Home Blog Page 53

Raup Impresi Negatif di Twitter, Kebijakan Bea Cukai RI Dinilai Tak Masuk Akal

Seorang penyanyi bernama Fatimah Zahratunnisa mengaku mendapat kesulitan saat berhadapan dengan bea cukai Indonesia. Melalui sejumlah cuitan yang dia buat di Twitter, @zahratunnisaf bercerita bahwa dirinya menerima tagihan dari bea cukai untuk piala penghargaan yang ia bawa dari Jepang. Meskipun cerita tersebut terjadi pada tahun 2015 silam, unggahan @zahratunnisaf kini memancing perbincangan di Twitter hingga semakin luas.

bea cukai
Gambar 1. Twit dari akun @zahratunnisaf

Netray Media Monitoring lantas melakukan pemantauan di linimasa Twitter selama periode 21-27 Maret 2023. Selain memantau akun @zahratunnisaf, Netray juga memantau sejumlah kata kunci perbincangan seperti bea, cukai, dan becuk. Sejumlah fakta data perbincangan berhasil dikumpulkan dari pemantauan ini.

Topik bea cukai selama sepekan mendatangkan twit sebanyak 31.158 unggahan dari warganet Twitter. Interaksi warganet terhadap total twit tersebut menghasilkan impresi sebesar 72,6 juta dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Dan secara potensial, perbincangan ini dapat menjangkau setidaknya 153,7 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Gambar 2. Peak Time dan statistik pemantauan

Secara garis besar, twit dengan sentimen negatif jauh menguasai perbincangan warganet. Totalnya mencapai angka 20.015 twit. Sedangkan sentimen positif hanya mampu muncul di angka 3.818 twit selama periode pemantauan. Sisanya adalah twit dengan sentimen netral. Lantas mengapa twit dengan sentimen negatif lebih mendominasi perbincangan? Siapa saja yang menjadi pusat-pusat perbincangan warganet?

Gambar 3. Trend sentimen perbincangan topik bea cukai

Meskipun menjadi akun yang memantik perbincangan hingga menjangkau audiens yang luas, akun @zahratunnisaf terpantau tidak menjadi akun yang mendapat impresi terbanyak. Akun @PartaiSocmed terpantau menjadi pusat perbincangan dengan total raihan impresi sebesar 145.889 kali. Reaksi atas sejumlah twit dari akun ini terhitung impresif karena cukup jauh di atas total impresi akun-akun yang lain.

Apa Kata Warganet Seputar Topik Bea Cukai

Gambar 4. Akun dengan impresi tertinggi

Salah satu unggahan dari akun @PartaiSocmed yang mendapat respons terbanyak dari warganet adalah unggahan pada tanggal 22 Maret 2023. Twit dengan sentimen negatif tersebut melayangkan pertanyaan kepada akun @beacukaiRI atas sebuah foto di mana terdapat sebuah penumpang pesawat yang mendapat perlakuan istimewa di sebuah bandara, yakni mendapat jemputan khusus ketika masih berada di area landasan pacu pesawat.

Gambar 5. Twit dari akun @PartaiSocmed

Akan tetapi, masalah yang lebih sering dibahas akun ini terkait topik bea cukai adalah adanya dugaan kasus fraud di Bandara Internasional Kualanamu di Medan, Sumatera Utara. Hal ini bisa dilacak melalui kata yang sering digunakan oleh akun @PartaiSocmed saat mereka membahas topik pemantauan.

Gambar 6. Twit dari akun @PartaiSocmed

Kasus di Kualanamu ini mencuat setelah sempat viral di internet soal dugaan pelanggaran selama tahun 2022 yang lalu. Sejumlah pegawai bea cukai di bandara tersebut membuat surat terbuka guna membongkar praktik pelanggaran pendaftaran IMEI atas handphone, komputer, dan tablet oleh sejumlah oknum. 

Komplain secara langsung terhadap pihak bea cukai bandara baru ditemukan di unggahan yang dibuat oleh akun @kerissakti. Twit-twit akun tersebut mendapat impresi terbanyak kedua yakni 54.647 kali. Akun tersebut merupakan milik seorang pegiat ekonomi kreatif di Indonesia, yakni pendiri perusahaan pengembang game bernama Kris Antoni.

Gambar 7. Twit dari akun @kerissakti

Apa yang dialami Kris kurang lebih mirip dengan yang dialami penyanyi Fatimah Zahratunnisa. Kris mendapat kiriman dari luar negeri sejumlah barang yang memiliki nilai ekonomis kecil akan tetapi sangat berguna bagi industri kreatif yang ia lakoni. Kris protes karena harus membayar pajak dan dia dianggap ingin berjualan barang-barang yang ia dapat dari luar negeri secara gratis tersebut.

Akun @zahratunnisaf sendiri menempati posisi ketiga dari perolehan jumlah impresi terbanyak, yakni 23.629 kali respons dari warganet. Berikut ini adalah sejumlah contoh twit yang membahas topik bea cukai. Baginya, kebijakan bea cukai terasa tidak masuk akal karena malah memberatkan WNI. Penjabaran mereka terhadap aturan-aturan yang ada juga tidak jelas dan tidak dapat dipahami.

Gambar 8. Twit dari akun @zahratunnisaf

Selama periode pemantauan, akun @zahratunnisaf mendapat mention sebanyak 2.911 kali dari warganet. Mention terbanyak berada pada tanggal 21 Maret 2023 dan didominasi mention yang bersentimen negatif. Sentimen negatif tersebut bukan diarahkan ke twit Fatimah, tetapi lebih condong ikut merujak bea cukai.

Gambar 9. Visual mention yang diterima akun @zahratunnisaf
Gambar 10. Mention yang diterima akun @zahratunnisaf

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Ridwan Kamil Tuai Sentimen Negatif, Disebut Anti Kritik dan Dijuluki Baginda oleh Warganet

Dalam dua pekan ini nama Ridwan Kamil (RK) menjadi sorotan warganet. Bukan menuai sentimen positif, Gubernur Jawa Barat ini justru dihujani dengan sentimen negatif dari warganet. Yang pertama ialah perihal isu pemecatan seorang guru honorer dari SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon yang berawal dari komentar sang guru pada unggahan di instagram milik Ridwan Kamil (Gambar 1).

Gambar 1 Twit Pemecatan Guru Honorer
Gambar 2 Isu Pemalsuan Foto

Kedua ialah foto terkait perbaikan jalan atau pengaspalan yang dibagikan oleh RK pada akun Twitter pribadinya. Disinyalir foto tersebut ‘dicomot’ dari internet dan bukan merupakan foto asli dari kinerja Pemda Jawa Barat (Gambar 2). Unggahan tersebut lantas menjadi sasaran kritik. Bahkan warganet memberikan sebutan sarkas untuk RK yakni ‘baginda’ sebagai bentuk kekecewaan warganet atas sikap RK pasca dikomentari oleh guru honorer yang berujung pemecatan.

Untuk melihat riuhnya perbincangan warganet, Netray Media Monitoring memantau dengan kata kunci ridwan kamil && kritik dan ridwan kamil && foto dalam periode pemantauan 14-27 Maret 2023. Hasilnya, ditemukan sebanyak 2,2 ribu twit dengan total 792,8 ribu impresi. Topik ini diperbincangkan lebih dari seribu akun dengan potensi jangkauan hingga 91,6 juta juta akun.

Gambar 3 Statistik Perbincangan

Berdasarkan kata kunci pemantauan, nama RK berada dalam pusaran sentimen negatif. Terlihat dari gambar di bawah ini, jumlah cuitan bersentimen negatif mendominasi sebesar 62% dari keseluruhan twit. Puncak perbincangan terjadi di tanggal 16 Maret 2023 atau sehari pasca isu guru honorer dipecat ramai diberitakan oleh media. Setelah itu, perbincangan terkait kata kunci mulai mengalami penurunan hingga kembali memuncak di tanggal 21 Maret 2023. Pada hari tersebut nama RK kembali diseret dalam isu penyomotan gambar yang berujung pada banjir kritikan.

Gambar 4 Peak Time dan Sentiment Trend

Atas kejadian-kejadian tersebut, tak hanya dijuluki sebagai pemimpin anti kriti, RK kini memiliki sebutan baru dari warganet, yakni baginda. Komentar guru honorer SMK di Cirebon tersebut disinyalir telah menyinggung Gubernur Jawa Barat. Kata ‘maneh’ yang digunakan Muhammad Sabil Fadhilah dalam berkomentar dianggap tidak sopan oleh RK. Atas hal ini, RK memberikan peringatan kepada guru tersebut melalui pimpinan sekolah.

Gambar 5 Jajaran Top Words

Lalu, berita pemecatan guru tersebut beredar di media hingga warganet merasa geram kepada sosok pemimpin yang aktif dan terkenal ramah di media sosial ini. Warganet menilai tindakan RK terhadap guru tersebut berlebihan. Bahkan warganet menganggap jika RK tengah menyalahgunakan kekuasaannya untuk membungkam kritik publik. Tak hanya itu, kejadian ini juga telah meragukan publik apabila kelak RK menjadi pemimpin negara.

Gambar 6 Sampel Twit
Gambar 7 Sampel Twit

Ramainya pemberitaan dan perbincangan negatif tersebut membuat RK muncul dan memberikan klarifikasi. Namun, warganet tak puas akan hal tersebut. Persoalan penggunaan kata ‘maneh’ yang dianggap tidak sopan membuat RK mendapati julukan sarkas dari warganet. Baginda hingga paduka mulia kini menjadi kosakata pilihan warganet untuk menyebut sosok Gubernur Jawa Barat ini.

Gambar 8 Sampel Twit
Gambar 9 Sampel Twit

Empat hari mereda dari perbincangan negatif, RK kembali diseret dalam pusaran sentimen negatif perihal unggahan foto pengaspalan. Foto tersebut diunggah pada akun Twitter dan Instagram pribadi milik RK. Dalam caption foto tersebut dijelaskan bahwa Pemda tengah melalukan perbaikan atau pengaspalan 71 ruas jalan di Jawa Barat. Namun, unggahan ini kembali menjadi ‘gorengan’ warganet lantaran foto yang digunakan bukanlah foto asli hasil laporan Pemda melainkan mengambil dari situs proyek pembetonan.

Gambar 10 Sampel Twit
Gambar 11 Sampel Twit

Meski telah memberikan klarifikasi dan kembali meminta maaf, namun kritik dan opini negatif terhadap Ridwan Kamil tidak dapat dibendung. Dua kejadian yang memberikan efek negatif tersebut bahkan turut menyangsikan publik akan kepemimpinan RK sebagai Gubernur Jawa Barat.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Winda Trilatifah

Perbincangan Takjil di Bulan Ramadan, Kalian Tim Gorengan atau Tim Manis-Manis?

Serba-serbi Ramadan tak lengkap tanpa cerita berburu takjil jelang berbuka puasa. Setelah seharian menahan lapar dan haus, mendekati waktu berbuka masyarakat yang menjalankan ibadah puasa menyiapkan menu untuk berbuka. Budaya berburu takjil tentu menjadi aktivitas yang tidak ketinggalan untuk dilakukan dan turut menyemarakkan atmosfer di bulan Ramadan.

Gorengan dan makanan manis menjadi menu yang identik dan mudah ditemukan saat berburu takjil. Perbincangan terkait kedua makanan ini pun mendominasi saat warganet memperbincangkan topik seputar takjil di jagat maya. Untuk melihat antuasiasme tersebut Netray memantau perbincangan terkait berburu takjil di jagat maya Twitter menggunakan kata kunci takjil sejak 22 Maret sampai dengan 27 Maret 2023.

Hasilnya, Netray menemukan setidaknya 44,8 ribu tweet terkait takjil dengan 18,9 ribu di antaranya bersentimen positif. Perbincangan ini pun mendapatkan sebanyak 15,6 juta total impresi yang berpotensi menjangkau 212,3 juta akun pengguna Twitter. Jumlah tersebut menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi. Selama sepekan Ramadan, topik seputar takjil agaknya cukup ramai diperbincangkan oleh warganet.

takjil
Gambar 1. Infografik perbincangan warganet

Berdasarkan grafik di bawah, perbincangan seputar takjil mulai mengalami peningkatan signifikan sejak awal Ramadan yakni 22 Maret 2023. Perbincangan tersebut tentunya didominasi oleh sentimen positif sebagaimana tampak pada Gambar 2. Lalu apa saja yang menjadi perbincangan warganet?

Gambar 2. Grafik perbincangan warganet

Berdasarkan hasil penelusuran Netray terdapat berbagai kosakata yang dominan muncul dalam perbincangan terkait takjil di Twitter, seperti ngabuburit, gratis, sore, gorengan, dan manis. Munculnya kosakata tersebut tentu berkaitan dengan aktivitas di bulan Ramadhan, seperti halnya ngabuburit atau jalan-jalan sore jelang berbuka maupun aktivitas berburu takjil gratis.

Gambar 3. Kosakata populer

Selain aktivitas tersebut, tampak kosakata manis dan gorengan menjadi jenis takjil yang banyak disebutkan oleh warganet. Netray kemudian, mengamati lebih rinci jumlah penyebutan dua kata ini dalam arus perbincangan warganet.

Hasilnya, tampak kata manis disebutkan sebanyak 664 kali dalam tweets warganet dan gorengan sebanyak 531 kali. Meski berbanding sedikit kata manis menjadi jenis takjil yang dominan dalam perbincangan warganet selama periode pantauan Netray.

Tim Takjil Manis vs Tim Takjil Gorengan

Berbukalah dengan yang manis, menjadi kalimat yang kerap didengar di bulan Ramadan. Kalimat ini seolah menjadi perintah yang kemudian mempengaruhi masyarakat dalam memilih menu untuk berbuka. Tak heran bila kata manis dominan muncul dalam perbincangan warganet saat membahas takjil.

Gambar 4. Opini warganet seputar takjil manis

Makanan dan minuman manis menjadi menu yang wajib bagi sebagian warganet. Dari mulai kolak, bubur, es pisang ijo, hingga es teh manis menjadi menu yang kerap dicari saat berburu takjil di sore hari. Bahkan terdapat warganet yang merasa bingung jika tidak menemukan jenis makanan manis tersebut saat berburu takjil.

Selain makanan manis, gorengan juga menjadi jenis makanan yang akrab dengan masyarakat Indonesia untuk berbuka. Gorengan bahkan menjadi makanan yang begitu mudah ditemukan dijajakan oleh para penjual takjil di sore hari.

Gambar 5. Opini warganet takjil gorengan

Tampak dari berbagai tweet di atas warganet yang mencari gorengan untuk berbuka. Gorengan menjadi menu andalan untuk berbuka bagi sebagian warganet, dari mulai untuk berbuka di kantor maupun di rumah. Ragam pilihan, murah, dan rasanya yang gurih menjadi menu yang banyak disasar oleh warganet.

Meski demikian, beberapa warganet mengaku menghindari berburu takjil karena hanya merasa ‘laper mata’ sesaat. Rasa dahaga dan lapar setelah seharian berpuasa memang kerap menjadi tipu daya untuk menuruti rasa selera saat melihat berbagai jenis makanan. Padahal setelah waktu berbuka, perut pun sudah merasa cukup apabila berbuka dengan air dan sebuah takjil saja.

Gambar 6. Opini warganet terkait berburu takjil

Sebagaimana warganet yang membagikan pengalamannya saat kalap membeli takjil dan mengaku hanya ‘lapar mata’ saja sehingga takjil yang terlanjur dibeli pun menjadi sia-sia. Itulah sebabnya puasa seharusnya juga dapat mengendalikan nafsu untuk tidak berlebih-lebihan saat berbuka.

Gambar 7. Media populer

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Winda Trilatifah

Rekomendasi Tempat Bukber ala Warganet TikTok dan Instagram

Buka bersama atau bukber menjadi salah satu momen yang dinantikan umat muslim dalam menyambut Ramadan. Momen ini tak hanya dirayakan di rumah, namun sering kali diadakan di rumah makan atau resto pilihan. Kini, bukan hanya menu dan harga yang menjadi pertimbangan publik dalam memilih tempat bukber, tetapi tempat yang instagramable juga menjadi alasan pemilihan.

Untuk melihat tempat makan mana saja yang menjadi rekomendasi warganet, Netray Media Monitoring memantau melalui kanal Instagram dan TikTok dalam periode pemantauan sepekan terakhir (21 Maret-27 Maret 2023). Kata kunci yang digunakan adalah #rekomendasibukapuasa dan #rekomendasibukber di Instagram dan rekomendasi && buka puasa, rekomendasi && bukber, dan #rekomendasibukber di TikTok.

Hasilnya, ditemukan sebanyak 95 post dengan total impresi mencapai 5,6 ribu reaksi di Instagram dan 79 post dengan total impresi mencapai 136,1 ribu reaksi pada kanal TikTok. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Lalu, tempat makan mana saja yang telah direkomendasikan oleh warganet untuk melengkapi acara berbuka bersama teman atau keluarga? Yuk kita lihat rekomendasi tempat bukber di berbagai kota ala Netray.

Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta

1. Dago Restaurant

Resto yang menyajikan makanan khas Korea yang terletak di daerah Jakarta Selatan menjadi rekomendasi pertama ala warganet TikTok. Tempat makan ini direkomendasikan oleh akun @greencafelatte. Makanan khas Korea bersertifikasi halal yang disajikan oleh Dago Restaurant menjadi daya tarik penikmat makanan Negeri Ginseng. Selain menu utama, seperti buldak, japchae, atau jajangmyeon resto ini juga menawarkan minuman ataupun side dish gratis untuk menarik pelanggan.

2. Collage All Dining

Tempat berbuka puasa dan hiburan eksklusif seperti Sufi Danca dan Gambus Music menjadi daya tarik Collage All Dining. Resto yang terletak di Pullman Hotel Jakarta Central Park ini menyuguhkan nuansa Timur Tengah untuk memikat pelanggan. Masakan internasional, Asia, hingga Barat menjadi menu andalan di resto tersebut. Meski dibanderol dengan harga yang tidak murah, Collage All Dining juga menawarkan promo untuk Ramadan buffet.

3. Chill Rooftop

Chill Rooftop menjadi rekomendasi teratas di kanal Instagram untuk daerah Banten. Food court dan kafe yang menyajikan berbagai menu pilihan dari beberapa tenant ini terletak di daerah Kota Tangerang. Tak hanya itu, tempat yang cocok untuk nongkrong ini juga menawarkan live music di tiap akhir pekan. Jika sebelum bulan Ramadan tempat makan ini buka jam 12 siang, kini di bulan puasa Chill Rooftop buka pukul 15.00-pesanan terakhir.

Rekomendasi Tempat Bukber di Jawa Barat

1. Lor-in Sentul Hotel

All you can eat di Lor-in Sentul Hotel dibanderol dengan harga 138 ribu per pack. Dengan harga tersebut, pelanggan akan disuguhi lebih dari 70 item makanan. Tempat makan yang direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @tukangvisit_ ini mendapat 2,1 ribu likes dan telah dibagikan ulang ke akun lainnya sebanyak 399 kali. Tak hanya menawarkan puluhan jenis makanan nusantara, resto ini juga menampilkan live cooking untuk menarik minat pelanggan.

2. The Luxton Cirebon

Paket berbuka bersama yang ditawarkan oleh The Luxton Hotel Cirebon dibanderol dengan harga 178 ribu rupiah per nett. Mengusung tema Kumpul Ramadan Bersama (Kurma) all you can eat di tempat ini menyajikan berbagai macam jenis makanan mulai dari tradisional hingga western food. Tempat yang berlokasi di Kota Cirebon ini direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @geewss dan telah mendapat 1,1 ribu likes.

3. Loonar

Tak jauh dari pusat Kota Bandung terdapat rekomendasi tempat bukber yang juga instagramable, yakni Loonar. Kafe yang mengusung konsep minimalis modern dengan dominasi warna putih ini menawarkan paket berbuka mulai dari 65 ribu rupiah. Tempat ini direkomendasikan oleh akun Instagram milik @indrigrg. Menurut Indri, selain menyuguhkan tempat yang estetik kafe ini juga menyediakan makanan dan minuman yang lezat.

Rekomendasi Bukber di DIY dan Jawa Tengah

1. Obelix Village

Obelix Village menjadi tempat bukber yang tidak hanya menyajikan menu berbuka namun juga bisa dijadikan spot ngabuburit yang ramah anak. Dengan harga mulai dari 85 ribu rupiah per pack, pengunjung tak hanya akan disuguhi makanan namun juga bisa menikmati beberapa spot, seperti mini farm, little zoo, flower garden, dan juga secret river deck. Tidak hanya murah, Obelix Village juga masih menawarkan promo, yakni pembelian 10 pack gratis 1 pack.

2. Solo’s Bistro

Restoran Thai ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No.183, Kota Surakarta. Rumah makan yang direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @cartennia tersebut menawarkan paket Ramadan Hemat (Rahmat) dengan harga 50 ribu rupiah. Menariknya, hanya dengan membayar goban, pengunjung sudah bisa mendapatkan makanan utama, dessert, dan juga minuman.

3. WOK Pakuwon Mall Solo Baru

House of Wok yang berlokasi di Pakuwon Mall Solo Baru menawarkan paket berbuka dengan harga mulai 180 ribu rupiah yang bisa dinikmati berempat. Resto Chinese food ini memiliki banyak cabang di berbagai daerah, salah satunya ialah di Solo. Bagi pecinta Chinese food cocok banget untuk mencoba berburu menu buka di tempat ini.

Rekomendasi Tempat Bukber di Jawa Timur

1. Warmindo Noodle King

Tidak hanya resto dan juga kafe yang menawarkan paket menu berbuka, warung makan Indomie (Warmindo) juga turut merayakan momen Ramadan. Warmindo Noodle King yang terletak di Tulungagung menyuguhkan berbagai macam menu berbuka, seperti paket ayam krispi, ayam bakar, paket nasi bento, hingga chicken steak. Bagi pecinta Indomie juga disediakan menu baru di bulan Ramadan, yakni mie hot plate steak.

2. Ayam Bakar Pak D

Tidak hanya menawarkan menu andalannya yakni ayam bakar, rumah makan ini juga memberikan kupon berhadiah iPhone 14 bagi konsumennya. Hanya dengan pembelian sebesar 50 ribu rupiah, pengunjung bisa mendapat satu kupon undian dan hal tersebut berlaku untuk kelipatan. Rumah makan yang terletak di Jalan Rungkut Madya ini memiliki tempat yang luas sehingga cocok untuk acara buka bersama keluarga ataupun teman.

3. Ayam Goreng Roker

Rumah makan dengan menu utama ayam goreng ini telah hadir sejak 2006. Ayam Goreng Roker hingga saat ini masih menjadi tempat bukber yang direkomendasikan warganet. Salah satu akun TikTok yang merekomdasikan tempat ini ialah @anggra_29. Menurut akun tersebut cita rasa ayam goreng yang juicy dan krutuk atau kremesannya yang super renyah serta harganya yang ramah di kantong menjadikan tempat makan ini recommended untuk buka puasa.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Winda Trilatifah

Mengamati Perang Narasi Dukungan dan Penolakan Bayar Pajak di Twitter

0

Gaya hidup keluarga pejabat pajak kini tengah menjadi sorotan warganet. Warganet merasa jengah akan arogansi dan sikap pamer kekayaan yang kerap dilakukan oleh pejabat pajak termasuk keluarganya di depan publik dan media sosial. Persoalan ini pun menjadi perbincangan luas warganet di jagat Twitter hingga gaungan berbagai tagar dengan narasi menolak bayar pajak menggema.

Untuk mengamati perbincangan ini Netray menggunakan kata kunci boikot && pajak, tolak && pajak, dan tolakbayarpajak selama 22 Februari 2023 sampai dengan 15 Maret 2023. Berikut hasilnya.

Gambar 1. Media populer

Tampak beberapa potret dan video populer terkait ajakan tolak bayar atau boikot pajak menghiasi hasil pemantauan dengan kata kunci. Bukan tanpa sebab, suara penolakan ini disuarakan oleh warganet yang merasa kecewa akan perilaku pejabat yang kerap pamer kekayaan di media sosial. Selain itu, dugaan mafia pajak yang dicurigai justru berasal dari tubuh institusi tersebut juga turut menambah asumsi yang negatif.

Netray menemukan setidaknya 1.367 tweet terkait topik ini dengan 755 di antaranya merupakan tweet atau opini bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi terkait topik ini mencapai 39 ribu dengan potensi jangkauan hingga 42,5 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 2. Infografik perbincangan warganet

Secara grafik, intensitas perbincangan ini dapat diamati melalui Gambar 2 berikut. Intensitas perbincangan warganet tampak fluktuatif sejak 22 Februari hingga 15 Maret 2023. Perbincangan ini pun mengalami kenaikan tertinggi pada 10 Maret 2023 dengan didominasi oleh tweet bersentimen negatif.

Gambar 3. Peak time perbincangan
Kosakata populer soal pajak di twitter
Gambar 4. Kosakata populer

Sementara melalui kosakata populer dapat ditemukan berbagai kata yang kerap disebut warganet dalam membahas topik seputar pajak, seperti rafael, tolak, boikot, kemenkeu, pejabat, pbnu, dan lain sebagainya.

Munculnya nama Rafael Alun dalam perbincangan warganet tentu menjadi salah satu sebab mencuatnya topik ini. Penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy pada 20 Februari 2023 lalu semakin ramai dibahas setelah diketahui bahwa pelaku merupakan anak seorang pejabat pajak yang kerap melakukan flexing atau pamer kekayaan di media sosial. Hal ini kemudian menjadi pemicu warganet untuk melucuti harta kekayaan dari pejabat pajak tersebut.

Gambar 5. Rafael Alun dan gerakan boikot pajak

Bahkan munculnya gerakan boikot pajak diketahui juga merupakan imbas dari kasus Rafael Alun. Kemudian, selain perbincangan terkait Rafael Alun Netray juga menemukan dua tagar yang berseberangan, yakni #pajakdikebiripejabat dan #dukungbayarpajak. Tagar ini kemudian meluas di Twitter sebagai reaksi berseberangan antara seruan untuk membayar pajak dan penolakan membayar pajak.

Perang Tagar dalam Perbincangan Seputar Pajak di Twitter

Citra pegawai pajak kini mengalami krisis setelah kasus yang menyeret keluarga pejabat pajak. Belum lagi kekayaan yang dinilai tidak wajar dan perilaku pamer di media sosial yang membuat warganet semakin jengah. Hal ini kemudian memantik amarah warganet hingga menggaungkan narasi menolak bayar pajak. Berikut beberapa sampel tweet penolakan pajak dari warganet.

Gambar 6. Narasi boikot pajak

Warganet berasumsi bahwa pajak telah dikebiri oleh pejabat pajak yang justru memperkaya dirinya sendiri. Hal ini diamati warganet melalui kekayaan yang dinilai tidak wajar yang kerap dipamerkan. Perilaku tersebut tentu akan berdampak bagi kepercayaan publik terhadap institusi pajak.

Menariknya, selain gaungan narasi penolakan, pada periode yang sama Netray juga menemukan narasi yang berbeda yang turut disuarakan melalui lini media sosial Twitter. Narasi tersebut memuat dukungan untuk membayar pajak dan menolak boikot pajak. Berikut di antaranya.

Gambar 7. Narasi dukung bayar pajak

Narasi dukungan membayar pajak ini muncul untuk melawan penolakan boikot pajak yang sempat ramai disuarakan di lini masa Twitter. Beberapa akun di atas menyuarakan dukungan untuk patuh pajak karena pajak dinilai sebagai pilar utama pembangunan. Menurut salah satu akun pembenahan dan reformasi perpajakan menjadi kunci untuk mencegah kampanye boikot pajak.

Adapun akun paling populer dengan impresi tertinggi adalah @geloraco dan @OposisiCerdas. Kedua akun tersebut merupakan akun dengan popularitas tertinggi pada perbincangan seputar pajak pada periode ini.

Gambar 8. Akun Populer

Kemudian pada jaringan percakapan warganet tampak beberapa akun yang turut muncul pada topik ini dan terhubung melalui utas, seperti akun @DitjenPajakRI, @KemenkeuRI, @KPK_RI, @jokowi, dan berbagai akun lainnya.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 20-26 Maret 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai perserta Pemilu 2024.

Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 20-26 Maret 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Gerindra menempati urutan pertama diikuti Demokrat, Nasdem, PKS, dan PDIP. Partai Gerindra dan Demokrat stagnan di peringkat 1 dan 2 seperti pekan lalu. Sementara urutan 3, 4, dan 5 mengalami perubahan. Nasdem, PKS, dan PDIP berhasil menggeser PKB dan PSI yang sempat masuk lima besar partai populer berdasarkan pantauan Netray pada pekan lalu.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 20-26 Maret 2023

Berdasarkan pantauan Netray, nama Prabowo Subianto , Anies Baswedan, dan Erick Thohir Kamil mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok) selama periode 20-26 Maret 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ridwan Kamil

Jika dilihat dari periode sebelumnya, nama-nama yang menduduki 5 besar tokoh politik populer tidak berubah. Prabowo merebut posisi pertama yang pekan lalu diduduki Anies. Pekan ini turun satu strip ke posisi dua.

Prabowo unggul di Twitter dengan penyebutan 63.411 twit selama sepekan. Meski di News, Tiktok, Instagram, dan YouTube namanya masih kalah dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, namun Prabowo sangat dominan di Twitter sehingga ia mampu memuncaki total penyebutan di semua kanal.

Nama Prabowo kembali naik jadi perbincangan di Twitter setelah ia dalam kesempatan ikut mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi. Prabowo yang kini menjadi Menteri Pertahanan juga digadang-gadang akan berduet dengan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 13-19 Maret 2023

Berdasarkan pantauan Netray, nama Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ridwan Kamil mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok) selama periode 13-19 Maret 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Prabowo Subianto dan Erick Thohir

Jika dilihat dari periode sebelumnya, nama-nama yang menduduki 5 besar tokoh politik populer tidak berubah hanya urutannya saja yang berbeda kecuali AHY yang konsisten di posisi kedua. Sedangkan Anies dan Prabowo bergantian posisi di pekan ini setelah sebelumnya Anies di urutan keempat kini dia melesat ke posisi pertama mengantikan Prabowo yang turun ke posisi empat pekan ini.

Anies unggul di Twitter dengan penyebutan 12.7371 twit selama sepekan. Sementara di News, Tiktok, Instagram, dan YouTube namanya masih kalah dengan Ganjar Pranowo yang menempati urutan pertama di semua kanal kecuali Twitter.

Nama Anies kembali naik jadi perbincangan di Twitter setelah ia melakukan kunjungan ke Surabaya dan Madura. Anies melakukan ziarah ke makam sejumlah ulama Nahdlatul Ulama danbertemu langsung para ulama.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri dan mematikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Namun upaya perlindungan dari pemerintah itu dinilai warganet hanya setengah-setengah, sebab di satu sisi produk Cina yang membanjiri pasar Indonesia dinilai lebih mematikan bagi UMKM.

Larangan impor pakaian bekas sendiri sebetulnya sudah dilakukan sejak terbitnya peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor, tepatnya pada pasal 2 ayat 3 (d), yang kemudian diperbarui dengan Permendag No. 40 Tahun 2022.

Gambar 1. Permendag Nomor 18 Tahun 2021

Namun dalam beberapa waktu terakhir isu pelarangan impor pakaian bekas kembali mencuat setelah pada 15 Maret 2023 Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan tegas meminta para imprtir pakaian bekas untuk ditelusuri dan ditindak. Netray kemudian melakukan pemantauan untuk melihat pemberitaan di media massa daring dan media sosial Twitter terkait isu pelarangan impor pakaian bekas.

Pada media massa daring Netray melakukan pemantauan dengan menggunakan kata kunci impor&&bekas serta dilarang&&thrift  selama periode 13 – 19 Maret 2023. Hasil pemantauan ditemukan 1.007 berita dari 134 media membahas topik ini. Pemberitaan topik ini didominasi oleh kategori ekonomi, hukum, dan pemerintahan.

Gambar 2. Statistik Pemberitaan Isu Pelarangan Pakaian Impor Bekas





Gambar 3. Tren dan Sentimen Peak Time Pemberitaan

Pemberitaan terkait dengan kata kunci selama periode pemantauan didominiasi pemberitaan sentimen negatif. Beberapa contoh pemberitaan yang muncul dengan sentimen negatif datang dari pernyataan-pernyataan dari Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, MenKopUKM hingga pihak e-commerce. MenKopUKM Teten Masduki misalnnya menyatakan bahwa perdagangan pakaian bekas dapat memukul pasar produk UMKM dalam negeri. Selain itu pemberitaan lain yang muncul adalah soal impor pakain bekas yang dinilai ilegal.

Gambar 4. Sampel berita Antara Jatim

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pun turut merespon bahwa ia mendukung pelarangan impor pakaian bekas. Agus menilai isu impor pakaian bekas bukan lagi mengenai sirkular ekonomi atau lingkungan, melainkan seluruh hal terkait impor itu tidak boleh terjadi lagi. Komentar Agus ini tampak diberitakan oleh Voice of Indonesia.

Gambar 5. Sampel berita Voice of Indonesia

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pun langsung bertindak. Zulhas memusnahkan baju bekas impor senilai lebih dari Rp 20 miliar di Pekanbaru, Riau dan Mojokerto, Jawa Timur. Ia pun bekerjasama dengan pemerintah daerah Bea Cukai, Kepolisian, hingga kejaksaan karena produk- produk ini tidak melewati pelabuhan resmi namun melalui jalur tikus seperti pelabuhan kecil yang tidak terdaftar. Respon Zulhas ini seperti yang diberitakan Detik.

Gambar 6. Sampel berita Detik

E–commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada turut diminta oleh MenKopUKM Teten untuk menutup toko thrifting yang ada dalam platform ini. Ketiganya mengaku sejalan dengan pemerintah mengenai beredarnya pakaian bekas impor dan akan menindak tegas para penjual yang terbukti melanggar aturan penjualan pakaian bekas impor. Hal ini seperti yang diberitakan Katadata, Kontan dan Rakyat Merdeka.

Gambar 7. Sampel berita Katadata
Gambar 8. Sampel berita Kontan
Gambar 9. Sampel berita Rakyat Merdeka

Di sisi lain para pedagang thrifting pun mulai resah dengan kebijakan pelarangan yang diterapkan pemerintah. Mereka mengaku sangat keberatan atas kebijakan itu karena penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya didapat dari berjualan pakaian bekas. Salah satu lokasi populer thrifting ada di Pasar Cimol Gedebage Kota Bandung Jawa Barat para pedagang berharap itu tidak terjadi. Mereka telah bertahun-tahun berjualan pakaian bekas impor. Bahkan Ketua Paguyuban Pedagang di Pasar Cimol Gedebage Rusdianto mengaku tidak mengetahui asal sumber barang. Seperti yang tampak di TV One News dan Tribun News.

Gambar 10. Sampel berita TV One News
Gambar 11. Sampel berita Tribun News

Selama periode pemantauan Menteri Perdagangan Zulhas menjadi tokoh yang paling banyak disebut yakni dalam 695 berita. Hal ini terkait pernyataannya bahwa pakaian bekas impor mengancam UMKM dalam negeri dan bisa menimbulkan penyakit karena tak higienis. Selain itu Zulhas juga banyak diberitakan akan aksinya memusnahkan pakaian impor bekas di beberapa provinsi setelah diperintah oleh Presiden Jokowi. Hal ini seperti yang diberitakan Kompas dan Tirto Id.

Gambar 12. Jajaran Top People
Gambar 13.Sampel pemberitaan dari Top People

Sedangkan untuk media yang paling banyak memberitakan soal larangan thrifting ini terdapat Kompas sebanyak 70 berita, disusul oleh Berita satu dengan 42 berita dan Pikiran Rakyat sejumlah 40 berita.

Gambar 14. Kumpulan top portal pemberitaan soal larangan impor pakaian bekas

Warganet Twitter: Yang Membutuh UMKM bukan Impor Pakaian Bekas tapi Produk Cina

Gambar 15. Statistik perbincangan di Twitter soal larangan impor pakaian bekas

Netray juga ingin mengamati lebih jauh bagaimana reaksi warganet Twitter atas pelarangan thrifting dari pemerintah.. Dengan menggunakan kata kunci impor&&bekas, dilarang&&thrift, dan  jokowi&&thrift  dengan periode pemantauan yang sama ditemukan 2.937 dari 1537 akun mambahas topik ini. Perbincangan tampak didominasi sentimen negatif, puncaknya terjadi pada tanggal 19 Maret dengan jumlah 821 twit.

Gambar 16. Grafik waktu perbincangan di Twitter soal larangan impor pakaian bekas

Kebanyakan warganet tampak menentang kebijakan ini. Salah satunya tampak anggota DPR Fraksi PDIP juga tak setuju atas dilarangnya penjualan baju bekas impor. Adian Napitupulu pun mempertanyakan pernyataan Jokowi dan Teten bahwa pakaian bekas impor membunuh UMKM. Ia pun justru menyoroti impor pakaian dari China dalam jumlah tak sedikit yang menganggu UMKM. Sikap Adian ini sekaliguss menjadi twit paling populer sepanjang periode pemantuaun seperti dicuitkan akun kumparan. Twit ini juga diamini oleh warganet lainnya, bahwa Indonesia dibanjiri produk China. 

Gambar 17. Sampel twit @kumparan
Gambar 18. Sampel twit opini warganet

Selain itu ada pula akun @Umar_Hasibuan__ yang tampak kesal karena pelarangan ini bisa mematikan mata pencarian warga. Kemudian @MDargombes terlihat skeptis bahwa bisnis pakaian impor bekas mampu menganggu industri lokal. 

Gambar 19. Sampel twit opini warganet

Warganet lainnya menyoroti bahwa bisnis impor bekas tak sepenuhnya salah. Akun @peachyslen menekankan justru sistem impor bea cukai yang harus diperbaiki bukannnya melarang impor pakaian bekas Sedangkan @tawajkt menilai bahwa penjualan pakaian bekas impor sudah merajalela dan bertebaran di Jakarta terus terjadi karena petugas yang seharusnya menindak justru mendapat setoran dari bisnis ini.

Gambar 20. Sampel twit opini warganet

Namun tak sedikit pula warganet yang mendukung pelarangan ini serta mengajak rakyat Indonesia untuk lebih mendukung produk lokal. Seperti yang dicuitkan @wicaksena yang memuji produk tekstil lokal sudah keren dengan harga yang bersaing. Akun @aintn0thing menceritakan pengalamannya membeli baju produksi dalam negeri dengan harga terjangkau dan kualitas tetap bagus. Akun @PutraKeong4 bahkan menjelaskan panjang lebar bahwa dengan membeli pakaian dalam negeri mampu menguntungkan penjual kain, pekerja konveksi, tukang sablon, tukang potong, tukang bordir dan lainnya. Sedikit nyinyir akun @ferry_hdyt13 mendukung pelarangan ini karena menilai warga Indonesia masih mampu membeli barang yang baru.

Gambar 21. Sampel twit opini warganet

Akun berita @kumparan menjadi yang paling banyak mendapat impresi sejumlah 1.303 kali. Akun ini banyak memberitakan pelarangan impor pakaian bekas dari sudut pandang pemerintah, seperti Presiden Jokowi, Menteri Teten, Kapolri, Bea Cukai dan lainnya.

Gambar 22. Kumpulan top accounts perbincangan soal larangan impor pakaian bekas
Gambar 23. Sampel twit dari top accounts

Akun selanjutnya yang masuk dalam jajaran top akun adalah @Hasbil_Lbs seorang kader Partai Demokrat. Ia memperbandingkan sekaligus bertanya secara retoris kepada Presiden Jokowi soal impor beras yang bisa mengganggu panen raya petani.

Gambar 24. Sampel twit opini warganet

Lalu akun berita @geloraco menjadi akun populer selanjutnya. Akun berita ini hanya memberitakan soal opini anggota DPR Adian PDIP yang tak sejalan dengan pemerintah yang melarang impor pakaian bekas.

Gambar 25. Sampel twit opini warganet

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 13-19 Maret 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai perserta Pemilu 2024.

Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 6-12 Maret 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Gerindra menempati urutan pertama diikuti Demokrat, PSI, PKB, dan Nasdem. Partai Gerindra dan Demokrat stagnan di peringkat 1 dan 2 seperti pekan lalu. Sementara urutan 3, 4, dan 5 mengalami perubahan. Nasdem mengalami penurunan sementara PKB dan PSI merangsek naik di posisi 5 besar menggeser PKS.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Irwan Syambudi