Home Blog Page 75

Kategori Entertainment Dominasi Berita Perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara

Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Negara menggema sepanjang pekan. Acara yang dihelat sekali dalam setahun ini tak hanya berisi ritual upacara kenegaraan yang kadang membosankan. Tetapi biasanya juga menyajikan sejumlah kejadian yang menarik untuk disimak. 

Melalui pemantauan pemberitaan media massa daring selama sepekan yang lalu, Netray Media Monitoring ingin mencari tahu sejumlah peristiwa atau kejadian menarik pada perhelatan tersebut. Beberapa kata kunci yang digunakan untuk merangkum pemberitaan media massa adalah “istana negara” dan “upacara”.

hari kemerdekaan
Gambar 1. Statistik pemantauan kanal berita

Hasilnya adalah hingga Jumat 19 Agustus tengah hari terdapat 1.063 artikel yang mengandung kata kunci. Sebanyak 93 media ikut andil dalam memberitakan peristiwa-peristiwa menarik yang terjadi selama perayaan HUT RI.

Meskipun acara tersebut adalah acara kenegaraan, penekanan pada perayaan membuat Netray menemukan sebanyak 329 berita tergolong dalam kategori Entertainment. Tak jauh terpaut dari angka ini adalah berita dalam kategori Pemerintahan yang tercatat sejumlah 322 artikel. Sisanya masuk ke dalam kategori Politik, Budaya, dan lain sebagainya.

Gambar 2. Grafik Top Words

Baju adat yang dikenakan oleh presiden beserta sejumlah jajaran pejabat pemerintah kerap menjadi sorotan utama pemberitaan media massa. Artikel dengan judul “Pakaian Adat Jokowi 17 Agustus 2022, Ini Serba-serbi Baju Adat Dolomani” dari laman Detikcom ini menjadi salah satu contohnya.

Gambar 3. Pakaian adat jadi sorotan media
Gambar 4. Pakaian adat jadi sorotan media

Setiap tahun Presiden selalu mengganti baju adat yang ia kenakan dari berbagai wilayah. Setiap tahun pula media massa membuat artikel deskriptif terkait budaya suku mana yang baju adatnya dikenakan Presiden. Termasuk juga pakaian-pakaian adat dari suku lain yang dikenakan oleh para pejabat.

Fokus pemberitaan lain yang sering muncul saat memberitakan upacara kemerdekaan di Istana negara adalah terkait keberadaan paskibraka dan pembawa baki bendera. Kali ini dua topik pemberitaan ini menghadirkan nama Mario Sihombing sebagai pengibar bendera dan Ayumi Putri Sasaki sebagai pembawa baki bendera. 

Gambar 5. Serba-serbi upacara hari kemerdekaan
Gambar 6. Serba-serbi upacara hari kemerdekaan

Penyanyi Farel Viral saat Perayaan HUT RI

Akan tetapi pada tahun ini setidaknya ada dua kejutan lain yang menarik pemberitaan media massa. Yakni keberadaan penyanyi cilik Farel Prayoga yang berhasil menghibur peserta acara dengan sajian lagu dangdut campursari berjudul “Ojo Bandingke”. Pemberitaan tentang aksi Farel memberi sentimen positif pada topik perayaah HUT Kemerdekaan RI.

Gambar 7. Penyanyi cilik Farel Prayogo

Topik penyanyi Farel nampak dikupas habis oleh media massa. Narasi-narasi baru bermunculan selama periode pemantauan topik perayaan hari kemerdekaan di Istana Negara. Antara lain seperti profil dan biodata penyanyi, cerita hidup Farel, berita tentang sang pencipta lagu, hingga deretan pejabat negara yang berjoget menikmati sajian hiburan tersebut.

Gambar 8. Ragam berita hiburan tentang aksi menyanyi Farel
Gambar 9. Ragam berita hiburan tentang aksi menyanyi Farel
Gambar 10. Ragam berita hiburan tentang aksi menyanyi Farel
Gambar 11. Ragam berita hiburan tentang aksi menyanyi Farel

Sebagai liputan terkait kemeriahan acara perayaan HUT RI di Istana Negara, pemberitaan tentang Farel tidak berdiri sendiri. Ada sejumlah penyanyi lain yang ceritanya juga menjadi sorotan pemberitaan media massa. Para penyanyi tersebut antara lain Dere, Lyodra, dan Vidi Aldiano.

Gambar 12. Berita penyanyi yang diangkat media
Gambar 13. Berita penyanyi yang diangkat media

Netray menemukan bahwa pemberitaan untuk Lyodra adalah karena sempat viral di media sosial. Alasanya adalah karena sebuah kejadian unik ketika Lyodra sedang bernyanyi. Tugas Lyodra adalah menyanyikan lagu-lagu daerah dari sejumlah wilayah sebagai persembahan untuk perayaan hari kemerdekaan. Ketika sampai pada wilayah Papua, Lyodra tanpa sengaja meneriakkan pekik merdeka.

Gambar 14. Viral berita penyanyi Lyodra
Gambar 15. Viral berita penyanyi Lyodra

Tidak ada maksud apapun dari sang penyanyi dengan menyerukan kata merdeka setelah ia menjelaskan lagu yang akan ia nyanyikan. Akan tetapi warganet yang usil menganggap bahwa ini adalah sebuah pesan tersembunyi. Akun @OnlyFrens menjadi akun yang meraup banyak interaksi karena mengangkat topik ini.

Gambar 16. Twit warganet

Tak sedikit warganet yang membela Lyodra dengan menyebutkan bahwa kata papua dan merdeka itu terpisah, ada jeda, atau titik. Tak sedikit juga yang menilai bahwa apa yang diunggah akun @OnlyFrens ini adalah lelucon saja sehingga tidak perlu ditanggapi dengan serius.

Gambar 17. Grafik Tren Sentimen pemberitaan

Keseluruhan berita hiburan yang mengisi pemberitaan tentang topik perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara memberi sentimen positif. Netray menemukan setidaknya 620 berita ditulis dengan sentimen positif. Sedangkan berita dengan sentimen negatif hanya sebanyak 51 artikel saja. Publik sedikit melupakan bahwa acara peringatan di Istana Negara ini seharusnya bersifat formal. Akan tetapi perayaan memang harus semeriah itu.

Demikian hasil analisis Netray simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 12-18 Agustus 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Erick, Puan, dan Anies menjadi 3 besar tokoh yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 12-18 Agustus 2022. Tetapi kali ini urutannya berubah. Puan yang pada periode sebelumnya di posisi pertama, kini turun di urutan kedua digantikan Erick Thohir yang kini memimpin popularitas tokoh politik di Twitter.

Sementara itu, Anies Baswedan kembali bertengger di urutan ketiga menggeser AHY yang pada periode sebelumnya sempat menyalip Anies. Di urutan keempat ada Ganjar Pranowo yang masih konsisten mengisi lima besar popularitas tokoh politik di semua kanal media.

Menariknya, meskipun secara jumlah mention nama Ridwan Kamil kalah dengan Erick, Puan, dan Anies, pada periode kali ini ia mendominasi penyebutan di TikTok, YouTube, News, dan Instagram. Ia hanya kalah di Twitter karena namanya sama sekali tidak masuk sepuluh besar pada periode ini sehingga harus berada di urutan ketujuh.

Infografik: Alvito Madista/ Editor: Irwan Syambudi

Pemulihan Industri Otomotif Datang Lebih Cepat

0

Pandemi Covid-19 seperti neraka bagi industri otomotif. Pada 2020 industri otomotif mencatat angka penjualan mobil wholesale –dari pabrikan ke dealer– terburuk dalam 10 tahun terakhir. Namun seiring membaiknya kondisi Covid-19 di tanah air, industri otomotif pun mulai bangkit.

Penjualan mobil wholesale tahun 2020 anjlok sebesar 48,3% dari tahun sebelumnya. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan pada 2020 penjualan mobil wholesale hanya 532.027 unit, sementara pada 2019 mencapai 1.030.126 unit. Kemudian angka penjualan tahun 2020 tersebut menjadi yang terburuk dalam 10 tahun terakhir.

Melemahnya daya beli masyarakat akibat pandemi COVID-19 mengguncang industri otomotif. Hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas hingga 1.500 cc mulai 1 Maret 2021 atau kurang lebih satu tahun setelah kasus  COVID-19 pertama kali dilaporkan di Indonesia.

Melemahnya daya beli masyarakat karena pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab turunnya angka penjualan industri otomotif. Pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas hingga 1.500 cc mulai 1 Maret 2021.

Baca selengkapnya dalam analysis.netray.id/pemulihan industri otomotif datang lebih cepat.

Dampak relaksasi PPnBM pelan-pelan kembali mengerek penjualan mobil. Penjualan mobil wholesales tercatat sebanyak 84.910 unit pada Maret 2021. Jumlah ini naik 72,57 persen dibanding Februa

Solidaritas Warganet Bela Pegawai Alfamart

0

Tiga hari sebelum perayaan kemeredekaan Indonesia (14/8) warganet dihebohkan dengan video seorang ibu mengendarai mobil ‘Mercedes-Benz’ yang ketahuan mencuri coklat dan berusaha digagalkan oleh pegawai Alfamart. Tak hanya cokelat, ibu yang bernama Mariana Ahong tersebut juga kedapatan mengambil 2 buah sampo.

Setelah diminta membayar oleh pegawai Alfamart akhirnya Mariana masuk kembali ke minimarket. Kejadian tersebut pertama kali diunggah oleh akun @Nkhlm di Tiktok yang kemudian menyebar ke sosial media lainnya seperti Twitter.

Akibat tersebarnya video tersebut, Mariana merasa tidak terima dan membawa pengacara ke Alfamart Cisauk, Tangerang lalu mengancam pegawai Alfamart dengan UU ITE apabila tidak segera meminta maaf. Dari akun @Mei2Namaku, tampak Amelia pegawai Alfamart mengucapkan permintaan maaf karena telah menyebarkan video tersebut. Dari sinilah simpati warganet dimulai.

Warganet menganggap hal ini sebagai sebuah ketidakwajaran. Mariana jelas bersalah karena kedapatan mencuri coklat, namun ketika videonya tersebar di dunia maya, ia malah memaksa Amelia minta maaf karena video tersebut dianggap merugikan Mariana. Merasa bersimpati kepada Amelia, akun @zoelfick yang mengaku sebagai pengacara berinsiatif untuk membantu sekaligus mendukung karyawan Alfamart untuk menuntut balik Mariana.

Selang beberapa jam kemudian tepatnya pada 15 Agustus jam 01.15 melalui akun Twitternya, pihak Alfamart mengunggah pernyataan akan segera menginvestigasi kasus tersebut dan apabila diperlukan akan mengambil jalur hukum. Namun, warganet menilai langkah Alfamart tersebut cenderung lambat karena tidak segera memberi bantuan hukum kepada Amelia yang dalam kondisi tersebut sedang menjalankan tugasnya sebagai karyawan.

Ramainya perbincangan di media sosial pun menarik perhatian pengacara kondang Hotman Paris yang kemudian menawarkan bantuannya untuk mendukung Amelia. Gayung bersambut, di tanggal yang sama Alfamart secara resmi menunjuk Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum untuk Amelia yang disampaikan langsung oleh Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin dalam sebuah video. Twit ini memperoleh engagement yang besar dengan kurang lebih 44 ribu likes, 10 ribu retweets, dan 3 ribu replies dari warganet.

Di samping itu, sempat beredar pertanyaan warganet soal mengapa video penangkapan Mariana harus diunggah ke sosial media sehingga justru memungkinkan si pegawai diancam pasal UU ITE. Namun kemudian hal tersebut dibantah oleh akun @Sam_Ardi yang merujuk pada pernyataan Hotman Paris bahwa bukan Amelia yang mengunggah video tersebut ke sosial media.

Tak berselang lama, Kamis (15/8) malam di Mapolres Tangerang, Mariana beserta anaknya, Ivana Valenzia Putri menyatakan permintaan maaf kepada karyawan Alfamart. Tampak dari video yang beredar Ivana sambil menggandeng sang ibu mengucapkan maaf kepada Amelia yang hadir bersama pengacara Frank Hutapea, anak dari Hotman Paris.

Kehebohan yang berlangsung singkat ini setidaknya menarik lebih dari 22 ribu akun Twitter untuk ikut dalam pusaran perbincangan. Dengan kata kunci alfamart, alfamart&&UU ITE, karyawan alfamart, pegawai alfamart, dan mencuri coklat, Netray menemukan sebanyak 48,8 tibu twit membicarakan kasus ini sepanjang 14 Agustus hingga 16 Agustus 2022.

Gambar 1. Statistik perbincangan topik di Twitter
Gambar 2. Grafik sentimen perbincangan topik di Twitter

Sentimen negatif mendominasi sebanyak 23,1 ribu twit dengan total impresi 149,8 juta yang berpotensi menjangkau 186 juta akun pengguna Twitter. Adapun puncak perbincangan terjadi pada tanggal 15 Agustus 2022 dengan sentimen negatif yang mendominasi. Dalam topik ini, sentimen negatif lebih banyak ditujukan kepada Mariana sebagai pencuri coklat. Ada pun sentimen negatif untuk Alfamart lebih kepada keterlambatan respon dan karena dianggap kurang melindungi karyawannya.

Sementara itu, di Tiktok  topik ini mendapatkan banyak reaksi. Selama tiga hari pemantuan, terdapat sebanyak 383 unggahan terkait kasus pencurian coklat di Alfamart, mulai dari unggahan berita, tanggapan dari pengguna Tiktok akan masalah ini parodi kejadian Mariana ketahuan mencuri coklat.

Gambar 3. Statistik perbincangan topik di TikTok

Unggahan akun @babecabiita menjadi yang terpopuler dalam memparodikan kejadian ini dengan 226,6 ribu likes, 1,3 ribu shares dan 2,7 ribu komentar. Selain itu terdapat akun @rumah_pancasila sebagai akun paling populer yang menyampaikan bahwa karyawan Alfamart tersebut tidak bisa dijerat UU ITE pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik karena konten atau video yang beredar adalah sebuah fakta. Sebaliknya justru Mariana bisa dipidana akibat pencurian di ruang publik. Unggahan ini mendapat 2,3 juta likes, 46,9 ribu komentar, dan 56 ribu shares.

Pantauan Media Massa Isu Pencurian Coklat di Alfamart

Netray memantau  sebanyak 747 berita yang muncul dari 74 media online terkait isu pencurian coklat di Alfamart. Sentimen positif banyak muncul untuk Alfamart terutama mengenai Amelia yang mendapat bantuan hukum menjadi berita yang cukup banyak muncul. Puncak berita terjadi pada 15 Agustus 2022.

Gambar 4. Statistik perbincangan topik di News
Gambar 5. Grafik sentimen di News

Selain Hotman Paris, ada juga Arief Muhammad dan Giring Ganesha yang turut berniat untuk membantu karyawan Alfamart ini dalam menghadapi kasus. Akibat dari kejadian ini, saham Alfamart pun sempat mengalami kenaikan sebanyak 6,56% di Rp1.950, pada Selasa (16/8/2022).

Dari kasus ini langkah Alfamart membela pegawainya dinilai tepat dan memberi sinyal yang baik bagi citra perusahaan. Walaupun sempat dianggap lambat oleh warganet, pernyataan Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin yang menunjuk Hotman Paris sebagai pengacara mendapat simpati yang meriah dari warganet. Apalagi kini publik sudah cukup cerdas bahwa UU ITE tidak bisa digunakan secara sembarangan apalagi untuk menindas rakyat kecil sehingga keadilan tetap tegak.

Editor: Winda Trilatifah

Isu Pelecehan di Lingkungan Kerja, Warganet Serang Kawan Lama Group

0

Belum lama ini topik pelecehan seksual kembali menjadi perbincangan warganet. Dugaan pelecehan seksual ini menjadi ramai setelah @jerangkah membuat sebuah utas di Twitter. Ia menceritakan pelecehan verbal yang diterima istrinya setelah menjadi model foto produk kantor. Disampaikan bahwa pelecehan tersebut dilakukan oleh sesama karyawannya via WhatsApp Grup.

Utas tersebut kemudian mendapat banyak respons dari sesama warganet yang turut prihatin hingga menyeret perusahaan Kawan Lama Group yang menjadi tempat bekerja istri @jerangkah. Untuk melihat bagaimana respons warganet, Netray melakukan pemantauan terkait topik ini di media sosial Twitter dengan hasil sebagai berikut.

pelecehan seksual
Gambar 1. Infografik Twitter

Netray melalukan pemantaun topik ini sejak 13 Agustus 2022 sampai dengan 16 Agustus 2022 dengan menggunakan kata kunci kantor && pelecehan, kawan lama, kawan lama && pelecehan. Hasilnya, tampak cuitan pada topik ini mencapai 1.006 cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 14,8 ribu yang berpotensi menjangkau 74,6 juta akun pengguna Twitter.

Selain melakukan pemantauan dengan beberapa kata kunci, Netray juga melakukan monitoring account untuk mengetahui lebih jauh perbincangan warganet terkait topik ini. Adapun akun yang dimonitoring oleh Netray adalah akun @jerangkah yang merupakan akun suami korban.

Melalui akunnya @jerangkah membuat utas terkait dugaan pelecehan yang dilakukan oleh rekan-rekan kerja istrinya tersebut. Ia juga membeberkan awal mula persoalan tersebut yakni saat istrinya menjadi model untuk foto produk dari kantornya yang justru berakhir dengan pelecehan yang terjadi di chat grup pertemanan kantornya.

Gambar 2. Monitoring Account @jerangkah

Sontak utas yang dicuitkan pada 13 Agustus 2022 tersebut dibanjiri oleh berbagai reaksi warganet, mulai dari komentar, like, hingga retweet. Sebagaimana tampak pada akun monitoring Netray utas tersebut di-retweet hingga 37 ribu kali dan disukai sebanyak 97 ribu pengguna Twitter.

Gambar 3. Kosa kata populer

Sementara berdasarkan kosa kata populer dapat diamati berbagai kosa kata yang kerap digunakan warganet dalam menanggapi topik ini, seperti gila, mesum, pelaku, jokes, dan berbagai kosa kata lainnya. Sebagai peristiwa yang rentan terjadi, pelecehan seksual memang selalu mampu memantik emosi warganet. Tak heran bila persoalan ini kemudian menarik respons warganet.

Dinilai Tidak Ditindak Tegas, Warganet Menyayangkan Sikap Kawan Lama Group

Warganet yang merasa geram dengan kasus ini pun meminta perusahaan menindak tegas para pelaku. Warganet juga menyayangkan persoalan yang masih saja kerap terjadi di lingkungan kerja ini. Padahal lingkungan kerja seharusnya menjadi lingkungan yang sehat agar setiap karyawan dapat bekerja dengan baik sehingga perusahaan dinilai harus bersikap tegas terhadap persoalan seperti ini.

Gambar 4. Komentar warganet

Warganet mengutuk perbuatan para pelaku dan menyayangkan sikap dari perusahaan tersebut yang dikabarkan hanya menindak dengan SP3. Meski sebagian warganet cukup merasa puas dengan sanksi sosial yang diterima oleh para pelaku, tidak sedikit warganet yang menilai perusahaan kurang tegas padahal pelecehan seksual bukan merupakan perbuatan yang dapat ditoleransi.

Gambar 5. Komentar warganet

Akibat persoalan ini Kawan Lama Group menjadi sasaran kemarahan warganet, tak hanya reputasi bahkan nama baik perusahaan ini pun tercoreng. Ditambah dengan sikap yang diambil oleh perusahaan tersebut dinilai tidak memihak korban. Sebagaimana tampak pada cuitan warganet pada Gambar 5, mulai dari warganet yang menjadi enggan berbelanja produk dengan naungan perusahaan tersebut hingga merasa bersyukur ditolak saat melamar di Kawan Lama Group.

Gambar 6. Media populer
Gambar 7. Media populer

Perusahaan ternama tersebut kini pun terancam mendapat sanksi moral dari warganet. Hal ini berdampak pada popularitas perusahaan yang menaungi berbagai perusahaan lainnya tersebut. Terutama karena warganet menilai lingkup pelecehan yang dialami oleh korban berada pada ranah lingkungan pekerjaan dan antarkaryawannya. Sehingga perusahaan harus menindak tegas para pelaku.

Gambar 8. Top People dan Top Organizations

Akun @jerangkah pada topik ini menjadi akun yang paling populer karena merupakan pemantik perbincangan yang dalam hal ini juga sekaligus sebagai suami korban. Selain itu, pada kategori Top Organizations tampak akun @asumsico menjadi akun paling populer yang merupakan akun portal media pemberitaan daring yang banyak menyoroti persoalan ini.

Demikian hasil analisis Netray simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

Tarif Ojol Dikabarkan Naik, Warganet: Semua Naik Kecuali Gaji

0

Kabar kenaikan tarif ojol tengah ramai menjadi perbincangan, baik di media sosial maupun di media pemberitaan daring. Naiknya tarif ojol ini pun ramai mendapat berbagai komentar dari warganet. Terlebih kenaikan ini turut diiringi oleh isu naiknya harga mie instan. Tak heran jika warganet kemudian ramai-ramai mengeluh akan persoalan ini.

Adapun perubahan batas tarif ojek online yang paling disoroti yakni pada wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Berdasarkan regulasi terbaru, tarif minimal naik menjadi kisaran Rp13.000-Rp13.500, dari awalnya Rp7.000-Rp10.000.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No.KP 564/2022, pengaturan biaya jasa ditentukan oleh sistem zonasi yang terbagi menjadi tiga zonasi. Zona I meliputi Sumatera, Jawa selain Jabodetabek, serta Bali; Zona II Jabodetabek; dan Zona III Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

ojol
Gambar 1. Infografik News

Netray memantau pembahasan media terkait persoalan ini sejak 05 Agustus 2022 sampai dengan 11 Agustus 2022. Hasilnya, tampak pada Gambar 1 di atas. Di media pemberitaan daring, pembahasan terkait naiknya tarif ojol mencapai 267 artikel yang berasal dari 57 media. Adapun kategori paling populer terkait topik ini yaitu keuangan dan transportasi.

Gambar 2. Intensitas pemberitaan
Gambar 3. Grafik sentiment trend

Berdasarkan grafik pemberitaan di atas, tampak intensitas pembahasan media mulai meningkat signifikan pada 09 Agustus 2022. Sebagaimana diketahui bahwa Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menerbitkan regulasi terbaru untuk mengatur tarif ojek online. Ketentuan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

Gambar 4. Berbagai pemberitaan terkait kenaikan tarif ojol di media daring

Berbagai pemberitaan pada tanggal 09 Agustus 2022 memuat kabar mengenai rencana kenaikan tarif ojol yang akan diterapkan pada 14 Agustus 2022. Kemenhub meminta perusahaan ojek online berbasis aplikasi di Indonesia seperti Gojek dan Grab untuk melakukan penyesuaian tarif dengan menerapkan besaran biaya jasa baru batas bawah, biaya jasa batas atas, dan biaya jasa minimal berdasarkan sistem zonasi.

Gambar 5. Salah satu pemberitaan pada tanggal 11/08/22

Pemberitaan terkait rencana kenaikan tarif ojol ini pun mendapat sorotan dari berbagai pihak. Termasuk pihak yang kontra akan putusan ini, seperti halnya pada Gambar 5 tampak Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan menolak rencana kenaikan tarif ojol. Pandangan serupa juga disuarakan oleh Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha. Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu menilai perusahan ojol tidak bisa menggunakan Permenhub tersebut untuk menaikan tarif ojol. Sebab menurutnya, peraturan tersebut tidak dapat berlaku untuk ojek online.

Tarif Ojol Bakal Naik, Seperti Apa Keluhan Warganet Sebagai Pelanggan?

Tak hanya menjadi pembahasan di media pemberitaan, kabar mengenai kenaikan tarif ojol ini pun ramai menjadi perbincangan warganet. Sebagai pelanggan beberapa warganet tampak mengeluhkan kenaikan ini. Melalui akun Twitternya tampak sejumlah warganet turut terlibat dalam perbincangan terkait topik ini. Hal ini pun dapat diamati melalui hasil pantauan Netray berikut.

Gambar 6. Infografik perbincangan warganet

Berdasarkan hasil pantauan Netray pada periode yang sama ditemukan setidaknya 3.287 cuitan terkait topik ini. Adapun jumlah sentimen positif pada perbincangan ini sebanyak 706 cuitan sedangkan cuitan negatif mencapai 1.824 cuitan. Sementara jumlah impresi pada topik ini mencapai 551,3 ribu yang berpotensi menjangkau 94,6 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 7. Intensitas perbincangan warganet

Perbincangan warganet terkait kenaikan tarif ojol muncul sejak awal pemantauan Netray, yakni 05 Agustus 2022. Perbincangan tersebut terus meningkat signifikan hingga pada 11 Agustus 2022. Sementara itu, pada grafik sentimen trend laju perbincangan negatif warganet tampak konsisten mengungguli garis perbincangan bersentimen positif.

Gambar 8. Komentar warganet

Berbagai komentar warganet tampak meramaikan topik terkait kenaikan tarif ojol. Sebagai pelanggan warganet berpendapat bahwa kenaikan ini dapat berimbas ke bidang lainnya. Tak hanya itu, kebijakan ini pun dinilai akan merugikan pelanggan dan dapat menurunkan pemasukan driver.

Gambar 9. Komentar warganet

Kenaikan tarif ojol pun semakin ramai mendapat sorotan karena berbarengan dengan kabar kenaikan kebutuhan lainnya, seperti halnya bensin yang telah lebih dulu naik, dan mie instan yang dikabarkan akan segera menyusul. Warganet menilai kini harga kebutuhan sehari-hari menanjak naik sementara gaji tak mengalami kenaikan. Mereka pun khawatir akan upah yang nantinya tidak dapat menutupi kebutuhan tersebut. Tak heran bila hal ini ramai-ramai dikeluhkan oleh warganet.

Pembahasan media pemberiaan daring terkait kenaikan tarif ojol paling banyak diterbitkan oleh Detik dan Bisnis Indonesia. Sementara akun di Twitter paling populer pada topik ini adalah @disyarinda yang mengunggah opininya terkait opsi bekerja jarak jauh untuk menyiasati kenaikan tarif ojol, macet, hingga cuaca ekstrem yang kini tengah melanda.

Demikian hasil analisis Netray, simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

Tanggapi Isu Kenaikan Mie Instan, Anak Kos Berduka

0

Isu kenaikan harga mie instan yang mencapai 3x lipat santer diperbincangkan warganet. Berbagai keluhan hingga twit satire dicuitkan warganet dalam rangka menanggapi isu tersebut. Hal ini bermula dari pernyatan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam webinar bersama Ditjen Tanaman Pangan pada Senin (08/08/2020). Dalam pernyataan tersebut, Mentan mengatakan bahwa akan ada kemungkinan harga mie instan naik menjadi 3x lipat dikarenakan dampak perang Rusia-Ukraina.

Gambar 1 Sampel Berita

Kemunculan berita ini sontak menjadi bahan pemberitaan media massa. Dalam periode pemantauan 8-12 Agustus 2022, pemberitaan terkait topik ini mencapai 241 artikel (gambar 2) dengan perbandingan sentimen pemberitaan yang tak terlalu jauh (gambar 3).

Gambar 2 Total News dan Media
Gambar 3 Peak Timen dan Sentiment Trend Topik Kenaikan Harga Mie

Nasib masyarakat Indonesia pasca kenaikan mie instan mewarnai headline pemberitaan media massa. Hal tersebut menyumbang sentimen negatif pada topik dengan kata kunci ‘mie instan’.

Kenaikan mie instan memberikan dampak pada semua kalangan. Namun, menurut artikel yang disajikan oleh beberapa media berita online, kalangan yang paling terdampak ialah anak kos dan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Gambar 4 Sampel Berita Negatif

Meski sempat mendulang sentimen negatif, berita bersentimen positif pada topik ini kembali memuncak di tanggal 11 Agustus 2022. Angin segar nampaknya datang dari Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan direktur PT Indofood, Franciscus (Franky) Welirang. Mendag mengatakan bahwa kenaikan harga gandum akibat dari perang tersebut tidak akan berdampak pada kenaikan mie instan. Hal tersebut lantas dibenarkan oleh bos Indofood yang juga meyakinkan masyarakat bahwa harga Indomie tidak akan mengalami kenaikan meski harga gandum meroket di bulan Agustus-September.

Gambar 5 Sampel Berita Positif

Isu Mie Instan Naik 3x Lipat Ramai Dikeluhkan Warganet

Harga mie instan yang dikabarkan akan meroket tersebut juga ramai diperbincangkan warganet. Dengan periode pemantauan yang sama, ditemukan sebanyak 8.733 twit dengan kata kunci ‘mie instan’ dan ‘mi instan’. Lebih dari empat ribu akun memberikan impresinya terhadap isu kenaikan mie instan ini. Separuh lebih percakapan diisi dengan sentimen negatif.

Gambar 6 Statistik Twitter Topik Kenaikan Harga Mie

Kondisi ekonomi pasca pandemi yang terbilang masih ‘susah’ dan dibarengi dengan kenaikan beberapa komoditas bahan pangan memberikan sumbangan lebih dari empat ribu twit bersentimen negatif. Keluhan terkait hal-hal tersebut pun dapat ditemukan di dalam jajaran Top Complaints pantauan Netray.

Gambar 7 Jajaran Komplain

Tak hanya itu, twit bernada satire juga diungkapkan warganet untuk mengomentari isu ini. Seperti twit @aan__ yang menilai bahwa kenaikan mie instan akan menaikkan kelas mie instan sehingga makan di warmindo menjadi lebih fancy. Atau twit @convomf yang mengatakan jika tidak mampu membeli mie instan, promag ,-obat untuk mengatasi maag dan asam lambung karena telat makan- pun tidak masalah. Dengan kata lain, warganet ingin menyampaikan jika kenaikan harga mie juga akan memicu ‘kelaparan’ bagi beberapa kalangan.

Gambar 8 Sampel Twit

Seperti yang banyak diberitakan oleh media massa, kalangan yang paling terdampak akibat kenaikan harga mie ialah kalangan anak kost. Erat kaitannya anak kos dengan mie instan karena olahan gandum ini merupakan makanan instan yang dinilai murah dan mudah didapat. Tidak heran jika banyak warganet yang turut berbela sungkawa terhadap nasib anak kos yang kemungkinan akan mendapat dampak besar jika mie instan benar-benar naik 3 kali lipat.

Gambar 9 Sampel Twit

Tak hanya banjir keluhan, topik ini juga menjadi ajang kritik warganet terhadap pemerintah. Warganet menilai tingginya harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina semestinya bukan menjadi alasan untuk menaikkan harga mie instan menjadi 3x lipat. Hal ini lantaran warganet beranggapan bahwa komponen mie instan bukan hanya dari gandum. Selain itu, warganet juga mengingatkan bahwa harga gandum sudah melewati harga puncak sehingga memutuskan menaikkan harga mie instan dinilai berlebihan.

Gambar 10 Sampel Twit

Meski banjir keluhan dan kritik dari warganet, tak lupa beberapa warganet juga memberikan tips untuk mengatasi apabila isu ini benar terealisasi. Salah satunya ialah twit dari mantan menteri kelautan Susi Pudjiastuti yang mengingatkan untuk mengurangi konsumsi mie instan demi kesehatan serta masih banyak makanan Indonesia yang dapat dinikmati.

Gambar 11 Sampel Twit

Isu kenaikan harga mie instan yang menjadi 3x lipat menjadi ‘kejutan’ bagi masyarakat. Mengingat makanan ini merupakan salah satu makanan yang terbilang eksis di semua kalangan. Meski sempat dihebohkan akan kenaikan harganya yang berlipat-lipat, nyatanya isu tersebut mendapat tepisan dari bos salah satu produsen mie terbesar di Indonesia.

Demikian analisis Netray. Simak analisis lainnya di analysis.netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Pemulihan Industri Otomotif Datang Lebih Cepat

0

Pandemi Covid-19 bak neraka bagi industri otomotif, penjualan mobil wholesale –dari pabrikan ke dealer– pada 2020 mencatat angka terburuk setidaknya dalam 10 tahun terakhir. Namun sejak 2021 seiring dengan membaiknya situasi COVID-19, industri otomotif bangkit dan mampu pulih lebih cepat.

Penjualan mobil wholesale pada 2020 anjlok sebesar 48,3% dari tahun sebelumnya. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan pada 2020 penjualan mobil wholesale hanya 532.027 unit, sedangkan pada 2019 mencapai 1.030.126 unit. Angka penjualan itu jadi yang terburuk dalam 10 tahun terakhir.

Melemahnya daya beli masyarakat akibat pandemi COVID-19 mengguncang industri otomotif. Hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas hingga 1.500 cc mulai 1 Maret 2021 atau kurang lebih satu tahun setelah kasus  COVID-19 pertama kali dilaporkan di Indonesia.

Dampak relaksasi PPnBM pelan-pelan kembali mengerek penjualan mobil. Penjualan mobil wholesales tercatat sebanyak 84.910 unit pada Maret 2021. Jumlah ini naik 72,57 persen dibanding Februari 2021 sebesar 49.202 unit atau sebelum relaksasi PPnBM diberlakukan. Penjualan mobil di Maret 2021 juga tumbuh 10,54 persen  year on year (yoy) dibanding Maret 2020 sebesar 76.811 unit. 

Berlakunya PPnBM sektor otomotif bertahap dari 100%, 50% hingga 25% di akhir 2021 membuahkan hasil. Didukung makin membaiknya situasi COVID-19 setelah mulai dilakukan vaksinasi membuat daya beli masyarakat sedikit membaik. Industri otomotif pun pulih lebih cepat. pada 2021 tercatat penjualan mobil wholesale mencapai 1.121.967 unit. Angka itu bahkan melampaui tahun 2019 saat pandemi belum menerjang Indonesia.

Peningkatan ini pun kembali terjadi pada 2022 yang dalam rentang Januari-Juni 2022 (Semester I) penjualannya mencapai 475.321 unit. Angka ini melampaui penjualan pada periode yang sama pada 2021 yang hanya mencatatkan 393.46  unit. Sehingga mengalami pertumbuhan 20,80%.

Pada semester I 2022 berdasarkan data Gaikindo, kontribusi terbesar berasal dari Toyota  yakni 31,4% atau penjualan sebanyak 149.461 unit. Di bawah Toyota, membuntuti Daihatsu dengan penjualan sebesar 90.343 unit (19%), Honda 62.585 unit (13,2%), Mitsubishi Motors 51.296 unit (10,8%), dan Suzuki 41.413 unit (8,7%). 

Posisi Toyota sebagai brand paling diminati pasar agaknya memang belum dapat tergantikan oleh pesaingnya. Hal ini pun dikukuhkan dengan peningkatan penjualan yang bahkan pada tahun 2021 menyentuh angka 295.768 unit dan pada semester I 2022 mencapai 149.461 unit. Sedangkan di bawahnya terdapat Daihatsu yang pada tahun 2021 mampu menjual sebanyak 164.908 unit. Kini pada Semester I 2022 Daihatsu mampu menjual  90.343 unit.

Pada 2021 penjualan unit kembali bergeliat, termasuk di pasar ekspor Completely Built Up (CBU) atau mobil secara utuh buatan maupun secara terurai Completely Knocked Down (CKD), dan ekspor komponen otomotif.

Ekspor CBU sepanjang 2021 mampu mencapai angka 294.639 unit atau naik sebesar 62.464 unit dari 2020. Pada tahun 2021 ekspor komponen mobil mencatat 85.679.609 pis atau naik 40,1% dibanding 2020 yang hanya mencapai 61.177.323 pis unit.

Kontribusi Industri Otomotif Membaik

Dalam beberapa tahun terakhir industri otomotif telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Berdasarkan data BPS industri otomitif berkontribusi terhdap produk domestiK bruto (PDB) nasional khusunya pada perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor pada 2018 tumbuh 0,66; 2019 tumbuh 0,61; dan pada 2020 karena pandemi mengalami minus sebesar -0,19.

Baru pada 2021 mulai bangkit dan tumbuh sebesar 0,13. Di 2022 kebangkitan juga terlihat setidaknya hingga semester 1 2022 perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor tumbuh 0,75 pada triwulan I 2022 dan 0,66 pada triwulan II 2022.

Sementara itu pada industri alat angkutan yang terdiri dari kendaraan bermotor, kapal hingga pesawat terbang juga mulai meningkat. Pada 2020 industri alat angkutan menyumbang sekitar 1,35% terhadap PDB nasional, atau menyumbang sekitar 7,57% terhadap PDB industri pengolahan nonmigas.

Pada berikutnya BPS melaporkan industri alat angkutan mengalami pertumbuhan 0,26 dibanding tahun sebelumnya.

Kemenperin mencatat, saat ini terdapat 22 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang berada di Indonesia. Sektor ini telah menyumbangkan nilai investasi sebesar Rp99,16 triliun dengan total kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun dan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38,39 ribu orang.

Meski sempat berada pada lembah akibat menurunnya jumlah penjualan di tahun 2020, kini sejak tahun 2021 dan tahun 2022 menjadi comeback pasar industri otomotif di Tanah Air. Hal ini juga menjadi petunjuk adanya pergerakan positif dari perekonomian Tanah Air.

Industri Otomotif dalam Pantauan Pemberitaan

Netray mengamati berbagai pemberitaan terkait industri otomotif di berbagai portal media online selama 1 Juli 2022 sampai dengan 31 Juli 2022 dengan menggunakan kata kunci otomotif dan industri && otomotif

Gambar 1. Statistik pemberitaan mengenai industri otomotif

Selama periode tersebut jumlah pemberitaan terkait topik ini mencapai 3.276 artikel yang berasal dari 114 portal media pemberitaan. Sementara pada top kategori tampak artikel pemberitaan didominasi oleh kategori otomotif dan keuangan.

Gambar 2. Statistik sentimen pemberitaan

Berdasarkan grafik di atas intensitas pemberitaan terkait otomotif juga terlihat setiap harinya selama periode pantauan Netray. Artikel pemberitaan tersebut pun didominasi oleh sentimen positif.

Melalui hasil penelusuran Netray tren positif tersebut dipengaruhi oleh beberapa isu terkait topik otomotif yang tengah beredar di media pemberitaan, seperti pertumbuhan industri otomotif dan perbincangan terkait mobil listrik yang semakin marak menjadi pembahasan.

Gambar 3. Sampel pemberitaan industri otomotif

Sempat diterpa badai pandemi kini produsen otomotif Toyota pada semester I/2022 tumbuh signifikan dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut menyentuh angka 22,3%.  Penjualan mobil dapat menjadi salah satu indikator untuk melihat tingkat konsumsi masyarakat Indonesia sehingga dapat menjadi ukuran dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia yang didorong oleh tingkat konsumsi.

Realisasi penjualan mobil di pasar dalam negeri sepanjang Juni 2022 berhasil kembali meningkat, sebesar 37,5%. Toyota Avanza berhasil kukuhkan posisi pertama sebagai mobil terlaris di Indonesia per-Juni 2022 dengan terjual sebanyak 6.172 unit.

Selain pemberitaan terkait pertumbuhan angka penjualan di semester I/2022 pemberitaan terkait otomotif juga didominasi oleh isu terkait kendaraan listrik.

Tak hanya menjadi isu yang berkembang secara global, kini tren mobil listrik juga ramai menjadi pembahasan media pemberitaan Nasional. Terutama saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kenegaraanya di Seoul, Korea Selatan, menyampaikan misi ajakan untuk berinvestasi di Indonesia. Presiden Joko Widodo meminta Investor Korsel untuk membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Untuk menunjukkan komitmen pemerintah dalam menciptakan Green Economy serta Sustainable Tourism pemerintah kini bersama GMF, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Bandar Lampung (UBL) tengah mengembangkan penelitian terkait kendaraan listrik. 

Gambar 4. Top Portal pemberitaan industri otomotif

Pada topik seputar industri otomotif tampak Viva menjadi portal berita yang paling banyak menerbitkan artikel dengan total mencapai 515 artikel. Selain itu, tampak Antara 184 dan Kompas 163 serta berbagai portal media pemberitaan daring lainnya. 

Gambar 5. Top People pemberitaan industri otomotif

Sementara pada kategori Top People, Joko Widodo selaku Presiden RI menjadi tokoh yang paling banyak disebutkan di dalam artikel terkait. Diikuti oleh Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Meski sempat terpuruk akibat pandemi kini industri otomotif Tanah Air menunjukkan geliat pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan positif tersebut ditandai dengan nilai ekspor yang kian mengalami peningkatan terutama di tahun 2021 dan Semester I/2022. Dalam hal ini Toyota masih menjadi penyumbang penjualan terbanyak dan masih merajai pasar otomotif di Tanah Air.

Sementara melalui media pemberitaan tampak tren positif membanjiri artikel terkait industri otomotif yang banyak dipopulerkan oleh Viva. Pada periode pemantauan Netray tampak pembahasan media terkait otomotif didominasi oleh topik seputar brand yang paling diminati oleh pasar dan isu terkait perkembangan mobil listrik.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di https://analysis.netray.id/. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di https://netray.id/

Editor: Irwan Syambudi

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 5-11 Agustus 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Puan, AHY, dan Erick menjadi 3 besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 5-11 Agustus 2022. Berbeda dari pantauan periode sebelumnya, di mana 3 besar selalu diisi oleh Puan, Erick, dan Anies, kali ini ada nama AHY yang berada di posisi kedua melewati Erick Thohir.

Dari pantauan Netray, puncak popularitas AHY naik karena dipicu oleh banyaknya sebutan untuk AHY pada 10 Agustus 2022 yang berisi ucapan ulang tahun untuk AHY dan dukungan untuk duet AHY-Anies di Twitter. Momentum ini menjadikan AHY berada dalam 3 besar tokoh politik populer menggantikan Anies.

Sementara itu, Anies yang selalu konsisten masuk 3 besar kini harus turun di posisi 5. Namanya kali ini tidak unggul di media pemberitaan karena Ridwan Kamil lebih dominan, tak hanya di News tetapi juga di TikTok dan YouTube.

Meskipun demikian, nama Ridwan Kamil belum mampu tembus 5 besar karena popularitas Ganjar di Twitter masih lebih tinggi ketimbang Ridwan Kamil.

Infografik: Alvito Madista/ Editor: Irwan Syambudi

Jibaku Lulusan SMK Berebut Kerja dengan Diploma hingga Sarjana

0

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, sebanyak 11,13% lulusan SMK tidak mendapat pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan SMA 9,09%; SMP 6,45%; lulusan Universitas 5,98%; Diploma 5,87%; dan SD atau tidak sekolah sama sekali 3,67%.

Secara persentase jumlah lulusan yang menganggur paling tinggi angkanya memang lulusan SMK akan tetapi terpaut tipis dari jumlah pengangguran lulusan SMA. Total ada 2,1 juta lulusan SMK yang menganggur sedangkan SMA ada 2,4 juta yang menganggur.

Persentase pengangguran tamatan SMK tercatat lebih tinggi meskipun secara nominal lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena jumlah kelulusannya tidak sebanyak kelulusan SMA. Lulusan SMK sebanyak 18,9 juta, Sedangkan lulusan SMA mencapai 27,1 juta jiwa.

Baca selengkapnya dalam analysis.netray/dunia kerja jarang melirik lulusan smk.