Home Blog

Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

0

Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay. 

Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.

Cara Berlangganan Netray

1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.

4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.

8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.

11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.

Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.

Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

1

Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.

1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.

6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.

Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.

7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.

8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.

Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)

1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keywordpsbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).

2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.

Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?

Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.

Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?

  1. Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
  2. Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
  3. Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
  4. Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
  5. Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
  6. Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
  7. Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
  8. Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.

Hamlin Trending Negatif, Pasal Runtuhnya Sebuah Brand Trust Produk di Marketplace

Idiom bad news is good news kiranya hanya berlaku bagi bisnis media massa. Eksposur dan impresi lebih menentukan daripada baik buruknya sebuah berita. Beda cerita dengan peritel produk luks seperti brand Hamlin yang sempat viral di media sosial minggu lalu. Pasalnya ketika orang ramai membahas Hamlin kali ini, mereka justru mendapat eksposur yang negatif. Warganet menguliti habis-habisan praktik kotor perusahaan dalam negeri tersebut.

Tak tanggung-tanggung, sentimen negatif dari hasil pantauan Netray bahkan mencapai angka 83%. Padahal melalui lima ribuan unggahan, lahir 71ribu impresi dan mampu menjangkau 7,3 juta akun secara potensial. Ini menjadi warning untuk sebuah brand termasuk Hamlin hingga mereka akhirnya terpaksa membuat klarifikasi. Lantas, apakah klarifikasi Hamlin dapat meredakan citra yang telanjur negatif ini?

Pemantik Impresi dan Eksposur Negatif Hamlin

Kegaduhan bermula saat seorang TikToker @jiglyciuss menceritakan pengalaman pahitnya ketika sleeve laptop merk Hamlin yang telah ia miliki selama 6 bulan tiba-tiba tagnya terkelupas dan menunjukkan merk yang sebenarnya. Lebih terkejut lagi ketika ia mengetahui bahwa barang tersebut di marketplace dijual dengan harga 20 ribuan, bukan ratusan ribu.

hamlin

Konten tersebut lantas viral hingga diperbincangkan di media sosial Twitter dan menjadi topik hangat di base seperti @convomf, @tanyakanrl, @tanyarlfess dengan potensi jangkauan hingga 7,3 juta akun. 

Hamlin Trending Negatif, Ramai-ramai Dikuliti

Hamlin trending di Twitter pada 19 Maret dengan total 3,6 ribu tweet dalam sehari. Sentimen negatif mendominasi perbincangan bahkan selama 3 hari terakhir. Ini menarik, sebab sebelumnya topik ini bahkan tidak diperbincangkan.

Apa yang Membuat Warganet Marah Sama Hamlin?

Hal yang membuat warganet marah adalah soal rebranding produk dengan mark up yang berkali-kali lipat dari harga produk serupa di toko lain. Sejumlah warganet bahkan mengumpulkan produk-produk Hamlin yang identik dengan produk di toko lain untuk membandingkan harga. Terlebih, di online shop, brand ini sudah terkategori Mall sehingga dinilai memiliki kredibilitas tinggi. 

Klarifikasi Hamlin Tidak Mengubah Keadaan

Hamlin melalui Instagram akun miliknya segera memberikan klarifikasi sehari setelah viral (20/03/24). Namun, melihat respons warganet berikut, rasanya Hamlin harus berusaha lebih keras lagi untuk meyakinkan konsumennya. Sebab, warganet sudah telanjur skeptis setelah melihat banyak review negatif soal produk ini. 

Warganet Kumpulkan Brand dengan Strategi Serupa

Imbas dari insiden merk Hamlin ditempel di atas merk lain turut menyeret Evernoon yang masih satu perusahaan dengan Hamlin. Warganet juga mencurigai beberapa produk yang dijual dengan harga tinggi di online shop. Mereka turut membagikan beberapa produk identik di dua toko berbeda dengan selisih harga yang fantastis.

Apa yang Menarik dari Kasus Ini?

Hamlin merupakan brand lokal asal Indonesia yang debut pada 2019 dengan mengusung tema “simply yet elegan”. Dengan harga yang cukup mahal, tentu saja target pasar yang ingin digaet adalah kaum menengah atas. Namun, sejak kasus ini naik, orang-orang jadi berpikir: Apakah benar Hamlin menjual kualitas atau hanya sekedar rebranding produk menggunakan white label untuk produk-produknya yang dijual di atas harga pasar? 

Dibicarakan secara organik di media sosial seharusnya menjadi nilai positif bagi sebuah brand karena artinya semakin banyak orang yang mengenal brand/produk tersebut. Jika brand awarenes meningkat, diharapkan konversi penjualan pun meningkat. Tapi, apa yang terjadi pada Hamlin dapat menjadi pisau bermata dua jika tidak segera berbenah. Keresahan seorang konsumen di TikTok yang berujung pada kekesalan publik perlahan-lahan membentuk citra negatif untuk brand tersebut. Sejumlah warganet yang mulai mempertanyakan kembali kualitas produk brand tersebut dapat dikatakan mulai mengarah pada penurunan kepercayaan konsumen.

Bagaimana Brand Trust Hamlin Setelah Ini?

Brand trust (kepercayaan konsumen terhadap merk) adalah alasan terpenting kedua, setelah harga, mengapa konsumen membeli produk. Pelanggan memiliki keyakinan bahwa brand tersebut dapat memecahkan masalah mereka dan dianggap pantas mendapatkan respect pelanggan sehingga mereka memberikan nilai lebih.

Brand trust memiliki peran penting dalam memengaruhi perilaku konsumen. Konsumen yang percaya pada suatu brand cenderung lebih memilih produk dari brand tersebut daripada brand lain yang kurang dikenal atau kurang dipercayai. Hal ini tentu dapat menghasilkan keuntungan kompetitif bagi brand. Selain itu, kepercayaan dari pelanggan juga membantu mempertahankan dan memperluas pangsa pasar, serta membangun hubungan jangka panjang.

Dengan demikian, kepercayaan merek menjadi salah satu fondasi penting dalam hubungan antara konsumen dan brand atau perusahaan. Brand trust dapat berubah menjadi loyalitas merek (brand loyalty) ketika konsumen sudah yakin dengan produk tersebut sehingga konsumen pun tidak ragu untuk merekomendasikan produk kepada orang lain.

Sebaliknya, kehilangan kepercayaan dapat berdampak buruk pada citra merek dan dapat mengakibatkan penurunan penjualan serta kerugian reputasi yang berkelanjutan. Oleh karena itu, menjaga dan memperkuat brand trust harus menjadi fokus utama bagi setiap brand yang ingin membangun hubungan yang langgeng dengan konsumen.

Di luar arus negatif menguliti brand Hamlin, sejumlah warganet menghimbau agar masyarakat lebih bijak sebagai pembeli. Brand Hamlin tentu saja harus mengevaluasi apa yang menjadi keresahan publik. Tapi, sebagai konsumen kita harus makin sadar untuk bijak membeli agar tidak merugikan diri sendiri.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Kasus DBD Meningkat di Indonesia, Warganet Mengeluh Terkena DBD Semakin Banyak

0

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai meningkat beberapa bulan terakhir di berbagai provinsi Indonesia. Kementerian Kesehatan mencatat hingga 1 Maret 2024 terdapat 16.000 kasus DBD di 213 kabupaten/kota dengan 213 kematian. Kasus DBD terbanyak terjadi di Tangerang, Bandung Barat, Kendari, Subang, dan Lebak. Merebaknya penyakit ini diperkirakan akan terus terjadi hingga April 2024.

Gejala awal demam berdarah biasanya berupa demam tinggi, muncul bintik-bintik kemerahan, nyeri sendi dan otot, nyeri kepala, hingga mual, dan muntah. Penyakit ini akan menjadi semakin parah apabila tidak segera ditangani. Pasien bisa mengalami komplikasi hingga syok atau biasa disebut dengan Dengue Shock Syndrome (DSS) yang bisa berujung pada kematian. Gejala yang muncul bila syok telah terjadi antara lain muntah terus-menerus, nyeri perut hebat, kaki dan tangan pucat, nadi melemah, lesu, gelisah, perdarahan, hingga jumlah urin menurun.

Netray coba memantau perkembangan kasus DBD melalui pemberitaan media online. Dengan menggunakan kata kunci demam berdarah serta DBD. Hasilnya ditemukan 1,297 artikel dari 300 media daring yang membahas topik ini.

Gambar 1. Statistik pemberitaan kasus demam berdarah


Intensitas pemberitaan terkait DBD muncul cukup banyak. Dapat dilihat pada grafik di bawah ini. Pada awal periode pemantauan yakni tanggal 26 Maret 2024 muncul 45 berita. Jumlahnya terus meningkat dari hari kehari. Kemudian puncaknya terjadi pada 7 Maret sebanyak 104 artikel muncul terkait topik ini. Setelah sempat mereda, pemberitaan memuncak lagi pada tanggal 21 Maret yakni sebanyak 85 artikel muncul pada hari itu terkait meningkatnya kasus DBD di berbagai provinsi.

Gambar 2. Intesitas pemberitaan kasus dbd


Sepanjang periode pemantauan, media massa banyak menyoroti kota serta kabupaten yang mengalami peningkatan signifikan jumlah pasien DBD seperti yang terlihat pada Gambar 3. Salah satunya kota Bandung yang mendapati 1.741 kasus penyakit DBD sepanjang 3 bulan pertama 2024.dengan 8 orang meninggal dunia. Di urutan selanjutnya Kota Kendari, 1.195 kasus, Kabupaten Bandung Barat 955 kasus, Kota Bogor 929 kasus, dan Kabupaten Subang sebanyak 824 kasus. Informasi ini seperti yang dituliskan porta Galamedia News dan Cakrawala pada Gambar 4.


Gambar 3. Jajaran kata populer
Gambar 4. Sampel berita

Daerah lainnya terdapat Kabupaten Gunungkidul terdapat 311 kasus DBD dan menjadi yang tertinggi di DIY. Tak kalah tinggi, di Kota Bekasi hingga per 15 Maret, tercatat 441 orang terjangkit dengan 4 pasien meninggal. Selain itu ada kota Malang dengan 153 kasus dengan 1 pasien meninggal. Sedangkan di Riau muncul 218 kasus DBD dan menjadi yang tertinggi di provinsi tersebut. Beritanya dapat diamati pada gambar di bawah ini.



Selain itu media massa juga sering menyoroti kasus DBD pada anak-anak, terlihat kata anak menonjol pada kosakata populer. Jumlah pasien yang terkena DBD didominasi pasien anak mengingat kalangan ini masih rentan terhadap penyakit. Seperti yang terjadi di RSUD Jombang, dari 19 pasien 15 diantaranya merupakan anak-anak. Begitu juga di RSUD Klungkung dan RSUD Wongsonegoro Semarang peningkatan kasus masih didominasi pasien anak-anak. Bahkan di Jepara 11 anak meninggal serta kabupaten Ponorogo dengan dua anak meninggal dunia akibat menderita DBD.

Kata fogging juga masuk dalam sorotan media dalam memberitakan DBD. Berbagai provinsi sudah mulai menggencarkan fogging (pengasapan) melalui Dinas Kesehatan setempat. Seperti pernyataan Ketua RT di Perumahan Bumi Tegal Besar, Jember yang mengetahui warganya terjangkit DBD. Ia lalu mengusulkan ke Dinkes agar lingkungan perumahan dilakukan fogging. Butuh waktu dua hari, tim fogging dari Dinkes Jember untuk turun ke Perumahan tersebut.
Meskipun begitu Kepala Dinkes Mukomuko menganggap fogging bukan jaminan utama untuk memberantas nyamuk aedes aegypti. Fogging hanya sifatnya sementara, sebatas mengusir nyamuk berukuran besar, belum tentu dapat membunuh jentik-jentik nyamuk yang bersarang

Kemudian kata Jakarta juga sering disebut media massa. Lokasi ini lebih menjadi perhatian bila dibandingkan kota lainnya. Ibukota Indonesia ini disebut sebanyak 673 kali. Di Jakarta lonjakan kasus DBD terjadi paling tinggi di Jakarta Barat. Tercatat hingga Februari di Jakbar kasus DBID mencapai 627 kasus, terkhusus pada Februari muncul 208 kasus. Kemudian disusul Jakarta Selatan terdapat 149 kasus.

Gambar 8. Sampel berita

Dengan adanya peningkatan kasus, Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi mengimbau masyarakat terutama kalangan anak-anak agar menggunakan pakaian lengan panjang dan minyak telon.

Gambar 9. Sampel berita


Topik Kasus DBD dalam Perbincangan Warganet X

Warganet di sosial media X juga banyak yang mengeluhkan dirinya atau orang terdekatnya terjangkit DBD. Dalam dua minggu terakhir perbincangan terkait penyakit ini mencapai 8,8 ribu unggahan dari kurang lebih 4,5 ribu akun.

Gambar 9. Statistik perbincangan X topik demam berdarah

Terlihat kata kena menjadi yang paling banyak digunakan warganet X. Melalui kata ini warganet menceritakan pengalamannya atau pun orang sekitarnya yang terjangkit DBD. Seperti yang dituliskan akun @rurulistyana, @_chocooreoo, @vvibu_akut, dan @neynyak31589.

Gambar 10. Jajaran kata populer X


Kemudian kata banget sering digunakan warganet dalam mendeskripsikan gejala DBD. Hal ini seperti yang diungkapkan beberapa akun @fansignim, @ngeteh_sore, @vidiptr, dan lainnya.


Ada pula kata wolbachia yang mendominasi perbincangan X. Hal ini dibahas oleh akun @DokterTifa bahwa penyebaran dengan sengaja nyamuk wolbachia yang lalu justru membuat kasus DBD naik 400%. Akun @Fatimah81819162 pun menekankan meski sudah masuk dalam persebaran nyamuk wolbachia, dirinya dan keluarga tetap menderita demam berdarah. Sedangkan liaasister menanyakan apakah penyebaran nyamuk tersebut benar-benar efektif untuk mengurangi kasus demam berdarah.

Gambar 13. Sampel unggahan kata ‘wolbachia’

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Pantauan Banjir Demak dan Kontroversi Bansos Pemerintah

Bencana banjir sempat mengepung wilayah Demak dan sekitarnya beberapa waktu yang lalu. Curah hujan yang tinggi sejak 13 Maret 2024 membuat wilayah Jawa Tengah bagian utara ini mengalami musibah. Banjir yang dialami wilayah ini tidak hanya diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi melainkan tragedi tanggul jebol. Hingga kini publik dan warganet pun tengah meneriakkan perihal campur tangan pemerintah dalam menangani bencana alam ini. 

Lantas, seperti apa media membawakan berita banjir Demak ini kepada masyarakat luas? Apa saja wacana yang tengah disuarakan warganet terkait musibah ini? Netray Media Monitoring memantau kejadian tersebut di kanal berita dan Twitter. Hasilnya ialah sebagai berikut.

Pemberitaan Media tentang Banjir Demak

Melalui kata kunci banjir && demak, Netray menemukan 1.011 artikel dalam periode pemantauan 13-24 Maret 2024. Artikel-artikel tersebut diunggah oleh 149 media berita daring Indonesia. RMOL Jateng menjadi portal berita yang paling santer mengunggah kata kunci ini. Portal berita tersebut telah menaikkan 49 artikel selama periode pemantauan. 

Gambar 1. Statistik pemberitaan media

Dalam sepekan pertama, berita tentang banjir Demak ini didominasi dengan artikel bersentimen negatif. Terlihat dari grafik sentimen trend di bawah ini, 13-19 Maret garis merah tampak lebih dominan dibandingkan dengan garis hijau. Sementara itu, di akhir pemantauan, justru hal tersebut berbanding terbalik, artikel bersentimen positif lebih dominan. 

Gambar 2. Grafik intensitas pemberitaan media tentang banjir Demak
Gambar 3. Grafik sentimen trend pemberitaan media tentang banjir Demak

Pada awal pemantauan, artikel tentang wilayah yang terdampak banjir mendominasi pemberitaan. Semarang hingga Demak menjadi lokasi yang santer disebut media dalam pembahasan tersebut. Curah hujan tinggi yang mengakibatkan banjir tersebut tidak hanya terjadi di Demak, melainkan di beberapa wilayah Jawa Tengah, seperti Semarang, Kendal, Salatiga, Kudus, dan juga Grobogan. 

Gambar 4. Sampel berita tentang informasi banjir Demak
Gambar 5. Sampel berita tentang informasi banjir Demak

Tidak hanya berdampak pada puluhan ribu masyarakat, banjir kali ini juga menelan korban jiwa. Seperti yang diunggah oleh Jawa Pos National Network, hujan lebat yang menyebabkan banjir di wilayah Pekalongan membuat dua orang meninggal akibat hanyut. Sementara itu, berita duka juga datang dari wilayah Kudus yang melaporkan 3 santri meninggal dunia akibat tenggelam saat bermain sampan di area persawahan yang terendam banjir.  

Gambar 6. Sampel berita tentang banjir menelan korban
Gambar 7. Sampel berita tentang banjir menelan korban

Curah hujan yang tinggi tidak hanya menimbulkan banjir tapi membuat beberapa tanggul di wilayah Demak jebol. Melansir dari CNN Indonesia, enam tanggul yang jebol tersebut membuat 89 desa di Demak terendam banjir. Akibatnya, lebih dari 93 warga terdampak dan 22 ribu diantaranya mengungsi di 45 titik pengungsian yang dibuat oleh BPBD Demak. 

Gambar 8. Sampel berita tentang tanggul jebol
Gambar 9. Sampel berita tentang tanggul jebol

Sepekan diberitakan dalam unggahan bersentimen negatif, artikel dengan sentimen positif pun mulai mendominasi di pekan terakhir pemantauan. Berita yang diunggah oleh media pada pekan tersebut meliputi upaya pemerintah pusat dan daerah setempat dalam menangani bencana alam ini. Seperti yang diberitakan oleh Liputan6, Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak banjir di Demak pada Jumat, 22 Maret 2024 lalu. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi memastikan perbaikan tanggul ditangani dengan baik dan benar. 

Gambar 10. Sampel berita tentang kunjungan Jokowi ke Demak

Kontroversi Bansos Pemerintah

Pantauan Netray di media sosial X yang menggunakan kata kunci demak dan periode yang sama seperti kanal News, ditemukan 28,1 ribu unggahan dengan total impresi sebanyak 133,6 ribu reaksi. Topik ini dibahas oleh lebih dari 11 ribu akun dengan potential reach mencapai 172,9 juta akun. 

Gambar 11. Statistik perbincangan warganet tentang banjir Demak

Berbeda halnya dengan kanal News, perbincangan warganet terkait musibah banjir di Demak ini mulai terlihat sejak tanggal 15. Meski demikian, pekan awal pemantauan, perbincangan warganet tentang hal ini masih di bawah seribu unggahan per hari. Lalu, di hari-hari berikutnya tampak perbincangan melonjak dan memuncak di tanggal 22 Maret dengan total unggahan 8,4 cuitan dalam sehari.

Gambar 12. Grafik intensitas perbincangan warganet
Gambar 13. Grafik sentimen trend perbincangan warganet

Perbincangan yang memuncak di tanggal 22 Maret tersebut didominasi dengan unggahan bersentimen positif sebanyak 5,4 ribu. Unggahan mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tentang kunjungan hingga momen berbuka bersama warga Demak menjadi unggahan positif terpopuler. Selain itu, cuitan positif lainnya berasal dari unggahan open donasi yang digalang oleh ARMY Indonesia yang menyedot ribuan impresi dari warganet

Gambar 14. Sampel unggahan Ganjar Pranowo kunjungi Demak
Gambar 15. Sampel unggahan donasi untuk warga Demak

Selain memperbincangkan kondisi Demak, warganet juga banyak yang menyampaikan kritik atas musibah yang terjadi di wilayah tersebut. Terlihat dari jajaran Top Words di bawah ini tampak kosakata pilpres dan bansos juga mendominasi perbincangan warganet tentang musibah banjir ini.

Gambar 16. Jajaran kosakata dominan tentang topik banjir Demak

Banyaknya jumlah korban yang terdampak dan kurangnya bantuan membuat warganet turut menyuarakan hal tersebut. Bahkan warganet tak segan-segan mengkritik kebijakan bansos yang santer dihambur-hamburkan saat menjelang pilpres, tetapi tak ada penyaluran bantuan bagi warga terdampak banjir.

Gambar 17. Sampel unggahan tentang kritik untuk pemerintah
Gambar 18. Sampel unggahan tentang kritik untuk pemerintah

Tidak sedikit warganet yang terus mempertanyakan ‘campur tangan’ pemerintah dalam memberikan bantuan kepada Demak. Warganet menilai pemerintah terlalu tidak acuh dengan musibah tersebut sehingga kritik terhadap pemerintah terus disuarakan warganet. 

Gambar 19. Sampel unggahan tentang kritik untuk pemerintah
Gambar 20. Sampel unggahan tentang kritik untuk pemerintah

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Kegetolan Tim Anies-Imin dalam Topik Gugatan PHPU

Komisi Pemilihan Umum akhirnya resmi mengumumkan hasil rekapitulasi Pilpres 2024 pada Rabu malam (20/3). KPU menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden menggantikan Jokowi-Maruf Amin. Namun dibalik kemenangan itu, kedua paslon lainnya Anies – Imin serta Ganjar-Mahfud justru melayangkan gugatan terkait perselisihan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Pada hari yang sama MK juga mulai membuka pendaftaran gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024. Pendaftaran gugatan PHPU mulai beroperasi 3×24 jam setelah KPU mengumumkan hasil pemilu secara resmi.

Gambar 1 Statistik pemberitaan topik gugatan phpu

Netray Media Monitoring mencoba menangkap pemberitaan gugatan PHPU ini melalui kanal News. Netray ingin melihat kubu pasangan mana, antara GAMA dan AMIN, yang memperoleh pemberitaan lebih banyak. Analisis Netray akan memanfaatkan fitur entitas Top People serta ragam berita yang muncul mengikutinya. 

Pemantauan dilakukan dengan menggunakan kata kunci anies&&gugatan, ganjar&&gugatan, anies&&keccurangan serta ganjar&&kecurangan. Periode pemantuan antara tanggal 15 – 24 Maret. Hasilnya  ditemukan 1.204 artikel dari 148 media massa membahas topik ini. Secara keseluruhan, pemberitaan media massa masuk ke dalam kategori politik.

Tim Anies Dominasi Berita Gugatan PHPU

Topik terkait gugatan PHPU serta kecurangan dalam pilpres ini sudah jauh muncul sebelum pengumuman rekapitulasi KPU. Dapat dilihat dalam grafik sepuluh hari terakhir, intensitas kemunculan artikel tampak cukup signifikan pada tanggal 15 Maret 2024. Kemudian jumlahnya menurun hingga pada 20 Maret kembali melonjak dengan 172 artikel dalam sehari. Lalu puncaknya terjadi pada tanggal 21 Maret sebanyak 340 artikel terbit membahas topik ini.

Gambar 2. Jajaran tokoh populer

Berdasarkan jajaran tokoh populer, nama Anies Baswedan menjadi yang banyak disebut media massa dalam 278 artikel. Bersama dengan Ari Yusuf Amir, ketua tim hukum, Anies telah menyiapkan sekitar seribu pengacara untuk menghadapi sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Tim AMIN juga mengaku telah memiliki data dan bukti yang lengkap untuk menggugat berbagai kecurangan pemilu. Lebih lanjut, Tim AMIN telah mendaftarkan gugatan PHPU pada Kamis 21 Maret 2022. 

Ari Yusuf Amir juga mengajukan permohonan kepada MK, supaya mengulang pemungutan suara Pemilu 2024 dengan tidak mengikutsertakan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres. Ia berharap Prabowo mengganti Gibran dengan yang lainnya karena putra pertama Jokowi tersebut dinilai telah mencederai demokrasi

Kedua informasi atau berita tersebut seperti yang dilaporkan Tribun Depok dan Sumatera Ekspres pada gambar di bawah ini.

Selain itu, usai pengumuman resmi kemenangan Prabowo – Gibran, Anies juga menanggapi bahwa kepemimpinan yang lahir dari proses politik menyimpang dan curang akan menghasilkan kebijakan yang tidak adil.

Anies termasuk membantah banyak tuduhan yang mengarah kepadanya ketika mengajukan gugatan yang disebut sebagai bentuk penyangkalan karena telah kalah. Anies justru ingin menunjukan penyimpangan demokrasi tidak boleh dibiarkan terus menerus. Kedua warta tersebut seperti yang dituliskan oleh portal IDN Times dan Kompas.

Gambar 4. Sampel berita Anies

Sedangkan nama pasangan Ganjar-Mahfud tepat berada di urutan selanjutnya dengan penyebutan dalam 248 artikel. Sejalan Anies, Ganjar Pranowo pun merasa Pilpres kali ini begitu kental kecurangannya. Ganjar mengaku sudah melihat, mendengar, dan menerima banyak kelompok masyarakat yang menyampaikan cerita-cerita kecurangan yang terjadi saat pemilu. Ia pun menekankan bahwa permasalahan ini berawal saat MK meloloskan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pilpres 2024 dan kemudian dipasangkan dengan Prabowo.

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud juga telah menyiapkan gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 dan secara resmi telah mendaftarkannya pada Sabtu lalu (23/3). TPN Ganjar-Mahfud juga telah menyiapkan pengacara meski tak sebanyak Tim AMIN. Sebanyak 100 pengacara tergabung dalam tim hukumnya. Informasi tersebut dapat diamati pada gambar di bawah ini

Gambar 5. Sampel berita gugatan PHPU
Gambar 5. Sampel berita

Gugatan PHPU yang diajukan tim hukum Ganjar-Mahfud serupa dengan tim Anies-Imin, yakni meminta pasangan Prabowo-Gibran didiskualifikasi dan Pemilu dilakukan ulang. Deputi bidang Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, mengatakan, pasangan Prabowo-Gibran melanggar hukum sejak mereka mendaftar ke KPU yakni terkait usia Gibran ketika mendaftar yang masih 36 tahun.

Sementara itu TPN Ganjar Mahfud kabarnya memiliki saksi seorang Kapolda yang masih dirahasiakan namanya. Hal tersebut kemudian ditanggapi Kapolri Listyo Sigit dengan santai sekaligus memperbolehkan anak buahnya turut menjadi saksi. Berita ini seperti yang dituliskan portal Tirto dan Pikiran Rakyat 

Gambar 6. Sampel berita kapolda

Bila Ganjar dan Anies telah menyiapkan ratusan hingga ribuan pengacara. Ketua Tim Hukum Prabowo-Gibran Yusril Ihza Mahendra hanya akan dibantu 36 pengacara. Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Teritorial Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Doli Kurnia pun mengatakan pihaknya tidak khawatir. Ia merasa bahwa kemenangan yang diperoleh pasangan 02 dilakukan dengan cara-cara yang terhormat, dilakukan dengan cara-cara yang memang sesuai dengan aturan. Hal ini seperti yang dituliskan oleh Rakyat Merdeka dan Antara Bengkulu.

Gambar 7. Sampel berita prabowo-gibran

Perkara-perkara tersebut kemudian akan disidangkan oleh MK pada Rabu (27/03). MK memiliki waktu maksimum 14 hari kerja untuk memeriksa sengketa Pemilu 2024 berdasarkan aturan yang ada dalam UU Pemilu. Meskipun sidang perdana digelar pada 27 Maret, tetapi perhitungan 14 hari kerja terhitung sejak 25 Maret, sebab, tanggal itu ditetapkan merupakan tanggal registrasi perkara. Informasi ini seperti yang dituliskan portal CNN Indonesia di bawah ini.

Gambar 8. Sampel berita sidang gugatan PHPU MK

Dapat dilihat bahwa secara sepuluh hari terakhir gugatan Anies memang lebih menonjol secara kuantitas karena tim Anies sendiri telah menyoroti kecurangan dan memiliki wacana menggugat jauh sebelum KPU mengumumkan hasil rekapitulasi.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Rekomendasi Antiperspiran dan Deodoran ala Warganet TikTok

0

Produk deodoran dan antiperspiran masih kerap disamakan fungsi dan cara penggunaanya. Sehingga publik masih banyak yang salah kaprah tentang produk ini. Padahal kedua produk tersebut memiliki cara kerja yang berbeda satu sama lain. 

Dikutip dari laman Ai Care, deodoran berfungsi untuk menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri yang dihasilkan di area ketiak. Sementara antiperspiran berfungsi untuk mengontrol dan mencegah jumlah keringat. Keduanya juga digolongkan ke dalam 2 kategori yang berbeda. Deodoran digolongkan sebagai kosmetik yang digunakan untuk menunjang penampilan sedangkan antiperspiran sebagai obat karena diperuntukkan sebagai pengontrol keringat dalam tubuh.

Dari pemantauan FYP TikTok dengan kata kunci deodoran dan antiperspiran, Netray menemukan 314 konten yang diunggah pada kanal ini. Selama periode pemantauan 4-16 Maret 2024, konten-konten tersebut telah diputar sebanyak 337,7 ribu kali. Unggahan warganet TikTok mendapat impresi sebanyak 8,1 reaksi dengan rincian 7 ribu likes, 448 komentar, dan telah dibagikan ulang sebanyak 587 kali.

antiperspiran
Gambar 1. Statistik unggahan tentang kedua kata kunci di kanal TikTok

Lantas apa saja merk atau brand produk deodoran dan antiperspirant rekomendasi ala TikTokers? Simak hasil pemantauan Netray Media Monitoring di bawah ini agar kalian tidak bingung ketika memilih brand tersebut di marketplace online atau offline.

  1. Perspirex
Gambar 2. Brand Perspirex (sumber: Instagram Perspirex)
Gambar 3. Konten tiktok tentang Perspirex

Produk antiperspiran yang paling banyak mendapat impresi ialah merek Perspirex. Rekomendasi produk ini diunggah oleh akun @clahayes atau dr. Clarin Hayes pada 11 Maret 2024 dengan me-stitch video dari @denies.chariesta. 

Dalam unggahannya, dr. Clarin menjelaskan perbedaan antiperspirant dan deodoran serta memberikan penjelasan cara pemakaian Perspirex dengan benar. Brand asal Denmark ini dibandrol dengan harga sekitar 200 ribuan di berbagai online shop. 

  1. Ciara Natural Deodorant
Gambar 4. Brand Ciara Natural Deodorant (sumber: Instagram Ciara)
Gambar 5. Konten tentang Ciara Natural Deodorant

Produk deodoran yang direkomendasikan warganet TikTok selanjutnya ialah Ciara Natural Deodorant. Brand lokal ini sudah hadir di pasaran sejak November 2021 dan direkomendasikan oleh akun beranama @amaliawilhelmina.ar atau Rapunzellerecom.

Dalam unggahan tersebut, Rapunzellerecom menyebut jika merek ini memiliki keunggulan, yakni mencerahkan dan mengharumkan ketiak. Bahan alami, seperti ekstrak sereh disinyalir mampu memberikan perlindungan dari bau badan selama 3-5 hari. Harga Ciara Natural Deodorant dibanderol mulai dari 80 ribuan. 

  1. Grace And Glow
Gambar 6. Brand Grace and Glow (sumber: Instagram Grace and Glow)
. Gambar 7. Konten tentang Grace and Glow

Deodoran ketiga yang paling banyak mendapat impresi dari warganet TikTok adalah Grace and Glow. Brand lokal yang sudah hadir sejak 2021 ini memiliki 4 varian, antara lain Rouge 540 Protect Deodorant Serum, Black Opium Smooth Deodorant Serum, English Pear Deodorant Serum, dan Moiselle Silk Deodorant Serum. 

Merek ini dinaikkan oleh akun bernama @miendontcare atau MienDontCare pada 11 Maret 2024 lalu. Dalam unggahan tersebut terlihat sekumpulan bocah yang tengah asik berjoget dengan mengangkat kedua tangan tanpa takut bau ketiak karena telah memakan produk ini. Harga deodoran ini di beberapa e-commerce dibanderol dengan harga mulai dari 50 ribuan. 

  1. G&H 
Gambar 8. Brand G&H (sumber: laman amway)
Gambar 9. Konten tentang G&H

Brand G&H Protect Antiperspirant Deodorant Roll-on menjadi produk yang direkomendasikan oleh akun bernama @hafeezaeryna atau NUR AIN RABIEE. Dalam unggahan tersebut Nur menampilkan keunggulan dari produk ini, seperti tahan 48 jam, mencerahkan kulit ketiak, hingga cocok digunakan bagi pemilik kulit sensitif. 

G&H diproduksi oleh perusahaan Amway yang berasal dari Amerika dan sudah beroperasi di Indonesia sejak 1992. Dilansir dari laman Amway, harga deodorant antiperspirant 100 ml ini adalah 123 ribu rupiah. 

  1. TETO
Gambar 10. Brand TETO (sumber: laman Media Indonesia)
Gambar 11. Konten tentang TETO

Produk lokal kembali menjadi rekomendasi selanjutnya. Brand TETO Antiperspirant Roll-on dipromosikan oleh akun bernama @feeeling22_ atau salmacamaa_. Dalam konten tersebut, akun ini membagikan cara dan keunggulan dari produk ini yang dinilai dapat mengurangi bau badan dan ketiak basah hingga 10 hari kedepan. 

Dilansir dari laman Media Indonesia, brand ini mengeluarkan dua varian yang berbeda, yakni Fresh dan Original. Untuk harga, TETO dijual dengan harga kisaran 90 ribuan di beberapa e-commerce.

  1. Fameux
Gambar 12. Brand Fameux (sumber: Instagram Fameux)
Gambar 13. Konten tentang Fameux

Fameux Body Deodorizer yang diunggah oleh akun resmi Fameux menjadi produk rekomendasi selanjutnya. Akun tersebut membagikan keunggulan produk ini yang dinilai mampu memberikan kesegaran sepanjang hari. Dikutip dari laman resminya, harga deodorant ini dijual sekitar 50 ribuan. 

  1. AVON Feelin Fresh 
Gambar 14. Brand AVON Feelin Fresh (sumber: laman AVON)
Gambar 15. Konten tentang AVON

Merek selanjutnya yang direkomendasikan warganet TikTok adalah AVON Feelin Fresh. Produk dari perusahaan Avon yang berbasis di London ini diunggah oleh akun tiktok bernama @loweegagwis pada tanggal 13 Maret 2024. 

Dalam unggahannya tersebut, akun ini menunjukkan AVON memiliki 2 varian deodoran, yakni Crystal Tawas dan No Marks. Dilansir dari laman Amazon, harga brand ini dibanderol dengan 35 (AED) atau sekitar 140 ribu rupiah.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Pemantauan Isu Pilgub DKI Jakarta, Sejumlah Nama Tokoh Panaskan Bursa Calon

0

Pasca Pilpres dan Pileg 2024, perhatian publik mulai beralih ke wacana pilkada. Yang cukup mencolok dibahas oleh media massa adalah Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Wacana soal siapa saja yang akan dicalonkan oleh koalisi partai politik sedikit banyak mulai terdengar gaungnya. Gelaran Pilgub DKI Jakarta sendiri akan dilakukan pada November 2024 mendatang, sesuai jadwal pilkada serentak.
Netray Media Monitoring mencoba menjaring nama-nama yang berseliweran di pemberitaan media online dengan menggunakan fitur entitas top people. Dengan menggunakan kata kunci pilgub dki dan pilkada jakarta selama sebulan ke belakang ditemukan 647 artikel membahas topik ini.

pilgub jakarta
Gambar 1. Statistik pemberitaan topik pilgub dki jakarta

Dari sekian banyak entitas yang berhasil ditarik oleh Netray, sekelompok entitas tersebut terindeks sebagai nama orang atau tokoh. Berikut adalah 5 entitas nama yang paling banyak disebut oleh media massa terkait Pilgub DKI Jakarta yang terangkum dalam grafik Top People.

pilgub dki jakarta
Gambar 2. Jajaran orang populer topik pilgub dki jakarta

1. Ridwan Kamil


Pria yang sudah memulai karir politiknya sejak 2013 disebut dalam 222 artikel. Desas-desus namanya akan diusung untuk berkontestasi memperebutkan kursi Jakarta 1 telah muncul sejak tengah Februari lalu. Isu ini semakin menguat ketika munculnya baliho Ridwan Kamil yang berkata sedang OTW Jakarta. Adapun baliho viral tersebut diunggah akun @txtdaribandung. Warta tersebut dapat diamati Liputan6 dan Era Id pada gambar di bawah ini.

Gambar 3. Unggahan baliho ridwan kamil @txtdaribandung


RK sendiri telah mengonfirmasi bahwa dirinya telah diberi mandat dari Partai Golkar untuk maju Pilgub DKI Jakarta bersama Ahmed Zaki meskipun hal tersebut belum merupakan keputusan akhir partai. Sedangkan Partai Golkar sendiri masih melihat elektabilitas RK sekaligus masih menunggu hasil Pileg dan Pilpres. Informasi tersebut seperti yang diterbitkan portal Kompas dan Tirto pada gambar di bawah ini.

Gambar 5. Sampel berita ridwan kamil


Kabar burung juga mengatakan bahwa pria berumur 52 tahun tersebut juga akan diusung Partai Gerindra untuk maju Pilgub DKI. Meskipun begitu Gerindra sudah membantah tidak ada surat rekomendasi yang dilayangkan kepada RK, karena partai berlambang kepala burung garuda ini bahkan belum ada arah pembahasan terkait Pilgub.

Gambar 6. Sampel berita ridwan kamil

2. Ahmad Sahroni

Pria yang merupakan anggota DPR RI sekaligus bendahara umum partai Nasional Demokrat (nasdem) ini muncul dalam 153 artikel selama periode pemantauan. Sahroni sendiri banyak diberitakan terkait adu baliho dengan Ridwan Kamil seolah bersaing untuk maju Pilgub DKI Jakarta. Bedanya ia mengunggah baliho pada instagram pribadinya @ahmadsahroni88 yang bertuliskan “Dari Tanjung Priok untuk Jakarta”. Keduanya pun kemudian saling berkelakar, balas membalas pesan.

Sedang dari Partai Nasdem sendiri sudah berkomunikasi mengenai rencana untuk mengajukan nama Sahroni. Meskipun begitu hal ini masih menjadi usulan internal partai penentuan nama cagub akan dipilih oleh Ketua Umum NasDem, Surya Paloh.

3. Anies Baswedan

Meski telah maju menjadi capres, nama Anies Baswedan masih diisukan untuk kembali maju dalam Pilgub DKI Jakarta. PKS dan Nasdem tampak masih membuka peluang bagi Anies untuk kembali dicalonkan. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta, Khoirudin mengatakan kesempatan tersebut bisa jadi sangat memungkinkan. Namun PKS DKI sejauh ini masih menunggu hasil rekapitulasi dan pengumuman hasil Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Sedangkan dari Nasdem sendiri belum jelas akan mencalonkan nama Anies karena partai ini telah mengantongi tiga nama yakni Ahmad Sahroni, Okky Asokawati, dan Wibi Andrino. Seperti yang dapat diamati pada gambar di bawah ini.

Pihak Anies terpantau justru membantah isu tersebut. Baginya, itu hanyalah pengalihan isu semata dari persoalan pilpres. Ia pun menekankan agar masyarakat tak terjebak dengan isu yang tidak pasti. Beritanya seperti yang diterbitkan portal Pikiran Rakyat.

Gambar 10. Sampel berita Anies

4. Ahmad Zaki Iskandar

Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta ini disebut dalam 54 artikel. Pencalonan ini sudah disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Selain nama Ridwan Kamil, Airlangga secara resmi telah memberikan surat tugas sekaligus mempersiapkan Zaki untuk berpartisipasi dalam Pilgub DKI Jakarta.


Persiapan kedua kader dilakukan partai sebagai apresiasi atas kontribusi mereka dalam meningkatkan perolehan suara Golkar pada Pemilu 2024. Sementara itu, keputusan akhir terkait siapa yang akan maju, tergantung pada hasil survei elektabilitas.
Zaki sendiri sebelumnya telah berpengalaman menjabat sebagai Bupati Tangerang selama dua periode yakni pada tahun 2013-2023. Sebelumnya ia juga telah menduduki kursi DPR RI periode 2009-2014 dapil Banten III yang meliputi wilayah Tangerang Raya.

5. Kaesang Pangarep

Topik pencalonan Ketum Partai Solidaritas Indonesia ini tampak muncul dalam 42 artikel. Meski baru sekadar rumor karena belum ada partai yang secara langsung menyebut namanya. Nama putra Jokwoi ini ditantang Ahmad Sahroni untuk maju Pilgub DKI Jakarta. Kemudian Basuki Tjahja Purnama atau Ahok juga sempat menyinggung namanya meski hanya sedikit.

Gambar 11. Sampel berita Kaesang

Dari pihak PSI pun kemudian menegaskan bahwa Kaesang tak akan turut serta memperebutkan kursi Gubernur Jakarta. karena ia masih memiliki tugas untuk membesarkan partai. Selain itu secara umur Kaesang belum memenuhi syarat. Berdasarkan peraturan usia paling rendah untuk maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah adalah 30 tahun. Sedangkan saat ini putra bungsu Jokowi baru menginjak 30 tahun pada Desember mendatang.

Pantauan YouTube Topik Pilgub DKI Jakarta

Selain melalui pemberitaan media online Netray coba memantau pembahasan Pilgub DKI melalui kanal video YouTube. Dengan kata kunci dan periode yang sama ditemukan 777 video Youtube yang telah dilihat oleh warganet sebanyak 1,5 juta kali dan memperoleh kurang lebih 10,7 ribu komentar.

Gambar 13. Statistik unggahan video Youtube topik pilgub DKI

Sepanjang periode pemantauan jika membahas soal Pilgub DKI nama Anies yang santer dibicarakan. Terlihat dari jajaran kata populer kata anies dan baswedan menjadi yang paling banyak disebut. Bahkan lima video terpopuler menempatkan Anies dalam judulnya seperti dapat dilihat pada Gambar 15.

Gambar 14. Jajaran kata populer
Gambar 15. Jajaran video populer

Video terpopuler datang dari kanal tvOneNews berjudul “Adi Prayitno: Jika Anies Ikut Pilgub DKI Jelas Ini Downgrade Kapasitas Politik | Dua Sisi tvOne”. Dalam acara ini tampak memperbincangkan nama-nama yang masuk radar Pilkada 2024 yang didiskusikan oleh pengamat politik beserta kader Partai Nasdem dan Demokrat.

Gambar 16. Unggahan Yootube tvOneNews
Gambar 17. Sampel komentar warganet

Meski video tersebut membahas Anies, komentar warganet justru banyak yang mendukung RK untuk maju. Sedangkan Anies malah mendapat sentimen negatif dari warganet youtube karena dianggap tidak tahu malu. Namun di sisi lain segelintir warganet justru menginginkan Anies untuk menjadi Gubernur Aceh menata kota serambi mekah itu.

Video populer lainnya datang dari kanal Cokro TV. Dengan judul “SIAPA LAWAN2 POTENSIAL ANIES DI PILGUB DKI 2024? Ini Kata M. Qodari” ini berhasil dilihat warganet sebanyak 75.3 ribu kali dan memperoleh komentar warganet sebanyak. Dalam video ini memprediksi bila Anies kalah dalam kontestasi Pilpres 2024, ia lebih memiliki peluang menjadi calon gubernur DKI kembali ketimbang menjadi menteri Prabowo.

Gambar 18. Unggahan Yootube tvOneNews
Gambar 19. Sampel komentar warganet

Sebagian besar warganet justru mengecam bila Anies menjadi Gubernur lagi apalagi menjadi menteri pendidikan. Adapula warganet yang menganggap Anies tak peduli mendapat posisi apa yang penting ia memperoleh jabatan hal ini seperti yang dilontarkan @baahsabtoe5224.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

5 Rekomendasi Sepatu Lari Lokal ala Warganet Twitter dan TikTok

Lari bukan lagi sekedar olahraga, tetapi telah menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Tren lari semakin berkembang pesat, didorong oleh semakin banyaknya orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran. Salah satu elemen kunci dalam dunia lari adalah sepatu, yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pelindung kaki, tetapi juga sebagai penunjang performa. 

Sepatu lari merk lokal akhir-akhir ini mulai mencuri perhatian para pelari. Selain harganya yang terjangkau, model, kualitas, dan material sepatu lokal mampu bersaing dengan merk luar negeri. Berikut adalah lima model sepatu lari lokal yang kerap dibicarakan warganet Twitter dan TikTok. Pemantauan Netray Media Monitoring dilakukan selama periode 8 Februari – 8 Maret 2024.

1. Ortuseight Hyperblast

Ortuseight Hyperblast menjadi salah satu model sepatu lari lokal yang menonjol berkat kombinasi desain futuristik dan performa yang unggul. Dengan teknologi inovatif yang menghadirkan bantalan responsif dan sol yang ringan, Hyperblast menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari kenyamanan dan daya tahan dalam satu sepatu. Desainnya yang atraktif juga membuatnya cocok digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Gambar 1. Statistik pemantauan sepatu Ortuseight Hyperblast
Gambar 2. Unggahan warganet Twitter

Setidaknya terdapat 19 unggahan warganet Twitter yang membahas sepatu ini. Unggahan tersebut didominasi sentimen positif dan hanya menghasilkan 20 impresi saja. Akan tetapi secara potensial unggahan warganet ini dapat menjangkau 1,9 juga linimasa akun Twitter berbahasa Indonesia. Sedangkan di TikTok, Netray menemukan 9 unggahan dalam seminggu terakhir.

Gambar 3. Unggahan warganet TikTok

2. Nineten Haze

Nineten Haze menjadi model sepatu lari lokal yang mengusung konsep kecepatan dan fleksibilitas. Dengan bobot yang ringan dan desain yang aerodinamis, Haze cocok untuk pelari yang mencari kecepatan dan responsivitas dalam setiap langkah. Material breathable pada bagian atas sepatu memberikan ventilasi maksimal, menghindarkan kaki dari kelembaban berlebih selama berlari.

Gambar 4. Statistik pemantauan sepatu 910 Haze
Gambar 5. Unggahan warganet Twitter

Pemantauan Netray menunjukkan terdapat 21 unggahan dari warganet Twitter. Sebagian besar unggahan merupakan unggahan dengan sentimen positif. Sedangkan impresi yang dihasilkan sebanyak 1.113 yang secara potensial menjangkau 35ribu user. Sedangkan di TikTok, Netray menemukan 3 unggahan terkait sepatu ini selama seminggu terakhir.

sepatu lari
Gambar 6. Unggahan warganet TikTok

3. Kanky Sensu

Sepatu lari hasil kerjasama Kanky dan Dokter Tirta ini hadir sebagai pilihan elegan bagi para pelari yang mengutamakan gaya dan kenyamanan. Dengan desain yang minimalis namun modern, Sensu menggunakan teknologi terbaru untuk memberikan stabilitas dan penyerapan kejutan yang optimal. Material berkualitas tinggi pada bagian atas sepatu memberikan pernapasan maksimal, menjadikannya pilihan yang ideal untuk sesi lari panjang atau latihan intensif.

Gambar 7. Statistik pemantauan sepatu Kanky Sensu
Gambar 8. Unggahan warganet Twitter

Unggahan warganet saat membahas sepatu lari Kanky x Dokter Tirta didominasi dengan sentimen positif dari 22 unggahan. Unggahan-unggahan tersebut mendapat impresi sebanyak 2.043 respons dan secara potensial dapat menjangkau 621,9 ribu akun. Hanya saja keviralan sepatu ini sudah meredup di kanal TikTok karena tidak ditemukan satu unggahan pun selama selama sepekan pemantauan.

4. Mills Enermax

Mills Enermax menggabungkan desain yang atraktif dengan teknologi tinggi untuk memberikan pengalaman lari yang superior. Sepatu ini dirancang untuk memberikan dukungan maksimal pada setiap langkah, sehingga cocok untuk pelari dengan berbagai tipe kaki. Enermax juga menonjol dengan daya tahan tinggi, menjadikannya pilihan terbaik untuk pelari yang menjalani tantangan lari di berbagai medan.

Gambar 9. Statistik pemantauan sepatu Mills Enermax
Gambar 10. Unggahan warganet Twitter

Sepatu merek lokal ini dibicarakan dalam 20 unggahan warganet Twitter yang didominasi unggahan dengan sentimen positif dan mendapat impresi sebanyak 41 respons warganet. Perbincangan di linimasa Twitter secara potensial dapat menjangkau 486,2 ribu akun. Ditemukan 1 unggahan warganet TikTok selama periode pemantauan.

Gambar 11. Unggahan warganet TikTok

5. Ardiles Nfinity

Ardiles Nfinity hadir sebagai pilihan yang multifungsional, cocok untuk lari sehari-hari maupun kegiatan kebugaran ringan. Dengan desain yang stylish dan warna yang menarik, Nfinity juga dapat digunakan sebagai gaya sehari-hari tanpa mengorbankan performa. Teknologi penyerapan kejutan pada solnya membuatnya nyaman digunakan dalam berbagai kondisi, baik di trotoar perkotaan maupun lintasan alam.

Gambar 12. Statistik pemantauan sepatu Ardiles Nfinity
Gambar 13. Unggahan warganet Twitter

Sepatu lari ini menjadi sepatu yang paling jarang dibicarakan warganet Twitter, yakni hanya ada 4 unggahan selama hampir 1 bulan pemantauan. Begitu juga dengan total impresi dan jangkauan penggunanya, meski sebagian besar unggahan memiliki sentimen positif. Netray juga tidak mendapatkan perbincangan terkait sepatu ini di kanal TikTok.

Dengan ragam pilihan sepatu lari lokal yang inovatif dan berkualitas, para pelari memiliki lebih banyak opsi untuk meningkatkan performa mereka tanpa harus mengorbankan gaya. Seiring tren lari yang terus berkembang, para produsen sepatu lokal terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan para pelari modern. Dengan memilih salah satu dari lima model sepatu di atas, Anda dapat merasakan sendiri kenyamanan dan performa yang luar biasa dalam setiap langkah lari Anda.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Erina Gudono Masuk Bursa Pilkada Sleman, Publik Cenderung Beri Sentimen Negatif

0

Nama Erina Sofia Gudono atau biasa dikenal dengan nama Erina Gudono, akhir-akhir ini sedang mecuat di media massa. Istri Kaesang Pangarep ini disebut-sebut akan ikut kontestasi pemilihan calon bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pernyataan tersebut dilontarkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Sleman, Sukaptana. Nama Erina masuk ke dalam bursa calon bupati Sleman meski Pilkada masih akan dilaksanakan pada November mendatang. 

Melihat nama Erina Gudono sudah disebut sejak sekarang, Netray mencoba menjaring pemberitaan tentangnya. Terutama pemberitaan terkait pencalonan Erina di media massa daring. Dengan menggunakan kata kunci erina gudono selama periode sepekan ini 8-14 Maret 2024 ditemukan 150 berita membahas Erina.

erina gudono
Gambar 1. Statistik pemberitaan topik wacana Erina cabup Sleman

Pembahasan soal Erina paling banyak masuk dalam topik politik yakni sebanyak 126 artikel. Dalam topik ini nama Erina paling banyak disebut bersama Joko widodo dalam 50 artikel.

Gambar 2. Jajaran

Status Erina sebagai menantu Jokowi kerap menjadi judul atau pun isi berita media massa. Topik politik dinasti masih erat kaitannya bila membahas keluarga Jokowi. Seperti yang diberitakan portal Fajar dan Pikiran Rakyat, bahwa pegiat media sosial Jhon Sitorus menyebut satu persatu keluarga Jokowi mulai terlibat politik, dan meminta mereka mempertahankan tradisi ini. Ia juga mengeluarkan kalimat satire yakni untuk melestarikan budaya nepotisme.

Gambar 3. Sampel berita

Sejumlah pengamat politik juga tampak meragukan pencalonan ini. Seperti yang diungkapkan Firman Noor selaku Pengamat Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dipilihnya Erina hanya berdasar popularitas semata. Ia pun menekankan bahwa terwujudnya demokrasi yang berkualitas ialah ketika partai mengusung nama yang mempunyai kepantasan etika dan kapabilitas, bukan sekadar popularitas.

Pandangan serupa juga dilontarkan Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama, Ari Junaedi. Dia mengaku kaget Partai Gerindra berani mencalonkan Erina, seolah Gerindra tak memiliki kader yang mumpuni sehingga harus mengandalkan figur yang dianggap laku. Ari bahkan mencap pencalonan ini sebagai lembar hitam dalam demokrasi di Indonesia apabila wacana ini benar-benar diwujudkan.

Kemudian beberapa partai politik juga turut bersuara atas mengudaranya wacana ini. Seperti dari Ketua PKS Mardani Ali Sera berpendapat se­harusnya partai politik mengusung kadernya sendiri. Ia pun mengaku PKS tidak berminat untuk mengusung Erina maju sebagai Bupati Sleman 2024.

Sedangkan Partai Golkar mengaku sudah memilih kadernya sendiri untuk maju Pilkada Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono menya­takan partainya sudah mengelu­arkan surat tugas kepada kader partai, jauh sebelum Pemilu 2024. Sementara itu Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, menanggapi isu ini berkata bahwa partainya masih belum bisa membicarakan apapun mengenai Pilkada 2024, tetapi semua warga negara berhak untuk memilih dan dipilih.

Gambar 6. Sampel berita

Partai Gerindra sendiri kemudian buka suara dengan munculnya berbagai sentimen negatif bahkan tudingan pelanggengan politik dinasti. Melalui Wakil Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY menyebut bahwa nama Erina muncul atas aspirasi dari masyarakat itu sendiri dan tidak ada dorongan dari Presiden Jokowi. Lebih lanjut, pihak Gerindra mengaku belum pernah melakukan pendekatan secara langsung kepada Erina. Beritanya dapat diamati pada gambar di bawah ini.

Kemudian nama Kaesang Pangarep muncul bersama Erina dalam 50 artikel. Erina sering disebut dalam artikel sebagai istri Kaesang lebih memberi sentimen positif dibandingkan ketika diberitakan bersama Jokowi. 

Tidak hanya dari Gerindra, Wanita yang pernah menjadi Diajeng Yogyakarta ini memperoleh dukungan dari Partai Amanat Nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Waketum PAN Viva Yoga Mauladi. Viva meyakini Erina setiap hari telah bergulat dan berdiskusi tentang politik. Sebab, Ia istri dari Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Pro-Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengakui bahwa narasi memajukan Erina baru berkembang di kalangan internal partai politik, belum dari orang yang bersangkutan secara langsung. Lebih lanjut Budi memaparkan bahwa Projo akan melaksanakan survei terkait nama-nama calon pemimpin daerah di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota yang dinilai punya rekam jejak strategis.

Wacana istri Kaesang turut masuk dalam bursa Pilkada Sleman dikarenakan faktor kecerdasannya. Seperti yang diungkapkan oleh Waketum Gerindra, Habiburokhman, bahwa Erina adalah sosok anak muda yang cerdas dan peduli pada soal-soal kerakyatan. Apalagi Gerindra merupakan partai yang mendorong kaum perempuan untuk mengisi jabatan publik.

Perbincangan Warganet X Terkait Wacana Pencalonan Erina Gudono

Selain melalui kanal pemberitaan Netray coba menjaring respon warganet X terhadap isu pencalonan Erina Gudono. Dengan menggunakan kata kunci erina serta erina gudono dalam sepekan pemantauan, hanya ditemukan 912 unggahan dari 555 akun memperbincangkan topik ini. Tak banyak warganet yang berkomentar terhadap isu ini. Sebagian besar unggahan diisi oleh akun-akun berita.

Gambar 11. Statistik perbincangan X topik erina gudono

Dapat dilihat pada jajaran akun terpopuler terlihat akun berita seperti CNNIndonesia, Kompas, hingga Tempo masuk dalam jajaran akun yang memperoleh reaksi dari warganet dalam jumlah ratusan.

Gambar 12. Jajaran akun populer

Sedangkan segelintir warganet memberikan opini negatifnya untuk Erina/ Seperti yang dituliskan akun @denismalhotra bahwa tak hanya Erina saja yang tak pantas jadi calon bupati namun satu keluarga Jokowi. Ia menekankan sebaiknya keluarga ini membuat perusahaan keluarga saja agar bisa dikelola suka-suka. Sedangkan akun @Fido_id_lebih menyoroti pihak partailah yang memunculkan isu ini justru akan merusak demokrasi Indonesia.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Bagi-Bagi Produk Gratis, Campaign #HariBebasBauBadan Deorex Tuai Pujian

Dalam memperingati hari jadi, PT Modiva International melalui brand Deorex merayakannya dengan membagikan ribuan produknya di 5 stasiun KRL. Pengumuman tersebut disambut antusias oleh warganet yang mengenal produk ini. Ribuan cuitan dengan dominasi sentimen positif dilayangkan untuk Deorex. 

Netray Media Monitoring memantau perbincangan warganet tentang produk tersebut di kanal Twitter dan TikTok. Hasilnya ialah ditemukan sebanyak 3,3 ribu unggahan yang mengandung kata kunci deorex. Dalam periode pemantauan 1-13 Maret 2024, unggahan-unggahan tersebut telah menarik perhatian warganet dengan perolehan impresi sebanyak 4,3 ribu reaksi. Cuitan tersebut diunggah oleh 1,9 ribu akun dengan potential reach mencapai 30,6 juta akun. 

Gambar 1. Statistik perbincangan warganet

Perbincangan warganet tentang produk ini tampak sejak awal pemantauan dengan jumlah 70 unggahan dalam sehari. Perbincangan bersentimen positif terlihat lebih dominan dibandingkan dengan unggahan bersentimen negatif. Lalu, tepat di hari H pembagian produk, perbincangan terkait kata kunci memuncak dengan jumlah unggahan mencapai 2,6 ribu dalam sehari. 

Gambar 2. Grafik intensitas perbincangan warganet
Gambar 3. Grafik sentimen trend perbincangan warganet

Unggahan-unggahan bersentimen positif tersebut berasal dari konten yang berisikan pujian terhadap Deorex. Tidak hanya mengapresiasi kegiatan bagi-bagi tersebut, warganet juga memberikan impresi positif terhadap produk antiperspirant ini. Kosakata seperti keren, lucu, rame, lumayan, cobain, hingga kaget mendominasi jajaran Top Words. 

Gambar 4. Jajaran kosakata dominan

Akun yang turut mempopulerkan kata kunci ini ialah sebagai berikut. Akun base bernama @txtdrjkt menjadi akun terpopuler berdasarkan total impresi. Akun ini mengunggah 1 cuitan berisikan himbauan kepada warganet agar datang ke 5 stasiun tersebut untuk meraih kesempatan mendapatkan produk Deorex. Dari unggahan tersebut, @txtdrjkt mendapat total impresi sebanyak 953 reaksi. Sementara itu, unggahan yang sama juga dinaikkan oleh akun base bernama @ohmybeautybank dengan raihan 927 impresi.

Gambar 5. Jajaran akun terpopuler berdasarkan popularitas
Gambar 6. Sampel unggahan dari akun TXT DARI JAKARTA
Gambar 7. Sampel unggahan dari akun GIVEAWAY ON PINNED

Sementara itu, jika dilihat berdasarkan jumlah unggahan, akun bernama @D4rmesta menjadi akun yang paling banyak mengunggah kata kunci ini. Dalam periode tersebut, @D4rmesta telah mengunggah sebanyak 26 cuitan terkait Deorex. Di salah satu unggahannya, Darmesta berbagi pengalamannya yang menjumpai tim Deorex tengah berbagi produk gratis di Stasiun Tangerang. 

Gambar 8. Jajaran top akun berdasarkan jumlah unggahan
Gambar 9. Sampel unggahan dari Darmesta Wijaya Kusuma

Selain menjadi slogan dalam memeriahkan hari jadinya, tagar #HariBebasBaubadan merupakan tagar populer yang dinaikkan warganet untuk menyambut produk gratis ini. Tidak hanya itu, tagar lainnya yang juga santer diunggah untuk meramaikan promosi ini ialah #8Maret dan #NoBodiesPerfect. 

Gambar 10. Jajaran top tagar
Gambar 11. Sampel unggahan tagar HariBebasBauBadan
Gambar 12. Sampel unggahan tagar 8Maret

Cara mempromosikan produk dengan membagikan secara gratis dinilai sebagai campaign yang kreatif bagi warganet. Terlebih lagi, lokasi pembagian yang dianggap tepat oleh warganet. Fasilitas dan tempat umum yang kerap digunakan dan juga didatangi ribuan orang per hari disinyalir sebagai lokasi yang pas untuk sebuah campaign. 

Gambar 13. Sampel unggahan tentang pujian ide kreatif
Gambar 14. Sampel unggahan tentang pujian ide kreatif
Gambar 15. Sampel unggahan tentang pujian ide kreatif

Antusiasme warganet juga terlihat dari unggahan yang berisikan pengalaman dalam berburu produk gratis ini. Ada yang rela berdesak-desakan, tetapi ada juga yang beruntung mendapatkan Deorex karena bertepatan saat dirinya sedang berada di stasiun tersebut. Warganet pun merasa senang atas bagi-bagi produk gratis tersebut. Bahkan tidak sedikit warganet yang mendapat lebih dari satu. 

Gambar 16. Sampel unggahan tentang pengalaman warganet mendapatkan produk gratis
Gambar 17. Sampel unggahan tentang pengalaman warganet mendapatkan produk gratis
Gambar 18. Sampel unggahan tentang pengalaman warganet mendapatkan produk gratis
Gambar 19. Sampel unggahan tentang pengalaman warganet mendapatkan produk gratis

Brand ini ternyata sudah memiliki pelanggan setia. Menurut warganet sebagai pengguna, Deorex tidak hanya memberikan wangi yang dapat bertahan lama. Akan tetapi, deodorant ini juga membuat ketiak penggunanya tampak lebih cerah. Bahkan tak sedikit warganet yang membandingkan produk ini dengan produk yang sebelumnya pernah digunakan.

Gambar 20. Sampel unggahan tentang keunggulan pemakaian
Gambar 21 Sampel unggahan tentang keunggulan pemakaian
Gambar 22. Sampel unggahan tentang keunggulan pemakaian

Akun Deorex Mendadak Ramai Diserbu Mentions

Akun resmi Deorex (@deorex_official) tampak aktif mengawal campaign ini di Twitter seperti yang terlihat pada Gambar 23 berikut. Namun, di hari H bagi-bagi sampel gratis, akun resmi Deorex (@deorex_official) banyak mendapat mentions dari warganet. Selama periode 1-13 Maret, mentions untuk Deorex memuncak pada 8 Maret dengan dominasi sentimen positif.

Gambar 23. Peak time postingan akun Deorex
Gambar 24. Peak time mention untuk Deorex

Warganet mengapresiasi aksi bagi-bagi sampel Deorex di stasiun KRL yang dinilai sebagai campaign kreatif dan bermanfaat. Beberapa warganet juga berterimakasih kepada deorex karena berhasil mendapatkan sampel gratis sehingga bisa mencoba produk Deorex.

Gambar 25. Account Monitoring Deorex

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

Ledakan Suara PSI Disambut Sentimen Negatif Warganet Twitter

Lonjakan hasil rekapitulasi suara PSI atau Partai Solidaritas Indonesia tengah mencuri atensi publik. Kenaikan angka yang signifikan dalam jangka waktu satu hari meninggalkan tanda tanya dan menimbulkan berbagai spekulasi negatif untuk KPU. Dugaan manipulasi hingga kecurangan terus tersiar di media bahkan dalam perbincangan warganet. 

Berdasarkan laporan KPU per 5 Maret 2024, partai yang diketuai oleh Kaesang tersebut telah memperoleh hasil sebesar 3,13 % atau 2,4 juta suara. Dari perolehan tersebut, PSI menduduki peringkat 10 atau tepat di bawah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memperoleh hasil 4,01%. 

Gambar 1. Hasil perolehan suara Pileg DPR per 5 Maret 2024

Berdasarkan perhitungan suara masuk yang masih dalam kisaran 65,89%, bukan tidak mungkin PSI masih bisa menembus ambang batas parlemen. Kenaikan signifikan dalam sehari tersebut pun saat ini menjadi perhatian dan ajang kritik bagi publik atas transparansi pemilu. 

Netray Media Monitoring turut memantau isu hangat ini pada kenal news dan Twitter (X). Hasilnya ialah sebagai berikut. 

Pemberitaan Media tentang Perolehan Suara PSI

Memantau dengan kata kunci PSI dengan periode pemantauan 29 Februari – 5 Maret 2024, Netray menemukan 1.125 artikel yang telah diterbitkan oleh 144 media daring Indonesia. Berdasarkan total unggahan, Tempo menjadi portal media yang paling banyak mengunggah artikel terkait kata kunci ini. Dalam periode pemantauan tersebut, Tempo telah menerbitkan sebanyak 82 artikel dan disusul oleh media Suara dengan unggahan sebanyak 72 artikel. 

Gambar 2. Statistik pemberitaan media

Pemberitaan media tentang partai ini terus merangkak sejak awal pemantauan dengan puncak pemberitaan di tanggal 4 Maret 2024. Di hari tersebut, kata kunci ini telah terbit dalam 342 artikel dengan artikel bersentimen negatif lebih dominan dibandingkan dengan artikel bersentimen positif ataupun netral. 

Gambar 3. Grafik intensitas pemberitaan media
Gambar 4. Grafik sentiment trend pemberitaan media

Tiga hari di awal pemantauan, PSI masih mendulang pemberitaan bersentimen positif. Artikel-artikel yang memuat tentang peroleh suara tersebut mendominasi pemberitaan. Bertambahnya perolehan suara PSI dari 2,85% hingga tembus 3,13% ini menyumbang sentimen positif bagi partai.

Gambar 5. Sampel berita tentang hasil real count
Gambar 6. Sampel berita tentang hasil real count

Tak berselang lama, berita bersentimen negatif mulai mendominasi pemantauan. Isu tentang dugaan kecurangan terus mencuat di berbagai pemberitaan media. Melansir dari iNews.id, pakar telematikan Roy Suryo berpendapat jika kenaikan suara yang diperoleh PSI dinilai tidak normal sehingga ia mendesak agar Bareskrim Polri mengaudit Sirekap milik KPU tersebut. d

Gambar 7. Sampel berita tentang adanya dugaan kecurangan
Gambar 8. Sampel berita tentang kesangsian publik atas hasil real count KPU

Perbincangan Warganet Twitter; Partai Salah Input

Ledakan suara PSI ini juga mencuri perhatian warganet Twitter, dengan kata kunci dan periode pemantauan yang sama dengan kanal news, Netray menemukan 220,3 ribu unggahan. Topik ini diperbincangkan oleh lebih dari 33 ribu akun dengan potential reach mencapai 166 juta akun. 

Gambar 9. Statistik perbincangan warganet Twitter

Unggahan terkait kata kunci ini terlihat terus merangkak naik sejak awal pemantauan dan memuncak di tanggal 3 Maret 2024. Dalam satu hari tersebut ditemukan sebanyak lebih dari 66 ribu unggahan dengan dominasi perbincangan bersentimen negatif sebanyak 41,9 ribu atau 63,2%. Tidak hanya di tanggal tersebut, sepanjang periode pemantauan topik PSI di kanal ini didominasi oleh unggahan-unggahan bersentimen negatif seperti gambar di bawah ini. 

Gambar 10. Grafik intensitas perbincangan warganet
Gambar 11. Grafik sentiment trend perbincangan warganet

Naiknya suara PSI dalam waktu yang singkat tersebut banyak mendapat sorotan negatif bahkan kritik dari warganet. Terlihat dari Top Complaints di bawah ini, kumpulan frasa negatif mendominasi jajaran tersebut. Sementara itu, jika dilihat dari jajaran Top Words Netray, perbincangan yang turut mendominasi perbincangan bersentimen negatif berasal dari kosakata penggelembungan, kecurangan, anomali, hingga salah

Gambar 12. Jajaran top complaint
Gambar 13. Jajaran kosakata dominan

Akun bernama @nabiylarisfa mengungkapkan pendapatnya tentang anomali perolehan suara PSI. Ia menilai bahwa lonjakan suara tersebut terlalu ‘ugal-ugalan’. Kritik lain berasal dari akun @inisifani yang memberikan pernyataan sarkas tentang hasil suara PSI yang menurutnya ‘tidak dapat dibendung’. Suara tersebut bukan murni dari TPS melainkan hasil perhitungan di tingkat PPK ke atas. 

Gambar 14. Sampel unggahan tentang kritik hasil real count
Gambar 15. Sampel unggahan tentang kritik hasil real count
Gambar 16. Sampel unggahan tentang kritik hasil real count
Gambar 17. Sampel unggahan tentang kritik hasil real count

Perbincangan warganet tentang anomali hasil suara PSI tidak hanya diresahkan oleh akun Nabiyla, seperti kumpulan cuitan di bawah ini. Hasil suara yang diperoleh PSI menjadikan warganet sangsi terhadap keakuratan Sirekap milik KPU. Tidak hanya itu, anomali ini juga berbuntut pada dugaan ‘campur tangan’ Jokowi dalam mengentas partai yang diketuai oleh putra bungsunya tersebut. 

Perbincangan sarkas semakin marak setelah adanya pendapat tentang ‘Partai Salah Input’ dan ‘sayang anak’. Dua istilah ini dinaikkan warganet sebagai bentuk kritik atas anomali tersebut. 

Kelakar warganet tidak hanya sampai disitu. Beragam julukan baru disematkan warganet kepada partai yang pernah dipimpin oleh Grace Natalie tersebut. Akan tetapi, julukan baru ini justru mengarah kepada hal yang negatif, seperti Partai Salah Input, Partai Simsalabim Indonesia, hingga Partai Suara Ilegal. 

Gambar 18. Sampel unggahan kritik warganet
Gambar 19. Sampel unggahan kritik warganet

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi