, berikut di antaranya.
Gambar 11. Komentar positif warganet
Sebagian warganet yang memberikan komentar positifnya menilai keputusan Kaesang dapat membangun PSI ke arah yang lebih baik. Warganet pun berharap dengan bergabungnya Kaesang ke dalam partai ini dapat membawa kesuksesan PSI dan Indonesia karena menjadi salah satu aspirasi masyarakat. Sementara itu, berikut portal dan channel populer berdasarkan pantauan Netray.
Gambar 12. Portal dan channel terpopuler
Baik portal terpopuler maupun channel terpopuler tampak Kompas menempati urutan teratas kategori ini. Setelah Kompas di media pemberitaan Majalah Tempo menjadi portal media pemberitaan yang paling banyak menerbitkan artikel terkait topik ini. Sementara itu, di kanal YouTube tampak 9 dari 10 channel terpopuler merupakan channel milik portal pemberitaan dan hanya channel milik Rocky Gerung Official yang bukan merupakan portal media pemberitaan.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Berdasarkan pantauan Netray terkait popularitas tokoh politik di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok), nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut selama periode 18 – 24 September 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Agus Harimurti dan Erick Thohir.
Ganjar masih menjadi tokoh yang paling banyak disebut pada pekan ini ketika Anies dan Prabowo saling bertukar posisi. Erick Thohir masih berada dalam peringkat lima besar, meskipun sekarang posisinya digeser oleh AHY. Acara bincang-bincang publik yang diselenggarakan oleh Najwa Shihab dan UGM serta Kuliah Kebangsaan UI menjadi topik yang paling banyak bersinggungan dengan tokoh politik terpopuler, Terutama Ganjar, Anies, dan Prabowo.
Duet baru Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga sedang menjadi buah bibir masyarakat, seperti warganet Twitter, seperti yang tertangkap dalam grafik Top Words. Hal ini menaikkan nama Cak Imin di posisi tujuh di bawah Gibran. Sedangkan Ridwan Kamil, Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno turun peringkat karena nama meraka mulai jauh dari wacana pilpres. Konfigurasi politik masih sangat terbuka dengan nama-nama baru pasca penetapan Cak Imin sebagai cawapres Anies.
Gambar 1. Topik-topik perbincangan publik terkait popularitas tokoh
Gambar 2. Wacana duet Anies Imin sedang gencar di media sosial
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan media sosial Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.
Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 18 – 24 September 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, Demokrat berhasil menggantikan posisi PKS di urutan pertama partai politik terpopuler pada pekan lalu. Demokrat naik dari posisi keempat sedangkat PKS kini turun diposisi ketiga. PDIP menempati posisi kedua sedangkan di tempat keempat dan kelima terdapat PSI dan Gerindra.
Eksitensi Demokrat di puncak popularitas partai pada pekan ini didorong isu dukungan resmi partai terahadap Prabowo Subianto dan menggabungkan diri dengan Koalisi Indonesia Maju. Dukungan tersebut diputuskan melalui Rapimnas pada Kamis 21 September 2023. Dukungan ini menganulir peluang-peluang koalisi dengan partai lain seperti PDIP. Sedangkan berita Kaesang Pangarep masuk PSI membuat nama partai ini bisa masuk dalam daftar 5 besar.
Gambar 1. Dukungan Partai Demokrat kepada Prabowo Subianto
Gambar 2. Berita Kaesang masuk PSI berhasil dongkrak popularitas partai
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis.
Warganet media sosial X dihebohkan dengan kabar bunuh diri seorang nasabah PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami). Kehebohan ini bermula dari unggahan di akun @rakyatvspinjol yang menceritakan bahwa salah satu korban pinjol AdaKami mengakhiri hidup dengan bunuh diri karena tidak mampu melunasi pinjaman. Unggahan dengan tangkapan layar itu berisi keterangan apabila korban AdaKami menerima teror, cacian, hingga berujung pada pemecatan pekerjaan yang membuat korban terpuruk.
Kabar ini kemudian membuat warganet menyoroti biaya layanan atau bunga pinjaman AdaKami yang dinilai mencekik peminjam. Meski di laman resminya AdaKami menyebutkan bahwa biaya layanan atau bunga pinjaman Adakami mengikuti ketentuan yang diatur oleh OJK dan AFPI, di mana tidak melebihi 0,4 persen per hari.
Polemik Pinjol AdaKami kemudian mengundang ragam reaksi dari warganet. Netray memantau perbincangan warganet terkait topik ini untuk mengetahui opini dan impresi warganet dalam merespons permasalahan ini. Berikut analisis Netray selengkapnya.
Gambar 1. Statistik report
Dengan menggunakan kata kunci adakami selama 15-21 September 2023 Netray menemukan 4.192 tweets warganet. Jumlah impresi pada topik ini mencapai 10,5 juta reaksi warganet dengan berpotensi menjangkau 67,8 juta akun pengguna media sosial X. Sentimen negatif tampak mendominasi unggahan warganet dengan perbandingan jumlah yang signifikan. Hal ini tentu berdampak kepada citra brand AdaKami sebagai sebuah platform peer-to-peer lending online lokal yang menyediakan fasilitas pinjaman (kredit) tanpa agunan.
Gambar 2. Intensitas perbincangan dan sentimen trend
Secara intensitas tampak perbincangan ini meningkat signifikan pada 19 September 2023 atau tiga hari setelah salah satu akun mengunggah tweet terkait kabar bunuh dirinya seorang korban pinjol di media sosial X. Kabar yang memantik beragam reaksi tersebut pun membuat AdaKami sempat menjadi trending topik. Berikut beberapa kata populer dalam jaringan perbincangan warganet.
Gambar 3. Kosakata populer
Tampak kemunculan kata seperti bunuh, korban, diteror, bunga, debt, collector, dan berbagai kata lainnya muncul sebagai kosakata yang kerap digunakan warganet dalam membahas topik ini. Selain itu tampak kemunculan nama, Bernadino M. Vega juga kerap disebut-sebut warganet selaku Direktur Utama layanan aplikasi tersebut. Berikut beberapa unggahan populer warganet.
Gambar 4. Unggahan populer warganet
Sebagai pinjol legal, iklan AdaKami kerap bersiliweran di berbagai platform salah satunya YouTube yang berisi penawaran produk. Dengan adanya iklan ini, warganet mungkin sudah cukup familiar dengan aplikasi kredit tersebut. Meski demikian ketidakbijaksanaan dalam menggunakan kredit tanpa agunan ini dapat menjadi petaka. Warganet melaporkan AdaKami ke berbagai akun lembaga pengawas seperti @KSPgoid @ojkindonesia @CCICPolri hingga @kemkominfo.
Dugaan pinjaman dengan bunga mencapai 100% pun menjadi sorotan, belum lagi aksi debt collector yang melakukan teror dinilai tak masuk akal oleh warganet. Bahkan korban layanan kredit digital tersebut mengaku mendapat sejumlah orderan fiktif, hal ini bukan hanya dialami oleh almarhum K, melainkan juga debitur lainnya. Berikut berbagai tanggapan warganet terkait topik ini.
Gambar 5. Komentar warganet
Perusahaan fintech yang mengklaim berada di bawah pengawasan OJK ini pun dihujat oleh warganet yang mengaku sempat menjadi kreditur layanan ini. Mulai dari teror, hingga ancaman penyebaran data menjadi momok yang meresahkan. Sebagai layanan kredit online AdaKami diakui memang memiliki bunga yang cukup rendah, namun aplikasi ini memiliki biaya layanan yang tidak masuk akal bagi nasabahnya. Hal ini kemudian membuat banyak nasabahnya berubah menjadi korban yang terjerat karena harus membayar berkali-kali lipat dari jumlah pinjaman.
Tak tinggal diam, warganet kemudian meminta OJK mengambil tindakan tegas. Warganet pun mempertanyakan kinerja OJK sebagai lembaga pengawas. Berikut beberapa sampel cuitan warganet.
Gambar 6. Komentar Warganet
Sebagai lembaga pengawas, warganet berharap OJK tak luput dalam mengawasi pinjol yang kini semakin meresahkan. Meskipun layanan tersebut tercatat sebagai layanan fintech legal ternyata tak menjamin keamanan dan kenyamanan nasabah sebagai debitur. Warganet pun meminta OJK menindak tegas perusahaan fintech yang tidak taat aturan, terlebih mengancam dan meneror nasabah.
Sempat menduduki trending topik, media massa pun turut menyoroti isu ini sebagai pembahasan. Dengan menggunakan periode dan kata kunci yang sama Netray menemukan 164 artikel terkait. Berikut statistik report media pemberitaan online selengkapnya.
Gambar 7. Statistik report
Berdasarkan jumlah artikel Netray hanya menemukan 164 artikel yang berasal dari 48 total media. Dari keseluruhan jumlah tersebut 87 artikel berkategori keuangan dan 48 artikel berkategori hukum. Dalam beberapa artikel tampak media memuat respons OJK dan Menkominfo terkait persoalan ini. Berikut beberapa artikel terkait.
Gambar 8. Artikel terkait
OJK memerintahkan AdaKami untuk melakukan investigasi mendalam agar kebenaran berita yang beredar dapat segera diketahui. OJK juga mewajibkan seluruh fintech lending untuk menyampaikan informasi biaya layanan dan bunga secara jelas kepada konsumen, dan melakukan penagihan dengan cara yang baik. Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi akan mempelajari kasus teror pembayaran cicilan pada platform pinjaman online AdaKami. Budi menyebut tidak pandang bulu apabila terbukti merugikan masyarakat.
Jeratan pinjol kini telah memakan korban jiwa, tak heran bila kemudian akun sejenis @rakyatvspinjol muncul menjadi fenomena yang menampung keluhan warganet terkait ulah pinjol yang meresahkan. Akses yang mudah, himpitan ekonomi, hingga miskinnya literasi keuangan di masyarakat menyebabkan pinjol merajarela dan menjerat masyarakat. Bahkan kini tak hanya pinjol ilegal, pinjol legal pun dapat menelan korban jiwa. Berikut beberapa akun dan media yang populer dalam topik ini.
Gambar 9. Akun dan media populer
Di media sosial X tampak akun @Heraloebss, @rakyatvspinjol, dan @PartaiSocmed menjadi tiga akun terpopuler pada topik ini. Ketiga akun tersebut mendapat impresi tertinggi karena turut mempopulerkan isu ini. Sementara di media pemberitaan, tampak Majalah Tempo dan Kompas menjadi media yang paling banyak menerbitkan artikel terkait topik ini.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Mahkamah Konstitusi memperbolehkan kampanye Pemilu dilakukan di Lembaga Pendidikan dengan izin dan tanpa atribut. Mendengar hal ini, civitas akademika Universitas Indonesia nampaknya tak sabar untuk mengetahui gagasan calon pemimpin bangsa Indonesia 2024 Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.
Meski bukan menjadi ajang kampanye, UI menyambut capres dalam kuliah kebangsaan Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (FISIP) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kuliah kebangsaan sendiri merupakan forum akademis reguler FISIP yang menghadirkan tokoh-tokoh bangsa untuk menyampaikan gagasan di depan civitas akademika kampus secara mendalam.
Kedua capres tersebut diundang pada waktu yang berbeda. Anies menginjak kampus perjuangan ini pada 29 Agustus 2023 yang lalu. Sedangkan Ganjar hadir di kuliah kebangsaan belum lama ini pada 18 September 2018 karena sempat berhalangan hadir pada undangan yang dilayangkan pada 11 September 2023.
Netray ingin membandingkan sekaligus mengetahui bagaimana keramaian warganet menyambut kedua capres ini melalui kanal Youtube. Menggunakan kata kunci anies&&kuliah kebangsaan selama periode 29-31 untuk memantau Anies Baswedan, serta ganjar&& kuliah kebangsaan sepanjang tanggal 18-20 Spetember 2023 untuk Ganjar. Hasilnya sebagai berikut.
Pemantauan Kanal YouTube, Anies Mampir di Kantin UI
Sepanjang tiga hari pemantauan, topik kuliah kebangsaan dengan Anies Baswedan mampu menghasilkan 80 unggahan video di Youtube. Unggahan video tersebut berhasil memperoleh 45,2 ribu likes dan ditonton sebanyak 3,1 juta kali. Intensitas unggahan video acara Kuliah Kebangsaan paling banyak muncul pada hari-H, yakni sebanyak 48 video terunggah. Kemudian dua hari setelahnya intensitas unggahan video mulai menurun.
Gambar 1. Intensitas unggahan video
Gambar 2. Statistik unggahan video YouTube kuliah kebangsaan Anies
Sepanjang periode pemantauan unggahan video didominasi oleh kata fisip, dan baswedan. Kemudian ada pula kata lainnya yang cukup mendominasi yakni kantin, mahasiswa, dan nongkrong. Ketiga kata tersebut terkait dengan Anies yang mampir ke kantin UI dan makan bersama mahasiswa.
Gambar 3. Jajaran kata yang sering digunakan
Topik Anies makan di kantin tampak diunggah akun Tribunnews Group, seperti Tribunnews, Tribun Jateng. Tanggapan warganet akan video terkait pun sangat beragam, namun komentar bersentimen negatif lebih mendominasi. Ada yang menganggapnya pencitraan, ada yang bilang Anies yang dipikirkan hanya makanan saja, ada pula yang beropini jawaban atas pertanyaan yang diberikan terlihat kurang nyambung. Komentar tersebut dapat diamati pada Gambar 5.
Gambar 4. Sampel unggahan kata ‘kantin’ ‘mahasiswa’
Gambar 5. Sampel komentar warganet
Selain itu, ternyata kata konoha (desa fiksi di serial anime Naruto) dan wakanda (negara fiksi di Afrika dalam film “Black Panther”) juga muncul cukup dominan dalam jajaran kata populer. Dua kata tersebut adalah sebutan kiasan untuk Indonesia. Kata tersebut muncul karena Anies membahas bahwa dua kata itu sering digunakan warganet di sosial media. Hal tersebut baginya merupakan bentuk self-censorship yang menandakan demokrasi tak sehat. Konten seperti ini seperti yang ditampilkan KOMPASTV, Metro TV dan lainnya.
Gambar 6. Sampel unggahan kata ‘konoha’ ‘wakanda’
Selama periode pemantauan, momen Anies berdiskusi dengan mahasiswa dan dosen UI banyak menarik minat warganet untuk berinteraksi. Seperti yang diunggah oleh KOMPASTV, video yang berjudul “Kala Anies Baswedan ‘Dihujani’ Pertanyaan dari Mahasiswa hingga Dosen FISIP UI” menjadi video terpopuler telah dilihat warganet sebanyak 1.1 juta kali, 15,1 ribu likes dan memperoleh 8,4 ribu komentar dari warganet. Video ini menampilkan sesi tanya jawab bersama panelis. Komentar terpopuler menunjukan unggahan ini mampu meraih tanggapan positif warganet. Anies mendapat pujian dari warganet seperti pemimpin yang cerdas, tidak kaleng-kaleng dan lain sebagainya.
Gambar 7. Video terpopuler Anies
Gambar 8. Sampel komentar
Kemudian unggahan populer selanjutnya datang dari akun kompas.com. Video yang berjudul “Datang ke UI, Anies Ditagih Janji Kembalikan Tukin ASN DKI yang Dipotong” ini mampu menuai 4,2 likes, dilihat sebanyak 419,4 ribu kali dan memperoleh 6,5 ribu komentar dari warganet YouTube. Video ini menampilkan seorang mahasiswa yang menagih janji Anies terkait Tukin ASN DKI Jakarta yang belum dibayarkan pada saat masa pandemi. Video ini pun juga mendapat sambutan hangat dari warganet yang memuji Anies mampu menciptakan terobosan saat pandemi berlangsung. Selain itu pula ada yang bertambah kepercayaannya karena jawaban Anies.
Gambar 9. Sampel video populer Anies
Gambar 10. Sampel komentar
Unggahan populer pada posisi ketiga berasal dr kanal tvOneNews yang menampilkan Kuliah Kebangsaan bersama Anies secara penuh. Unggahan yang berdurasi 2 jam 10 menit ini telah ditonton warganet sebanyak 253,8 ribu kali mendapat 1,8 ribu komentar dan disukai sebanyak 3,6 ribu kali oleh warganet. Dukungan untuk Anies tampak membanjiri kolom komentar, seperti negara akan maju jika dipimpin Anies, Anies adalah sosok yang bersih dan amanah, hingga warga Madura yang mendukung Anies jadi capres.
Gambar 11. Sampel video populer Anies
Gambar 12. Sampel komentar
Lalu jika dilihat berdasarkan perolehan reaksi warganet, media dari grup Kompas tampak menguasai. Seperti KOMPASTV menjadi yang paling banyak memperoleh impresi dari warganet sebanyak kurang lebih 1,5 juta kali, kemudian disusul kompas.com 427,3 ribu impresi.
Gambar 13. Jajaran portal populer
Kuliah Kebangsaan Ganjar Banjir Kritik
Sementara itu, Kuliah Kebangsaan dengan Ganjar Pranowo sepanjang 18 – 20 September terpantau mampu meraih unggahan video YouTube lebih banyak dari Anies. Topik Kuliah Kebangsaan Ganjar mampu meraup 119 video yang telah ditonton sebanyak 7 juta kali dan disukai sebanyak 74,4 ribu kali. Intensitas unggahan video paling banyak muncul pada 18 September terpantau 79 video terunggah pada hari itu.
Gambar 14. Intensitas unggahan video
Gambar 15. Statistik unggahan video YouTube kuliah kebangsaan Ganjar
Selama periode pemantauan, kata yang paling sering digunakan dalam berbagai unggahan yakni pranowo, fisip, dan mahasiswa. Selain itu ada pula kata partai, rempang dan petugas yang juga cukup mendominasi jajaran kata populer. Kata partai dan petugas merujuk pada video seorang mahasiswa yang bertanya kepada Ganjar apakah ia petugas partai atau petugas bagi rakyat. Komentar warganet menanggapi jawaban Ganjar atas pertanyaan tersebut juga bermacam – macam. Ada yang membela Ganjar, ada yang menertawakan bahwa Ganjar merupakan petugas partai karena jika menjawab petugas rakyat ia akan dipecat sebagai kader.
Gambar 16. Sampel unggahan kata ‘petugas’ ‘partai’
Gambar 17. Sampel komentar
Kemudian selanjutnya tampak pula kata diteriaki dan utang cukup menonjol dalam kata populer. Hal ini terkait insiden kecil usai acara. Seorang mahasiswa yang meneriaki Ganjar terkait apakah utang akan bertambah jika ia jadi presiden. Mahasiswa itu juga menanyakan pendapat Ganjar terkait LGBT. Ganjar yang sedang diwawancarai para wartawan manjawab akan menemui mahasiswa tersebut dikesempatan selanjutnya. Beberapa kanal tampak mengunggah bahasan terkait hal ini ada Kompas.com, MerdekaDotCom, dan lainnya.
Gambar 18. Sampel unggahan kata ‘diteriaki’
Sedangkan kata rempang muncul cukup dominan dalam pemantauan Ganjar. Kata ini tentu saja merujuk konflik Rempang saat mahasiswa menanyakan bagaimana mengatasi konflik agraria yang terus meningkat. Dari konflik yang ada yang sedang ramai dibahas adalah di Pulau Rempang, menurut Ganjar hal itu berawal dari tidak adanya sertifikat tanah. Dari unggahan ini Ganjar nampak memperoleh komentar negatif dari warganet pada Gambar 20. Seperti nalar cekak, jawaban yang dilontarkan percuma karena masyarakat rempang sudah ditenggelamkan. Selain itu, ada pula yang membahas konflik Wadas yang dianggap tak terselesaikan di tangan Ganjar.
Gambar 19. Sampel unggahan kata ‘rempang’
Gambar 20. Sampel komentar
Video dengan konten yang berisi pertanyaan tajam dari dosen UI kepada Ganjar juga mendominasi konten terpopuler. Seperti yang diunggah oleh Merdekadotcom tampak Dosen Antropologi FISIP UI Suraya Afiff mempertanyakan panjang lebar soal kepemilikan lahan rakyat hingga kasus Rempang. Dari konten ini warganet ternyata kurang puas dengan jawaban Ganjar, tidak selayaknya dijawab asal-asalan disertai cengengesan serta belum cocok menjadi pemimpin nasional yang mengerti dengan permasalahan bangsa dan negara, jawaban ganjar tidak menjawab pertanyaan dengan jelas dan gamblang.
Gambar 21. Unggahan terpopuler Ganjar
Gambar 22. Sampel Komentar
Unggahan populer selanjutnya datang dari kanal KompasTV yang menampilkan video berdurasi 1 jam 32 menit terkait sesi diskusi dengan panelis dosen serta mahasiswa. Unggahan ini cukup mendapat komentar positif dari warganet dalam jajaran komentar populer seperti penjelas yang diberikan sederhana, jelas, mudah dimengerti. Ada pula yang memuji bangga atas kinerja Ganjar sebagai gubernur Jawa Tengah. Di sisi lain ada pula suara sumbang yang mengklaim jawaban Ganjar tidak sesuai dengan pertanyaan seperti yang tampak dituliskan akun Samsul elik.
Gambar 23. Sampel unggahan populer Ganjar
Gambar 24. Sampel komentar
Untuk kanal yang paling banyak memperoleh impresi membahas Kuliah Kebangsaan bersama Ganjar dapat dilihat pada Gambar 25. Kanal Merdekadotcom memperoleh paling banyak reaksi dari warganet sebanyak 3,4 juta kali. Kemudian disusul KompasTV dengan 1,4 juta reaksi.
Gambar 25. Jajaran kanal populer
Jika ditilik secara menyeluruh antara unggahan video kuliah kebangsaan Ganjar vs Anies selama periode 29 Agustus hingga 20 September 2023. Ternyata unggahan terkait Ganjar lebih populer daripada Anies. Tampak unggahan terkait Ganjar mendominasi jajaran video populer teratas sebanyak tiga unggahan sementara unggahan Anies berada di posisi kedua unggahan populer di Youtube. Hal ini juga dapat dilihat dari jajaran kata populer, nama Ganjar Pranowo menjadi yang paling mendominasi sedangkan nama Anies Baswedan berada di bawahnya.
Gambar 26. Jajaran video populer Ganjar dan Anies
Demikian jika dilihat dari kuantitas unggahan, Ganjar lebih unggul dari Anies. Ganjar memperoleh 119 unggahan sedangkan Anies hanya meraup 80 unggahan. Secara jumlah likes, views dan total impresi pun Ganjar jauh lebih unggul dibanding Anies.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.