HomeCurrent ReportBingung Pilih Bakpia Jogja? Ini Rekomendasi Warganet

Bingung Pilih Bakpia Jogja? Ini Rekomendasi Warganet

Published on

Sebagai salah satu kota wisata paling diminati, Jogja menawarkan ragam oleh-oleh yang bisa dipilih saat mampir ke kotanya. Salah satu buah tangan yang akrab di masyarakat adalah bakpia. Obrolan soal oleh-oleh khas Jogja ini sempat menjadi trending topik Twitter. Warganet di Twitter berbagi pendapat dan saran terkait bakpia yang menurut mereka paling sesuai selera. Netray pun turut mematau perbincangan ini untuk merangkum bakpia mana sajakah yang paling ramai direkomendasikan oleh warganet.

Untuk merangkum perbincangan warganet terkait bakpia, Netray menggunakan kata kunci bakpia, bakpia && jogja, dan beberapa merek bakpia populer. Hasilnya, ditemukan setidaknya 3,2 ribu total tweet selama 1 Maret sampai dengan 7 Maret 2023.

Gambar 1. Statistik perbincangan soal bakpia di Twitter

Perbincangan soal bakpia selama seminggu pemantauan menghasilkan 2,7 interaksi yang menjangkau hingga 5,9 juta akun dari total 1,5 ribu akun yang berpartisipasi dalam obrolan ini.

bakpia
Gambar 2. Peak Time perbincangan

Selama periode pantauan Netray tampak perbincangan terkait bakpia ditemukan naik signifikan sejak 6 Maret 2023. Hal tersebut terjadi karena akun @FOODFESS2 mengunggah tweet yang meminta rekomendasi dari warganet terkait merek bakpia yang dianggap paling enak. Tweet tersebut bahkan secara spesifik meminta rekomendasi merek bakpia yang tidak dikukus atau bakpia tradisional yang dikenal pada umumnya. Jadi, merk populer Bakpia Tugu dikecualikan dalam obrolan ini.

Gambar 3. Infografik perbincangan warganet dan kosa kata populer yang ditemukan

Tampak berbagai merek bakpia yang dominan muncul dalam perbincangan warganet, seperti bakpia mutiara, kencana, pathok 25, kurnia sari, juwara satoe, bakpiaku, dan istu.

Setelah menemukan berbagai merek yang mencuat dalam perbincangan warganet tersebut, Netray kemudian mengurutkan merek bakpia yang paling banyak disebutkan oleh warganet berdasarkan jumlah tweet. Berikut 5 merek bakpia yang paling banyak direkomendasikan oleh warganet.

1.Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari menjadi salah satu merk bakpia yang paling banyak diperbincangkan oleh warganet. Bakpia ini bahkan memiliki cabang outlet yang tersebar di berbagai wilayah di Jogjakarta.

Gambar 4. Infografik Bakpia Kurnia Sari

Jumlah tweet warganet yang menyebut Bakpia Kurnia Sari pada periode pantauan Netray mencapai 412 tweet dengan didominasi oleh sentimen positif. Jumlah impresi perbincangan soal Bakpia Kurnia Sari sebanyak 2.387 yang berpotensi menjangkau 258,2 ribu akun pengguna Twitter. Berikut beberapa pendapat warganet terkait Bakpia Kurnia Sari.

Gambar 5. Opini warganet terkait Bakpia Kurnia Sari

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, menurut warganet Bakpia Kurnia Sari juga memiliki kemasan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Bakpia Kurnia Sari memiliki tekstur yang lebih renyah, hal ini dinilai akan sangat memuaskan para pelanggan dengan selera tekstur yang demikian.

2. Bakpia Pathok 25

Merk bakpia selanjutnya yang direkomendasikan adalah Bakpia Pathok 25. Bakpia ini telah didirikan sejak tahun 1981 oleh Ibu Tan Aris Nio. Sebelum berganti nomor menjadi 25, bakpia ini dulu bernomor 38 yang merujuk pada nomor rumah kios pertama.

Gambar 6. Infografik Bakpia Pathok 25

Sebagai salah satu brand legendaris dari bakpia di Jogja, Bakpia 25 pun banyak disebutkan oleh warganet. Jumlah tweet pada kata kunci ini mencapai 411 tweet yang didominasi oleh sentimen positif. Sementara secara impresi kata kunci Bakpia Pathok 25 mencapai 2,7 juta dan berpotensi menjangkau 1,1 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 7. Opini warganet terkait Bakpia Pathok 25

Tak kalah dari Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Pathok 25 juga memiliki pangsa pasar tersendiri yang menilai rasa Bakpia Pathok 25 lebih enak dibanding bakpia lainnya. Bahkan terdapat warganet yang mengaku hanya mengkonsumsi Bakpia Pathok 25, bukan yang lain. Hal inilah yang kemudian membuat bakpia ini menjadi legenda.

3. Bakpiaku

Bakpia lainnya yang banyak direkomendasikan oleh warganet adalah Bakpiaku. Bakpia yang awalnya hadir dengan satu varian rasa ini kini telah berinovasi dengan ragam varian lain yang juga bersaing di pasaran. Bakpiaku diketahui diperkenalkan pertama kali pada 2012.

Gambar 8. Infografik Bakpiaku

Seperti halnya bakpia modern masa kini, Bakpiaku juga hadir dengan berbagai varian rasa yang menjadi andalan. Bakpiaku setidaknya disebut dalam 228 tweet warganet dengan didominasi oleh sentimen positif. Bakpiaku mendapat impresi sebanyak 262 dan berpotensi menjangkau 98 ribu akun pengguna Twitter.

Gambar 9. Opini warganet terkait Bakpiaku

Menurut warganet Bakpiaku memiliki rasa yang lebih nikmat dari bakpia lainnya, terutama pada berbagai varian rasa keju, coklat, dan susu. Cita rasanya yang begitu nikmat membuat bakpia merk satu ini turut direkomendasikan oleh warganet.

4. Bakpia Kencana

Merek Bakpia Kencana juga tidak ketinggalan disebut dalam perbincangan warganet. Bakpia dengan tekstur pluffy ini pun cukup dikenal hingga masuk dalam kategori bakpia yang paling banyak direkomendasikan warganet.

Gambar 10. Infografik Bakpia Kencana

Dalam perbincangan warganet terkait merek bakpia, Bakpia Kencana setidaknya disebut dalam 180 tweet dengan didominasi bersentimen positif. Impresi pada kata kunci ini sebesar 760 dan berpotensi menjangkau 114,7 ribu akun pengguna Twitter.

Gambar 11. Opini Warganet terkait Bakpia Kencana

Dibanding dengan merek lainnya Bakpia Kencana memang cukup dikenal dengan harganya yang lebih mahal. Namun, menurut warganet harga Bakpia Kencana juga sesuai dengan kualitas dan rasanya. Bakpia ini pun dikenal dengan teksturnya yang lembut dan varian rasa yang dinilai belum tertandingi. Menurut warganet, meski sedikit lebih mahal tak ada salahnya untuk mencoba bakpia dengan kualitas premium ini.

5. Bakpia Mutiara

Selanjutnya, bakpia yang banyak direkomendasikan warganet adalah Bakpia Mutiara. Bakpia dengan 5 varian rasa ini pun mudah ditemukan di kota Jogja dengan 8 gerai resminya. Harganya yang tidak terlalu mahal membuat Bakpia Mutiara masuk dalam jajaran bakpia yang paling disarankan oleh warganet.

Gambar 12. Infografik Bakpia Mutiara

Selama periode pantauan Netray ditemukan 161 tweet yang menyebutkan merek Bakpia Mutiara. Jumlah impresi dengan kata kunci ini pun mencapai 2.174 dan berpotensi menjangkau 82 ribu akun pengguna Twitter. Bakpia Mutiara juga dikenal dengan produknya yang tahan lama meski bebas pengawet dan memiliki rasa serta tekstur yang tidak kalah nikmat.

Gambar 13. Opini warganet terkait Bakpia Mutiara

Menurut warganet Bakpia Mutiara menjadi bakpia dengan varian rasa yang semuanya nikmat. Tak hanya itu, warganet juga menilai teksturnya yang lembut membuat Bakpia Mutiara patut untuk dicoba.

Nah, itu dia 5 merek bakpia yang paling banyak direkomendasikan oleh warganet. Selain 5 merek di atas tentunya banyak merek bakpia lain yang menjadi andalan warganet dan pembaca Netray. Berikut beberapa gambar yang dibagikan warganet terkait merk-merk bakpia yang mereka rekomendasikan.

Gambar 14. Ragam merek bakpia yang turut muncul dalam perbincangan warganet

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: