HomeCurrent ReportWisata Libur Lebaran: Jalan-jalan Hingga Kemacetan

Wisata Libur Lebaran: Jalan-jalan Hingga Kemacetan

Published on

Momen libur Idulfitri 2023 menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berkumpul sekaligus mengunjungi tempat wisata. Terlebih, libur lebaran tahun ini terasa panjang karena bertepatan dengan akhir pekan dan libur nasional yakni 19 April – 1 Mei 2023.

Netray ingin mengetahui cerita warganet di momen libur Lebaran tahun ini sekaligus memantau tempat wisata mana saja yang kerap disebut dalam perbincangan. Dengan menggunakan kata kunci wisata&&lebaran, tempat wisata&&lebaran ditemukan 1.150 twit dari 759 akun selama periode 19 April-1 Mei 2023. Perbincangan terkait kata kunci ini memperoleh impresi hingga 54,4 ribu reaksi yang berpotensi menjangkau hingga 70,6 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan Twitter isu wisata libur Lebaran
Gambar 2. Intensitas perbincangan
Gambar 3. Kosakata populer

Perbincangan topik ini mulai merangkak sejak 24 April dan mengalami peningkatan signifikan pada 30 April 2023.Pembahasan kedua kata kunci ini didominasi oleh wisata di Pesawaran, Lampung. Hal ini tercermin pada kata pesawaran, ramadhona, dan dendi. Seperti yang dicuitkan oleh akun @cybereight8 dan akun @Cinta_42345 yang melaporkan kepadatan pengunjung di wisata Pesisir Pesawaran.

Gambar 4. Sampel twit

Sedangkan kata dendi  dan ramadhona berkenaan dengan Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona yang meninjau langsung arus lalu lintas dan destinasi wisata masa lebaran Idulfitri 1444 H di wilayah pesisir Pesawaran. Tweet yang mengabarkan kegiatan Dendi di Pesawaran ini banyak ditemukan dengan tagar #LebaranDiPesawaran.

Berdasarkan jajaran lokasi, selain Pesawaran terdapat Jawa Barat yang juga banyak disebut dalam perbincangan. Hal ini terkait dengan informasi kepadatan arus lalu lintas di kawasan objek wisata dan jalur arus balik mudik lebaran 2023 di wilayah Jawa Barat. Seperti yang dicuitkan oleh @GladysNegeri dan @sulvianah.

Gambar 5. Lokasi yang banyak disebut
Gambar 6. Sampel twit

Terlihat pula akun berita yang melaporkan keramaian tempat wisata di Jawa Barat seperti Pantai Pangandaran hingga Situ Bagendit sebagai lokasi yang banyak dikunjungi warga untuk berwisata.

Yogyakarta menjadi lokasi selanjutnya yang disebut oleh warganet. Akun @KemenkeuRI tampak merekomendasikan Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo di lereng Gunung Merapi untuk dikunjungi. Sedangkan akun @lewispoolilies merekomendasikan agenda wisata yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, yakni Festival Destinasi Jeron Beteng 2023 dan Festival Kampung Wisata.

Gambar 7. Sampel twit

Tarif Parkir Mahal hingga Kemacetan

Selama berkunjung ke tempat wisata ternyata ada sejumlah warganet yang mengeluhkan soal tarif parkir di Yogyakarta. Akun @ibas dan @rausanul_qalbu menyebut bahwa tarif parkir sejumlah tempat wisata di Yogyakarta mengalami kenaikan hingga lima kali lipat. 

Gambar 8. Sampel twit

Perihal kemacetan juga menjadi bahasan warganet. @hannjzoe yang bekerja pada hari Lebaran mengaku menemui kemacetan di jalanan Yogyakarta yang mengarah ke pusat perbelanjaan mall. Kemacetan juga terjadi di Solo. Akun @Shaggy_Solo menyebut bahwa jalan menuju Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Solo Safari, Koridor Ngarsopuro dan Koridor Singosaren mengalami kemacetan parah.

Gambar 9. Sampel twit

Pantauan Wisata Lebaran di Kanal Youtube

Netray juga memantau topik ini di kanal Youtube. Dengan kata kunci dan periode yang sama, ditemukan 81 video yang mendapat 149,6 impresi dari warganet. Intensitas unggahan terkait kata kunci terjadi pada 26 April 2023 sebanyak 13 unggahan.

Gambar 10. Statistik unggahan video Youtube
Gambar 11. Tren unggahan YouTube

Dari 81 video YouTube seputar wisata libur Lebaran, video yang paling banyak ditonton berasal dari kanal CNN Indonesia yang mengabarkan soal kemacetan arus lalu lintas yang terjadi pada arah kawasan Puncak. Para warganet pun mengungkapkan pengalamannya ketika menghadapi kemacetan. Video ini juga menampilkan wisata Selecta, Kota Batu, Malang yang menjadi salah satu pilihan destinasi wisata warga Malang.

Gambar 12. Sampel unggahan YouTube
Gambar 13. Sampel komentar YouTube

Video yang paling banyak ditonton selanjutnya berasal dari kanal personal Jalan Amrita. Video ini memperoleh 16,5 ribu views, 120 komentar dan disukai 182 warganet. Unggahan ini menampilkan suasana seputaran Malioboro, Nol Kilometer dan sekitarnya yang dipadati wisatawan, tak jarang ditemui pula ruas jalan yang tampak macet.

Gambar 14. Sampel unggahan YouTube
Gambar 15. Sampel komentar YouTube

Video ketiga yang paling banyak dilihat adalah dari kanal KompasTV Pontianak yang menyuguhkan video Presiden Jokowi beserta keluarganya berwisata ke Labuan Bajo, NTT sekaligus mengecek kesiapan lokasi KTT ASEAN ke-42. Tampak Jokowi disambut dengan meriah oleh warga sekitar. Komentar warganet di video ini cukup beragam mulai dari memuji hingga menghujat.

Gambar 16. Sampel unggahan Youtube
Gambar 17. Sampel komentar YouTube

Momen libur lebaran yang terjadi setiap satu tahun sekali memiliki banyak dampak mulai dari kemacetan hingga harga yang naik. Namun kesempatan ini merupakan waktu bagi para warga untuk berkumpul bersama keluarga dan menyegarkan pikiran setelah rutinitas yang panjang.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: