Home Blog Page 39

Wisata Libur Lebaran: Jalan-jalan Hingga Kemacetan

Momen libur Idulfitri 2023 menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berkumpul sekaligus mengunjungi tempat wisata. Terlebih, libur lebaran tahun ini terasa panjang karena bertepatan dengan akhir pekan dan libur nasional yakni 19 April – 1 Mei 2023.

Netray ingin mengetahui cerita warganet di momen libur Lebaran tahun ini sekaligus memantau tempat wisata mana saja yang kerap disebut dalam perbincangan. Dengan menggunakan kata kunci wisata&&lebaran, tempat wisata&&lebaran ditemukan 1.150 twit dari 759 akun selama periode 19 April-1 Mei 2023. Perbincangan terkait kata kunci ini memperoleh impresi hingga 54,4 ribu reaksi yang berpotensi menjangkau hingga 70,6 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan Twitter isu wisata libur Lebaran
Gambar 2. Intensitas perbincangan
Gambar 3. Kosakata populer

Perbincangan topik ini mulai merangkak sejak 24 April dan mengalami peningkatan signifikan pada 30 April 2023.Pembahasan kedua kata kunci ini didominasi oleh wisata di Pesawaran, Lampung. Hal ini tercermin pada kata pesawaran, ramadhona, dan dendi. Seperti yang dicuitkan oleh akun @cybereight8 dan akun @Cinta_42345 yang melaporkan kepadatan pengunjung di wisata Pesisir Pesawaran.

Gambar 4. Sampel twit

Sedangkan kata dendi  dan ramadhona berkenaan dengan Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona yang meninjau langsung arus lalu lintas dan destinasi wisata masa lebaran Idulfitri 1444 H di wilayah pesisir Pesawaran. Tweet yang mengabarkan kegiatan Dendi di Pesawaran ini banyak ditemukan dengan tagar #LebaranDiPesawaran.

Berdasarkan jajaran lokasi, selain Pesawaran terdapat Jawa Barat yang juga banyak disebut dalam perbincangan. Hal ini terkait dengan informasi kepadatan arus lalu lintas di kawasan objek wisata dan jalur arus balik mudik lebaran 2023 di wilayah Jawa Barat. Seperti yang dicuitkan oleh @GladysNegeri dan @sulvianah.

Gambar 5. Lokasi yang banyak disebut
Gambar 6. Sampel twit

Terlihat pula akun berita yang melaporkan keramaian tempat wisata di Jawa Barat seperti Pantai Pangandaran hingga Situ Bagendit sebagai lokasi yang banyak dikunjungi warga untuk berwisata.

Yogyakarta menjadi lokasi selanjutnya yang disebut oleh warganet. Akun @KemenkeuRI tampak merekomendasikan Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo di lereng Gunung Merapi untuk dikunjungi. Sedangkan akun @lewispoolilies merekomendasikan agenda wisata yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, yakni Festival Destinasi Jeron Beteng 2023 dan Festival Kampung Wisata.

Gambar 7. Sampel twit

Tarif Parkir Mahal hingga Kemacetan

Selama berkunjung ke tempat wisata ternyata ada sejumlah warganet yang mengeluhkan soal tarif parkir di Yogyakarta. Akun @ibas dan @rausanul_qalbu menyebut bahwa tarif parkir sejumlah tempat wisata di Yogyakarta mengalami kenaikan hingga lima kali lipat. 

Gambar 8. Sampel twit

Perihal kemacetan juga menjadi bahasan warganet. @hannjzoe yang bekerja pada hari Lebaran mengaku menemui kemacetan di jalanan Yogyakarta yang mengarah ke pusat perbelanjaan mall. Kemacetan juga terjadi di Solo. Akun @Shaggy_Solo menyebut bahwa jalan menuju Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Solo Safari, Koridor Ngarsopuro dan Koridor Singosaren mengalami kemacetan parah.

Gambar 9. Sampel twit

Pantauan Wisata Lebaran di Kanal Youtube

Netray juga memantau topik ini di kanal Youtube. Dengan kata kunci dan periode yang sama, ditemukan 81 video yang mendapat 149,6 impresi dari warganet. Intensitas unggahan terkait kata kunci terjadi pada 26 April 2023 sebanyak 13 unggahan.

Gambar 10. Statistik unggahan video Youtube
Gambar 11. Tren unggahan YouTube

Dari 81 video YouTube seputar wisata libur Lebaran, video yang paling banyak ditonton berasal dari kanal CNN Indonesia yang mengabarkan soal kemacetan arus lalu lintas yang terjadi pada arah kawasan Puncak. Para warganet pun mengungkapkan pengalamannya ketika menghadapi kemacetan. Video ini juga menampilkan wisata Selecta, Kota Batu, Malang yang menjadi salah satu pilihan destinasi wisata warga Malang.

Gambar 12. Sampel unggahan YouTube
Gambar 13. Sampel komentar YouTube

Video yang paling banyak ditonton selanjutnya berasal dari kanal personal Jalan Amrita. Video ini memperoleh 16,5 ribu views, 120 komentar dan disukai 182 warganet. Unggahan ini menampilkan suasana seputaran Malioboro, Nol Kilometer dan sekitarnya yang dipadati wisatawan, tak jarang ditemui pula ruas jalan yang tampak macet.

Gambar 14. Sampel unggahan YouTube
Gambar 15. Sampel komentar YouTube

Video ketiga yang paling banyak dilihat adalah dari kanal KompasTV Pontianak yang menyuguhkan video Presiden Jokowi beserta keluarganya berwisata ke Labuan Bajo, NTT sekaligus mengecek kesiapan lokasi KTT ASEAN ke-42. Tampak Jokowi disambut dengan meriah oleh warga sekitar. Komentar warganet di video ini cukup beragam mulai dari memuji hingga menghujat.

Gambar 16. Sampel unggahan Youtube
Gambar 17. Sampel komentar YouTube

Momen libur lebaran yang terjadi setiap satu tahun sekali memiliki banyak dampak mulai dari kemacetan hingga harga yang naik. Namun kesempatan ini merupakan waktu bagi para warga untuk berkumpul bersama keluarga dan menyegarkan pikiran setelah rutinitas yang panjang.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Serba-Serbi Pengalaman Mudik Warganet Ramaikan Perbincangan di Twitter

Momen Lebaran kali ini para pekerja migran yang ingin melaksanakan mudik tak harus dipersulit dengan kebijakan-kebijakan ketat seperti dua tahun silam. Tradisi pulang kampung tahun ini dirasakan suka cita oleh perantau di seluruh Tanah Air. Perbincangan di kanal Twitter pun ramai dengan kata kunci ‘mudik’

Netray Media Monitoring memantau menggunakan kata kunci mudik selama periode 17-30 April 2023. Dalam dua pekan tersebut, ditemukan lebih dari 255,3 ribu twit yang mengandung kata kunci ini. Dari total twit tersebut, topik ini memperoleh impresi sebanyak 302,1 juta reaksi yang berpotensi menjangkau hingga 527,6 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan topik mudik di Twitter

Suka cita warganet yang merasakan mudik dengan bebas di tahun ini dapat terlihat dari banyaknya tweet bersentimen positif selama pemantauan. Terlihat dari grafik di bawah ini, jumlah tweet bersentimen positif terhitung sebanyak 101.006 twit atau 39,2% dari total twit. Perbincangan memuncak di tanggal 18 April 2023 yang merupakan H-1 jelang penetapan cuti bersama lebaran. Pada tanggal tersebut ditemukan sebanyak 48,8 ribu twit, lalu perbincangan menurun di hari berikutnya dan mulai merangkak di tanggal 20 April 2023.

Gambar 2. Intensitas perbincangan

Perbincangan bersentimen positif didominasi dengan tweet-tweet dari warganet yang merasakan kebahagian lantaran dapat mudik di tahun ini. Pengalaman-pengalaman pemudik yang merasakan perjalanan dengan menggunakan berbagai macam kendaraan mulai dari kendaraan pribadi hingga umum mengisi perbincangan seputar mudik. Hal tersebut dapat terlihat dari kumpulan Top Words di bawah ini, seperti adanya kosakata naik, kereta, motor, tiket, dan juga gratis.

Gambar 3. Kosakata populer

Warganet membagikan pengalaman mudik menggunakan berbagai jenis kendaraan. Salah satu kendaraan umum yang sering disebutkan oleh warganet ialah moda kereta api. Kereta api dinilai sebagai kendaraan umum yang tepat dan cepat bagi pemudik. Tak hanya dipermudah dengan cara pembelian tiket, pemandangan sepanjang perjalanan, terutama di sore hari dinilai warganet menjadi nilai tambah untuk mudik dengan nyaman.

Gambar 4. Sampel Twit
Gambar 5. Sampel twit

Selain itu, warganet juga membagikan pengalaman mudik menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor. Persiapan matang dilakukan pemudik yang menggunakan motor guna menjaga keamanan dan keselamatan selama berkendara. Suka cita mudik menggunakan kendaraan pribadi ini dirasakan oleh warganet, salah satunya ialah bertemu dengan pemudik motor lainnya yang dapat dijadikan kawan sepanjang perjalanan.

Gambar 6. Sampel twit

Tak hanya berbagi pengalaman seputar kendaraan yang dipilih sebagai moda transportasi mudik, sentimen positif juga diisi oleh twit-twit kebahagiaan warganet yang dapat merasakan mudik di tahun ini setelah tahun-tahun sebelumnya dipenuhi dengan jadwal pekerjaan yang padat. Bukan hanya itu, beberapa warganet yang merupakan pasangan baru juga membagikan cerita bahagia lantaran dapat mudik ke rumah mertua untuk pertama kalinya.

Gambar 7. Sampel twit

Gagal Mudik dan Pengalaman Buruk Warganet

Di sisi lain, perbincangan bersentimen negatif juga datang dari twit-twit warganet yang membagikan cerita, seperti gagal mudik ataupun pengalaman buruk selama perjalanan mudik. Gagal mudik dirasakan oleh beberapa warganet lantaran adanya kesalahan pelayanan dari maskapai penerbangan. Seperti yang diunggah oleh @AldhiTR pada 19 April 2023. Akun bernama Aldhitama ini membagikan pengalaman gagal mudik yang dialami oleh saudaranya lantaran sebuah maskapai besar yang mengganggap tiket tersebut tidak berlaku.

Gambar 8. Sampel twit

Pengalaman buruk, seperti dipatok harga mahal oleh penjual yang menjajakan dagangan di momen lebaran juga menjadi salah satu penyumbang twit bersentimen negatif. Pengalaman buruk seperti ini dirasakan oleh pemudik yang tengah melakukan istirahat di tengah perjalanan. Bahkan warganet menilai terdapat beberapa pedagang yang memang ‘sengaja’ menjebak pemudik dengan tidak memberikan daftar harga makanan.

Gambar 9. Sampel twit

Jajaran Top Locations dan People

DKI Jakarta menjadi kota yang paling banyak disebutkan warganet dalam perbincangan soal mudik di Twitter. Lalu, disusul oleh Jateng dan Bandung. DKI Jakarta yang merupakan sentral pekerja migran menjadi lokasi yang paling banyak dicuitkan mulai dari cuitan terkait pemudik yang meninggalkan Ibukota hingga warga Ibukota yang merasa kesepian lantaran ditinggal para perantau.

Gambar 10. Lokasi yang paling banyak disebut

Selain lokasi, sosok yang paling banyak disebutkan oleh warganet terkait hal ini ialah Presiden Jokowi, Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo. Erick Thohir dan Ganjar Pranowo banyak disebut warganet lantaran keduanya membuat program mudik gratis. Erick membuat mudik gratis bersama BUMN sedangkan Ganjar membuat mudik gratis bagi warganya yang ingin pulang ke Jawa Tengah.

Gambar 11. Tokoh yang paling banyak disebut

Perbincangan seputar pengalaman baik dan buruk selama mudik Lebaran ramai menghiasi lini masa Twitter. Perasaan sukacita hingga kesal dan sedih dibagikan warganet pada tweet-tweet yang diunggah dalam akun mereka. Termasuk program mudik gratis yang diberikan sejumlah instansi/pemerintahan turut mencuri perhatian warganet yang ikut bahagia menyambut momen berkumpulnya dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman tahun ini.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Winda Trilatifah

PDIP Deklarasikan Ganjar Sebagai Capres, PPP Membuntuti

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden untuk Pilihan Preseiden 2024 pada 21 April 2023 lalu jadi perhatian media massa dan perbincangan media sosial. Namun di luar subjek utama yakni Ganjar dan PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membuntuti, muncul di banyak pemberitaan terkait Ganjar.

Dalam panatauan Netray Media Monitoing selama periode 21-27 April 2023 menggunakan kata kunci “Ganjar, Ganjar Pranowo, dan GanjarPranowo” PDIP menjadi organisasi yang paling banyak disebut dalam pemberitaan. Hal ini wajar belaka sebab, PDIP menjadi subjek utama sebagai pemberi mandat kepada Ganjar untuk maju sebagai Capres 2024.

Namun yang menarik, di belakang PDIP munucul PPP sebagai organisasi yang banyak disebut dalam pemberitaan. PPP muncul setidaknya dalam 1.500 artikel pemberitan. Kemunculan PPP dalam pemberitaan soal Ganjar ini memuncak pada 26 dan 27 April 2023 setelah PPP mendeklarasikan diri ikut mendukung Ganjar sebagai Capres 2024.

Gambar 1. Grafik kemunculan PPP dalam pemberitaan soal Ganjar

Pasca penetapan Ganjar Pranowo sebagai capres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sejumlah manuver dan kontestasi politik muncul di hadapan publik. Penetapan Ganjar disampaikan langsung oleh ketum partai Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor pada Jumat, 21 Februari 2023. Presiden Joko Widodo, Puan Maharani, dan beberapa elit partai turut menghadiri acara tersebut.

Melalui pemantauan media massa dan perbincangan warganet Twitter, Netray Media Monitoring ingin melihat data statistik perbincangan dan isu apa saja yang muncul pasca penetapan tersebut. Pemantauan dilakukan selama tujuh hari. Yakni dari tanggal 21 hingga 27 April 2023.

Cukup banyaknya PPP muncul dalam pemberitaan soal Ganjar ini juga nampak dalam peta hot topics pemberitaan seperti soal keputusan dukungan PPP dan sikap petinggi PPP.

Gambar 2. Hot topics pemberitaan Ganjar
Gambar 3. Sampel pemberitaan PPP dari kata kunci Ganjar

Sementara itu jika menilik secara keseluruhan, total ada 6.226 artikel yang mengandung kata kunci yang diterbitkan oleh 225 kanal berita massa daring. Sebagian besar artikel terindeks sebagai berita dalam kategori politik, yakni sebanyak 5.841 artikel.

Gambar 4. Statistik pemantauan media massa daring

Tanggal 21 merupakan hari ketika intensitas pemberitaan mencapai puncaknya. Selama sehari penuh, Netray mendapati penerbitan 1.606 artikel. Setelah itu volume pemberitaan sempat menurun dan mencapai titik terendah pada tanggal 25 April 2023 dengan jumlah 402 artikel. Intensitas pemberitaan sempat naik lagi pada akhir periode pemantauan.

Gambar 5. Peak time dan tren sentimen pemberitaan Ganjar

Netray membaca bahwa berita dengan sentimen negatif mengungguli jumlah berita dengan sentimen positif. Diketahui 3.272 artikel ditulis dengan sentimen negatif. Sedangkan berita dengan sentimen positif sebanyak 1.426 artikel.

Beberapa isu yang kerap dijadikan sudut pandang pemberitaan antara terkait berita penetapan itu sendiri. Pencapresan Ganjar Pranowo diumumkan oleh Megawati di sela-sela Rapat DPP Partai pada tanggal 21 April 2023 di Istana Batu Tulis Bogor. Sebagai simbolisasi, Megawati menyematkan kopiah warna hitam di kepala Ganjar.

ganjar
Gambar 6. Berita terkait Ganjar Pranowo

Penetapan ini memantik kontestasi dan manuver politik baru meskipun sudah diprediksikan sebelumnya. Seperti wacana siapa yang akan menjadi lawan Ganjar pada Pilpres 2024. Selain Anies Baswedan yang sudah dideklarasikan Partai NasDem, Prabowo Subianto sangat besar kemungkinannya untuk menjadi rival ketika nanti secara resmi dicalonkan oleh partainya yaitu Partai Gerindra.

Gambar 7. Berita terkait Ganjar Pranowo
Gambar 8. Berita terkait Ganjar Pranowo

Manuver dukung-mendukung juga menjadi fokus pemberitaan media massa daring. Yang paling ramai adalah menyangkut keberlangsungan Koalisi Indonesia Bersatu yang berisi Partai Golkar, PPP, dan PAN. Diketahui bahwa baik PPP dan PAN sudah menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo. Akan tetapi Partai Golkar terlihat masih mempertahankan Airlangga Hartarto sebagai capres.

 

Gempita Perbincangan Warganet Usai Ganjar Jadi Capres PDIP

Dari kanal Twitter ditemukan 490.733 unggahan twit dengan kata kunci “ganjar” dan “ganjar pranowo” selama sepekan periode pemantauan. Intensitas tertinggi perbincangan warganet terjadi pada tanggal 21 April 2023, atau pada hari ketika Megawati mendeklarasikan Ganjar sebagai calon presiden dari PDIP.

Gambar 9. Peak time dan total twit

Intensitas perbincangan menurun sehari setelahnya. Akan tetapi hingga akhir periode pemantauan, intensitas unggahan twit warganet Twitter terpantau tinggi. Yaitu dengan rata-rata volume perbincangan pada level 60.000 unggahan sepanjang hari. Tanggal 25 April menjadi hari dengan volume unggahan terendah yakni mencapai 52.918 twit.

Dengan kuantitas perbincangan yang tinggi ini, dapat dibayangkan apabila impresi warganet juga tak kalah jumlah. Netray menemukan bahwa impresi warganet terhadap perbincangan dengan topik Ganjar sebanyak 435,4 juta kali respon dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Secara potensial twit dengan kata kunci dapat menjangkau 275 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Gambar 10. Statistik pemantauan topik pencapresan Ganjar

Dari ratusan ribu twit dan ratusan ribu respon warganet, Netray menyarikan sejumlah isu yang menarik perhatian warganet Twitter. Isu-isu tersebut diambil dari unggahan-unggahan yang mendapat respon terbanyak dari warganet. Seperti unggahan dari akun @ganjarpranowo, @ch_chotimah2, @abu_waras, dan @ekowboy2.

Perhatian warganet atas twit @ganjarpranowo terpusat pada unggahan ucapan doa setelah mendapat amanah sebagai capres PDIP. Ganjar mendapati momentum penetapan dirinya dilakukan pada hari Jumat dan bertepatan dengan akhir bulan puasa dan Hari Kartini.

Gambar 11. Twit dari akun @ganjarpranowo
Gambar 12. Twit dari akun @ch_chotimah2

Dukungan kepada Ganjar Pranowo langsung mengalir di linimasa Twitter. Seperti twit yang dibuat oleh akun @ch_chotimah2. Ia melihat bahwa memenangkan Ganjar berarti sama saja dengan meneruskan kepemimpinan Jokowi. Ganjar dianggap bisa meneruskan program pembangunan dan memberantas radikalisme.

Tak hanya dukungan, pandangan miring atas naiknya nama Ganjar dalam perbincangan jagat maya juga mendapat banyak sorotan warganet. Seperti twit dari akun @abu_waras yang melihat bahwa koalisi antara Jokowi dan Prabowo akan bubar sebagai imbas dari pencalonan Ganjar. Prabowo disebut akan merapat ke Anies Baswedan.

Gambar 13. Twit dari akun @abu_waras
Gambar 14. Twit dari akun @ekowboy2

Sedangkan akun @ekowboy2 yang selama ini selalu kontra dengan pemerintah, mengangkat topik perlawanan masyarakat Wadas, Purworejo. Selama dua kali lebaran warga Wadas mengalami trauma mendalam akibat tindakan represif aparat. Warga menolak adanya penambangan batu andesit di wilayah Wadas yang dapat merusak lingkungan.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 24-30 April 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.

Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 24-30 April 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali menempati urutan pertama selama dua pekan terakhir, menggeser Partai Gerindra yang pada pekan-pekan sebelumnya sempat duduk di posisi satu. Selanjutnya, Demokrat turun di urutan kedua diikuti oleh Gerindra, PPP, dan PSI.

PDIP, Demokrat, dan Gerindra konsisten menempati urutan 3 besar partai paling populer, sedangkan urutan empat dan lima berubah-ubah. Setelah minggu lalu PKS dan Nasdem, kini giliran PPP dan PSI..

Jika mengingat pemantauan pekan-pekan sebelumnya, PDIP kerap masuk lima besar namun jarang menduduki peringkat 1 lantaran kerap disalip oleh Demokrat, Gerindra, ataupun Nasdem pada awal pemantauan. Namun, deklrasi PDIP untuk Ganjar Pranowo sebagai capres pada Jumat, 21 April 2023 lalu berhasil menaikkan perbincangan soal partai ini di media pemberitaan online dan Twitter. Bahkan dampaknya masih terasa hingga pekan kedua pemantauan meski memiliki kecenderungan menurun.

Gambar 1. Intensitas perbincangan topik PDIP di media pemberitaan online
Gambar 2. Intensitas perbincangan PDIP di media sosial Twitter

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 24-30 April 2023

Berdasarkan pantauan Netray terkait popularitas tokoh politik di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok), nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut selama periode 24-30 April 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh AHY dan Erick Thohir.

Jika dilihat dari periode sebelumnya, kelima tokoh tersebut konsisten masuk posisi lima besar. Hanya urutannya saja yang berubah. Ganjar masih konsisten duduk di peringkat 1 selama dua pekan terakhir, menggeser Prabowo Subianto yang beberapa pekan sebelumnya bertengger di urutan 1. Anies Baswedan kembali naik di urutan kedua menggantikan AHY yang turun di peringkat empat. Sementara Erick Thohir tidak berubah, masih di urutan 5.

Penyebutan untuk Ganjar Pranowo terpantau melonjak signifikan sejak ia dideklarasikan sebagai capres yang diajukan PDIP oleh Megawati pekan lalu. Isu ini berhasil mendongkrak nama Ganjar di urutan pertama di semua kanal berdasarkan total penyebutan di antara para tokoh yang berpeluang maju Pilpres 2024 selama dua pekan berturut.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 17-23 April 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.

Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 17-23 April 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menempati urutan pertama menggeser Partai Gerindra yang sebelumnya sempat mengambil alih posisi satu. Demokrat turun di urutan kedua diikuti oleh Gerindra, PKS, dan Nasdem.

Jika mengingat pemantauan pekan-pekan sebelumnya, PDIP kerap masuk lima besar namun jarang menduduki peringkat 1 lantaran kerap disalip oleh Demokrat, Gerindra, ataupun Nasdem pada awal pemantauan. Namun, deklrasi PDIP untuk Ganjar Pranowo sebagai capres pada Jumat, 21 April 2023 lalu berhasil menaikkan perbincangan soal partai ini di media pemberitaan online dan Twitter.

Gambar 1. Intensitas perbincangan topik PDIP di media pemberitaan online
Gambar 2. Intensitas perbincangan PDIP di media sosial Twitter

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 17-23 April 2023

Berdasarkan pantauan Netray terkait popularitas tokoh politik di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok), nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut selama periode 17-23 April 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Anies Baswedan dan Erick Thohir.

Jika dilihat dari periode sebelumnya, kelima tokoh tersebut konsisten masuk posisi lima besar. Hanya urutannya saja yang berubah. Ganjar secara signifikan melonjak drastis dari sebelumnya di peringkat 5 menjadi peringkat 1 menggeser Prabowo Subianto yang beberapa pekan bertengger di urutan 1. Anies Baswedan tetap di urutan 4 sedangkan Erick Thohir turun ke peringkat lima.

Penyebutan untuk Ganjar Pranowo terpantau melonjak signifikan mencapai 80 ribu mentions atau dua kali lipat dari penyebutan pada pekan-pekan sebelumnya. Hal ini terkait deklarasi Ketum PDIP Megawati untuk Ganjar Pranowo sebagai capres yang diajukan PDIP untuk Pemilu 2024 nanti. Isu ini berhasil mendongkrak nama Ganjar di urutan pertama di semua kanal berdasarkan total penyebutan di antara para tokoh yang berpeluang maju Pilpres 2024.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

Rekomendasi dan Giveaway Hampers Ramaikan Linimasa Twitter Jelang Lebaran

Berbagai tradisi dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri, salah satunya ialah berbagi hampers atau parsel. Tak hanya dibagikan kepada teman atau saudara, saat ini warganet juga dapat saling berbagi dengan teman dunia maya atau sebaliknya dengan berbagi hampers lewat giveaway.

Untuk melihat keramaian perbincangan berbagi hampers maupun parsel lebaran, Netray Media Monitoring memantau topik ini dengan kata kunci hampers dan parsel. Hasilnya, ditemukan sebanyak 34,3 ribu twit yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Selama periode pemantauan 11-17 April 2023, perbincangan terkait kata kunci telah meraih impresi sebanyak 7,1 juta reaksi. Twit-twit tersebut diperbincangkan oleh lebih dari 9 ribu akun yang berpotensi menjangkau hingga 194 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan warganet

Perbincangan kedua kata kunci ini terlihat sejak awal pemantauan dan memuncak di tanggal 11 April dengan total twit 7.728 dalam sehari. Pembahasan perihal kedua kata kunci ini didominasi oleh twit rekomendasi hampers atau parsel lebaran. Selain itu, giveaway atau bagi-bagi hampers dan parsel juga ramai diperbincangkan warganet.

Gambar 2. Peak time perbincangan
Gambar 3. Kosakata yang sering muncul terkait kata kunci

Pada momen ini pastinya warganet ingin memberikan hampers atau parsel yang menarik untuk dibagikan kepada taman, saudara, bahkan pacar. Namun, beberapa dari warganet juga kebingungan mencari ide barang apa yang menarik untuk dibagikan.

Gambar 4. Sampel twit

Bagi warganet yang kebingungan mencari produk hampers lebaran yang cocok untuk diberikan kepada saudara atau teman bahkan pacar, kanal Twitter menjadi salah satu cara untuk memecahkan permasalahan tersebut. Berbagai thread rekomendasi hampers atau parsel dibagikan warganet Twitter agar mereka dapat memilih hampers yang ingin dibagikan. Rekomendasi hampers yang estetik hingga paket kue lebaran yang ramah di kantong pun banyak ditemukan.

Gambar 5. Sampel Twit
Gambar 6. Sampel twit

Berbagai macam rekomendasi hampers atau parsel lebaran dibagikan warganet, mulai dari kue kering, kacang-kacangan, cokelat, hingga permen. Hamper-hampers tersebut ditawarkan dalam berbagai macam bentuk, ada yang dijual per item dan ada juga yang dijual per paket. Harga yang ditawarkan oleh penjual pun juga bervariasi.

Gambar 7. Sampel media
Gambar 8. Sampel media
Gambar 9. Sampel media

Tidak hanya makanan atau kue lebaran, hampers lebaran yang diperoleh atau direkomendasikan oleh warganet juga berupa barang-barang. Barang-barang menarik dan praktis menjadi pilihan hampers dari beberapa warganet, seperti mukena, tas, ataupun parfum.

Gambar 10. Sampel media
Gambar 11. Sampel media
Gambar 12. Sampel media

Momen ini tak hanya dijadikan ajang buka lapak bagi penjual kue lebaran, namun juga dijadikan momen berbagi dengan sesama warganet melalui ajang bagi-bagi atau giveaway. Namun, giveaway yang dibagikan oleh warganet tak melulu berupa paket jajanan atau kue. Berbagai macam bentuk hadiah mulai dari emoney, skincare, hingga hijab dibagikan warganet ke sesama teman dunia mayanya.

Gambar 13. Sampel Twit
Gambar 14. Sampel twit

Warganet cukup dipermudah untuk mendapat giveaway tersebut. Hanya dengan mem-follow atau membalas twit yang bersangkutan, warganet mempunyai kesempatan untuk memenangkan hampers atau parsel dari ajang giveaway ini. Seperti yang diunggah oleh akun @heybogosipeo yang membagikan rules untuk dapat memenangkan hampers lebaran hanya dengan mem-follow, retweet, like, dan reply akun miliknya.

Gambar 15. Sampel Twit
Gambar 16. Sampel twit

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Winda Trilatifah

3 Iklan Ramadan yang Berhasil Menarik Perhatian Warganet

Di momen Ramadan, sejumlah brand berusaha menarik perhatian konsumen dengan menyuguhkan iklan yang dikemas khusus bertema Ramadan. Iklan ini juga hanya ditayangkan beberapa waktu sebelum hingga setelah Ramadan saja. Netray memantau perbincangan warganet Twitter dengan kata kunci iklan && ramadan, iklan && ramadhan, serta iklan && puasa untuk melihat sejauh mana antusiasme warganet membahas topik ini.

Berdasarkan hasil pemantauan selama 30 hari terakhir sejak 15 Maret sampai dengan 13 April 2023 ditemukan 3 iklan Ramadan yang dominan muncul dalam perbincangan terkait topik. Pertama adalah iklan Indosat, iklan sirup Marjan dan Bank BCA.

Gambar 1. Unggahan video populer dari warganet di Twitter

1. Iklan Ramadan IndosatIM3: Kembali ke Serunya Ramadan

Iklan Ramadan milik Indosat bertajuk Kembali ke Serunya Ramadan ini menghadirkan 4 musisi populer, yakni Ari Lesmana, Feby Putri, Fiersa Besari, dan Hindia. Mereka diceritakan melakukan perjalanan pulang ke kampungnya masing-masing usai melakukan latihan di studio. Lalu ditampilkan 4 latar berbeda dari masing-masing kampung halaman dan kegiatan seru nan hangat mereka di sana.

Dari total 3.363 twit yang membahas topik soal iklan Ramadan, Netray menemukan bahwa 860 di antaranya mengandung kata kunci IM3. Twit akun @seterahdeh yang menampilkan video iklan IM3 menjadi unggahan ketiga paling populer terkait topik ini. Setidaknya ditemukan 500 lebih akun yang mencuitkan kata kunci dengan dominasi perbincangan positif.

Gambar 2. Statistik topik iklan IM3 di Twitter

Adapun impresi yang diperoleh terkait perbincangan iklan im3 ini mencapai 2,9 juta reaksi yang berpotensi menjangkau hingga 21 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Impresi iklan IM3 paling tinggi di antara yang lain lantaran di Twitter, topik ini banyak dibahas oleh selebtwit atau akun Twitter warganet yang memiliki pengikut besar dan berpengaruh, seperti @adit_insomnia, @seterahdeh, @intanorii, hingga @bayu_joo. Mereka kompak memberikan ulasan positif untuk iklan ini.

Gambar 3. Akun yang mempopulerkan iklan IM3
Gambar 4. Sampel twit

Selain rasa haru karena sejumlah momen Ramadan yang kembali mengingatkan warganet pada masa kecil, warganet juga takjub dengan suara merdu Ari Lesmana ketika mengumandangkan adzan.

2. Iklan Marjan 2023 : Baruna Sang Penjaga

Seperti diketahui, Marjan selalu menghadirkan iklan episode baru di tiap tahunnya. Masih menceritakan tentang Baruna, sosok pahlawan dari para nelayan yang senantiasa melindungi manusia dari amukan naga laut. Warganet pun masih takjub dengan iklan animasi dari MarjanCinematic Universe (MCU) yang sangat ikonik ini.

Selama pemantauan, ditemukan 631 twit dari 300 lebih akun yang membicarakan iklan ini. Impresi yang diperoleh sebesar 1,5 juta reaksi yang menjangkau hingga 2 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Jika dilihat dari sentimen perbincangan soal iklan Marjan, twit dengan sentimen negatif lebih tinggi. Hal ini karena banyak warganet yang kesal dengan waktu penayangan iklan ini di siang hari atau ketika menjelang Magrib. Sebab warganet yang berpuasa merasa terkecoh dengan suara bedug di iklan ini yang dikira nyata. Selain itu, warganet juga mengkritik cerita dalam iklan yang dinilai tidak adil, sebab naga yang marah karena manusia buang sampah sembarangan akhirnya malah ditombak.

Gambar 6. Kosakata populer iperbincangan iklan Marjan
Gambar 7. Opini soal iklan Marjan

3. Iklan Ramadan BCA: Tiba-Tiba Puasa

Netray hanya menemukan 112 twit dengan kata kunci iklan BCA. Namun, dalam perbincangan soal iklan Ramadan, unggahan video iklan ini cukup menyita perhatian dan masuk radar obrolan iklan Ramadan terbaik tahun ini menurut warganet.

Gambar 8. Statistik perbincangan soal iklan BCA

Di momen Ramadan kali ini, BCA menghadirkan Christine Hakim sebagai tokoh utama dalam iklan yang durasinya cukup panjang. Iklan ini menarik perhatian warganet lantaran banyak adegan yang merupakan kreasi ulang dari cuplikan film The Last of Us yang tengah viral. Menurut warganet iklan ini memiliki copywriting yang unik dan storytelling yang insightfull. Ketimbang haru, warganet lebih banyak yang terhibur dengan iklan Ramadan BCA satu ini.

Gambar 9. Opini soal iklan BCA
Gambar 10. Opini soal iklan BCA

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Irwan Syambudi

TikTokers Kritik Infrastruktur Lampung; Dibela Warganet, Dipolisikan Pejabat

Jalanan rusak di Lampung menjadi ramai perbincangan warganet. Setelah seorang TikTokers Bima Yudho Saputro atau Bima melalui akunnya @awbimaxreborn mengkritik pemerintah Lampung. Ia menyebutkan alasan mengapa Lampung tak kunjung maju salah satunya adalah jalanan yang rusak dan ditambal sekenanya.

Tak tanggung-tanggung Bima menggunakan kata dajjal untuk melabeli kesemrawutan yang terjadi di Lampung. Kritikannya menuai dukungan warganet di Twitter, namun pejabat di Lapmpung mereponsnya dengan melaporkan pemilik akun TikTok @awbimaxreborn ke Polisi oleh seorang advokat Gindha Anshori, yang juga pengacara dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Gambar 1. Unggahan TikTok kritik @awbimaxreborn soal infrastruktur Lampung

Berdasarkan pantauan Netray Media Monitoring di Twitter menggunakan kata kunci dajjal&&lampung, infrastruktur&&lampung, serta jalan&&lampung selama 10 – 16 April 2022 ditemukan 44,4 ribu twit dari 17,4 ribu akun memperbincangkan isu ini. Angka yang tak kecil menandakan bahwa warganet juga turut perhatian terhadap kritik yang dilontarkan Bima terutama soal infrastruktur transportasi di Lampung.

Gambar 2. Statistik Perbincangan Twitter Isu Jalan Rusak di Lampung

Perbincangan isu ini didominasi oleh sentimen negatif sebanyak 34.378 lebih banyak jika dibandingkan twit positif yang hanya berjumlah 6.934 twit. Puncak perbincangan warganet terjadi pada 15 April 2023 sebanyak 18.088 twit.

Gambar 3. Tren peak time dan sentimen perbincangan Twitter

Membela Bima Soal Kritik Lampung

Kritik yang dilontarkan Bima ternyata mendapat sambutan dari warganet Twitter. Banyak warganet yang seolah mengamini infrastruktur Lampung yang semrawut. Seperti akun @aaimwho dan @kaizen_pdca yang memuji Bima karena ia memotivasi warganet lain berani mengungkapkan fakta. Ditambah lagi warganet setuju bahwa pembangunan di Lampung belum merata hal ini seperti diungkapkan @saturnoesy dan @boombongie.

Gambar 4. Opini warganet
Gambar 5. Opini warganet

Berkat kritik Bima yang menjadi viral se-Indonesia ini memberi efek pemerintah Lampung segera bertindak memperbaiki jalanan, warganet terus berterima kasih kepada pemuda yang sedang berkuliah di Australia ini. Hal ini seperti yang tertuang dalam twit akun @Aryprasetyo85, @kurawa, dan @njdraa.

Gambar 6. Opini warganet

Suara Warga Lampung

Setelah viralnya pernyataan Bima, warga asli Lampung ramai-ramai mencuitkan, mengunggah gambar serta video yang menunjukkan betapa buruknya jalur transportasi Lampung bahkan hingga berlumpur jika hujan datang. Seperti yang disampaikan @harukamashima yang sejak lahir berada di Lampung, ia mencuitkan soal jalan utama di sekitar tempat tinggalnya banyak yang bolong namun yang ditambal hanya sedikit.

Hal serupa diungkapkan @catatan_ali7, ia tampak mengunggah sebuah video jalan yang tak rata penuh tanah dan kerikil bahkan ia menyebut jika hujan datang jalanan itu becek parah dan dapat merusak sandal jepit. Bahkan akun @trieshohib dan @Slixe_13 memaparkan bahwa dari dulu keadaan Lampung tak kunjung berkembang.

Gambar 7. Opini warganet
Gambar 8. Opini warganet

Tak hanya warga asli Lampung yang bersuara, warga luar daerah yang hanya sekedar berkunjung pun turut berkomentar. Akun @jamilah38457001, ia kaget dan jera saat berkendara di jalanan Lampung dan tak ingin kembali lagi ke sana. Hal senada dicuitkan @gimmecchocolate dia bahkan membandingkan dengan kondisi jalan di Yogyakarta tempatnya tinggal.

Gambar 9. Opini warganet

Lampung Tengah dan Lampung Timur Banyak Disebut

Warganet Twitter tak hanya menyebut jalanan Lampung secara umum, banyak yang secara spesifik menyoroti daerah tempat tinggalnya atau pun jalan yang sering mereka lewati. Seperti akun @tukangrosok22 yang mengunggah video keadaan jalanan Way Terusan SP1, Lampung Tengah, yang hanya berupa tanah becek dan bisa membuat pengendara jatuh terperosok karena licin. Jalan Rumbia juga beberapa kali disinggung warganet dengan video jalan berlubang besar dan penuh kubangan air. Fakta ini seperti yang dicuitkan akun @BungkusTukang dan @Petunjukpagi.

Gambar 10. Opini warganet

Selain Lampung Tengah, jalan raya di Lampung Timur juga sering disebut warganet sebagai yang rusak parah. Hal ini seperti yang dituliskan @farizasadel ia menjuluki jika lewat jalan itu seperti naik roller coaster ditambah lagi bisa merusak mesin mobil. Sedangkan akun @viqhani tampak memaparkan perbedaan yang kontras antara Lampung Selatan dan Timur. jika jalanan masih bagus maka termasuk daerah Lampung Selatan sedangkan Lampung Timur hanyalah jalanan tanah bercampur batu.

Gambar 11. Opini warganet

Jika dilihat berdasarkan jajaran media populer. Unggahan kompilasi keadaan jalanan lampung yang rusak dan penuh kubangan air dari akun @tanyakanrl menjadi yang paling populer selama periode pemantauan. Akun ini tampak menanyakan kebenaran kondisi jalan di Lampung. Unggahan ini berhasil memperoleh 36,444 likes, 2802 komentar dan 4.159 retweets. Akun @pleasenotice17 yang mengunggah video jalan becek dan bergelombang yang dilewati banyak truk dan mobil juga menjadi media yang cukup populer. Tampak judul video bertuliskan “Pak Gubernur, Lampung Berjaya di mananya ya?” ini memperoleh 2.391 likes, 543 retweets, dan 89 komentar.

Gambar 12. Sampel Twit Media Terpopuler @tanyakanrl
Gambar 13. Sampel Twit Media Terpopuler @pleasenotice17

Infrastruktur transportasi seperti jalan raya menjadi vital untuk mobilisasi warga. Kritik dari Tiktoker Bima menjadi puncak keresahan akibat jalan yang rusak dan tak kunjung diperbaiki. Fakta ini diperkuat oleh warganet lainnya yang ramai-ramai mengunggah foto dan video infrastruktur yang rusak parah.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi