Beranda#Membaca2024Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 16-22 September 2022

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 16-22 September 2022

Published on

Berdasarkan pantauan Netray nama AHY, Anies Baswedan, dan Erick Thohir menjadi 3 besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 16 sd 22 September 2022. Seperti yang terjadi pada periode sebelumnya, ketiga nama tersebut memang konsisten mengisi tiga besar untuk kategori tokoh politik paling banyak disebut.

Jika pada pekan lalu Anies yang mengisi urutan satu, kini giliran AHY yang naik peringkat satu setelah kemarin berhasil merebut posisi 2 dari Erick Thohir. Popularitas AHY memang tengah naik signifikan pada beberapa pekan terakhir, terutama dipicu oleh derasnya perbincangan topik AHY di Twitter yang mencapai 125 ribu twit. Jumlah ini paling tinggi di antara tokoh lain yang masih di bawah 50 ribu twit.

Selain itu, Agus Harimurti Yudhoyono juga unggul di Youtube. Akan tetapi, untuk tingkat kemerataan atau porsi popularitas di semua kategori, AHY masih di bawah Anies. Sebab, Anies selalu konsisten masuk 2 besar tokoh politik terpopuler di semua channel media.

Sementara itu, posisi 4 dan 5 diisi oleh Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Menariknya, meskipun jumlah penyebutan keduanya lebih sedikit dibandingkan Erick, tingkat popularitas keduanya lebih merata ketimbang Erick. Sebab Puan dan Ganjar selalu masuk 5 besar tokoh politik paling banyak disebut di semua channel media, sedangkan Erick hanya tembus 5 besar di Twitter dan Instagram.

Infografik: Alvito Madista/ Editor: Irwan Syambudi

More like this

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 25 November-1 Desember 2022

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa...

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 25 November-1 Desember 2022

Berdasarkan pantauan Netray, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo mengisi...

Merunut Jalan Popularitas Parpol di TikTok

Selama Oktober 2022 Netray memantau ada lima partai politik (parpol) terpopuler di media sosial...
%d blogger menyukai ini: