HomeCurrent ReportRekomendasi dan Giveaway Hampers Ramaikan Linimasa Twitter Jelang Lebaran

Rekomendasi dan Giveaway Hampers Ramaikan Linimasa Twitter Jelang Lebaran

Published on

Berbagai tradisi dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri, salah satunya ialah berbagi hampers atau parsel. Tak hanya dibagikan kepada teman atau saudara, saat ini warganet juga dapat saling berbagi dengan teman dunia maya atau sebaliknya dengan berbagi hampers lewat giveaway.

Untuk melihat keramaian perbincangan berbagi hampers maupun parsel lebaran, Netray Media Monitoring memantau topik ini dengan kata kunci hampers dan parsel. Hasilnya, ditemukan sebanyak 34,3 ribu twit yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Selama periode pemantauan 11-17 April 2023, perbincangan terkait kata kunci telah meraih impresi sebanyak 7,1 juta reaksi. Twit-twit tersebut diperbincangkan oleh lebih dari 9 ribu akun yang berpotensi menjangkau hingga 194 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan warganet

Perbincangan kedua kata kunci ini terlihat sejak awal pemantauan dan memuncak di tanggal 11 April dengan total twit 7.728 dalam sehari. Pembahasan perihal kedua kata kunci ini didominasi oleh twit rekomendasi hampers atau parsel lebaran. Selain itu, giveaway atau bagi-bagi hampers dan parsel juga ramai diperbincangkan warganet.

Gambar 2. Peak time perbincangan
Gambar 3. Kosakata yang sering muncul terkait kata kunci

Pada momen ini pastinya warganet ingin memberikan hampers atau parsel yang menarik untuk dibagikan kepada taman, saudara, bahkan pacar. Namun, beberapa dari warganet juga kebingungan mencari ide barang apa yang menarik untuk dibagikan.

Gambar 4. Sampel twit

Bagi warganet yang kebingungan mencari produk hampers lebaran yang cocok untuk diberikan kepada saudara atau teman bahkan pacar, kanal Twitter menjadi salah satu cara untuk memecahkan permasalahan tersebut. Berbagai thread rekomendasi hampers atau parsel dibagikan warganet Twitter agar mereka dapat memilih hampers yang ingin dibagikan. Rekomendasi hampers yang estetik hingga paket kue lebaran yang ramah di kantong pun banyak ditemukan.

Gambar 5. Sampel Twit
Gambar 6. Sampel twit

Berbagai macam rekomendasi hampers atau parsel lebaran dibagikan warganet, mulai dari kue kering, kacang-kacangan, cokelat, hingga permen. Hamper-hampers tersebut ditawarkan dalam berbagai macam bentuk, ada yang dijual per item dan ada juga yang dijual per paket. Harga yang ditawarkan oleh penjual pun juga bervariasi.

Gambar 7. Sampel media
Gambar 8. Sampel media
Gambar 9. Sampel media

Tidak hanya makanan atau kue lebaran, hampers lebaran yang diperoleh atau direkomendasikan oleh warganet juga berupa barang-barang. Barang-barang menarik dan praktis menjadi pilihan hampers dari beberapa warganet, seperti mukena, tas, ataupun parfum.

Gambar 10. Sampel media
Gambar 11. Sampel media
Gambar 12. Sampel media

Momen ini tak hanya dijadikan ajang buka lapak bagi penjual kue lebaran, namun juga dijadikan momen berbagi dengan sesama warganet melalui ajang bagi-bagi atau giveaway. Namun, giveaway yang dibagikan oleh warganet tak melulu berupa paket jajanan atau kue. Berbagai macam bentuk hadiah mulai dari emoney, skincare, hingga hijab dibagikan warganet ke sesama teman dunia mayanya.

Gambar 13. Sampel Twit
Gambar 14. Sampel twit

Warganet cukup dipermudah untuk mendapat giveaway tersebut. Hanya dengan mem-follow atau membalas twit yang bersangkutan, warganet mempunyai kesempatan untuk memenangkan hampers atau parsel dari ajang giveaway ini. Seperti yang diunggah oleh akun @heybogosipeo yang membagikan rules untuk dapat memenangkan hampers lebaran hanya dengan mem-follow, retweet, like, dan reply akun miliknya.

Gambar 15. Sampel Twit
Gambar 16. Sampel twit

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: