Home Blog Page 84

Menelusuri Ihwal Dokter Terawan dalam Pemberitaan Media Massa

Meski sudah tak lagi menjabat Menteri Kesehatan, sosok dr. Terawan Agus Putranto masih memikat media massa. Belakangan ini namanya cukup sering hadir dalam sebuah pemberitaan. Pensiunan Jenderal TNI yang juga memiliki gelar spesialis di bidang radiologi ini secara langsung maupun tidak langsung ambil bagian dalam sejumlah isu.

Dalam 2 minggu terakhir, yakni sejak tanggal 23 Maret 2022 hingga 5 April 2022, Netray menemukan bahwa total 81 media massa nasional telah menulis setidaknya 1.540 artikel yang menyebut figur dr. Terawan Putranto di dalamnya. Pemantauan ini hanya menggunakan kata kunci terawan guna mengumpulkan berita dari situs media massa online.

Gambar 1. Statistik dan Kategori pemberitaan isu dokter Terawan

Pelacakan Klaster Isu dalam Kategori Pemberitaan Terawan

Kategori “health & lifetsyle” menyumbang pemberitaan yang mengandung kata kunci terbanyak dengan total 1.002 artikel. Berita yang masuk kategori ini sebagian besar memiliki sangkut paut dengan relasi Terawan dan statusnya sebagai dokter atau ahli kesehatan. Berita pemecatan dr. Terawan dari keanggotan IDI menjadi isu yang paling banyak muncul dalam kategori ini.

terawan
Gambar 2. Grafik Top Issue

Apabila dirujuk pada grafik Top Issue, maka klaster isu seperti “Adib Khumaidi”, “Izin Praktik Dokter”, dan “Stroke” merupakan bagian dari kategori ini. Oleh IDI yang dipimpin Adib Khumaidi, mantan menteri kesehatan ini dinilai melanggar sejumlah kode etik kedokteran. Salah satunya adalah kewajiban untuk berhati-hati saat mengumumkan atau menerapkan setiap penemuan teknik atau pengobatan baru yang kebenarannya belum teruji.

Gambar 3. Sosok Adib Khumaidi
Gambar 4. IDI pecat Terawan

Isu ini berkaitan erat dengan klaster isu yang tergabung dalam kategori “education”. Pasalnya pelanggaran yang dilakukan oleh dr Terawan adalah imbas pengumuman risetnya tentang “terapi cuci otak” untuk pengidap penyakit “stroke” dan “vaksin nusantara”. Terapi cuci otak adalah disertasi yang ia buat ketika mengambil program doktor di Universitas Hasanuddin Makassar.

IDI mensinyalir adanya tekanan terhadap dosen pembimbingnya untuk meloloskan riset disertasi tersebut. Alasan ini yang menjadi penguatan pemecatan hingga pencabutan izin praktik dr Terawan. Dari sini isu kembali melekat di kategori lain yakni “politic” dan “government”. Yakni untuk klaster isu seperti “Komisi IX DPR RI” dan “UU Praktik Kedokteran”.

Tekanan balik ke organisasi IDI mulai berdatangan. IDI mendapat undangan rapat dengar pendapat umum dengan Komisi IX DPR RI. Sejumlah anggota secara bergiliran mencecar IDI dengan sejumlah pertanyaan. Mulai dari rencana penyelesaian masalah dengan dr Terawan hingga transparansi iuran anggota. 

Gambar 5. DPR panggil IDI
Gambar 6. Anggota DPR serang IDI

Akan tetapi pernyataan paling menonjol dari komisi tersebut datang dari anggota DPR Fraksi Nasdem Irma Suryani Chaniago yang meminta IDI dibubarkan saja. Ia menduga adanya ketidakadilan dari IDI terhadap dr Terawan dan posisi IDI yang hanya organisasi profesi semata.

Pejabat legislatif juga memberi tekanan ke IDI melalui Menkumham Yasonna Laoly dan Menkopolhukam Mahfud MD. Yasonna meminta posisi IDI harus dievaluasi dan mengusulkan jika izin praktik dokter diserahkan ke pemerintah. Sedangkan Mahfud memberi testimoni bahwa perawatan terapi cuci otak dan vaksin nusantara milik dr Terawan bagus hasilnya.

Gambar 7. Tekanan dari Yasonna Laoly
Gambar 8. Testimoni Mahfud MD

Statistik Pemantauan Media Massa

Pemberitaan media massa masih cukup berimbang kala memberikan perspektif terkait ihwal dokter Terawan. Sejauh pemantauan Netray, ditemukan 506 berita ditulis dengan sudut pandang positif. Sedangkan 744 artikel lainnya membahas dr Terawan dengan sentimen negatif. Sentimen tersebut bisa diartikan bahwa beberapa artikel berusaha menyudutkan posisinya dengan menerima sikap IDI. Atau artikel-artikel lain justru berupaya memperbaiki citra sang dokter dengan mengakomodir testimoni dan pendapat sejumlah pejabat.

Gambar 9. Peak Time dan Sentiment Trend

Wacana ini mulai muncul pada tanggal 25 Maret 2022 malam hari, yakni saat IDI mengumumkan pemecatan dr Terawan Agus Putranto atas rekomendasi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK). Pemberitaan kemudian melonjak drastis keesokan harinya dan mencapai puncak pada tanggal 28 Maret 2022. Hingga akhir periode pemantauan, artikel yang mengandung kata kunci terawan masih cukup sering ditemukan.

Gambar 10. Media pengulas terbanyak

Warta Ekonomi menjadi media massa yang paling gencar memberitakan sosok mantan menteri kesehatan ini. Laman berita daring ini menerbitkan 156 artikel selama 2 minggu periode pemantauan. Di tempat kedua terdapat laman Suara yang menerbitkan 135 artikel. Laman Tribunnews menempati posisi ketiga karena menayangkan 109 berita selama periode pemantauan.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID.

Sawah di Yogyakarta Beralih Fungsi Terdesak Permukiman

Lahan sawah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus menyusut. Penyusutan ini terjadi akibat alih fungsi lahan sawah menjadi pertanian non sawah dan non pertanian seperti perumahan dan permukiman yang dari tahun ke tahun pertumbuhannya meningkat, menggerus persawahan.

Luas baku lahan sawah DIY pada 2019 berdasarkan data Pemerintah Pusat memang mengalami kenaikan setelah dilakukan verifikasi. Namun penyusutan sawah tetap menjadi ancaman, sebab data menunjukkan alih fungsi sawah di DIY konsisten terjadi ratusan bahkan ribuan hektar per tahun dan lahan permukiman selalu meningkat.

Berdasarkan laporan statistik Kementerian Pertanian, luas baku sawah DIY pada 2018 adalah 75.990 hektare kemudian pada 2019 meningkat jadi 76.273 hektare. Angka itu didapat setelah dilakukan verifikasi dan perubahan metode pengukuran.

Namun jika dilihat dalam kurun waktu 10–15 tahun sebelumnya, luasan baku sawah pada dua tahun itu menjadi anomali karena luas sawah di DIY selalu di bawah 60 ribu hektare. Rata-rata luas sawah DIY kurun waktu 2005–2017 hanya 54.912 hektare dan menunjukkan adanya penyusutan yakni pada 2005 seluas 57.188 hektare di 2017 menyusut jadi 51.343 hektare.

Sawah yang terus menyusut itu berubah fungsi. Data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY selama 5 tahun pada periode 2014–2018 menunjukkan alih fungsi lahan sawah menjadi pertanian non sawah rata-rata 333,6 hektare per tahun. Sedangkan alih fungsi lahan sawah menjadi non pertanian jauh lebih besar, rata-rata per tahun 1.762,6 hektare.

Salah satu alih fungsi lahan sawah yang lazim terjadi adalah menjadi lahan perumahan dan permukiman. Setidaknya jika dilihat berdasarkan data, alih fungsi lahan sawah sejalan dengan meningkatnya luas lahan perumahan dan permukiman.

Data Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY menunjukkan pada 2016 luas lahan perumahan dan permukiman 86.052 hektare kemudian pada 2020 menjadi 90.640 hektare atau meningkat sebesar 4.588 hektare dalam kurun 5 tahun.

Rohani Budi Prihatin (2015) dalam penelitiannya berjudul “Alih Fungsi Lahan di Perkotaan” yang menjadikan Kota Yogyakarta sebagai salah satu studi kasus menyebut, alih fungsi sawah terjadi seiring meningkatnya kebutuhan lahan perumahan dan permukiman akibat dari pertambahan penduduk. Kota Yogyakarta disebut salah satu kota besar yang haus akan permintaan lahan permukiman sekaligus jasa, yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan Sensus 2020, jumlah penduduk DIY mencapai 3.668.719 orang. Angka itu meningkat dari Sensus Penduduk 2010 yang tercatat 3.457.491 orang. Jika dilihat per tahun selama 2010–2020, maka laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,58 persen. Sedangkan jika dilihat berdasarkan tingkat kepadatan, DIY yang memiliki luas wilayah daratan seluas 3.133,15 kilometer persegi, maka kepadatan penduduk sebanyak 1.171 orang per kilometer persegi.

Angka tersebut meningkat dari hasil 2010 yang sebesar 1.104 orang per kilometer persegi. Artinya setiap 1 kilometer terdapat 1.171 orang atau setiap 852 meter ditinggali 1 orang. Sehingga kebutuhan lahan perumahan dan permukiman kian meningkat dari tahun ke tahun.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY mencatat peningkatan permintaan atau kebutuhan rumah selama 5 tahun mencapai 148,012 unit. Apabila pada 2016 kebutuhan rumah 166.963 unit, pada 2020 melonjak hampir 2 kali lipat yakni 314.975 unit.

Alih Fungsi Lahan di Kabupaten/Kota

Jika dilihat, perubahan lahan alih fungsi lahan terjadi secara umum di setiap kabupaten/kota. Pada periode 2017–2021, Kabupaten Kulonprogo mengalami alih fungsi lahan tertinggi seluas ​​749 hektare, atau rata-rata alih fungsi lahan 149,8 hektare per tahun.

Namun, tingginya rata-rata itu diakibatkan adanya anomali angka yang sangat tinggi pada 2018 saat alih fungsi lahan besar-besaran digunakan untuk proyek pembangunan Yogyakarta International Airport. Pada tahun tersebut alih fungsi lahan baik lahan pertanian atau permukiman mencapai 696,89 hektare. Namun bila dilihat pada tahun-tahun lainnya alih fungsi lahan hanya sekitar 4,9 sampai 20 hektare per tahun.

Berbeda dengan Kulonprogo, kabupaten lain di DIY pada periode yang sama mengalami alih fungsi lahan dengan fluktuasi yang tidak terpaut jauh. Di Kabupaten Sleman misalnya mengalami alih fungsi lahan tertinggi kedua dengan total 350,3 hektare atau 70 hektare per tahun; Gunungkidul 300 hektare dengan rata-rata 60 hektare per tahun, Bantul 217,8 hektare atau rata-rata 43,5 hektare per tahun, dan yang paling minim adalah Kota Yogyakarta dengan alih fungsi 9,6 hektare atau rata-rata 1,93 hektare per tahun.

Kabupaten Sleman patut jadi sorotan, sebab berdasarkan rencana tata ruang, sebetulnya memiliki kawasan pertanian yang tak lebih luas dari Gunungkidul. Namun memang ada sejumlah faktor yang membuat tingkat alih fungsi lahan di Sleman begitu pesat.

Berdasarkan data Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, perubahan penggunaan sawah menjadi lahan pertanian bukan sawah dalam kurun waktu tiga tahun hampir selalu meningkat. Pada 2018 alih fungsi seluas 19.827 hektare, meningkat jadi 19.913 hektare pada 2019. Namun pada 2020 dan 2021 berdasarkan data sementara luasnya alih fungsi tetap di angka 19.913 hektare.

Begitu pula alih fungsi lahan sawah menjadi non pertanian di Sleman juga cukup masif. Pada 2018 terjadi alih fungsi 19.518 hektare sawah, lalu sempat turun pada 2019 menjadi 19.432 hektare, namun berdasarkan data sementara 2020 meningkat lagi jadi 19.913 hektare.

Tingginya alih fungsi lahan di Sleman khususnya lahan persawahan berdasarkan penelitian Annisa Titias Habibatussolikhah dkk. 2016, berjudul “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Alih Fungsi Lahan Sawah ke Non Sawah di Kabupaten Sleman DIY” disebabkan oleh 5 faktor, yakni jumlah penduduk, jumlah industri, jumlah residensial, panjang jalan dan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB).

Dalam penelitiannya, Annisa dkk. menemukan bahwa jumlah penduduk berpengaruh nyata terhadap perubahan luas lahan sawah di Sleman. Berdasarkan perhitungan, setiap penambahan jumlah penduduk sebesar 1 persen akan mengurangi luas lahan sawah sebesar 0,1%.

Selain itu jumlah residensial atau permukiman dan PDRB juga berpengaruh nyata terhadap menyusutnya lahan di Sleman. Berdasarkan perhitungan, setiap penambahan jumlah residensial sebesar 1 persen, luas lahan sawah akan berkurang sebesar 0,573 persen. Sedangkan peningkatan PDRB sebesar 1 persen akan mengurangi luas lahan sawah sebesar 0,795 persen.

Tak Sesuai Rencana Tata Ruang

Berdasarkan rencana tata ruang yang dikeluarkan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, pada 2020 ditetapkan kawasan permukiman hanya 87.227 hektare. Sementara realitanya luas lahan perumahan dan permukiman mencapai 90.640 hektare pada 2020.

Sementara itu rencana tata ruang untuk kawasan pertanian termasuk lahan sawah di dalamnya pada 2020 seluas 172.748 hektare. Angka itu jadi yang paling luas dari pada kawasan atau sektor lain. Namun berdasarkan data Badan Pertanahan Nasional, luas lahan pertanian di DIY jauh dari rencana tata ruang.

Pada 2017 dan 2018 lahan pertanian di DIY hanya 94.462,8 hektare, pada 2019 malah lebih sedikit yakni 69.295 hektare. Tahun 2020 memang mengalami kenaikan yakni 95.575,9 hektare. Tetapi angka itu pun masih jauh dari dari rencana tata ruang kawasan pertanian seluas 172.748 hektare atau masih kurang 77.172 hektare.

Lebih detail lagi, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) DIY Nomor 5 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019–2039, kawasan pertanian seluas 172.748 hektare itu dibagi menjadi dua yakni kawasan budi daya tanaman pangan seluas 151.235,9 hektare dan kawasan budi daya perkebunan seluas 21.467 hektare.

Diedit oleh Winda Trilatifah

​​

Rating Google Acara Insert Anjlok Diserang ARMY Buntut Senggol Member BTS

Berburu sensasi dari para selebritas atau public figure adalah ciri khas media infotainment. Tentu saja banyak yang tidak suka dengan perilaku media seperti ini karena kerap mengaburkan fakta atau membesar-besarkannya. Situasi ini yang dialami acara infotainment Insert dari jaringan Transvision kala membuat berita tentang boyband BTS, tepatnya tentang salah satu personelnya yakni Kim Tae Hyung atau yang populer dengan nama V.

Insert mau tak mau harus berhadapan dengan fans BTS, yakni ARMY, yang menilai program tersebut melakukan pelanggaran privasi ketika menampilkan foto V pada ajang Grammy beberapa waktu yang lau. Tak terima dengan apa yang dilakukan Insert ARMY pun melancarkan serangan dengan menurunkan rating acara tersebut bahkan menjadi 1% di Google.

Agar mendapat gambaran yang lebih utuh, Netray memantau perbincangan warganet terkait topik ini dengan menggunakan beberapa kata kunci seperti, army && insert, bts && insert, insert, insert && udah 1, dan udah 1. Berikut temuan Netray.

Gambar 1. Infografik perbincangan warganet topik ARMY vs Insert

Berdasarkan pantauan Netray sejak 31 Maret 2022 sampai dengan 06 April 2022 topik ini telah memunculkan 27.1 ribu cuitan dengan didominasi bersentiment negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 223.1 juta dengan potensi menjangkau 23.3 juta akun pengguna Twitter.

BTS
Gambar 2. Kosakata populer

Melalui Top Words terlihat beberapa kosakata yang banyak digunakan warganet dalam perbincangan terkait ARMY dan Insert. Antara lain seperti privasi, grammy, ngerokok, kode etik, dan beberapa kosakata lainnya. Pelanggaran privasi seperti yang dimaksudkan di awal tulisan tadi adalah Insert menayangkan sebuah foto Taehyung yang sedang merokok.

ARMY Indonesia memergokinya lantas menghakimi pemberitaan Insert sebagai sebuah tindakan yang ilegal. Berhadapan dengan jumlah ARMY yang cukup masif di Indonesia, sontak membuat Insert menjadi trending topic Twitter.

Lindungi BTS ARMY Berhasil Membuat Anjlok Rating Insert

Gambar 3. Peak Time
Gambar 4. Sentiment trend

Tampak melalui laju perbincangan warganet topik terkait ARMY dan Insert mulai mencuat sejak 04 April 2022. Perbincangan tersebut pun semakin meningkat secara signifikan pada 05 April hingga mencapai puncaknya pada tanggal 06 April 2022 yang lalu. Trend sentimen negatif jauh mengungguli sentimen yang lain seperti yang terlihat di Gambar 4.

Gambar 5. Top Accounts populer
Gambar 6. Cuitan akun paling populer

Pada kategori Top Accounts dapat ditemukan akun paling populer dalam perbincangan seputar ARMY dan Insert. Tampak pada Gambar 5 akun @sinanaorangkaya menempati urutan teratas kategori akun paling populer pada topik ini. Melalui akunnya ia mengungkapkan opininya terkait serangan ARMY pada Insert dan meminta Insert untuk tidak lagi mengurus perihal Kpop. Menurutnya ada banyak perbedaan ranah privasi antara artis Indo dan artis luar. Hal tersebut pun tidak bisa disamakan.

Gambar 7. Cuitan warganet

Dengan berhasil membuat anjlok rating acara infotainment tersebut sebagian warganet pun merasa salut dengan kekompakan ARMY. Menurut mereka ARMY sangat berani untuk melawan dan memberi peringatan media sekelas Insert yang tcukup populer di Tanah Air. Pihak Insert tentu tidak tak tinggal diam mendapati rating acara mereka diserang ARMY.

Gambar 8. Cuitan warganet merespon rilis resmi Insert

Insert pun mengambil langkah dengan merilis keterangan secara resmi terkait apa yang mereka tayangkan. Mereka merasa telah memenuhi kode etik jurnalistik. Pihak Insert menilai postingan mereka terkait V BTS di acara Grammy Awards tersebut sesuai dengan fakta di lapangan.

Gambar 9. Cuitan warganet merespon rilis resmi Insert

Meski telah membuat rilis resmi, ARMY menilai apa yang dilakukan oleh Insert tetap merupakan tindakan ilegal. Terlebih Insert tidak berada langsung dilapangan dan diketahui foto tersebut berasal dari sasaeng yang artinya penguntit. Menurut ARMY Insert tetap melakukan pelanggaran privasi.

Gambar 10. Jaringan percakapan warganet

Selain menjadi akun paling populer @sinanaorangkaya menjadi akun yang paling banyak ditandai oleh warganet dalam perbincangan ini. Selain itu, tampak juga akun @AREAJULID yang terlibat dalam perbincangan warganet seputar ARMY dan Inssert.

Berhadapan dengan fandom terkuat milik BTS tentu bukan hal yang mudah. Terlebih ARMY dan BTS memang seperti tentara militer dan baju besi anti peluru yang berarti keduanya akan selalu bersama. Tentu ARMY memiliki peranan penting dalam menjaga nama baik BTS dan mendukung BTS hingga menjadi salah satu grup KPOP legendaris.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID.

Editor: Ananditya Paradhi

Pro Kontra Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik

Pemerintah resmi menetapkan vaksin booster atau dosis tiga sebagai syarat mudik lebaran 2022. Pemerintah menyampaikan keamanan sebagai alasan utama dari ditetapkannya aturan tersebut. Namun hal ini justru memicu beragam tanggapan dari warganet yang terekam dalam kelompok pro dan kontra.

Sebagaimana diketahui lebaran Idul Fitri menjadi momen besar bagi masyarakat Indonesia. Mudik menjadi salah satu budaya yang erat dengan lebaran Idul Fitri. Tak heran memasuki bulan Ramadhan topik ini pun mulai ramai diperbincangkan.

Netray memantau terkait perbincangan ini sejak 18 Maret 2022 sampai dengan 04 April 2022. Kata kunci yang digunakan adalah mudik lebaran && syarat, booster && mudik, dan dosis 3 && mudik.

Gambar 1. Infografik perbincangan warganet

Melalui monitoring Netray tampak jumlah perbincangan warganet terkait topik ini mencapai 23,5 ribu dengan dominasi bersentimen positif. Adapun jumlah impresi sebesar 8 juta yang berpotensi menjangkau 151,2 juta akun pengguna Twitter.

Polemik Syarat Vaksin Booster Memicu Perang Tagar Warganet

Polemik syarat vaksin booster memicu berbagai respon dari warganet. Bahkan sebagian dari mereka melayangkan tagar sebagai bentuk penolakan. Seperti apakah tagar populer dan kosakata populer yang ramai digunakan oleh warganet?

Melalui kosakata populer di bawah, tampak beberapa tagar yang digunakan warganet dalam membahas persoalan ini. Tak hanya itu, implikasi pro dan kontra juga tampak melekat pada beberapa tagar yang digunakan warganet tersebut, seperti vaksintidakbatalkanpuasa, vaksinboostermudiklancar, dan tolakboostersyaratmudik.

vaksin booster
Gambar 2. Kosakata populer

Menariknya, selain tagar yang digunakan oleh warganet tersebut juga tampak beberapa kosakata seperti motogp dan mandalika. Mengapa kedua kosakata tersebut memiliki kaitan dengan topik ini?

Berdasarkan hasil penelusuran Netray tampak kosakata tersebut digunakan dalam opini warganet yang membandingkan penetapan aturan gelaran Moto GP beberapa waktu lalu dan saat jelang mudik. Warganet menggaris bawahi pelonggaran aturan ketika Moto GP, seperti tidak adanya syarat tes Antigen/PCR dan vaksin booster. Sedangkan kini saat jelang mudik, pemerintah menetapkan aturan baru yakni pemudik wajib melakukan vaksin booster.

Gambar 3. Cuitan warganet terkait vaksisn booster dan Moto GP Mandalika

Merespon gelombang penolakan dari warganet, Joko Widodo pun turut ambil suara melalui akun Twitter miliknya. Ia meminta warganet untuk tidak membandingkan Moto GP dengan mudik lebaran. Menurutnya, ada perbedaan jumlah yang signifikan sehingga pemerintah harus mengambil langkah secara hati-hati.

Gambar 4. Respon Joko Widodo terkait pro dan kontra warganet

Jumlah masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik menurut Jokowi mencapai 79 juta orang. Hal ini membuat pemerintah mewajibkan vaksinasi lengkap dan booster sebelum melakukan perjalanan.

Sementara melalui grafik pada Gambar 5 di atas tampak laju perbincangan warganet yang mulai ramai sejak Maret lalu. Bahkan terlihat sejak sebelum memasuki bulan Ramadhan. Perbincangan tersebut pun tampak terus meningkat secara signifikan hingga 04 April 2022.

Gambar 5. Grafik perbincangan warganet

Melalui tagar #VaksinBoosterMudikLancar terlihat opini positif warganet yang mendukung aturan vaksin booster jadi syarat mudik. Warganet menilai aturan ini ditetapkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk melindungi para pelaku perjalanan mudik.

Gambar 6. Cuitan warganet dengan tagar #VaksinBoosterMudikLancar

Sedangkan tagar #TolakBoosterSyaratMudik memperlihatkan penolakan warganet terkait penetapan vaksin booster sebagai syarat mudik 2022. Warganet menilai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah ini tidak tepat. Seperti halnya pada kosa kata populer, sebagian warganet yang menolak aturan ini membandingkan dengan gelaran Moto GP beberapa waktu lalu.

Gambar 7. Cuitan warganet dengan tagar #TolakBoosterSyaratMudik

Berdasarkan kategori Top Accounts, akun @jokowi menjadi akun paling populer dalam perbincangan warganet terkait topik vaksin booster. Kemudian pada kategori Top Complaints tampak beberapa keluhan warganet terkait topik ini, seperti bikin rakyat susah, konyol, dan tidak konsisten.

Ditetapkannya vaksin booster sebagai salah satu syarat mudik 2022 meraih berbagai respon warganet. Pro dan kontra tentu tidak dapat dihindari hingga terjadinya perang tagar oleh kedua kubu. Warganet yang setuju menilai hal ini dilakukan guna melindungi para pelaku perjalanan mudik. Sementara warganet yang menolak menganggap aturan ini tidak adil jika dibandingkan dengan aturan yang ditetapkan semasa Moto GP berlangsung.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID

Diedit oleh Winda Trilatifah

Spot Berburu Takjil Gratis ala Warganet Yogyakarta

Menambah pahala dan amal saleh adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari bulan Ramadan. Tak hanya melalui ibadah wajib, momen ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk menebar kebaikan dengan ibadah berbagi dengan sesama. Salah satu kegiatan berbagi yang sering kali ditemui ketika bulan puasa ialah berbagi takjil dan makanan berbuka puasa secara gratis.

Pembagian takjil gratis dan makanan berbuka puasa banyak dilakukan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Kali ini Netray mencoba melakukan pemantauan terkait kegiatan tersebut di daerah Yogyakarta. Daerah mana saja di Yogyakarta yang paling banyak didatangi masyarakat untuk berburu takjil dan makanan berbuka puasa gratis?

takjil
Gambar 1. Top Word Takjil Gratis

Sejak pertama kali masyarakat menunaikan puasa di awal bulan, sudah banyak masjid-masjid di daerah Yogyakarta yang membagikan makanan berbuka puasa secara gratis. Dengan memasukan kata kunci berupa takjil gratis && jogja && takjil, muncul beberapa lokasi yang paling banyak sering didatangi masyarakat untuk berburu takjil gratis. Dari grafik Top Word, terdapat sejumlah nama daerah di Yogyakarta yakni Seturan, Condong Catur. Seperti apa keramaian warganet memperbincangkan daerah-daerah berburu takjil gratis tersebut?

Gambar 2. Perbincangan Takjil Gratis

Selama sepekan pemantaun dengan periode 29 Maret-4 April 2022, topik seputar kegiatan berbuka dan takjil gratis diperbincangkan warganet sebanyak 553 twit. Mayoritas pemberitaan didominasi oleh sentimen netral dengan capaian impresi sebesar 4,2 juta kali. 

Perbincangan pertama kali dimulai oleh akun @Finagstn  yang menuliskan daftar masjid-masjid di Yogyakarta yang memberikan takjil dan makanan buka puasa gratis. Akun tersebut mengurutkan nama-nama lokasi beserta daftar menu setiap harinya dalam sebuah utas.

Twit pada gambar 3 berisi daftar masjid yang menyajikan takjil ataupun menu buka puasa secara gratis. Twit yang menyusun sebuah utas ini memperoleh impresi berupa like sebanyak 8,700, retweet 2,528, dan 573 komentar. Kolom komentarnya didominasi oleh warganet yang tengah merantau di Yogya ataupun kangen ketika berada di Yogya. 

Berikut adalah daftar nama masjid yang selama bulan ramadan selalu berbagi takjil dan makanan berbuka puasa gratis di Yogyakarta seperti yang dibagikan dalam utas milik @Finagstn.

  1. Masjid Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia.
  2. Masjid Nurul Ashri, Universitas Negeri Yogyakarta
  3. Masjid Kampus, Universitas Gadjah Mada
  4. Masjid Jogokariyan
  5. Masjid Pogung Raya, Sinduadi, Mlati
  6. Masjid Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  7. Masjid Universitas Ahmad Dahlan
  8. Masjid Suciati Saliman, Gito Gati

Keberadaan lima buah masjid kampus besar dari delapan daftar masjid di Yogyakarta di atas memiliki alasan tersendiri. Yakni fokus kegiatan berbagi yang pada dasarnya menyasar anak rantau yang tengah menempuh pendidikan di antara 4 kampus tersebut. Tentu saja tidak bisa dikesampingkan bahwa kegiatan berbagi ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Yogyakarta.

Gambar 4. Fasilitas Topik Berburu Takjil Gratis

Berdasarkan top fasilitas yang dirangkum oleh Netray, masjid FBE UII menjadi lokasi masjid yang paling sering disebut seputar topik. Melalui kata kunci yang telah dimasukkan, masjid FBE UII menempati urutan pertama top fasilitas karena pada twit utas yang dibagikan oleh akun @Finagstn, masjid FBE UII ini ditulis pada urutan pertama. 

Masjid Jogokariyan, Primadona Warganet untuk Berburu Takjil

Meskipun masjid FBE UII banyak mendapat impresi berupa retweet oleh warganet, tetapi eksistensi perbincangan tidak terlalu tinggi. Dari daftar masjid yang telah dipaparkan di atas, masjid Jogokariyan justru menjadi masjid yang banyak diperbincangkan oleh warganet. Masjid yang berada di kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta ini merupakan masjid bersejarah di wilayah Yogyakarta.

Terkenal dengan cara pembagian takjil yang unik yakni menggunakan piring terbang, masjid Jogokariyan juga membagikan menu berbuka puasa yang bervariasi setiap harinya. Selain penyajiannya yang unik, menu makanannya pun enak dan tempatnya juga bersih sehingga masyarakat merasa nyaman. 

Karena sering mengadakan acara berbagi takjil dan buka puasa gratis, masjid-masjid di Yogyakarta menuai impresi positif dari masyarakat luar Yogya yang pernah merantau ataupun menetap sementara di Yogyakarta. Pembagian takjil gratis memberi warna dan suasana yang berbeda pada ramadan di Yogyakarta. 

Suasana seperti itu yang membuat masyarakat rantau merasakan kangen dan ingin kembali di Yogyakarta. Kesan positif juga diungkapkan oleh akun @amiprdpt yang merasa sangat terbantu oleh kegiatan berbagi takjil dan buka puasa gratis oleh masjid-masjid tersebut ketika menjalankan ibadah puasa di Yogyakarta. 

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID .

Editor : Ananditya Paradhi

Angka Harapan Hidup Tinggi, Yogyakarta Peringkat 2 Penderita Gangguan Jiwa Terbanyak

0

Yogyakarta memiliki angka harapan hidup tertinggi di Indonesia dengan rata-rata perkiraan capaian usia hingga 75,04 tahun. Namun ternyata di sisi lain, situasi kesehatan jiwa di Yogyakarta tergolong buruk dengan jumlah penderita gangguan jiwa terbanyak kedua setelah Bali. Sebanyak 10,4% rumah tangga di Yogyakarta memiliki anggota rumah tangga dengan gangguan jiwa skizofrenia/psikosis.

Ironisnya dengan persentase tersebut indikator cakupan kabupaten/kota dengan puskesmas yang menyelenggarakan upaya kesehatan jiwa di Yogyakarta tercatat 0,0%. Hal ini menunjukkan meski memiliki angka harapan hidup yang tinggi Yogyakarta masih tak bisa lepas dari gangguan kesehatan jiwa yang angkanya terus meningkat.

Berdasarkan data BPS pada tahun 2021 Yogyakarta menempati urutan pertama provinsi dengan Angka Harapan Hidup (AHH) tertinggi di Indonesia. AHH merupakan rata-rata perkiraan banyak tahun yang dapat ditempuh oleh seseorang sejak lahir. BPS mencatat penduduk Yogyakarta memiliki AHH mencapai 75,04 tahun pada 2021. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata AHH nasional yang mencapai 71,57 tahun.

Sementara itu, berdasarkan indeks kebahagiaan yang dibagikan BPS, Yogyakarta menempati urutan ke 21 dari total 34 provinsi yang ada di Indonesia dengan perolehan poin 71,73. Yogyakarta masuk 15 terbawah bersama Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Jawa Barat yang pada perhitungan AHH keempat provinsi tersebut masuk 5 teratas. Meski demikian, Yogyakarta masih konsisten memimpin apabila dibanding ketiga provinsi tersebut.

Menurut BPS setidaknya terdapat 10 aspek kehidupan yang esensial dan secara substansi merefleksikan tingkat kebahagiaan. Di antaranya kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan, dan kondisi keamanan.

Selain dapat memberikan gambaran terkait derajat kesehatan suatu masyarakat, AHH dan indeks kebahagiaan juga merupakan salah satu indikator yang menunjukkan perbaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Baik AHH maupun indeks kebahagiaan menggunakan kesehatan sebagai salah satu indikator penentu.

Kenapa AHH Yogyakarta Tinggi, Tapi Indeks Kebahagiaan Rendah?

Banyak hal yang melatarbelakangi angka harapan hidup di suatu daerah pada posisi tinggi atau rendah. Dikutip melalui laman Repository Universitas Jember keberhasilan program kesehatan dan pembangunan sosial ekonomi menjadi salah satu faktornya. Demikian halnya indeks kebahagiaan yang menjadikan kesehatan sebagai salah satu faktor penentu.

Berdasarkan catatan Kemenkes, setidaknya terdapat 24 indikator kesehatan yang digunakan dalam indeks pembangunan kesehatan masyarakat dan berkorelasi terhadap AHH. Salah satu indikator tersebut yaitu prevalensi gangguan mental.

Meski angka harapan hidup di Yogyakarta paling tinggi, ternyata Yogyakarta memiliki catatan buruk terkait gangguan kesehatan mental masyarakatnya. Berdasarkan data Pusdatin Kemenkes RI, Yogyakarta menempati urutan kedua sebagai wilayah dengan penderita gangguan jiwa tertinggi di Indonesia setelah Bali.

Menurut laporan Riskesdas selama 5 tahun terakhir (2014–2018), angka gangguan jiwa berat mengalami kenaikan cukup tinggi di wilayah D.I Yogyakarta. Hasil Riskesdas tahun 2013 menunjukkan angka gangguan jiwa berat di DIY masih 2,3 per mil. Sementara pada 2018, angka gangguan jiwa di Yogyakarta menjadi 10,4 per mil.

Dilansir melalui laman Kompas jumlah tertinggi penderita gangguan jiwa berat berada di Kabupaten Kulonprogo sebanyak 4,67 persen, Kabupaten Bantul 4 persen dan kota Yogyakarta 2,14 persen, Kabupaten Gunungkidul 2,05 persen. Sedangkan jumlah terendah ada di kabupaten Sleman 1,52 persen.

Skizofrenia merupakan salah satu penyakit mental yang tergolong gangguan jiwa berat. Menurut studi terbaru Universitas Oxford, penyakit mental yang berat bisa lebih banyak mengurangi harapan hidup seseorang hingga 20 tahun dibandingkan dengan perokok berat yang berpotensi mengurangi angka harapan hidup hingga 10 tahun. Artinya, gangguan jiwa merupakan permasalahan yang membutuhkan penanganan serius.

Situasi Penanganan Gangguan Jiwa di Yogyakarta

Dilansir melalui Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Poli Jiwa Rumah Sakit Jiwa Grhasia DIY pada bulan Januari 2018 sampai bulan Maret 2018, penderita gangguan jiwa yang melakukan rawat jalan sebanyak 5.289 orang.

Dari jumlah tersebut, paling tinggi datang dari Sleman dan Bantul dengan rincian 2.751 dari Sleman, 1.012 warga Bantul, 850 warga Kota Yogyakarta, 273 warga Kulon Progo, dan 183 warga Gunung Kidul. Jika menilik capaian kasus gangguan jiwa di tiap wilayah, Kulon Progo yang memiliki persentase tertinggi justru memiliki catatan warga dirawat di Rumah Sakit Jiwa terendah kedua setelah Gunung Kidul.

Artinya, angka penderita gangguan jiwa tidak berbanding lurus dengan jumlah penderita yang mendapat perwatan. Jika ditelisik lagi, 3 besar pasien gangguan jiwa yang melakukan rawat jalan di Grhasia DIY berada lebih dekat dengan pusat kota Yogyakarta.

Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental Insan mencatat WFMH sebagai bagian dari WHO, menyatakan bahwa kasus skizofrenia tidak dapat lagi dilihat secara individual, namun harus diintervensi dalam skala makro/sistem. Dalam hal ini, sayangnya fasilitas kesehatan yang berupaya menangani persoalan gangguan jiwa belum dapat diakses oleh masyarakat secara menyeluruh.

Dikutip melalui laman Kemenkes, kesenjangan pengobatan (treatment gap) antara masyarakat yang membutuhkan layanan dan yang mendapatkan layanan kesehatan jiwa di negara-negara berkembang termasuk Indonesia sangat besar yaitu lebih dari 90%. Hal ini berarti bahwa hanya kurang dari 10% pasien gangguan jiwa mendapatkan pengobatan. Kesenjangan pengobatan tersebut antara lain disebabkan adanya hambatan dalam akses layanan kesehatan jiwa.

Dari 34 provinsi di Indonesia setidaknya terdapat 11 provinsi dengan cakupan puskesmas yang menyelenggarakan upaya kesehatan jiwa. Ironisnya, Yogyakarta yang memiliki persentase penderita gangguan jiwa tertinggi kedua setelah Bali, justru tidak memiliki puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan Jiwa.

Padahal puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat yang memiliki peran penting. Puskesmas diharapkan berperan dalam penyediaan layanan kesehatan jiwa yang terpadu dengan pelayanan kesehatan umum. Penyediaan layanan kesehatan jiwa dasar di puskesmas harus tetap dijalankan untuk memenuhi hak dan kebutuhan masyarakat.

Kemenkes mengungkapkan meski sebagian kasus tersebut dapat ditangani di pelayanan kesehatan primer, layanan kesehatan jiwa yang terintegrasi di puskesmas merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa (Pasal 34). Undang-Undang ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan tugas negara untuk menghargai, melindungi dan memenuhi hak masyarakat di bidang kesehatan jiwa.

Belum menyeluruhnya faskes yang melayani kesehatan jiwa masyarakat juga menjadi penyebab terjadinya peningkatan gangguan jiwa di masyarakat. Hal ini senada dengan pernyataan Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grhasia Etty Kumolowati yang dikutip melalui laman Republika. Ia mengatakan adanya peningkatan signifikan terkait kasus gangguan jiwa berat di Yogyakarta yang ditangani dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, menurut data yang ia amati tren usia penderita gangguan jiwa ini semakin muda.

Faktor Penyebab Tingginya Penderita Gangguan Jiwa di Yogyakarta

Tingginya prevalensi gangguan jiwa berat di Yogyakarta disebabkan oleh berbagai faktor, seperti biologis, psikologis, dan sosial. Dinkes Yogyakarta mengungkap beberapa faktor pemicu masalah gangguan jiwa di DIY, seperti tekanan hidup yang cukup berat, pendidikan anak, media sosial hingga berbagai gim yang secara mudah dapat diakses oleh masyarakat.

Sementara itu, Jurnal Insan Psikologi dan Kesehatan Mental menyatakan bahwa mayoritas gangguan jiwa berat di Yogyakarta disebabkan oleh faktor kesulitan ekonomi. Data BPS menunjukkan, proporsi penduduk miskin di DIY pada bulan September 2021 mencapai 11,91 persen. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan provinsi lainnya di pulau Jawa.

Republika mencatat hubungan antara kemiskinan dan skizofrenia menjadi saling timbal balik. Tak hanya fasilitas kesehatan, pasien gangguan jiwa membutuhkan pembiayaan untuk rehabilitasi agar mereka mampu kembali menjalankan fungsi ekonomi.

Selain faktor ekonomi, menurut data Pusdatin Kemenkes penderita penyakit kronis juga menjadi salah satu kelompok berisiko tinggi mengidap gangguan kesehatan mental. Sebagaimana dilansir melalui laman dinkes.jogjaprov.go.id, peningkatan status ekonomi, perubahan gaya hidup, dan efek modernisasi menyebabkan prevalensi penyakit tidak menular mengalami peningkatan pada beberapa tahun terakhir di Yogyakarta.

Hal ini perlu diantisipasi, mengingat dalam artikel milik Kemenkes WHO mengestimasikan depresi akan menjadi peringkat ke-2 penyebab beban akibat penyakit di dunia (global) setelah jantung pada tahun 2020, dan menjadi peringkat pertama pada tahun 2030.

Kesehatan jiwa menjadi persoalan yang akan berdampak luas terhadap seluruh aspek pembangunan di Yogyakarta. Tak hanya itu, dalam hal pengobatannya pun dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Itulah sebabnya, diperlukan penanganan kesehatan jiwa secara lebih serius oleh pemerintah Yogyakarta dengan mempertimbangkan sejumlah faktor penyebab tingginya penderita gangguan jiwa yang menjadi akar masalahnya.

Diedit oleh Winda Trilatifah

Ragam Respon Warganet Tanggapi Kenaikan Harga Pertamax

Isu kenaikan harga BBM Pertamax kini bukan hanya isapan jempol belaka. Melalui laman resminya, per tanggal 1 April 2022 PT Pertamina (Persero) telah menetapkan harga terbaru BBM Non Subsidi Gasoline RON 92 dengan menyesuaikan harganya menjadi Rp 12.500 per liter (untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor /PBBKB 5%), dari harga sebelumnya Rp 9.000 per liter.

Meski berita ini bukan satu-satunya berita naiknya suatu komoditas, namun kenaikan harga pertamax masih saja menyedot perhatian publik, terutama warganet. Selama periode pemantauan Netray dalam kurun waktu 26 Maret- 1 April pukul 12.00 WIB, perbincangan warganet tentang kata kunci bbm && naik dan pertamax sudah muncul sejak awal periode pemantauan dan memuncak dengan total twit sebanyak 22.019 di tanggal 31 Maret.

Puncak perbincangan yang terjadi H-1 kenaikan diselubungi oleh perbincangan bersentimen negatif dari warganet. Berbagai keluhan hingga sindiran ditemukan dalam topik ini sejak awal perbincangan meningkat pada tanggal 29 Maret 2022. Atau lebih tepatnya sindiran ini berupa satir seperti twit yang diunggah akun @Walskee dan komika @adjisdoaibu. Mereka membuat lelucon tentang kenaikan harga pertamax yang dengan sendirinya memantik perbincangan khalayak umum.

Banjir Komplain Warganet

Dengan kata kunci dan periode seperti yang disebutkan di atas, topik kenaikan harga pertamax ini memiliki total twit sebanyak lebih dari 45 ribu dengan capaian impresi sebanyak 84 juta. Dari sekian puluh ribu twit, 65% di antaranya ialah perbincangan dengan sentimen negatif.

Komplain dan keluhan terkait kenaikan pertamax memang menjadi poin utama dalam topik ini. Namun, kenaikan beberapa komoditas yang terjadi di akhir-akhir ini juga menjadi sasaran warganet untuk menyampaikan keluh kesah mereka.

Figur PDIP Jadi Sasaran Satir

Yang menarik dari pemantauan ini adalah kemunculan sejumlah figur utama PDIP dalam perbincangan warganet. Bahkan salah satu twit terang-terangan menyebut nama Megawati sebagai bahan sindiran. Dalam twit tersebut, akun @haejanie seolah membuat kutipan pernyataan Megawati yang merasa heran dengan berita kenaikan pertamax dengan menyindir rakyatnya yang seakan-seakan hobi jalan-jalan dan keluyuran. Akun ini juga pernah viral karena menyebut nama Ketum PDIP saat mengomentari keaikan harga minyak goreng.

Komentar kontroversial dari Megawati menjadi bomerang bagi citra partai di saat beberapa harga komoditas lain ikut-ikutan naik, tak terkecuali pertamax saat ini. Tak berhenti di sini, warganet pun bahkan mengungkit cerita lawas saat politisi PDIP ini bahkan menangis dikala harga BBM naik era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Atas kejadian tersebut, kini warganet kembali mempertanyakan keprihatian politisi tersebut yang mana di era kepemimpinan partainya justru berbagai bahan komoditas merangkak naik secara bersamaan.

Warganet Dukung Kenaikan Pertamax

Namun dibalik banjir komplain dan sindiran, beberapa warganet justru merasa kenaikan pertamax ini wajar adanya. Perbincangan ini lah yang menyumbang sentimen positif pada topik ini.

Mereka menilai kenaikan bbm jenis ini merupakan hal yang wajar mengingat pertamax bukanlah bbm subsidi. Sehingga konsumen pertamax yang merupakan masyarakat menengah ke atas diharapkan mampu menerima hal tersebut.

Selain itu, kualitas pertamax yang dinilai lebih bagus dibandingkan dengan bbm lainnya juga menjadi pertimbangan warganet yang menyetujui kenaikan harga tersebut.

Kenaikan harga sejumlah komoditas, terutama menjelang ramadhan dan lebaran sepertinya bukanlah menjadi hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun, kenaikan harga yang diresmikan dalam kurun waktu yang hampir bersamaan tentu saja membuat ‘shock’ masyarakat mengingat kondisi ekonomi yang belum stabil lantaran pandemi di Indonesia belum juga berakhir. Belum lagi, sentimen warganet terhadap partai yang memiliki slogan ‘wong cilik’ kini justru dinilai tak berpihak pada masyarakat menengah ke bawah lantaran beberapa kebijakan dan keputusan malah dinilai menyulitkan.

Akan tetapi, kebijakan kenaikan pertamax pastinya bukan tanpa sebab. Kondisi krisis geopolitik yang menyebabkan harga minyak dunia merangkak naik menjadi pertimbangan Pertamina untuk menjaga kestabilan keuangan perusahaan guna menjaga komitmen dalam penyediaan dan penyaluran BBM ke seluruh Indonesia.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID .

Editor: Ananditya Paradhi

“War” Tiket Konser Justin Bieber, Warganet Kesal Karena Banyak Masalah

Kedatangan bintang pop asal Amerika Serikat, Justin Bieber ke Indonesia dalam waktu dekat terasa sangat istimewa. Pasalnya selama 2 tahun pandemi Covid-19 dunia hiburan seperti sedang mati suri. Segala macam kegiatan yang melibatkan massa penonton tidak bisa diselenggarakan. 

Ditambah lagi ia adalah penyanyi yang memiliki jumlah penggemar sangat besar di Indonesia. Posisinya sebagai megabintang dan artis luar negeri, yang terhitung cukup jarang tampil di Indonesia, semakin menambah hype hingga menyedot perhatian publik. Salah satunya bisa disimak melalui kanal linimasa media sosial Twitter.

Berkaca pada situasi ini, penggemar Justin Bieber tentu saja menginginkan yang terbaik. Mereka ingin memastikan bahwa konser ini bisa terselenggara dengan maksimal dari hulu hingga hilir. Ada sejumlah aspek dari penyelenggaraan konser yang mendapat perhatian ekstra dari penggemar. Beberapa waktu lalu sempat muncul keriuhan terkait venue yang akan digunakan untuk konser. Penggemar menyayangkan pilihan stadion madya GBK sebagai lokasi konser yang dipilih PK Entertainment sebagai pihak penyelenggara.

Gambar 1. Venue konser Justin Bieber

Akan tetapi kekhawatiran utama bagi penggemar JB adalah apabila terjadi praktik-praktik tak bertanggung jawab atau ketidakprofesionalan panitia penyelenggara. Hal ini yang ingin Netray potret ketika memantau situasi linimasa perbincangan warganet Twitter tentang rencana konser Justin Bieber di Indonesia pada 3 November 2022.

Pemantauan Linimasa Twitter Terkait Penjualan Tiket Konser Justin Bieber

Pemantauan isu konser Justin Bieber dilakukan selama periode 24 Maret hingga 30 Maret 2022. Sejumlah kata kunci seperti “justin && konser” dan “tiket && justin” dipilih untuk menyaring perbincangan. Terlihat bahwa perbincangan ini sudah muncul sejak awal periode pemantauan. Isu terkait konser ini sebenarnya sudah berhembus sejak lama, wajar apabila setiap hari selalu muncul perbincangan semacam ini di linimasa twitter.

tiket konser
Gambar 2. Linimasa perbincangan konser Justin Bieber

Akan tetapi pada tanggal 29 Maret kemarin perbincangan tiba-tiba melonjak dengan tajam. Alasannya adalah pada pukul 10 pagi tiket konser Justin Bieber mulai dibuka penjualannya secara online. Blibli menjadi e-commerce mitra pihak EO tempat penjualan tiket yang dilakukan secara online. Warganet menunggu dengan cemas karena biasanya para pembeli akan berebut mendapatkan tiket konser tersebut.

Gambar 3. Isu dalam Peak Time perbincangan

Dan yang dikhawatirkan warganet terjadi, permasalahan demi permasalahan diungkapkan warganet Twitter melalui twit mereka. Mulai dari permasalahan teknis, tidak dapat mengakses aplikasi, susah mendapatkannya, hingga kehabisan tiket. Warganet mengistilahkan peristiwa ini dengan sebutan “war tiket”.

Gambar 4. “War” tiket konser

Perbincangan kembali melonjak pada pukul 3 sore yang kali ini disebabkan oleh aksi menjual kembali tiket konser yang sudah didapat sebelumnya. Disinyalir aksi ini memang sengaja dilakukan oleh sejumlah oknum untuk mendapat keuntungan. Warganet tentu saja marah dengan aksi semacam ini. Hal ini menunjukkan buruknya manajemen pihak pengelola ticketing karena kecolongan calo tiket. 

Gambar 5. Calo tiket konser
Gambar 6. Komplain keberadaan calo

Kekesalan dan Komplain Warganet

Selain menangkap permasalahan yang melekat pada linimasa, Netray juga merangkum sejumlah komplain yang dilakukan warganet. Hal ini akan memberi gambaran yang lebih utuh terkait masalah apa yang melingkupi penjualan tiket konser Justin Bieber kemarin. Terlihat bahwa kata “penipuan” menjadi keluhan utama warganet Twitter. Jika ditelisik lebih dalam, keluhan tersebut disampaikan oleh akun @manusiaambis183. Ia mengaku telah ditipu jasa titip beli tiket yang menyebabkan kerugian hingga 5 juta rupiah.

Gambar 7. Grafik Top Complaints
Gambar 8. Twit penipuan tiket 1

Twit tersebut terbit pada tanggal 28 Maret atau sehari sebelum pihak penyelenggara acara membuka pembelian tiket. Meski tidak menjadi penanda linimasa, sedikit demi sedikit twit dari @manusiaambis183 menjadi yang paling banyak direspon dengan mengumpulkan 61.485 impresi.

Keluhan bahwa telah terjadi penipuan dengan modus menjual tiket konser Justin Bieber ini juga dituliskan oleh akun @uwoyedee. Ia membuat utas yang menceritakan bagaimana penipuan tersebut bisa terjadi. Akun ini juga mendapat respon yang sangat banyak dari warganet hingga menempatkannya di posisi dua dengan impresi sebesar 55.470.

Gambar 9. Twit penipuan tiket 2

Kata komplain yang kedua adalah “bangsat” yang merupakan umpatan dari akun @mefllsn karena ia merasa bahwa promotor konser Justin Bieber ini tidak profesional. Informasi tentang penjualan tiket konser secara online ini ia nilai sangat mendadak dan tidak dipersiapkan dengan baik karena baru diumumkan 2 hari sebelumnya. Twit tersebut menempati posisi keempat daftar impresi tertinggi dengan mengumpulkan respon 37.659 kali.

Gambar 10. Komplain dengan kata “bangsat”

Dari daftar juga ditemukan isu yang membuat kesal warganet yang tak lain adalah masalah teknis penjualan tiket. Warganet mengaku bahwa aplikasi tidak dapat diakses hanya beberapa menit sejak dibuka karena server penuh lantas down. Komplain semacam ini yang lantas memenuhi linimasa pemantauan isu konser Justin Bieber pada Selasa pagi lalu.

Gambar 11. Komplain server Blibli down

Sejak perbincangan meningkat, Netray menemukan setidaknya 64 ribu twit yang mengandung kata kunci. Impresi yang dihasilkan oleh twit-twit tersebut jika dikalkulasikan akan mencapai angka 1.078 juta sehingga secara potensial dapat menjangkau 167,7 juta akun Twitter. Angka-angka ini merupakan representasi bahwa perbincangan terkait penjualan tiket Justin Bieber adalah entitas yang viral di sosial media.

Gambar 12. Statistik pemantauan
Gambar 13. Warganet bahagian mendapat tiket 1
Gambar 14. Warganet bahagian mendapat tiket 2

Dan tidak semua adalah ungkapan kekesalan atau komplain. Netray juga menjaring sejumlah twit positif semisal dari akun @ikramarki yang menceritakan perasaan bahagianya karena berhasil mendapat tiket. Akun @sxxghoon bahkan membuka giveaway karena berhasil mendapatkan tiket. Bagaimanapun juga fans/penggemar adalah konsumen paling loyal. Mereka bersedia untuk mengkritik dan mengapresiasi setiap upaya yang dilakukan promotor acara, termasuk untuk konser Justin Bieber November mendatang.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID .

Eksistensi YouTuber Resep Makanan dan Pengaruhnya di Dunia Kuliner

0

Konten kuliner di YouTube memang masih didominasi oleh review makanan atau yang kerap disebut food vloggers. Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa YouTuber yang membagikan konten memasak semakin banyak dilirik, mengingat banyaknya waktu luang selama pandemi yang memungkinkan masyarakat untuk mencari kegiatan di rumah.

Di dunia kuliner, YouTuber ini ternyata mampu mempengaruhi minat memasak masyarakat apabila dilihat dari seberapa besar resep masakan yang mereka unggah, dimasak dan dibagikan ulang di Cookpad. Jadi tidak hanya membuat orang tertarik untuk mencicipi makanan seperti peran para food vlogger pada umumnya, tetapi juga mampu melatih skill memasak masyarakat Indonesia.

Berbekal kata kunci “youtuber resep masakan” serta “resep masakan” yang diketikkan di kolom pencarian Google dan YouTube, Netray mengantongi 10 nama channel yang membagikan konten resep dan teknik memasak. Dari 10 nama tersebut, Netray mengambil 5 teratas yang dinilai paling berpengaruh di masyarakat untuk dianalisis. Kriteria penilaian diurutkan berdasarkan total subscriber, viewer, dan unggahan video.

Mempertimbangkan beberapa hal di atas, maka nama Devina Hermawan, Arnold Purnomo, Wilgoz Kitchen, Farah Queen, dan Yuda Bustara dapat dikatakan sebagai YouTuber resep masakan yang paling populer saat ini.

Di samping mereka sering update konten di platform YouTube, mereka setidaknya pernah muncul di televisi, baik mengisi program acara memasak, menjadi juri memasak, ataupun sebagai peserta ajang memasak di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.

Menilik Eksistensi 5 YouTuber Resep Masakan di Indonesia Saat Ini

Media monitoring Netray melakukan pemantauan di masing-masing kanal YouTube selama satu bulan terhitung sejak 20 Februari sampai dengan 22 Maret 2022. Hasilnya, sepanjang pemantauan akun Devina Hermawan menjadi yang paling bagus performanya ketimbang 4 nama yang lain.

  1. Devina Hermawan

Devina merupakan salah satu finalis MasterChef Indonesia season ke-5. Sejak 28 Februari 2019, ia mulai aktif membagikan video resep dan tutorial memasak dalam kanal YouTube pribadinya, Devina Hermawan.

Gambar 1. Dashboard Devina Hermawan

Meski baru 3 tahun, kanal YouTube Devina telah memiliki subscribe sebanyak 2,2 juta. Total terdapat 415 video dengan ciri khas kontennya berupa “tips dan trik resep anti gagal”.

Sebulan pemantauan, ada 8 konten resep yang diunggah. Raihan impresi tertinggi terdapat pada unggahan resep “Mie Setan Gacoan Ala Devina” dengan total penyuka sebanyak 15,6 ribu dan 486 komentar.

Gambar 2. Konten Video Devina (20 Feb-22 Maret 2022)

Berdasarkan analisis sentimen, komentar positif lebih dominan dengan kecenderungan ekspresi antusias ingin segera mencoba memasaknya. Kalimat seperti “wajib recook”, “harus recook resepnya ci devina” hingga “beberapa kali recook resepnya tidak pernah gagal” kerap ditemui di kolom komentar.

2. Arnold Poernomo

Arnold Poernomo merupakan salah satu juri dalam ajang memasak MasterChef Indonesia. Sejak bergabung pada 14 Maret 2013, ia kini telah memiliki 2,7 juta subscriber dengan total 189 video.

Gambar 3. Dashboard Arnold Poernomo

Dalam sebulan pemantauan, kanal YouTube chef Arnold hanya memuat 4 video. Jumlah yang sangat berbeda dibanding dengan kanal YouTube milik Devina yang cukup konsisten mengunggah video.

Video yang paling banyak dilihat dalam sebulan yakni video resep “Tahu Walik”. Resep ini diunggah pada 24 Februari dan telah ditonton masyarakat sebanyak 64,6 ribu kali serta disukai sebanyak 1,8 ribu.

Gambar 4. Konten Video Arnold (20 Feb-22 Maret 2022)

Akan tetapi postingan video populer resep tahu walik ini tidak memantik banyak komentar masyarakat. Justru video “Resep Mudah Pembawa Cuan” yang banyak menuai impresi masyarakat. Hal ini terlihat dari peak time komentar yang menempati puncak di tanggal 17 Maret.

3. William Gozali

William Gozali atau lebih sering dikenal sebagai Willgoz juga merupakan juara MasterChef Indonesia season 3. Wilgoz rutin membagikan resep masakannya dalam kanal YouTube pribadinya bernama Willgoz Kitchen.

Gambar 5. Dashboard Willgoz Kitchen

Bergabung di YouTube sejak 13 Oktober 2011 kini kanal Willgoz Kitchen meraup subscribe sebesar 1,6 juta. Sama seperti Devina, Willgoz juga cukup konsisten dalam mengunggah kontennya. Selama sebulan pemantauan, total ada 9 video yang diunggah di kanal ini.

Gambar 6. Konten Video Willgoz (20 Feb-22 Maret 2022)

Resep Kreasi Indomie menjadi video populer dengan jumlah view mencapai 139,6 ribu dengan total like 5,2 ribu. Akan tetapi video yang paling banyak mendapat komentar adalah video kolaborasinya bersama Raisa dan video Resep Mie Yamin Pedas Manis Khas Bandung.

4. Farah Quinn

Farah Farhanah atau Farah Quinn dikenal dengan keahliannya dalam membuat hidangan penutup. Salah satu acara memasak yang membesarkan namanya adalah “Ala Chef” di tahun 2008.

Gambar 7. Dashboard Farah Quinn

Bergabung di YouTube sejak 17 Juni 2016, kini channel Farah Quinn telah memiliki subscriber sebanyak 769 ribu. Meski namanya populer di masyarakat, ia tidak begitu aktif membuat konten di YouTube. Sebulan pemantauan dalam channel Farah, hanya terdapat 1 video. Jumlah yang minim dibandingkan dengan para YouTuber resep masakan lainnya.

Gambar 8. Konten Video Farah (20 Feb-22 Maret 2022)

5. Yuda Bustara

Yuda Bustara merupakan finalis ajang Asian Food Channel Next Celebrity Chef. Ia mulai dikenal masyarakat secara luas setelah menjadi pembawa acara Iron Chef Indonesia dan aktif memasak dalam acara Asian Food Channel.

Gambar 9. Dashboard Yuda Bustara

Sejak bergabung di YouTube pada 28 Mei 2015 kini ia memiliki 561 subscriber dengan total 123 video unggahan yang mendapat 36 juta views. Sebulan terakhir, hanya ada 2 video yang diunggah, yaitu Resep Crab Rangoon dan Resep Mie Instan Penuh Nutrisi

Gambar 10. Konten Video Yuda (20 Feb-22 Maret 2022)

Pengaruh YouTuber Resep Makanan Bagi Masyarakat di Dunia Kuliner

Netray memasukkan kata kunci “ala devina hermawan”, “ala arnold”, “ala willgoz”, “ala farah queen”, dan “ala yuda bustara” di situs Cookpad untuk melihat bagaimana pengaruh mereka di masyarakat. Pengambilan data pada 24 Maret 2022. Jadi, resep masakan dengan kata kunci di atas yang masih aktif hingga tanggal tersebut masuk dalam analisis Netray.

Hasilnya, resep masakan yang bersumber dari ide Farah Quinn paling banyak ditemukan, kemudian disusul Devina Hermawan, dan William Gozali. Dalam hal ini, konten masakan ketiga YouTuber tersebut lebih populer ketimbang Arnold Poernomo ataupun Yuda Bustara.

https://public.flourish.studio/visualisation/8124581/

Sosok para YouTuber yang memiliki latar belakang di dunia jurutama profesional tentu tidak hanya jago memasak tetapi juga memiliki pengetahuan terkait teknik-teknik memasak yang baik daripada mereka yang tidak memiliki latar belakang serupa. Barangkali inilah yang menjadikan masyarakat begitu antusias menyimak dan mempraktekkan resep mereka.

Antusiasme masyarakat selain dapat dilihat dari muatan sentimen positif di kolom komentar YouTube mereka, juga dapat dilihat dari seberapa besar reaksi yang diberikan di laman Cookpad. Dari pantauan Netray antusiasme masyarakat paling tinggi jatuh pada resep-resep ala William Gozali.

Jika merunut sejumlah kriteria penilaian yang telah dipaparkan, William Gozali dan Devina Hermawan yang paling seimbang dalam hal keaktifan di channel YouTube serta kepopuleran atau pengaruh di komunitas memasak Cookpad. Namun, hal ini tidak menutup kepopuleran Farah Quinn yang lebih dulu menekuni bidang ini. Faktanya, resep Farah Quinn masih mendominasi di Cookpad meskipun ia tidak begitu aktif mengelola YouTube miliknya.

Kehadiran mereka setidaknya mampu membuat orang tidak hanya tertarik untuk mencoba makanan, tetapi juga mempengaruhi tren memasak di Cookpad. Sehingga secara tidak langsung, kini mereka turut berpengaruh dalam mengasah skill memasak masyarakat.

Diedit oleh Winda Trilatifah

Seteru Warganet Indonesia – Malaysia, Klaim Bahasa Indonesia Bagian dari Bahasa Melayu

Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob mengusulkan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua ASEAN. Nantinya bahasa Melayu akan menjadi bahasa kedua setelah bahasa Inggris saat melakukan kerjasama multilateral. Menurut Ismail, setidaknya 300 juta penduduk wilayah Asia Tenggara menggunakan bahasa ini.

Pendapat yang disampaikan melalui akun Facebook pribadi Ismail pada tanggal 23 Maret 2022 lalu berbuntut panjang di dunia maya. Netray melakukan pemantauan di linimasa media sosial Twitter untuk melihat impak dari pendapat tersebut. Hasilnya bisa disimak berikut ini.

Pemantauan Linimasa Twitter

Perbincangan warganet terkait isu usulan bahasa Melayu menjadi bahasa kedua Asean terpantau mulai aktif pada hari yang sama ketika Ismail mengutarakan pendapatnya. Akan tetapi baru sehari kemudian perbincangan tersebut melonjak dan mencapai puncaknya dengan 801 twit.

Kata kunci yang digunakan untuk pemantauan ini antara lain seperti “asean && bahasa && melayu”, “bahasa && indonesia && melayu”, “bahasa && malay”, dan “bahasa && malaysia”. Jadi, semua kalimat yang mengandung kata semua unsur kata kunci tersebut masuk ke dalam pantauan Netray.

bahasa melayu
Gambar. 1 Peak Time Perbincangan di Twitter

Kuantitas respon warganet terlihat tak berkurang setelah melonjak, bahkan cenderung stabil di sekitaran angka yang sama selama 3 hari setelah tanggal 24 Maret. Perbincangan baru mereda pada hari keenam pasca kemunculan, yakni tanggal 28 Maret dengan jumlah postingan sebanyak 265 twit.

Total twit dengan kata kunci yang berhasil dihimpun Netray sebanyak 3.547 twit. Interaksi warganet terhadap twit tersebut mendatangkan impresi sebesar 320,8 ribu dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Dan secara potensial, perbincangan terkait usulan bahasa Melayu ini dapat menjangkau setidaknya 48,6 juta akun Twitter.

Gambar 2. Statistik Perbincangan

Secara garis besar, twit dengan sentimen negatif menguasai perbincangan. Totalnya mencapai angka 1.408 twit. Sedangkan sentimen positif hanya mampu muncul di angka 870 twit selama periode pemantauan antara tanggal 22 Maret hingga 28 Maret 2022. Sisanya adalah twit dengan sentimen netral.

Perdebatan Warganet Indonesia vs Malaysia

Klaim Ismail bahwa 300 juta penduduk ASEAN menggunakan bahasa Melayu menjadi pemicu perdebatan di linimasa Twitter. Yang artinya bahasa Melayu melampaui sekat-sekat geopolitik dan budaya di sejumlah negara Asia Tenggara. Angka tersebut juga secara tidak langsung menyebut bahasa Indonesia yang digunakan oleh 270 juta orang merupakan bagian dari bahasa Melayu.

Perdebatan ini tercermin pada grafik Top Accounts yang menghimpun akun-akun dengan impresi terbanyak. Sejumlah akun teratas menyampaikan pendapat mereka terkait topik ini. Seperti akun @seketulawan yang secara positif menyayangkan komentar warganet Indonesia yang menghina warga Malaysia. Warganet Indonesia menilai bahwa warga Malaysia sendiri lebih sering menggunakan bahasa Inggris alih-alih menggunakan bahasa Melayu.

Panasnya perbincangan didominasi saling serang antara warganet Malaysia dengan pengguna Twitter dari Indonesia. Mereka saling melempar argumen tentang jati diri bahasa Indonesia apakah bagian dari bahasa Melayu atau bukan. Meskipun pada dasarnya masing-masing kubu mengakui bahwa di zaman modern kedua bahasa ini sudah terpisah sangat jauh.

Warganet juga menyebut sejumlah akun yang dinilai memahami atau pendapatnya bisa dijadikan rujukan untuk topik ini. Seperti akun @nuicemedia yang menyebarkan isu ini untuk pertama kali di kalangan warganet Indonesia. Atau akun @IslahWahyudi. Jika menyimak reply-an di kedua akun ini, terlihat jelas bahwa masing-masing sudah nampak seperti medan perang argumen dari setiap kubu.

Yang cukup terkenal adalah akun @IvanLanin, aktivis bahasa yang kerap membagikan pengetahuan tentang bahasa Indonesia. Akunnya juga kerap mendapat mention dari warganet kala membalas sebuah argumen. Biasanya aksi semacam ini adalah mencari pembenaran dari sejumlah ahli. Tetapi bisa juga dibaca bahwa figur tersebut dianggap berpengaruh pada bidang tertentu.

Perbincangan warganet yang dipicu pendapat Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob ini memang belum tergolong perbincangan yang viral melihat kuantitas yang dihasilkan dari pemantauan. Tetapi point menariknya adalah interaksi warganet ini terjadi lintas negara. Antara warganet Indonesia dengan pengguna Twitter Malaysia.

Demikian hasil pantauan Netray, simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID