HomeCurrent ReportProduk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Published on

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal ampuh dalam mengatasi garis halus hingga pori-pori besar retinol kini semakin digandrungi oleh pengguna skincare. Maraknya tren skincare belakangan membuat variasi konsentrasi dalam berbagai produk pun turut meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, beragam brand skincare di Tanah Air pun tumbuh dengan subur. Belakangan brand skincare dengan kandungan retinol juga turut meramaikan tren pasar skincare Indonesia dan menjadi perbincangan warganet di Twitter.

Netray mengamati perbincangan warganet Twitter tentang topik seputar retinol dengan kata kunci retinol sejak 23-31 Januari 2023. Dalam waktu sepekan pemantauan, intensitas perbincangan tergolong tinggi.

retinol
Gambar 1. Infografik Twitter

Di Twitter perbincangan terkait retinol mencapai 5.152 twit dengan didominasi oleh sentimen positif. Perbincangan ini pun mendapatkan 508,2 ribu impresi warganet yang berpotensi menjangkau 18,3 juta akun pengguna Twitter. Perbincangan menjurus soal retinol sebagai bahan aktif yang banyak digemari bukan hanya karena dinilai ampuh mengatasi jerawat namun juga dinilai dapat mengatasi penuaan dini.

Gambar 2. Intensitas perbincangan warganet

Jika diamati melalu grafik di pada Gambar 2. tampak intensitas perbincangan warganet terkait retinol muncul setiap harinya. Namun, perbincangan tersebut pun tampak mulai merangkak naik sejak 24 Januari 2022 hingga pada 31 Januari 2023. Perbincangan ini pun didominasi oleh sentimen positif yang menandakan warganet impresi yang baik terkait retinol. Lalu apa sajakah yang menjadi perbincangan warganet?

Gambar 3. Kosa kata populer

Melalui kosakata populer dapat ditemukan berbagai kata yang kerap digunakan warganet dalam membahas topik terkait retinol, seperti exfo, jerawat, umur, aging, kering, iritasi, dan berbagai kosakata lainnya. Selain berbagai kata tersebut pada kategori ini kita juga dapat menemukan beberapa brand yang kerap disebut oleh warganet, seperti originote, avoskin, dan azarine.

Skincare dengan Retinol dan Review Warganet

Berbagai brand dengan kandungan retinol kini dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Dalam arus perbincangan warganet Netray menemukan Originote, Avoskin, dan Azarine menjadi tiga brand yang paling banyak disebutkan. Berikut beberapa pendapat warganet.

Gambar 4. Review warganet brand Originote

Pada periode ini Originote menjadi salah satu brand dengan kandungan retinol yang paling banyak diperbincangkan oleh warganet. Menurut warganet Originote retinol serum patut untuk dicoba karena dinilai beginner friendly, gentle, dan melembabkan. Dengan review beberapa warganet tersebut Originote dinilai sebagai serum retinol dengan kualitas yang baik.

Gambar 5. Review warganet brand Avoskin

Salah satu produk dengan kandungan retinol lainnya yang paling banyak diperbincangkan warganet adalah Avoskin. Brand ini dikenal dengan berbagai serumnya yang beredar di pasaran. Demikian halnya dengan serum retinol brand tersebut yang juga memiliki banyak penggemar. Tampak dari twit pada Gambar 5. warganet menilai retinol Avoskin sangat membantu memberikan kecerahan dan sangat baik untuk kulit berjerawat. Namun, terdapat juga warganet yang merasa kurang cocok dan justru breakout parah saat menggunakan retinol Avoskin.

Gambar 6. Review warganet brand Azarine

Produk lainnya dengan kandungan retinol yang banyak diperbincangkan adalah milik Azarine. Azarine Smooth Glowing serum menjadi serum retinol yang juga banyak digandrungi. Azarine retinol dinilai aman di kulit dan penggunanya merasakan perubahan yang signifikan pada kulit mereka. Terlebih brand lainnya seperti Avoskin dan Originote dinilai suit dipercaya karena diyakini kebanyakan review berasal dari pendengung.

Gambar 7. Review warganet yang tidak cocok menggunakan retinol

Sebagai bahan aktif sayangnya tidak semua kulit cocok menggunakan retinol sebagai skincare. Dibalik review baik dari berbagai pengguna retinol terdapat warganet yang justru merasa sebaliknya. Mereka yang merasa kurang cocok dengan kandungan retinol justru merasakan kulit yang iritasi atau purging. Hal ini pun menunjukkan retinol tidak selalu bereaksi baik di berbagai jenis kulit dan terkadang justru memperparah keadaan kulit hingga menyebabkan iritasi.

Gambar 8. Akun populer

Dalam arus perbincangan waraganet menilai retinol akun @kanjengackerman menjadi akun terpopuler dengan impresi terbanyak. Berdasarkan akun monitoring tampak akun tersebut mencuitkan pentingnya merawat kulit terutama agar tidak mudah keriput. Salah satu perawat tersebut disarankan menggunakan retinol, pelembab, dan sunscreen. Ia juga mengaitkan merawat kulit juga merupakan anjuran Rosul.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Warga Aceh Tolak Pengungsi Rohingya, Warganet Ungkap Perilaku Buruk Pemicu Trauma

Gelombang pengungsi Rohingya dari Myanmar kembali berlabuh di tepi pantai Indonesia. Pada bulan ini,...

Israel Serang RS Indonesia di Gaza, Menlu Retno dan MER-C Ramai Disebut di Media

RS Indonesia (RSI) di Bait Lahia, Gaza Utara, menjadi salah satu fasilitas kesehatan untuk...

Lanjutan Sidang Kasus Haris Fatia, Tuntutan JPU dan Matinya Demokrasi

Sidang kasus Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti akhirnya mencapai pada tahap tuntutan. Haris dan...
%d bloggers like this: