-
Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay.
Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.
Cara Berlangganan Netray
1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register
2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.
4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.
5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.
8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.
11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.
Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.
-
Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.
1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.
5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.
6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.
Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.
7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.
8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.
Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)
1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keyword ‘psbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).
2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.
Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?
Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.
Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?
- Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
- Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
- Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
- Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
- Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
- Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
- Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
- Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.
-
Tren Sentimen Positif Demokrat Usai Resmi Dukung Anies

Partai Demokrat akhirnya resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. Hal ini disampaikan oleh Ketum Demokrat AHY pada 26 Januari 2023. Dukungan ini semakin menaikkan suhu menjelang tahun politik di 2024 mendatang. Warganet pun menanggapi dengan beragam komentar. Pendukung Anies pun kini turut mengucapkan terima kasih di media sosial mereka karena dukungan yang diberikan Demokrat kepada Anies Baswedan. Lalu apakah dukungan ini memengaruhi sentimen publik terhadap AHY dan Demokrat?
Netray mengamati perbincangan terkait topik ini untuk mengetahui sejauh mana perbincangan warganet berdampak pada tren sentimen Demokrat dan AHY. Dengan menggunakan kata kunci anies && demokrat selama 21–27 Januari 2023, berikut hasil monitoring Netray.


Gambar 1. Intensitas perbincangan warganet topik anies && demokrat Dari grafik di atas dapat diamati bahwa jumlah perbincangan melonjak pada 26 Januari 2023 ketika AHY membuat pernyataan tertulis terkait dukungan Demokrat kepada Anies. Pada tanggal tersebut tampak jumlah perbincangan warganet mencapai 4.711 cuitan dengan lonjakan signifikan sejak pukul 09.00 WIB. Dukungan Demokrat untuk Anies Baswedan disambut baik. Sentimen positif terlihat bergerak naik dan mencapai puncaknya di tanggal yang sama.

Gambar 2. Tren sentimen positif meningkat signifikan Sebagai tokoh politik populer nama Anies Baswedan tentu memiliki pengaruh terhadap perbincangan dan sentimen publik. Tak heran apabila isu yang melibatkan dirinya kerap memengaruhi tren sentimen yang berkembang di media sosial. Seperti halnya tren perbincangan dan sentimen untuk Nasdem yang mendadak melonjak signifikan di awal pendeklarasian Anies . Sentimen positif untuk Partai Demokrat pun kini melambung saat pernyataan resmi dukungan terhadap Anies diumumkan.
Melalui grafik pada Gambar 2 dapat diamati jumlah cuitan yang meningkat signifikan dengan garis sentimen positif yang melambung menjauhi garis sentimen negatif. Hal ini menunjukkan respons positif warganet saat Demokrat turut mendukung Anies Baswedan maju sebagai bakal capres (bacapres) 2024 mendatang seperti yang dilakukan oleh Nasdem sebelumnya.


Gambar 3. Cuitan dukungan warganet atas majunya Demokrat sebagai koalisi Nasdem Langkah Demokrat menegaskan posisi sebagai koalisi Nasdem dengan mengusun Anies sebagai bacapres membuat warganet kemudian bertanya-tanya soal sosok yang akan dipasangkan bersama Anies di 2024 mendatang. Sejumlah warganet menduga AHY-lah yang akan maju mendampingi Anies sebagai cawapres.


Gambar 4. Opini warganet soal sosok yang akan mendampingi Anies Baswedan Namun, ada juga warganet yang justru berpikir kemungkinan PKS resmi maju dalam koalisi ini sehingga AHY bisa saja tidak mendapatkan kursi cawapres melainkan kursi tersebut mengarah pada sosok Khofifah.
Jika pada cuitan populer ditemukan banyak dukungan terhadap AHY dan Demokrat pada media populer justru berbeda. Pada kategori media populer justru ditemukan beberapa hate speech yang ditujukan kepada AHY. AHY dinilai tidak akan diberi kesempatan untuk menempati kursi cawapres seperti yang dikehendaki oleh Demokrat. Selain itu, tampak sejumlah opini soal sosok AHY yang dinilai tidak memiliki prestasi selain karena merupakan anak dari SBY.


Gambar 5. Media populer Lalu pada akun populer dapat diamati sepuluh akun terpopuler pada topik ini yang didominasi oleh akun media pemberitaan dan pendukung Anies Baswedan seperti @JarnasABWBpn dan @Relawananies. Sebagian besar membahas dukungan Demokrat untuk Anies Baswedan dengan sentimen positif. Selain itu sejumlah akun media seperti @KompasTV, @tempodotco, @OposisiCerdas, dan @geloraco turut mempopulerkan topik ini.

Gambar 6. Akun populer 


Gambar 7. Sampel twit dari akun populer Pembahasan Media Pemberitaan: Anies, Demokrat Hingga Arah PKS

Gambar 8. Statistik pemberitaan Di media pemberitaan terdapat 827 artikel terkait Demokrat dan Anies yang berasal dari 104 media yang hampir seluruhnya masuk dalam kategori politik. Hal ini berkaitan dengan topik pembahasan soal partai dan tokoh politik yang melibatkan setidaknya 4.561 entitas.

Gambar 9. Grafik intensitas pemberitaan Seperti halnya di media sosial, intensitas pemberitaan di media daring juga mengalami peningkatan pada tanggal yang sama, yakni 26 Januari 2023. Pemberitaan ini didominasi oleh artikel bersentimen positif yang turut melonjak pada tanggal yang sama.


Gambar 10. Pemberitaan terkait Anies dan Demokrat Majunya Demokrat sebagai koalisi untuk mengusung Anies dinilai akan semakin memperkuat simpatisan untuk memenangkan Anies sebagai presiden dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Dukungan ini pun mendapat apresiasi dari Sudirman Said, Perwakilan Anies Baswedan dalam tim kecil untuk bakal Koalisi Perubahan. Meski demikian, AHY dikabarkan enggan bernegosiasi terkait cawapres yang nantinya akan dipasangkan dengan Anies.


Gambar 11. Pemberitaan terkait Anies dan Demokrat Selain Nasdem dan Demokrat, PKS juga dikabarkan akan segera mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Baswedan. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman. Jika dukungan tersebut benar adanya maka setidaknya di awal tahun 2023 ini sudah terdapat 3 partai yang berkoalisi mendukung Anies Baswedan untuk maju sebagai capres 2024.
Pada kategori Top People dapat diamati beberapa nama tokoh politik yang populer pada topik ini. Di urutan teratas terdapat nama Anies Baswedan, disusul AHY. Selain itu, tampak nama Prabowo Subianto dan Surya Paloh selaku ketua umum dari partai Gerindra dan Nasdem banyak disebut dalam artikel terkait koalisi dukungan untuk Anies Baswedan. Terutama saat Nasdem melakukan kunjungan ke Sekber Gerindra yang dinilai hanya sebagai gimik oleh pengamat karena Gerindra diketahui akan kekeh memajukan Prabowo sebagai capres di 2024 mendatang.



Gambar 12. Sampel berita Sementara pada Top Portal tampak Kompas menjadi media yang paling banyak menerbitkan artikel terkait Anies, diikuti oleh Suara dan Fajar.co.id.
Secara resmi, saat ini terdapat dua partai yang berkoalisi untuk Anies Baswedan yakni Nasdem dan Demokrat. Keputusan Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres menambah dukungan terhadap Anies sekaligus menaikkan sentimen positif untuk Partai Demokrat. Hal ini menandakan pesta politik sudah semakin dekat dan suhunya juga semakin hangat.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah
-
Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 23-29 Januari 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai perserta Pemilu 2024.
Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 23-29 Januari 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Gerindra merangsek ke posisi pertama diikuti Partai Nasdem di posisi kedua dan Demokrat di posisi ketiga.
Peringkat diduduki oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merosot karena pekan sebelumnya menempati posisi pertama. Kemudian di posisi kelima diduduki PKS. Sementara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada pekan ini terlempar dari lima besar, partai berlambang banteng itu menduduki peringkat keenam.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah -
Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 23-29 Januari 2023

Berdasarkan pantauan Netray, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok) selama periode 23-29 Januari 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo.
Jika dilihat dari periode sebelumnya, pekan ini selain AHY dan Prabowo Subianto yang masih konsisten di urutan satu dan dua, terdapat nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang mengalami kenaikan dibanding periode sebelumnya.
Dari pantuan Netray, konsistenya nama AHY dalam penyebutan di media massa online dan media sosial salah satunya dipicu peresmian dukungan terhadap bakal calon presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan. Nama AHY banyak disebut di media sosial baik dengan sentimen positif maupun negatif.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah -
Christine Hakim dan Jakarta Jadi Sorotan Warganet Kala Bahas Serial The Last of Us

Serial The Last of Us dari kanal TV kabel Amerika HBO (Home Box Office) telah menggegerkan warganet Indonesia. Pasalnya, serial ini menampilkan artis senior Indonesia Christine Hakim dan Yayu Unru. Christine Hakim berperan sebagai ahli mikologi dan Yayu berperan sebagai jenderal bintang 3. Serial yang mendapat sambutan hangat masyarakat Indonesia ini merupakan adaptasi dari video gim. The Last of Us menceritakan tentang petualangan orang-orang yang menghadapi wabah zombie agar tetap bisa bertahan hidup.
Dengan menggunakan kata kunci the last of us sepanjang periode 19-25 Januari 2023 ditemukan 6.363 twit dari 2.992 akun memperbincangkan serial ini. Topik ini menghasilkan 2 juta impresi dengan potensi jangkauan hingga 81,1 juta akun berbahasa Indonesia. Sentimen negatif dan positif tidak terpaut jauh, hanya selisih 192 twit lebih banyak sentimen negatif.

Gambar 1. Statistik perbincangan Twitter Perbincangan tampak melonjak sejak tanggal 23 Januari setelah episode 2 muncul dan mencapai puncaknya pada 25 Januari dengan total 2.170 twit. Top twit bersentimen negatif muncul dari akun @convomf yang menilai serial ini sebagai film tergaje (tidak jelas) karena zombie berasal dari pabrik tepung Jakarta bagian barat.
Kemudian top twit dengan sentimen positif tampak muncul dari akun @moviemenfes yang mengapresiasi tim produksi karena menyesuaikan latar waktu 2003 dengan menggunakan logo Kemenkes yang lama. Sedangkan top twit sentimen netral berasal dari akun @rohani_alip yang mencoba menerka virus zombie berasal dari Universitas Indonesia.

Gambar 2. Statistik peak time Jika dilihat berdasarkan jajaran kata teratas yang sering digunakan, kata episode, christine, dan indonesia menjadi yang paling banyak digunakan selama periode pemantauan.

Gambar 3. Jajaran Top Words Christine Hakim yang berperan menjadi ahli mikologi menuai banyak pujian dari warganet, mulai dari merasa bangga hingga mengomentari aktris senior yang tampak keren tersebut.

Gambar 4. Sampel twit kata ‘christine’ Kata “Jakarta” juga menarik perhatian warganet karena menjadi salah satu lokasi syuting film The Last of Us. Akun @moviemenfess mengaku penasaran terkait lokasi Jakarta bagian mana yang menjadi tempat syuting serial ini. Sementara akun @kemenparekraf turut meramaikan perbincangan ini dengan harapan agar Indonesia bisa semakin dikenal di kancah perfilman internasional.

Gambar 5. Sampel twit kata ‘jakarta’ Selain itu warganet pun tampak kagum karena latar tempat serial ini bisa mirip seperti keadaan pada tahun 2003, namun di sisi lain ada yang menyoroti harga makanan yang ditampilkan pada latar tempat warung terlalu mahal. Hal itu seperti yang dituliskan akun @cherriyy_ dan @yourkkryptonite.

Gambar 6. Sampel twit kata ‘jakarta’ Dengan kemunculan Jakarta, banyak pula warganet yang tak menyangka dan kaget bahwa Indonesia menjadi latar tempat serial internasional. Seperti dari akun, ia kaget karena dalam muncul ilmuan dari Universitas Indonesia (UI), faireuse juga merasakan hal serupa karena melihat Tanah Abang dalam serial ini.

Gambar 7. Sampel twit kata ‘kaget’ Kata ‘game‘ juga banyak diperbincangkan oleh warganet Indonesia. Mereka membandingkan alur cerita versi gim dengan cerita versi serial HBO. Akun @Cinefoxxid menekankan bahwa cerita versi serial lebih tegang dan tragis dibandingkan gimnya. Sementara akun @MySumatera merasa serial adaptasi gim ini tidak mengecewakan. Hal ini diamini juga oleh akun @OpiniTengahMlm bahwa The Last of Us tampak gokil dan mirip dengan cerita di video gim.

Gambar 8. Sampel twit kata ‘game’ Akun @rohani_alip menjadi akun yang paling populer sepanjang periode pemantauan. Akun ini mencoba menjelaskan jika Universitas Indonesia menjadi tempat berasalnya wabah jamur. Ia juga mengklaim bahwa akibat opininya tersebut banyak warganet percaya jamur tersebut berasal dari Depok bukan tempat lain.

Gambar 9. Jajaran Top Akun 
Gambar 10. Sampel Twit @rohani_alip Christine Hakim Dominasi Pemberitaan Media Daring Soal The Last of Us
Kemunculan serial The Last of Us ini juga turut meramaikan pemberitaan daring Indonesia. Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama, selama seminggu ditemukan 144 berita dari 41 berita. Kategori entertainment mendominasi pemberitaan dengan 128 berita, disusul kategori health & lifestyle dengan 9 berita, kategori technology dengan 4 berita dan kategori education dengan 3 berita.

Gambar 11. Statistik Pemberitaan Serial The Last of Us Kategori entertainment banyak membicarakan soal alur cerita, sinopsis dan pemeran dalam serial The Last of Us. Tak jauh berbeda dari Twitter, Christine Hakim juga menjadi sosok yang banyak dibahas oleh media pemberitaan. Salah satunya adalah perjalanan Christine ketika terlibat dalam serial tersebut, termasuk mengikuti syuting di Kanada bersama sang sutradara, Neil Druckmann.
Di kategori health & lifestyle, media banyak menyoroti fakta soal jamur Cordyceps yang menjadi sumber wabah zombie. Dalam dunia nyata, jamur ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China. Jamur yang tersebar di kawasan Asia Timur hingga Asia Tenggara ini memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.
Berdasarkan penelitian, jamur Cordyceps hanya bisa menginfeksi serangga dan memang terbukti membuat serangga menjadi seperti zombie. Meskipun begitu, jamur Cordyceps tidak memiliki efek buruk pada manusia ataupun mamalia lainnya. Hal ini seperti yang diberitakan oleh Kompas dan Medcom

Gambar 12. Sampel Berita Kompas 
Gambar 13. Sampel Berita Medcom Sementara di kategori technology media banyak menampilkan berita seputar fakta jamur Cordyceps yang ikut menginfeksi Google dalam menyambut rilisnya serial ini. Warganet yang melakukan pencarian The Last of Us dan memencet tombol jamur akan mendapati jamut Cordyceps tumbuh hingga memenuhi layar ponsel para penggunanya.

Gambar 14. Sampel berita Liputan6 
Gambar 15. Sampel berita Tribun Medan Di sisi lain, kategori education membahas tentang soal ilmuwan mikologi yang diperankan oleh Christine Hakim. Mikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu mengenai fungi atau jamur. Perintis ilmu mikologi di dunia adalah Pier Antonio Micheli, seorang ahli tumbuhan berbangsa Italia. Selaini itu ahli mikologi juga memiliki prospek pekerjaan yang besar karena dibutuhkan oleh perusahaan pertanian, makanan, dan farmasi.
Serial bertema zombie akhir-akhir ini memang sedang banyak muncul dalam dunia perfilman internasional. The Last of Us yang sebelumnya telah sukses pada dunia video gim berhasil diadaptasi oleh sutradara asal Amerika, Neil Druckmann. Keterlibatan artis senior asal Indonesia menambah ramai penonton serial ini serta disambut heboh oleh penonton Indonesia.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah
-
Eksistensi Superindo dan Transmart di Mata Warganet; Mana yang Lebih Menarik?

Superindo dan Transmart menjadi perbincangan warganet beberapa waktu lalu. Keduanya menduduki deretan trending topik Twitter dengan beragam topik pembahasan mulai dari harga, promo, diskon, dan berbagai aspek lainnya yang kerap menjadi pertimbangan warganet dalam memilih supermarket tersebut. Ulasan warganet ini menarik untuk dipantau. Kira-kira dari keduanya mana yang paling banyak dibahas dan apa saja yang menjadi sorotan?
Netray mengamati perbincangan warganet dengan menggunakan kata kunci superindo dan transmart selama sepekan, yakni 19-25 Januari 2023 untuk melihat seperti apa perbincangan warganet terkait dua brand supermarket tersebut.
Selama periode pemantauan, Netray menemukan sebanyak 3.263 twit dari 1,6 ribu akun membicarakan topik ini. Sentimen negatif terpantau lebih tinggi dengan total sebanyak 1.427 sementara sentimen positif hanya di angka 790 twit. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 2,8 juta yang berpotensi menjangkau hingga 11,1 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 1. Statistik perbincangan warganet Twitter Perbincangan topik ini meningkat signifikan pada 25 Januari 2023 sehingga sempat menduduki deretan trending topik. Jika sebelumnya, topik ini hanya dibicarakan di bawah 500 twit perhari, pada tanggal tersebut kata superindo dan transmart muncul dalam 1,8 ribu twit. Dari pantauan Netray, pada tanggal 24 Januari akun @Strategi_Bisnis membuat utas soal kondisi Transmart yang mulai meredup.

Gambar 2. Intensitas perbincangan warganet Di sisi lain, sejumlah akun menfess membuka obrolan seputar makanan siap saji yang tersedia di Superindo. Hal ini kemudian memantik perbincangan warganet terkait pengalamannya berbelanja dan menjajal makanan di Superindo hingga supermarket lainnya.

Gambar 3. Akun populer dan akun yang paling banyak disebut Dalam perbincangan topik ini, akun @Strategi_Bisnis menjadi akun yang paling populer dengan sejumlah twitnya soal Transmart yang meredup. Cuitan tersebut menjadi populer hingga akun ini mendapatkan impresi tertinggi dan berhasil menarik interaksi warganet untuk membicarakan soal pengalaman berbelanja di Transmart.
Sementara itu, sejumlah akun menfess seperti @SoloMenfess, @KediriFess hingga @FOOD_FESS masuk dalam deretan akun yang paling banyak disebut dengan topik perbincangan soal makanan siap saji di Superindo. Lalu, seperti apa pengalaman warganet terhadap masing-masing supermarket? Berikut ulasannya.
Superindo dan Makanan Siap Sajinya
Dalam pantauan ini, kata kunci superindo menghasilkan 1,469 twit dengan dominasi perbincangan bersentimen positif. Perbincangan soal Superindo melonjak sejak 24 Januari 2023 dan mencapai puncaknya pada 25 Januari 2023. Melonjaknya perbincangan ini dipicu oleh pembahasan seputar makanan siap saji di Superindo sehingga sentimen positif turut menanjak.

Gambar 4. Intensitas perbincangan warganet terkait Superindo Selain menyoroti makanan siap saji Superindo, pembahasan warganet soal supermarket tersebut dominan diisi oleh pengalaman positif. Hal ini dapat diamati dari sejumlah kata yang muncul dalam Top Words berikut.

Gambar 5. Kosakata populer Superindo Berbagai kosakata seperti promo, diskon, murah, dan lengkap masuk dalam deretan kata yang paling banyak ditwit soal Superindo. Pada periode ini warganet tampak lebih mengunggulkan Superindo karena dinilai menawarkan promo menarik dan barangnya dinilai lebih lengkap.




Gambar 6. Opini positif warganet terkait Superindo Pada periode ini perbincangan warganet terkait Superindo didominasi oleh topik seputar makanan siap saji yang dijual dengan murah oleh Superindo. Menurut warganet diskon yang diberikan di jam-jam tertentu tersebut dapat menjadi alternatif pilihan saat berburu makanan murah. Selain itu, promo berbagai produk lainnya juga turut menjadi daya tarik warganet untuk berbelanja di Superindo.
Sementara sentimen negatif topik Superindo berasal dari ragam komentar warganet yang menilai Superindo terkenal dengan harganya yang mahal. Hal tersebut diungkapkan oleh warganet yang pernah mencoba berbelanja di supermarket yang terkenal di wilayah Solo dan Jogja ini.


Gambar 7. Opini negatif warganet terkait Superindo Transmart dan Eksistensinya yang Kian Meredup
Selain Superindo, Transmart juga sempat menduduki trending topik Twitter. Kedua topik ini membuat warganet ramai membagikan penilaian mereka terkait kedua supermarket yang menjadi andalan. Berikut grafik perbincangan warganet terkait Transmart.

Gambar 8. Intensitas perbincangan warganet terkait Transmart Sama seperti Superindo, topik Transmart pada periode ini mengalami kenaikan sejak 24 Januari 2023 dan puncaknya terjadi pada 25 Januari 2023. Namun, berbeda halnya dengan Superindo yang didominasi oleh sentimen positif, topik terkait Transmart pada periode ini justru didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Bahkan jumlah tersebut tampak memiliki ketimpangan yang signifikan. Dari total 1.884 twit yang mencatut kata Transmart, 1.112 di antaranya bersentimen negatif, sedangkan hanya 365 twit yang masih mengandung opini positif.

Gambar 9. Kosakata populer Transmart Pada kosakata populer Transmart dapat diamati berbagai kata yang kerap digunakan warganet dalam membahas topik seputar Transmart. Kosakata tersebut meliputi murah, lengkap, harga, sepi, mahal, ribet, dan berbagai kosakata lainnya. Dari ulasan warganet yang terangkum dalam twit populer berikut, warganet menyoroti kondisi Transmart yang semakin sepi, kalah dengan supermarket lain.






Gambar 10. Opini warganet terkait Transmart Akun @himtoya menilai bahwa pencahayaan yang ada di Transmart terkesan agak redup sehingga dirasa kurang nyaman di mata sehingga tidak menarik untuk berbelanja. Selain itu, harganya yang tergolong mahal juga banyak ditemukan. Kata murah dan lengkap yang masuk dalam deretan Top Words soal Transmart setelah ditelusuri pun merujuk ke Superindo, bukan ke Transmart.
Jika dilihat berdasarkan total twit, perbincangan soal Transmart lebih tinggi ketimbang Superindo dengan perbandingan twit 1,8 ribu untuk Transmart dan 1,4 ribu untuk Superindo. Namun, jika dilihat dari kecenderungan sentimen, Superindo lebih unggul dengan sentimen positif yang mendominasi sedangkan Transmart dominan sentimen negatif.
Sebagian besar warganet menilai harga produk di Transmart terlalu mahal. Hal ini bisa menjadi alasan eksistensi Transmart kemudian menurun karena pelanggan di berbagai kota lebih memilih berbelanja di supermarket lainnya termasuk Superindo yang dinilai lebih murah dan lengkap.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah
-
Buntut Cak Nun Sebut Jokowi Firaun, Kata ‘Kesambet’ Naik di Twitter

Muhammad Ainun Nadjib atau yang kerap disapa Cak Nun sedang menjadi perhatian publik. Pemicunya adalah ceramah Cak Nun yang mengibaratkan presiden Joko Widodo sebagai Firaun. Ceramah ini ia sampaikan pada momen pengajian Maiyah di Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY, Sabtu 14 Januari 2023 malam.
Cak Nun telah memberikan klarifikasi terkait permasalahan ini. Ia meminta maaf dan mengaku kesambet saat memberikan ceramah. Kesambet dalam KBBI berarti sakit dan mendadak pingsan karena gangguan roh jahat. Namun, dalam konteks pembelaan Cak Nun yang disampaikan di kanal YouTube CakNun.com, kesambet yang dimaksud adalah ketidakmampuan diri untuk mengontrol ucapan yang seharusnya tidak diucapkan.
Klarifikasi tersebut disampaikan melalui kanal YouTube CakNun.com dengan judul “Mbah Nun Kesambet” pada Selasa 17 Januari 2023. Pasca naiknya video klarifikasi tersebut, selain topik Cak Nun yang menjadi populer, intensitas penggunaan kata ‘kesambet’ turut menanjak selama pemantauan.
Netray Media Monitoring memantau kata kunci cak nun dan kesambet untuk melihat bagaimana perbincangan warganet terkait permasalahan ini dengan periode 14-22 Januari 2023 di media sosial Twitter. Berikut hasilnya.

Gambar 1. Peak Time perbincangan Cak Nun 
Gambar 2. Peak Time kata kunci “kesambet” Perbincangan warganet terkait permasalahan ceramah Cak Nun terpantau mulai aktif dua hari setelah acara Maiyah digelar, yaitu pada Senin 16 Januari 2023 dengan kehadiran 4.831 twit yang mengandung kata kunci. Perbincangan pada saat itu masih dikuasai kata kunci cak nun, sedangkan kata kunci kesambet baru mulai ramai digunakan sejak hari Rabu 18 Januari 2023.
Hal tersebut dipicu oleh klarifikasi Cak Nun yang meminta maaf dan mengaku ‘kesambet’ karena mengucapkan hal yang tidak seharusnya diucapkan dalam ceramahnya sehingga menyakiti banyak orang. Perbincangan yang merujuk pada Cak Nun mencapai puncaknya pada 18 Januari 2023 dengan total 18.866 twit. Secara umum intensitas perbincangan terpantau mereda untuk beberapa hari setelahnya. Meskipun terhitung masih cukup tinggi hingga akhir periode pemantauan.
Selama sembilan hari pemantauan, Netray Media Monitoring mendapati 76.618 twit dengan kata kunci telah diunggah warganet. Impresi atas unggahan-unggahan ini terpantau sebesar 38,6 juta kali dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Secara potensial, perbincangan terkait ceramah Cak Nun dapat menjangkau setidaknya hingga 114,3 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Gambar 3. Statistik perbincangan warganet Secara garis besar, twit dengan sentimen negatif menguasai perbincangan. Totalnya mencapai angka 50.911 twit. Sedangkan sentimen positif hanya muncul di angka 12.809 twit saja. Sisanya adalah twit dengan sentimen netral. Twit dengan sentimen negatif juga memuncak pada tanggal 18 Januari 2023, bertepatan dengan melonjaknya perbincangan dengan kata kunci kesambet.

Gambar 4. Tren sentimen twit warganet Penyerang dan Pembela Cak Nun
Sejumlah akun terpantau mendominasi perbincangan dengan torehan impresi yang tinggi. Menempati posisi pertama adalah akun @ekowboy2 yang mengumpulkan setidaknya 30.328 total impresi. Akun ini membuat serangkaian twit yang sebagian besar membela Cak Nun.

Gambar 5. Grafik Top Accounts 

Gambar 6. Twit dari akun @ekowboy2 Yang menarik dari narasi yang dibangun @ekowboy2 adalah tak hanya membela Cak Nun, ia juga menyebut para penyerang sosok Cak Nun adalah gerombolan pendukung Ganjar Pranowo. @ekowboy2 melihat bahwa kelompok yang menyerang Cak Nun adalah yang juga terbiasa menghina Anies Baswedan.

Gambar 7. Nama Ganjar muncul dalam perbincangan isu ceramah Cak Nun 
Akun @Dennysiregar7 menjadi akun yang meraup impresi kedua terbanyak. Twit dari akun ini tampaknya memiliki visi yang berbeda dengan akun @ekowboy2. @Dennysiregar7 melihat bahwa ceramah Cak Nun yang menyebut Presiden Joko Widodo sebagai Firaun adalah sebuah kesalahan. Sebab bukan porsi Cak Nun untuk berbicara politik.

Gambar 8. Twit dari akun @Dennysiregar7 

Gambar 9. Twit dangan kata “kesambet” Unggahan-unggahan dari @Dennysiregar7 inilah yang secara tak langsung melambungkan kesambet sebagai buzzword atau istilah populer dalam konteks yang spesifik di linimasa Twitter. Twit yang ia buat pada tanggal 19 Januari 2023 menjadi twit paling populer. Bukan kebetulan juga apabila twit tersebut membuat perbincangan dengan kata kunci kesambet mencapai puncaknya di tanggal yang sama.
Istilah kesambet lantas menjadi istilah yang cukup populer digunakan netizen selama periode pemantauan. Kata ini paling banyak digunakan bersama firaun, presiden, dan jokowi yang merujuk pada ceramah Cak Nun.

Gambar 10. Grafik Top Words Sebagian besar masih digunakan untuk menyerang Cak Nun di linimasa Twitter. Seperti twit dari akun @AryPrasetyo_85 di bawah ini. Ia menyebut Cak Nun sebagai ‘bapak kesambet nasional’ sambil memintanya untuk menerima tantangan dari akun @03__nakula. Adapun tantangan tersebut adalah membuktikan apakah Jokowi sudah mengatur Pemilu 2024.

Gambar 11. Twit warganet dalam perbincangan isu Cak Nun 
Unggahan dengan nada serupa juga ditemukan dari akun @ch_chotimah2. Twit-twit ini membuat akun @03__nakula menjadi sosok yang kerap disebut warganet bersama sejumlah akun dan nama figur lainnya seperti Presiden Joko Widodo dan Anies Baswedan.

Gambar 12. Grafik Top People 

Gambar 13. Nama Anies ikut disebut warganet dalam perbincangan Kemunculan nama Anies di sini menarik karena posisinya sama seperti Ganjar Pranowo di depan tadi. Permasalahan penyebutan Joko Widodo sebagai Firaun oleh Cak Nun ternyata merembet ke sosok Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang kemungkinan besar tidak terlibat langsung hanya karena perbincangan ini diisi oleh kelompok-kelompok yang memiliki latar belakang mendukung masing-masing tokoh.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah
-
Pro Kontra Usulan Perpanjangan Masa Jabatan Kades 9 Tahun

Kepala Desa se-Indonesia mengadakan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR RI pada Selasa, 17 Januari 2023 menuntut perpanjangan masa jabatan. Mereka menuntut agar masa jabatan kepala desa (kades) diubah menjadi 9 tahun dengan maksimal 2 kali periode. Sebelumnya, masa jabatan kades adalah 6 tahun dengan maksimal 3 kali periode baik secara berturut atau tidak berturut seperti yang tercantum pada Undang-undang Desa No.6 tahun 2014 pasal 39.

Gambar 1. UU No. 6 tahun 2014 pasal 39 Menggunakan kata kunci kades && 9t ahun serta kepala desa && 9 tahun sepanjang periode 17-20 Januari 2023, Netray menemukan sebanyak 12,7 ribu twit dari 67 ribu lebih akun merespons topik ini. Adapun impresi topik ini adalah sebanyak 5,3 juta reaksi dengan potensi jangkauan hingga 88,7 juta akun.

Gambar 2. Statistik perbincangan topik Perbincangan topik kades 9 tahun didominasi oleh sentimen positif sebanyak 6.538 twit. Akun DPP PKB dan Kemndes PDTT menjadi beberapa penyumbang sentimen positif terpopuler. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar dan Fraksi PKB serta Menteri Desa PDTT Abdul Hakim, melalui akun resminya sepakat mendukung perpanjangan masa jabatan ini.

Gambar 3. Sampel twit positif 
Selain itu Olga Lydia seorang aktris sekaligus aktivis sosial melalui akun Twitternya @OlgaLy_DIA juga turut berkomentar soal usulan ini. Ia sepakat dengan periode jabatan 9 tahun dengan syarat satu kali periode saja karena dinilai lebih praktis. Sebab, perpanjangan masa jabatan menurutnya akan cenderung melahirkan dinasti politik.


Gambar 4. Sampel twit negatif 

Sebanyak 3.630 twit bersentimen negatif juga muncul dalam perbincangan. Twit negatif diwarnai oleh ketidaksetujuan warganet dengan tuntutan para kades di Senayan. Seperti yang dicuitkan @NenekMonica, baginya para kades yang mengikuti demo merupakan orang-orang yang rakus akan jabatan. Menurut pengamatan akun @4HurufNamaKu, sejumlah kades hanya mengejar dana desa untuk mengembalikan modal yang dipakai pada masa kampanye. Di sisi lain, seorang mantan kades @BahrinKarnadi juga turut bersuara karena merasa kasihan kepada warganya perihal periode jabatan kades yang terlalu lama.
Pantauan Pemberitaan Media Daring Isu Perpanjangan Masa Jabatan Kades
Netray Media Monitoring juga mencoba mengamati isu ini melalui kanal pemberitaan media daring. Dengan kata kunci dan periode pemantauan yang sama, ditemukan sebanyak 382 berita dari 104 media membahas tuntutan perpanjangan periode jabatan kepala desa ini.

Gambar 5. Statistik pemberitaan topik perpanjangan masa jabatan kades 
Gambat 6. Frekuensi pemberitaan selama pemantauan Intensitas pemberitaan paling tinggi terjadi pada tanggal 17 Januari 2023 ketika para kades berdemo di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. Sebanyak 148 berita muncul pada hari tersebut membahas soal kades dari berbagai provinsi yang ramai-ramai datang ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasinya seperti yang diberitakan TV One News.

Gambar 7. Sampel berita 
Pada hari yang bersamaan, Politikus Budiman Sudjatmiko dipanggil oleh Presiden Jokowi untuk membicarakan berbagai hal, salah satunya soal tuntutan para kades tersebut. Melalui Budiman yang juga sering mengurusi dan membantu masalah perdesaan, Jokowi telah menyatakan setuju untuk mengabulkan permintaan para kades.
Sepanjang periode pemantauan muncul pro dan kontra terhadap tuntutan para kades ini. Pihak yang pro alias mendukung aspirasi kades ini tampak datang dari kalangan pemerintahan seperti Menteri Desa Abdul Halim Iskandar serta Anggota DPR RI. Mendes bahkan memiliki pemikiran yang sama dengan para kades jauh sebelum aksi demonstrasi terjadi. Baginya perpanjangan periodisasi ini bisa menekan konflik pasca Pilkades. Ia menambahkan fakta bahwa konflik polarisasi usai Pilkades nyaris terjadi di seluruh desa.

Gambar. 8 Sampel berita 
Senada dengan Mendes, Anggota DPR RI, Charles Meikyansyah sepakat dengan tuntutan tersebut. Menurutnya, masa jabatan kepala desa yang hanya enam tahun dinilai terlalu pendek sehingga para kades terpilih belum bisa menyelesaikan rencana pembangunan desa.
Gelombang kontra datang dari banyak pihak seperti pengamat politik, akademisi, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Perpanjangan periodisasi kades dinilai tak menjamin keberhasilan dalam membangun desa menjadi lebih baik. Pakar Kebijakan Publik Universitas Jember Hermanto Rohman dikutip dari portal berita Antara menilai hal tersebut bergantung pada kemampuan kades dalam menyusun perencanaan yang matang serta gagasan inovasi dalam membangun desa.

Gambar 9. Sampel berita 
Analis Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menilai perpanjangan masa jabatan kades dapat merusak demokrasi. Sejatinya jabatan publik yang dipilih rakyat harus bergilir guna menghindari adanya kecenderungan korupsi dan otoritarian.
Sementara itu, dari kalangan mahasiswa, penolakan muncul dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Probolinggo. Menurut mereka, penambahan periodisasi kades menjadi sembilan tahun merupakan sebuah kemunduran. Hal itu dinilai dapat menyuburkan dinasti kades yang cenderung ingin mempertahankan kekuasaan. Menurut GMNI Probolinggo, banyak hal yang jauh lebih penting untuk diutamakan seperti kemiskinan, infrastruktur jalan maupun masalah pengangguran di desa.

Gambar 10. Sampel berita Sepanjang periode pemantauan terlihat Kompas menjadi portal yang paling banyak memberitakan isu perpanjangan masa jabatan kades sebanyak 20 berita, disusul oleh Solo Pos dan Detik masing masing sejumlah 14 berita.
Gambar 11. Jajaran top portal Dalam isu ini, Kompas lebih banyak menyajikan berita yang menolak atau pun tidak setuju terhadap perpanjangan masa jabatan kades. Melalui pendapat Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah, wacana tersebut dinilai justru akan mencederai undang-undang dan konstitusi. Menurutnya, permasalahan utama di desa adalah transparansi pengelolaan desa. Jika meminta pertambahan masa jabatan menjadi 9 tahun sebaiknya harus ada peningkatan kualitas terkait persyaratan seleksi menjadi kades.

Gambar 12. Sampel berita 
Sedangkan dari sisi yang pro terhadap wacana ini, Kompas menampilkan berita soal PDI-P yang mendukung usulan kades se-Indonesia itu. Ketua DPP PDI-P Said Abdullah akan mendorong revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 segera masuk ke Prolegnas prioritas 2023. Menurutnya perubahan masa jabatan kades menjadi 9 tahun memberikan kesempatan kepada kepala desa untuk merealisasikan janji kampanye dengan kecukupan waktu, tanpa terganggu persiapan kontestasi berikutnya.
Tuntutan perpanjangan masa jabatan kepala desa ini bukanlah hal yang baru. Jika menilik ke belakang, periodisasi masa jabatan kepala desa ini sempat mengalami beberapa kali revisi.Sebelum ditetapkan menjadi 6 tahun masa jabatan, kepala desa menjabat selama 5 tahun.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah
-
Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 16-22 Januari 2023

Berdasarkan pantauan Netray, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Prabowo Subianto, dan Muhaimin Iskandar mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok) selama periode 16-22 Januari 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Anies Baswedan dan Erick Thohir.
Jika dilihat dari periode sebelumnya, pekan ini selain AHY dan Prabowo Subianto yang masih konsisten di urutan satu dan dua, terdapat nama Muhaimin Iskandar yang melesat naik di urutan tiga setelah pada beberapa periode sebelumnya namanya tak pernah masuk dalam deretan lima besar.
Dari pantuan Netray, naiknya penyebutan untuk Muhaimin Iskandar pada pekan ini dipicu oleh melonjaknya perbincangan soal Muhaimin di Twitter pada 21 dan 22 Januari 2023 dengan narasi politik kesetaraan dan perayaan Imlek. Topik Muhaimin pada periode peak tersebut disebut hingga 20 ribu twit perhari padahal sebelumnya penyebutan untuk Muhaimin tak sampai 500 twit perhari.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Irwan Syambudi -
Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 16-22 Januari 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi, Netray kembali memasukkan Partai Ummat dalam pemantauan terbaru.
Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 16-22 Januari 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali menduduki peringkat satu diikuti oleh Partai Gerindra di posisi dua, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada posisi ketiga dan Demokrat pada posisi keempat.
Dari pantauan Netray, naiknya penyebutan untuk PKB terjadi secara masif di Twitter khususnya pada periode 16-18 Januari yang berisi dukungan positif untuk Muhaimin Iskandar dan PKB secara umum. Penyebutan untuk PKB di Twitter pekan ini mencapai 134 ribu twit. Sementara parpol lain hanya meraih penyebutan di bawah 50 ribu twit selama sepekan.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Irwan Syambudi -
Menilik Efek Instan Bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) resmi bergabung ke Partai Golkar pada Rabu, 18 Januari 2023. Nama Ridwan Kamil yang sebelumnya digadang-gadang masuk dalam daftar tokoh bakal Capres Pilpres 2024 itu langsung memberikan efek positif terhadap partai berlambang beringin.
Ridwan Kamil telah diberi jabatan strategis sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, dan langsung memberikan dampak instan. Berdasarkan Pantauan Netray di media sosial Twitter, banyak kata-kata dukungan untuk RK maupun Golkar.
Netray memantau dengan kata kunci Ridwan Kamill && Golkar dan RK && Golkar, dari 13-19 Januari 2023 menemukan sebanyak 8.591 twit yang terjaring. Topik pengukuhan Ridwan Kamil sebagai anggota Partai Golkar didominasi oleh twit bersentimen neutral sebanyak 6.138 twit atau 71,4%. Sisanya, 1.968 twit bersentimen positif dan 485 twit bersentimen negatif. Perbincangan terkaitkata kunci tersebut mencuri perhatian lebih dari 1.717 akun. Bahkan topik ini mampu menjangkau hingga 93,3 juta akun.
Gambar 1. Statistik perbincangan di Twitter Perbincangan tentang RK ini sudah muncul sejak awal pemantauan. Perbedaannya ialah peak time perbincangan warganet Twitter terjadi pada 19 Januari 2023, sehari setelah pengumuman bergabungnya RK ke Golkar. Pada 18 Januari 2023 twit dari akun @maspiyu_aja menjadi twit yang paling banyak mendapat impresi pada hari H pengumuman. Sedangkan pada peak time perbincangan, twit dari akun portal @CNNIndonesia yang menyebutkan jika modal RK dalam memenangkan Golkar adalah jumlah followers menjadi twit terpopuler pada hari tersebut.

Gambar 2. Peak Time perbincangan di Twitter Tak hanya berisikan twit pengukuhan RK ke Partai Golkar, dalam topik ini warganet juga santer mencuitkan dukungan kepada Golkar usai bergabungnya RK. Terlihat dari jajaran Top Words di bawah ini, tagar-tagar dukungan, seperti bersamajuara, airlanggauntukindonesia, airlanggapemersatu, welocemridwankamil, golkarsolid, dan airlanggapresiden mendominasi kata yang digunakan warganet.

Gambar 3. Jajaran Top Words Pendukung Ridwan Kamil Ikut Dukung Golkar
Ucapan selamat mengalir dari warganet atas merapatnya RK ke Golkar. Bergabungnya RK ke partai berlambang beringin inidiharapkan warganet agar semakin memperkuat basis Golkar di Jawa Barat dan memunculkan kader-kader terbaik lainnya. Tak hanya itu, pengemar RK juga menyatakan siap mendukung di partai manapun. Twit-twit semacam itulah yang menjadi penyumbang sentimen positif dalam topik ini.


Gambar 4. Sampel twit Akan tetapi, perbincangan bersentimen negatif juga tak dapat terelakkan. Seperti halnya yang ditwitkan oleh akun @Miduk17 yang mengatakan bahwa RK merupakan ‘master of kutu loncat’. Ungkapan tersebut tersemat lantaran RK dinilai sebagai sosok yang sering bergonta-ganti atau keluar masuk beberapa partai. Selain itu, followers RK yang disebutkan puluhan juta disangsikan warganet karena berdasarkan hasil survei Partai Golkar bahkan dikalahkan oleh PKS.


Gambar 5. Sampel twit Pinangan Golkar terhadap RK disebut-sebut sebagai salah satu strategi untuk mendongkrak elektabilitas partai. Gubernur Jawa Barat berfollowers 30 juta akun ini dengan percaya diri bakal mampu membawa Golkar berjaya pada ajang Pilpres 2024. Namun, isu tak sedap pun tetap berhembus atas pengukuhan RK oleh Golkar ini. Kesangsian atas keyakinan RK dalam mengangkat Golkar pada bursa Pilpres 2024 dan juga stigma lantaran RK bergabung melalui ‘jalur khusus’ menjadi isu negatif yang juga mengawal pemberitaan ini.
Menilik dari Pemberitaan Media Soal Ridwan Kamil ke Golkar
Untuk melihat seberapa jauh pemberitaan media terkait bergabungnya Ridwan Kamil ke Golkar, Media Monitoring Netray juga melakukan pemantauan media massa daring dengan kata kunci Ridwan Kamil && Golkar. Dalam periode pemantauan 13-19 Januari 2023, Netray menemukan sebanyak 907 artikel yang telah dituliskan oleh 117 media berita daring. Media berita yang paling intens memberitakan topik ini ialah Tribun News dengan total artikel sebanyak 64. Lalu, portal berita selanjutnya adalah Kompas sebanyak 43 artikel dan Warta Ekonomi sebanyak 37 artikel.

Gambar 6. Statistik pemberitaan 
Gambar 2. Jajaran Top Portal Kata kunci Ridwan Kamil && Golkar telah muncul pada awal pemantauan dengan pemberitaan yang berisikan tentang isu keanggotaan Ridwan Kamil dalam Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro 1957) yang secara otomatis menjadikannya sebagai kader Golkar. Isu ini menurun hingga tanggal 15 Januari 2023. Setelah itu, kembali mulai merangkak naik di hari berikutnya masih dengan dominasi pemberitaan bersentimen neutral.

Gambar 7. Sampel berita 
Lalu, pemberitaan memuncak di tanggal 18 Januari 2023 pukul 19.00-20.00 WIB. Puncak pemberitaan ini terjadi setelah Airlangga Hartato resmi mengumumkan bergabungnya Ridwan Kamil ke Golkar. Dari 907 pemberitaan, 432 di antaranya merupakan berita yang memiliki sentimen positif bagi Ridwan Kamil dan hanya 28 artikel yang terindentifikasi sebagai berita negatif.

Gambar 8. Peak Time dan Sentiment Trend pemberitaan Pemberitaan yang menjadi penyumbang sentimen negatif pada topik ini salah satunya ialah berita yang menyebutkan bahwa kehadiran Ridwan Kamil dalam Golkar merupakan bukti kegagalan kaderisasi. Pemilihan kosakata dalam headline berita yang menyatakan ‘kegagalan’ tentu saja memberikan dampak negatif pada sosok RK. Bagaimana tidak? Masuknya RK yang disinyalir melalui jalur ‘khusus’ ini menambah isu tak sedap. Seperti halnya yang dikatakan Pengamat Politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam berita Jawa Pos. Pangi menyebutkan bahwa kehadiran Ridwan Kamil dalam jalur eksklusif tersebut berpotensi dapat menimbulkan kecemburuan dalam internal partai.

Gambar 9. Sampel berita 
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Irwan Syambudi
Home Home









