-
Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay.
Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.
Cara Berlangganan Netray
1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register
2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.
4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.
5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.
8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.
11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.
Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.
-
Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.
1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.
5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.
6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.
Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.
7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.
8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.
Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)
1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keyword ‘psbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).
2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.
Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?
Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.
Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?
- Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
- Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
- Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
- Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
- Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
- Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
- Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
- Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.
-
Popularitas Partai Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode 2 – 8 Oktober 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan media sosial Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.
Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 25 September – 1 Oktober 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, pekan ini PKS kembali menduduki peringkat pertama menggantikan PDI Perjuangan. PKS terakhir kali menduduki peringkat tersebut pada periode 11 – 17 September 2023. PDIP sendiri terlempar di peringkat ketiga, sedangkan posisi kedua ditempati PKB. Peringkat keempat dan kelima ditempati Partai NasDem dan Partai Demokrat.
Salah satu isu yang membuat PKS menempati posisi pertama popularitas partai adalah isu revisi UU IKN. PKS disebut menolak revisi tersebut di level legislatif karena poin investasi asing yang memungkinkan sewa lahan dengan durasi 190 tahun. Poin UU lain juga disinyalir akan menambah beban pembiayaan otorita IKN. Sedangkan respon publik terhadap pemilihan Cak Imin sebagai cawapres Anies membuat akun Twitter PKB mendapat banyak impresi dari warganet.

Gambar 1. Akun PKS dan PKB raup impresi terbanyak. 

Gambar 2. Twit unggahan akun PKS dan PKB. Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
-
Desas-Desus Bakal Cawapres Prabowo: Ganjar, Gibran, dan Khofifah Jadi Sorotan

Pilpres 2024 semakin dekat yakni hanya tinggal hitungan bulan. Capres Partai Gerindra, Prabowo Subianto belum juga mantap menentukan pendampingnya. Sama halnya dengan Prabowo, Ganjar pun belum mengumumkan secara resmi siapa cawapres pendampingnya. Sedangkan Anies sudah mantap menggandeng Muhaimin Iskandar yang biasa disapa Cak Imin pada awal September lalu.
Bukan sekali ini Prabowo menjadi peserta Pemilu, sebelumnya pada tahun 2009 ia pernah dipasangkan dengan Megawati sebagai cawapres. Kemudian tahun 2014 setelah ia mendirikan Partai Gerindra, Prabowo maju berpasangan dengan Hatta Rajasa. Meski terus menuai kekalahan, pada tahun 2019 ia maju lagi dengan menggandeng Sandiaga Uno.
Dengan semakin mendekatnya pendaftaran pasangan capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19-25 Oktober 2025. Desas-desus pasangan untuk Prabowo kian menguat mulai dari Erick Thohir hingga Khofifah Indar Parawansa. Kabarnya Partai Gerindra sedang mendiskusikan pematangan akhir siapa yang akan menduduki kursi di samping Prabowo.
Netray ingin mengulik nama siapa saja yang kerap disebut sebagai bakal cawapres Prabowo melalui pemberitaan media daring sepanjang periode 22-29 September 2023. Ditemukan 530 artikel dari 88 media membahas topik ini. Media daring Kompas menjadi yang paling banyak mewartakan terkait pendamping bagi Ketum Gerindra tersebut dengan jumlah 33 artikel. Kemudian disusul oleh portal Rmol dengan 31 artikel dan Realita Rakyat sebanyak 27 artikel. Jumlah selanjutnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
5 Nama Teratas Bacawapres Prabowo
- Ganjar Pranowo
Dengan menggunakan fitur top entities kategori person. Netray menemukan nama Ganjar Pranowo justru yang paling santer terdengar berkaitan dengan bacawapres Prabowo. Nama Ganjar disebut dalam 170 artikel bersama dengan Prabowo. Sentimen positif tampak mewarnai pemberitaan Ganjar-Prabowo. Beberapa pihak mengaku setuju bila mereka dipasangkan tercermin dalam 90 artikel. Namun banyak pula yang masih belum berani berspekulasi terutama dari kader Partai Koalisi sehingga menyumbang sentimen netral sebanyak 49 artikel. Kader PDIP yang tak setuju Ganjar sebagai cawapres Prabowo menyumbang sentimen negatif.

Gambar 2. Statistik pemberitaan nama Ganjar Munculnya desas-desus Prabowo akan berduet dengan Ganjar muncul setelah Relawan Pro Jokowi (Projo) Bali menginginkan Prabowo sebagai capres dipasangkan dengan Ganjar sebagai cawapres di acara Konferensi Daerah Projo di Bali. Usulan ini muncul karena Projo Bali menginginkan pemimpin yang tegas dan berani untuk melanjutkan semua program Jokowi.
Namun ternyata usulan ini menuai komentar negatif dari Tim Pemenangan Pilpres PDIP. Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP Deddy Yevry Sitorus mengatakan bahwa duet pasangan Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo mustahil direalisasikan. Lantaran, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah memberikan mandat kepada Ganjar untuk menjadi capres. Hal ini seperti yang diberitakan oleh portal VOI, Waspada, dan Poskota.



Gambar 3. Sampel berita nama Ganjar - Gibran Rakabuming
Nama bacawapres kedua bagi Prabowo juga tak kalah mengejutkan, yakni Gibran Rakabuming Raka. Gibran disebut dalam 41 artikel. Sentimen positif mendominasi nama Gibran dengan porsi 58 persen atau 24 artikel. Sedangkan sentimen negatif muncul sebanyak 2 berita negatif terkait PDIP yang tak setuju Gibran dipasangkan dengan Prabowo.

Gambar 4. Statistik pemberitaan nama Gibran Nama Walikota Solo ini mencuat sebagai bakal calon wakil presiden Prabowo dikarenakan Partai Bulan Bintang (PBB) ingin meminang Gibran sebagai alternatif cawapres inilah yang memberi nada positif untuk nama Gibran. Hal tersebut seperti yang disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor, bahwa PBB menginginkan adanya sosok anak muda untuk mendampingi Prabowo.
Gibran sendiri sepertinya enggan berkomentar saat ditanya perihal pinangan tersebut. Justru sang adik Kaesang Pangarep yang kini jadi Ketum PSI dengan tegas menjawab bahwa kakaknya itu belum bisa menjadi cawapres karena terhalang batas usia. Berdasarkan UU No 7 tahun 2017 batas usia capres cawapres adalah 40 tahun. Kabar ini seperti yang dituliskan Kompas, Sinar, Harapan, dan Majalah Tempo.



Gambar 5. Sampel berita nama Gibran - Airlangga Hartarto
Kemudian Nama Airlangga Hartarto muncul dalam 40 artikel pemberitaan. Nama Ketum Golkar ini diwarnai dengan sentimen positif sebanyak 82 persen atau 33 artikel.

Gambar 6. Statistik pemberitaan nama Airlangga Sentimen positif yang didapat Airlangga ketika muncul dalam artikel cawapres Prabowo karena kemunculannya dipengaruhi oleh hasil survei. Nama pasangan ini unggul dalam survei dari Lembaga Kajian Pemilu Indonesia. LKPI melakukan simulasi nama kandidat secara tertutup untuk dua pasangan. Simulasi ini melibatkan 1.888 responden. Dengan pengumpulan data secara wawancara, menggunakan kuesioner yang disebar sejak 5 hingga 17 September 2023. Hasilnya, nama Prabowo Subianto jika dipasangkan dengan Airlangga Hartarto mampu mengungguli elektabilitas Ganjar Pranowo yang dipasangkan dengan Mahfud MD.
Bahkan Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti, Airlangga memiliki kansnya sampai 80 persen untuk dapat menjadi calon wakil presiden Prabowo karena berbagai pengalamannya dalam pemerintahan. Kedua kabar ini seperti yang diterbitkan portal Jakarta News dan RMOL.


Gambar 7. Sampel berita nama Airlangga - Erick Thohir
Posisi selanjutnya bertengger nama Erick Thohir. Erick disebut dalam 39 artikel bersama Prabowo. Sentimen positif tampak membanjiri pemberitaan Prabowo karena banyak yang menginginkan Erick menjadi pendamping Prabowo. Sentimen positif tersebut tertuang dalam sebanyak 90 persen atau 35 artikel.

Gambar 8. Statistik pemberitaan nama Erick Nama Erick muncul sebagai cawapres setelah mendapat dorongan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan Menteri BUMN banyak mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia serta dianggap mampu mendongkrak keterpilihan di kalangan Nahdatul Ulama (NU). Nama Erick Thohir juga punya rekam jejak yang baik dalam pemulihan ekonomi serta dipercaya Jokowi. Warta ini seperti yang dituliskan Tirto, Media Indonesia dan IDN Times.



Gambar 9. Sampel berita nama Erick - Khofifah Indar Parawansa
Kemudian posisi kelima terlihat nama Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur yang juga kader PKB. Khofifah disebut dalam 23 berita bersama Prabowo. Sebanyak 96 persen dibajiri sentimen positif atau sebanyak 22 artikel terkait Khofifah yang memiliki keunggulan untuk mendapimpingi Prabowo terkait dianggap mampu meraih suara perempuan.

Gambar 10. Statistik pemberitaan nama Khofifah Nama wanita ini menyeruak pada awalnya bukan sebagai cawapres. Menurut, Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad mengungkap bahwa Khofifah berpotensi kuat menjadi ketua tim sukses Prabowo Subianto karena pengalaman dan jaringan yang luas.
Nama Khofifah menjadi bakal cawapres Prabowo baru muncul usai Prabowo mengadakan safari politik ke Jawa Timur. Hal ini seperti yang diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani. Namun Muzani belum berani menyatakan secara gamblang sebelum pertermuan besar partai memutus. Hal ini seperti yang diberitakan oleh portal RMOL, Antara Jatim dan Viva.



Gambar 11. Sampel berita nama Khofifah Nama Ganjar, Gibran dan Khofifah Jadi Sorotan di Youtube
Netray juga coba memantau nama-nama bakal cawapres Prabowo melalui kanal Youtube. Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama hasilnya ditemukan 386 video muncul selama periode pemantauan. Dari unggahan yang ada telah ditonton warganet sebanyak 5,5 juta kali, memperoleh 52 ribu likes dan 35,1 ribu komentar.
Gambar 12. Statistik unggahan YouTube bacawapres Prabowo Dalam pemantauan Youtube nama Ganjar masih menjadi yang terbanyak dengan 108 penyebutan. Kemudian setelahnya terdapat nama Gibran yang menonjol pada kumpulan kosakata populer dengan 102 penyebutan. Serta menyusul nama Khofifah dengan 67 penyebutan. Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.



Gambar 13. Kumpulan kosakata populer Video terpopuler datang dari kanal Merry Riana yang menampilkan bincang-bincang selama satu jam bersama Ganjar membicarakan berbagai hal. Salah satu topik perbincangan adalah soal Ganjar dipasangkan dengan Prabowo yang isunya terus mencuat akhir- akhir ini. Dalam bincang-bincang ini Ganjar menjawab bahwa politik itu dinamis semua bisa saja terjadi.
Selain itu, sentimen positif datang dari warganet yang mendukung Ganjar tetap menjadi capres jika dipasangkan dengan Prabowo. Sedangkan sentimen negatif datang dari warganet yang beralasan Prabowo dianggap terlalu sepuh untuk menjadi presiden. Di sisi lain warganet juga meramalkan PDIP mulai merayu Prabowo sebagai pasangan Ganjar karena sadar akan kalah pada putaran kedua Pemilihan Presiden nantinya.

Gambar 14. Sampel unggahan Ganjar 
Gambar 15. Sampel komentar warganet Lalu nama Gibran sebagai cawapres Prabowo muncul menjadi video terpopuler keempat selama periode pemantauan. Unggahan dari kanal MetroTV berjudul “Ditantang Keluar dari PDIP, Gibran Jadi Cawapres Prabowo?” berhasil memperoleh 1,7 ribu kometar, 1,6 ribu likes dan telah dilihat sebanyak 240,2 ribu kali oleh warganet. Komentar negatif warganet tampak mewarnai kolom komentar menyoroti Koalisi Indonesia Maju yang tampak masih galau menentukan cawapres. Ada pula warganet merasa malu karena KIM dianggap tak punya kader yang baik untuk dijadikan pendamping Prabowo.

Gambar 16. Sampel unggahan Gibran 
Gambar 17. Sampel komentar warganet Selanjutnya nama Khofifah meski videonya tak berhasil masuk jajaran video sepuluh besar terpopuler. Namanya masih disebut sebagai timses atau bahkan cawapres. Seperti dari video yang diunggah kanal Harian Surya, menampilkan video singkat soal jawaban Khofifah terkait tawaran jadi timses justru ia enggan membenarkan berita tersebut dan memilih no comment. Sentimen negatif warganet mewarnai kolom komentar justru meminta Khofifah jangan bergabung dengan Prabowo karena bisa memecah belah NU. Namun di sisi lain ada warganet yang memberi tanggapan positif agar Khofifah menjadi pendamping Prabowo sebagai cawapres.

Gambar 18. Sampel unggahan Khofifah 
Gambar 19. Sampel komentar warganet Selain itu, unggahan dari kanal tvOneNews yang menampilkan bincang-bincang bersama pengamat politik Muhammad Qodari. Video yang berjudul “3 Kandidat Bacawapres Prabowo Mengerucut, Khofifah jadi Opsi Pertama?” ini sudah dilihat sebanyak 35,7 ribu kali, memperoleh 162 likes dan 162 komentar. Kolom komentar justru berisi dukungan untuk Prabowo maju capres siapapun cawapresnya. Selain itu segelintir warganet lebih menginginkan Khofifah tetap di Jawa Timur ketimbang maju ke pusat.

Gambar 20. Sampel unggahan Khofifah 
Gambar 21 Sampel komentar warganet Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Ananditya Paradhi
-
Rumput Liar Bernama Judi Online, Pemantauan Konten Sosial Media Selama Sepekan

Judi online atau judol kini menjadi penyakit yang menjangkiti dan kian meresahkan masyarakat. Berbagai aplikasi dan situs website judi online sekarang dapat dengan mudah diakses melalui gawai masing-masing orang tanpa memandang usia. Apalagi sekarang promosi judol dilakukan akun-akun media sosial yang membuat judol semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Melihat fenomena ini, Netray memantau media sosial Instagram dan kanal YouTube. Tujuan utama pemantauan ini adalah untuk mengetahui interaksi akun-akun yang mempromosikan situs judi online. Termasuk mana saja akun yang mendapati respons terbanyak dari warganet ketika mengunggah konten promosi judi online.
Hasilnya, Netray menemukan ribuan konten terkait promosi judi online di Instagram maupun YouTube. Artinya, judi online seolah menjadi jamur yang dapat dengan mudah tumbuh subur di Tanah Air. Bahkan mengutip data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), total transaksi judi online di Indonesia mencapai sekitar Rp200 triliun.
Pemerintah sendiri sudah melakukan tindakan guna memberantas masalah ini. Menkominfo Budi Arie mengaku telah memblokir ribuan situs judi online. Namun apakah hal ini dapat mencerabut masalah judol hingga ke akar-akarnya?



Gambar 1. Artikel terkait upaya pemerintah Judi Online yang kian meresahkan pun membuat masyarakat meminta pemerintah untuk lebih serius dalam menangani persoalan ini. Terlebih judi online kini menjangkiti pelajar hingga ibu rumah tangga. Sampai saat ini, Kominfo telah memutus akses dan menghapus sebanyak 60.582 konten perjudian online sepanjang periode 1 hingga 21 September 2023. Meski demikian, hasil penjaringan Netray masih menemukan berbagai akun-akun yang mempromosikan situs judi online.
Ribuan Konten Promosikan Judi Online di Instagram dan YouTube
Pengamatan topik akun promosi judi online, dilakukan Netray dengan menggunakan kata kunci judionline, slot, slotgacor, slotindonesia, dan slotonline dengan rentang selama 25 September sampai dengan 01 Oktober 2023. Hasilnya dapat diamati melalui statistik report berikut.

Gambar 2. Statistik Report Selama rentang sepekan saja Netray setidaknya menemukan 4.007 total unggahan terkait judi online di Instagram. Dari jumlah tersebut 692 di antaranya bersentimen positif dan 235 bersentimen negatif. Sementara jumlah impresi mencapai 13 ribu reaksi yang berpotensi menjangkau 1,3 juta akun pengguna Instagram. Untuk memperluas jangkauan pengguna akun pun menggunakan beberapa tagar yang kemudian menjadi populer dalam mempromosikan situs judol di Instagram, berikut di antaranya.


Gambar 3. Tagar dan akun terpopuler Salah satu tagar yang paling kerap digunakan dalam mempromosikan situs judi digital ini adalah slotgacorhariini, casino, situsslot, situsgacor, slotgame, maxwin, dan berbagai tagar lainnya. Sementara akun yang paling populer dalam topik ini adalah akun dengan id @angkaresultkostoto dan sembilan akun lainnya dengan beragam situs judi yang berbeda-beda. Berikut detail profil akun dengan unggahan terbanyak.


Gambar 4. Profil akun Ig terpopuler Bahkan mengutip data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), total transaksi judi online di Indonesia mencapai sekitar Rp200 triliun.a akun tersebut menjadi akun yang paling banyak mempromosikan situs judi online. Tampak kedua akun tersebut pun memiliki ribuan pengikut dengan profil yang menawarkan pilihan bonus menarik. Tak lupa akun-akun tersebut juga mencantumkan link yang terhubung langsung ke situs judi tersebut. Berikut beberapa konten terpopuler temuan Netray.



Gambar 5. Konten terpopuler Netray menemukan beragam akun dengan situs dan jenis permainan judi yang berbeda. Akun-akun tersebut mempromosikan berbagai penawaran menarik guna menggaet para pengguna Instagram. Konten-konten semacam ini kemudian tumbuh subur di media sosial yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Mirisnya, PPATK mencatat 2,7 juta orang yang mengikuti permainan judi online, 2,1 juta di antaranya berasal dari kalangan berpendapatan rendah yang bertaruh dengan nominal kecil di bawah 100 ribu.
Tak hanya di Instagram, konten promosi serupa juga ditemukan Netray di kanal YouTube. Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama Netray menemukan berbagai konten YouTube yang turut mempromosikan judi daring.

Gambar 6. Statistik report YouTube Selama sepekan Netray menemukan 345 konten terkait judi daring yang dipromosikan melalui platform ini. Konten tersebut telah ditonton sebanyak 6.8 juta kali dan mendapat 324,3 ribu like serta 19 ribu komentar. Adapun jumlah impresi mencapai 7,2 juta reaksi pengguna YouTube dengan dominasi komentar bersentimen positif.


Gambar 7. Peak time dan post top words Secara intensitas bahkan konten dengan muatan judi daring ini muncul setiap harinya dengan capaian hingga 71 konten per hari. Sementara pada kosakata kerap digunakan dalam unggahan antara lain seperti tampak kata slot, machine, situs, judi, casino, jackpot, terpercaya, dan berbagai kata lainnya. Berikut beberapa konten judi terpopuler di YouTube.



Gambar 8. Konten judi di YouTube Di YouTube konten-konten terkait judi online banyak membagikan tips, daftar situs slot, dan pola-pola permainan dalam situs tersebut. Konten-konten tersebut pun banyak meraih atensi pengguna YouTube, bahkan satu konten saja dapat meraih ribuan penonton dan ratusan komentar. Berikut beberapa komentar warganet yang mungkin juga seorang sloter atau pejudi online dalam konten tersebut.




Gambar 9. Komentar warganet Bersembunyi dibalik akun-akun anonim di jagat maya, para pejudi sloter bahkan tak lagi segan meninggalkan komentar di berbagai konten yang mempromosikan judi daring ini. Menkominfo pun telah mengkaji adanya dampak lanjutan judi online dengan adanya jerat pinjaman online atau pinjol ilegal. Tak sedikit pelaku judol ini kemudian terjerat dalam pinjol ilegal hingga melakukan tindakan melawan hukum seperti tindak kriminal. Hal ini membuat Indonesia kini mengalami darurat judi online. Berikut channel terpopuler pada periode ini dan tag yang kerap digunakan dalam mempromosikan judi online di YouTube.

Gambar 10. Channel dan tag populer Selama periode ini channel NG Slot menjadi channel terpopuler dengan raihan impresi tertinggi, diikuti oleh channel MANDO GEDE dan berbagai situs promosi lainnya. Adapun tag yang paling banyak digunakan dalam mempromosikan situs judi dalam berbagai konten tersebut adalah tagar slot, slot machine, pola slot gacor hari ini, casino, dan berbagai tag lainnya.
Sebagaimana tampak dari hasil monitoring, meski pemerintah telah memblokir ribuan situs terkait praktik judi ini kemunculan situs lainnya seolah bak rumput liar yang tak terkendali. Oleh karena itu, perlu penanganan serius dari pemerintah dalam menyelesaikan persoalan ini. Peran aktif kesadaran masyarakat pun diperlukan agar tidak menimbulkan dampak yang besar dikemudian hari.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Ananditya Paradhi
-
Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 25 September – 1 Oktober 2023

Selain nama tiga calon presiden, sejumlah nama tokoh politik nasional lain juga kerap disebut dalam pemberitaan media massa daring dan perbincangan di media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok). Popularitas dan intensitas penyebutan nama tokoh kerap merepresentasi situasi politik nasional terutama menjelang Pemilu 2024.
Berdasarkan pemantauan Netray Media Monitoring terkait popularitas tokoh politik, nama yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto masih menempati posisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut selama periode 25 September – 1 Oktober 2023. Sementara urutan empat dan lima juga tetap diisi oleh Agus Harimurti dan Erick Thohir.
Tak banyak pergeseran posisi yang berarti pada pekan ini. Dari posisi lima besar hingga posisi 9 masih ditempati tokoh politik yang sama seperti pekan sebelumnya. Perubahan nama baru terjadi pada posisi 10 dan 11 yang pekan ini ditempati Khofifah dan Puan Maharani. Sedangkan nama Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil turun di posisi 12 dan 13. Dua nama yang sempat digadang-gadang sebagai cawapres ini dari hari ke hari semakin kurang populer.

Gambar 1. Topik-topik perbincangan warganet Twitter. 


Gambar. Perbincangan warganet terkait nama Ganjar, Anies, dan Prabowo. Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
-
Popularitas Partai Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode 25 September – 1 Oktober 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan media sosial Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.
Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 25 September – 1 Oktober 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, PDIP kembali menduduki tempat pertama setelah hampir lima pekan terlempar dari posisi tersebut. PDIP menggeser posisi Demkorat yang pekan ini turun ke posisi tiga. Sedangkan PSI yang pekan lalu berada di tempat kelima, pekan ini naik di tempat kedua. Posisi empat dan lima diisi PKB dan Gerindra.
Intensitas penyebutan PDIP yang tinggi didapat dari topik Rekernas partai yang diadakan Jumat 19 September 2023. Sejumlah petinggi partai mengisi pidato seperti Ketum Megawati dan Presiden Jokowi. Selain itu wacana dukungan capres juga masih mengemuka, terutama menyangkut masa depan dukungan Presiden Jokowi terhadap salah satu capres. Hal ini semakin kompleks setelah berita Kaesang menjadi Ketum PSI yang disinyalir akan merapat ke Prabowo, alih-alih mendukung Ganjar yang dipilih oleh partai keluarganya.

Gambar 1. Topik Rakernas PDIP dorong intensitas penyebutan nama partai 
Gambar 2. Sejumlah topik perbincangan terkait entitas PDIP Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis.
-
Cawapres Ganjar: Mention Publik atas Mahfud MD dan Sandiaga Uno Tertinggi!

Teka-teki cawapres Ganjar Pranowo hingga saat ini belum menemukan jawabannya. Pendaftaran capres dan cawapres yang kian dekat semakin membuat publik penasaran siapa sosok wakil yang akan diusung oleh PDI-P dalam bursa Pilpres 2024. Sejumlah nama sempat mencuat di media berita, bahkan lembaga survei pun juga pernah merilis hasil elektabilitas Ganjar jika disandingkan oleh beberapa nama tersebut.
Lantas siapa sosok yang paling santer diunggah media pemberitaan terkait isu ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Netray Media Monitoring turut memantau beberapa kanal media dengan kata kunci cawapres && ganjar. Hasilnya adalah sebagai berikut.
Dalam periode pemantauan 21-27 September 2023, Netray menemukan 829 artikel yang mencatut kata kunci tersebut. Artikel-artikel ini diunggah oleh 109 media berita daring dalam sepekan pemantauan. Media IDN Times menjadi portal media berita yang paling banyak memuat berita yang menyebut kata kunci, yakni sebanyak 97 artikel. Lalu, di posisi kedua terdapat Kompas yang memiliki selisih sebanyak 36 artikel dari IDN Times.

Gambar 1. Statistik pemberitaan media 
Gambar 2. Jajaran top portal media Lalu, siapa yang paling santer diberitakan media terkait kata kunci tersebut? Melalui fitur Top Entitas Netray di bawah ini, dapat dilihat deretan nama tokoh yang dicatut media berita dalam mengunggah artikel perihal topik tersebut.
Dari jajaran 5 besar, tokoh yang kerap diberitakan media terkait kata kunci ialah sosok-sosok yang memiliki hubungan secara langsung dengan Ganjar, seperti Jokowi sebagai Presiden atau kader partai dan Megawati yang merupakan Ketum PDI-P. Sedangkan dua nama lainnya merupakan tokoh yang berkaitan dengan kontestasi Pilpres, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
Lalu, jika dilihat dari jajaran 10 besar (Gambar 4), terlihat nama Moh Mahfud MD, Abdul Muhaimin Iskandar, Sandiaga Salahuddin Uno, Puan, dan Hasto. Hanya dua nama yang memiliki potensi tertinggi untuk maju sebagai cawapres Ganjar, mereka ialah Mahfud MD dan Sandiaga Uno.

Gambar 3. Jajaran 10 besar top person 
Gambar 4. Jajaran 10 besar top person Mahfud dalam Pemberitaan Cawapres Ganjar
Nama Mahfud menjadi yang paling banyak disebutkan media dalam pemberitaan tentang cawapres Ganjar. Meski hanya selisih 7 penyebutan dengan Sandiaga, Mahfud unggul dengan total 82 artikel. Pemberitaan Mahfud yang digadang-gadang sebagai cawapres Ganjar didominasi dengan berita bersentimen positif sebanyak 71% dan hanya 1 artikel yang bersentimen negatif.

Gambar 5. Statistik pemberitaan nama Moh Mahfud MD Mahfud disinyalir menjadi kandidat terkuat sebagai cawapres Ganjar. Seperti yang diberitakan oleh Poskota Online, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Senopati Syndicate, Mahfud mendapatkan perolehan suara paling tinggi yakni 37.857 atau 28% dari jumlah 135.000 responden. Senada dengan Poskota Online, Jitu News juga menyebut bahwa Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengungkapkan partainya cukup intensif membahas potensi Mahfud sebagai calon pendamping Ganjar. Menurutnya, kiprah Mahfud di lembaga negara menjadi pertimbangan.

Gambar 6. Berita tentang Mahfud kandidat terkuat 
Gambar 7. Berita tentang Mahfud kandidat terkuat Keunggulan yang dimiliki oleh Mahfud MD menjadi bahan pemberitaan media yang kemudian memberikan sumbangan sentimen positif kepada Menkopolhukam. Dari kedua media berita di bawah ini, Mahfud dinilai dapat mendongkrak elektabilitas Ganjar Pranowo. Rekam jejak Mahfud yang bersih dan berani dianggap mampu memperkuat branding Ganjar. Selain itu, Mahfud saat ini juga diklaim sebagai Nahdliyin yang paling populer sehingga dapat memberikan dampak positif pada pemungutan suara Pilpres mendatang.

Gambar 8. Berita tentang keunggulan Mahfud MD 
Gambar 9. Berita tentang keunggulan Mahfud MD Sandiaga Uno dalam Pemberitaan Cawapres Ganjar
Nama Sandiaga Uno ditemukan dalam 75 artikel yang mengandung kata kunci pemantauan. Terdapat 37 portal berita yang membawa nama Sandiaga dalam topik ini. Sama halnya dengan Mahfud MD, pemberitaan tentang Sandiaga juga didominasi dengan berita bersentimen positif.

Gambar 10. Statistik pemberitaan nama Sandiaga Salahuddin Uno Sandiaga Uno disebut sebagai sosok yang menarik hati oleh Hasto Kristiyanto. Hal ini diungkapkan oleh Hasto pada acara diskusi bedah buku di daerah Jakarta Selatan. Sekjen PDI-P ini menyebut bahwa Sandiaga adalah sosok yang memiliki ideologis yang tinggi.
Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi atau tanda-tanda jika Sandiaga akan dipilih sebagai cawapres Ganjar. Akan tetapi, hal tersebut tak menyurutkan semangat PPP untuk tetap mendukung Ganjar dalam Pilpres 2024. Meski demikian, Ketua DPP Usman Tokan juga tetap berharap PDIP-P akan memilih cawapres yang memiliki irisan dengan PPP.

Gambar 11. Berita tentang Sandiaga cawapres yang menarik 
Gambar 12. Berita tentang PPP tak masalah jika Sandiaga tidak dipilih Megawati Mahfud dan Sandiaga dalam Konten Youtube
Memantau di kanal YouTube, Netray menggunakan kata kunci dan periode yang sama dengan kanal news. Hasilnya ialah ditemukan sebanyak 386 video selama periode pemantauan. Video-video tersebut mendapatkan 6,1 juta impresi dengan rincian telah ditonton sebanyak 6 juta kali dengan 31,5 ribu komentar dan 47,5 likes.

Gambar 13. Statistik konten cawapres Ganjar di kanal YouTube Pada kanal YouTube, nama Mahfud MD juga menjadi paling unggul terkait topik ini. Terlihat dari gambar di bawah ini kosakata mahfud telah disebut sebanyak 118 sedangkan sandiaga ditemukan dalam 30 penyebutan.

Gambar 14. Jumlah penyebutan Mahfud di YouTube 
Gambar 15. Jumlah penyebutan Sandiaga di YouTube Video terpopuler yang menampilkan konten berisikan tentang Mahfud sebagai cawapres Ganjar berasal dari channel Tribun Lampung News Video. Dalam video bertajuk KIAI NU DUKUNG MAHFUD MD CAWAPRES ditemukan sebanyak 39 komentar dengan rincian 26 komen bersentimen positif, 8 negatif, dan 4 netral.

Gambar 16. Video tentang Mahfud MD 
Gambar 17. Komen peak time video Tribun Sentimen positif berasal dari dukungan penonton kepada Mahfud yang akan dipasangkan dengan Ganjar. Penonton menilai Mahfud MD adalah sosok yang pas untuk dijadikan sebagai cawapres Ganjar. Tak sedikit penonton yang turut mendoakan untuk Mahfud agar terpilih menjadi pasangan Ganjar di Pilpres 2024.

Gambar 18. Komen positif untuk Mahfud MD 
Gambar 19. Komen positif untuk Mahfud MD 
Gambar 20. Komen positif untuk Mahfud MD 
Gambar 21. Komen positif untuk Mahfud MD Video terpopuler tentang Sandiaga Uno terkait topik ini berasal dari channel SINDOnews yang membagikan konten dengan judul Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil Paling Kuat di Simulasi Bacawapres Ganjar Pranowo. Konten yang tayang pada 21 September 2023 ini telah ditonton sebanyak 14,3 ribu kali dengan total komen sebanyak 58. Dari grafik Comment Peak Time di bawah ini terlihat, komentar bersentime positif lebih dominan dibandingkan dengan komentar bersentimen negatif dan netral.

Gambar 22. Video tentang Sandiaga Uno 
Gambar 23. Komen peak time video SINDOnews Video tersebut menampilkan sebuah acara talkshow Konspirasi Prabu yang membahas sosok Sandiaga Uno. Sandiaga dinilai sebagai kandidat cawapres yang bisa menjadi variabel komplementer bagi Ganjar. Senada dengan perbincangan yang menyebut Sandiaga adalah kandidat terkuat setelah Ridwan Kamil, penonton pun mengiyakan hal tersebut. Terlihat dari jajaran komentar di bawah ini, penonton cenderung memilih Sandiaga dibandingkan dengan Ridwan Kamil. Kader PPP ini dinilai pas untuk mendampingi Ganjar.

Gambar 24. Komen positif untuk Sandiaga 
Gambar 25. Komen positif untuk Sandiaga 
Gambar 26. Komen positif untuk Sandiaga 
Gambar 27. Komen positif untuk Sandiaga Mengerucut dan menguatnya kedua nama tersebut, Mahfud dan Sandiaga, hingga sampai saat ini masih saja menjadi tanda tanya. Akankah salah satu dari mereka benar terpilih menjadi Cawapres Ganjar? Atau justru Megawati dan PDIP memilih tokoh baru yang tak pernah terjaring perbincangan publik Indonesia?
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Ananditya Paradhi
-
5 Rekomendasi Resto All You Can Eat ala Warganet TikTok

Restoran all you can eat (AYCE) atau makan sepuasnya sepertinya menjadi destinasi yang trendi bagi para pecinta kuliner. Restoran AYCE juga terlihat semakin menjamur terutama setelah masa pandemi berakhir. Seperti data tren pariwisata 2022/2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukan bahwa perkembangan tren restoran AYCE ini diprediksi akan terus tumbuh. Hal ini disebabkan kemampuan restoran menyajikan pilihan dan inovasi yang beragam bagi konsumen. Tren restoran AYCE bukan hanya identik akan kemewahan namun menjadi massal dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Gambar 1. Tren Industri Pariwisata Kemenparkraf Konsep all you can eat sendiri sebenarnya sudah ada sejak abad ke 16. Dilansir dari validnews menunjukan bahwa Swedia sebagai negara yang mengawali konsep ala prasmanan ini. Konsep prasmanan ini disebut dengan nama brannvinsboard di kalangan masyarakat Swedia. Beragam makanan yang tersaji seperti roti, mentega, keju, ikan, daging, hingga buah-buahan.
Selanjutnya konsep AYCE semakin populer pada pertengahan abad ke 20 di Amerika Serikat. Konsep ini diadopsi oleh restoran-restoran buffet yang menghadirkan berbagai jenis hidangan dalam jumlah yang berlimpah kepada konsumen dengan harga tetap. Restoran buffet pertama yang terkenal bernama “Horn & Hardart Automat” didirikan di Philadelphia pada tahun 1902.
Di Indonesia sendiri, eksistensi resto AYCE meningkat salah satunya karena menjamurnya rekomendasi warganet TikTok. Warganet pecinta kuliner di Indonesia memberi rekomendasi restoran all you can eat yang menyajikan menu makanan Jepang, Korea, Thailand, hingga western style.
Netray coba melakukan pemantauan resto AYCE mana saja yang populer sekaligus diminati oleh warganet. Dengan menggunakan kata kunci all you can eat, all u can eat, dan ayce, Netray menemukan sebanyak 193 video Tiktok diunggah selama periode dua minggu yakni tanggal 11 September hingga 24 September 2023. Video dengan kata kunci telah diputar 8,4 juta kali, dengan total impresi mencapai 385,2 ribu kali yang berupa 358,2 ribu likes, 6.028 komentar dan dibagikan ulang sebanyak 21 ribu kali.
Gambar 2. Statistik unggahan TikTok Resto AYCE Rekomendasi Populer Resto All You Can Eat
- Membara Grill

Gambar 3. Rekomendasi Membara Grill @lordjajanofficial Resto yang menyediakan menu grill (panggang) dan shabu-shabu; sajian irisan daging dan sayuran rebus ala Jepang terlihat direkomendasikan oleh akun @lordjajanofficial. LORD JAJAN sendiri dalam unggahannya memilih hidangan steamboat berupa bakso, sosis, crabstick, jamur enoki, jamur kancing, sayur, keju mozarella, mie dan bihun hingga daging. Ia juga memilih makanan manis seperti wafel dan Marshmallow yang disiram coklat.
Hidangan all you can eat seperti yang ditampilkan Lord Jajan dapat dimakan hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 78.000 dengan durasi makan sepanjang 90 menit. Membara Grill berada di beberapa lokasi seperti Condet, Depok dan Pamulang. Video yang diunggah akun ini menjadi video terpopuler sepanjang periode pemantauan hingga mampu memperoleh 79.9 ribu likes, 473 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 784 kali.
- Cinmoi Restoran – Golden Tulip Hotel

Gambar 4. Rekomendasi Cinmoi Restoran @ka.keju.kulineran Hotel pun kini juga tak hanya jadi tempat menginap, namun juga menyajikan konsep AYCE untuk sarapan, makan siang, makan malam atau momen tertentu seperti buka puasa. Seperti dari akun @kak.keju.kulineran yang terlihat merekomendasikan all you can eat di Golden Hotel Tulip Pontianak seharga Rp 98.000 tanpa batas waktu makan.
Sajian yang dihidangkan pun begitu beragam berupa makanan utama prasmanan ala Indonesia, nasi hainan, mie ayam bakso, bubur. Kemudian appetizer atau makanan pembuka berupa dimsum, salad buah. Lalu disajikan pula dessert atau makanan penutup seperti cupcake, donat, pudding, kue, serta buah-buahan.
Hidangan Sunday brunch Cinmoi restoran ini dapat dinikmati setiap hari Minggu dari pukul 09.00 – 14.30 WITA. Video yang diunggah KAK KEJU ini menjadi populer hingga mampu menarik reaksi warganet 27.6 ribu likes, 796 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 3,3 ribu kali.
- Kong Mekarwangi

Gambar 5. Rekomendasi Kong @bettyagustina Resto AYCE Kong yang terletak Mekarwangi, Bandung bertemakan grill & shabu direkomendasikan oleh akun @bettyaugustina. Kong mematok harga mulai Rp 98.000 untuk dapat memakan semua hidangan yang disajikan. Seperti daging sapi wagyu, saikoro, tenderloin hingga sirloin. Kemudian daging ayam, hingga sate dan seafood seperti dori, cumi , udang, dan kerang juga tampak melimpah. Aneka jamur dan sayuran juga tersaji lengkap untuk mendampingi makan daging.
Tersedia pula makanan lainnya seperti pasta, gyoza, bubur, croffle, pancake, dimsum, dan tempura. Aneka makanan penutup juga disiapkan resto ini seperti buah, pudding, serta es krim enam rasa. Betty Agustina mengaku merogoh kocek Rp 123.500 untuk memakan hampir semua sajian. Video rekomendasi yang diunggahnya ini berhasil menarik impresi warganet dengan 15, 2 ribu likes, 301 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 1,6 ribu kali.
- Super Yakiniku

Gambar 6. Rekomendasi Super Yakiniku @suryaadhisaputra Super Yakiniku yang berlokasi di Pondok Indah Mall, Kebayoran Lama Jakarta terlihat direkomendasikan akun @suryaadhisaputra. Dengan harga Rp 155.000, pembeli sudah bisa menikmati berbagai pilihan daging dan makanan pelengkapnya. Tersedia juga berbagai macam salad, sup, gorengan, hingga minuman.
Tak hanya itu, ada pula menu all you can eat lainnya yang disajikan seperti gyoza, chicken karage, hingga ramen. Dari berbagai makanan yang ada akun @suryaadhisaputra tampak menonjolkan berbagai jenis daging yang dapat dinikmati dengan saus yang diracik sendiri. Ia juga menyukai sayuran yang dapat diminta untuk menemani makan daging seperti selada hingga kimchi.
Menu makanan penutup juga disoroti oleh akun ini karena rasanya yang enak seperti milk pudding caramel dan buah-buahan segar. Unggahan resto AYCE Jepang ini berhasil menarik perhatian warganet dengan 8,6 ribu likes, 95 komentar, dan dibagikan ulang sejumlah 1,1 ribu kali.
- Genki Sushi

Gambar 7. Rekomendasi Genki Sushi @walidaika Restoran bertema Jepang yang khusus menyajikan sushi ini juga mulai mengadopsi konsep AYCE. Meskipun begitu, layanan AYCE tak tersedia setiap hari. Hanya pada tanggal tertentu setiap bulan. Para konsumen harus bersedia untuk melihat sosial media resto ini jika sewaktu-waktu pengumuman all you can eat dibuka.
Akun @walidaika pun telah mencoba hidangan AYCE yang disediakan. Konsumen dapat menikmati AYCE dengan membayar mulai Rp 128.000 dalam waktu 75 menit. Sushi yang disediakan pun begitu beragam mulai dari telur, salmon, tuna, hingga gurita. Namun jika konsumen tak mampu menghabiskan hidangan yang telah dipilihnya maka akan dikenakan denda sebesar Rp 25.000.
Walidaika melalui unggahannya merekomendasikan salmon cheese nigiri, salmon salad, mala fire roll menjadi makanan terfavoritnya. Genki Sushi sendiri sudah memiliki banyak cabang di kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya hingga Batam. Video unggahan rekomendasi AYCE di Genki Sushi ini berhasi meraih 9 ribu likes, 45 komentar, dan dibagikan ulang sejumlah 193 kali.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Ananditya Paradhi
-
Gabung PSI dan Jadi Ketum, Popularitas Kaesang Diselimuti Sentimen Negatif

Nama Putra Bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep tengah santer menjadi perbincangan setelah dirinya secara resmi masuk PSI. Kaesang resmi menerima Kartu Tanda Anggota (KTA) PSI di kediaman Jokowi, Sumber, Banjarsari, Solo pada Sabtu (23/9/2023). Keputusan Putra Presiden tersebut menjadi kontroversi karena baik Jokowi, putra kedua Gibran Rakabuming Raka, hingga menantunya Bobby Nasution merupakan kader PDIP. Perbedaan partai dalam satu keluarga politisi tersebut pun menuai respons dari berbagai kalangan hingga nama Kaesang dibanjiri sentimen negatif.
Netray mengamati pembahasan topik ini di media massa online dan kanal YouTube untuk mengetahui bagaimana respons publik terkait bergabungnya Kaesang bersama PSI. Berikut hasil pengamatan Netray selengkapnya.

Gambar 1. Statistik Report Netray mengamati pembahasan topik ini media sejak 19-26 September 2023 dengan menggunakan kata kunci kaesang && PSI. Hasilnya, tampak jumlah artikel pada topik ini mencapai 1.283 artikel yang berasal dari 116 total media. Secara keseluruhan pembahasan media masuk ke dalam kategori politik. Periode yang digunakan dalam memantau isu Putra Bungsu Presiden dan PSI menjangkau saat pertama kali Kaesang diumumkan bergabung dengan PSI dan selang dua hari kemudian dirinya resmi didapuk sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Giring Ganesha. Hal ini dapat diamati melalui puncak pemberitaan pada grafik berikut.


Gambar 2. Intensitas dan tren sentimen pemberitaan Suami Erina Gundono tersebut dinyatakan resmi bergabung dengan PSI tepatnya pada 23 September 2023. Barulah kemudian pada 25 September dirinya diumumkan sebagai Ketum PSI. Hal ini pun sontak mengundang sorotan media dan reaksi dari berbagai kalangan. Seperti yang tampak dalam grafik, pemberitaan bersentimen negatif mendominasi kabar ini meski pada akhir periode grafik sentimen positif tampak lebih menjulang.
Jika diamati melalui intensitas pemberitaan, isu Kaesang masuk ke PSI sudah tercium oleh media sejak 20 September 2023. Meski pada tanggal tersebut hanya terdapat 10 artikel yang memuat isu ini sebagai artikel. Berikut beberapa sampel artikel terkait.


Gambar 3. Isu awal bergabungnya Kaesang dengan PSI Isu tersebut bermula saat akun resmi PSI di laman X mengunggah video ‘tak biasa’ berdurasi 42 detik. Dalam video terdengar suara mirip putra bungsu Presiden Joko Widodo yang menyatakan diri terjun ke dunia politik. Gimik ini pun terbukti benar, sebab kemudian pada 23 September dirinya secara resmi menyatakan bergabung dengan PSI.


Gambar 4. Sampel artikel pada 23 September 2023 Bergabungnya Kaesang bersama PSI diumumkan langsung oleh petinggi PSI seperti Giring Ganesha dan Grace Natalie. Pilihan Kaesang dengan partai yang dikenal sebagai partai anak muda ini pun seolah menambah dinamika politik jelang 2024. Terlebih Putra Bungsu Presiden ini mengambil jalan kaderisasi yang berbeda dengan keluarganya yang dikenal sebagai kader PDIP. Hal ini kemudian memantik gelombang isu perbedaan sikap yang terjadi antara Jokowi dan PDIP terkait arah dukungan pada Pilpres mendatang. Tak heran bila media turut memuat berbagai artikel terkait respons PDIP mengenai kabar ini.


Gambar 5. Artikel terkait Dari keretakan hingga perang dingin menjadi judul media dalam mengemas isu hubungan Megawati dan Jokowi. Terlebih saat Kaesang resmi menjadi anggota partai yang berbeda dari ayah dan saudaranya. Merespons hal ini, Puan Maharani pun memberikan ucapan selamat kepada Kaesang. Puan pun tak mau menanggapi saat ditanya apakah pilihan Kaesang itu sebagai manuver dinasti politik Jokowi. Dia menyatakan tidak menilai seperti itu. Demikian halnya dengan Kaesang yang juga enggan mengomentari isu perbedaan haluan Jokowi dan partainya tersebut.
Selang dua hari bergabung dengan PSI Kaesang pun langsung mendapatkan kursi sebagai Ketua Umum PSI. Hal ini cukup mengejutkan publik, proses singkat dan dinilai terburu-buru ini pun mendapat reaksi sinis di media. Hal ini lantas mempengaruhi sentimen yang menyelimuti nama Kaesang pada topik ini.


Gambar 6. Artikel terkait Kaesang memang belum pernah memiliki jabatan di partai politik sebelumnya, namun dirinya kini melaju kencang mendapat kursi sebagai pemimpin partai. PSI diduga akan menjadi partai milik keluarga Jokowi, meski dirinya bersama Gibran dan menantunya Bobby masih menjadi kader PDIP. Kilatnya proses yang dilalui Kaesang dinilai oleh Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA sebagai tindakan PSI yang mengharapkan efek Jokowi atau “Jokowi’s effect” agar PSI lolos ke Senayan pada tahun politik mendatang.
Tanggapan sinis lainnya disampaikan oleh Pengamat politik Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi yang menilai PSI justru melemahkan citra yang selama ini dibangun sebagai partai yang memiliki ciri demokrasi. Menurut Airlangga, pemilihan Kaesang sebagai Ketua Umum PSI yang berlangsung secara cepat juga menunjukkan tidak terujinya proses meritokratik maupun penggemblengan terhadap Kaesang sebagai bagian dari dialektika. Airlangga khawatir, apa yang dilakukan oleh PSI justru tidak menjadi proses yang baik, dan dalam jangka panjang justru merugikan langkah politik Kaesang dalam karir politiknya.
Kaesang, PSI, dan Reaksi Warganet
Seperti halnya di jagat media massa online di kanal YouTube, Netray juga menemukan trend sentimen negatif yang menyelimuti ragam komentar warganet terkait bergabungnya Kaesang bersama PSI. Berikut hasil pantauan Netray selengkapnya.

Gambar 7. Statistik Report Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama, Netray menemukan 387 konten video di kanal YouTube yang melibatkan Kaesang dan PSI. Konten tersebut telah disaksikan sebanyak 5,9 juta pengguna YouTube dan mendulang like sebanyak 49,4 ribu. Adapun jumlah impresi pada keseluruhan konten mencapai 6 juta reaksi dan mendapat 29 ribu komentar yang didominasi bersentimen negatif.

Gambar 8. Intensitas konten terkait Secara intensitas, konten terkait topik ini muncul sejak 21 September 2023 hingga puncaknya terjadi pada 26 Oktober 2023. Popularitas Kaesang pun kian meningkat di kanal YouTube selama periode ini meski sentimen negatif mendominasi reaksi warganet. Berikut beberapa konten terpopuler selama periode ini.



Gambar 9. Konten YouTube terpopuler Konten yang meliput saat pidato pertama kali sebagai Ketum PSI pun menjadi konten yang paling banyak disaksikan oleh warganet. Konten yang diunggah oleh KOMPASTV tersebut disaksikan oleh 943,9 ribu penonton, mendapat 5,5 ribu komentar, dan 10,8 ribu like. Konten terpopuler lainnya menampilkan reaksi Gibran yang dinilai kesal saat mendapat pertanyaan terkait bergabungnya Kaesang bersama PSI.
Sementara itu, tampak channel Rocky Gerung Official menilai masuknya Kaesang ke PSI merupakan tamparan keras keluarga Jokowi kepada Megawati. Sebab, hal ini menunjukkan sikap tegas Jokowi untuk keluar dari pandangan sebagai petugas partai PDIP. Berikut ragam komentar warganet yang dihimpun dari konten-konten terpopuler tersebut.




Gambar 10. Komentar warganet Nama Jokowi memang seolah tidak dapat terlepas dari bayang-bayang PDIP, tak heran bila keputusan Putra Bungsunya untuk masuk di Partai yang berbeda menuai pro dan kontra. Warganet memberikan komentar negatif menilai Jokowi dan keluarganya telah mempermalukan PDIP dan Megawati hingga menilai kekuasaan Jokowi pun kelak akan lenyap di tangan Putra Bungsunya yang karena dinilai merusak citra dan popularitas yang dibangun oleh Jokowi. Meski demikian, terdapat warganet yang masih memberikan support akan kepada Kaesang, berikut di antaranya.




Gambar 11. Komentar positif warganet Sebagian warganet yang memberikan komentar positifnya menilai keputusan Kaesang dapat membangun PSI ke arah yang lebih baik. Warganet pun berharap dengan bergabungnya Kaesang ke dalam partai ini dapat membawa kesuksesan PSI dan Indonesia karena menjadi salah satu aspirasi masyarakat. Sementara itu, berikut portal dan channel populer berdasarkan pantauan Netray.


Gambar 12. Portal dan channel terpopuler Baik portal terpopuler maupun channel terpopuler tampak Kompas menempati urutan teratas kategori ini. Setelah Kompas di media pemberitaan Majalah Tempo menjadi portal media pemberitaan yang paling banyak menerbitkan artikel terkait topik ini. Sementara itu, di kanal YouTube tampak 9 dari 10 channel terpopuler merupakan channel milik portal pemberitaan dan hanya channel milik Rocky Gerung Official yang bukan merupakan portal media pemberitaan.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Ananditya Paradhi
-
Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 18 – 24 September 2023

Berdasarkan pantauan Netray terkait popularitas tokoh politik di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok), nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut selama periode 18 – 24 September 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Agus Harimurti dan Erick Thohir.
Ganjar masih menjadi tokoh yang paling banyak disebut pada pekan ini ketika Anies dan Prabowo saling bertukar posisi. Erick Thohir masih berada dalam peringkat lima besar, meskipun sekarang posisinya digeser oleh AHY. Acara bincang-bincang publik yang diselenggarakan oleh Najwa Shihab dan UGM serta Kuliah Kebangsaan UI menjadi topik yang paling banyak bersinggungan dengan tokoh politik terpopuler, Terutama Ganjar, Anies, dan Prabowo.
Duet baru Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga sedang menjadi buah bibir masyarakat, seperti warganet Twitter, seperti yang tertangkap dalam grafik Top Words. Hal ini menaikkan nama Cak Imin di posisi tujuh di bawah Gibran. Sedangkan Ridwan Kamil, Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno turun peringkat karena nama meraka mulai jauh dari wacana pilpres. Konfigurasi politik masih sangat terbuka dengan nama-nama baru pasca penetapan Cak Imin sebagai cawapres Anies.

Gambar 1. Topik-topik perbincangan publik terkait popularitas tokoh 
Gambar 2. Wacana duet Anies Imin sedang gencar di media sosial Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Home Home















































