BerandaBrandIklan Menarik Perhatian, Sirup Marjan Tuai Penilaian Positif Warganet

Iklan Menarik Perhatian, Sirup Marjan Tuai Penilaian Positif Warganet

Published on

Iklan sirup Marjan jadi trending topic Twitter pada Senin 11 April 2021 kemarin. Iklan tersebut mendapat pujian dari warganet karena dikemas dalam sinematografi yang mengesankan. Muncul juga perbincangan positif soal kualitas produk Marjan di mata warganet karena iklan tersebut.

Kemunculan iklan sirup Marjan yang bertepatan dengan momen menjelang Ramadhan hampir selalu menjadi perbincangan dari tahun ke tahun. Marjan membuat iklan panjang bersambung khusus saat menyambut Ramadhan.

Setidaknya sejak 2019 Marjan mulai membuat iklan dengan menonjolkan cerita dan menggunakan narator. Mulai dari cerita rakyat Timun Mas hingga yang terbaru iklan pada 2022 mengangkat cerita Dewi Sri.

Berdasarkan pantauan Netray dengan menggunakan kata kunci “Marjan” pada periode 6 hingga 12 April 2022, ditemukan total ada 10.122 twit yang terdiri dari 7.232 twit bersentimen positif dan 1.641 twit bersentimen negatif.

marjan
Gambar 1. Statistik perbincangan topik “Marjan”

Jumlah akun yang memperbincangkan topik Marjan setidaknya berdasarkan hasil identifikasi yang mengacu pada karakteristik nama yang sesuai dengan gender, total ada 3.384 akun yang terdiri dari 2.044 akun teridentifikasi nama laki-laki dan 1.340 nama perempuan.

Iklan Tingkatkan Brand Awareness Marjan

Berdasarkan analisis perbincangan dari puluhan ribu twit, muncul kata-kata yang menunjukkan impresi positif terhadap iklan Marjan, yang kemudian menjurus pada penilaian produk sirup Marjan.

Perbincangan mulanya dipicu dari unggahan akun @jagatverse pada 10 April 2022. Akun itu mengunggah video Iklan Marjan terbaru bagian ketiga berdurasi 1 menit 14 detik, dengan keterangan “MCU (Marjan Cinematic Universe) Studio superhero di Indonesia ketar ketir!”.

Hingga 12 April pukul 15.45 WIB total ada 18,6 rb akun yang meretweet,  5.109  yang mengutip dan 59,2 rb akun yang menyukai. Alhasil @jagatverse menjadi akun paling populer dalam perbincangan soal Marjan.

Selain @jagatverse, akun terpopuler kedua yang membahas soal Marjan adalah @pipis. Akun itu membuat ulasan analisis soal iklan Marjan dari tahun ketahun dan sekaligus memberikan pujian.

Gambar 2. Top Accounts

Gambar 3. Sampel twit terpouler

Banyak di antaranya warganet yang memuji kualitas video yang jauh lebih baik jika dibanding sinetron-sinetron kolosal Indonesia yang bertema serupa beberapa waktu terakhir. Beberapa istilah yang terasosiasi dengan kata-kata pujian warganet terhadap iklan Marjan dapat disimak dalam grafik Top Words Netray. Sejumlah kata yang muncul misalnya adalah kata “keren, bagus, banget, beda”.

Gambar 4. Sampel twit

Marjan dapat dikatakan berhasil membangun brand awareness melalui iklan yang menarik perhatian. Sebab jika dilihat dari data analisis menunjukkan perbincangan iklan itu juga kemudian merembet pada impresi warganet terhadap produk Marjan secara khusus.

Dari analisis Top Words juga muncul kata “enak, manis, dan rasa”. Kata-kata ini digunakan warganet untuk menilai produk menilai produk Marjan, dan secara spesifik kata “enak” menunjukkan penilaian yang positif.

Gambar 5. Hasil analisis Top Words

Gambar 6. Sampel twit dari salah satu Top Words

Meskipun demikian, sentimen negatif dari warganet tetap tidak dapat dihindari. Penilaian negatif seperti membandingkan dengan produk lain diungkapkan oleh warganet. Hal ini dapat dipahami sebagai perbedaan selera seseorang yang justru dapat ditangkap oleh Marjan sebagai masukkan untuk mengembangkan pasar.

Gambar 7. Sampel twit bersentimen negatif

Demikian hasil analisis Netray, simak analisis terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Menilik Impresi Film KKN di Desa Penari di Twitter

Film horor KKN di Desa Penari akhirnya tayang di bioskop. Meski penayangannya sempat tertunda...

Hepatitis Akut Misterius, Akankah Menjadi Pandemi Kecil?

Belum selesai bergelut dengan permasalahan pandemi virus corona, kini dunia kembali bertarung dengan munculnya...

Memantau Isu #JogjaDaruratSampah dari Media Sosial & Pemberitaan

#JogjaDaruratSampah merupakan salah satu tagar seruan masyarakat yang diwakili oleh warganet Twitter, ketika beberapa...
%d blogger menyukai ini: