HomeNetrayApa Itu Analisis Sentimen dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Analisis Sentimen dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Published on

Mengembangkan bisnis di era digital memiliki berbagai tantangan. Seperti tantangan untuk menarik banyak pelanggan agar bisnis bisa berkembang dan yang pasti membutuhkan beragam strategi. Banyak pelanggan pada akhirnya juga akan menghadirkan tantangan baru. Yakni pelaku bisnis kerap kesulitan mengelola pandangan masyarakat atas produk mereka.

Seperti kehadiran kesan atau feedback pelanggan yang biasanya dijadikan sebagai bahan pengembangan sebuah produk. Tidak selamanya respons dari masyarakat adalah hal yang positif lagi membangun. Tak jarang feedback hanya berisi ungkapan rasa kesal yang tak berujung. 

Guna menyaring opini dan pandangan masyarakat semacam ini, tentu saja dibutuhkan sebuah tools seperti sentimen analisis. Seperti pada Netray Media Monitoring yang memiliki fitur sentimen analisis yang unggul. Fitur tersebut dapat membantu pebisnis untuk membangun dan mengembangkan produknya lebih besar dan lebih luas. 

Gambar 1. Image by freepik

Sebelum berkenalan dengan analisis sentimen milik Netray, berikut pengertian tentang analisis sentimen dan juga manfaatnya untuk sebuah bisnis. Secara singkat analisis sentimen bisa membantu pebisnis membaca ulasan pelanggan dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu, fitur ini juga mempermudah pembacaan ulasan berdasarkan emosi atau sentimen. Yakni sentimen positif, netral, ataupun negatif. 

Berdasarkan berbagai sumber, analisis sentimen memiliki definisi sebagai proses analisis teks (online) untuk menentukan nada emosional dari pesan tersebut. Pada umumnya, ulasan ini mewakili perasaan, opini, atau sikap pelanggan terhadap sebuah produk atau layanan. 

Proses analisis memanfaatkan mesin kecerdasan buatan yang melibatkan algoritma dan model pembelajaran untuk memproses dan mengidentifikasi sebuah teks hingga menghasilkan sentimen tertentu. Ulasan tersebut dapat dengan mudah ditemukan pebisnis di platform media sosial, e-commerce, ataupun website. 

Lantas, apa saja keuntungan menggunakan analisis sentimen untuk pengembangan sebuah produk? 

  • Evaluasi Produk Lebih Cepat dan Objektif

Dengan teknologi AI, pebisnis dapat dengan mudah dan cepat mengevaluasi produknya. Kecerdasan buatan dari teknologi ini juga mempu memberikan penilaian objektif untuk sebuah produk sehingga hasil temuan dari analisis sentimen yang didapat memudahkan pebisnis untuk segera mencari solusi bagi produknya.  

  • Meningkatkan hingga Mengembangkan Produk

Dari analisis sentimen, pebisnis juga dapat dengan mudah mengartikan ulasan pelanggan sehingga bisa memberikan langkah cepat bagi pebisnis untuk meningkatkan penjualan. Upaya tersebut juga dapat mengoptimalkan kualitas produk sehingga dapat menciptakan keuntungan yang lebih besar. 

  • Riset atau Strategi Marketing Baru

Hasil analisis sentimen yang memberikan berbagai jenis data dapat dijadikan pebisnis sebagai alat riset pasar tentang apa yang disukai maupun tidak disukai oleh pelanggan. Selain itu, dari hasil tersebut pebisnis juga dapat mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan dari produk atau layanan tersebut sehingga dapat dijadikan pebisnis sebagai bahan pertimbangan untuk menciptakan produk baru atau mengembangkan produk tersebut. Analisis sentimen ini juga bisa membantu pebisnis dalam menemukan strategi penjualan baru sesuai dengan keinginan pasar. 

Lalu, bagaimana cara kerja analisis sentimen Netray Media Monitoring?

Sebagai perusahaan yang berbasis teknologi AI dan Big Data, Netray mengembangkan media monitoring yang mampu membaca sentimen dari sebuah teks digital. Teknologi yang bernama Netray Sentiment Analysis (NSA) tersebut menganalisis opini penulis terhadap topik tertentu dari berita dan media sosial. NSA lantas memberikan sentimen positif, negatif, atau netral.

Kapasitas tersebut berasal dari melatih mesin kecerdasan buatan (AI) dengan sumber data yang sudah dipoles. Hasil dari pembacaan ini lantas diolah lagi oleh tim ahli guna mencapai tingkat konfidensial yang tinggi. NSA akhirnya menjadi salah satu inti dari Netray Media Monitoring bersama dengan fitur-fitur lain seperti NER (named entity recognition).

Keseluruhan fitur tersebut sudah tersedia di Dashboard Netray. User atau pelaku bisnis cukup memasukkan kata kunci dan memilih kanal yang ingin dipantau. Seperti kanal media sosial (X, YouTube, TikTok, Instagram, dan Facebook) atau kanal media massa daring. Pengguna juga bisa memilih kapan periode pemantauan ingin dilakukan. 

Gambar 2. Contoh tampilan Dashboard Netray

Setelah mendapatkan data yang diinginkan dari kanal spesifik, data tersebut akan dibersihkan dari elemen-elemen yang tidak relevan. Selanjutnya masing-masing datum akan diprediksi oleh mesin pintar untuk diberi label sentimen. NSA menggunakan model yang sudah disesuaikan dengan data di masing-masing kanal. Hasilnya akan ditampilkan di dashboard Netray bersama dengan produk analisis lainnya.

Tak perlu bingung jika ingin mencoba sentimen analisis untuk memantau kata kunci yang diinginkan. Pasalnya Netray Media Monitoring sekarang memiliki program uji coba gratis di Netray Trial. Atau pembaca bisa melihat contoh analisis kami di Analisis Netray.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

6 Studi yang Bisa Menggunakan Media Monitoring untuk Riset Akademik

Sebagai sebuah tools analisis, media monitoring dapat digunakan dalam berbagai bidang riset. Meski kerap...

Alasan Media Monitoring Bermanfaat untuk Riset Akademik

Media monitoring memiliki banyak manfaat yang penting, terutama dalam konteks bisnis, organisasi, dan riset....

Visualisasi Data: Memahami Data Besar dengan Mudah dan Menarik

Visualisasi data menjadi hal yang penting dalam proses memahami big data. Beberapa contoh bentuk visualisasi data: histogram, scatter plot, heatmap, line chart, bar chart, maps, network graph, word cloud, geospatioal, dan visualitation.
%d bloggers like this: