BerandaDeep ReportMengulik Menu Masakan Favorit Masyarakat Indonesia di Momen Ramadhan Lewat Situs Cookpad

Mengulik Menu Masakan Favorit Masyarakat Indonesia di Momen Ramadhan Lewat Situs Cookpad

Published on

Sebagai negara dengan mayoritas umat muslim, momen Ramadhan berpengaruh pada perilaku masyarakat Indonesia. Dari survey Populix, sebanyak 81% responden muslim mengaku mengeluarkan anggaran lebih di bulan Ramadhan. Salah satunya untuk pengadaan makanan dan minuman. Menariknya, sebanyak 23% responden memilih untuk memasak sendiri ketika menyiapkan buka puasa.

Lewat komunitas memasak Cookpad, Netray akan menelusuri resep masakan apa saja yang paling banyak dibagikan, dimasak ulang, dan paling menginspirasi masyarakat Indonesia saat momen Ramadhan. Dari sini juga dapat diamati bahan baku masakan yang banyak digunakan, cita rasa, cara memasak, dan menu ramadhan khas sejumlah daerah.

Publikasi BPS mengungkap bahwa perilaku konsumsi masyarakat cenderung meningkat ketika momen Ramadan, terutama dalam hal konsumsi makanan dan minuman. Senada, Populix juga menemukan bahwa 81% responden mengaku pengeluarannya meningkat di bulan Ramadhan. Sebanyak 27% di antaranya bahkan meningkat lebih dari 50% dibandingkan dengan pengeluaran mereka di bulan lain.

Gambar 1. Total Pengeluaran Ketika Ramadhan (source Populix)

Dari 1.257 responden muslim yang disurvei oleh Populix, 70% menyambut Ramadhan dengan membersihkan rumah, kemudian sebanyak 66% menyetok persediaan makanan dan 47% di antaranya menyetok minuman.

Gambar 2. Distribusi Pengeluaran Ketika Ramadhan (source Populix)

Terkait pengadaan makanan dan minuman ini, 23% responden benar-benar memasak makanannya sendiri, sedangkan 72% lainnya mengkombinasikan antara memasak dan terkadang membeli. Artinya, kegiatan menyiapkan makanan seperti memasak baik itu membuat makanan maupun minuman secara tidak langsung masuk dalam serangkaian persiapan menyambut bulan Ramadhan yang menarik antusiasme masyarakat Indonesia.

Gambar 3. Pengadaan Menu Buka Puasa (source Populix)

Kata kunci menu buka puasa, menu sahur, dan resep takjil yang mengalami peningkatan pencarian secara signifikan pada momen ini juga menggambarkan tingginya animo masyarakat dalam mencari inspirasi terkait menu apa yang akan mereka sajikan di sepanjang bulan suci Ramadhan tersebut.

Untuk melihat secara lebih rinci terkait menu-menu masakan khas Ramadhan, baik untuk berbuka maupun sahur, Netray mengamati tren resep yang dibagikan di platform komunitas memasak Cookpad. Data diambil pada 5 April 2022 dengan berfokus pada kategori “Menu Ramadhan” yang di dalamnya memuat menu buka puasa, menu sahur, takjil, dan minuman es.

Top 10 Resep Favorit Menu Buka Puasa, Sahur, dan Takjil

Dari sub kategori menu buka puasa, Netray akan memberikan gambaran 10 besar resep menu buka puasa favorit berdasarkan jumlah cooksnap. Hasilnya, resep Cumi & Udang Saus Padang dari Merinda WS jadi yang paling favorit dengan jumlah recook oleh lebih dari 600 pengguna dan telah dilihat sebanyak 121.894 kali.

Pada sub kategori menu sahur, makanan dengan rasa pedas menjadi yang paling banyak diminati. Terlihat dari jajaran 10 besar menu yang paling banyak dimasak ulang, 7 di antaranya merupakan makanan yang memiliki cita rasa pedas, seperti tongkol suwir pedas hingga telur balado.

Berbuka dengan yang manis-manis mungkin sudah melekat di benak umat muslim sebagai sunnah yang dianjurkan. Tak heran apabila aneka macam kue basah menjadi resep yang paling banyak diminati ketika menelusuri kata kunci menu takjil. Resep donat kentang dari Fitri Sasmaya yang dibagikan sejak 2017 bahkan berhasil mendapat kunjungan lebih dari 1,5 juta kali dengan total cooksnap sebanyak 987 kali.

Sementara itu, di sub kategori olahan minuman es, resep kopi susu gula aren menjadi yang paling banyak dibuat ulang. Namun, jika melihat jumlah bookmark atau resep disimpan, Es Gula Asam dan Es Susu Regal ala Kopi Soe paling menarik antusias masyarakat.

Top 10 Bahan Baku Masakan dan Minuman Es Paling Diminati

Meskipun resep cumi dan udang masuk dalam kategori menu buka puasa populer berdasarkan banyaknya cooksnap, nyatanya secara umum menu makanan yang menggunakan bahan baku ayam paling banyak ditemukan. Setidaknya ada 705 resep yang menggunakan ayam sebagai bahan utama. Sementara sisanya adalah telur, ikan, kentang, tempe, dan lain sebagainya.

Jika ditilik lebih jauh, menu yang paling banyak dibagikan terkait olahan ayam ialah ayam goreng. Berdasarkan perhitungan Word Count pada kata kunci “ayam”, kata “goreng” pada nama resep di sub kategori Menu Buka memiliki jumlah penyebutan sebanyak 75 kali. Lalu, sisanya adalah ayam bakar, soto ayam, opor ayam, dan ayam suwir.

Sedangkan pada sub kategori Minuman Es, resep yang paling banyak dibagikan ialah resep es buah dengan penemuan jumlah kosakata “buah” sebanyak 1.895 kali. Kemudian diikuti es campur, es kelapa, es susu, es kopi dan sebagainya.

Resep yang tak kalah menjadi incaran ialah minuman dengan bahan dasar yakult dan juga kacang. Menu yang tergolong baru ini juga banyak dibagikan resepnya oleh pengguna Cookpad untuk saling berbagi olahan dengan rasa baru.

Cita Rasa dan Cara Memasak yang Paling Disukai

Jika hidangan pembuka identik dengan yang manis-manis, lalu bagaimana dengan cita rasa menu utama berbuka? Berdasarkan pantauan Wordcloud Netray, cita rasa masakan pedas masih mendominasi hidangan menu utama di Cookpad. Kata “pedas” menjadi atribut judul resep sebanyak 1.127 kali, sedangkan rasa “asam” disebut sebanyak 702 kali, dan “manis” 563 kali penyebutan.

Gambar 4. Word Count Judul Resep

Selain cita rasa, dengan Wordcloud dari kumpulan menu utama ini dapat terlihat jenis olahan makanan seperti apa yang paling banyak dibagikan pengguna Cookpad. Jenis masakan dengan cara ditumis mendominasi jajaran resep Cookpad dengan total penyebutan sebanyak 2.081 kali. Hal ini barangkali karena kepraktisan cara memasak dibandingkan dengan mengukus ataupun yang lainnya.

Resep Favorit Berdasarkan Lokasi Penulis

Resep dan menu yang diulas diatas dipilih berdasarkan jumlah cooksnap, views, dan bookmark tanpa memperhatikan lokasi spesifik. Artinya, kesepuluh resep sebelumnya merupakan resep paling diminati oleh masyarakat Indonesia secara umum. Padahal Indonesia memiliki aneka ragam kuliner khas di tiap daerahnya.

Untuk melihat gambaran ini, Netray memfilter 5 lokasi penulis Cookpad dengan jumlah cooksnap terbanyak untuk mewakili keragaman kuliner khas masing-masing. Di antaranya adalah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Lampung.

Terlihat dari jajaran resep di bawah ini beberapa resep yang menjadi khas dari provinsi tersebut. Misalnya, resep Soto Betawi yang ditulis oleh Xander’s Kitchen yang berasal dari Jakarta. Resep khas DKI Jakarta tersebut berhasil mendapatkan view lebih dari 150 ribu dengan total cooksnap sebanyak 484.

Selain itu, resep favorit yang menjadi ciri khas provinsi lainnya ialah, Bolu Susu Lembang Kukus dari Jawa Barat, Soto Lamongan dari Jawa Timur, Pisang Rai khas Bali dari Bali, dan Es Timur Suri dari Lampung.

Para Chef Unggulan Cookpad yang Jadi Inspirasi

Jika di atas telah dibicarakan resep-resep favorit dan yang paling banyak dibagikan, lalu siapa sih chef unggulan Cookpad di kategori Menu Ramadhan ini? Dari data yang dihimpun oleh Netray, penulis dengan jumlah cooksnap terbanyak dalam sebuah resep ialah Fitri Sasmaya dengan total cooksnap 987, yakni pada resep Donat Kentang Empuk yang dibagikannya sejak tahun 2017.

Fitri Sasmaya telah membagikan resep di Cookpad sebanyak 234 sejak 29 Juli 2015. Maka tak heran apabila salah satu resep Fitri berhasil mendapat impresi hingga ratusan dan jumlah view yang mencapai lebih dari 1,5 juta.

More like this

Popularitas Tokoh Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode November 2022

Netray melakukan pemantauan media online dan media sosial (Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube) untuk melihat...

Merunut Jalan Popularitas Parpol di TikTok

Selama Oktober 2022 Netray memantau ada lima partai politik (parpol) terpopuler di media sosial...

Bagaimana Pemberitaan Media Group Setelah Sang Bos Deklarasikan Anies Jadi Capres 2024?

Pada 3 Oktober 2022 bos Media Group yang juga Ketua Umum Partai Nasional Demokrat...
%d blogger menyukai ini: