HomeCurrent ReportSedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Published on

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak perusahaan JD.com ini akan menyetop pesanan per 15 Februari 2023. Hal tersebut secara sah disampaikan pada web resmi mereka sejak 30 Januari 2023. Atas pengumuman ini warganet pun ramai memperbincangkan pemberhentian e-commerce tersebut.

Memantau dengan kata kunci jd.id dan jd && id, Netray Media Monitoring menemukan 1.621 twit dengan total impresi mencapai 107,2 ribu reaksi dalam periode 29-31 Januari 2023. Dari twit tersebut, 668 twit merupakan twit bersentimen negatif dan 332 twit bersentimen positif. Perbincangan terkait kata kunci ini bahkan mampu menjangkau hingga 10,9 juta akun.

Gambar 1 Statistik Perbincangan di Twitter

Topik ini ramai disoroti warganet pada hari H pengumuman tersebut diluncurkan. Akun yang pertama kali mencuitkan berita tersebut ialah akun @herrysw. Dalam twitnya tersebut Herry SW mengucapkan selamat tinggal pada JD.ID dan sekaligus memberikan kritikan berdasarkan pengalaman yang ia dapat. Twit ini pun mendapat ratusan impresi dari warganet. Setelahnya, topik ini menjadi trending di Twitter dengan capaian 1.149 twit per hari.

Gambar 2 Peak Time Perbincangan

Selanjutnya topik ini semakin ramai disoroti warganet setelah akun @txtfrombrand juga membagikan potongan gambar yang berisikan berita perihal tutupnya layanan jual beli online ini. Dari twitnya tersebut txtdaribrand mendapat ribuan impresi, di antaranya 1.258 komentar hingga 13.765 likes dan 3.709 retweet.

Gambar 3 Twit Terpopuler

Perbincangan warganet didominasi oleh kesan-kesan warganet terutama konsumen JD.ID. Seperti yang terlihat pada jajaran Top Words di bawah ini, terdapat kosakata murah, cepat, bagus, bahkan andalan. Warganet yang pernah menggunakan layanan ini pun merasa sedih atas keputusan penutupan layanan e-commerce ini.

Gambar 4 Jajaran Top Words

Ongkir Murah dan Barang Ori Jadi Nilai Plus JD.ID

Populer dengan tagline “Dijamin Ori” marketplace dari anak perusahaan China ini mendapat kesan baik dari penggunanya. Bahkan tak sedikit warganet yang menyatakan bahwa JD.ID menjadi andalan mereka dalam memilih layanan jual beli online karena kualitas barang yang ditawarkan merupakan barang asli atau original. Tak heran jika banyak warganet yang menyayangkan kabar penutupan ini.

Gambar 5 Sampel Twit
Gambar 6 Sampel Twit

Tak hanya terkenal dengan kualitas barangnya yang original, e-commerce ini juga dikenal sebagai layanan yang memiliki biaya ongkos kirim atau ongkir yang murah. Demikian halnya dengan kecepatan pengiriman yang juga menjadi nilai tambah dari layanan JD.ID. Beberapa warganet bahkan membandingkan biaya layanan ini dengan kompetitor lainnya.

Gambar 7 Sampel Twit
Gambar 8 Sampel Twit

Selain memberikan impresi positif, sejumlah warganet juga memberikan impresi negatif terkait topik ini. Salah satunya adalah menyangkut kabar penutupan marketplace ini yang terakumulasi dalam deretan Top Complaints. JD.ID yang merupakan perusahaan joint venture dari JD.com dan Provident Capital Partner memiliki jumlah karyawan mencapai ribuan. Hal ini tentu saja berdampak besar jika terjadi penutupan.

Gambar 9 Jajaran Top Complaints

Tak hanya mengeluhkan perihal PHK yang terjadi di dalam perusahaan, warganet juga merasa kecewa atas keputusan tersebut. Bahkan warganet juga memberikan pengalamannya perihal proses perekrutan di perusahaan ini yang pada akhirnya membuat ia merasa kecewa dan kesal.

Gambar 10 Sampel Twit
Gambar 11 Sampel Twit

Pada topik ini, akun yang paling banyak mendapat impresi dari twit yang berkaitan dengan kata kunci ialah akun @txtfrombrand dengan total impresi mencapai 18 ribu lebih reaksi. Lalu, yang kedua ialah akun @MafiaWasit dengan total impresi mencapai 994 reaksi. Twit terpopuler dari akun @MafiaWasit ialah twit yang berisikan ucapan belasungkawa atas penutupan tersebut. Selain itu, ia menambahkan opininya soal kondisi e-commerce yang sedang tidak baik.

Gambar 12 Jajaran Top Accounts by Popularity
Gambar 13 Akun @MafiaWasit

Pengumuman penutupan e-commerce raksasa ini disayangkan oleh warganet terutama mereka yang pernah menjadi konsumen. Biaya layanan hingga kualitas dari JD.ID dinilai lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya. Namun, keputusan penutupan e-commerce ini telah disahkan dan secara resmi akan berhenti pada 31 Maret 2023.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Menilik Topik dan Popularitas Perbincangan Kuliah Kebangsaan Ganjar dan Anies di YouTube

Mahkamah Konstitusi memperbolehkan kampanye Pemilu dilakukan di Lembaga Pendidikan dengan izin dan tanpa atribut....

Analisis Komentar YouTube 3 Bacapres Bicara Gagasan Mata Najwa

Tiga bakal calon presiden, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto menyapa publik dalam...

Mengamati Pembahasan Media Massa dan Reaksi Warganet Kala Demokrat Merapat Ke Prabowo

Setelah sebelumnya merasa dikhianati oleh Anies Baswedan, Partai Demokrat secara resmi merapat ke capres...
%d bloggers like this: