HomeCurrent ReportKontribusi Erick Thohir dalam Harlah NU Tuai Sorotan Media dan Warganet

Kontribusi Erick Thohir dalam Harlah NU Tuai Sorotan Media dan Warganet

Published on

Puncak Harlah NU yang dibarengi dengan guyuran hujan tak menyurutkan antusiasme nahdliyin untuk merayakan momen satu abad NU. Ribuan jemaah memadati Stadion Delta, Sidoarjo pada 7 Februari 2023. Tak hanya itu, warganet pun turut memeriahkan momen ini di kanal Twitter dengan puluhan ribu twit yang sempat terekam di trending topik pada hari tersebut. Menariknya, meski merupakan agenda keagamaan, topik ini dominan disinggungkan dengan ranah politik.

Memantau dengan kata kunci NU dan nahdlatul ulama, Netray Media Monitoring menemukan sebanyak lebih dari 117,3 ribu twit dalam periode pemantauan 2-8 Februari 2023. Kata kunci ini telah muncul sejak hari pertama pemantauan dan memuncak di tanggal 7 Februari 2023 ketika Harlah digelar. Kata kunci yang ditwitkan lebih dari 35,7 ribu akun ini mampu menjangkau hingga 270 juta akun.

Gambar 1 Statistik Perbincangan di Twitter

Topik perayaan satu abad NU didominasi oleh sentimen positif yang berjumlah 50,3 ribu twit atau 43% dari keseluruhan twit. Ucapan dan harapan warganet terhadap organisasi Islam ini dituangkan secara serempak pada hari tersebut. Tak hanya masyarakat umum, jajaran pemerintahan pun turut memberi jejak twitnya di hari H perayaan. Terlihat pada gambar di bawah ini, peak time perbincangan terkait kata kunci terjadi di tanggal 7 Februari dengan total twit 57.286 twit perhari.

Gambar 2 Peak Time Perbincangan di Twitter

Twit terpopuler dari kalangan politisi berasal dari akun resmi milik Anies Baswedan yang turut memberikan ucapan selamat kepada NU. Tak hanya Anies, musisi Addie MS yang juga menjadi pengisi di acara puncak Harlah pun turut membagikan pengalaman atau kesan positifnya saat mengaransemen Sholawat Asyghil.

Gambar 3 Sampel Twit
Gambar 4 Sampel Twit
Gambar 5 Sampel Twit

Meski didominasi oleh sentimen positif, cuitan bernada negatif juga masih ditemukan dalam topik ini. Salah satunya ialah perihal keluhan warganet saat acara berlangsung. Macet menjadi komplain yang paling banyak digemakan warganet. Kemacetan di Sidorajo dinilai lebih parah oleh warganet lantaran adanya kegiatan ini. Bahkan warganet juga menyebutkan bahwa untuk berjalan kaki pun warganet merasa kesulitan.

Gambar 6 Jajaran Top Complaints di Twitter
Gambar 7 Sampel Twit
Gambar 8 Sampel Twit

Erick Thohir Jadi Sorotan Warganet

Tak melulu menyoal ucapan dan harapan untuk NU, beberapa politisi juga menjadi sorotan seperti yang ditampilkan pada jajaran Top People di bawah. Nama Erick Thohir, Prabowo, Cak Imin, dan Ganjar menjadi perhatian warganet pada topik ini. Para pendukung tokoh politisi ini menggunakan momentum Harlah untuk ‘numpang’ menyuarakan dukungannya, seperti memberikan twit bersentimen positif terhadap sosok-sosok tersebut.

Gambar 9 Jajaran Top People di Twitter
Gambar 10 Sampel Twit
Gambar 11 Sampel Twit

Erick Thohir yang kebetulan berperan sebagai ketua panitia turut menjadi sorotan. Pujian menghampiri sosok Erick Thohir lantaran acara puncak yang berlangsung pada 7 Februari tersebut dinilai sukses oleh warganet. Kesuksesan Erick dalam merangkai acara tersebut dielu-elukan oleh warganet sehingga sentimen positif dari sosok ini menjadi penyumbang dalam topik Harlah NU.

Gambar 12 Sampel Twit

Meski demikian, twit bersentimen negatif juga datang dari entitas ini. Kehadiran dan keikutsertaan Erick Thohir dalam perhelatan tersebut dinilai negatif oleh warganet bahkan Erick Thohir dianggap sebagai ‘penumpang gelap’ pada perayaan seabad NU. Warganet menilai keikutsertaan Erick tersebut sebagai tunggangan atau untuk kepentingannya dalam Pilpres 2024.

Gambar 13 Sampel Twit
Gambar 14 Sampel Twit

Tak hanya perihal ‘cawe-cawe’ dalam perayaan NU, warganet juga menyoroti sambutan Erick pada acara tersebut. ‘Ketidakfasihan’ Erick Thohir dalam mengucapkan salam khas NU yang berbahasa arab banyak menuai atensi. Tak sedikit warganet yang memberikan kritik hingga mencela hal tersebut. Namun, ada juga warganet yang memberikan twit positifnya seperti yang diungkapkan oleh akun @pengarang_sajak. Dalam twitnya tersebut @pengarang_sajak menyebutkan bahwa Erick Thohir berani tampil dengan percaya diri meskipun ia belum fasih dalam berbahasa Arab.

Gambar 15 Sampel Twit
Gambar 16 Sampel Twit

Erick dalam Sorotan Media Berita

Tak hanya menjadi sorotan warganet Twitter, nama Erick Thohir ternyata juga menjadi perhatian media berita online. Memantau dengan kata kunci nahdlatul ulama dengan periode yang sama dengan kanal Twitter ditemukan sebanyak 2.179 artikel dari 154 portal media. Dari jajaran Top People nama Erick menjadi sosok yang disoroti setelah Presiden Jokowi dan Gus Yahya.

Gambar 17 Statistik Pemberitaan
Gambar 18 Jajaran Top People di News

Sama dengan sorotan warganet Twitter, media berita juga menyoroti kesuksesan Erick dalam merangkai acara Harlah tersebut. Menariknya, topik ini paling banyak disinggungkan dengan ranah politik ketimbang keagamaan. Bahkan salah satu headline berita menyebutkan bahwa kesuksesan Erick melancarkan hajat tersebut menjadikan hubungan Erick dan NU semakin ‘klop’.

Gambar 19 Sampel Berita

Efek dari kontribusi Erick terhadap acara NU memunculkan narasi di media pemberitaan bahwa Erick memiliki potensi besar dalam bursa Pilpres 2024. Kedekatan Erick dengan NU yang memiliki jumlah jemaah puluhan ribu ini dianggap dapat memberikan keuntungan terkait elektabilitasnya. Seperti yang dikatakan oleh Mohammad Sobari dalam artikel di bawah, Erick Thohir dinilai telah mendapatkan dukungan dari organisasi Islam terbesar di dunia dan Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama (NU). Banyaknya dukungan ini juga disebabkan oleh keberhasilan Erick dalam menyelesaikan tugas strategis dari Presiden Jokowi.

Gambar 20 Sampel Berita
Gambar 21 Sampel Berita

Keberhasilan Erick Thohir dalam merangkai acara Harlah ini memberikan sumbangan positif pada topik ini sekaligus terhadap sosok Erick Thohir secara personal. Tak hanya nahdliyin, kalangan menteri hingga komunitas Barikade Gus Dur turut mengapresiasi kinerja dari Menteri BUMN ini.

Gambar 22 Sampel Berita
Gambar 23 Sampel Berita

Satu abad NU menjadi salah satu momen besar bagi komunitas Islam terbesar di Indonesia. Tak hanya dibicarakan sebagai agenda organisasi keagamaan, topik ini juga diliputi oleh isu-isu politik. Kehadiran dan keterlibatan tokoh politik di dalamnya menjadi sorotan hingga dinilai sebagai ajang mencari massa menuju pesta demokrasi 2024. Salah satu yang paling banyak disebut adalah sosok Erick Thohir dengan segala opini pro kontra yang bergulir.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: