HomeCurrent ReportDokumenter "Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso", Kejanggalan Kasus dan Spekulasi...

Dokumenter “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso”, Kejanggalan Kasus dan Spekulasi Warganet

Published on

Film dokumenter berjudul “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso” yang baru-baru ini ditayangkan di Netflix viral di jagat maya. Film ini mengangkat kasus kematian akibat meminum kopi yang diberi racun jenis sianida. Publik kembali memperbincangkan kasus yang terjadi pada tahun 2016 silam. Dugaan sementara adalah film dokumenter tersebut seolah berhasil menggiring opini publik untuk meragukan status tersangka Jessica Wongso yang telah divonis bersalah dan harus menjalani 20 tahun penjara.

Film dokumenter ini membuka kembali kasus kematian Wayan Mirna Salihin di tangan Jessica Kumala Wongso. Dengan durasi selama 1 jam 26 menit, penonton disuguhi cerita tentang peliknya kasus ini dari berbagai sudut pandang. Dokumenter ini pun berhasil membuat publik berspekulasi dan mengungkap sejumlah kejanggalan dalam kasus yang dikenal sebagai kasus kopi sianida tersebut.

Meningkatnya kembali intensitas publik terhadap topik ini pun diamati Netray melalui kanal media sosial X yang dipantau sejak 4 September 2023 hingga 10 Oktober 2023. Berikut hasil temuan Netray selengkapnya.

Ice cold
Gambar 1. Kosakata populer

Selama sepekan terdapat berbagai kosakata populer dalam hasil pengamatan Netray di media sosial X seperti forensik, sianida, netflix, dan grasi. Serta kemunculan berulang sejumlah nama seperti, murti, otto, karni ilyas, deddy, serta ayah dalam perbincangan warganet yang tak lain merujuk pada orang tua dari Mirna Salihin.

Kemunculan nama-nama orang dalam kosakata populer adalah bagian dari spekulasi warganet dalam mengungkap siapa pelaku sebenarnya dari kematian yang janggal tersebut. Spekulasi dan opini warganet terkait topik ini pun membuat perbincangan warganet didominasi oleh sentimen negatif. Sebagaimana dapat diamati melalui grafik berikut.

Gambar 2. Sentiment trend

Berdasarkan grafik dapat diamati sentimen negatif yang jauh mencuat dibanding dengan sentimen positif dalam arus perbincangan warganet. Netflix menghadirkan wawancara ekslusif dengan Jessica, ayah dan saudara kembar Mirna, pengacara Jessica, pegawai kafe di tempat kejadian perkara, hingga jurnalis yang mengikuti kasus tersebut. Sentimen negatif yang mendominasi arus perbincangan jagat maya kerap membicarakan spekulasi terkait kejanggalan dalam pengungkapan kasus tersebut. Berikut beberapa tanggapan populer warganet.

Gambar 3. Respons warganet

Spekulasi atas kejanggalan kasus salah satunya adalah warganet menduga bahwa Jessica bukanlah pelaku sebenarnya. Perhatian warganet pun tertuju pada sosok ayah almarhum Mirna, yang dinilai warganet justru cukup mencurigakan. Tak sampai di situ, dokumenter ini juga membuat warganet meragukan kinerja pihak kepolisian dalam menangani kasus tersebut.

Imbasnya sejumlah nama polisi pun mencuat ke publik. Seperti sosok Krishna Murti yang diduga memaksa Jessica mengaku sebagai pelaku pembunuh Mirna dan sosok Ferdy Sambo petinggi kepolisian yang dulu mengepalai investigasi kasus tersebut. Ferdy Sambo yang kini menjadi terungkap sebagai tersangka dalang pembunuhan Bigadir Yosua pun menyebabkan keraguan warganet akan kasus kopi sianida semakin mengakar.

Topik yang sempat menduduki trending topik ini dalam sepekan diperbincangkan setidaknya dalam 3.227 tweet. Dengan jumlah impresi mencapai 15,1 juta impresi dari warganet. Populernya topik ini setidaknya menjangkau lebih dari 91,4 juta pengguna media sosial X.

Gambar 4. Statistik Report

Dalam beberapa cuitan terpopuler warganet tidak hanya menyoroti vonis dan tuntutan yang diajukan oleh jaksa sebagian besar berdasarkan bukti-bukti tidak langsung. Melainkan juga berbagai kejanggalan lainnya hingga warganet berharap kasus ini dapat dibuka kembali sehingga pelaku sebenarnya dalam peristiwa ini dapat terungkap. Berikut beberapa respons populer warganet.

Gambar 5. Respons populer warganet

Seperti diketahui, Jessica Wongso mendapat tawaran grasi dari pemerintah, namun Ia dengan tegas menolak grasi tersebut karena harus mengakui dirinya sebagai pelaku utama pembunuhan Mirna, sahabatnya sendiri. Sementara itu, kecurigaan warganet pun semakin bertambah sejak hilangnya konten-konten dan akun yang meng-up peristiwa ini kembali. Hal ini membuat warganet yakin bahwa ada yang salah dalam pengungkapan kasus kopi sianida ini.

Ice Cold: Uang, Kopi, Jessica, dan Pihak Kepolisian

Kasus kopi sianida dalam dokumenter Ice Cold yang dirilis secara perdana pada 28 September 2023 di Netflix berhasil memantik kembali pembahasan publik terkait pengungkapan kasus kopi sianida. Masih berkutat pada keanehan dan kejanggalaan pengungkapan kasus dalam dokumenter ini. Warganet pun meng-highlight proses hukum di Indonesia yang dinilai berkaitan erat dengan uang. Hal ini turut berdampak pada kinerja pihak kepolisian terkait. Berikut beberapa impresi warganet.

Gambar 6. Ice Cold dan kecurigaan warganet

Kasus kontroversial ini membuat warganet semakin meyakini buruknya proses peradilan di Indonesia. Uang seolah memiliki kekuatan untuk mengatur proses peradilan. Hal ini juga semakin mengurangi harapan masyarakat untuk mencintai Tanah Air. Terlebih, dokumenter ini juga menyebut petinggi kepolisian yang dicurigai oleh warganet memiliki peran kuat dalam mengungkap kasus yang menewaskan Mirna. Berikut beberapa akun dan tokoh terpopuler dalam topik ini.

Gambar 7. Top Akun dan Top People

Di media sosial X akun @kegblgunfaedah menjadi akun dengan raihan impresi tertinggi pada periode ini. Akun tersebut berhasil memantik berbagai reaksi warganet dalam membahas topik seputar dokumenter Ice Cold dan kematian Mirna. Sedangkan nama Jessica Wongso menempati urutan teratas tokoh yang paling banyak disebut dalam pembahasan warganet terkait dokumenter Ice Cold di jagat media X.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: