HomeCurrent ReportTikTokers Kritik Infrastruktur Lampung; Dibela Warganet, Dipolisikan Pejabat

TikTokers Kritik Infrastruktur Lampung; Dibela Warganet, Dipolisikan Pejabat

Published on

Jalanan rusak di Lampung menjadi ramai perbincangan warganet. Setelah seorang TikTokers Bima Yudho Saputro atau Bima melalui akunnya @awbimaxreborn mengkritik pemerintah Lampung. Ia menyebutkan alasan mengapa Lampung tak kunjung maju salah satunya adalah jalanan yang rusak dan ditambal sekenanya.

Tak tanggung-tanggung Bima menggunakan kata dajjal untuk melabeli kesemrawutan yang terjadi di Lampung. Kritikannya menuai dukungan warganet di Twitter, namun pejabat di Lapmpung mereponsnya dengan melaporkan pemilik akun TikTok @awbimaxreborn ke Polisi oleh seorang advokat Gindha Anshori, yang juga pengacara dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Gambar 1. Unggahan TikTok kritik @awbimaxreborn soal infrastruktur Lampung

Berdasarkan pantauan Netray Media Monitoring di Twitter menggunakan kata kunci dajjal&&lampung, infrastruktur&&lampung, serta jalan&&lampung selama 10 – 16 April 2022 ditemukan 44,4 ribu twit dari 17,4 ribu akun memperbincangkan isu ini. Angka yang tak kecil menandakan bahwa warganet juga turut perhatian terhadap kritik yang dilontarkan Bima terutama soal infrastruktur transportasi di Lampung.

Gambar 2. Statistik Perbincangan Twitter Isu Jalan Rusak di Lampung

Perbincangan isu ini didominasi oleh sentimen negatif sebanyak 34.378 lebih banyak jika dibandingkan twit positif yang hanya berjumlah 6.934 twit. Puncak perbincangan warganet terjadi pada 15 April 2023 sebanyak 18.088 twit.

Gambar 3. Tren peak time dan sentimen perbincangan Twitter

Membela Bima Soal Kritik Lampung

Kritik yang dilontarkan Bima ternyata mendapat sambutan dari warganet Twitter. Banyak warganet yang seolah mengamini infrastruktur Lampung yang semrawut. Seperti akun @aaimwho dan @kaizen_pdca yang memuji Bima karena ia memotivasi warganet lain berani mengungkapkan fakta. Ditambah lagi warganet setuju bahwa pembangunan di Lampung belum merata hal ini seperti diungkapkan @saturnoesy dan @boombongie.

Gambar 4. Opini warganet
Gambar 5. Opini warganet

Berkat kritik Bima yang menjadi viral se-Indonesia ini memberi efek pemerintah Lampung segera bertindak memperbaiki jalanan, warganet terus berterima kasih kepada pemuda yang sedang berkuliah di Australia ini. Hal ini seperti yang tertuang dalam twit akun @Aryprasetyo85, @kurawa, dan @njdraa.

Gambar 6. Opini warganet

Suara Warga Lampung

Setelah viralnya pernyataan Bima, warga asli Lampung ramai-ramai mencuitkan, mengunggah gambar serta video yang menunjukkan betapa buruknya jalur transportasi Lampung bahkan hingga berlumpur jika hujan datang. Seperti yang disampaikan @harukamashima yang sejak lahir berada di Lampung, ia mencuitkan soal jalan utama di sekitar tempat tinggalnya banyak yang bolong namun yang ditambal hanya sedikit.

Hal serupa diungkapkan @catatan_ali7, ia tampak mengunggah sebuah video jalan yang tak rata penuh tanah dan kerikil bahkan ia menyebut jika hujan datang jalanan itu becek parah dan dapat merusak sandal jepit. Bahkan akun @trieshohib dan @Slixe_13 memaparkan bahwa dari dulu keadaan Lampung tak kunjung berkembang.

Gambar 7. Opini warganet
Gambar 8. Opini warganet

Tak hanya warga asli Lampung yang bersuara, warga luar daerah yang hanya sekedar berkunjung pun turut berkomentar. Akun @jamilah38457001, ia kaget dan jera saat berkendara di jalanan Lampung dan tak ingin kembali lagi ke sana. Hal senada dicuitkan @gimmecchocolate dia bahkan membandingkan dengan kondisi jalan di Yogyakarta tempatnya tinggal.

Gambar 9. Opini warganet

Lampung Tengah dan Lampung Timur Banyak Disebut

Warganet Twitter tak hanya menyebut jalanan Lampung secara umum, banyak yang secara spesifik menyoroti daerah tempat tinggalnya atau pun jalan yang sering mereka lewati. Seperti akun @tukangrosok22 yang mengunggah video keadaan jalanan Way Terusan SP1, Lampung Tengah, yang hanya berupa tanah becek dan bisa membuat pengendara jatuh terperosok karena licin. Jalan Rumbia juga beberapa kali disinggung warganet dengan video jalan berlubang besar dan penuh kubangan air. Fakta ini seperti yang dicuitkan akun @BungkusTukang dan @Petunjukpagi.

Gambar 10. Opini warganet

Selain Lampung Tengah, jalan raya di Lampung Timur juga sering disebut warganet sebagai yang rusak parah. Hal ini seperti yang dituliskan @farizasadel ia menjuluki jika lewat jalan itu seperti naik roller coaster ditambah lagi bisa merusak mesin mobil. Sedangkan akun @viqhani tampak memaparkan perbedaan yang kontras antara Lampung Selatan dan Timur. jika jalanan masih bagus maka termasuk daerah Lampung Selatan sedangkan Lampung Timur hanyalah jalanan tanah bercampur batu.

Gambar 11. Opini warganet

Jika dilihat berdasarkan jajaran media populer. Unggahan kompilasi keadaan jalanan lampung yang rusak dan penuh kubangan air dari akun @tanyakanrl menjadi yang paling populer selama periode pemantauan. Akun ini tampak menanyakan kebenaran kondisi jalan di Lampung. Unggahan ini berhasil memperoleh 36,444 likes, 2802 komentar dan 4.159 retweets. Akun @pleasenotice17 yang mengunggah video jalan becek dan bergelombang yang dilewati banyak truk dan mobil juga menjadi media yang cukup populer. Tampak judul video bertuliskan “Pak Gubernur, Lampung Berjaya di mananya ya?” ini memperoleh 2.391 likes, 543 retweets, dan 89 komentar.

Gambar 12. Sampel Twit Media Terpopuler @tanyakanrl
Gambar 13. Sampel Twit Media Terpopuler @pleasenotice17

Infrastruktur transportasi seperti jalan raya menjadi vital untuk mobilisasi warga. Kritik dari Tiktoker Bima menjadi puncak keresahan akibat jalan yang rusak dan tak kunjung diperbaiki. Fakta ini diperkuat oleh warganet lainnya yang ramai-ramai mengunggah foto dan video infrastruktur yang rusak parah.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: