Home

  • Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

    Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

    Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay. 

    Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.

    Cara Berlangganan Netray

    1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register

    2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

    3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.

    4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

    5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

    7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.

    8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

    9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.

    11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

    Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.

    Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.

  • Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

    Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

    Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.

    1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

    2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

    3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

    5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.

    6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.

    Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.

    7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.

    8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

    Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.

    Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)

    1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

    Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keywordpsbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).

    2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.

    Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?

    Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.

    Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?

    1. Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
    2. Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
    3. Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
    4. Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
    5. Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
    6. Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
    7. Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
    8. Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.

  • Popularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

    Popularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

    Tonight Show merupakan salah satu program di Net TV yang telah tayang sejak 27 Mei 2013. Meski telah 9 tahun bertahan di layar kaca, program talkshow yang dipandu oleh empat host ini kini justru semakin populer dan digandrungi anak muda. Tak hanya disiarkan secara langsung di televisi, Tonight Show kini juga membuat konten khusus di channel YouTube Net TV dengan tajuk Tonight Show Premiere.

    Menilik ulasan Google Review, program Tonight Show disukai sebesar 96% dengan rating 4,9/5. Perluasan media yang dimanfaatkan oleh Tonight Show tentu semakin mendongkrak popularitas talkshow yang dipandu oleh Vincent, Desta, Hesti, dan Enzy ini. Seperti apakah popularitas Tonight Show bila diamati melalui monitoring media sosial Youtube dan TikTok? Berikut hasil pantauan Media Monitoring Netray.

    Tonight show
    Gambar 1. Infografik monitoring Youtube

    Netray melakukan pemantauan sejak 05 September 2022 sampai dengan 15 September 2022. Adapun intensitas ungggahan konten terkait Tonight Show dapat diamati pada Grafik 1 di atas. Hasilnya, selama periode pantauan Netray ditemukan 116 video dengan jumlah penonton sebanyak 13,6 juta dan disukai sebanyak 278,3 ribu penonton.

    Gambar 2. Channel populer

    Dari 116 video tersebut, Gimmick Comedy menjadi channel paling populer dengan konten terkait Tonight Show. Selain Gimmick Comedy, terdapat berbagai channel lainnya yang turut mengunggah konten terkait Tonight Show. Menariknya, channel resmi milik Tonight Show justru tidak masuk dalam kategori channel populer selama periode pantauan Netray.

    Gambar 3. Video paling banyak ditonton oleh warganet

    Pada Gambar 3 dapat diamati beberapa video yang masuk dalam kategori video paling banyak ditonton oleh warganet. Berbagai video tersebut tampak menampilkan berbagai candaan para host yang banyak disukai oleh para penggemar Tonight Show. Bahkan salah satu unggahan channel Gimmick Comedy telah memperoleh 4,1 juta penonton dan disukai oleh lebih dari 110,4 ribu kali.

    Gambar 4. Konten populer Tonight Show di Youtube

    Video yang diunggah pada 10 September 2022 tersebut memuat candaan Desta dan Vincent kepada Enzy dalam salah satu episode Tonight Show. Tak hanya banjir likes, konten yang menjadi populer ini pun ramai dikomentari warganet. Berbagai komentar tersebut pun memuat dukungan untuk para host Tonight Show yang dinilai menghibur warganet.

    Sementara itu, pada channel official milik Tonight Show terlihat jumlah subcribers channel ini mencapai 4,8 juta dengan jumlah unggahan sebanyak 6,7 ribu video dan ditonton sebanyak 3,2 juta warganet. Channel yang dibuat sejak 31 Agustus 2013 ini pun menjadi salah satu channel talkshow yang paling banyak ditonton oleh pengguna layanan Youtube. Hal tersebut tampak pada salah satu unggahan video pada 1 September 2022 yang ditonton sebanyak 2.8 juta kali.

    Gambar 5. Profil resmi channel YouTube Tonight Show Net
    Gambar 6. Konten video yang paling banyak ditonton warganet

    Video dengan bintang tamu Habib Jafar tersebut menjadi video dengan jumlah penonton terbanyak selama periode pantauan Netray. Bahkan video yang diunggah pada 01 September 2022 tersebut mendapat like sebanyak 77,7 ribu kali.

    Potongan Video Tonight Show Jadi Konten Populer di TikTok

    Tak hanya di YouTube, potongan berbagai video terkait Tonight Show juga menjadi konten populer di TikTok. Kebanyakan warganet membagikan kembali potongan yang diunggah pihak Tonight Show di YouTube menjadi beberapa konten video di TikTok. Dengan periode yang sama Netray melakukan pemantauan untuk mengetahui popularitas Tonight Show di platform ini.

    Gambar 7. Infografik TikTok

    Jumlah unggahan warganet pengguna TikTok terkait konten Tonight Show dalam rentang 01 September sampai dengan 15 September 2022 mencapai 212 unggahan. Adapun impresi yang dihasilkan mencapai 5,9 juta, ditonton sebanyak 84,3 juta kali dan dibagikan lebih dari 17,2 ribu kali. Adapun jumlah like pada keseluruhan konten mencapai 5,9 juta dengan total komentar sebanyak 15,6 ribu. Jumlah tersebut menunjukkan tingginya popularitas konten terkait Tonight Show di TikTok.

    Gambar 8. Konten populer Tonight Show di TikTok

    Dari seluruh konten terkait Tonight Show yang beredar di FYP TikTok, terdapat beberapa konten yang kemudian menjadi populer. Konten-konten tersebut tampak pada Gambar 8, salah satunya adalah konten dengan Vino G Bastian dan Ariel Tatum sebagai bintang tamu. Tak hanya itu, candaan Desta kepada Enzy yang menggunakan celana pendek di salah satu episode turut menjadi konten populer yang banyak ditonton warganet.

    Gambar 9. Details konten populer di TikTok

    Candaan Desta dan Vincent pada Enzy yang pada salah satu episode tersebut menggunakan celana pendek disukai lebih dari 246,2 ribu kali. Sebagian warganet pun menilai hal tersebut hanya berupa keisengan seorang kakak yang bercanda pada adiknya. Hal ini kemudian menjadi konten yang populer di TikTok.

    Gambar 10. Tagar populer dan pengguna populer

    Sementara pada kategori tagar populer, pengguna TikTok ramai mempopulerkan tagar #tonightshow, #fyp, dan nama keempat host di acara Tonight Show. Sedangkan pada kategori pengguna populer nama akun iseng dan Netmediatama menjadi akun yang paling banyak mengunggah konten terkait Tonight Show.

    Popularitas Tonight Show sebagai talk show tidak hanya disebabkan oleh konten-kontennya yang menarik namun juga pembawaan para host yang dinilai kompak dan memiliki karakter yang kuat turut mendongkrak popularitas dari Acara TV ini. Tak hanya memiliki rating yang baik di TV, Tonight Show juga berhasil menjadi talk show yang banyak digandrungi warganet. Hal tersebut terlihat dari bagaimana sebagian besar kontennya menjadi populer di berbagai kanal media sosial, baik Youtube maupun TikTok.

    Demikian hasil pengamatan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/

    Editor: Winda Trilatifah

  • Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 9-15 September 2022

    Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 9-15 September 2022

    Berdasarkan pantauan Netray nama Anies, Erick, dan AHY menjadi 3 besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 9 sd 15 September 2022. Anies Baswedan menguasai urutan satu baik berdasarkan jumlah mention terbanyak maupun berdasarkan proporsi popularitas di masing-masing kanal. Dengan kata lain, tingkat popularitas Anies pada periode ini paling tinggi dan merata di semua channel media.

    Sementara itu Erick Thohir dan AHY saling berebut posisi 2. Apabila AHY merebut urutan kedua berdasarkan jumlah mentions, Erick mengisi urutan kedua berdasarkan proporsi mention. Alasannya adalah AHY kini tengah populer di Twitter dengan mengantongi 36.532 mentions selama periode 9-15 September. Namun, namanya tidak masuk 5 besar di media News dan TikTok. Sedangkan Erick konsisten masuk 5 besar di semua kanal kecuali YouTube yang turun di posisi 6.

    Jika dibandingkan dengan periode sebelumnya hanya Anies yang masih konsisten di urutan pertama. Sedangkan Erick, Puan, dan Ganjar turun peringkat disalip AHY yang pada periode ini naik di urutan 2.

    Infografis: Zulfa Mahda/ Editor: Irwan Syambudi

  • Spekulasi & Perbincangan Wacana Presiden 2 Periode Jadi Cawapres

    Spekulasi & Perbincangan Wacana Presiden 2 Periode Jadi Cawapres

    Pernyataan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono bahwa presiden yang sudah menjabat 2 periode bisa menjadi wakil presiden di periode berikutnya jadi perbincangan di media sosial. Perbiancangaan itu memunculkan spekulasi Presiden 2 periode Joko Widodo akan maju menjadi Cawapres 2024.

    Pernyataan Jubir MK itu disampaikan pada Senin (12/9/2022) itu berbunyi bahwa secara normatif tidak ada aturan melarang presiden 2 periode menjadi cawapres. Dalam Undang – Undang Dasar 1945 Pasal 7 yang berbunyi “presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.”

    Tertulis dalam aturan tersebut ditekankan pada frasa “jabatan yang sama”. Fajar pun mengungkapkan hanya saja kembali kepada etika politik, jika ingin menjabat secara berturut-turut meski dalam posisi yang berbeda.

    Seketika pernyataan itu menjadi perbincangan warganet di Twitter. Berdasarkan pantauan Netray menggunakan kata kunci ‘mk && cawapres’, ‘mk && presiden’, dan ‘dua periode && presiden’ selama periode 12 – 15 September 2022 wacana presiden yang telah menjabat dua periode bisa menjabat menjadi wapres ini muncul dalam 1.761 twit. Total impresi sebanyak 703,4 ribu dan kurang lebih menjangkau 42 juta akun.

    Gambar 1. Statistik perbincangan presiden dua periode bsa jadi cawapres

    Sentimen negatif mendominasi isu ini dengan 1.424 twit. Sentimen negatif ini tertuju kepada dua pihak yaitu Jokowi dan MK.

    Gambar 2. Grafik Peak Time dan Sentiment Trend

    Warganet mengungkapkan opininya yang menganggap Jokowi haus kekuasaan dan serakah, karena telah menjabat selama 10 tahun berturut-turut. Adapula warganet yang menganggap kinerja Jokowi buruk sehingga tidak dapat dipercaya lagi.

    Selain itu dari akun @bepitulaz pun seolah sudah menerka skenario yang akan terjadi, wapres yang pernah menjabat presiden bisa naik menjadi presiden jika terjadi permakzulan. Bahkan ada akun yang menyamakan dengan yang terjadi pada Presiden Rusia, Vladimir Putin yang telah menjabat selama 24 tahun.

    Gelombang kontra untuk MK juga muncul dari  warganet. Pernyataan Jubir MK tersebut dianggap akan merusak konstitusi dan demokrasi Indonesia yang telah berjalan selama ini. Pernyataan kontra tersebut jika dilihat dari top tweets berasal dari akun @FfathurF

    Tampak berbeda dengan yang lain akun @burhankahfi justru mengkritisi berita yang beredar Ia merasa tersebarnya pendapat tersebut dirasa kurang tepat karena hakim dan Lembaga peradilan hanya boleh bicara lewat tulisan. Bahwa pernyataan Jubir MK kemudian dicatut menjadi pernyataan lembaga secara keseluruhan.

    Setali tiga uang dengan twit di atas, banyak warganet mengira pernyataan ini sebagai pernyataan resmi MK. Hal itu memancing komentar bahwa hal ini merupakan salah satu bentuk nepotisme yang bisa saja terjadi lantaran Ketua MK sekarang, Anwar Usman merupakan adik ipar dari Jokowi karena tak lama ini Anwar menikah dengan adik perempuan Jokowi.

    Selain komentar negatif mendominasi isu ini, ada beberapa komentar positif bernada sarkas. Twit tersebut dapat dilihat berdasarkan kepopuleran twit berasal dari akun @puthutea. Namun ada warganet yang tampak tulus memuji Jokowi seperti yang tertera pada akun @Chodry20032475.

    Bahkan kemudian nama lain pun muncul diajukan oleh warganet. Nama presiden yang pernah menjabat tersebut seperti Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono seolah diajak kembali menjadi presiden dengan nada bercanda. Seperti tertuang dalam akun @Choyrulmam dan @tualang

    Pantauan Media Online Soal Wacana Jokowi Cawapres

    Sementara itu berdasarkan pantauan pemberitaan di media online dengan periode dan kata kunci yang sama, total munucul 239 pmberitaan dan 57 media online. Mayoritas pemberitaan masuk dalam kategori politik.

    Gambar 3. Statistik pemberitaan di media online

    Jika dilihat dari timeline pemberitaan selama pemanatauan, isu pemberitaan mulai muncul sejak 12 September 2022 ketika Jubir MK mengeluarkan penyataanya. Hingga tanggal 15 September isu itu terus bergulir hingga makin banyak pemberitaan yang muncul.

    Gambar 4. Grafik Peak Time dan Sentiment Trend pemberitaan media online

    Pemberitaan isu ini didominasi oleh pernyataan Jubir MK Fajar Laksono yang memaparkan mengapa Presiden Jokowi yang menjabat sekarang, bisa saja mengajukan diri menjadi calon wakil presiden karena tidak dalam jabatan yang sama.

    Selain itu muncul juga pemberitaan respons PDIP terhadap isu ini. PDIP tak sepenuhnya membuka peluang dan mendorong Jokowi menjadi Cawapres 2024 begitulah yang disampaikan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto. Meski demikian jika ada keinginan Jokowi untuk menjadi cawapres bisa saja asalkan diajukan oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol.

    Beberapa berita mengenai pengamat yang merespons isu ini juga muncul jumlahnya tak begitu banyak. Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga menaggapi penegasan MK akan memberi angin kepada pihak-pihak yang menginginkan Jokowi tetap maju sebagai cawapres pada pilpres 2024. Kemauan Jokowi menjadi cawapres terkait erat dengan moral dan etika.

    Adapula pendapat dari Pengamat politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah meramalkan bahwa wibawa Jokowi akan terganggu, termasuk elit-elit parpol lain bila hal ini benar-benar terjadi. Ditambah lagi akan akan mempertajam polarisasi di masyarakat. Peneliti Perludem Fadhli Ramadanil cenderung menolak wacana ini. Menurutnya sangat tidak elok jika seorang presiden yang telah menjabat selama dua periode, maju untuk menjadi wakil presiden, dengan memanfaatkan ruang normatif di dalam pasal konstitusi.

    Dahlan Iskan pun langsung mengeluarkan opininya terkait masalah ini. Melalui opini yang berjudul “Petir Politik” muncul di empat media; jpnn.com, batamtoday.com, pojoksatu.id dan rmol.id Dahlan membandingkan hal ini dengan kepemimpinan Presiden Rusia Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan Walikota Surabaya Bambang DH. Di akhir opininya, ia justru mempertanyakan pernyataan MK itu berasal darimana tidak ada mendung dan hujan, tapi petir tersebut muncul dari MK.

    Tak hanya PDI-P, pengamat, dan Dahlan Iskan yang menanggapi masalah ini. Seniman kawakan Iwan Fals turut masuk dalam pemberitaan isu ini. Tidak merespon dengan kata-kata, Iwan Fals hanya memberi emotikon nerd face pada berita yang ia kutip di Twitter pribadinya.

    Dari pernyataan MK yang muncul dua hari terakhir ini, warganet, pengamat maupun parpol lebih cenderung tidak menyambut dengan tangan terbuka terhadap wacana ini. Mereka cenderung bosan terhadap pemimpin yang itu-itu saja, ditambah mereka tentu tidak ingin pemerintahan kala presiden Soeharto terjadi lagi. Perlu adanya sirkulasi posisi jabatan pemerintah yang lebih dinamis agar republik ini berkembang dengan pemikiran dan gagasan yang beragam. MK juga mesti lebih berhati-hati dalam berucap agar tak menimbulkan pertanyaan dan keraguan bagi publik atas kapasitasnya sebagai lembaga peradilan tertinggi di Indonesia.

    Demikian analisis Netray, simak artikel terkini lainnya dalam analysis.netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Penghapusan Daya Listrik 450 VA Tuai Sentimen Negatif Warganet

    Penghapusan Daya Listrik 450 VA Tuai Sentimen Negatif Warganet

    Penghapusan daya listrik 450 Volt Ampere (VA) dicanangkan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dalam rapat pembahasan RUU APBN tahun 2023 dengan Kementerian Keuangan, Senin, 12 September 2022. Berita ini pun sontak memicu komentar warganet Twitter. Meski digadang-gadang tidak akan dikenakan biaya tambahan terkait kenaikan daya menjadi 900 VA, namun keputusan ini sekali lagi dinilai menyulitkan kalangan menengah ke bawah.

    Melalui pantauan Media Monitoring Netray, berita ini pertama kali muncul di tanggal 12 September 2022. Artikel pertama diterbitkan pada pukul 09.40 WIB oleh media berita CNBC Indonesia. Sedangkan media berita online yang paling banyak memberitakan topik ini ialah Okezone, Merdeka, dan Liputan6 dengan total 11 artikel.

    Gambar 1. Top Portal pemberitaan soal listirk 450 VA
    Gambar 2. Sampel awal pemberitaan media online

    Dengan periode pemantauan 12-13 September 2022, topik dengan kata kunci “listrik && 450” ditemukan dalam 141 artikel. Sebanyak 39 media berita online telah memberitakan pengumuman ini dalam 2 hari tersebut. Pemberitaan terkait kata kunci ini didominasi oleh kategori berita Government dan Finance & Insurance.

    Gambar 3. Statistik pemberitaan media online

    Melihat dari jajaran top issue, berita terkait alasan penghapusan 450 VA yang diubah menjadi 900 VA menjadi salah satu top isu pada topik ini. Penghapusan tersebut dinilai sebagai bentuk penyerapan kelebihan pasokan (over supplay) listrik. Selain itu, alasan Said Abdullah mengusulkan hal tersebut yakni agar PLN melakukan pemutakhiran data terkait jumlah pelanggan yang masuk ke dalam golongan 450 VA juga menjadi top issue dalam topik ini.

    Gambar 4. Peta Top Issue pemberitaan media online

    Meski secara statistik pemberitaan soal penghapusan daya listrik 450 VA dominan bersentimen negatif, namun terdapat juga pemberitaan dengan sentimen negatif. Pemberitaan sentimen negatif muncul dalam bentuk kritik kebijakan tersebut yang dianggap belum tentu menguntung rakyat kecil.

    Gambar 5. Sampel pemberitaan sentimen negatif

    Penghapusan Listrik 450 VA Dominan Sentimen Negatif di Twitter

    Dengan periode pemantauan dan kata kunci yang sama dengan kanal news, topik ini ramai dibicarakan warganet hingga menyentuk angka 2.204 twit dengan total impresi mencapai 4,7 juta. Berbeda halnya dengan kanal news, di jagat Twitter perbincangan topik ini didominasi oleh twit bersentimen negatif dengan total mencapai 66%.

    Gambar 6. Statistik perbincangan di Twitter

    Berbagai keluhan terkait isu penghapusan daya listrik 450 VA ditwitkan warganet dalam 2 hari tersebut. Komplain seperti listrik naik, listrik mahal, bahkan bayar tagihan listrik menduduki jajaran Top Complaints. Kenaikan daya listrik menjadi 900 VA dinilai warganet akan menambah pengeluaran masyarakat terkait tagihan listrik.

    Gambar 7. Top Complaints perbincangan di Twitter

    Selain keluhan-keluhan di atas, terdapat beberapa kritikan terhadap isu kebijakan yang baru akan diresmikan tersebut. Dari kumpulan Top Words, ditemukan salah satu kosakata yang menarik, yakni kompor. Di balik perencanaan tersebut tersiar kabar bahwa pemerintah akan membagikan kompor listrik gratis bagi masyarakat. Hal ini pun lantas menjadi ajang kritik yang mana kebijakan kenaikan daya listrik tersebut justru akan semakin menyengsarakan masyarakat.

    Gambar 8. Top Words perbincangan di Twitter
    Gambar 9. Sampel perbincangan di Twitter

    Meski kebijakan tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan listrik rumah tangga, namun berbagai kritik atas kebijakan ini juga tak luput disampaikan oleh warganet. Tidak adanya penambahan biaya terkait kenaikan daya 450 VA menjadi 900 VA, namun warganet tetap sangsi akan tarif listrik yang akan membengkak di kemudian hari.

    Demikian analisis Netray, simak artikel terkini lainnya dalam analysis.netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Menilik Perbincangan Soal Hacker Bjorka di Twitter

    Menilik Perbincangan Soal Hacker Bjorka di Twitter

    Data rahasia pemerintah bocor oleh peretas yang mengidentifikasi diri sebagai Bjorka. Ia sempat muncul di Twitter dan menyampaikan sejumlah pesan. Sejak 12 September hingga 14 September 2022 nama Bjorka menjadi trending topic di Twitter hingga memunculkan berbagai sentimen.

    Berdsarkan pemantaun Netray dalam kanal Twitter selama sepekan dengan periode 7-13 September 2022 kata kunci ‘bjorka’ dan ‘hacker bjorka’ muncul dalam 132.457 twit. Total ada lebih dari 40 ribu akun terlibat dalam percakapan yang memiliki potensi jangkauan hingga 224,9 juta akun.

    Gambar 1. Statistik Twitter topik Bjorka

    Perbincangan mengenai Bjorka didominasi sentimen sengatif, perbandingannya sentimen positif 19.447 twit dan sentimen negatif mencapai 64.658 twit.

    Jika dilihat berdasarkan grafik Peak Time, perbincangan memuncak pada Senin tanggal 12 September 2022, yakni ada 68.466 ribu twit dalam sehari. Pada momen itu warganet ramai membagikan ulang twit dari akun @ZoelHelmiLubis1 yang penasaran dengan rapat pembahasan hacker Bjorka dengan Kominfo dan lembaga pemerintah lainnya.

    Gambar 2. Peak Time dan Sentimen Trend topik Bjorka

    Jika dilihat berdasarkan grafik Peak Time, perbincangan memuncak pada Senin tanggal 12 September 2022, yakni ada 68.466 twit dalam sehari. Pada momen itu warganet ramai membagikan ulang twit dari akun @ZoelHelmiLubis1 yang penasaran dengan rapat pembahasan hacker Bjorka dengan Kominfo dan lembaga pemerintah lainnya. 

    Gambar 3. Sampel twit puncak perbincangan Bjorka

    Twit tersebut banyak menuai interaksi dari warganet lain sehingga mejadi twit paling populer di tanggal 12 September. Twit sentimen negatif yang bernada menyindir pemerintah itu turut direspons warganet lain dengan pro dan kontra terkait publikasi data-data rahasia oleh Bjorka. Warganet kontra terbentuk dari opini warganet yang menilai bahwa hadirnya Bjorka untuk pengalihan isu seperti kenaikan BBM, kasus pembunuhan Brigadir J, dan lain-lain. 

    Gambar 4. Sampel twit kontra Bjorka

    Meski menuai banyak sentimen negatif, namun tak sedikit pula warganet yang bersimpati dan menungkapkan dukungan terhadap Bjorka. Salah satunya adalah akun @hacktivistlink yang mengungkapkan langsung dukungannya terhadap Bjorka. Bahkan Bjorka sampai disebut sebagai pahlawan.

    Beberapa contoh twit di atas memperlihatkan opini warganet yang mendukung Bjorka. Bahkan salah satu akun menyebutkan bahwa rakyat tidak bersama pemerintah melainkan bersama Bjorka.

    Bjorka dalam Pemberitaan Media Online

    Sementera itu di media online dalam dalam sepekan 7-13 September 2022 pemberitaan dengan kata kunci ‘Bjorka’ dan ‘Hacker Bjorka’ mencapai 1.635 dari 92 portal media. Sama seperti Twitter dalam pemberitaan Bjorka yang melakukan aktifitas peretasan secara ilegal itu banyak diberitakan dengan sentimen negatif.

    Gambar 6. Statistik pemberitaan kategori topik Bjorka

    Perbincangan isu bjorka banyak didominasi berita berkategori  teknologi sebesar 39%, kategori pemerintahan sebesar 27% dan kategori politik 15%. Meski Bjorka melakukan aktifitas ilegal yang mengarah pada pelangaran hukum namun pemberitaan lebih banyak berfokus pada informasi-informasi yang diretas atau dibocorkan ke publik.

    Gambar 7. Sentimen pemberitaan Bjorka
    Gambar 8. Sampel berita selama puncak pemberitaan

    Dari total keseluruhan jumlah pemberitaan, didominasi dengan sentimen negatif. Puncak pemberitaan terjadi pada 12 September 2022. Pada tanggal tersebut portal media banyak mengulas tentang bocoran informasi yang diberikan Bjorka terkait dalang pembunuhan Munir. Selain itu, media juga mengungkapkan dugaan masyarakat bahwa Bjorka adalah pengalihan isu dari kasus pembunuhan Sambo. 

    Gambar 9. Top Organisasi dalam pemberitaan topik Bjorka
    Gambar 10. Top Portal Media dalam pemberitaan Bjorka

    Media Suara, Pikiran Rakyat, dan Detik menjadi tiga teratas portal media yang paling banyak mengangkat berita tentang hacker Bjorka. Eksistensi Bjorka yang melemparkan opini untuk memancing Pemerintah dianggap berhasil. Bjorka mengaku telah memiliki banyak data rahasia dari beberapa lembaga pemerintah, termasuk data dari Badan Intelijen Negara.  

    Demikian analisis Netray, simak artikel terkini lainnya dalam analysis.netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Dari Demo Kenaikan Harga BBM hingga Sentimen Negatif Untuk Puan

    Dari Demo Kenaikan Harga BBM hingga Sentimen Negatif Untuk Puan

    Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memicu penolakan, sejumlah elemen masyarakat melakukan aksi demonstrasi menyuarakan protes. Demo kenaikan harga BBM pun menjadi topik yang cukup banyak diberitakan media online dan diperbincangkan di media sosial.

    Netray Media Monitoring melakukan pemantauan bagaimana topik demo kenaikan harga BBM ini bergulir di media online dan media sosial. Dengan kata kunci demo && bbm ditemukan sebanyak 2.697 artikel yang menggunakan kata kunci tersebut di media online selama periode 1 September 2022 – 12 September 2022.

    Gambar 1. Statistik Topik di Kanal News

    Pemberitaan terkait isu ini ditulis oleh 110 media massa dengan kategori pemberitaan didominasi oleh Goverment dan Law. Selain itu, nampak 284 artikel tergolong ke dalam ketegori education lantaran aksi demo ini didominasi oleh kalangan mahasiswa yang terkumpul ke dalam perserikatan.

    Demo kenaikan harga BBM mulai muncul di pemberitaan sejak awal bulan ini dan mengalami puncak pemberitaan di tanggal 6 September. Aksi demo yang digelar di depan gedung DPR pada tanggal tersebut. Dan pada saat yang sama jajaran DPR RI yang dipimpin oleh Puan Maharani tengah melakukan sidang paripurna.

    Gambar 2. Peak Time

    Jika dilihat berdasarkan hot issue pemberitaan topik “kenaikan harga BMM” menjadi top issue. Kemudian isu lain yang masuk dalam kategori hot issue adalah “kawasan Patung Kuda” dimana itu merupakan salah satu lokasi demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM setelah pemerintah resmi menetapkan kenaikan harga BBM pada tanggal 3 September 2022.

    Gambar 3. Peta Hot Issue

    Selain “kawasan Patung Kuda”, hot issue lainnya adalah “pergerakan mahasiswa Islam” yang dalam ini merupakan salah satu elemen masyarakat yang melakukan aksi demonstrasi. Kemudian, akibat dari aksi demo juga menjadi hot issue pemberitaan, yakni soal “arah lalu lintas” jadi issue yang banyak diberitakan.

    Di luar mengenai topik utama temo yakni kaitanya kenaikan harga BBM, pemberitaan yang juga cukup menarik publik adalah soal perayaan ulang tahun Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung DPR RI saat masa aksi sedang melakukan demo di luar gedung DPR RI.

    Gambar 4. Sampel berita Puan rayakan ulang tahun
    Gambar 5. Sampel berita Puan rayakan ulang tahun

    Demo Kenaikan BBM Ramaikan Twitter

    Penolakan kenaikan BBM juga diramaikan warganet dalam kanal Twitter. Dengan kata kunci ‘tolak && bbm’ dan ‘demo && bbm’ ditemukan sebanyak 231.973 twit selama periode pemantauan 1-12 September 2022. Dari sekian ratus ribu twit, 45% di antaranya ialah twit bersentimen negatif.

    Gambar 6. Peak Time dan Sentiment Trend di kanal Twitter

    Perbincangan terkait penolakan dan demo menggema di kanal ini. Seruan tagar #batalkankenaikanbbm dan #dukungseptemberbergerak mendominasi topik ini. Terlihat dari jajaran kosakata di bawah ini, tagar tersebut berada dalam kumpulan Top Words bersama kosakata yang berkaitan.

    Gambar 7. Jajaran Top Words

    Tagar #batalkankenaikanbbm pertama kali ditwitkan oleh akun @Aspek_Indonesia dengan isi twit yang menyampaikan berita terkait adanya aksi demonstrasi yang akan digelar di depan gedung DPR. Twit tersebut masih mendapat sedikit impresi dari warganet dengan total hanya 14 retweet dan 22 likes.

    Gambar 8. Sampel twit

    Lalu, tagar ini diusung oleh akun @FPKSDPRRI di hari berikutnya dan mendapatkan ribuan impresi dari warganet. Twit yang berisi informasi tentang walk out-nya PKS dari ruang paripurna mendapat perhatian dari warganet hingga 14 ribu likes dan 4 ribu retweet. Selain itu, akun PKS lainnya mencuitkan bahwa wolk out-nya PKS dari rapat paripurna merupakan bentuk simpati atas keresahan publik terkait naiknya harga BBM.

    Gambar 9. Sampel twit

    Hujan Kritikan di Tengah Perayaan Ultah

    Perayaan ulang tahun di tengah aksi unjuk rasa kenaikan BBM mendapat sorotan warganet. Alih-alih mendapat ucapan selamat, justru sentimen negatif menghujani sosok Puan Maharani. Kejutan di tengah rapat paripurna dan demo kenaikan BBM seharusnya menjadi senjata Puan untuk membentuk citra di saat publik mengidam-idamkan pemimpin baru. Warganet menilai momen tersebut merupakan ‘timing‘ yang pas apabila Puan ingin mengambill hati rakyat.

    Gambar 10. Sampel Twit

    Pencalonan Puan di Pilpres 2024 menjadi keraguan warganet. Perayaan di tengah demo penolakan menjadi bahan pertimbangan warganet dalam memilih Puan di ajang tersebut. Bahkan tak sedikit warganet yang mengingat kejadian dimana fraksi ini yang menangis keras di saat kenaikan BBM di era kepimpinan SBY.

    Gambar 11. Sampel Twit

    Warganet Keluhkan Kenaikan BBM

    Berbagai keluhan disampaikan warganet pada akun Twitter masing-masing. Melalui pantauan Netray, komplain terkait susah, macet, phk, bahkan kecewa menduduki jajaran Top Complaint topik ini. Kekhawatiran adanya PHK besar-besaran dikeluhkan warganet atas kenaikan BBM.

    Gambar 12. Jajaran Top Komplain

    Selain itu, demo yang dilakukan sebagai bentuk penyampaian aspirasi tersebut justru dinilai menyusahkan masyarakat lainnya lantaran terjadinya macet akibat penutupan jalan. Tak hanya itu, macet yang ditimbukan oleh demonstran juga membuat warganet kesal karena harus menghabiskan BBM banyak yang diakibatkan oleh kejadian tersebut.

    Gambar 13. Sampel Twit

    Topik kenaikan BBM hingga kini masih santer diperbincangkan oleh warganet. Akun yang palinf banyak mendapat impresi terkait kata kunci ini ialah akun @QaillaAsyiqah dengan totalan mencapai 115.864 impresi. Lalu disusul oleh akun portal berita @CNNIndonesia. Sedangkan akun yang paling banyak mencuitkan kata kunci ini ialah akun @4DemocracyID yang mencuitkan sebanyak 996 twit.

    Gambar 14. Jajaran Top Akun
    Gambar 15. Jajaran Top Akun

    Kenaikan harga BBM menjadi hal sensitif publik sehingga tak heran apabila dalam periode pemantauan topik ini berhasil menyentuh angka ratusan ribu twit. Keluhan kenaikan dan aksi demo di tengah perayaan ulang tahun pimpinan DPR RI menjadi hal yang paling disoroti publik lantaran momen tersebut dinilai tidak etis mengingat upaya publik yang tengah perjuangan menyampaikan aspirasi.

    Demikian hasil analisis Netray, simak analisis terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

    Editor: Irwan Syambudi

  • Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 2-8 September 2022

    Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 2-8 September 2022

    Berdasarkan pantauan Netray Media Monitoring nama Anies Baswedan, Erick Thohir, Puan Maharani, menjadi tiga besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa online dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 2 – 8 September 2022. Anies pekan ini menempati urutan satu berdasarkan jumlah mention terbanyak. Sejauh ini, Twitter masih menjadi media yang paling banyak menyebut nama Anies.

    Sedangkan Erick  yang sebelumnya menempati urutan satu turun  ke posisi dua. Kemudian Puan yang  pada pekan-pekan sebelumnya cukup dominan dengan menempati posisi satu atau dua, kini namanya merosot ke posisi tiga. Dua nama lain yang masuk dalam lima besar adalah Ganjar Pranowo di posisi empat dan AHY di posisi lima. 

    Pada pekan ini Netray menambah jangkauan pemantauan dengan memantau nama-nama yang masuk dalam sejumlah lembaga survei terbaru mengenai calon presiden dan wakil presiden 2024. Netray mengambil 15 nama paling populer, namun kami mengeluarkan nama Luhut Binsar Pandjaitan dari pemantauan berdasarkan daftar nama dalam survei-survei terbaru karena masuk urutan bawah.

    Editor: Moch Ari Nasichuddin

  • Popularitas Tokoh Politik di Media Online & Media Sosial Periode Agustus 2022

    Popularitas Tokoh Politik di Media Online & Media Sosial Periode Agustus 2022

    Netray melakukan pemantauan media online dan media sosial (Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube) untuk melihat popularitas tokoh politik selama Agustus 2022. Popularitas diukur berdasarkan jumlah penyebutan atau mention nama. Popularitas nama tokoh politik di media online dan media sosial bisa jadi merupakan gambaran seberapa jauh masyarakat mengenal masing-masing tokoh politik.

    Netray menggunakan 15 nama sebagai kata kunci pemantauan yakni anies baswedan, ahy, airlangga hartarto, andika perkasa, erick thohir, ganjar pranowo, khofifah, luhut, moeldoko, prabowo subianto, puan maharani, ridwan kamil, sandiaga uno, susi pudjiastuti, dan muhaimin iskandar. Ke-15 nama kata kunci itu merupakan nama-nama yang kerap disebut atau muncul dalam sejumlah survei popularitas atau elektabilitas tokoh politik yang digadang-gadang sebagai calon presiden dan wakil presiden 2024.

    Laporan selengkapnya dapat dibaca dan diunduh melalui tautan di bawah ini:

  • Beda Pandangan Media dan Warganet Sikapi Kenaikan Harga Telur Ayam

    Beda Pandangan Media dan Warganet Sikapi Kenaikan Harga Telur Ayam

    Harga kebutuhan pangan pokok yakni telur ayam sempat berada di level tertinggi beberapa waktu yang lalu. Kenaikan yang hampir jarang terjadi ini menarik untuk dicermati lebih dalam lagi. Topik tersebut dapat dipantau melalui pemberitaan di media massa dan perbincangan warganet di linimasa Twitter dengan menggunakan sejumlah tools yang dimiliki Netray Media Monitoring. Pemantauan ini untuk melihat sikap dan respon publik kala menyikapi isu kenaikan harga telur ayam. 

    Pemberitaan media massa menjadi pembuka analisis Netray untuk melihat konteks isu kenaikan harga telur secara lebih jernih. Agar mendapatkan berita yang representatif atas topik tersebut, Netray menggunakan kata “telur” dan “ayam” sebagai kata kunci pemantauan. Hasilnya bisa disimak pada gambar berikut.

    Gambar 1. Statistik pemantauan kanal news

    Pada pemantauan kanal News, Netray Media Monitoring menemukan sebanyak 1.678 artikel telah diterbitkan oleh 111 kantor berita daring selama 2 minggu periode pemantauan, yakni antara tanggal 18 Agustus hingga 31 Agustus 2022. Sejumlah 806 artikel tergolong ke dalam berita dengan kategori kuliner karena mengupas permasalahan bahan pangan.

    Sementara 585 berita muncul di kategori finansial karena berhubungan dengan isu ekonomi. Sisa jumlah berita terpantau terbagi ke dalam sejumlah kategori mulai dari pemerintahan hingga hukum.

    Gambar 2. Peak Time isu kenaikan harga telur

    Sejak tanggal 18 Agustus 2022 atau awal periode pemantauan, pemberitaan yang mengandung kata kunci pemantauan terlihat sudah ramai. Akan tetapi kuantitas perbincangan baru memuncak pada tanggal 24 Agustus dan terhitung cukup signifikan dibanding hari-hari sebelumnya. Selain itu terlihat dari grafik di atas bahwa jumlah pemberitaan dengan topik harga telur terpantau stabil hingga akhir periode pemantauan.

    Gambar 3. Tren sentimen pemantauan kanal news

    Pemantauan tren sentimen menunjukkan bahwa media massa daring cenderung mengemas berita tingginya harga telur dengan intonasi yang positif. Pada grafik Sentiment Trend tercatat bahwa terdapat 840 artikel yang merupakan berita dengan sentimen positif. Sedangkan Netray hanya menemukan 125 berita saja yang ditulis dengan sentimen negatif.

    Tingginya sentimen positif tentu menimbulkan tanda tanya. Berita kenaikan harga kebutuhan pokok semacam ini seharusnya mendatangkan sentimen negatif lebih banyak daripada sentimen yang lain. Keresahan masyarakat menanggapi situasi tersebut seringnya menjadi sudut pandang pemberitaan. Akan tetapi secara umum hal tersebut tidak terjadi.

    Gambar 4. Kata Zulhas dan bansos paling sering muncul

    Penelusuran isu guna menjawab situasi tersebut dapat dilakukan dengan membaca grafik Word Cloud. Secara sekilas Netray Media Monitoring mendapati sejumlah kata yang menarik untuk ditelisik lebih jauh lagi. Yakni kata “bansos” yang merujuk pada bantuan sosial dari pemerintah dan “mendag” yang merujuk pada sosok Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau yang kerap disapa dengan sebutan Mendag Zulhas.

    Kata “bansos” menjadi representasi atas tingginya sentimen positif hasil pemantauan. Sebagian besar artikel dengan sentimen tersebut merupakan berita yang membahas bagaimana pemerintah menjelaskan sumber permasalahan dan kebijakan apa yang akan diterapkan guna mengatasi masalah ini.

    Gambar 5. Top pepole kanal news

    Mendag Zulhas menjadi tokoh penting dalam topik ini. Pihaknya menjadi representasi sikap pemerintah kala menanggapi situasi kenaikan harga telur ayam. Melalui pemberitaan-pemberitaan di media massa daring, Mendag Zulhas menjelaskan sejumlah alasan mengapa harga telur sekarang melambung tinggi. 

    Salah satunya adalah justru karena kebijakan bansos yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Sosial. Zulhas menuding kebijakan bansos dengan merapel tiga periode pemberian bantuan dalam sekali waktu memicu kenaikan sejumlah bahan pokok. Bantuan tersebut mengharuskan masyarakat membeli kebutuhan dalam jumlah yang banyak sehingga menimbulkan kelangkaan barang.

    telur ayam
    Gambar 6. Contoh berita isu harga telur
    Gambar 7. Contoh berita isu harga telur

    Laporan-laporan media massa daring atas langkah-langkah pemerintah mengatasi masalah ini melalui Mendag Zulhas ternyata membuat sentimen pemantauan berita cenderung positif. Suara-suara kritis memang masih terdengar. Terbukti dengan kehadiran berita dengan sentimen negatif. Akan tetapi secara umum dapat dibaca bahwa pemerintah benar-benar menguasai isu ini dan diharapkan dapat menyelesaikan masalahnya secepat mungkin.

    Tanggapan Warganet Twitter atas Isu Kenaikan Harga Telur Ayam

    Antusiasme yang serupa tetapi tidak sama ditampilkan oleh warganet Twitter. Pemantauan kanal Twitter Netray Media Monitoring selama periode 18 Agustus hingga 31 Agustus 2022 menemukan bahwa 9.285 twit yang diunggah warganet mengandung kata kunci “telur ayam”. Terlihat dari grafik Peak Time bahwa perbincangan mencapai puncaknya pada tanggal 24 Agustus 2022. Puncak yang sama dengan pemantauan kanal News.

    Gambar 8. Peak Time kanal Twitter
    Gambar 9. Tren sentimen isu kenaikan harga telur

    Seperti yang sudah sekilas terlihat di grafik Peak Time, respon warganet dalam waktu yang hampir bersamaan dengan meningkatnya pemberitaan media massa ternyata didominasi twit dengan sentimen negatif. Netray Media Monitoring mendapati sebanyak 5.567 twit diunggah dengan nada bahasa negatif. Sedangkan sentimen positif terhadap isu hanya muncul pada 1.343 twit saja.

    Apabila merujuk pada akun-akun yang mendapat impresi terbanyak di grafik Top Accounts, sentimen negatif tentu saja berisi keresahan publik. Hanya saja akun Twitter seperti @bachrum_achmadi dan @Hilmi28 menyampaikan keresahannya dalam bentuk sarkasme. Mereka merasa ketika isu ini diserahkan begitu saja kepada pemerintah hasilnya tidak akan maksimal.

    Gambar 10. Twit dari akun @bachrum_achmadi
    Gambar 11. Twit dari akun @Hilmi28
    Gambar 12. Statistik pemantauan kanal Twitter

    Melihat gencarnya sentimen negatif, perbincangan dengan topik tingginya harga telur ayam mendapat impresi sebanyak 97,6 ribu kali dalam bentuk reply,retweet, dan favorites. Twit-twit yang mengandung kata kunci secara potensial dapat menjangkau linimasa 144,5 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

    Demikian hasil analisis Netray, simak analisis terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

    Editor: Winda Trilatifah

  • Reaksi Negatif Warganet atas Konten Islamic Sosial Eksperimen Zavilda TV

    Reaksi Negatif Warganet atas Konten Islamic Sosial Eksperimen Zavilda TV

    Zavilda TV menuai polemik setelah aksinya memaksa orang asing di area umum untuk mengenakan hijab menjadi konten di channel YouTube-nya. Konten yang ia labeli sebagai islamic sosial eksperimen tersebut mendapat kecaman dari warganet. Tidak hanya banjir sentimen negatif, Zavilda juga diminta warganet untuk membatalkan unggahannya dalam tagar #TakeDownZavildaTV.

    Apa yang ada di kepalamu ketika mendengar kata cewe, seksi, dan hijab? Ketiga kata tersebut menjadi kosakata populer yang kerap digunakan oleh pemilik akun Youtube Zavilda TV di setiap thumbnails kontennya. Dalam konten tersebut, Zavilda meminta orang asing yang ia temui untuk mengenakan gamis beserta hijab dan niqab yang dibawanya.

    Menurut Zavilda dan timnya, hal tersebut sudah disepakati oleh pihak yang terlibat dalam konten tersebut. Namun respon publik justru sebaliknya. Publik mengecam apa yang dilakukan oleh Zavilda karena dinilai tidak pantas dan mengandung unsur paksaan terhadap orang lain.

    Penolakan dan kecaman ini pun mengalir di media sosial, termasuk Youtube dan Twitter. Netray mengamati reaksi penolakan tersebut yang tampak melalui hasil pemantauan Netray berikut.

    konten
    Gambar 1. Detail Akun Zavilda TV

    Netray melakukan pemantauan sejak 03 Agustus 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022. Berdasarkan hasil pantauan Netray tampak jumlah subcscribers atau akun yang berlangganan Zavilda TV mencapai 212 ribu sejak bergabung pada 19 Juni 2020. Akun tersebut setidaknya mengunggah 179 video yang telah ditonton oleh 12.6 juta pengguna Youtube.

    Sementara itu, intensitas komentar pada konten-konten Zavilda TV mulai meningkat signifikan pada 25 Agustus 2022. Adapun akun yang paling banyak mengomentari konten-konten tersebut adalah DK STudio dan berbagai Dahlan E dan sebagainya.

    Selama periode pantauan Netray ditemukan setidaknya 7 video yang unggahan Zavilda TV. Dari ketujuh konten tersebut tampak kata S3xy mendominasi judul konten-konten tersebut. Aksinya dalam setiap konten hampir serupa, Zavilda mendatangi perempuan secara acak yang berpakaian terbuka dan mengajak orang tersebut untuk mengenakan pakaian yang ia bawa beserta hijab dan niqab.

    Gambar 2. Konten-konten Zavilda TV selama periode pemantauan

    Kemudian aksinya tersebut akan dimuat menjadi konten dengan judul yang menggunakan repetitif ‘CEWE S3XY INSYAF’. Merespon hal ini publik pun ramai-ramai mengomentari aksi dari Zavilda TV yang dianggap memaksa orang lain dan menjual agama demi kepentingan konten.

    Ramainya perbincangan terkait aksi Zavilda dalam kontennya pun dimuat dalam konten-konten channel YouTube lainnya. Netray menemukan 32 video reaksi warganet terkait aksi Zavilda TV. Konten-konten tersebut dilihat sebanyak 765.3 ribu kali, mendapat 22.7 ribu likes, dan 3.7 ribu komentar. Dari 3,7 ribu komentar tersebut 2,7 ribu di antara nya bersentimen negatif.

    Gambar 3. Infografik monitoring Youtube

    Aksi kontroversi Zavilda tersebut pun direspon oleh warganet lainnya melalui konten-konten di kanal YouTube. Sebagaimana tampak pada Gambar 4, berbagai konten tampak bereaksi sinis terhadap aksi Zavilda dalam kontennya. Mulai dari tudingan memaksa pakai hijab, meresahkan, hingga arabisasi yang dinilai semakin vulgar menjadi respon utama sebagai reaksi warganet.

    Gambar 4. Reaksi warganet Youtube merespon aksi Zvilda TV

    Sebagian warganet merasa tidak nyaman dengan konten-konten milik Zavilda TV yang bahkan dinilai cukup norak karena melakukan pemaksaan demi cuan. Warganet juga menganggap hal tersebut tidak pantas dilakukan karena pakaian merupakan urusan personal. Tak heran bila hal ini kemudian menjadi polemik dan menjadi sorotan berbagai pihak.

    Diduga Paksa Orang Menggunakan Hijab, Warganet Minta Take Down Zavilda TV

    Tak hanya di YouTube, gelombang penolakan aksi dalam konten Zavilda juga menuai reaksi warganet di lini masa Twitter. Dengan menggunakan kata kunci konten && zavilda, takedownzavildatv, zavilda tv, dan islamisasi Netray menemukan 1,2 ribu cuitan warganet terkait Zavilda TV. Berikut selengkapnya.

    reaksi negatif warganet atas zavilda tv netray
    Gambar 5. Infografik pemantauan Twitter

    Dari 1,2 ribu cuitan yang dihimpun Netray, 883 di antara nya merupakan sentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 27,1 ribu dengan berpotensi menjangkau 36,4 juta akun pengguna Twitter. Sentimen negatif yang mendominasi perbincangan warganet menjadi gambaran atas reaksi sinis warganet terhadap konten Zavilda TV.

    Gambar 7. Grafik perbincangan warganet

    Sementara jika diamati melalui grafik pada gambar 7 tampak perbincangan terkait topik ini mulai meningkat secara signifikan pada akhir Agustus 2022. Konten yang diunggah kanal Youtube Zavilda TV menyebar luas dan menjadi polemik di masyarakat yang menilai tindakan tersebut tidak tepat untuk dilakukan.

    Gambar 6. Kosa kata populer

    Pada kosa kata populer Netray menemukan berbagai kosa kata yang kerap digunakan warganet dalam membahas topik ini, seperti clickbait, islamisasi, agama, pemaksaan, aurat, cewek, arabisasi, dan lain sebagainya.

    Gambar 7. Cuitan warganet terkait Zavilda TV

    Berbagai komentar warganet mengarah pada kecaman terkait konten-konten yang dimuat dalam kanal Youtube Zavilda TV. Warganet menyayangkan tindakan tersebut hingga melayangkan tagar #TAKEDOWNZAVILDATV. Meski sudah melakukan klarifikasi, warganet menganggap selama keberadaan konten-konten Zavilda TV masih dapat diakses di kanal akun Youtube-nya maka akan mengundang polemik.

    Gambar 8. Cuitan warganet terkait Zavilda TV

    Belum lagi persoalan terkait thumbnails atau judul yang juga menjadi sorotan warganet. Penggunaan kata-kata CEWE S3XY menjadi repetitif dalam judul konten-konten Zavilda. Penggunaan kosakata tersebut dinilai merendahkan dan bahkan mengeksploitasi para perempuan yang terlibat dalam konten Zavilda TV.

    Topik yang ramai diperbincangkan di Twitter ini dipopulerkan oleh akun-akun pada gambar Top Account, salah satunya @littlevixen__. Baik pada kategori Top Accounts maupun Top People akun @littlevixen__ menjadi akun yang populer dalam perbincangan terkait konten Zavilda TV. Narasi kontranya tersebut juga dapat diamati melalui cuitannya pada Gambar 7 dan 8.

    Zavilda TV menuai polemik akibat konten-kontennya yang memaksa orang asing untuk mengenakan hijab meski menurutnya hal tersebut sudah disepakati oleh pihak-pihak terkait. Namun sayangnya thumbnails yang Ia gunakan juga menimbulkan narasi mengeksploitasi perempuan yang berpakaian terbuka.

    Warganet menilai aksi Zavilda yang dianggap sebagai social experiment tersebut tidak pantas untuk dilakukan. Terlebih hal ini justru menimbulkan adanya opini menjual agama demi konten. Tak heran bila kemudian topik perbincangan warganet seputar Zavilda TV didominasi oleh sentimen negatif.

    Demikian hasil analisis Netray, simak analisis terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

    Editor: Winda Trilatifah