BerandaCurrent ReportDari Demo Kenaikan Harga BBM hingga Sentimen Negatif Untuk Puan

Dari Demo Kenaikan Harga BBM hingga Sentimen Negatif Untuk Puan

Published on

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memicu penolakan, sejumlah elemen masyarakat melakukan aksi demonstrasi menyuarakan protes. Demo kenaikan harga BBM pun menjadi topik yang cukup banyak diberitakan media online dan diperbincangkan di media sosial.

Netray Media Monitoring melakukan pemantauan bagaimana topik demo kenaikan harga BBM ini bergulir di media online dan media sosial. Dengan kata kunci demo && bbm ditemukan sebanyak 2.697 artikel yang menggunakan kata kunci tersebut di media online selama periode 1 September 2022 – 12 September 2022.

Gambar 1. Statistik Topik di Kanal News

Pemberitaan terkait isu ini ditulis oleh 110 media massa dengan kategori pemberitaan didominasi oleh Goverment dan Law. Selain itu, nampak 284 artikel tergolong ke dalam ketegori education lantaran aksi demo ini didominasi oleh kalangan mahasiswa yang terkumpul ke dalam perserikatan.

Demo kenaikan harga BBM mulai muncul di pemberitaan sejak awal bulan ini dan mengalami puncak pemberitaan di tanggal 6 September. Aksi demo yang digelar di depan gedung DPR pada tanggal tersebut. Dan pada saat yang sama jajaran DPR RI yang dipimpin oleh Puan Maharani tengah melakukan sidang paripurna.

Gambar 2. Peak Time

Jika dilihat berdasarkan hot issue pemberitaan topik “kenaikan harga BMM” menjadi top issue. Kemudian isu lain yang masuk dalam kategori hot issue adalah “kawasan Patung Kuda” dimana itu merupakan salah satu lokasi demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM setelah pemerintah resmi menetapkan kenaikan harga BBM pada tanggal 3 September 2022.

Gambar 3. Peta Hot Issue

Selain “kawasan Patung Kuda”, hot issue lainnya adalah “pergerakan mahasiswa Islam” yang dalam ini merupakan salah satu elemen masyarakat yang melakukan aksi demonstrasi. Kemudian, akibat dari aksi demo juga menjadi hot issue pemberitaan, yakni soal “arah lalu lintas” jadi issue yang banyak diberitakan.

Di luar mengenai topik utama temo yakni kaitanya kenaikan harga BBM, pemberitaan yang juga cukup menarik publik adalah soal perayaan ulang tahun Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung DPR RI saat masa aksi sedang melakukan demo di luar gedung DPR RI.

Gambar 4. Sampel berita Puan rayakan ulang tahun
Gambar 5. Sampel berita Puan rayakan ulang tahun

Demo Kenaikan BBM Ramaikan Twitter

Penolakan kenaikan BBM juga diramaikan warganet dalam kanal Twitter. Dengan kata kunci ‘tolak && bbm’ dan ‘demo && bbm’ ditemukan sebanyak 231.973 twit selama periode pemantauan 1-12 September 2022. Dari sekian ratus ribu twit, 45% di antaranya ialah twit bersentimen negatif.

Gambar 6. Peak Time dan Sentiment Trend di kanal Twitter

Perbincangan terkait penolakan dan demo menggema di kanal ini. Seruan tagar #batalkankenaikanbbm dan #dukungseptemberbergerak mendominasi topik ini. Terlihat dari jajaran kosakata di bawah ini, tagar tersebut berada dalam kumpulan Top Words bersama kosakata yang berkaitan.

Gambar 7. Jajaran Top Words

Tagar #batalkankenaikanbbm pertama kali ditwitkan oleh akun @Aspek_Indonesia dengan isi twit yang menyampaikan berita terkait adanya aksi demonstrasi yang akan digelar di depan gedung DPR. Twit tersebut masih mendapat sedikit impresi dari warganet dengan total hanya 14 retweet dan 22 likes.

Gambar 8. Sampel twit

Lalu, tagar ini diusung oleh akun @FPKSDPRRI di hari berikutnya dan mendapatkan ribuan impresi dari warganet. Twit yang berisi informasi tentang walk out-nya PKS dari ruang paripurna mendapat perhatian dari warganet hingga 14 ribu likes dan 4 ribu retweet. Selain itu, akun PKS lainnya mencuitkan bahwa wolk out-nya PKS dari rapat paripurna merupakan bentuk simpati atas keresahan publik terkait naiknya harga BBM.

Gambar 9. Sampel twit

Hujan Kritikan di Tengah Perayaan Ultah

Perayaan ulang tahun di tengah aksi unjuk rasa kenaikan BBM mendapat sorotan warganet. Alih-alih mendapat ucapan selamat, justru sentimen negatif menghujani sosok Puan Maharani. Kejutan di tengah rapat paripurna dan demo kenaikan BBM seharusnya menjadi senjata Puan untuk membentuk citra di saat publik mengidam-idamkan pemimpin baru. Warganet menilai momen tersebut merupakan ‘timing‘ yang pas apabila Puan ingin mengambill hati rakyat.

Gambar 10. Sampel Twit

Pencalonan Puan di Pilpres 2024 menjadi keraguan warganet. Perayaan di tengah demo penolakan menjadi bahan pertimbangan warganet dalam memilih Puan di ajang tersebut. Bahkan tak sedikit warganet yang mengingat kejadian dimana fraksi ini yang menangis keras di saat kenaikan BBM di era kepimpinan SBY.

Gambar 11. Sampel Twit

Warganet Keluhkan Kenaikan BBM

Berbagai keluhan disampaikan warganet pada akun Twitter masing-masing. Melalui pantauan Netray, komplain terkait susah, macet, phk, bahkan kecewa menduduki jajaran Top Complaint topik ini. Kekhawatiran adanya PHK besar-besaran dikeluhkan warganet atas kenaikan BBM.

Gambar 12. Jajaran Top Komplain

Selain itu, demo yang dilakukan sebagai bentuk penyampaian aspirasi tersebut justru dinilai menyusahkan masyarakat lainnya lantaran terjadinya macet akibat penutupan jalan. Tak hanya itu, macet yang ditimbukan oleh demonstran juga membuat warganet kesal karena harus menghabiskan BBM banyak yang diakibatkan oleh kejadian tersebut.

Gambar 13. Sampel Twit

Topik kenaikan BBM hingga kini masih santer diperbincangkan oleh warganet. Akun yang palinf banyak mendapat impresi terkait kata kunci ini ialah akun @QaillaAsyiqah dengan totalan mencapai 115.864 impresi. Lalu disusul oleh akun portal berita @CNNIndonesia. Sedangkan akun yang paling banyak mencuitkan kata kunci ini ialah akun @4DemocracyID yang mencuitkan sebanyak 996 twit.

Gambar 14. Jajaran Top Akun
Gambar 15. Jajaran Top Akun

Kenaikan harga BBM menjadi hal sensitif publik sehingga tak heran apabila dalam periode pemantauan topik ini berhasil menyentuh angka ratusan ribu twit. Keluhan kenaikan dan aksi demo di tengah perayaan ulang tahun pimpinan DPR RI menjadi hal yang paling disoroti publik lantaran momen tersebut dinilai tidak etis mengingat upaya publik yang tengah perjuangan menyampaikan aspirasi.

Demikian hasil analisis Netray, simak analisis terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Kritik Warganet Menyoal Fenomena Bandara Mati Suri

Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September 2022 belum lama berlalu. Menteri Perhubungan...

Melihat Impresi Mi Instan Favorit Warganet; Indomie vs Lemonilo

Praktis dan mudah disajikan membuat mi instan banyak digandrungi masyarakat. Tak heran bila kemudian...

Popularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

Tonight Show merupakan salah satu program di Net TV yang telah tayang sejak 27...
%d blogger menyukai ini: