Beranda blog

Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

0

Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay. 

Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.

Cara Berlangganan Netray

1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.

4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.

8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.

11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.

Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.

Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

1

Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.

1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.

6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.

Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.

7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.

8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.

Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)

1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keywordpsbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).

2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.

Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?

Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.

Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?

  1. Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
  2. Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
  3. Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
  4. Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
  5. Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
  6. Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
  7. Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
  8. Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.

Tanggapi Isu Kenaikan Mie Instan, Anak Kos Berduka

0

Isu kenaikan harga mie instan yang mencapai 3x lipat santer diperbincangkan warganet. Berbagai keluhan hingga twit satire dicuitkan warganet dalam rangka menanggapi isu tersebut. Hal ini bermula dari pernyatan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam webinar bersama Ditjen Tanaman Pangan pada Senin (08/08/2020). Dalam pernyataan tersebut, Mentan mengatakan bahwa akan ada kemungkinan harga mie instan naik menjadi 3x lipat dikarenakan dampak perang Rusia-Ukraina.

Gambar 1 Sampel Berita

Kemunculan berita ini sontak menjadi bahan pemberitaan media massa. Dalam periode pemantauan 8-12 Agustus 2022, pemberitaan terkait topik ini mencapai 241 artikel (gambar 2) dengan perbandingan sentimen pemberitaan yang tak terlalu jauh (gambar 3).

Gambar 2 Total News dan Media
Gambar 3 Peak Timen dan Sentiment Trend Topik Kenaikan Harga Mie

Nasib masyarakat Indonesia pasca kenaikan mie instan mewarnai headline pemberitaan media massa. Hal tersebut menyumbang sentimen negatif pada topik dengan kata kunci ‘mie instan’.

Kenaikan mie instan memberikan dampak pada semua kalangan. Namun, menurut artikel yang disajikan oleh beberapa media berita online, kalangan yang paling terdampak ialah anak kos dan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Gambar 4 Sampel Berita Negatif

Meski sempat mendulang sentimen negatif, berita bersentimen positif pada topik ini kembali memuncak di tanggal 11 Agustus 2022. Angin segar nampaknya datang dari Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan direktur PT Indofood, Franciscus (Franky) Welirang. Mendag mengatakan bahwa kenaikan harga gandum akibat dari perang tersebut tidak akan berdampak pada kenaikan mie instan. Hal tersebut lantas dibenarkan oleh bos Indofood yang juga meyakinkan masyarakat bahwa harga Indomie tidak akan mengalami kenaikan meski harga gandum meroket di bulan Agustus-September.

Gambar 5 Sampel Berita Positif

Isu Mie Instan Naik 3x Lipat Ramai Dikeluhkan Warganet

Harga mie instan yang dikabarkan akan meroket tersebut juga ramai diperbincangkan warganet. Dengan periode pemantauan yang sama, ditemukan sebanyak 8.733 twit dengan kata kunci ‘mie instan’ dan ‘mi instan’. Lebih dari empat ribu akun memberikan impresinya terhadap isu kenaikan mie instan ini. Separuh lebih percakapan diisi dengan sentimen negatif.

Gambar 6 Statistik Twitter Topik Kenaikan Harga Mie

Kondisi ekonomi pasca pandemi yang terbilang masih ‘susah’ dan dibarengi dengan kenaikan beberapa komoditas bahan pangan memberikan sumbangan lebih dari empat ribu twit bersentimen negatif. Keluhan terkait hal-hal tersebut pun dapat ditemukan di dalam jajaran Top Complaints pantauan Netray.

Gambar 7 Jajaran Komplain

Tak hanya itu, twit bernada satire juga diungkapkan warganet untuk mengomentari isu ini. Seperti twit @aan__ yang menilai bahwa kenaikan mie instan akan menaikkan kelas mie instan sehingga makan di warmindo menjadi lebih fancy. Atau twit @convomf yang mengatakan jika tidak mampu membeli mie instan, promag ,-obat untuk mengatasi maag dan asam lambung karena telat makan- pun tidak masalah. Dengan kata lain, warganet ingin menyampaikan jika kenaikan harga mie juga akan memicu ‘kelaparan’ bagi beberapa kalangan.

Gambar 8 Sampel Twit

Seperti yang banyak diberitakan oleh media massa, kalangan yang paling terdampak akibat kenaikan harga mie ialah kalangan anak kost. Erat kaitannya anak kos dengan mie instan karena olahan gandum ini merupakan makanan instan yang dinilai murah dan mudah didapat. Tidak heran jika banyak warganet yang turut berbela sungkawa terhadap nasib anak kos yang kemungkinan akan mendapat dampak besar jika mie instan benar-benar naik 3 kali lipat.

Gambar 9 Sampel Twit

Tak hanya banjir keluhan, topik ini juga menjadi ajang kritik warganet terhadap pemerintah. Warganet menilai tingginya harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina semestinya bukan menjadi alasan untuk menaikkan harga mie instan menjadi 3x lipat. Hal ini lantaran warganet beranggapan bahwa komponen mie instan bukan hanya dari gandum. Selain itu, warganet juga mengingatkan bahwa harga gandum sudah melewati harga puncak sehingga memutuskan menaikkan harga mie instan dinilai berlebihan.

Gambar 10 Sampel Twit

Meski banjir keluhan dan kritik dari warganet, tak lupa beberapa warganet juga memberikan tips untuk mengatasi apabila isu ini benar terealisasi. Salah satunya ialah twit dari mantan menteri kelautan Susi Pudjiastuti yang mengingatkan untuk mengurangi konsumsi mie instan demi kesehatan serta masih banyak makanan Indonesia yang dapat dinikmati.

Gambar 11 Sampel Twit

Isu kenaikan harga mie instan yang menjadi 3x lipat menjadi ‘kejutan’ bagi masyarakat. Mengingat makanan ini merupakan salah satu makanan yang terbilang eksis di semua kalangan. Meski sempat dihebohkan akan kenaikan harganya yang berlipat-lipat, nyatanya isu tersebut mendapat tepisan dari bos salah satu produsen mie terbesar di Indonesia.

Demikian analisis Netray. Simak analisis lainnya di analysis.netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Pemulihan Industri Otomotif Datang Lebih Cepat

0

Pandemi Covid-19 bak neraka bagi industri otomotif, penjualan mobil wholesale –dari pabrikan ke dealer– pada 2020 mencatat angka terburuk setidaknya dalam 10 tahun terakhir. Namun sejak 2021 seiring dengan membaiknya situasi COVID-19, industri otomotif bangkit dan mampu pulih lebih cepat.

Penjualan mobil wholesale pada 2020 anjlok sebesar 48,3% dari tahun sebelumnya. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan pada 2020 penjualan mobil wholesale hanya 532.027 unit, sedangkan pada 2019 mencapai 1.030.126 unit. Angka penjualan itu jadi yang terburuk dalam 10 tahun terakhir.

Melemahnya daya beli masyarakat akibat pandemi COVID-19 mengguncang industri otomotif. Hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas hingga 1.500 cc mulai 1 Maret 2021 atau kurang lebih satu tahun setelah kasus  COVID-19 pertama kali dilaporkan di Indonesia.

Dampak relaksasi PPnBM pelan-pelan kembali mengerek penjualan mobil. Penjualan mobil wholesales tercatat sebanyak 84.910 unit pada Maret 2021. Jumlah ini naik 72,57 persen dibanding Februari 2021 sebesar 49.202 unit atau sebelum relaksasi PPnBM diberlakukan. Penjualan mobil di Maret 2021 juga tumbuh 10,54 persen  year on year (yoy) dibanding Maret 2020 sebesar 76.811 unit. 

Berlakunya PPnBM sektor otomotif bertahap dari 100%, 50% hingga 25% di akhir 2021 membuahkan hasil. Didukung makin membaiknya situasi COVID-19 setelah mulai dilakukan vaksinasi membuat daya beli masyarakat sedikit membaik. Industri otomotif pun pulih lebih cepat. pada 2021 tercatat penjualan mobil wholesale mencapai 1.121.967 unit. Angka itu bahkan melampaui tahun 2019 saat pandemi belum menerjang Indonesia.

Peningkatan ini pun kembali terjadi pada 2022 yang dalam rentang Januari-Juni 2022 (Semester I) penjualannya mencapai 475.321 unit. Angka ini melampaui penjualan pada periode yang sama pada 2021 yang hanya mencatatkan 393.46  unit. Sehingga mengalami pertumbuhan 20,80%.

Pada semester I 2022 berdasarkan data Gaikindo, kontribusi terbesar berasal dari Toyota  yakni 31,4% atau penjualan sebanyak 149.461 unit. Di bawah Toyota, membuntuti Daihatsu dengan penjualan sebesar 90.343 unit (19%), Honda 62.585 unit (13,2%), Mitsubishi Motors 51.296 unit (10,8%), dan Suzuki 41.413 unit (8,7%). 

Posisi Toyota sebagai brand paling diminati pasar agaknya memang belum dapat tergantikan oleh pesaingnya. Hal ini pun dikukuhkan dengan peningkatan penjualan yang bahkan pada tahun 2021 menyentuh angka 295.768 unit dan pada semester I 2022 mencapai 149.461 unit. Sedangkan di bawahnya terdapat Daihatsu yang pada tahun 2021 mampu menjual sebanyak 164.908 unit. Kini pada Semester I 2022 Daihatsu mampu menjual  90.343 unit.

Pada 2021 penjualan unit kembali bergeliat, termasuk di pasar ekspor Completely Built Up (CBU) atau mobil secara utuh buatan maupun secara terurai Completely Knocked Down (CKD), dan ekspor komponen otomotif.

Ekspor CBU sepanjang 2021 mampu mencapai angka 294.639 unit atau naik sebesar 62.464 unit dari 2020. Pada tahun 2021 ekspor komponen mobil mencatat 85.679.609 pis atau naik 40,1% dibanding 2020 yang hanya mencapai 61.177.323 pis unit.

Kontribusi Industri Otomotif Membaik

Dalam beberapa tahun terakhir industri otomotif telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Berdasarkan data BPS industri otomitif berkontribusi terhdap produk domestiK bruto (PDB) nasional khusunya pada perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor pada 2018 tumbuh 0,66; 2019 tumbuh 0,61; dan pada 2020 karena pandemi mengalami minus sebesar -0,19.

Baru pada 2021 mulai bangkit dan tumbuh sebesar 0,13. Di 2022 kebangkitan juga terlihat setidaknya hingga semester 1 2022 perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor tumbuh 0,75 pada triwulan I 2022 dan 0,66 pada triwulan II 2022.

Sementara itu pada industri alat angkutan yang terdiri dari kendaraan bermotor, kapal hingga pesawat terbang juga mulai meningkat. Pada 2020 industri alat angkutan menyumbang sekitar 1,35% terhadap PDB nasional, atau menyumbang sekitar 7,57% terhadap PDB industri pengolahan nonmigas.

Pada berikutnya BPS melaporkan industri alat angkutan mengalami pertumbuhan 0,26 dibanding tahun sebelumnya.

Kemenperin mencatat, saat ini terdapat 22 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang berada di Indonesia. Sektor ini telah menyumbangkan nilai investasi sebesar Rp99,16 triliun dengan total kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun dan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38,39 ribu orang.

Meski sempat berada pada lembah akibat menurunnya jumlah penjualan di tahun 2020, kini sejak tahun 2021 dan tahun 2022 menjadi comeback pasar industri otomotif di Tanah Air. Hal ini juga menjadi petunjuk adanya pergerakan positif dari perekonomian Tanah Air.

Industri Otomotif dalam Pantauan Pemberitaan

Netray mengamati berbagai pemberitaan terkait industri otomotif di berbagai portal media online selama 1 Juli 2022 sampai dengan 31 Juli 2022 dengan menggunakan kata kunci otomotif dan industri && otomotif

Gambar 1. Statistik pemberitaan mengenai industri otomotif

Selama periode tersebut jumlah pemberitaan terkait topik ini mencapai 3.276 artikel yang berasal dari 114 portal media pemberitaan. Sementara pada top kategori tampak artikel pemberitaan didominasi oleh kategori otomotif dan keuangan.

Gambar 2. Statistik sentimen pemberitaan

Berdasarkan grafik di atas intensitas pemberitaan terkait otomotif juga terlihat setiap harinya selama periode pantauan Netray. Artikel pemberitaan tersebut pun didominasi oleh sentimen positif.

Melalui hasil penelusuran Netray tren positif tersebut dipengaruhi oleh beberapa isu terkait topik otomotif yang tengah beredar di media pemberitaan, seperti pertumbuhan industri otomotif dan perbincangan terkait mobil listrik yang semakin marak menjadi pembahasan.

Gambar 3. Sampel pemberitaan industri otomotif

Sempat diterpa badai pandemi kini produsen otomotif Toyota pada semester I/2022 tumbuh signifikan dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut menyentuh angka 22,3%.  Penjualan mobil dapat menjadi salah satu indikator untuk melihat tingkat konsumsi masyarakat Indonesia sehingga dapat menjadi ukuran dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia yang didorong oleh tingkat konsumsi.

Realisasi penjualan mobil di pasar dalam negeri sepanjang Juni 2022 berhasil kembali meningkat, sebesar 37,5%. Toyota Avanza berhasil kukuhkan posisi pertama sebagai mobil terlaris di Indonesia per-Juni 2022 dengan terjual sebanyak 6.172 unit.

Selain pemberitaan terkait pertumbuhan angka penjualan di semester I/2022 pemberitaan terkait otomotif juga didominasi oleh isu terkait kendaraan listrik.

Tak hanya menjadi isu yang berkembang secara global, kini tren mobil listrik juga ramai menjadi pembahasan media pemberitaan Nasional. Terutama saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kenegaraanya di Seoul, Korea Selatan, menyampaikan misi ajakan untuk berinvestasi di Indonesia. Presiden Joko Widodo meminta Investor Korsel untuk membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Untuk menunjukkan komitmen pemerintah dalam menciptakan Green Economy serta Sustainable Tourism pemerintah kini bersama GMF, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Bandar Lampung (UBL) tengah mengembangkan penelitian terkait kendaraan listrik. 

Gambar 4. Top Portal pemberitaan industri otomotif

Pada topik seputar industri otomotif tampak Viva menjadi portal berita yang paling banyak menerbitkan artikel dengan total mencapai 515 artikel. Selain itu, tampak Antara 184 dan Kompas 163 serta berbagai portal media pemberitaan daring lainnya. 

Gambar 5. Top People pemberitaan industri otomotif

Sementara pada kategori Top People, Joko Widodo selaku Presiden RI menjadi tokoh yang paling banyak disebutkan di dalam artikel terkait. Diikuti oleh Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Meski sempat terpuruk akibat pandemi kini industri otomotif Tanah Air menunjukkan geliat pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan positif tersebut ditandai dengan nilai ekspor yang kian mengalami peningkatan terutama di tahun 2021 dan Semester I/2022. Dalam hal ini Toyota masih menjadi penyumbang penjualan terbanyak dan masih merajai pasar otomotif di Tanah Air.

Sementara melalui media pemberitaan tampak tren positif membanjiri artikel terkait industri otomotif yang banyak dipopulerkan oleh Viva. Pada periode pemantauan Netray tampak pembahasan media terkait otomotif didominasi oleh topik seputar brand yang paling diminati oleh pasar dan isu terkait perkembangan mobil listrik.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di https://analysis.netray.id/. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di https://netray.id/

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 5-11 Agustus 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Puan, AHY, dan Erick menjadi 3 besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 5-11 Agustus 2022. Berbeda dari pantauan periode sebelumnya, di mana 3 besar selalu diisi oleh Puan, Erick, dan Anies, kali ini ada nama AHY yang berada di posisi kedua melewati Erick Thohir.

Dari pantauan Netray, puncak popularitas AHY naik karena dipicu oleh banyaknya sebutan untuk AHY pada 10 Agustus 2022 yang berisi ucapan ulang tahun untuk AHY dan dukungan untuk duet AHY-Anies di Twitter. Momentum ini menjadikan AHY berada dalam 3 besar tokoh politik populer menggantikan Anies.

Sementara itu, Anies yang selalu konsisten masuk 3 besar kini harus turun di posisi 5. Namanya kali ini tidak unggul di media pemberitaan karena Ridwan Kamil lebih dominan, tak hanya di News tetapi juga di TikTok dan YouTube.

Meskipun demikian, nama Ridwan Kamil belum mampu tembus 5 besar karena popularitas Ganjar di Twitter masih lebih tinggi ketimbang Ridwan Kamil.

Infografik: Alvito Madista/ Editor: Irwan Syambudi

Jibaku Lulusan SMK Berebut Kerja dengan Diploma hingga Sarjana

0

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, sebanyak 11,13% lulusan SMK tidak mendapat pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan SMA 9,09%; SMP 6,45%; lulusan Universitas 5,98%; Diploma 5,87%; dan SD atau tidak sekolah sama sekali 3,67%.

Secara persentase jumlah lulusan yang menganggur paling tinggi angkanya memang lulusan SMK akan tetapi terpaut tipis dari jumlah pengangguran lulusan SMA. Total ada 2,1 juta lulusan SMK yang menganggur sedangkan SMA ada 2,4 juta yang menganggur.

Persentase pengangguran tamatan SMK tercatat lebih tinggi meskipun secara nominal lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena jumlah kelulusannya tidak sebanyak kelulusan SMA. Lulusan SMK sebanyak 18,9 juta, Sedangkan lulusan SMA mencapai 27,1 juta jiwa.

Baca selengkapnya dalam analysis.netray/dunia kerja jarang melirik lulusan smk.

Luhut Usulkan Revisi UU TNI, Warganet: Kembali ke Orde Baru?

0

Wacana revisi UU TNI yang diusulkan Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu sempat naik jadi perbincangan publik. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini menginginkan agar anggota TNI boleh ditugaskan di kementerian/lembaga atas permintaan dari institusi dan atas persetujuan Presiden. Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara “Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD)” pada Jumat, (5/8/2022).

UU yang dimaksud Luhut adalah UU No 34 tahun 2004 pasal 47 ayat 1 yang menyebutkan bahwa Prajurit hanya dapat menduduki jabatan sipil setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas aktif keprajuritan.

Usulan tersebut kemudian menuai komentar dari berbagai pihak baik itu warganet, LSM, bahkan pemerintahan sendiri. Netray ingin melihat bagaimana respon warganet terhadap wacana yang digulirkan Luhut di era reformasi ini.

perbincangan soal revisi uu tni di Twitter
Gambar 1. Statistik perbincangan topik revisi tni

Pantauan Netray di Twitter sepanjang 5-10 Agustus 2022 dengan menggunakan kata kunci luhut && uu tni, revisi && uu tni, dwi fungsi abri, dwi fungsi tni, menemukan bahwa 1,8 ribu twit membicarakan topik ini dengan impresi sebanyak 8,9 ribu reaksi dan menjangkau 26,6 juta akun.

Gambar 2. Intensitas perbincangan topik

Warganet Twitter tampak lebih banyak memberikan sentiment negatif dibanding sentiment positif maupun netral terhadap wacana Luhut itu. Dapat dilihat pada  grafik di atas, cuitan warganet Twitter memuncak pada 6 Agustus sebanyak 823 twit kemudian mulai melandai pada 8 Agustus hingga akhir periode pemantauan.

Dari pantauan Netray, wacana revisi UU TNI ini mulai bergulir Ketika akun Twitter @detikcom mencuitkan berita tersebut. Unggahan ini menjadi twit terpopuler yang kemudian memantik warganet untuk berpendapat serta memberi reaksi untuk topik ini. Warganet beranggapan bahwa wacana tersebut akan mengembalikan dwi fungsi TNI pada era Orde Baru dan mencederai reformasi yang sudah diperjuangkan 24 tahun yang lalu

Selain itu warganet menilai hal tersebut merupakan sebuah usaha untuk menanggulangi perwira TNI tanpa penugasan (nonjob) yang justru akan menjadi beban anggaran pertahanan. Adapula warganet yang cenderung menyerang personal, menganggap Luhut yang sudah lanjut usia tidak layak lagi untuk mengusulkan ini itu dan sudah saatnya untuk istirahat.

Selain warganet, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) juga menolak keras wacana ini. Melalui utas Twitter yang diunggah pada 9 Agustus 2022, ia menganggap usulan revisi UU TNI merupakan sebuah agenda untuk mengembalikan nilai orde baru secara terang-terangan. Di samping itu, upaya penempatan TNI pada jabatan sipil menunjukkan kegagalan manajerial dalam tubuh TNI. Senada dengan KontraS, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI) turut mengecam wacana dari Menkomarves itu.

Sedangkan warganet yang memberi sentiment positif jumlahnya tak begitu signifikan, yakni hanya sebayak 160 twit. Twit positif berasal dari @_mardial_ yang menjadi twit bersentimen positif terpopuler dalam pantauan ini bahkan tidak dapat diartikan positif secara utuh atau bukan sebuah dukungan.

Ia mengomentari artikel yang dibagikan oleh @detikcom. Jika dilihat sebagai kalimat, sentimennya memang positif. Namun bisa jadi hal ini adalah sarkasme jika melihat susunan kata yang ia tekankan menggunakan kalimat kapital berbunyi ORBA. Sehingga seperti kebanyakan warganet lain yang pikirannya tertuju pada Orba ketika merespons wacana revisi UU TNI ini.

Pemantauan Media Massa Isu Luhut Mewacanakan Revisi UU TNI

Dari pantauan media massa nasional dengan menggunakan kata kunci yang sama Netray menemukan 41 berita dari 21 media. Pemberitaan terkait isu ini mulai muncul pada 5 Agustus 2022 dan memuncak pada 9 Agustus 2022 sebanyak 16 berita muncul terkait pernyataan kontroversial yang diucapkan Luhut.

Gambar 3. Pemantauan topik wacana revisi uu tni di media massa

Netray menemukan sebanyak 16 berita menunjukan sentiment negatif atau dapat dikatakan dominan jika dilihat secara total. Sebagian besar pemberitaan cenderung menentang wacana Luhut karena dinilai dapat menghidupkan dwi fungsi TNI seperti pada masa orde baru. Lembaga yang menolak di antaranya adalah KontraS, Imparsial hingga anggota DPR yang turut mengkritik wacana yang digaungkan Luhut tersebut.

Tampaknya dewasa ini warganet Indonesia sudah cukup kritis menghadapi tanda-tanda kembalinya otoritarianisme, mereka tampak paham betul bahwa keterlibatan militer dalam ranah sipil dapat merugikan serta mencederai reformasi yang telah diperjuangkan sejak lama. Sejatinya, demokrasi indonesia saat ini pun masih perlu banyak belajar. Mengingat, indeks demokrasi Indonesia menurut The Economist Intelligence Unit menempati peringkat ke-52 sedunia dan masih termasuk dalam demokrasi yang cacat (flawed democracy).

Demikian pantauan Netray, simak analisis lainnya di analysis.netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Uji Coba Foto Layar Penuh Instagram Banjir Kritik

0

Belum lama ini Instagram mendapat kritik keras dari penggunanya. Hal tersebut dipicu oleh uji coba layar penuh dengan rasio 9:16 seperti pada reels dan stories. Uji coba tersebut merupakan langkah terbaru Instagram untuk membuat tampilan platform-nya terlihat lebih penuh dan lebih fokus pada konten vertikal atau konten berbasis video.

Sayangnya hal tersebut kurang dapat diterima oleh publik khususnya para pengguna Instagram. Instagram bahkan dituding meniru TikTok yang kini menjadi salah satu kompetitornya. Warganet menilai Instagram terlalu mengikuti arus popularitas aplikasi berbasis video tersebut sehingga justru seolah menggerus identitasnya sendiri.

Netray mengamati kritik terkait fitur terbaru Instagram yang juga dikeluhkan warganet melalui kanal media sosial Twitter. Dengan menggunakan kata kunci fitur && instagram dan video && Instagram Netray menemukan beberapa insight berikut.

Instagram
Gambar 1. Infografik cuitan warganet

Berdasarkan pantauan Netray sejak 01 Agustus 2022 hingga 09 Agustus 2022 ditemukan sebanyak 985 total cuitan warganet dengan didominasi oleh sentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 99,9 ribu reaksi yang berpotensi menjangkau hingga 67 juta akun pengguna Twitter.

Selain performa desain yang mengenalkan layar lebih penuh seperti TikTok, Instagram kini juga menampilkan lebih banyak konten rekomendasi di feed pengguna. Dua fitur baru ini pun mendapat hujatan keras dari pengguna Instagram yang justru merasa kurang nyaman.

Gambar 2. Intensitas perbincangan warganet
Gambar 3. Sentimen tren

Intensitas perbincangan warganet pun tampak mencuat sejak periode awal pemantauan Netray, yakni 01 Agustus 2022 hingga pada 09 Agustus 2022. Sebagaimana tampak pada Gambar 3, perbincangan tersebut pun didominasi oleh sentimen negatif dengan jumlah 321 cuitan dan 162 bersentimen positif. Hal ini tentu dipengaruhi oleh kritik dari berbagai pengguna yang tidak setuju dengan performa terbaru dari aplikasi yang tadinya berbasis foto tersebut.

Gambar 4. Kosa kata populer

Sementara berdasarkan kosakata populer dapat ditemukan beberapa kata yang kerap digunakan oleh warganet dalam cuitannya terkait perubahan Instagram tersebut. Instagram saat ini memang membatasi dukungannya untuk foto dengan rasio 4:5 dan mengenalkan rasio 9:16 yang lebih tinggi. Sehingga pengguna Instagram dapat menampilkan foto yang memenuhi layar secara vertikal.

Kritik Warganet, Instagram Was Fun Back On 2016

Sebagai media sosial yang dulunya berfokus pada foto, Instagram tentu mendapat kritik keras dari user lamanya. Bukan tanpa alasan, perubahan rasio yang nantinya akan diterapkan oleh Instagram akan berdampak pada pengguna yang tidak lagi dapat membagikan foto saja atau terbatas pada rasio 9:16. Terlebih model baru ini akan menambahkan overlay gradien dengan warna yang lebih gelap di bagian bawah foto agar teks caption bisa dibaca dengan lebih mudah, namun justru bentrok dengan tampilan foto aslinya.

Gambar 5. Kritik warganet

Dari mulai iklan yang memenuhi feed, shopping post, hingga didominasi oleh konten-konten yang tidak diikuti pengguna menjadi keluhan yang turut dilayangkan warganet untuk Instagram. Warganet menilai Instagram tidak lagi nyaman bagi penggunanya seperti saat 2016 lalu, tepatnya sebelum fitur shopping dan reels muncul.

Gambar 6. Kritik warganet

Warganet menilai migrasi yang dilakukan oleh Instagram untuk menjadi media sosial berbasis video hanya berupaya untuk menyaingi kompetitornya, yakni TikTok. Warganet merasa kesal akan hal ini, terlebih perubahan tersebut justru menyebabkan berbagai konten dari yang diikuti oleh pengguna justru tertimbun oleh iklan dan rekomendasi.

Pada periode pantauan Netray tampak Indonesia menjadi organisasi populer yang kerap dicuitkan oleh warganet dalam menyampaikan opininya terkait Instagram. Selain itu, tampak TikTok menjadi organisasi lainnya yang paling banyak disebutkan oleh warganet. Hal ini tentu dipengaruhi oleh perubahan performa Instagram yang dinilai warganet meniru performa TikTok yang kini tumbuh pesat sebagai salah satu kompetitor Instagram.

Sementara pada kategori Top Complaints ditemukan berbagai keluhan warganet terkait Instagram, seperti jelek, susah ngeload, kecewa, dan jelek sih.

Warganet menilai Instagram seharusnya konsisten dalam mempertahankan identitasnya sebagai media sosial berbasis foto. Dengan demikian Instagram tidak kehilangan identitas dan pengguna lamanya.

Berbagai keluhan pengguna Instagram yang kini semakin ramai disuarakan seharusnya menjadi masukan bagi Instagram agar mempertimbangkan kenyamanan penggunanya. Pasalnya jika tidak pengguna akan perlahan meninggalkan Instagram dan berpindah ke media sosial lainnya yang sesuai dengan kenyamanan penggunanya.

Demikian analisis Netray, simak analisis berbagai topik terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

Teori Cocoklogi dan Kritik Warganet Mereview Pengabdi Setan 2

0

Pengabdi Setan 2: Communion akhirnya rilis pada 4 Agustus 2022. Sebagai salah satu film horor yang paling ditunggu di tahun 2022, Pengabdi Setan 2 berhasil menjadi bahan perbincangan di media sosial Twitter. Film yang diklaim telah menarik penonton sebanyak lebih dari tiga juta dalam 5 hari penayangan berdasarkan laporan twit Joko Anwar ini masih terus ramai dibicarakan hingga artikel ini ditulis. Mulai dari memberi ulasan film hingga berbagi opini soal teori yang dibubuhkan dalam film sekuel tersebut.

Gambar 1 sampel twit

Dari pantauan Media Monitoring Netray, sepanjang 3-8 Agustus 2022, kata kunci ‘joko anwar’ dan ‘pengabdi setan 2’ telah muncul sebanyak lebih dari 44 ribu twit. Adapun perbincangan warganet terkait kata kunci tersebut memuncak di tanggal 8 Agustus 2022 dengan total mencapai 21.678 twit.

perbincangan pengabdi setan 2
Gambar 2 Peak Time Topik Pengabdi Setan 2

Topik ini semakin ramai dibahas terutama setelah Joko Anwar turut membagikan utas “a companion thread ke dunia Pengabdi Setan 2 Communion” yang diperuntukkan bagi para penonton Pengabdi Setan 2 pada 8 Agustus 2022. Banyaknya impresi yang diperoleh, menempatkan akun @jokoanwar sebagai akun paling berpengaruh dalam perkembangan topik ini. Atau dapat dikatakan, twit ini menjadi pemantik diskusi bagi warganet secara lebih luas lagi soal film Pengabdi Setan 2.

Gambar 3 Sampel Twit
Gambar 4 Jajaran Top Accounts

Teori ala Warganet Twitter

Perbincangan mengenai review sebuah film mungkin menjadi hal yang biasa, namun munculnya berbagai teori yang merupakan hasil olah pikir penonton bisa saja menjadi acuan bahwa film tersebut memang memiliki daya tarik. Pengabdi Setan 2 berhasil memunculkan hal tersebut. Berbagai teori mulai ditwitkan oleh warganet. ‘Cocok logi’ warganet tentang film tersebut berhasil menyita perhatian warganet lainnya sehingga hal tersebut dinilai sebagai keberhasilan Joko Anwar dalam menyajikan film.

Gambar 5 Sampel Twit

Pertanyaan-pertanyaan yang masih berkeliaran di pikiran penonton melahirkan spekulasi tentang ‘mengapa Joko Anwar menyuguhkan hal tersebut?’ hingga sampai pada ‘apa yang ingin disampaikan Joko Anwar?’. Warganet pun mencoba membagikan hasil pemikiran mereka berdasarkan pengalaman menonton masing-masing.

Gambar 6 Sampel Twit

Mematikan sosok ustadz dalam film garapannya membuat Joko Anwar dihujani pertanyaan ‘mengapa’. Bahkan warganet menilai bahwa Joko Anwar adalah sosok islamophobic. Namun, pernyataan ini justru menjadi ajang adu argumen warganet yang menilai sebaliknya.

Warganet menilai bahwasannya melalui kematian ustadz-ustadz dalam film garapannya, Joko Anwar ingin menyampaikan sebuah pesan kepada masyarakat. Salah satunya ialah seperti yang disampaikan oleh akun @mauveburgundy yang menyatakan bahwa Joko Anwar ingin menyadarkan penonton jika ustadz merupakan manusia biasa sehingga tidak seharusnya penonton ‘melabeli’ ustadz sebagai orang suci yang tidak bisa dikalahkan.

Gambar 7 Sampel Twit

Teori selanjutnya yang menjadi perhatian warganet ialah adanya sosok Batara dan Darminah yang tidak secara gamblang disajikan Joko Anwar tentang ‘siapa mereka sebenarnya’. Sehingga spekulasi mengenai sosok keduanya pun menjadi perbincangan warganet. Tentang hal tersebut warganet menilai kedua sosok tersebut disajikan sebagai penggambaran bahwasannya ada makhluk lain di dalam kehidupan nyata manusia.

Gambar 8 Sampel Twit

Masih banyak misteri-misteri yang coba dipecahkan oleh warganet ke dalam teori yang merupakan hasil pengamatan mereka. Kejadian-kejadian yang tidak secara gamblang digambarkan menjadi perhatian bahkan malah membikin penasaran warganet terkait apa yang sebenarnya terjadi.

Gambar 9 Sampel Twit

Lokasi Syuting; Proyek 1000 Tower yang Terbengkalai

Selain menjadi ajang adu teori, yang menjadi daya tarik dari film ini ialah pemilihan lokasi syuting. Joko Anwar menjadikan Rusun Sumber Artha sebagai latar pembuatan Pengabdi Setan 2. Mengapa tempat ini menjadi salah satu daya tarik perbincangan warganet?

Gambar 10 Sampel Twit

Usut punya usut, rusun yang memiliki sebutan rusun 1000 tower ini merupakan proyek terbengkalai dari sebuah program era Presiden SBY. Proyek yang diklaim menelan biaya puluhan triliun tersebut mangkrak sejak 2009, dua tahun setelah proyek tersebut berjalan. Maka tak ayal, rusun yang merupakan hasil proyek gagal tersebut menjadi ajang warganet untuk menyampaikan kritik terhadap pemerintahan SBY.

Gambar 11 Sampel Twit

Sebenarnya tidak sedikit juga warganet yang tidak tahu menahu perihal rusun yang gagal dibangun tersebut. Namun, berkat tangan dingin Joko Anwar lokasi ini menjadi viral bahkan menjadi bulan-bulanan warganet yang kecewa dengan gagalnya proyek yang menelan dana puluhan triliunan tersebut. Dalam hal ini, Joko Anwar pun menuai pujian lantaran berhasil mengingatkan masyarakat serta memanfaatkan rusun yang belasan tahun terbengkalai tersebut.

Warganet juga menilai bahwa pemilihan lokasi ini memiliki maksud terselubung. Hal ini disampaikan oleh satu warganet yang menilai Joko Anwar ingin menyampaikan kritik melalui dialog di salah satu scene dalam film ini.

Gambar 12 Sampel Twit

Kritik untuk Pengabdi Setan 2; Soal Flash hingga Review Underexpectacion

Meski ramai mendapat impresi positif, topik ini juga tak lepas dari twit negatif dari warganet. Dari 44,8 ribu twit dengan periode pemantauan 3-9 Agutus 2022, 16,7 ribu di antaranya terindikasi sebagai twit bersentimen negatif. Twit yang terindikasi negatif ini setidaknya terbagi menjadi 2, yaitu efek negatif yang dirasakan seperti takut, seram, tegang dan perasaan berkonotasi negatif lainnya yang barangkali di sisi lain menjadi keberhasilan Joko Anwar dalam mengemas film horornya karena menimbulkan kesan tersebut.

Gambar 13 Sampel Twit
Gambar 14 Sampel Twit

Sedangkan sisanya adalah respons negatif yang merujuk kepada film tersebut, seperti kritik soal penggunaan efek flash berlebihan pada film hingga review-review warganet yang menilai film ini di bawah ekspektasi seperti tidak seram ataupun cerita yang membingungkan. Jadi, sentimen negatif yang mendominasi dalam kata kunci ini sama sekali tidak mutlak hanya mencerminkan kualitas film ini.

Gambar 15 Sampel Twit

Misteri-misteri yang terpecahkan justru memunculkan misteri baru di Pengabdi Setan 2. Cerita bahkan tokoh yang disajikan oleh Joko Anwar membuat penontonnya bertanya-tanya sehingga banyak warganet yang juga merasa bingung dengan film sekuel ini.

Gambar 16 Sampel Twit
Gambar 17 Sampel Twit

Banyaknya sumbangan twit negatif tersebut juga didukung dari kumpulan kosakata komplain yang terjaring oleh Netray. Seperti jelek, kecewa, susah tidur, bahkan susah ditebak. Deretan komplain tersebut disampaikan warganet sehingga menyumbang sentimen negatif pada kedua kata kunci ini.

Kata jelek dan kecewa paling banyak berisi soal penilaian warganet terhadap alur cerita film Pengabdi Setan 2. Warganet menilai alur ceritanya berantakan sehingga tidak sedikit yang kecewa lantaran ekpektasi warganet terhadap garapan Joko Anwar yang diharapkan mampu memberikan suguhan yang lebih apik dan mematahkan stigma film horor asal seram tapi tidak punya cerita yang jelas tidak bisa didapatkan di sini,

Gambar 18 Jajaran Top Complaints
Gambar 19 Sampel Twit

Meski demikian, film yang diklaim telah menyedot lebih dari tiga juta penonton dalam 5 hari penayangan ini mampu menyedot perhatian bahkan melahirkan teori-teori ala penonton sebagai feedback hingga membuka diskusi di antara warganet lainnya. Dengan kata lain, film besutan Joko Anwar kali ini berhasil mencuri perhatian penontonnya. Lalu, bagaimana menurutmu? Teori apa yang ada di pikiranmu setelah menonton film ini?

Editor: Winda Trilatifah

Fitur Shopee Video Tuai Sentimen Negatif Warganet

Shopee meluncurkan fitur baru, yaitu Shopee Video pada sekitar April 2022. Fitur terbaru ini ditujukan untuk menyediakan tempat sosialisasi bagi para pengguna Shopee. Seperti TikTok, pada fitur baru ini pengguna dapat menonton hingga berbagi konten sebagai kreator video. Namun fitur itu menuai kritik dari warganet selain dinilai meniru TikTok, fitur baru membuat performa aplikasi jadi menurun.

Netray mencoba melihat bagaimana reaksi warganet dalam menyambut fitur baru Shopee ini. Sebab, beberapa waktu lalu topik ini sempat jadi perbincangan hangat di Twitter. Tepatnya pada awal Agustus, topik Shopee Video diramaikan oleh arah perbincangan negatif.

Berdasarkan pantauan Netray dengan menggunakan kata kunci “shopee video”, dari total 1,8 ribu twit yang membicarakan topik ini selama dua minggu terakhir (26 Juli-8 Agustus), 609 di antaranya membicarakan secara negatif. Sementara sisanya memilih netral dan sebagian menanggapi positif.

shopee video review
Gambar 1. Peak Time dan Sentiment Trend

Respons positif datang dari warganet yang mengincar cuan yang diberikan Shopee atas aktivitas menonton hingga mengunggah konten video di Shopee. Inilah yang menarik minat warganet untuk mencoba Shopee Video. Bahkan tidak sedikit warganet yang membagikan tangkapan layar keberhasilannya mengumpulkan koin Shopee dan mengajak sesama warganet lainnya untuk ikut menonton atau menjadi kreator Shopee Video agar mendapat uang.

Gambar 2. Sampel twit sentimen positif

Kritik Shopee Video

Di sisi lain, Netray melihat kritik warganet terkait fitur baru Shopee Video ini juga banyak ditemukan. Salah satu yang paling banyak menarik interaksi adalah twit milik akun @puppyguuurl pada 1 Agustus 2022. Dengan me-mention akun resmi Shopee, ia menyampaikan keresahannya terkait fitur Shopee Video yang dinilai tidak jelas.

Gambar 3. Sampel twit sentimen negatif

Twit tersebut kemudian mendapat banyak respon dari warganet yang turut merasakan hal yang sama. Warganet yang sepakat dengan keresahan @puppyguurl kemudian ikut nimbrung di kolom komentar dan menyampaikan keluhan-keluhan serupa. Salah satu yang banyak disuarakan adalah soal performa Shopee yang kini menjadi lemot dan ngelag.

Gambar 4. Sampel twit sentimen negatif
Gambar 5. Top Complaints

Kata ‘lemot’ muncul sebanyak 13 kali dan masuk dalam deretan Top Complaint yang dikeluhkan warganet soal Shopee Video. Warganet merasa kesal dengan banyaknya fitur di Shopee yang membuat aplikasi belanja online ini menjadi berat sehingga kerap mengalami error. Sebagai saran, warganet meminta Shopee untuk fokus mengembangkan fitur-fitur yang berkaitan dengan jual beli seperti marketplace pada umumnya, alih-alih memaksakan memasukkan beragam fitur yang tidak berkaitan.

Gambar 6. Sampel twit sentimen negatif

Selain masalah aplikasi yang menjadi berat, lemot, dan ngelag, warganet juga mengkritik isi konten Shopee Video yang tidak berkaitan dengan perilaku belanja konsumen. Akun @softhenorth menyampaikan melihat konten-konten 18+, konten sensitif seperti hantu, hingga kelabang yang membuatnya risih. Padahal, ia mengaku tidak pernah mencari barang-barang yang berkaitan dengan konten tersebut di Shopee.

Gambar 7. Sampel twit sentimen negatif

Meskipun tidak sedikit warganet yang tertarik untuk mencoba Shopee Video demi mengambil koin-koin yang ditawarkan, namun barangkali keluhan dan masukan dari warganet yang kontra merespons fitur baru ini dapat menjadi evaluasi bagi Shopee ke depannya. Demikian analisis Netray. Simak analisis lainnya di analysis.netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

Jurang Kesenjangan Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan & Laki-laki

0

Setelah situasi pademi COVID-19 membaik, roda ekonomi kembali melaju. Penyerapan tenaga kerja juga mulai meningkat. Namun tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan tak banyak meningkat. Secara persentase masih ada jurang kesenjangan dibanding TPAK laki-laki.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengungkapkan secara umum ketimpangan gender dalam dimensi pasar tenaga kerja di Indonesia antara laki-laki dan perempuan masing sangat tinggi. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dari periode Februari 2021, Agustus 2021 hingga Februari 2022, kesenjangan TPAK laki-laki jumlahnya selalu 1,5 lebih banyak dibandingkan perempuan. Data terakhir pada Februari 2022 TPAK perempuan sebesar 54,27% dan laki-laki 83,65%.

Artinya dari 100 perempuan usia kerja di atas 15 tahun hanya ada 54 orang yang bekerja. Sedangkan dari 100 laki-laki usia kerja ada sebanyak 84 orang yang bekerja.

Untuk melihat angka orang yang bekerja, tentu harus dilihat pula seberapa banyak lapangan kerja yang tersedia bagi perempuan. Data BPS menunjukkan lapangan kerja sektor formal sangat didominasi oleh laki-laki. Sedangkan perempuan lebih banyak tersedia pada sektor informal.

Baca selengkapnya di analysis.netray.id/partisipasi angkatan kerja perempuan dan laki-laki.

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 29 Juli-4 Agustus 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Puan, Erick, dan Anies masih jadi 3 besar tokoh yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 29 Juli-4 Agustus 2022.

Akan tetapi, kali ini urutannya berubah. Puan yang pada periode sebelum-sebelumnya selalu bertengger di posisi pertama, kini turun di urutan kedua. Posisinya berhasil diambil alih oleh Erick Thohir yang kini memimpin popularitas tokoh di Twitter, di mana sebelumnya secara konsisten diisi oleh Puan.

Sementara itu, Anies Baswedan meskipun berada di urutan ketiga, namanya paling mendominasi di media pemberitaan dan secara konsisten masuk tiga besar tokoh paling banyak disebut di semua platform. Di sisi lain Ganjar dan Ridwan Kamil masih popular di Instagram dan Youtube. Namun keduanya harus disalip oleh AHY yang kini berhasil duduk di urutan 4 lantaran di Twitter namanya populer bersama Anies Baswedan.

Infografik: Alvito Madista/ Editor: Irwan Syambudi