HomeCurrent ReportSerba-Serbi Pengalaman Mudik Warganet Ramaikan Perbincangan di Twitter

Serba-Serbi Pengalaman Mudik Warganet Ramaikan Perbincangan di Twitter

Published on

Momen Lebaran kali ini para pekerja migran yang ingin melaksanakan mudik tak harus dipersulit dengan kebijakan-kebijakan ketat seperti dua tahun silam. Tradisi pulang kampung tahun ini dirasakan suka cita oleh perantau di seluruh Tanah Air. Perbincangan di kanal Twitter pun ramai dengan kata kunci ‘mudik’

Netray Media Monitoring memantau menggunakan kata kunci mudik selama periode 17-30 April 2023. Dalam dua pekan tersebut, ditemukan lebih dari 255,3 ribu twit yang mengandung kata kunci ini. Dari total twit tersebut, topik ini memperoleh impresi sebanyak 302,1 juta reaksi yang berpotensi menjangkau hingga 527,6 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan topik mudik di Twitter

Suka cita warganet yang merasakan mudik dengan bebas di tahun ini dapat terlihat dari banyaknya tweet bersentimen positif selama pemantauan. Terlihat dari grafik di bawah ini, jumlah tweet bersentimen positif terhitung sebanyak 101.006 twit atau 39,2% dari total twit. Perbincangan memuncak di tanggal 18 April 2023 yang merupakan H-1 jelang penetapan cuti bersama lebaran. Pada tanggal tersebut ditemukan sebanyak 48,8 ribu twit, lalu perbincangan menurun di hari berikutnya dan mulai merangkak di tanggal 20 April 2023.

Gambar 2. Intensitas perbincangan

Perbincangan bersentimen positif didominasi dengan tweet-tweet dari warganet yang merasakan kebahagian lantaran dapat mudik di tahun ini. Pengalaman-pengalaman pemudik yang merasakan perjalanan dengan menggunakan berbagai macam kendaraan mulai dari kendaraan pribadi hingga umum mengisi perbincangan seputar mudik. Hal tersebut dapat terlihat dari kumpulan Top Words di bawah ini, seperti adanya kosakata naik, kereta, motor, tiket, dan juga gratis.

Gambar 3. Kosakata populer

Warganet membagikan pengalaman mudik menggunakan berbagai jenis kendaraan. Salah satu kendaraan umum yang sering disebutkan oleh warganet ialah moda kereta api. Kereta api dinilai sebagai kendaraan umum yang tepat dan cepat bagi pemudik. Tak hanya dipermudah dengan cara pembelian tiket, pemandangan sepanjang perjalanan, terutama di sore hari dinilai warganet menjadi nilai tambah untuk mudik dengan nyaman.

Gambar 4. Sampel Twit
Gambar 5. Sampel twit

Selain itu, warganet juga membagikan pengalaman mudik menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor. Persiapan matang dilakukan pemudik yang menggunakan motor guna menjaga keamanan dan keselamatan selama berkendara. Suka cita mudik menggunakan kendaraan pribadi ini dirasakan oleh warganet, salah satunya ialah bertemu dengan pemudik motor lainnya yang dapat dijadikan kawan sepanjang perjalanan.

Gambar 6. Sampel twit

Tak hanya berbagi pengalaman seputar kendaraan yang dipilih sebagai moda transportasi mudik, sentimen positif juga diisi oleh twit-twit kebahagiaan warganet yang dapat merasakan mudik di tahun ini setelah tahun-tahun sebelumnya dipenuhi dengan jadwal pekerjaan yang padat. Bukan hanya itu, beberapa warganet yang merupakan pasangan baru juga membagikan cerita bahagia lantaran dapat mudik ke rumah mertua untuk pertama kalinya.

Gambar 7. Sampel twit

Gagal Mudik dan Pengalaman Buruk Warganet

Di sisi lain, perbincangan bersentimen negatif juga datang dari twit-twit warganet yang membagikan cerita, seperti gagal mudik ataupun pengalaman buruk selama perjalanan mudik. Gagal mudik dirasakan oleh beberapa warganet lantaran adanya kesalahan pelayanan dari maskapai penerbangan. Seperti yang diunggah oleh @AldhiTR pada 19 April 2023. Akun bernama Aldhitama ini membagikan pengalaman gagal mudik yang dialami oleh saudaranya lantaran sebuah maskapai besar yang mengganggap tiket tersebut tidak berlaku.

Gambar 8. Sampel twit

Pengalaman buruk, seperti dipatok harga mahal oleh penjual yang menjajakan dagangan di momen lebaran juga menjadi salah satu penyumbang twit bersentimen negatif. Pengalaman buruk seperti ini dirasakan oleh pemudik yang tengah melakukan istirahat di tengah perjalanan. Bahkan warganet menilai terdapat beberapa pedagang yang memang ‘sengaja’ menjebak pemudik dengan tidak memberikan daftar harga makanan.

Gambar 9. Sampel twit

Jajaran Top Locations dan People

DKI Jakarta menjadi kota yang paling banyak disebutkan warganet dalam perbincangan soal mudik di Twitter. Lalu, disusul oleh Jateng dan Bandung. DKI Jakarta yang merupakan sentral pekerja migran menjadi lokasi yang paling banyak dicuitkan mulai dari cuitan terkait pemudik yang meninggalkan Ibukota hingga warga Ibukota yang merasa kesepian lantaran ditinggal para perantau.

Gambar 10. Lokasi yang paling banyak disebut

Selain lokasi, sosok yang paling banyak disebutkan oleh warganet terkait hal ini ialah Presiden Jokowi, Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo. Erick Thohir dan Ganjar Pranowo banyak disebut warganet lantaran keduanya membuat program mudik gratis. Erick membuat mudik gratis bersama BUMN sedangkan Ganjar membuat mudik gratis bagi warganya yang ingin pulang ke Jawa Tengah.

Gambar 11. Tokoh yang paling banyak disebut

Perbincangan seputar pengalaman baik dan buruk selama mudik Lebaran ramai menghiasi lini masa Twitter. Perasaan sukacita hingga kesal dan sedih dibagikan warganet pada tweet-tweet yang diunggah dalam akun mereka. Termasuk program mudik gratis yang diberikan sejumlah instansi/pemerintahan turut mencuri perhatian warganet yang ikut bahagia menyambut momen berkumpulnya dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman tahun ini.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: