-
Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay.
Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.
Cara Berlangganan Netray
1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register
2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.
4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.
5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.
8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.
11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.
Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.
-
Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.
1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.
5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.
6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.
Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.
7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.
8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.
Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)
1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keyword ‘psbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).
2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.
Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?
Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.
Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?
- Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
- Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
- Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
- Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
- Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
- Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
- Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
- Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.
-
Belum Rilis, Film Mencuri Raden Saleh Banjir Review Positif Warganet

Film Mencuri Raden Saleh yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko akan rilis perdana pada 25 Agustus 2022. Namun, berbagai ulasan dan rating untuk film ini sudah banyak bertebaran di media sosial. Film ini tidak hanya ramai dibicarakan di Twitter tetapi juga banyak dibahas di YouTube dan TikTok.
Dari pantauan Netray media monitoring, topik Mencuri Raden Saleh telah diperbincangkan sebanyak 6,1 ribu twit oleh lebih dari 2,5 ribu warga Twitter selama periode 15-21 Agustus 2022. Meskipun ketika pemantauan film ini belum dirilis, antusiasme warganet sangat tinggi karena screening film ini telah digelar di beberapa kota sehingga tidak sedikit yang membagikan ulasannya dan mengajak warganet untuk menonton film ini.

Gambar 1. Statistik perbincangan film Mencuri Raden Saleh Film berdurasi 2 jam 34 menit ini menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang berencana mencuri lukisan bersejarah Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh yang berada di Istana Presiden. Dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Aghny Haquw, Rachel Amanda, Umay Shahab, Ari Irham, Dwi Sasono, Atika Hasiholan, hingga Tio Pakusodewo.

Gambar 2. Intensitas perbincangan dan sentimen topik Film bersubgenre heist atau drama aksi perampokan produksi Visinema Pictures ini mampu memantik perbincangan yang meriah di Twitter. Meski sentimen netral mendominasi sebanyak 59 persen, tetapi 32 persen membahas film ini secara positif atau lebih tinggi dari jumlah sentimen negatif. Sentimen netral mendominasi percakapan lantaran banyak warganet yang berburu dan menawarkan tiket.
Banyaknya ulasan yang dibagikan warganet terkait film ini juga menjadi salah satu pemantik ramainya perbincangan dan tergugahnya rasa penasaran warganet lain untuk turut menyaksikan keseruan film tersebut. Terutama hal ini diramaikan oleh akun-akun komunitas pecinta film seperti @WatchmenID, @HabisNontonFilm, hingga @moviemenfess yang memberikan ulasan positif.

Gambar 3. Jaringan percakapan 


Kata-kata ulasan seperti bagus, seru, tegang, sedih, gokil, asik yang muncul dalam kumpulan kosakata populer dalam topik ini dapat menjadi gambaran seperti apa ulasan warganet ketika membicarakan film ini. Warganet menilai film Mencuri Raden Saleh menjadi angin segar dalam dunia perfilman Indonesia yang akhir-akhir ini didominasi oleh popularitas genre horor.

Gambar 4. Kosakata paling banyak muncul 

Keberanian Angga Sasongko menggarap film drama aksi perampokan mendapat pujian dari sejumlah warganet. Sebab, selain berani Angga juga dinilai berhasil memberikan suguhan yang seru dan berkualitas bagi masyarakat.




Selain genre yang menarik, durasi 2,5 jam yang ditawarkan film ini juga mencuri perhatian warganet. Banyak warganet yang awalnya mempertanyakan apakah film ini akan membosankan atau tidak. Akan tetapi, tidak sedikit yang akhirnya memaklumi panjangnya durasi film ini karena keseruan yang disuguhkan.
Sementara itu, sentimen negatif yang mengisi percakapan warganet tidak begitu banyak menceritakan kekurangan film ini. Sebagian dari mereka justru kesal karena kehabisan tiket atau melewatkan gala premier. Beberapa warganet bahkan sempat tertipu oleh akun yang menawarkan tiket lewat dm media sosial karena terbutu-buru ingin mendapatkan tiket.


Ada juga beberapa warganet yang meragukan banyaknya ulasan positif untuk film ini karena dianggap berlebihan. Sehingga tidak jarang yang mulai menurunkan ekspektasi sebelum menonton.
Konten Review Film Mencuri Raden Saleh di YouTube dan TikTok
Tidak hanya ramai dibicarakan di Twitter, film Mencuri Raden Saleh juga sudah mulai diulas di YouTube dan TikTok oleh para penggemar sekaligus kritikus film.

Gambar 5. Film Mencuri Raden Saleh di YouTube Selama seminggu pemantauan, ada 172 konten video di YouTube yang membahas film ini. Sebagian besar sentimen di kolom komentar diisi sentimen positif. Konten review paling populer adalah milik Cine Crib dengan jumlah impresi mencapai 63.842 dalam bentuk likes, comment, dan views.



Sebagian besar konten yang diunggah memiliki judul-judul yang positif. Meskipun masing-masing memberikan nilai dan ulasan yang berbeda, mereka mengapresiasi kebaruan yang ditawarkan dalam film ini dan mengajak para pecinta film mencoba menonton keseruan ini. Demikian pula yang terpantau dari kolom komentar YouTube. Banyak yang kemudian turut memberikan rating versi dirinya atau penasaran ingin segera menonton.



Tidak kalah dengan YouTube, warga TikTok juga ikut meramaikan perbincangan topik ini. Selama sepekan pemantauan, ada 159 konten TikTok yang menggunakan tagar #mencuriradensaleh. Impresi dan jumlah penonton konten TikTok ini lebih besar daripada yang dikumpulkan dari konten-konten YouTube.

Gambar 7. Impresi topik #mencuriradensaleh di TikTok Akan tetapi, berbeda dengan konten YouTube yang sebagaian besar memang berisi review film, di TikTok konten-konten yang banyak dibagikan justru momen bertemunya penonton dengan idola mereka di gala premier. Konten ulasan memang ada, namun tidak banyak yang populer. Mungkin yang paling menarik impresi adalah milik akun @gandhifernando yang mengulas secara positif film ini dengan penjelasan yang detail seperti beberapa konten di YouTube.

Keramaian film ini di 3 kanal media sosial setidaknya telah memberikan insight yang positif bagi Visinema Pictures atas terobosan barunya lewat Mencuri Raden Saleh. Demikian pula dengan banyaknya kritikus film yang mengulas film ini secara detail dari berabagai versi mampu membuat warganet tertarik untuk menonton dan menantikan hadirnya film ini di bioskop secara reguler pada 25 Agustus mendatang.
Demikian pantauan Netray. Simak analisis lainnya di analysis.netray.id.
Editor: Irwan Syambudi
-
Kategori Entertainment Dominasi Berita Perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara

Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Negara menggema sepanjang pekan. Acara yang dihelat sekali dalam setahun ini tak hanya berisi ritual upacara kenegaraan yang kadang membosankan. Tetapi biasanya juga menyajikan sejumlah kejadian yang menarik untuk disimak.
Melalui pemantauan pemberitaan media massa daring selama sepekan yang lalu, Netray Media Monitoring ingin mencari tahu sejumlah peristiwa atau kejadian menarik pada perhelatan tersebut. Beberapa kata kunci yang digunakan untuk merangkum pemberitaan media massa adalah “istana negara” dan “upacara”.

Gambar 1. Statistik pemantauan kanal berita Hasilnya adalah hingga Jumat 19 Agustus tengah hari terdapat 1.063 artikel yang mengandung kata kunci. Sebanyak 93 media ikut andil dalam memberitakan peristiwa-peristiwa menarik yang terjadi selama perayaan HUT RI.
Meskipun acara tersebut adalah acara kenegaraan, penekanan pada perayaan membuat Netray menemukan sebanyak 329 berita tergolong dalam kategori Entertainment. Tak jauh terpaut dari angka ini adalah berita dalam kategori Pemerintahan yang tercatat sejumlah 322 artikel. Sisanya masuk ke dalam kategori Politik, Budaya, dan lain sebagainya.

Gambar 2. Grafik Top Words Baju adat yang dikenakan oleh presiden beserta sejumlah jajaran pejabat pemerintah kerap menjadi sorotan utama pemberitaan media massa. Artikel dengan judul “Pakaian Adat Jokowi 17 Agustus 2022, Ini Serba-serbi Baju Adat Dolomani” dari laman Detikcom ini menjadi salah satu contohnya.

Gambar 3. Pakaian adat jadi sorotan media 
Gambar 4. Pakaian adat jadi sorotan media Setiap tahun Presiden selalu mengganti baju adat yang ia kenakan dari berbagai wilayah. Setiap tahun pula media massa membuat artikel deskriptif terkait budaya suku mana yang baju adatnya dikenakan Presiden. Termasuk juga pakaian-pakaian adat dari suku lain yang dikenakan oleh para pejabat.
Fokus pemberitaan lain yang sering muncul saat memberitakan upacara kemerdekaan di Istana negara adalah terkait keberadaan paskibraka dan pembawa baki bendera. Kali ini dua topik pemberitaan ini menghadirkan nama Mario Sihombing sebagai pengibar bendera dan Ayumi Putri Sasaki sebagai pembawa baki bendera.

Gambar 5. Serba-serbi upacara hari kemerdekaan 
Gambar 6. Serba-serbi upacara hari kemerdekaan Penyanyi Farel Viral saat Perayaan HUT RI
Akan tetapi pada tahun ini setidaknya ada dua kejutan lain yang menarik pemberitaan media massa. Yakni keberadaan penyanyi cilik Farel Prayoga yang berhasil menghibur peserta acara dengan sajian lagu dangdut campursari berjudul “Ojo Bandingke”. Pemberitaan tentang aksi Farel memberi sentimen positif pada topik perayaah HUT Kemerdekaan RI.

Gambar 7. Penyanyi cilik Farel Prayogo Topik penyanyi Farel nampak dikupas habis oleh media massa. Narasi-narasi baru bermunculan selama periode pemantauan topik perayaan hari kemerdekaan di Istana Negara. Antara lain seperti profil dan biodata penyanyi, cerita hidup Farel, berita tentang sang pencipta lagu, hingga deretan pejabat negara yang berjoget menikmati sajian hiburan tersebut.

Gambar 8. Ragam berita hiburan tentang aksi menyanyi Farel 
Gambar 9. Ragam berita hiburan tentang aksi menyanyi Farel 
Gambar 10. Ragam berita hiburan tentang aksi menyanyi Farel 
Gambar 11. Ragam berita hiburan tentang aksi menyanyi Farel Sebagai liputan terkait kemeriahan acara perayaan HUT RI di Istana Negara, pemberitaan tentang Farel tidak berdiri sendiri. Ada sejumlah penyanyi lain yang ceritanya juga menjadi sorotan pemberitaan media massa. Para penyanyi tersebut antara lain Dere, Lyodra, dan Vidi Aldiano.

Gambar 12. Berita penyanyi yang diangkat media 
Gambar 13. Berita penyanyi yang diangkat media Netray menemukan bahwa pemberitaan untuk Lyodra adalah karena sempat viral di media sosial. Alasanya adalah karena sebuah kejadian unik ketika Lyodra sedang bernyanyi. Tugas Lyodra adalah menyanyikan lagu-lagu daerah dari sejumlah wilayah sebagai persembahan untuk perayaan hari kemerdekaan. Ketika sampai pada wilayah Papua, Lyodra tanpa sengaja meneriakkan pekik merdeka.

Gambar 14. Viral berita penyanyi Lyodra 
Gambar 15. Viral berita penyanyi Lyodra Tidak ada maksud apapun dari sang penyanyi dengan menyerukan kata merdeka setelah ia menjelaskan lagu yang akan ia nyanyikan. Akan tetapi warganet yang usil menganggap bahwa ini adalah sebuah pesan tersembunyi. Akun @OnlyFrens menjadi akun yang meraup banyak interaksi karena mengangkat topik ini.

Gambar 16. Twit warganet Tak sedikit warganet yang membela Lyodra dengan menyebutkan bahwa kata papua dan merdeka itu terpisah, ada jeda, atau titik. Tak sedikit juga yang menilai bahwa apa yang diunggah akun @OnlyFrens ini adalah lelucon saja sehingga tidak perlu ditanggapi dengan serius.

Gambar 17. Grafik Tren Sentimen pemberitaan Keseluruhan berita hiburan yang mengisi pemberitaan tentang topik perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara memberi sentimen positif. Netray menemukan setidaknya 620 berita ditulis dengan sentimen positif. Sedangkan berita dengan sentimen negatif hanya sebanyak 51 artikel saja. Publik sedikit melupakan bahwa acara peringatan di Istana Negara ini seharusnya bersifat formal. Akan tetapi perayaan memang harus semeriah itu.
Demikian hasil analisis Netray simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/
Editor: Winda Trilatifah
-
Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 12-18 Agustus 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Erick, Puan, dan Anies menjadi 3 besar tokoh yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 12-18 Agustus 2022. Tetapi kali ini urutannya berubah. Puan yang pada periode sebelumnya di posisi pertama, kini turun di urutan kedua digantikan Erick Thohir yang kini memimpin popularitas tokoh politik di Twitter.
Sementara itu, Anies Baswedan kembali bertengger di urutan ketiga menggeser AHY yang pada periode sebelumnya sempat menyalip Anies. Di urutan keempat ada Ganjar Pranowo yang masih konsisten mengisi lima besar popularitas tokoh politik di semua kanal media.
Menariknya, meskipun secara jumlah mention nama Ridwan Kamil kalah dengan Erick, Puan, dan Anies, pada periode kali ini ia mendominasi penyebutan di TikTok, YouTube, News, dan Instagram. Ia hanya kalah di Twitter karena namanya sama sekali tidak masuk sepuluh besar pada periode ini sehingga harus berada di urutan ketujuh.
Infografik: Alvito Madista/ Editor: Irwan Syambudi
-
Pemulihan Industri Otomotif Datang Lebih Cepat

Pandemi Covid-19 seperti neraka bagi industri otomotif. Pada 2020 industri otomotif mencatat angka penjualan mobil wholesale –dari pabrikan ke dealer– terburuk dalam 10 tahun terakhir. Namun seiring membaiknya kondisi Covid-19 di tanah air, industri otomotif pun mulai bangkit.
Penjualan mobil wholesale tahun 2020 anjlok sebesar 48,3% dari tahun sebelumnya. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan pada 2020 penjualan mobil wholesale hanya 532.027 unit, sementara pada 2019 mencapai 1.030.126 unit. Kemudian angka penjualan tahun 2020 tersebut menjadi yang terburuk dalam 10 tahun terakhir.
Melemahnya daya beli masyarakat akibat pandemi COVID-19 mengguncang industri otomotif. Hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas hingga 1.500 cc mulai 1 Maret 2021 atau kurang lebih satu tahun setelah kasus COVID-19 pertama kali dilaporkan di Indonesia.
Melemahnya daya beli masyarakat karena pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab turunnya angka penjualan industri otomotif. Pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas hingga 1.500 cc mulai 1 Maret 2021.
Baca selengkapnya dalam analysis.netray.id/pemulihan industri otomotif datang lebih cepat.
Dampak relaksasi PPnBM pelan-pelan kembali mengerek penjualan mobil. Penjualan mobil wholesales tercatat sebanyak 84.910 unit pada Maret 2021. Jumlah ini naik 72,57 persen dibanding Februa
-
Solidaritas Warganet Bela Pegawai Alfamart

Tiga hari sebelum perayaan kemeredekaan Indonesia (14/8) warganet dihebohkan dengan video seorang ibu mengendarai mobil ‘Mercedes-Benz’ yang ketahuan mencuri coklat dan berusaha digagalkan oleh pegawai Alfamart. Tak hanya cokelat, ibu yang bernama Mariana Ahong tersebut juga kedapatan mengambil 2 buah sampo.
Setelah diminta membayar oleh pegawai Alfamart akhirnya Mariana masuk kembali ke minimarket. Kejadian tersebut pertama kali diunggah oleh akun @Nkhlm di Tiktok yang kemudian menyebar ke sosial media lainnya seperti Twitter.
Akibat tersebarnya video tersebut, Mariana merasa tidak terima dan membawa pengacara ke Alfamart Cisauk, Tangerang lalu mengancam pegawai Alfamart dengan UU ITE apabila tidak segera meminta maaf. Dari akun @Mei2Namaku, tampak Amelia pegawai Alfamart mengucapkan permintaan maaf karena telah menyebarkan video tersebut. Dari sinilah simpati warganet dimulai.


Warganet menganggap hal ini sebagai sebuah ketidakwajaran. Mariana jelas bersalah karena kedapatan mencuri coklat, namun ketika videonya tersebar di dunia maya, ia malah memaksa Amelia minta maaf karena video tersebut dianggap merugikan Mariana. Merasa bersimpati kepada Amelia, akun @zoelfick yang mengaku sebagai pengacara berinsiatif untuk membantu sekaligus mendukung karyawan Alfamart untuk menuntut balik Mariana.


Selang beberapa jam kemudian tepatnya pada 15 Agustus jam 01.15 melalui akun Twitternya, pihak Alfamart mengunggah pernyataan akan segera menginvestigasi kasus tersebut dan apabila diperlukan akan mengambil jalur hukum. Namun, warganet menilai langkah Alfamart tersebut cenderung lambat karena tidak segera memberi bantuan hukum kepada Amelia yang dalam kondisi tersebut sedang menjalankan tugasnya sebagai karyawan.


Ramainya perbincangan di media sosial pun menarik perhatian pengacara kondang Hotman Paris yang kemudian menawarkan bantuannya untuk mendukung Amelia. Gayung bersambut, di tanggal yang sama Alfamart secara resmi menunjuk Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum untuk Amelia yang disampaikan langsung oleh Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin dalam sebuah video. Twit ini memperoleh engagement yang besar dengan kurang lebih 44 ribu likes, 10 ribu retweets, dan 3 ribu replies dari warganet.

Di samping itu, sempat beredar pertanyaan warganet soal mengapa video penangkapan Mariana harus diunggah ke sosial media sehingga justru memungkinkan si pegawai diancam pasal UU ITE. Namun kemudian hal tersebut dibantah oleh akun @Sam_Ardi yang merujuk pada pernyataan Hotman Paris bahwa bukan Amelia yang mengunggah video tersebut ke sosial media.


Tak berselang lama, Kamis (15/8) malam di Mapolres Tangerang, Mariana beserta anaknya, Ivana Valenzia Putri menyatakan permintaan maaf kepada karyawan Alfamart. Tampak dari video yang beredar Ivana sambil menggandeng sang ibu mengucapkan maaf kepada Amelia yang hadir bersama pengacara Frank Hutapea, anak dari Hotman Paris.

Kehebohan yang berlangsung singkat ini setidaknya menarik lebih dari 22 ribu akun Twitter untuk ikut dalam pusaran perbincangan. Dengan kata kunci alfamart, alfamart&&UU ITE, karyawan alfamart, pegawai alfamart, dan mencuri coklat, Netray menemukan sebanyak 48,8 tibu twit membicarakan kasus ini sepanjang 14 Agustus hingga 16 Agustus 2022.

Gambar 1. Statistik perbincangan topik di Twitter 
Gambar 2. Grafik sentimen perbincangan topik di Twitter Sentimen negatif mendominasi sebanyak 23,1 ribu twit dengan total impresi 149,8 juta yang berpotensi menjangkau 186 juta akun pengguna Twitter. Adapun puncak perbincangan terjadi pada tanggal 15 Agustus 2022 dengan sentimen negatif yang mendominasi. Dalam topik ini, sentimen negatif lebih banyak ditujukan kepada Mariana sebagai pencuri coklat. Ada pun sentimen negatif untuk Alfamart lebih kepada keterlambatan respon dan karena dianggap kurang melindungi karyawannya.
Sementara itu, di Tiktok topik ini mendapatkan banyak reaksi. Selama tiga hari pemantuan, terdapat sebanyak 383 unggahan terkait kasus pencurian coklat di Alfamart, mulai dari unggahan berita, tanggapan dari pengguna Tiktok akan masalah ini parodi kejadian Mariana ketahuan mencuri coklat.

Gambar 3. Statistik perbincangan topik di TikTok Unggahan akun @babecabiita menjadi yang terpopuler dalam memparodikan kejadian ini dengan 226,6 ribu likes, 1,3 ribu shares dan 2,7 ribu komentar. Selain itu terdapat akun @rumah_pancasila sebagai akun paling populer yang menyampaikan bahwa karyawan Alfamart tersebut tidak bisa dijerat UU ITE pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik karena konten atau video yang beredar adalah sebuah fakta. Sebaliknya justru Mariana bisa dipidana akibat pencurian di ruang publik. Unggahan ini mendapat 2,3 juta likes, 46,9 ribu komentar, dan 56 ribu shares.


Pantauan Media Massa Isu Pencurian Coklat di Alfamart
Netray memantau sebanyak 747 berita yang muncul dari 74 media online terkait isu pencurian coklat di Alfamart. Sentimen positif banyak muncul untuk Alfamart terutama mengenai Amelia yang mendapat bantuan hukum menjadi berita yang cukup banyak muncul. Puncak berita terjadi pada 15 Agustus 2022.

Gambar 4. Statistik perbincangan topik di News 
Gambar 5. Grafik sentimen di News Selain Hotman Paris, ada juga Arief Muhammad dan Giring Ganesha yang turut berniat untuk membantu karyawan Alfamart ini dalam menghadapi kasus. Akibat dari kejadian ini, saham Alfamart pun sempat mengalami kenaikan sebanyak 6,56% di Rp1.950, pada Selasa (16/8/2022).



Dari kasus ini langkah Alfamart membela pegawainya dinilai tepat dan memberi sinyal yang baik bagi citra perusahaan. Walaupun sempat dianggap lambat oleh warganet, pernyataan Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin yang menunjuk Hotman Paris sebagai pengacara mendapat simpati yang meriah dari warganet. Apalagi kini publik sudah cukup cerdas bahwa UU ITE tidak bisa digunakan secara sembarangan apalagi untuk menindas rakyat kecil sehingga keadilan tetap tegak.
Editor: Winda Trilatifah
-
Isu Pelecehan di Lingkungan Kerja, Warganet Serang Kawan Lama Group

Belum lama ini topik pelecehan seksual kembali menjadi perbincangan warganet. Dugaan pelecehan seksual ini menjadi ramai setelah @jerangkah membuat sebuah utas di Twitter. Ia menceritakan pelecehan verbal yang diterima istrinya setelah menjadi model foto produk kantor. Disampaikan bahwa pelecehan tersebut dilakukan oleh sesama karyawannya via WhatsApp Grup.
Utas tersebut kemudian mendapat banyak respons dari sesama warganet yang turut prihatin hingga menyeret perusahaan Kawan Lama Group yang menjadi tempat bekerja istri @jerangkah. Untuk melihat bagaimana respons warganet, Netray melakukan pemantauan terkait topik ini di media sosial Twitter dengan hasil sebagai berikut.

Gambar 1. Infografik Twitter Netray melalukan pemantaun topik ini sejak 13 Agustus 2022 sampai dengan 16 Agustus 2022 dengan menggunakan kata kunci kantor && pelecehan, kawan lama, kawan lama && pelecehan. Hasilnya, tampak cuitan pada topik ini mencapai 1.006 cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 14,8 ribu yang berpotensi menjangkau 74,6 juta akun pengguna Twitter.
Selain melakukan pemantauan dengan beberapa kata kunci, Netray juga melakukan monitoring account untuk mengetahui lebih jauh perbincangan warganet terkait topik ini. Adapun akun yang dimonitoring oleh Netray adalah akun @jerangkah yang merupakan akun suami korban.
Melalui akunnya @jerangkah membuat utas terkait dugaan pelecehan yang dilakukan oleh rekan-rekan kerja istrinya tersebut. Ia juga membeberkan awal mula persoalan tersebut yakni saat istrinya menjadi model untuk foto produk dari kantornya yang justru berakhir dengan pelecehan yang terjadi di chat grup pertemanan kantornya.

Gambar 2. Monitoring Account @jerangkah Sontak utas yang dicuitkan pada 13 Agustus 2022 tersebut dibanjiri oleh berbagai reaksi warganet, mulai dari komentar, like, hingga retweet. Sebagaimana tampak pada akun monitoring Netray utas tersebut di-retweet hingga 37 ribu kali dan disukai sebanyak 97 ribu pengguna Twitter.

Gambar 3. Kosa kata populer Sementara berdasarkan kosa kata populer dapat diamati berbagai kosa kata yang kerap digunakan warganet dalam menanggapi topik ini, seperti gila, mesum, pelaku, jokes, dan berbagai kosa kata lainnya. Sebagai peristiwa yang rentan terjadi, pelecehan seksual memang selalu mampu memantik emosi warganet. Tak heran bila persoalan ini kemudian menarik respons warganet.
Dinilai Tidak Ditindak Tegas, Warganet Menyayangkan Sikap Kawan Lama Group
Warganet yang merasa geram dengan kasus ini pun meminta perusahaan menindak tegas para pelaku. Warganet juga menyayangkan persoalan yang masih saja kerap terjadi di lingkungan kerja ini. Padahal lingkungan kerja seharusnya menjadi lingkungan yang sehat agar setiap karyawan dapat bekerja dengan baik sehingga perusahaan dinilai harus bersikap tegas terhadap persoalan seperti ini.




Gambar 4. Komentar warganet Warganet mengutuk perbuatan para pelaku dan menyayangkan sikap dari perusahaan tersebut yang dikabarkan hanya menindak dengan SP3. Meski sebagian warganet cukup merasa puas dengan sanksi sosial yang diterima oleh para pelaku, tidak sedikit warganet yang menilai perusahaan kurang tegas padahal pelecehan seksual bukan merupakan perbuatan yang dapat ditoleransi.




Gambar 5. Komentar warganet Akibat persoalan ini Kawan Lama Group menjadi sasaran kemarahan warganet, tak hanya reputasi bahkan nama baik perusahaan ini pun tercoreng. Ditambah dengan sikap yang diambil oleh perusahaan tersebut dinilai tidak memihak korban. Sebagaimana tampak pada cuitan warganet pada Gambar 5, mulai dari warganet yang menjadi enggan berbelanja produk dengan naungan perusahaan tersebut hingga merasa bersyukur ditolak saat melamar di Kawan Lama Group.

Gambar 6. Media populer 
Gambar 7. Media populer Perusahaan ternama tersebut kini pun terancam mendapat sanksi moral dari warganet. Hal ini berdampak pada popularitas perusahaan yang menaungi berbagai perusahaan lainnya tersebut. Terutama karena warganet menilai lingkup pelecehan yang dialami oleh korban berada pada ranah lingkungan pekerjaan dan antarkaryawannya. Sehingga perusahaan harus menindak tegas para pelaku.

Gambar 8. Top People dan Top Organizations Akun @jerangkah pada topik ini menjadi akun yang paling populer karena merupakan pemantik perbincangan yang dalam hal ini juga sekaligus sebagai suami korban. Selain itu, pada kategori Top Organizations tampak akun @asumsico menjadi akun paling populer yang merupakan akun portal media pemberitaan daring yang banyak menyoroti persoalan ini.
Demikian hasil analisis Netray simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/
Editor: Winda Trilatifah
-
Tarif Ojol Dikabarkan Naik, Warganet: Semua Naik Kecuali Gaji

Kabar kenaikan tarif ojol tengah ramai menjadi perbincangan, baik di media sosial maupun di media pemberitaan daring. Naiknya tarif ojol ini pun ramai mendapat berbagai komentar dari warganet. Terlebih kenaikan ini turut diiringi oleh isu naiknya harga mie instan. Tak heran jika warganet kemudian ramai-ramai mengeluh akan persoalan ini.
Adapun perubahan batas tarif ojek online yang paling disoroti yakni pada wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Berdasarkan regulasi terbaru, tarif minimal naik menjadi kisaran Rp13.000-Rp13.500, dari awalnya Rp7.000-Rp10.000.
Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No.KP 564/2022, pengaturan biaya jasa ditentukan oleh sistem zonasi yang terbagi menjadi tiga zonasi. Zona I meliputi Sumatera, Jawa selain Jabodetabek, serta Bali; Zona II Jabodetabek; dan Zona III Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Gambar 1. Infografik News Netray memantau pembahasan media terkait persoalan ini sejak 05 Agustus 2022 sampai dengan 11 Agustus 2022. Hasilnya, tampak pada Gambar 1 di atas. Di media pemberitaan daring, pembahasan terkait naiknya tarif ojol mencapai 267 artikel yang berasal dari 57 media. Adapun kategori paling populer terkait topik ini yaitu keuangan dan transportasi.

Gambar 2. Intensitas pemberitaan 
Gambar 3. Grafik sentiment trend Berdasarkan grafik pemberitaan di atas, tampak intensitas pembahasan media mulai meningkat signifikan pada 09 Agustus 2022. Sebagaimana diketahui bahwa Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menerbitkan regulasi terbaru untuk mengatur tarif ojek online. Ketentuan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

Gambar 4. Berbagai pemberitaan terkait kenaikan tarif ojol di media daring Berbagai pemberitaan pada tanggal 09 Agustus 2022 memuat kabar mengenai rencana kenaikan tarif ojol yang akan diterapkan pada 14 Agustus 2022. Kemenhub meminta perusahaan ojek online berbasis aplikasi di Indonesia seperti Gojek dan Grab untuk melakukan penyesuaian tarif dengan menerapkan besaran biaya jasa baru batas bawah, biaya jasa batas atas, dan biaya jasa minimal berdasarkan sistem zonasi.

Gambar 5. Salah satu pemberitaan pada tanggal 11/08/22 
Pemberitaan terkait rencana kenaikan tarif ojol ini pun mendapat sorotan dari berbagai pihak. Termasuk pihak yang kontra akan putusan ini, seperti halnya pada Gambar 5 tampak Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan menolak rencana kenaikan tarif ojol. Pandangan serupa juga disuarakan oleh Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha. Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu menilai perusahan ojol tidak bisa menggunakan Permenhub tersebut untuk menaikan tarif ojol. Sebab menurutnya, peraturan tersebut tidak dapat berlaku untuk ojek online.
Tarif Ojol Bakal Naik, Seperti Apa Keluhan Warganet Sebagai Pelanggan?
Tak hanya menjadi pembahasan di media pemberitaan, kabar mengenai kenaikan tarif ojol ini pun ramai menjadi perbincangan warganet. Sebagai pelanggan beberapa warganet tampak mengeluhkan kenaikan ini. Melalui akun Twitternya tampak sejumlah warganet turut terlibat dalam perbincangan terkait topik ini. Hal ini pun dapat diamati melalui hasil pantauan Netray berikut.

Gambar 6. Infografik perbincangan warganet Berdasarkan hasil pantauan Netray pada periode yang sama ditemukan setidaknya 3.287 cuitan terkait topik ini. Adapun jumlah sentimen positif pada perbincangan ini sebanyak 706 cuitan sedangkan cuitan negatif mencapai 1.824 cuitan. Sementara jumlah impresi pada topik ini mencapai 551,3 ribu yang berpotensi menjangkau 94,6 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 7. Intensitas perbincangan warganet Perbincangan warganet terkait kenaikan tarif ojol muncul sejak awal pemantauan Netray, yakni 05 Agustus 2022. Perbincangan tersebut terus meningkat signifikan hingga pada 11 Agustus 2022. Sementara itu, pada grafik sentimen trend laju perbincangan negatif warganet tampak konsisten mengungguli garis perbincangan bersentimen positif.


Gambar 8. Komentar warganet Berbagai komentar warganet tampak meramaikan topik terkait kenaikan tarif ojol. Sebagai pelanggan warganet berpendapat bahwa kenaikan ini dapat berimbas ke bidang lainnya. Tak hanya itu, kebijakan ini pun dinilai akan merugikan pelanggan dan dapat menurunkan pemasukan driver.



Gambar 9. Komentar warganet Kenaikan tarif ojol pun semakin ramai mendapat sorotan karena berbarengan dengan kabar kenaikan kebutuhan lainnya, seperti halnya bensin yang telah lebih dulu naik, dan mie instan yang dikabarkan akan segera menyusul. Warganet menilai kini harga kebutuhan sehari-hari menanjak naik sementara gaji tak mengalami kenaikan. Mereka pun khawatir akan upah yang nantinya tidak dapat menutupi kebutuhan tersebut. Tak heran bila hal ini ramai-ramai dikeluhkan oleh warganet.


Pembahasan media pemberiaan daring terkait kenaikan tarif ojol paling banyak diterbitkan oleh Detik dan Bisnis Indonesia. Sementara akun di Twitter paling populer pada topik ini adalah @disyarinda yang mengunggah opininya terkait opsi bekerja jarak jauh untuk menyiasati kenaikan tarif ojol, macet, hingga cuaca ekstrem yang kini tengah melanda.
Demikian hasil analisis Netray, simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/
Editor: Winda Trilatifah
-
Tanggapi Isu Kenaikan Mie Instan, Anak Kos Berduka

Isu kenaikan harga mie instan yang mencapai 3x lipat santer diperbincangkan warganet. Berbagai keluhan hingga twit satire dicuitkan warganet dalam rangka menanggapi isu tersebut. Hal ini bermula dari pernyatan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam webinar bersama Ditjen Tanaman Pangan pada Senin (08/08/2020). Dalam pernyataan tersebut, Mentan mengatakan bahwa akan ada kemungkinan harga mie instan naik menjadi 3x lipat dikarenakan dampak perang Rusia-Ukraina.

Gambar 1 Sampel Berita 
Kemunculan berita ini sontak menjadi bahan pemberitaan media massa. Dalam periode pemantauan 8-12 Agustus 2022, pemberitaan terkait topik ini mencapai 241 artikel (gambar 2) dengan perbandingan sentimen pemberitaan yang tak terlalu jauh (gambar 3).

Gambar 2 Total News dan Media 
Gambar 3 Peak Timen dan Sentiment Trend Topik Kenaikan Harga Mie Nasib masyarakat Indonesia pasca kenaikan mie instan mewarnai headline pemberitaan media massa. Hal tersebut menyumbang sentimen negatif pada topik dengan kata kunci ‘mie instan’.
Kenaikan mie instan memberikan dampak pada semua kalangan. Namun, menurut artikel yang disajikan oleh beberapa media berita online, kalangan yang paling terdampak ialah anak kos dan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Gambar 4 Sampel Berita Negatif 
Meski sempat mendulang sentimen negatif, berita bersentimen positif pada topik ini kembali memuncak di tanggal 11 Agustus 2022. Angin segar nampaknya datang dari Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan direktur PT Indofood, Franciscus (Franky) Welirang. Mendag mengatakan bahwa kenaikan harga gandum akibat dari perang tersebut tidak akan berdampak pada kenaikan mie instan. Hal tersebut lantas dibenarkan oleh bos Indofood yang juga meyakinkan masyarakat bahwa harga Indomie tidak akan mengalami kenaikan meski harga gandum meroket di bulan Agustus-September.

Gambar 5 Sampel Berita Positif 
Isu Mie Instan Naik 3x Lipat Ramai Dikeluhkan Warganet
Harga mie instan yang dikabarkan akan meroket tersebut juga ramai diperbincangkan warganet. Dengan periode pemantauan yang sama, ditemukan sebanyak 8.733 twit dengan kata kunci ‘mie instan’ dan ‘mi instan’. Lebih dari empat ribu akun memberikan impresinya terhadap isu kenaikan mie instan ini. Separuh lebih percakapan diisi dengan sentimen negatif.

Gambar 6 Statistik Twitter Topik Kenaikan Harga Mie Kondisi ekonomi pasca pandemi yang terbilang masih ‘susah’ dan dibarengi dengan kenaikan beberapa komoditas bahan pangan memberikan sumbangan lebih dari empat ribu twit bersentimen negatif. Keluhan terkait hal-hal tersebut pun dapat ditemukan di dalam jajaran Top Complaints pantauan Netray.

Gambar 7 Jajaran Komplain Tak hanya itu, twit bernada satire juga diungkapkan warganet untuk mengomentari isu ini. Seperti twit @aan__ yang menilai bahwa kenaikan mie instan akan menaikkan kelas mie instan sehingga makan di warmindo menjadi lebih fancy. Atau twit @convomf yang mengatakan jika tidak mampu membeli mie instan, promag ,-obat untuk mengatasi maag dan asam lambung karena telat makan- pun tidak masalah. Dengan kata lain, warganet ingin menyampaikan jika kenaikan harga mie juga akan memicu ‘kelaparan’ bagi beberapa kalangan.

Gambar 8 Sampel Twit 
Seperti yang banyak diberitakan oleh media massa, kalangan yang paling terdampak akibat kenaikan harga mie ialah kalangan anak kost. Erat kaitannya anak kos dengan mie instan karena olahan gandum ini merupakan makanan instan yang dinilai murah dan mudah didapat. Tidak heran jika banyak warganet yang turut berbela sungkawa terhadap nasib anak kos yang kemungkinan akan mendapat dampak besar jika mie instan benar-benar naik 3 kali lipat.

Gambar 9 Sampel Twit Tak hanya banjir keluhan, topik ini juga menjadi ajang kritik warganet terhadap pemerintah. Warganet menilai tingginya harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina semestinya bukan menjadi alasan untuk menaikkan harga mie instan menjadi 3x lipat. Hal ini lantaran warganet beranggapan bahwa komponen mie instan bukan hanya dari gandum. Selain itu, warganet juga mengingatkan bahwa harga gandum sudah melewati harga puncak sehingga memutuskan menaikkan harga mie instan dinilai berlebihan.


Gambar 10 Sampel Twit Meski banjir keluhan dan kritik dari warganet, tak lupa beberapa warganet juga memberikan tips untuk mengatasi apabila isu ini benar terealisasi. Salah satunya ialah twit dari mantan menteri kelautan Susi Pudjiastuti yang mengingatkan untuk mengurangi konsumsi mie instan demi kesehatan serta masih banyak makanan Indonesia yang dapat dinikmati.


Gambar 11 Sampel Twit Isu kenaikan harga mie instan yang menjadi 3x lipat menjadi ‘kejutan’ bagi masyarakat. Mengingat makanan ini merupakan salah satu makanan yang terbilang eksis di semua kalangan. Meski sempat dihebohkan akan kenaikan harganya yang berlipat-lipat, nyatanya isu tersebut mendapat tepisan dari bos salah satu produsen mie terbesar di Indonesia.
Demikian analisis Netray. Simak analisis lainnya di analysis.netray.id.
Editor: Winda Trilatifah
-
Pemulihan Industri Otomotif Datang Lebih Cepat

Pandemi Covid-19 bak neraka bagi industri otomotif, penjualan mobil wholesale –dari pabrikan ke dealer– pada 2020 mencatat angka terburuk setidaknya dalam 10 tahun terakhir. Namun sejak 2021 seiring dengan membaiknya situasi COVID-19, industri otomotif bangkit dan mampu pulih lebih cepat.
Penjualan mobil wholesale pada 2020 anjlok sebesar 48,3% dari tahun sebelumnya. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan pada 2020 penjualan mobil wholesale hanya 532.027 unit, sedangkan pada 2019 mencapai 1.030.126 unit. Angka penjualan itu jadi yang terburuk dalam 10 tahun terakhir.
Melemahnya daya beli masyarakat akibat pandemi COVID-19 mengguncang industri otomotif. Hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas hingga 1.500 cc mulai 1 Maret 2021 atau kurang lebih satu tahun setelah kasus COVID-19 pertama kali dilaporkan di Indonesia.
Dampak relaksasi PPnBM pelan-pelan kembali mengerek penjualan mobil. Penjualan mobil wholesales tercatat sebanyak 84.910 unit pada Maret 2021. Jumlah ini naik 72,57 persen dibanding Februari 2021 sebesar 49.202 unit atau sebelum relaksasi PPnBM diberlakukan. Penjualan mobil di Maret 2021 juga tumbuh 10,54 persen year on year (yoy) dibanding Maret 2020 sebesar 76.811 unit.
Berlakunya PPnBM sektor otomotif bertahap dari 100%, 50% hingga 25% di akhir 2021 membuahkan hasil. Didukung makin membaiknya situasi COVID-19 setelah mulai dilakukan vaksinasi membuat daya beli masyarakat sedikit membaik. Industri otomotif pun pulih lebih cepat. pada 2021 tercatat penjualan mobil wholesale mencapai 1.121.967 unit. Angka itu bahkan melampaui tahun 2019 saat pandemi belum menerjang Indonesia.
Peningkatan ini pun kembali terjadi pada 2022 yang dalam rentang Januari-Juni 2022 (Semester I) penjualannya mencapai 475.321 unit. Angka ini melampaui penjualan pada periode yang sama pada 2021 yang hanya mencatatkan 393.46 unit. Sehingga mengalami pertumbuhan 20,80%.
Pada semester I 2022 berdasarkan data Gaikindo, kontribusi terbesar berasal dari Toyota yakni 31,4% atau penjualan sebanyak 149.461 unit. Di bawah Toyota, membuntuti Daihatsu dengan penjualan sebesar 90.343 unit (19%), Honda 62.585 unit (13,2%), Mitsubishi Motors 51.296 unit (10,8%), dan Suzuki 41.413 unit (8,7%).
Posisi Toyota sebagai brand paling diminati pasar agaknya memang belum dapat tergantikan oleh pesaingnya. Hal ini pun dikukuhkan dengan peningkatan penjualan yang bahkan pada tahun 2021 menyentuh angka 295.768 unit dan pada semester I 2022 mencapai 149.461 unit. Sedangkan di bawahnya terdapat Daihatsu yang pada tahun 2021 mampu menjual sebanyak 164.908 unit. Kini pada Semester I 2022 Daihatsu mampu menjual 90.343 unit.
Pada 2021 penjualan unit kembali bergeliat, termasuk di pasar ekspor Completely Built Up (CBU) atau mobil secara utuh buatan maupun secara terurai Completely Knocked Down (CKD), dan ekspor komponen otomotif.
Ekspor CBU sepanjang 2021 mampu mencapai angka 294.639 unit atau naik sebesar 62.464 unit dari 2020. Pada tahun 2021 ekspor komponen mobil mencatat 85.679.609 pis atau naik 40,1% dibanding 2020 yang hanya mencapai 61.177.323 pis unit.
Kontribusi Industri Otomotif Membaik
Dalam beberapa tahun terakhir industri otomotif telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Berdasarkan data BPS industri otomitif berkontribusi terhdap produk domestiK bruto (PDB) nasional khusunya pada perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor pada 2018 tumbuh 0,66; 2019 tumbuh 0,61; dan pada 2020 karena pandemi mengalami minus sebesar -0,19.
Baru pada 2021 mulai bangkit dan tumbuh sebesar 0,13. Di 2022 kebangkitan juga terlihat setidaknya hingga semester 1 2022 perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor tumbuh 0,75 pada triwulan I 2022 dan 0,66 pada triwulan II 2022.
Sementara itu pada industri alat angkutan yang terdiri dari kendaraan bermotor, kapal hingga pesawat terbang juga mulai meningkat. Pada 2020 industri alat angkutan menyumbang sekitar 1,35% terhadap PDB nasional, atau menyumbang sekitar 7,57% terhadap PDB industri pengolahan nonmigas.
Pada berikutnya BPS melaporkan industri alat angkutan mengalami pertumbuhan 0,26 dibanding tahun sebelumnya.
Kemenperin mencatat, saat ini terdapat 22 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang berada di Indonesia. Sektor ini telah menyumbangkan nilai investasi sebesar Rp99,16 triliun dengan total kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun dan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38,39 ribu orang.
Meski sempat berada pada lembah akibat menurunnya jumlah penjualan di tahun 2020, kini sejak tahun 2021 dan tahun 2022 menjadi comeback pasar industri otomotif di Tanah Air. Hal ini juga menjadi petunjuk adanya pergerakan positif dari perekonomian Tanah Air.
Industri Otomotif dalam Pantauan Pemberitaan
Netray mengamati berbagai pemberitaan terkait industri otomotif di berbagai portal media online selama 1 Juli 2022 sampai dengan 31 Juli 2022 dengan menggunakan kata kunci otomotif dan industri && otomotif.
Gambar 1. Statistik pemberitaan mengenai industri otomotif Selama periode tersebut jumlah pemberitaan terkait topik ini mencapai 3.276 artikel yang berasal dari 114 portal media pemberitaan. Sementara pada top kategori tampak artikel pemberitaan didominasi oleh kategori otomotif dan keuangan.
Gambar 2. Statistik sentimen pemberitaan Berdasarkan grafik di atas intensitas pemberitaan terkait otomotif juga terlihat setiap harinya selama periode pantauan Netray. Artikel pemberitaan tersebut pun didominasi oleh sentimen positif.
Melalui hasil penelusuran Netray tren positif tersebut dipengaruhi oleh beberapa isu terkait topik otomotif yang tengah beredar di media pemberitaan, seperti pertumbuhan industri otomotif dan perbincangan terkait mobil listrik yang semakin marak menjadi pembahasan.
Gambar 3. Sampel pemberitaan industri otomotif Sempat diterpa badai pandemi kini produsen otomotif Toyota pada semester I/2022 tumbuh signifikan dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut menyentuh angka 22,3%. Penjualan mobil dapat menjadi salah satu indikator untuk melihat tingkat konsumsi masyarakat Indonesia sehingga dapat menjadi ukuran dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia yang didorong oleh tingkat konsumsi.
Realisasi penjualan mobil di pasar dalam negeri sepanjang Juni 2022 berhasil kembali meningkat, sebesar 37,5%. Toyota Avanza berhasil kukuhkan posisi pertama sebagai mobil terlaris di Indonesia per-Juni 2022 dengan terjual sebanyak 6.172 unit.
Selain pemberitaan terkait pertumbuhan angka penjualan di semester I/2022 pemberitaan terkait otomotif juga didominasi oleh isu terkait kendaraan listrik.
Tak hanya menjadi isu yang berkembang secara global, kini tren mobil listrik juga ramai menjadi pembahasan media pemberitaan Nasional. Terutama saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kenegaraanya di Seoul, Korea Selatan, menyampaikan misi ajakan untuk berinvestasi di Indonesia. Presiden Joko Widodo meminta Investor Korsel untuk membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia.
Untuk menunjukkan komitmen pemerintah dalam menciptakan Green Economy serta Sustainable Tourism pemerintah kini bersama GMF, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Bandar Lampung (UBL) tengah mengembangkan penelitian terkait kendaraan listrik.
Gambar 4. Top Portal pemberitaan industri otomotif Pada topik seputar industri otomotif tampak Viva menjadi portal berita yang paling banyak menerbitkan artikel dengan total mencapai 515 artikel. Selain itu, tampak Antara 184 dan Kompas 163 serta berbagai portal media pemberitaan daring lainnya.
Gambar 5. Top People pemberitaan industri otomotif Sementara pada kategori Top People, Joko Widodo selaku Presiden RI menjadi tokoh yang paling banyak disebutkan di dalam artikel terkait. Diikuti oleh Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.
Meski sempat terpuruk akibat pandemi kini industri otomotif Tanah Air menunjukkan geliat pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan positif tersebut ditandai dengan nilai ekspor yang kian mengalami peningkatan terutama di tahun 2021 dan Semester I/2022. Dalam hal ini Toyota masih menjadi penyumbang penjualan terbanyak dan masih merajai pasar otomotif di Tanah Air.
Sementara melalui media pemberitaan tampak tren positif membanjiri artikel terkait industri otomotif yang banyak dipopulerkan oleh Viva. Pada periode pemantauan Netray tampak pembahasan media terkait otomotif didominasi oleh topik seputar brand yang paling diminati oleh pasar dan isu terkait perkembangan mobil listrik.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di https://analysis.netray.id/. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di https://netray.id/
Editor: Irwan Syambudi
-
Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 5-11 Agustus 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Puan, AHY, dan Erick menjadi 3 besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 5-11 Agustus 2022. Berbeda dari pantauan periode sebelumnya, di mana 3 besar selalu diisi oleh Puan, Erick, dan Anies, kali ini ada nama AHY yang berada di posisi kedua melewati Erick Thohir.
Dari pantauan Netray, puncak popularitas AHY naik karena dipicu oleh banyaknya sebutan untuk AHY pada 10 Agustus 2022 yang berisi ucapan ulang tahun untuk AHY dan dukungan untuk duet AHY-Anies di Twitter. Momentum ini menjadikan AHY berada dalam 3 besar tokoh politik populer menggantikan Anies.
Sementara itu, Anies yang selalu konsisten masuk 3 besar kini harus turun di posisi 5. Namanya kali ini tidak unggul di media pemberitaan karena Ridwan Kamil lebih dominan, tak hanya di News tetapi juga di TikTok dan YouTube.
Meskipun demikian, nama Ridwan Kamil belum mampu tembus 5 besar karena popularitas Ganjar di Twitter masih lebih tinggi ketimbang Ridwan Kamil.
Infografik: Alvito Madista/ Editor: Irwan Syambudi
Home Home














