HomeCurrent Report3 Iklan Ramadan yang Berhasil Menarik Perhatian Warganet

3 Iklan Ramadan yang Berhasil Menarik Perhatian Warganet

Published on

Di momen Ramadan, sejumlah brand berusaha menarik perhatian konsumen dengan menyuguhkan iklan yang dikemas khusus bertema Ramadan. Iklan ini juga hanya ditayangkan beberapa waktu sebelum hingga setelah Ramadan saja. Netray memantau perbincangan warganet Twitter dengan kata kunci iklan && ramadan, iklan && ramadhan, serta iklan && puasa untuk melihat sejauh mana antusiasme warganet membahas topik ini.

Berdasarkan hasil pemantauan selama 30 hari terakhir sejak 15 Maret sampai dengan 13 April 2023 ditemukan 3 iklan Ramadan yang dominan muncul dalam perbincangan terkait topik. Pertama adalah iklan Indosat, iklan sirup Marjan dan Bank BCA.

Gambar 1. Unggahan video populer dari warganet di Twitter

1. Iklan Ramadan IndosatIM3: Kembali ke Serunya Ramadan

Iklan Ramadan milik Indosat bertajuk Kembali ke Serunya Ramadan ini menghadirkan 4 musisi populer, yakni Ari Lesmana, Feby Putri, Fiersa Besari, dan Hindia. Mereka diceritakan melakukan perjalanan pulang ke kampungnya masing-masing usai melakukan latihan di studio. Lalu ditampilkan 4 latar berbeda dari masing-masing kampung halaman dan kegiatan seru nan hangat mereka di sana.

Dari total 3.363 twit yang membahas topik soal iklan Ramadan, Netray menemukan bahwa 860 di antaranya mengandung kata kunci IM3. Twit akun @seterahdeh yang menampilkan video iklan IM3 menjadi unggahan ketiga paling populer terkait topik ini. Setidaknya ditemukan 500 lebih akun yang mencuitkan kata kunci dengan dominasi perbincangan positif.

Gambar 2. Statistik topik iklan IM3 di Twitter

Adapun impresi yang diperoleh terkait perbincangan iklan im3 ini mencapai 2,9 juta reaksi yang berpotensi menjangkau hingga 21 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Impresi iklan IM3 paling tinggi di antara yang lain lantaran di Twitter, topik ini banyak dibahas oleh selebtwit atau akun Twitter warganet yang memiliki pengikut besar dan berpengaruh, seperti @adit_insomnia, @seterahdeh, @intanorii, hingga @bayu_joo. Mereka kompak memberikan ulasan positif untuk iklan ini.

Gambar 3. Akun yang mempopulerkan iklan IM3
Gambar 4. Sampel twit

Selain rasa haru karena sejumlah momen Ramadan yang kembali mengingatkan warganet pada masa kecil, warganet juga takjub dengan suara merdu Ari Lesmana ketika mengumandangkan adzan.

2. Iklan Marjan 2023 : Baruna Sang Penjaga

Seperti diketahui, Marjan selalu menghadirkan iklan episode baru di tiap tahunnya. Masih menceritakan tentang Baruna, sosok pahlawan dari para nelayan yang senantiasa melindungi manusia dari amukan naga laut. Warganet pun masih takjub dengan iklan animasi dari MarjanCinematic Universe (MCU) yang sangat ikonik ini.

Selama pemantauan, ditemukan 631 twit dari 300 lebih akun yang membicarakan iklan ini. Impresi yang diperoleh sebesar 1,5 juta reaksi yang menjangkau hingga 2 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Jika dilihat dari sentimen perbincangan soal iklan Marjan, twit dengan sentimen negatif lebih tinggi. Hal ini karena banyak warganet yang kesal dengan waktu penayangan iklan ini di siang hari atau ketika menjelang Magrib. Sebab warganet yang berpuasa merasa terkecoh dengan suara bedug di iklan ini yang dikira nyata. Selain itu, warganet juga mengkritik cerita dalam iklan yang dinilai tidak adil, sebab naga yang marah karena manusia buang sampah sembarangan akhirnya malah ditombak.

Gambar 6. Kosakata populer iperbincangan iklan Marjan
Gambar 7. Opini soal iklan Marjan

3. Iklan Ramadan BCA: Tiba-Tiba Puasa

Netray hanya menemukan 112 twit dengan kata kunci iklan BCA. Namun, dalam perbincangan soal iklan Ramadan, unggahan video iklan ini cukup menyita perhatian dan masuk radar obrolan iklan Ramadan terbaik tahun ini menurut warganet.

Gambar 8. Statistik perbincangan soal iklan BCA

Di momen Ramadan kali ini, BCA menghadirkan Christine Hakim sebagai tokoh utama dalam iklan yang durasinya cukup panjang. Iklan ini menarik perhatian warganet lantaran banyak adegan yang merupakan kreasi ulang dari cuplikan film The Last of Us yang tengah viral. Menurut warganet iklan ini memiliki copywriting yang unik dan storytelling yang insightfull. Ketimbang haru, warganet lebih banyak yang terhibur dengan iklan Ramadan BCA satu ini.

Gambar 9. Opini soal iklan BCA
Gambar 10. Opini soal iklan BCA

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...
%d bloggers like this: