Home

  • Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

    Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

    Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay. 

    Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.

    Cara Berlangganan Netray

    1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register

    2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

    3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.

    4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

    5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

    7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.

    8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

    9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.

    11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

    Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.

    Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.

  • Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

    Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

    Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.

    1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

    2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

    3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

    5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.

    6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.

    Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.

    7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.

    8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

    Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.

    Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)

    1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

    Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keywordpsbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).

    2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.

    Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?

    Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.

    Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?

    1. Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
    2. Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
    3. Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
    4. Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
    5. Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
    6. Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
    7. Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
    8. Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.

  • Prabowo Mencuat dalam Perbincangan Soal Pemilih Pemula di Twitter

    Prabowo Mencuat dalam Perbincangan Soal Pemilih Pemula di Twitter

    Netray media monitoring melakukan pemantauan soal perbincangan “pemilih pemula” di Twitter untuk melihat bagaimana kosakata tersebut digunakan menjelang tahun politik 2024. Dari hasil pemantauan nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dominan muncul dalam perbincangan. Boleh jadi ini merupakan sinyal dari politikus yang kini menjabat Menteri Petahanan ini mengaet suara dari pemilih pemula.

    Netray melakukan pemantauan pada awal 2023 dengan rentang waktu 1 Januari hingga 22 Februari 2023 menggunakan kata kunci “pemilih pemula” dan “pemilih muda”. Hasilnya muncul 2.150 twit warganet yang terlibat dalam perbincangan terkait kata kunci pemantauan.

    Sebanyak 1.185 twit merupakan twit dengan sentimen positif. Sedangkan 220 twit terindeks merupakan twit bersentimen negatif. Impresi perbincangan diketahui sebanyak 8.503 dan secara potensial dapat menjangkau 49,8 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

    Gambar 1. Statistik perbincangan topik pemilih pemula

    Selama periode pemantauan, twit yang memperbincangkan topik pemilik pemula terpantau hampir selalu muncul setiap harinya. Akan tetapi intensitas perbincangan ini terhitung rendah ketika per harinya sebagian besar tidak mencapai 50 twit. 

    Gambar 2. Peak time perbincangan warganet Twitter

    Dari grafik Peak Time terlihat jelas bahwa twit dengan kata kunci mengalir deras hanya pada tanggal-tanggal tertentu. Seperti pada tanggal 20 Januari, 25 Januari, dan 30 Januari 2023. Secara berurutan, intensitas twit pada masing-masing tanggal adalah 332 twit, 283 twit, dan 182 twit. Sehingga puncak perbincangan tertinggi terjadi pada tanggal 20 Januari 2023. 

    Opini Populer Warganet Terkait Topik Pemilih Pemula

    Dalam perbincangan ini terdapat sejumlah pandangan dari warganet yang meraup dukungan terbanyak dari warganet. Seperti pendapat dari akun @irwan_fecho yang merujuk data Kompas terkait keberadaan pemilih pemula yang akan mendominasi pemilu. Selain itu terdapat pergeseran trend pemilih yang disebut memiliki harapan terhadap sosok AHY.

    pemula
    Gambar 3. Akun yang meraup impresi terbanyak dalam perbincangan
    Gambar 4. Twit dari akun terpopuler

    Terdapat pula pendapat anggota KPU August Mellaz yang ditulis melalui akun @KPU_ID. Pendapat yang disampaikan dalam seminar di Fisip UI tersebut melihat bahwa penting bagi anak muda untuk melek politik. Karena Pemilu 2024 nanti akan didominasi pemilih pemula.

    Jika dua pandangan tersebut melihat situasi pemilih pemula pada pemilu nanti, terdapat juga pandangan yang lebih bersifat politis dari akun @Chinthya_K dan @AryPrasetyo_85. @Chinthya_K mengklaim bahwa pandangan politiknya terhadap Anies Baswedan bukanlah sebuah character assassination. Tapi lebih kepada edukasi bagi pemilih pemula. Sedangkan @AryPrasetyo_85 melihat bahwa potensi politik Erick Thohir dan PDIP akan semakin besar apabila mereka semakin merapat. Terutama dalam menggaet suara pemilih pemula.

    Gambar 5. Twit dari akun terpopuler

    Prabowo Terpopuler dalam Perbincangan 

    Selama periode pemantauan, perbincangan terkait pemilih pemula banyak beresonansi dengan sejumlah subyek dan entitas yang tercermin pada grafik di bawah ini. Seperti kemunculan nama sejumlah tokoh politik disebut dalam perbincangan warganet.

    Gambar 6. Tokoh politik yang paling sering disebut warganet

    Prabowo Subianto menjadi sosok politisi yang paling sering disebut warganet Twitter dalam perbincangan topik pemilih pemula. Oleh para pendukungnya, Prabowo merupakan sosok pemimpin yang sesuai dengan keinginan generasi muda dan pemilih pemula menurut sebuah survei. Selain itu, Prabowo disebut sebagai calon pemimpin yang nyata bekerja, fokus melaksanakan kewajiban, hingga memiliki jejak pengabdian terhadap bangsa.

    Gambar 7. Twit menyebut Prabowo dalam perbincangan pemilih pemula

    Eksistensi Prabowo dalam perbincangan ini juga tidak lolos dari respons yang bersifat negatif. Sejumlah pandangan miring dilontarkan warganet yang sedikit banyak menyumbang sentimen negatif dalam perbincangan. Komentar tersebut antara lain mengingatkan pemilih muda atas sejarah Prabowo dan bukti kerjanya di pemerintahan saat ini.

    Gambar 8. Twit kontra eksistensi Prabowo dalam perbincangan

    Selain Prabowo, dari grafik di atas juga ditemukan sejumlah nama tokoh politik lain yang kerap disebut warganet di dalam topik pemilih pemula. Seperti nama Erick Thohir yang sebelumnya sudah disitir. Terdapat pula nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang baru-baru ini merapat ke Partai Golkar. Ridwan disebut dapat menarik suara pemilih pemula untuk partai berlambang pohon beringin tersebut.

    Gambar 9. Twit yang menyebut nama Ridwan Kamil

    Nama Anies Baswedan dan AHY masuk ke dalam daftar tersebut. Mereka juga dianggap mewakili suara kaum pemula oleh warganet. Kedua tokoh ini bahkan digadang-gadang akan berduet dalam Pilpres 2024.

    Gambar 10. Twit yang menyebut nama Anies Baswedan

    Perbincangan terkait pemilih pemula ini bisa jadi tidak merepresentasikan kondisi di lapangan. Masih banyak sejumlah tokoh politik populer yang tidak muncul selama periode pemantauan. Antara lain seperti Puan Maharani, Airlangga Hartarto, hingga Ganjar Pranowo. Kedepannya, nama-nama tersebut mungkin saja bisa muncul dalam pemantauan perbincangan di linimasa Twitter.

    Jika ingin melihat perkembangan isu topik pemula, simak selalu analisis kami di analysis.netray.id, termasuk topik-topik pilihan lainnya. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Manuver Relawan JoMan Berikan Sentimen Positif Bagi Prabowo Subianto

    Manuver Relawan JoMan Berikan Sentimen Positif Bagi Prabowo Subianto

    Nama Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama di dua pekan terakhir ini dalam pemantauan Popularitas Tokoh Politik Netray. Salah satu isu yang menaikkan namanya adalah dukungan dari relawan Jokowi Mania (JoMan) yang kini pindah haluan dari Ganjar Pranowo menuju Prabowo Subianto. Isu ini kian menyedot atensi publik dan berhasil menyumbang sentimen positif untuk Prabowo Subianto.

    Memantau dengan kata kunci relawan jokowi dan joman di kanal news, Netray Media Monitoring menemukan sebanyak 656 artikel dalam periode pemantauan 14-22 Februari 2023. Artikel-artikel ini telah diterbitkan oleh 120 media berita dengan portal media Merdeka yang paling banyak mengunggah sebanyak 110 artikel.

    Gambar 1 Statistik pemberitaan
    Gambar 2 Jajaran Top Portal

    Nama Prabowo Subianto mentereng di jajaran Top People dalam pantauan Netray terkait topik ini. Hal ini lantaran isu pembubaran GP Mania yang beralih menjadi Prabowo Mania. Relawan JoMan yang awalnya merupakan pendukung Ganjar Pranowo telah mendeklarasikan diri menjadi pendukung Prabowo setelah menjalani rapat pleno pada Selasa, 14 Februari 2023.

    Gambar 3 Jajaran Top People dan Top Organizations

    Keputusan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP Joman Akhmad Gojali Harahap pada Rabu, 15 Februari 2023. Dalam rapat tersebut, ada delapan pertimbangan perihal alasan pihaknya memilih untuk mendukung Prabowo di bursa Pilpres 2024. Lalu, melansir dari Warta Kota, Immanuel Ebenezer selaku Ketua Umum DPP JoMan juga mengatakan bahwa pihaknya akan membuka komunikasi langsung dengan Prabowo Subianto usai mendeklarasikan dukungan.

    Gambar 4 Sampel berita
    Gambar 5 Sample berita

    Pemberitaan dengan kata kunci tersebut telah muncul sejak awal pemantauan, yakni 14 Februari 2023. Lalu, pemberitaan mulai merangkak naik dan memuncak di tanggal 16 Februari 2023, dua hari setelah rapat pleno tersebut dilaksanakan. Pemberitaan ini memuncak setelah JoMan mendatangi kediaman Prabowo di Jakarta Selatan.

    Gambar 6 Peak Time dan Sentimen Trend News

    Rombongan tersebut tiba di kediaman pribadi Prabowo pada Kamis, 16 Februari 2023 pukul 15.45 WIB. Dalam sambangan tersebut, JoMan secara resmi menyampaikan dukungannya kepada Prabowo di Pilpres 2024. Dukungan tersebut pun disambut baik oleh Prabowo Subianto sehingga isu ini memberikan dampak positif bagi elektabilitasnya.

    Gambar 7 Sample berita
    Gambar 8 Sample berita

    Perbincangan Warganet terkait Manuver Relawan JoMan

    Tak hanya ramai menjadi pemberitaan media berita daring, isu ini juga ramai disoroti warganet Twitter. Memantau dengan kata kunci dan periode yang sama, Netray menemukan sebanyak 9.421 twit dengan total impresi mencapai 127,6 ribu reaksi. Twit-twit tersebut dibagikan oleh lebih dari 1.919 akun dengan potential reach sejauh 95,7 juta akun.

    Gambar 9 Statistik perbincangan di Twitter

    Akun yang paling banyak mendapat impresi terkait topik ini ialah akun portal berita @detikcom yang berhasil meraih 1.221 impresi. Sedangkan akun yang paling banyak mencuitkan kata kunci tersebut ialah akun @myscofieldss dengan total twit sebanyak 138 selama periode pemantauan. Dalam twit-twitnya tersebut, akun @myscofiledss membagikan twit terkait profil JoMan yang berawal mulai sebagai relawan Jokowi lalu kini mendukung Prabowo Subianto.

    Gambar 10. Akun yang paling banyak mendapat impresi
    Gambar 11. Akun yang paling banyak mencuitkan kata kunci

    Sama halnya dengan kanal news, dalam perbincangan warganet isu ini didominasi oleh twit bersentimen positif. Dari sekian twit, sebanyak 52,3% merupakan twit dengan sentimen positif dan hanya 13,4% twit bersentimen negatif. Namun berbeda halnya dengan puncak perbincangan, dalam kanal ini peak time perbincangan terjadi di tanggal 17 Februari 2023 atau tiga hari pasca keputusan tersebut diambil.

    Gambar 12. Peak Time dan Sentiment Trend di Twitter

    Twit terpopuler pada hari tersebut datang dari akun @ch_chotimah2 yang memberikan kritikan terhadap Immanuel Ebenezer atau Noel terkait pemberitaan yang meyebutkan bahwa ia memberikan pujian lantaran terdapat isu jika Ganjar akan menjadi cawapres Prabowo di Pilpres 2024. Hal tersebut dinilai bertentangan dengan pernyataan Noel yang sebelumnya telah ‘membuang’ Ganjar dengan alasan Gubernur Jateng tersebut tidak mempunyai nyali.

    Gambar 13 Sampel twit
    Gambar 14 Sampel twit

    Kritik warganet terhadap Ketua JoMan tak hanya berhenti di situ, Noel juga disebut sebagai manusia ‘kutu loncat’ lantaran ia dinilai tidak memiliki pendirian. Warganet kembali membagikan hal negatif terkait sosoknya yang dulu pernah menjadi ‘lawan’ namun sekarang justru menjadi kawan. Twit-twit semacam inilah yang memberikan sumbangan negatif terhadap topik ini.

    Gambar 15 Sampel twit
    Gambar 16 Sampel twit

    Manuver JoMan memberikan dampak positif pada sosok Prabowo Subianto terlebih di masa menjelang Pilpres ini. Tak sedikit warganet yang turut memberikan impresi positifnya terhadap isu ini. Warganet merasa senang atas keputusan relawan JoMan tersebut untuk mendukung Prabowo di bursa Pilpres 2024. Warganet menilai sosok Prabowo memiliki sifat yang sama seperti yang disebutkan JoMan terkait alasan beralihnya dukungan tersebut.

    Gambar 17 Sampel twit
    Gambar 18 Sampel twit

    Pindahnya dukungan JoMan dari Ganjar kemudian beralih ke Prabowo menarik perhatian media dan publik. Dari pantauan Netray, isu ini turut mempengaruhi elektabilitas kedua sosok tokoh politik. Beralihnya dukungan relawan JoMan memberikan dampak positif bagi elektabilitas Prabowo Subianto. Pemberitaan bahkan perbincangan warganet pun didominasi dengan sentimen positif. Meski demikian, sentimen negatif justru didulang oleh sosok Noel yang dinilai sebagai ‘kutu loncat’.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Mengamati Perbincangan Warganet Berbagi Pengalaman Tentang Angkutan Umum

    Mengamati Perbincangan Warganet Berbagi Pengalaman Tentang Angkutan Umum

    Angkutan umum akrab menjadi teman bagi masyarakat di perkotaan. Sebagian masyarakat mengandalkan moda transportasi ini untuk beraktivitas, seperti bekerja, kuliah dan berbagai kegiatan lainnya. Mulai dari bus, kereta, hingga angkot menjadi moda transportasi yang banyak digunakan. Berbagai pengalaman saat menggunakan kendaraan umum pun kerap dibagikan oleh warganet di kanal media sosial.

    Netray mengamati perbincangan warganet Twitter terkait pengalamannya menggunakan angkutan umum selama periode 14-20 Februari 2023 untuk melihat impresi warganet terkait moda transportasi ini. Kata kunci yang digunakan di antaranya adalah angkutan umum, kereta, bus, angkot, krl, lrt, dan mrt. Berikut hasilnya.

    angkutan umum
    Gambar 1. Peak time dan kosakata populer dengan keyword angkutan umum

    Kata kunci angkutan umum muncul dalam 849 twit dengan sentimen yang berimbang. Berbagai kosakata terkait, seperti terminal, macet, stasiun, pribadi menghiasi perbincangan soal angkutan umum. Selain itu, muncul berbagai wilayah yang kerap disebutkan warganet dalam membahas topik seputar angkutan umum, seperti bogor, bandung, dan jakarta.

    Gambar 2. Tweet warganet seputar angkutan umum

    Kota-kota seperti Jakarta dan Bandung memiliki tingkat lalu lintas yang padat bahkan kerap mengalami kemacetan lalu lintas. Penggunaan angkutan umum sejatinya merupakan salah satu alternatif untuk mengurai persoalan ini. Meski demikian, keluhan soal kemacetan, kualitas dan kuantitas angkutan umum yang masih minim masih cukup banyak ditemukan.

    Tak hanya itu, warganet juga meminta pemerintah turut memperhatikan rute angkutan umum agar menjangkau pemukiman masyarakat. Hal ini menjadi PR bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas angkutan umum yang aman dan nyaman agar masyarakat mau menggunakan angkutan umum.

    Sementara itu, Netray mengelompokkan beberapa jenis angkutan umum yang banyak beroperasi di Indonesia. Berdasarkan hasil pantauan Netray, ditemukan bahwa warganet paling banyak menyebut kereta api dan bus dalam topik perbincangan seputar angkutan umum. Kedua angkutan umum tersebut dominan digunakan oleh masyarakat. Kereta api disebut dalam 22,6 ribu twit, bus sebanyak 16,6 twit, KRL sebanyak 11,3 twit dan angkutan umum lainnya di bawah 10 ribu twit selama seminggu pemantauan.

    Kereta api dan bus merupakan angkutan umum yang paling populer dan menjangkau hampir merata di masyarakat. KRL, MRT, dan LRT hanya dapat ditemukan di wilayah perkotaan besar, seperti Jakarta dan wilayah di sekitarnya. Ketiganya menjadi andalan warga Ibu Kota untuk menghindari kemacetan. Sementara itu, angkot yang banyak ditemukan di berbagai daerah pedesaan kini justru paling sedikit muncul dalam perbincangan warganet.

    1. Kereta Api

    Di Twitter, kereta api disebutkan setidaknya dalam 22,6 ribu cuitan dengan 9,9 ribu di antaranya bersentimen negatif. Impresi pada cuitan terkait kereta api mencapai 656,2 ribu dan berpotensi menjangkau 164,9 juta akun pengguna Twitter. Sementara melalui kosakata populer dapat ditemukan berbagai kata yang kerap muncul dalam perbincangan warganet terkait kereta api, seperti tiket, jalur, harga, jakarta-bandung, dan berbagai kosakata lainnya.

    Gambar 3. Infografik perbincangan warganet dan kosakata populer topik angkutan umum kereta api

    Pada periode ini tampak warganet mengomentari keadaan stasiun Manggarai yang dinilai kurang memadai dan kelebihan kapasitas penumpang. Selain itu, harga tiket yang mahal tidak sebanding dengan kualitas pelayanan yang diberikan juga banyak disorot.

    Gambar 4. Tweet warganet terkait kereta api

    Selain itu, warganet tampak mengapresiasi keberadaan kereta subsidi di beberapa rute seperti kereta rute Ciamis-Jakarta yang turut membantu masyarakat. Sementara di wilayah lainnya, seperti di Madura warganet berharap reaktivasi jalur kereta sungguh terealisasi sehingga dapat menekan beban transportasi jalan darat.

    2. Bus

    Selama periode pantauan Netray kata kunci bus setidaknya disebutkan dalam 16,7 ribu cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Jumlah impresi pada topik ini mencapai 154,2 ribu dan berpotensi menjangkau 145, 8 juta akun pengguna Twitter. Pada kosakata populer dapat diamati berbagai kata yang kerap muncul dalam perbincangan warganet, yaitu penumpang, pengamen, terminal, harga, transjakarta dan berbagai kosakata lainnya.

    Gambar 5. Infografik perbincangan warganet dan kosakata populer topik angkutan umum bus

    Sebagai angkutan yang menjangkau berbagai wilayah baik dalam maupun luar kota, bus menjadi akomodasi yang mudah ditemukan. Di beberapa wilayah bahkan bus menjadi moda transportasi dalam kota yang diandalkan masyarakat, seperti Trans Jakarta dan Trans Jogja. Berikut berbagai impresi warganet terhadap akomodasi ini.

    Gambar 6. Tweet warganet terkait bus

    Sebagai angkutan dalam kota, bus berguna untuk mengurangi risiko kemacetan, terlebih bus trans yang memiliki jalur tersendiri. Namun, terkadang warganet masih merasa kesal dengan bus yang terlalu penuh dan kemacetan yang masih tidak dapat terhindarkan. Warganet berpendapat seharusnya pemerintah memasifkan pembangunan transportasi umum dengan pelayanan yang lebih eklusif lagi, sehingga masyarakat lebih tertarik menggunakan angkutan umum dibanding angkutan pribadi.

    Harga yang terjangkau dan tiket yang lebih banyak tersedia menjadi alternatif masyarakat memilih bus sebagai akomodasi dibanding kereta api. Selain itu, tentunya faktor kenyamanan dan ketenangan menjadi prioritas pengguna angkutan umum ini.

    3. KRL

    Angkutan umum lainnya yang banyak menjadi perbincangan adalah KRL atau commuter line. Kereta dengan jenis perlintasan layang atau bawah tanah ini dapat mengangkut hingga 2.000 penumpang dengan sumber tenaga listrik atas kereta. Berdasarkan hasil pantauan Netray jumlah perbincangan pada topik ini mencapai 11,3 ribu cuitan dengan 3.063 di antaranya bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 95,9 ribu dengan berpotensi menjangkau 93,1 juta akun pengguna.

    Gambar 7. Infografik perbincangan warganet dan kosakata populer topik angkutan umum KRL

    Sementara berdasarkan kosakata populer tampak berbagai kata yang kerap muncul dalam perbincangan warganet, seperti transit, penumpang, lama, solo, dan berbagai kosakata lainnya.

    Sebagai moda transportasi yang banyak digunakan masyarakat di perkotaan, KRL memiliki intensitas kepadatan yang tinggi. Hal ini terjadi di KRL berbagai rute, seperti di wilayah Jakarta ataupun Jogja-Solo. Hal ini kemudian memantik terjadinya tindak kejahatan pelecehan seksual sebagaimana tampak dari beberapa yang dilaporkan warganet dalam twitnya. Selain risiko rawannya pelecehan di KRL, penumpang KRL di Jakarta juga mengeluhkan kebijakan transit yang dirasa menyulitkan penumpang.

    Gambar 8. Tweet warganet terkait KRL

    4. MRT

    Seperti KRL, MRT juga merupakan moda transportasi bertenaga listrik di perkotaan. Dengan perlintasan layang dan bawah tanah, MRT memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan KRL, yakni hingga 110 km/jam. Selama periode pantauan Netray, kata kunci mrt muncul dalam 8.396 cuitan warganet dengan jumlah sentimen yang cenderung positif. Adapun jumlah impresi mencapai 458,6 ribu dan berpotensi menjangkau 100,4 juta akun.

    Gambar 9. Infografik perbincangan warganet dan kosakata populer topik angkutan umum MRT

    Pada kosakata populer tampak berbagai kata yang populer dalam tweet warganet terkait MRT, seperti jawa, jakarta, bekasi, pembangunan, dan berbagai kosakata lainnya.

    Banyak digunakan oleh pekerja di Ibu Kota, tak jarang pemandangan MRT dihiasi oleh wajah lelah para pekerja di sore hingga malam hari. Keberadaan MRT juga membantu para pekerja untuk lebih cepat sampai tujuan meski terdapat warganet yang mengeluhkan harga dari transportasi ini. Namun, warganet juga berharap pembangunan MRT dan transportasi umum merata hingga menjangkau berbagai wilayah. Tidak hanya itu, warganet juga berharap Jakarta memiliki kartu yang dapat digunakan di semua moda transportasi umum.

    Gambar 10. Tweet warganet terkait MRT

    5. LRT

    Berbeda halnya dengan KRL dan MRT yang menggunakan sumber listrik atas kereta, LRT justru menggunakan listrik aliran bawah kereta dengan perlintasan layang. Selain itu, jumlah kapasitas angkutan juga cenderung lebih sedikit dibanding KRL dan MRT. LRT atau Light Rail Transit disebut dalam 6.409 cuitan dengan didominasi cuitan bersentimen negatif. Jumlah impresi pada topik ini mencapai 27,1 ribu dengan menjangkau 50,9 juta akun pengguna Twitter.

    Gambar 11. Infografik perbincangan warganet dan kosakata populer topik angkutan umum LRT

    Kemudian pada kosakata populer tampak berbagai kata terkait LRT, seperti akses, bagus, jalur, cepat, dan berbagai kata lainnya yang dapat diamati pada Gambar 11. Berikut beberapa opini warganet terkait LRT.

    Gambar 12. Tweet warganet terkait LRT

    Menurut warganet, wilayah Jabodetabek membutuhkan LRT dengan jangkauan dan akses yang lebih luas. Meski memiliki kapasitas yang lebih kecil dibanding dengan KRL dan MRT, keberadaan LRT di perkotaan sangat dibutuhkan untuk mengurangi volume kendaraan pribadi di jalan raya. Namun, bagi masyarakat daerah, MRT dan LRT memiliki harga yang mahal sehingga proyek kereta cepat ini lebih banyak ditawarkan di wilayah Ibu Kota.

    6. Angkot

    Dibanding angkutan umum lainnya, angkot adalah jenis angkutan umum yang mudah dijumpai di berbagai daerah. Keberadaan angkot pun terbilang sudah lebih lama dan menjadi akomodasi andalan masyarakat pada masanya. Di Twitter, angkot menjadi angkutan umum yang paling sedikit disebut. Kata kunci ini hanya disebut dalam 6.137 cuitan dengan dominasi sentimen negatif.

    Gambar 13. Infografik perbincangan warganet dan kosakata populer topik angkutan umum angkot

    Jumlah impresi pada topik ini mencapai 50,3 ribu reaksi dan berpotensi menjangkau 37,8 juta akun pengguna Twitter. Pada kosakata populer pun terlihat beberapa kata terkait dengan perbincangan warganet, seperti murah, dulu, playlist, sekolah, dan berbagai kosakata lainnya.

    Gambar 14. Tweet warganet terkait angkot

    Sebagai akomodasi yang telah lama hadir, eksistensi angkot memang mengalami penurunan. Terlebih dengan hadirnya akomodasi angkutan umum lain, seperti krl, mrt, maupun bus trans yang di beberapa daerah menuai penolakan dari supir angkot. Meski demikian, di Twitter warganet membagikan pengalaman mereka saat menggunakan angkot. Seperti salah seorang warganet yang mengaku menikmati playlist angkot dengan nuansa musik jedag-jedug yang dinilai menambah semangat.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Resmi Jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Panen Sentimen Positif

    Resmi Jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Panen Sentimen Positif

    Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau KLB PSSI yang berlangsung tertutup di Sangri-La, Jakarta, pada Kamis, 16 Februari 2023 telah memutuskan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Ia mengantongi 64 suara mengalahkan La Nyalla Mattalliti yang hanya mendapatkan 22 suara. Kemenangan Erick Thohir ini berhasil menaikkan tren sentimen positif untuk Erick yang mulai merangkak sejak pencalonannya sebagai Ketum PSSI beberapa waktu lalu.

    Selama periode 15-20 Februari 2023, kata kunci erick&&pssi serta erickthohir&&pssi ditemukan sebanyak 43,2 ribu twit dari 16,2 ribu akun lebih yang membahas topik ini. Perbincangan ini menghasilkan 48,9 juta impresi yang berpotensi menjangkau hingga 192 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

    Gambar 1. Statistik perbincangan Twitter isu ‘ketum baru PSSI’

    Sentimen positif mendominasi pemantauan topik ini dengan total 27,1 ribu twit atau sebanyak 62 persen dari total twit yang ada. Memperlihatkan betapa antusiasnya warganet menyambut pengurus baru PSSI khususnya jabatan ketua umum.

    Gambar 2. Grafik Peak Time dan Tren Sentimen

    Puncak perbincangan terjadi pada tanggal 16 Februari pada saat acara KLB PSSI sekaligus momen pemilihan ketum dan jajarannya. Perbincangan kemudian mulai menurun hingga akhir periode pemantauan. Namun, sentimen positif melonjak signifikan di momen pemilihan tersebut dan terus memimpin meski jumlahnya menurun.

    Ucapan selamat mewarnai twit dengan sentimen positif. Ucapan tersebut datang dari sejumlah akun klub sepakbola, akun berita bola hingga pegiat media sosial. Selain itu, tagar dukungan untuk Erick seperti #ButuhNyaliBukanNyala dan #GueBarengErickThohir juga mengisi perbincangan warganet pada topik ini.

    Gambar 3. Akun paling banyak mendapat impresi
    Gambar 4. Kosakata paling banyak ditwitkan warganet

    Salah satu akun populer dalam topik ini, @idextratime, @PSSI, @persebayaupdate membagikan berita kemenangan Erick Thohir beserta total suara yang diperoleh. Selain itu, dukungan untuk Erick juga datang dari akun populer @faktasepakbola yang turut memaparkan janji Erick setelah resmi menjadi Ketua Umum.

    Gambar 5. Sampel twit ucapan selamat dan dukungan

    Erick Thohir juga digadang-gadang menjadi harapan baru bagi dunia sepak bola Indonesia. Sejumlah warganet menaruh harapan di pundak Erick untuk membenahi bobroknya PSSI dan prestasi sepak bola Indonesia. Menurut @serakyut, Ketum baru juga menjadi angin segar bagi kontestan Liga dua untuk dapat kembali berkompetisi, karena sebelumnya sempat terhenti.

    Gambar 6. Harapan untuk Erick Thohir

    Di sisi lain sentimen negatif masih membayangi Erick Thohir meski jumlahnya tak sebanding dengan sentimen positif, sebanyak 3.853 twit negatif muncul membahas topik ini. Salah satunya adalah menyoroti rangkap jabatan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN sekaligus Ketum PSSI. Twit terpopuler dari @HelmiFelis_ dan @SuwandaBen membicarakan persoalan ini.

    Gambar 8. Opini warganet
    Gambar 7. Kritik warganet soal rangkap jabatan

    Tak pelak Presiden Jokowi pun banyak disebut-sebut lantaran sebagai kepala negara, ia mengizinkan Erick menjabat Ketum PSSI. Tidak hanya Erick Thohir, Zainudin Amali yang berstatus sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pun dianggap rakus kekuasaan. Kata rangkap dan jabatan muncul dalam jajaran kata yang paling banyak ditwit. Artinya, tidak sedikit yang menyoroti permasalahan ini.

    Gambar 8. Kritik warganet soal rangkap jabatan

    Sementara itu, dalam jajaran popular media, poster-poster Erick Thohir dengan jabatan terbarunya mengisi jajaran Popular Media. Akun @garagarabola_ yang menampilkan Erick berjabat tangan dengan Mochammad Iriawan alias Iwan Bule, Ketum PSSI periode seblumnya paling banyak mendapat impresi, disusul @asumsico dan @registaco.

    Gambar 9. Media populer

    Terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI yang baru, berhasil menarik atensi warganet dalam tren perbincangan yang cenderung positif. Erick Thohir dianggap angin segar dan memberi harapan baru bagi organisasi PSSI yang dinilai cukup bobrok dalam manajemennya. Meski demikian, sentimen negatif tidak berarti tidak ditemukan.

    Jabatan Erick sebagai Menteri BUMN yang kini merangkap sebagai Ketum PSSI cukup banyak dipertanyakan. Warganet mempertanyakan hal ini karena terdapat aturan yang melarang menteri rangkap jabatan seperti tertuang dalam UU No. 39 tahun 2008 perihal Kementerian Negara pasal 23. Pernyataan Presiden Jokowi yang sempat menegaskan aturan tersebut juga banyak beredar dan dipertanyakan kembali.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Keramaian Warganet Kritisi Film Dear David: Kurang Puas dengan Eksekusi Isu KBGO dan LGBT

    Keramaian Warganet Kritisi Film Dear David: Kurang Puas dengan Eksekusi Isu KBGO dan LGBT

    Film Dear David garapan Lucky Kuswandi mendapat sorotan dari warganet pasca perilisannya. Isu LGBT hingga Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) menarik atensi warganet. Namun, perbincangan film ini justru dibanjiri sentimen negatif dari warganet.

    Film yang mengisahkan cerita anak SMA berprestasi namun penuh dengan rahasia ini dibintangi oleh Shenina Cinnamon (Laras), Emir Mahira (David), dan Caitlin North Lewis (Dila). Dear David merupakan film bergenre roman yang telah tayang di Netflix pada 9 Februari 2023 lalu. Film yang disutradarai oleh Lucky Kuswandi ini mengangkat isu yang dekat dengan dunia remaja, salah satunya ialah KBGO. Meski telah menggarap isu sensitif justru film ini juga tak lepas dari kritikan warganet.

    Memantau melalui Netray Media Monitoring, kata kunci dear david telah ditwitkan sebanyak 12,5 ribu twit selama periode pemantauan 8-14 Februari 2023. Kata kunci ini ditwitkan oleh lebih dari 4 juta akun berbahasa Indonesia dengan mengumpulkan 3,1 juta reaksi berupa like, reply, dan retweet. Perbincangan topik ini berpotensi menjangkau hingga 69,7 juta akun.

    Gambar 1 Statistik Perbincangan di Twitter

    Namun, dari total twit tersebut, sebanyak 38% persen atau 4.763 di antaranya merupakan twit bersentimen negatif. Salah satu review negatif yang diberikan oleh warganet terjaring ke dalam jajaran Top Complaints di bawah ini. Kata jelek menjadi yang paling banyak ditwitkan perihal pendapat warganet pasca menonton film yang diproduksi oleh Palari Films ini. Warganet menilai eksekusi film Lucky tersebut kurang pas padahal kemasan atau trailer sudah terlihat menarik.

    Gambar 2 Jajaran Top Complaints
    Gambar 3 Sampel Twit

    Kritik pedas juga dilayangkan beberapa warganet. Tak sedikit warganet yang menilai film tersebut merupakan film ‘goblok’ lantaran pelecehan seksual yang diangkat dalam cerita Dear David telah diromantisasi sehingga kasus tersebut dianggap tidak serius oleh penulis. Tak hanya itu, warganet juga dibuat kecewa karena film ini dinilai ‘aneh’ sehingga kurang bisa dinikmati meski telah mengangkat cerita atau isu LGBT.

    Gambar 4 Sampel Twit
    Gambar 5 Sampel Twit

    Isu KBGO dan LGBT Menjadi Perhatian Penonton Dear David

    Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) yang diangkat oleh Dear David menjadi sorotan warganet. Kasus KBGO yang didominasi dengan korbannya bergender perempuan justru pada film ini didekontruksi dengan korbannya yang bergender laki-laki. Namun isu ini justru mendapat tanggapan negatif lantaran korban yang diperankan oleh David justru tidak mendapat perhatian atas kasus yang menimpanya tersebut.

    Gambar 6 Sampel Twit
    Gambar 7 Sampel Twit

    David sebagai korban KBGO atau pelecehan seksual mendapat perhatian warganet lantaran dalam fillm ini ia justru mencintai pelaku yang telah melecehkannya dalam dunia maya. Berdasarkan alur cerita tersebut tak sedikit warganet yang merasa kecewa. Bahkan warganet berpendapat bahwa penggambaran karakter David memperlihatkan kenyataan korban-korban kasus KBGO terutama gender laki-laki tidak mendapat perhatian khusus.

    Gambar 8 Sampel Twit
    Gambar 9 Sampel Twit

    Selanjutnya, karakter queer yang ditampilkan oleh tokoh Dilla juga menjadi perhatian warganet. Selain mengangkat cerita KBGO yang dilakukan oleh Laras kepada David, warganet juga menyoroti karakter yang dibawakan oleh Citlin North Lewis. Dila yang digambarkan sebagai sosok yang feminin, seksi, dan cantik justru memberikan kejutan kepada penonton dengan karakternya yang penyuka sesama jenis.

    Gambar 10 Sampel Twit
    Gambar 11 Sampel Twit

    LGBT yang digambarkan oleh Lucky Kuswandi menjadi sasaran kritik warganet. Selipan isu LGBT yang dibawa Lucky dinilai kurang dan justru dianggap ‘memaksa’. Bahkan warganet juga menilai isu ini tidak memberikan pengaruh besar kepada jalan cerita. Menurut warganet, justru pelecehan seksual lah yang seharusnya menjadi perhatian penulis.

    Gambar 12 Sampel Twit
    Gambar 13 Sampel Twit

    Pujian untuk Dear David

    Laras yang diperankan oleh aktris Shenina Cinnamon mendapat pujian dari warganet. Akting Shenina sebagai Laras dinilai berani oleh warganet. Shenina yang membawakan karakter sebagai anak pintar namun penuh dengan rahasia tersebut telah menyedot atensi warganet di balik kritik atas alur cerita yang disuguhkan Dear David.

    Gambar 14 Sampel Twit
    Gambar 15 Sampel Twit

    Meskipun banyak mendapat kritikan dari warganet atas alur atau karakter yang kurang kuat, namun beberapa warganet juga memuji karya Lucky Kuswandi ini. Isu pelecehan seksual yang dekat dengan anak muda disajikan dengan epic. Bahkan sineas Joko Anwar pun turut memberikan tanggapan positifnya terhadap film Dear David. Sutradara sekaligus produser tersebut menilai film Dear David merupakan salah satu film terbaik di tahun ini.

    Gambar 16 Sampel Twit
    Gambar 17 Sampel Twit

    Pujian dan kritikan atas sebuah karya bukan hal baru di dunia perfilman. Alur cerita dan penggambaran tokoh yang dinilai kurang kuat oleh beberapa penonton atau eksekusi akhir cerita yang dinilai memaksakan adalah bagian dari kritik yang disoroti warganet. Di sisi lain, keberanian film ini mengulik isu-isu sensitif seperti LGBT dan KBGO mendapat pujian dari penonton bahkan sineas Indonesia.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 13-19 Februari 2023

    Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 13-19 Februari 2023

    Berdasarkan pantauan Netray, nama Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok) selama periode 13-19 Februari 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Anies Baswedan dan Ridwan Kamil.

    Prabowo yang masih konsisten berada di urutan satu seperti minggu lalu, namanya unggul di Twitter lantaran diperbincangkan dalam berbagai isu. Salah satunya adalah soal dukungan JokMania untuk Prabowo.

    Jika dilihat dari periode sebelumnya, Erick Thohir dan Ridwan Kamil naik peringkat sementara AHY dan Anies Baswedan merosot. Erick Thohir periode ini naik peringkat lantaran banyak dibicarakan terkait kemenangannya sebagai Ketum PSSI. Ia unggul di media pemberitaan dan Twitter.

    Sementara itu, Ridwan Kamil pekan ini berhasil menyalip Ganjar Pranowo. Ridwan Kamil pekan ini banyak disebut bersama pembangunan MRT Bekasi-Jakarta.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 13-19 Februari 2023

    Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 13-19 Februari 2023

    Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai perserta Pemilu 2024.

    Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 13-19 Februari 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Gerindra kembali menempati posisi pertama seperti pekan lalu. Disusul Nasdem yang periode ini kembali naik dua peringkat setelah sebelumnya sempat merosot di urutan keempat.

    Partai Demokrat tetap di urutan ketiga seperti pekan lalu disusul PKS yang naik satu peringkat di posisi empat. Sementara itu, urutan kelima diduduki oleh Partai Ummat yang sebelumnya tidak pernah memasuki 5 besar partai paling banyak disebut di media pemberitaan dan media sosial Twitter. Hal ini terjadi setelah Partai Ummat resmi mendeklarasikan dukungannya untuk Anies Baswedan sekaligus menegaskan politik identitas yang mereka usung. Perbincangan soal partai ini langsung melonjak drastis, khususnya di Twitter.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Respons Warganet Kala Partai Ummat Dukung Anies dan Tegaskan Usung Politik Identitas

    Respons Warganet Kala Partai Ummat Dukung Anies dan Tegaskan Usung Politik Identitas

    Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai capres 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Amien Rais pada Rakernas I Partai Ummat pada 15/02/2023. Partai Ummat menjadi partai keempat setelah Nasdem, Demokrat, dan PKS yang resmi mendeklarasikan dukungannya pada Anies.

    Partai yang baru resmi berdiri pada 2021 ini pun mendapat berbagai reaksi dari warganet. Terlebih saat dengan gamblang menyatakan politik identitas sebagai ciri mereka. Padahal politik identitas menjadi salah satu wacana politik yang kontroversial di masyarakat karena dinilai dapat memecah belah bangsa.

    Untuk mengamati lebih jauh reaksi warganet dan berbagai isu terkait Partai Ummat di media pemberitaan, Netray memantau dengan kata kunci partai ummat dan partai ummat && anies dengan periode 10 Februari 2023 sampai dengan 16 Februari 2023. Tampak laju perbincangan warganet Twitter meningkat sejak 14 Februari 2023 dan puncaknya terjadi pada 15 Februari 2023. Sementara itu, sentimen tren pada topik ini memiliki jumlah yang berimbang.

    Partai Ummat
    Gambar 1. Peak time dan Sentiment trend

    Secara total selama periode pemantauan jumlah tweet pada topik ini mencapai 10 ribu tweet dengan jumlah impresi mencapai 4,4 juta dan berpotensi menjangkau 83,4 juta akun pengguna Twitter. Mengamati reaksi yang cukup ramai di Twitter apa sajakah yang menjadi perbincangan warganet?

    Gambar 2. Infografik perbincangan warganet

    Pada kosakata populer dapat diamati sejumlah kata terkait topik ini, seperti identitas, rakernas, rocky, dan anies. Selain kosakata tersebut tampak beberapa kata lain, seperti pelecehan, seksual, dan wartawati.

    Gambar 3. Kosakata populer

    Deklarasi dukungan Partai Ummat terhadap Anies juga diumumkan oleh Amien Rais melalui akun Twitternya. Dalam tweet tersebut tampak Amien Rais mengungkapkan bahwa partainya dengan resmi mengusung Anies pada Pilpres mendatang. Amien menyatakan keinginannya untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

    Gambar 5. Tweet terkait deklarasi Anies dan Partai Ummat

    Dalam cuitan lainnya tampak beberapa media mengutip pernyataan Partai Ummat sebagai partai dengan ciri politik identitas dan menyatakan mesjid sebagai tempat perjuangan jihad politik. Berikut berbagai opini warganet.

    Gambar 6. Reaksi warganet terkait deklarasi Partai Ummat

    Partai Ummat dinilai memaksakan politik identitas sebagai cara berpolitik karena juga dengan tegas memanfaatkan masjid sebagai media untuk melakukan politik praktis. Politik identitas mendapat berbagai stigma di Indonesia karena dinilai dapat merusak asas kebhinekaan. Stigma ini pun melekat erat pada sosok Anies Baswedan yang kerap dijuluki sebagai Bapak Politik Identitas Indonesia. Sehingga dukungan yang diterima Anies dari Partai Ummat dinilai justru semakin mempertegas julukan tersebut.

    Selain membahas politik identitas, dalam gelaran Rakernas tahun pertama Partai Ummat, warganet juga menyoroti persoalan pelecehan yang kabarnya terjadi usai acara tersebut. Hal ini pun memantik beragam komentar dalam arus perbincangan warganet.

    Gambar 7. Reaksi warganet terkait kabar pelecehan yang terjadi saat rakernas Partai Ummat

    Kata pelecehan yang mencuat dalam kosakata populer juga berkaitan dengan acara Rakernas Partai Ummat. Pelecehan ini dikabarkan menimpa seorang jurnalis perempuan. Kabar yang turut beredar di media pemberitaan ini pun mendapat respons kecaman dari warganet. Di sisi lain, kabar ini juga sempat ditepis oleh Jubir Partai Ummat yang mengira pelaku dari pelecehan bukan merupakan bagian dari Partai Ummat.

    Pada kategori Top Complaints dapat ditemukan beberapa kata keluhan yang populer dalam topik terkait Partai Ummat, seperti susah dipegang dan anti politik identitas. Kedua keluhan tersebut berkaitan dengan narasi politik identitas yang digaungkan oleh Partai Ummat. Melalui dua contoh tweet pada Gambar 8 pun dapat diamati bagaimana warganet melabeli nama Anies sebagai tokoh politik identitas yang dikuatkan dengan deklarasi dukungan Partai Ummat.

    Gambar 8. Tweet complaint warganet

    Tegaskan Politik Identitas Partai Ummat Menjadi Sorotan Media

    Tak hanya di Twitter, pembahasan deklarasi Partai Ummat atas dukungannya terhadap Anies juga ramai dalam media pemberitaan daring. Sebagai partai nonparlemen, Partai Ummat menjadi salah satu partai yang akan ikut dalam kontestasi politik di 2024 mendatang. Langkahnya pun menjadi sorotan, pasalnya meski terhitung baru partai ini diketuai oleh politikus senior Tanah Air, yakni Amien Rais.

    Di media pemberitaan dengan periode yang sama ditemukan setidaknya 516 artikel terkait Partai Ummat yang berasal dari 66 media pemberitaan online. Pemberitaan tersebut pun didominasi oleh topik berkategori politik, pemerintahan, dan hukum. Melalui media pemberitaan dapat diamati berbagai opini tokoh politik di kancah publik terkait deklarasi Partai Ummat. Berikut beberapa di antaranya.

    Gambar 9. Infografik media pemberitaan

    Dukungan Partai Ummat kepada Anies menambah deretan partai yang merapat pada dirinya untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang. Menurut pengamat, dukungan ini patut menjadi pertimbangan, mengingat Partai Ummat merupakan salah satu partai nonparlemen yang akan ikut pada kontestasi pentas politik pada 2024 mendatang. Sementara menurut politisi PSI, politik identitas yang digaungkan oleh Partai Ummat merupakan hal yang berbahaya karena dapat menjadi senjata diskriminasi sebagai alat pemecah belah.

    Gambar 10. Artikel pemberitaan reaksi terkait Partai Ummat

    Lantang menyebutkan politik identitas sebagai cara berpolitik, Partai Ummat justru menuai kontroversi tidak hanya di media sosial namun juga di media pemberitaan. Seperti halnya KPU yang meminta Bawaslu untuk menegur parpol yang mengampanyekan politik identitas. Pasalnya, cara berpolitik ini juga telah dilarang dalam Pasal 280 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) yang melarang penggunaan instrumen suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagai sarana berpolitik.

    Gambar 11. Artikel pemberitaan reaksi terkait Partai Ummat

    Selain KPU, sebelumnya Joko Widodo sebagai Presiden RI juga telah mengingatkan kondisi yang harus dijaga jelang Pemilu 2024. Jokowi menilai politik identitas, politik agama, dan politik SARA akan berbahaya jika dipakai atau diusung untuk sistem perpolitikan di Indonesia. Oleh karena itu, para capres dan cawapres yang ikut dalam konstestasi Pemilu 2024 diharapkan untuk menawarkan politik ide, gagasan, dan bukan menyangkut-pautkan politik identitas. Demikian menurut Jokowi.

    Gambar 12. Akun dan Media terpopuler

    Berdasarkan hasil pantauan Netray, akun @realAmienRais menjadi akun paling poluler di Twitter pada topik ini. Selaku Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais turut mendulang impresi terbesar pada topik ini. Sementara pada kategori portal media terpopuler tampak Kompas menjadi media dengan penerbitan artikel terbanyak dibanding media lainnya. Pada periode ini Kompas setidaknya menerbitkan 45 artikel terkait Partai Ummat.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Anies Baswedan Hutang ke Sandiaga Uno, Warganet Saling Serang

    Anies Baswedan Hutang ke Sandiaga Uno, Warganet Saling Serang

    Pada akhir minggu pertama di bulan Februari 2023, terdengar kabar bahwa Anies Baswedan berhutang modal uang yang tidak sedikit kepada Sandiaga Uno saat maju ke Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 silam. Dari kabar tersebut, sempat terdengar jika jumlah hutang Anies sebanyak Rp 50 miliar. Akan tetapi, akhir-akhir ini baru diketahui bahwa hutang tersebut mencapai angka Rp 92 miliar.

    Isu ini cukup mengundang perhatian publik dalam negeri, terutama bagi mereka yang mendukung Anies sebagai politisi maupun yang kontra. Media Monitoring Netray memantau kata kunci “utang && anies” di kanal Twitter. Tujuannya adalah dapat melihat secara umum bagaimana keriuhan perbincangan warganet menanggapi kasus hutang Pilgub DKI Jakarta 2017.

    Pemantauan Netray dilakukan selama periode 1 Februari hingga 15 Februari 2023. Data statistik yang berhasil dikumpulkan Netray adalah 16.094 twit unggahan warganet. Perbincangan ini terpantau sudah muncul sejak tanggal 4 Februari 2023. Salah satu twit di awal yang memuat informasi ini datang dari akun @MurtadhaOne1. Sedangkan intensitas perbincangan memuncak pada tanggal 12 Februari 2023.

    Gambar 1. Jumlah twit dan linimasa perbincangan
    Gambar 2. Twit awal wacana hutang Anies

    Respons yang cukup tinggi ditunjukkan warganet saat memperbincangkan isu hutang Anies Baswedan. Dari yang berhasil dirangkum Netray, terdapat 2,8 juta impresi dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Perbincangan ini secara potensial dapat menjangkau 92,3 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

    Gambar 3. Statistik pemantauan perbincangan hutang Anies

    Perbincangan ini lebih banyak mendulang sentimen negatif daripada sentimen positif karena sifatnya yang kontroversial. Netray mendapati 9.908 twit terindeks sebagai twit dengan sentimen negatif. Sedangkan twit dengan sentimen positif terpantau cukup rendah yakni di angka 1.665 unggahan saja.

    Gambar 4. Tren sentimen perbincangan hutang Anies

    Sejumlah akun berada di tengah-tengah pusaran kontroversi tersebut. Akun-akun ini meraup impresi terbanyak dari warganet atas satu atau lebih twit yang mereka unggah. Menempati posisi tertinggi adalah akun @ch_chotimah2 dengan torehan 17.612 total impresi. Jumlah ini hanya menang tipis dari akumulasi impresi yang didapat dari akun @abu_waras dengan total impresi sebanyak 15.381.

    Gambar 5. Akun dengan impresi tertinggi dalam pebincangan

    Akun @ch_chotimah2 menjadi satu dari sekian akun yang kontra dengan isu hutang Anies. Menurutnya, para pendukung Anies sudah melakukan aksi kekejaman karena menyerang, mencaci maki, dan merendahkan Sandiaga terkait masalah hutang ini. Padahal Sandiaga sudah memberi pinjaman, mengajak Anies ikut Pilgub, bahkan mengalah sebagai wakil gubernur.

    Gambar 6. Twit dengan sentimen negatif terpopuler
    Gambar 7. Twit dengan sentimen positif terpopuler

    Sedangkan akun @abu_waras terindikasi sebagai akun pendukung, atau pembela Anies Baswedan dalam kasus ini. Salah satu unggahan akun tersebut menyebutkan bahwa Anies merupakan korban fitnah yang keji dan biadab. Menurut @abu_waras, hutang tersebut sudah lunas ketika pasangan Anies-Sandi memenangkan Pilgub DKI Jakarta tahun 2017 silam.

    Dukungan juga mengalir dari akun @bachrum_achmadi dan @Relawananies. @bachrum_achmadi menyerang kelompok yang anti Anies dengan menyebut bahwa semua skenario kontra gagal dan justru membuat nama Anies semakin besar. Sedangkan @Relawananies melihat masalah hutang ini malah menunjukkan bahwa Anies mengajarkan cara berpolitik yang sehat.

    Gambar 8. Twit pendukung Anies Baswedan
    hutang anies

    Meskipun daftar Top Persons nampak banyak diisi akun yang cenderung mendukung Anies Baswedan, kenyataan bahwa perbincangan didominasi sentimen negatif tidak dapat diabaikan begitu saja. Dua twit ini adalah contoh bagaimana kasus hutang Anies dipersepsikan secara negatif oleh warganet.

    Gambar 9. Twit kontra Anies Baswedan

    Wacana politik bawah tangan semacam ini memang jarang terungkap oleh publik. Sangat jarang kandidat tertentu mau mengungkapkan berapa banyak dana politik yang mereka gunakan untuk memenangkan sebuah usaha pencalonan. Dalam kasus ini saja dari awal tidak diketahui seberapa besar hutang yang dimiliki Anies. Publik baru menyebut angkat tersebut pada tanggal 8 Februari 2023. Atau setelah empat hari isu ini mencuat di perbincangan Twitter.

    hutang
    Gambar 10. Jumlah hutang Anies kerap berganti

    Wacana serangan semacam ini semakin sering ditemukan menjelang Pemilu 2024 dan tidak hanya terjadi pada Anies Baswedan saja. Beberapa waktu lalu sejumlah figur yang digadang-gadang akan maju ke Pilpres 2024 seperti Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo juga mendapat serangan dengan kasus masing-masing.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Perbincangan Politik Identitas di Twitter, Anies dan Partai Ummat Mendominasi

    Perbincangan Politik Identitas di Twitter, Anies dan Partai Ummat Mendominasi

    Jelang Pemilu 2024, frasa politik identitas mulai terdengar lebih riuh dari biasanya. Netray memantau perbincangan seputar politik identitas selama sebulan terakhir di media sosial Twitter. Hasilnya, ditemukan sejumlah tokoh politik yang akrab dengan frasa ini. Tidak hanya itu, Partai Ummat yang belum lama ini mengeklaim usung politik identitas pun tak luput dari sorotan.

    Dengan menggunakan kata kunci politik identitas serta politik&&identitas selama periode 17 Januari hingga 15 Februari 2023, ditemukan 13,3 ribu twit membahas topik ini. Sentimen negatif mendominasi sebanyak 8.157 twit dibandingkan positif yang hanya meraup 2.391 twit. Lebih dari 6 ribu akun Twitter berbahasa Indonesia turut dalam perbincangan menghasilkan 2,1 juta impresi yang dapat menjangkau hingga 93,5 juta akun.

    Gambar 1. Statistik perbincangan Twitter isu politik identitas

    Politik identitas dapat diartikan sebagai sebuah alat politik suatu kelompok, seperti suku, agama, etnis, ataupun budaya untuk tujuan tertentu. Baik sebagai bentuk perlawanan atau sebagai alat untuk menunjukan jati diri suatu kelompok tersebut. Identitas tersebut dipolitisasi melalui interpretasi yang ekstrim dengan tujuan untuk mendapat dukungan dari orang-orang yang merasa ‘sama’, baik secara ras, etnisitas, agama, maupun elemen perekat lainnya.

    Kata kunci politik identitas di media sosial Twitter selama sebulan terakhir paling banyak digunakan bersama kata partai, anies, pemilu, ummat, agama, pilkada, kampanye dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada Gambar 2 berikut.

    Gambar 2. Kosakata yang paling banyak muncul terkait isu politik identitas

    Anies Baswedan Dijuluki Bapak Politik Identitas

    Anies Baswedan merupakan tokoh yang paling banyak disebut ketika membicarakan politik identitas di Twitter. Kata kunci anies, baswedan, anis, dan abud yang merujuk pada sosok Anies Baswedan mendominasi pembahasan soal politik identitas. Anies muncul dalam 4,2 ribu twit warganet soal topik ini.

    Gambar 3. Tokoh atau akun yang paling banyak disebut

    Dari pantauan Netray, perbincangan soal Anies dalam topik ini didominasi oleh sentimen negatif. Setidaknya ada dua narasi yang mendominasi, yaitu dari kelompok yang berpandangan bahwa Anies memanfaatkan politik identitas dan kelompok pendukung Anies yang menanggapi cap politik identitas yang ditujukan kepada Anies.

    Twit terpopuler dari @bachrum_achmadi dan @ekowboy2 merupakan contohnya. Keduanya menganggap bahwa cap politik identitas yang disematkan kepada Anies Baswedan datang dari kelompok yang tidak menyukai Anies, seperti kaum ebong atau cebong dan pendukung Ganjar. Namun, menurut mereka cap itu justru akan melambungkan nama Anies.

    Gambar 4. Sampel twit pendukung Anies

    Di sisi lain, tidak sedikit warganet yang sepakat menyebut Anies sebagai ‘Bapak Politik Identitas’. Momen Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu ketika menggulingkan Ahok sebagai rivalnya menjadi titik mulanya. Tidak heran jika sejumlah warganet enggan memilih Anies sebagai capres karena alasan politik identitas. Seperti yang dicuitkan akun-akun berikut.

    Gambar 5. Sampel twit menolak bapak politik identitas sebagai capres

    Adapula warganet @AirirnDatangLagi tampak menertawakan sebuah fakta bahwa ketika Partai Nasdem, Surya Paloh berusaha membersihkan nama Anies dari stigma politik identitas justri mantan Gubernur DKI merapat ke partai yang menjunjung politik identitas. 

    Sejumlah warganet juga tampak membeberkan alasan Anies Baswedan disebut sebagai politik identitas dari kinerjanya selama menjadi gubernur DKI. Menurut akun @FlorenciaAlmnd Anies hanya banyak bicara dan mempermainkan kata-kata, banyak program dan janji yang tidak ditepati. Jakarta International Stadium (JIS) yang digunakan untuk ibadah salat Idul Adha ketika pertama kali dibangun membuat ia yakin soal Anies sebagai bapak politik identitas.

    Gambar 6. Opini warganet soal Anies

    Meski banyaknya tuduhan mengenai Anies menggunakan poliitk identitas, ia sendiri justru membantah tuduhan dan meminta buktinya. Bila para penuduh tak bisa memberi bukti maka pernyataan terkait cap politik identitas dianggap batal demi akal sehat. Pernyataan Anies ini tampak kerap dikutip dalam artikel yang dibagikan sejumlah akun portal media.

    Gambar 7. Twit pernyataan Anies menolak tuduhan politik identitas

    Partai Ummat: Kami Adalah Politik Identitas

    Kata kunci selanjutnya yang banyak muncul dalam jajaran top words yakni partai dan ummat. Hal ini terkait Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi yang menegaskan bahwa partainya akan mengusung politik identitas Islam dalam menghadapi Pemilu 2024. Hal ini seperti yang dicuitkan oleh akun berita @CNNIndonesia. Akun berita lainnya yang menyajikan topik partai Ummat adalah @VIVAcoid mencuitkan pernyataan Ridho soal masjid merupakan tempat perjuangan politik. Kedua akun ini menjadi yang terpopuler menampilkan frasa Partai Ummat.

    Gambar 8. Partai Ummat usung politik identitas

    Akibatnya, warganet banyak yang menentang pernyataan Partai Ummat ini, seperti yang diungkapkan oleh Jhon Sitorus dan @Miduk17. Mereka menilai langkah yang diambil partai tersebut dapat membuat nilai agama menjadi bias. Akun @narkosun__ dan @ch_chotimah pun semangat ingin menenggelamkan alias memusnahkan partai ini karena dinilai akan memecah belah bangsa.

    Gambar 9. Opini soal Partai Ummat gunakan politik identitas

    Jokowi dan Ganjar di Sisi Non Politik Identitas

    Berbeda dengan Partai Ummat, Jokowi kerap dikutip himbauannya untuk tidak menggunakan politik identitas demi menjaga kondusivitas karena tidak ingin masyarakat menjadi korban politik identitas seperti yang terjadi pada Pemilu 2024. Hal ini tertuang dalam kata kunci jokowi yang juga masuk jajaran kata yang banyak disebut.

    Gambar 10. Sampel twit Jokowi dan politik identitas

    Nama Ganjar Pranowo yang digadang-gadang menjadi rival Anies dalam pesta demokrasi mendatang juga muncul dalam perbincangan politik identitas ini. Beberapa warganet tampak menyampaikan narasi bahwa Ganjar tak akan bermain dengan politik identitas seperti yang dilakukan Anies. Hal ini digaungkan oleh akun-akun pendukung Ganjar seperti dari @ElinaDio, @aan_muba, @relawanganjar_. Mereka memilih menaikkan narasi ‘Ganjar sebagai sosok pancasilais’.

    Gambar 11. Twit pendukung Ganjar tolak politik identitas

    Selama periode pemantauan, akun Miduk17 alias Jhon Siturus pegiat sosial media sekaligus loyalis Ganjar Pranowo menjadi akun yang paling banyak mendapat impresi, yakni sebanyak 9.241 kali. Twit-twitnya diwarnai dengan sentimen negatif yang menyerang Anies dan partai pendukungnya seperti yang terlihat pada gambar.

    Gambar 12. Akun yang paling banyak mendapat impresi
    Gambar 16. Sampel twit Top Akun @Miduk17

    Dari dereten Top Akun di atas terlihat bahwa topik ini paling banyak dibicarakan oleh akun-akun pendukung Anies, non pendukung Anies, dan media pemberitaan. Tampak CNN Indonesia VIVA pada urutan kelima perolehan impresi terbanyak. Berita yang disajikan terkait kata kunci politik identitas pun berkaitan dengan Anies dan Partai Ummat.

    Editor: Winda Trilatifah