Home Blog Page 26

Timnas U-23 Lolos Final Piala Asia: Dari Dukungan Untuk Erick Thohir Hingga Cibiran Untuk Ganjar

0

Timnas U-23 Indonesia memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 setelah menekuk Turkmenistan U-23 dengan skor 2-0, di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Selasa 12/9/2023. Gol Indonesia dicetak oleh Ivan Jenner di babak pertama dan Arhan Pratama di babak kedua. Indonesia berhasil meraih hasil sempurna dan menjadi juara Grup K dengan kemenangan pada penyisihan grup. Bahkan pada laga sebelumnya skuad Garuda Muda ini menggilas China Taipei dengan skor 9-0.

Semangat kemenangan digaungkan oleh warganet di berbagai kanal pantauan Netray, yakni media sosial X dan TikTok. Netray memantau kemeriahan warganet dalam memberikan dukungan kepada Garuda Muda tersebut. Menariknya, nama Erick Thohir pun turut disebut-sebut warganet dalam merayakan kemenangan ini. Untuk mengetahui selengkapnya, berikut hasil pantauan Netray.

Timnas U-23
Gambar 1. Statistik Report

Dengan menggunakan kata kunci Timnas dan Timnas U23, Netray memantau topik perbincangan warganet selama sepekan, yakni sejak 7-13 September 2023. Berdasarkan pantauan tersebut Netray menemukan 10,1 ribu tweets warganet dengan lebih dari setengahnya bersentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 9,3 juta reaksi warganet dengan berpotensi menjangkau 155,2 juta akun pengguna media sosial X.

Gambar 2. Intensitas perbincangan warganet

Secara intensitas terlihat puncak perbincangan warganet meningkat signifikan pada 13 September 2023 sehari setelah pertandingan skuad Garuda Muda melawan Turkmenistan. Keriuhan sambutan kemenangan ini pun membuat perbincangan di media sosial X didominasi oleh sentimen positif. Berikut berbagai kosa kata populer dalam arus perbincangan warganet.

Gambar 3. Kosa kata populer

Tampak kosa kata seperti final, kemenangan, turkmenistan, timnasday, erick, etbikinpssimendunia, dan berbagai kosa kata lainnya mendominasi perbincangan warganet. Tidak hanya sambutan kemenangan, warganet juga memberikan dukungan kepada Erick Thohir sebagai Ketua PSSI. Nama Erick Thohir disebut-sebut oleh warganet karena dinilai berjasa atas kemenangan yang diraih oleh Timnas U-23. Berikut berbagai impresi warganet.

Gambar 4. Impresi warganet

Pertama kali dalam sejarah Timnas Indonesia U23 lolos pada putaran final Piala Asia, sambutan haru dari warganet pun tampak terus mengalir. Warganet berharap skuad asuhan Shin Tae-yong ini dapat berhasil mengangkat tropi pada putaran final mendatang. Ucapan terima kasih pun tampak digaungkan oleh warganet kepada Shin Tae-yong dan Erick Thohir, sebagaimana dapat diamati melalui beberapa cuitan berikut.

Gambar 5. Impresi warganet

Warganet menilai duet antara Erick Thohir dan Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia dan PSSI kepada kondisi yang kondusif. Hal ini berdampak baik pada skuad Garuda. Warganet pun mengapresiasi secara penuh, tak hanya kepada Erick Thohir namun juga kepada Shin Tae-yong yang juga membawa Timnas U-20, Timnas U-23, dan Timnas senior lolos pada putaran Final Piala Asia.

Semangat dan euforia atas lolosnya Timnas U-23 pada putaran final seolah menjadi oase setelah berbagai dinamika yang sempat dialami oleh Timnas dan PSSI. Euforia ini juga dapat diamati melalui berbagai konten warganet TikTok yang turut mengunggah berbagai momen kemenangan skuad Garuda Muda ini.

Gambar 6. Statistik Report TikTok

Di TikTok Netray menemukan 630 konten terkait Timnas U-23 yang diunggah selama periode pantauan Netray. Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama terdapat 22,6 juta reaksi dari warganet dan total pemutaran konten sebanyak 294,6 juta kali. Adapun konten-konten tersebut telah dibagikan ke 402,9 ribu pengguna TikTok mendapatkan 22,1 juta like dan 140,6 ribu komentar. Berikut beberapa konten terpopuler unggahan warganet TikTok.

Gambar 7. Konten TikTok Populer

Momen gol yang dicetak oleh Ivar Jenner saat melawan Turkmenistan menjadi salah satu momen yang ramai disaksikan oleh warganet. Selain itu, momen-momen saat Arhan Pratama menutup pertandingan dengan sundulan anggunnya berhasil menjadi gol penutup yang turut membawa Indonesia ke Qatar untuk menjalani laga final. Kedua momen tersebut menjadi momen epik dan menjadi konten yang banyak mendapat reaksi dari warganet.

Kemenangan Timnas U-23 dan Top Kategori Netray

Torehan kemenangan yang berhasil dicatatkan oleh skuad asuhan Shin Tae-yong ini menjadi trending topik di jagat maya. Hal ini kemudian memunculkan berbagai kategori dalam arus perbincangan warganet, dari mulai akun terpopuler hingga tokoh yang banyak disebut oleh warganet. Berikut beberapa di antaranya.

Gambar 8. Top Akun dan Top People

Pada kategori akun terpopuler tampak akun @idextatime dan @FaktaSepakBola menjadi akun terpopuler dalam perbincangan warganet di media sosial X. Adapun tokoh yang paling banyak disebut oleh warganet dalam topik ini adalah Erick Thohir selaku Ketua PSSI yang meraih banyak dukungan dari warganet. Selain itu tampak kemunculan nama tokoh politik populer Tanah Air, yakni Ganjar Pranowo. Sayangnya nama Ganjar justru diselimuti oleh berbagai reaksi negatif warganet, sebagai mana dapat diamati melalui beberapa sampel tweet berikut.

Gambar 9. Sampel tweet

Momen perayaan lolosnya Timnas U-23 tak selalu menjadi momen positif bagi semua pihak, salah satunya bagi Ganjar Pranowo. Mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut tampak menuai berbagai cibiran dari warganet. Hal tersebut dikarenakan gejolak yang sempat terjadi saat Ganjar menolak Timnas U-20 Israel berlaga di Tanah Air. Keputusan tersebut dinilai sangat politis oleh para pendukung Timnas dan menyebabkan Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia. Kasus tersebut kemudian memberikan sentimen negatif terhadap Ganjar saat warganet merayakan kemenangan skuad Garuda Muda.

Sementara di TikTok, Netray menemukan akun terpopuler dan berbagai tagar yang digunakan warganet dalam mempopulerkan topik ini. Berikut hasil pantauan Netray.

Gambar 10. Top Hashtag dan Top Users

Adapun tagar yang paling banyak digunakan oleh warganet dalam mempopulerkan konten terkait Timnas adalah #timnasindonesia. Tagar tersebut menempati posisi teratas. Selain itu, tampak kemunculan tagar #arhanpratama dan #pratamaarhan sebagai salah satu skuad Timnas yang berhasil mencetak gol pada laga tersebut namanya menjadi sorotan dan populer dalam berbagai konten. Pada kategori Top Users Netray menemukan akun pengguna Lapak gue dan Official RCTI menjadi akun terpopuler di kanal TikTok.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Santer Polemik Tayangan Azan Ganjar Pranowo Tetap Mendulang Sentimen Positif di Media Berita

0

Kemunculan Ganjar Pranowo dalam tayangan azan Maghrib di salah satu stasiun televisi swasta sempat membuat heboh publik. Tak hanya kalangan tokoh politik, warganet pun menyoroti hal ini dengan berbagai opini, baik negatif maupun positif. Meski banjir sentimen negatif di kanal Twitter, berita positif terkait isu ini justru mendominasi di kanal news. 

Untuk melihat seberapa besar atensi media berita dan warganet dalam membahas isu ini, Netray memantau dengan kata kunci Ganjar && adzan dan Ganjar && azan dengan periode pemantauan 7-13 September 2023. Hasilnya ialah sebagai berikut. 

Pada kanal news, kata kunci tersebut telah tayang dalam 401 artikel. Isu ini telah diangkat oleh 78 media berita daring dalam sepekan pemantauan. Terlihat dari gambar di bawah ini, media berita Gelora dan Fajar.co.id menjadi media yang paling banyak mengunggah artikel terkait kata kunci tersebut dengan masing-masing berjumlah 32 artikel. 

ganjar pranowo
Gambar 1. Statistik pemberitaan media
Gambar 2. Jajaran top portal media

Menurut pantauan Netray, artikel terkait kata kunci ini pertama kali diunggah pada tanggal 8 Agustus 2023. Di tanggal tersebut, portal media Tangerang News tampak mengunggah artikel bertajuk “Ada Ganjar Pranowo di Adzan Magrib MNCTV dan RCTI” pada pukul 15.22 WIB. Pemberitaan yang memuat pernyataan warganet yang menilai Ganjar dan timsesnya melakukan praktik politik identitas ini memberikan sentimen negatif kepada mantan Gubernur Jateng tersebut. 

Gambar 3. Grafik intensitas pemberitaan media
Gambar 4. Berita pertama terkait isu tayangan azan

Artikel bertajuk politik identitas santer diunggah media berita media di awal pemantauan. Hal inilah yang memberikan sentimen negatif kepada Ganjar Pranowo. Sentimen negatif terkait isu ini juga datang dari isu terkait kampanye terselubung yang dilakukan oleh timses Ganjar. Belum dimulainya waktu kampanye yang ditetapkan oleh KPU membuat tayangan azan ini digoreng oleh publik. 

Meski mendulang sentimen negatif di awal pemantauan, berita positif terkait isu ini pun mulai unggul di hari keempat pemantauan. Berita negatif tentang Ganjar pun mulai berkurang di tanggal 11 September 2023. Terlihat dari grafik di bawah ini, berita positif terlihat unggul dibandingkan berita negatif sejak 11-13 September 2023. Berita positif pada isu ini juga terlihat lebih dominan, yakni sebesar 48%. 

Gambar 5.Grafik sentimen trend pemberitaan

Berita positif ini berasal dari artikel-artikel yang memuat tentang tanggapan Partai PDI-P atas tudingan yang mengarah kepada Capres yang diusungnya serta pendapat dari beberapa kalangan tokoh politik hingga MUI yang justru mengapresiasi hal tersebut. 

Seperti yang diungkap oleh Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto di artikel Pikiran Rakyat, kemunculan Ganjar Pranowo dalam tayangan azan tersebut bukan sebagai politik identitas justru Ganjar dinilai melakukan hal positif, yakni mengajak masyarakat untuk beribadah. 

Senada dengan Hasto, dilansir dari Aktual, Waketum MUI Anwar Abbas yang juga menilai tayangan tersebut mengandung nilai positif lantaran memiliki nilai dakwah, yakni berupa ajakan beribadah. Sehingga Anwar Abbas pun mengapresiasi tayangan tersebut. Bahkan Anwar Abbas juga mengajak Bacapres lainnya untuk melakukan hal yang sama dengan Ganjar Pranowo karena dianggap dapat menjadi langkah positif untuk mendekatkan masyarakat dengan nilai-nilai agama. 

Tayangan Azan Ganjar Pranowo Tuai Kritik Warganet

Isu ini juga santer diperbincangkan warganet Twitter. Dengan kata kunci dan periode pemantauan yang sama, Netray menemukan 18,6 twit dengan impresi sebanyak 11,9 juta reaksi. Twit tersebut diunggah oleh lebih dari 6,5 ribu akun dengan potential reach mencapai 112,2 juta akun. 

Gambar 6. Statistik perbincangan warganet di Twitter

Sama halnya dengan portal berita, isu ini juga mulai diperbincangkan warganet pada 8 September 2023. Di hari tersebut ditemukan sebanyak 290 twit yang mengandung kedua kata kunci. Lalu, perbincangan warganet tentang isu ini memuncak di tanggal 10 September dengan total 4,9 ribu twit dalam satu hari. 

Gambar 7. Grafik intensitas perbincangan warganet

Jika isu ini mendulang sentimen positif di kanal news, berbeda halnya dengan perbincangan warganet di Twitter. Isu ini justru banjir sentimen negatif dari warganet. Terlihat dari gambar di atas (Gambar 6), jumlah sentimen negatif mendominasi sebanyak 50% dibanding sentimen positif yang hanya 14%. 

Sentimen negatif warganet terkait isu ini juga berasal dari perbincangan tentang isu politik identitas. Dari jajaran Top Words di bawah ini terlihat perbincangan terkait hal tersebut mendominasi juga mendominasi di kanal Twitter. Warganet juga menilai jika kemunculan Ganjar Pranowo dalam tayangan azan tersebut dianggap sebagai politik identitas. Bukan hanya itu, tayangan ini juga dianggap sebagai politisasi agama oleh warganet.

Gambar 8. Jajaran top words di Twitter
Gambar 9. Twit tetang politik identitas
Gambar 10. Twit tentang politisasi agama

Banyak warganet yang menganggap jika kehadiran Ganjar Pranowo dalam tayangan azan ini sebagai cara berkampanye dengan ‘jual agama’. Bahkan pembelaan beberapa kalangan untuk Ganjar pun balik mendapat kritikan dari warganet yang menilai hal tersebut terlalu berlebihan. Warganet berpendapat jika tayangan azan tidak boleh disisipi oleh kepentingan politik apapun. 

Gambar 11. Twit tentang jual agama
Gambar 12. Twit tentang jual agama

Tak melulu tentang politik, sasaran kritik warganet juga datang dari penampilan Ganjar Pranowo saat memerankan sebagai model dalam tayangan azan tersebut. Adegan Ganjar ketika mengambil wudhu menuai sorotan netizen. Warganet pun menilai jika adegan tersebut menggambarkan sosok Ganjar yang tidak terbiasa mengambil wudhu ataupun sholat. 

Gambar 13. Twit tentang kritik adegan wudhu
Gambar 14. Twit tentang kritik adegan wudhu

Isu ini tak hanya menyasar kepada sosok Ganjar Pranowo ataupun timsesnya, melainkan kepada Bawaslu. Organisasi yang bergerak dalam pengawasan pemilu ini juga menjadi sasaran kritik warganet atas hal tersebut. Pasalnya, pernyataan Bawaslu yang menyebut video azan ini bukan termasuk kampanye politik menjadi sorotan warganet. Hal tersebut bahkan dijadikan ajang warganet untuk mengkritik dan kembali mengungkit sikap Bawaslu yang sering menegur Bacapres Anies Baswedan.

Gambar 15. Twit tentang kritik untuk Bawaslu
Gambar 16. Twit tentang kritik untuk Bawaslu

Meski banyak mendapat kritik dari warganet, topik ini juga juga mendapat sentimen positif dari warganet yang tidak mempermasalah kemunculan Ganjar Pranowo dalam tayangan azan yang ditampilkan oleh stasiun TV milik Hary Tanoesoedibjo tersebut. Warganet justru memberikan twit kelakar bacapres lain juga turut serta tampil dalam tayangan yang berisikan ajakan ibadah. 

Gambar 17. Twit positif untuk Ganjar
Gambar 18. Twit positif untuk Ganjar

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Ananditya Paradhi

Perbincangan Film Sleep Call di Twitter, Laura Basuki Jadi Sorotan

Film Sleep Call berhasil trending di sosial media Twitter. Film karya Fajar Nugros ini tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 7 September 2023. Film bergenre thriller ini mengisahkan Dina yang diperankan Laura Basuki, terjerat pinjaman online (pinjol) untuk membayar biaya rumah sakit ibunya yang menderita gangguan jiwa. Ia kemudian memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan pinjol ilegal.

Kepahitan hidup membuat Dina merasa kesepian dan membawanya untuk mencari ‘teman’ di aplikasi kencan. Dalam aplikasi tersebutlah ia mulai dekat dengan Rama dan sering melakukan sleep call; panggilan telepon yang dilakukan saat menjelang tidur. Sleep call dijadikannya sebagai pelarian dari rumitnya kehidupan dunia nyata.

Pemantauan Film Sleep Call di Lini Masa Twitter

Netray ingin memantau respons warganet Twitter terhadap film yang mengangkat isu terutama soal kesehatan mental. Dengan menggunakan kata kunci film&&sleep call, sleep call, dan tagar #sleepcall  selama periode 3 – 9 September 2023. Netray menemukan dari total kata kunci mampu menghasilkan 9.076 twit yang menyebabkan topik ini sempat menjadi trending topic.

Gambar 1. Grafik Cuitan Spam
sleep call
Gambar 2. Jajaran kata populer yang tidak berkaitan

Namun ternyata hanya ada 28,9% yang benar-benar membicarakan film ini. Sedangkan sebanyak 71,1% terdeteksi sebagai cuitan spam yang tidak berkaitan dengan pembicaraan film. Hal ini juga dapat dilihat pada jajaran top words pada Gambar 2 yang menunjukkan kosakata yang tak berkaitan dengan perbincangan film Sleep Call.

Gambar 3. Statistik perbincangan film Sleep Call

Dari total 2.764 cuitan yang membicarakan film berdurasi 100 menit ini, aktris ternama Laura Basuki berhasil menjadi sorotan pembicaraan selama periode pemantauan. Terlihat pada jajaran top words kata laura serta basuki terlihat mendominasi. Perbincangan terkait aktris 35 tahun ini banyak dibanjiri pujian terkait perannya. Laura dapat menampilkan akting terbaik sebagai pegawai pinjol yang depresi terlihat dituliskan akun @TarizSolis. Pujian untuk Laura yang tampak bersinar dalam film ini juga diungkapkan akun @CulturaMagz dan @HabisNontonFilm.

Gambar 4. Jajaran kata populer
Gambar 5. Sampel twit kata ‘laura’
Gambar 6. Sampel twit kata ‘laura’

Tak hanya itu, kecantikan Laura juga dielu-elukan warganet dalam film ini. Seperti terlihat pada akun @AgusMagelangan, twit yang memperoleh ratusan impresi ini mengungkapkan bahwa wajah cantik Laura Basuki terlalu sayang jika tidak dilihat di layar ukuran lebar. Sedangkan akun @dolpwl menyanjung Laura tampil cantik tapi gahar. Bahkan akun @wantitgood berkeinginan menonton film ini demi menonton sosok wanita keturunan Tionghoa tersebut.

Gambar 7. Sampel twit kata ‘laura’

Fajar Nugros sebagai sutradara film ini tak luput juga dari sorotan warganet. Namanya cukup  mendominasi jajaran kata yang sering digunakan. Akun @hafilova memiliki ekspektasi yang tinggi setelah film “Inang”, pembuka film Sleep Call baginya sangat mengagetkan. Lalu akun @SinemaTengahMlm menyukai arahan yang membuat Sleep Call indah dan penuh dengan makna implisit. Sedangkan akun @djaycoholyc memperhatikan membentuk karakter-karakter di dan sangat memperhatikan detail satu persatu karakter memiliki kekuatan masing-masing.

Gambar 8. Sampel twit kata ‘fajar’

Kata anjing pun terlihat mencuat pada jajaran top words. Hal ini berkaitan pada akting Laurabas yang berkata anjing dalam film ini. Seperti yang dicuitkan akun @kripikfilm memuji Laura tampak keren terutama saat bilang anjing. Hal serupa dituliskan akun @anainglathii. Anjing juga menjadi kata kiasan akan berhasilnya film ini hingga membuat penontonnya mengumpat. Hal ini seperti yang tertera pada akun @slvrsulfadiazin.

Gambar 9. Sampel twit kata ‘anjing’

Di balik pujian yang menghujani karya Fajar Nugros ini terdapat sekelumit kritikan bagi ‘Sleep Call’. Seperti yang dicuitkan akun @moviemenfes film ini tampak membosankan dengan alur yang melompat-lompat dengan ending yang kurang spesial. Akun @irfantfk pun mengungkapkan hal yang mirip, ia menganggap film ini terasa hambar dan terlalu berat dan plot twist-nya mudah ditebak seperti kebanyakan film thriller lainnya.

Sedangkan akun @omongomongcom lebih menyoroti pada topik yang diangkat, narasi ‘Sleep Call yang mengangkat soal keterasingan kelas pekerja namun menjejalkan semua permasalahan kelas pekerja perempuan dalam satu individu, Dina. Justru itu membuat fokus kelas pekerja yang sebenarnya merupakan masalah struktural menjadi kabur.

Gambar 10. Sampel twit negatif

Selama periode pemantauan seperti yang tertera pada gambar tampak akun @TarizSolis menjadi akun yang paling populer terlihat dari perolehan impresi hingga 12 ribu. Akun ini memberikan ulasan panjang yang positif bagi sleep call. Kemudian di posisi kedua terdapat akun @HabisNontonFilm akun reviewer film dan serial ini hanya berhasil memperoleh 2.728 reaksi dari warganet.

Selain memberi ulasan singkat film ini @HabisNontonFilm juga membagikan 10 tiket secara gratis dengan menuliskan alasan mengapa ingin menonton Sleep Call. Selanjutnya tak terpaut jauh, akun  WatchmenID meraup 2,066 impresi. Akun yang sering membahas dunia perfilman, pertelevisian & pop culture ini memaparkan secara panjang lebar ulasan gamblang tayangan layar lebar ini dalam sebuah utas.

Gambar 11. Jajaran akun populer
Gambar 12. Sampel twit akun terpopuler @TarizSolis
Gambar 13. Sampel twit akun populer @HabisNontonFilm
Gambar 14. Sampel twit akun populer @WatchmenID

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Ananditya Paradhi

Rempang Eco-City, Investasi Asing dan Konflik Agraria

0

Pengembangan kawasan ekonomi baru Rempang Eco-City di Pulau Rempang, Kepulauan Riau mendapat penolakan dari warga setempat. Penolakan tersebut berujung bentrok warga dengan aparat gabungan TNI-Polri pada Kamis 7 September 2023. Pengembangan Rempang Eco-City sebenarnya sudah direncanakan pada tahun 2004. Pada masa itu pemerintah, melalui BP Batam dan Pemerintah Kota Batam, menggandeng PT Makmur Elok Graha menandatangani perjanjian kerja sama.

Proyek ini kemudian masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) 2023. Hal tersebut tertuang dalam Permenko Bidang Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional yang ditandatangani oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Bentrokan di Rempang menambah deretan konflik agraria yang terjadi di era Pemerintahan Jokowi. Berdasarkan laporan Konsorsium Pembaruan Agraria, ada 212 konflik agraria sepanjang tahun 2022. Jumlah tersebut naik 2,36% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 207 konflik. Pecahnya konflik Rempang menjadi salah satu catatan terbaru konflik agraria yang menjadi persoalan klasik pemerintahan Indonesia.

Netray mencoba mengamati laju perbincangan warganet di media sosial X dalam merespons persoalan ini. Serta mengamati bagaimana media menyoroti dan membahas konflik ini. Berikut hasil pengamatan Netray selengkapnya.

rempang
Gambar 1. Statistik Report

Netray mengamati topik ini selama sepekan, yakni sejak 5-11 September 2023 dengan menggunakan kata kunci batam && rempang dan rempang. Hasilnya, Netray menemukan 63,5 ribu tweets selama periode ini dengan didominasi oleh sentimen negatif. Adapun jumlah impresi mencapai 70,6 juta dan berpotensi menjangkau 122,3 juta akun pengguna sosial media X. Berikut grafik intensitas perbincangan warganet.

Gambar 2. Intensitas perbincangan warganet

Melalui grafik di atas terlihat perbincangan warganet mulai muncul pada 7 September 2023 kemudian meningkat signifikan hingga akhir periode pantauan. Demikian halnya dengan grafik sentimen yang mencuat pada waktu yang bersamaan dan tampak grafik sentimen negatif mendominasi perbincangan warganet terkait topik ini.

Diketahui melalui situs BP Batam, kawasan ekonomi ini rencananya dikembangkan di lahan seluas 7.572 hektare atau sekitar 45,89 persen dari total luas Pulau Rempang 16.500 hektare. Pengembangan pulau tersebut mencakup kawasan industri, perdagangan, hingga wisata yang terintegrasi agar bisa bersaing dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

BP Batam memperkirakan investasi pengembangan Pulau Rempang mencapai Rp381 triliun dan akan menyerap 306 ribu tenaga kerja hingga 2080. Meski demikian, pada prosesnya tidak semua masyarakat merespons baik hajat ini. Sebagaimana konflik ini kemudian pun pecah dan menjadi perbincangan luas masyarakat di jagat maya. Berikut berbagai kosakata populer dalam perbincangan warganet.

Gambar 3. Kosakata populer

Salah satu topik yang terpantau dari grafik adalah kawasan Rempang juga akan menjadi lokasi pabrik kaca terbesar kedua di dunia milik perusahaan China Xinyi Group. Investasi proyek tersebut diperkirakan mencapai US$11,6 miliar atau sekitar Rp174 triliun. Pada Juli lalu, Xinyi International International Investment Limited dan PT Makmur Elok Graha telah menandatangani nota kesepakatan (Memorandum of Agreement) terkait rencana investasi itu di Chengdu, China.

Hal ini kemudian menjadi perbincangan luas warganet, seperti tampak kemunculan sejumlah kosakata terkait topik ini pada Gambar 3, seperti china, menolak, kekerasan, melayu, investasi, konflik, rezim, dan berbagai kata lainnya. Tak hanya itu, warganet juga menggaungkan tagar tolakpenggusuranrempang untuk menyuarakan persoalan ini. Berikut beberapa impresi warganet.

Gambar 4. Impresi warganet

Warganet mengomentari sikap pemerintah yang dinilai lebih memihak pada investasi asing dibanding dengan rakyatnya sendiri. Terlebih, pulau tersebut telah dihuni oleh masyarakat Melayu Tua sejak 1934. Konflik ini pun menambah deretan panjang konflik agraria terkait PSN dan masyarakat, seperti halnya Kendeng, Wadas, Tumpang Pitu, dan berbagai proyek lainnya. Warganet pun mengutuki kekerasan yang terjadi akibat peristiwa ini yang melibatkan aparat keamanaan dengan masyarakat setempat yang menolak relokasi.

Gambar 5. Impresi warganet

Konflik Rempang dinilai juga menambah catatan buruknya keadilan di negeri ini, sebagaimana masyarakat yang berjuang akan hak hidupnya justru mendapat tindakan represif dari aparat. Tembakan gas air mata, kekerasan, hingga penahanan sejumlah anggota masyarakat pun mendapat respons dari berbagai akun perlindungan hukum seperti @walhinasional dan @amnestyindo. Akun-akun tersebut turut mengutuk dan meminta Kapolri agar menghentikan kekerasan yang melanggar HAM masyarakat tersebut.

Konflik Rempang dan Respons Pemerintah Melalui Media Massa

Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama Netray juga mengamati pembahasan media massa terkait topik ini. Netray menemukan setidaknya 723 artikel terkait yang berasal dari 113 total media pemberitaan online. Selengkapnya dapat diamati melalui gambar berikut.

Gambar 6. Statistik report pemberitaan

Dari total 723 artikel tersebut 237 di antaranya pemberitaan berkategori hukum, kemudian 228 berkategori pemerintah, diikuti oleh berbagai kategori lainnya. Netray memantau topik ini di media pemberitaan agar dapat mengamati bagaimana pemerintah merespons persoalan ini. Berikut beberapa artikel yang temuan Netray.

Gambar 7. Artikel terkait

Pada 11 September 2011 dua Menteri dalam kabinet Jokowi menanggapi permasalahan di Pulau Rempang yang dimuat oleh Majalah Tempo dan Kompas. Majalah Tempo memuat pernyataan Sandiaga Uno yang meminta kerusuhan segera ditangani, karena investasi yang membutuhkan suasana kondusif. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut menilai kalau suasana tidak kondusif, investasi kemungkinan tidak akan berjalan mulus.

Sementara Kompas memuat artikel yang berisi tanggapan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Ia menduga adanya provokator di balik kericuhan yang terjadi antara masyarakat dengan aparat penegak hukum di Pulau Rempang pada Kamis (7/9/2023). Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penangkapan delapan orang oleh aparat menurut Mahfud MD.

Gambar 8. Artikel terkait

Salah satu peristiwa yang disayangkan adalah masuknya gas air mata ke sekolah di dekat area bentrok. Dari beberapa sumber berita dan video beredar, tampak anak sekolah berhamburan keluar dan berlari ke hutan untuk menghindari terpaan gas air mata. Beberapa juga dilaporkan pingsan dan harus dirawat di IGD terdekat.

Peristiwa ini tentu meninggalkan trauma saat di kelas mereka belajar tentang bela negara, nilai sila ke lima Pancasila. Namun saat bersamaan, tetangga atau bahkan kedua orangtua mereka sedang disemprot water canon dan gas air mata oleh aparat negara hanya karena mempertahankan hak tanah adatnya. Para siswa menyaksikan sendiri kejadian represif tersebut. Dalam kasus agraria ini dapat sama-sama diamati bagaimana kalkulasi pendidikan seolah diletakkan di gerbong terakhir pada proses pembangunan.

Bahkan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi justru meminta agar massa aksi unjuk rasa menyampaikan permasalahan relokasi ke pemerintah pusat, di Jakarta agar bertemu dengan para menteri. Ia menyampaikan bahwa dirinya tidak memiliki wewenang untuk mengambil langkah mendahului pemerintah pusat di Jakarta. Karena, proyek pengembangan kawasan Rempang Batam itu merupakan proyek strategis nasional dan memiliki keputusan di pemerintah pusat.

Top Kategori Pembahasan Rempang

Berdasarkan hasil pantauan, Netray mendapati sejumlah tokoh yang kerap disebut dalam perbincangan warganet terkait topik ini di media sosial X. Tokoh utama yang paling banyak disebut-sebut oleh warganet adalah Joko Widodo. Sebagaimana dapat diamati melalui grafik berikut.

Gambar 9. Top People dan Top Organizations

Selain Presiden Joko Widodo, tampak nama lainnya seperti nama Mantan Presiden RI yakni Susilo Bambang Yudhoyono dan Menko Polhukam Mahfud MD yang turut menjadi tokoh populer dalam arus perbincangan warganet. Sementara pada kategori organisasi terpopuler selain Indonesia, tampak China menjadi organisasi yang kerap disebut. Hal ini dikarenakan proyek Rempang juga merupakan proyek investasi China di Indonesia.

Gambar 10. Top Akun dan Top portal

Kemudian pada kategori top akun tampak akun portal media milik @tempodotco menjadi akun terpopuler pada topik ini. Diikuti oleh berbagai akun lainnya, termasuk @FraksiRakyatID dan akun @OposisiCerdas yang turut meraih impresi dalam pembahasan terkait topik ini. Adapun portal media online terbanyak dalam menerbitkan artikel terkait adalah Batam Today dan Batam News.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Agustus 2023

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol) selama 1-31 Agustus 2023. Popularitas diukur berdasarkan jumlah penyebutan atau mention nama partai. Popularitas nama partai politik di media online dan Twitter bisa memberi gambaran seberapa sering masyarakat memperbincangkan setiap partai politik.


Netray menggunakan 18 nama partai politik sebagai kata kunci pemantauan yakni Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura, Nasdem, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Gelora, PDIP, Perindo, PKB, PKN, PKS, PPP, Partai Ummat dan PSI. Ke-18 kata kunci ini merupakan nama partai yang telah resmi sebagai partai peserta Pemilu 2024 sesuai dengan ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Ananditya Paradhi

Popularitas Tokoh Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode Agustus 2023

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube) untuk melihat popularitas tokoh politik selama 1-31 Agustus 2023. Popularitas tersebut diukur berdasarkan jumlah penyebutan atau mention nama, baik di media sosial maupun di media online. Popularitas nama tokoh politik tersebut bisa jadi merupakan gambaran seberapa jauh masyarakat mengenal masing-masing tokoh politik.

Netray menggunakan 17 nama sebagai kata kunci pemantauan yakni Anies Baswedan, AHY, Airlangga Hartarto, Andika Perkasa, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Gatot Nurmantyo, Gibran Rakabuming, Khofifah, Moeldoko, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Susi Pudjiastuti, dan Yenny Wahid. Ke-17 nama kata kunci itu merupakan nama-nama yang kerap disebut atau muncul dalam sejumlah survei popularitas atau elektabilitas tokoh politik yang digadang-gadang sebagai calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis.

Editor: Ananditya Paradhi

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa Online 4 – 10 September

Berdasarkan pantauan Netray terkait popularitas tokoh politik di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok), nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut selama periode 4 – 10 September 2023. Sementara urutan empat dan lima diisi oleh Agus Harimurti (AHY) dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Ganjar Pranowo kembali menempati posisi pertama menggeser Anies Baswedan ke posisi kedua. Sedangkan AHY turun di posisi keempat karena posisi ketiga kembali ditempati oleh Prabowo Subianto. Pada pekan lalu, Gibran Rakabuming bertengger di posisi enam namun kali ini harus puas turun ke posisi delapan karena tempatnya diduduki oleh Erick Thohir.

Pemantauan pekan ini juga memunculkan nama Mahfud MD ke dalam daftar popularitas tokoh dan langsung menempati posisi sebelas di atas Khofifah hingga Andika Perkasa. Pekan ini menjadi pekan terakhir Ganjar Pranowo memimpin Jawa Tengah sebagai Gubernur. Ucapan perpisahan terhadap capres PDIP tersebut membuat namanya menjadi paling banyak disebut di media online selama sepekan.

Gambar 1. Intensitas penyebutan Ganjar di Twitter
Gambar 2. Ganjar berpamitan dengan pemerintahan dan masyarakat Jateng

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode 4 – 10 September 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan media sosial Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.

Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 4 – 10 September 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, PKS menempati urutan pertama partai politik terpopuler seperti pekan lalu. Kemudian diikuti oleh PKB, Demokrat, Nasdem, dan PDIP. PKS menggeser posisi Demokrat setelah pada pekan sebelumnya berada di tempat ketiga. PKB masih duduk di posisi yang sama dengan pekan lalu.

Eksistensi PKS terdongkrak tinggi lantaran isu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres Anies Baswedan. Berbeda dengan Demokrat yang memilih mundur, PKS menyatakan kesetiaan mereka terhadap koalisi bersama Partai NasDem. Pernyataan tersebut disampaikan secara resmi oleh partai maupun kader-kader elit mereka.

Gambar 1. Intensitas perbincangan PKS di Twitter
Gambar 2. Pernyataan setia PKS kepada koalisi pengusung Anies

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis.

Pertalite Akan Diganti Pertamax Green, Masih Perlu Kajian Publik Heboh Duluan

0

Bahan Bakar Mesin jenis Premium dengan nilai oktan atau Research Octane Number (RON) 88 sudah resmi tak beredar sejak 1 Januari 2023. Kini giliran BBM Pertalite dengan RON 90 akan segera dihapus. Pertamina berencana mengganti Pertalite dengan Pertamax Green 92 yang memiliki nilai Oktan yang lebih tinggi yakni RON 92. BBM dengan oktan tinggi dinilai lebih irit bagi kendaraan karena pembakaran BBMnya lebih lambat.

Pertalite sendiri merupakan BBM yang banyak diminati terutama untuk masyarakat menengah dan bawah. Terbukti dengan penyaluran BBM Pertalite sepanjang semester pertama 2023 mencapai 14,8 juta kiloliter (KL) atau telah mengambil porsi sebanyak 45,4% dari total kuota tahun ini.

Netray mencoba mengamati ragam pemberitaan media massa terkait wacana penghapusan pertalite. Dengan menggunakan kata kunci pertalite && pertamax green ditemukan 249 artikel dari 79 media menerbitkan topik ini sepanjang periode 30 Agustus – 6 September 2023.

Gambar 1. Statistik pemberitaan isu wacana pertalite dihapus

Intensitas pemberitaan menunjukan laporan media massa daring terkait isu ini mulai muncul pada tanggal 30 Agustus kemudian jumlahnya memuncak pada 31 Agustus dengan 123 artikel muncul pada hari itu. Jumlah pemberitaan lalu mulai menurun sedikit demi sedikit hingga akhir periode.

Sementara itu, media massa yang paling banyak memberitakan isu ini yakni portal Kompas dengan 25 berita, disusul Liputan6 sejumlah 20 artikel. Di posisi ketiga terdapat Katadata yang menerbitkan sebanyak 16 artikel. Selanjutnya masih ada nama-nama media besar seperti Detik, CNN Indonesia, hingga Majalah tempo.

Ganbar /2. Grafik peaktime pemberitaan
Gambar 3. Jajaran portal populer

Selama periode pemantauan dapat dilihat pada Gambar 4 kosakata populer menunjukan bahwa kata pertamina, pertamax, dan green menjadi kata yang paling sering digunakan oleh media massa. Hal ini terkait dengan Pertamax Green 92 akan menggantikan Pertalite yang akan dihapus pada 2024.

Pertamax yang kini beredar di pasaran namanya akan berubah menjadi Pertamax Green 92. Pertamax Green merupakan campuran Pertalite dengan 8 persen ethanol. Kabar tersebut seperti yang dituliskan portal Okezone dan Fajar pada gambar di bawah ini.

Gambar 4. Jajaran kata yang sering digunakan
Gambar 5. Sampel berita kata ‘pertamax’

Kemudian nama Direktur Pertamina muncul cukup dominan. Terlihat pada kata nicke, direktur, dan widyawati. Hal ini terkait munculnya pernyataan Direktur Pertamina mengenai akan ditariknya Pertalite. Pernyataan tersebut muncul pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu, 30 Agustus.

Selain itu Pertamina juga berencana hanya akan menjual 3 produk BBM yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo. Kebijakan ini dilakukan sejalan dengan program yang dicanangkan pemerintah untuk mengurangi polusi udara dengan menggunakan bahan bakar berbasis nabati atau bioenergi. Warta tersebut seperti yang tampak diterbitkan portal Kompas dan Katadata.

Gambar 6. Sampel berita kata ‘nicke’

Selanjutnya kata etanol juga muncul cukup dominan dalam pemberitaan. Ihwal ini berhubungan dengan etanol yang digunakan sebagai campuran untuk mewujudkan BBM Pertamax Green. Dilansir dari laman Pertamina etanol merupakan senyawa kimia yang dikenal dengan sebutan etil alkohol atau alkohol. Senyawa ini menjadi salah satu jenis alkohol yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun di sisi lain, Menteri ESDM Arifin mengungkapkan bahwa Indonesia belum menghasilkan etanol. Produksi etanol baru tahap uji coba dengan mengandalkan pasokan tebu di Jawa Timur. Berita ini seperti yang dituliskan portal Majalah Tempo dan Detik.

Gambar 7. Sampel berita kata ‘etanol’

Kemudian kata kajian dan rencana tampak mencuat dalam jajaran kosakata populer. Seperti yang diberitakan Detik dan Batam Today bahwa Pertalite menjadi Pertamax Green 92 masih dalam kajian internal Pertamina yang akan segera diusulkan kepada pemerintah. Meskipun bergitu, Menteri ESDM menegaskan bahwa pemerintah belum melakukan kajian mengenai usulan ini. Dia juga menekankan negara tidak punya anggaran untuk menyubsidi Pertamax Green 92, lantaran produk itu terlalu mahal kalau harus disubsidi.

Gambar 8. Sampel berita kata ‘kajian’

Usulan ini ternyata juga menuai penolakan dari Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Tampak dalam pemberitaan, Ia menilai rencana ini masih perlu dikaji lebih dalam terkait aspek teknis, keekonomian dan besaran subsidi untuk produksi serta distribusi. Dia juga menekankan bahwa jika usulan ini dilakukan sama saja dengan memaksa rakyat untuk membeli BBM yang lebih mahal serta memaksa negara untuk mengimpor bioetanol, karena produksi dalam negeri minim.

Gambar 9. Sampel berita

Pantauan Wacana Pertalite Dihapus di YouTube

Selain pemberitaan media massa, Netray juga coba memantau melalui kanal video YouTube sekaligus untuk mengetahui komentar warganet terkait usulan ini. Dengan menggunakan kata kunci pertalite&&pertamax green serta pertalite&&dihapus Netray menemukan sebanyak 155 unggahan video muncul selama periode pemantauan.

Dari total unggahan yang ada telah berhasil menarik warganet untuk menontonnya sebanyak 361,3 ribu kali. Tanggapan warganet pun cukup masih terlihat komentar yang muncul sebanyak 2.813 komentar yang didominasi oleh komentar bersentimen negatif sebanyak 1.716.

pertalite
Gambar 10. Statistik unggahan video YouTube

Intensitas unggahan video YouTube topik ini pada tanggal 30 Agustus hanya muncul 11 video seperti yang tertera pada gambar 11. Kemudian memuncak pada hari berikutnya sejumlah 97 video terpantau diunggah berbagai portal. Lalu hari-hari selanjutnya mengalami penurunan hingga akhir pemantauan.

Gambar 11. Grafik peaktime unggahan YouTubwe
Gamnbar 12. Jajaran kanal populer

Lagi-lagi media Jakob Oetama berhasil menempati posisi teratas dalam perolehan reaksi/impresi dari warganet Youtube. KompasTV mampu memperoleh impresi paling banyak dari warganet berupa komentar, likes dan views sebanyak 68.445 kali. Kemudian media dengan impresi terbanyak selanjutnya, masih dalam grup Kompas, yakni Tribunnews dengan perolehan impresi terpaut tipis sejumlah 64.241 kali. Di posisi ketiga terdapat Warta Kota Production yang hanya meraup impresi sebanyak 25.856 kali.

Video terpopuler sekaligus paling banyak ditonton oleh warganet datang dari kanal KOMPASTV. Unggahan yang berjudul “Pertamina Kaji Hapus Pertalite Diganti Pertamax Green 92, Harganya Bisa Lebih Murah?” berhasil meraih 336 komentar, disukai sebanyak 143 kali dan sudah ditonton oleh warganet sebanyak 31,4 ribu kali. 

Gambar 13. Sampel unggahan KompasTV
Gambar 14. Sampel komentar warganet

Unggahan ini menampilkan bincang-bincang dengan Daymas Arangga, Direktur Eksekutif Energy Watch. Video berdurasi 9 menit 11 detik ini mendapat komentar yang beragam dari warganet. Banyak warganet yang menyoroti soal harga seperti meminta harganya tak terlalu mahal disesuaikan kemampuan rakyat hingga disamakan dengan pertalite jika bisa lebih murah. Namun komentar negatif juga muncul cukup banyak, warganet mengomel harga BBM yang naik terus akibat negara dipimpin Jokowi, adapula yang menuduh bahwa ini akal-akalan Pertamina untuk menaikkan harga BBM.

Kemudian video yang paling banyak mendapat komentar warganet yakni sebanyak 480 komentar datang dari kanal Tribunnews. Unggahan yang berjudul “Respons Presiden Jokowi Soal Heboh Rencana Pertamina Hapus Pertalite dan Diganti Pertamax Green 92” menampilkan respons singkat Jokowi bahwa ia belum mengetahui usulan ini. Komentar negatif menyerang pribadi Presiden banyak muncul dari warganet. Warganet menggangap ia presiden yang tidak tahu apa-apa atau bahkan ada yang menduga Jokowi pura-pura tidak tahu.

Gambar 15 Sampel unggahan Tribunnews
Gambar 16. Sampel komentar warganet

Selanjutnya video yang paling banyak disukai oleh warganet datang dari akun personal bang djuple. Video ini berhasil mendapat 613 likes. Unggahan yang berjudul “OJOL SETUJU PERTALITE DI HAPUS?” menampilkan seorang pengemudi ojek online yang mengaku kini ia lebih banyak menggunakan pertamax dibandingkan pertalite karena sesuai dengan kebutuhan kendaraan bermotornya. Ia juga bertanya apakah warganet setuju bila tahun depan harus mengganti pertalite dengan pertamax. Jawaban dari warganet pun begitu beragam. Ada yang meminta pertalite dihapus namun harga pertamax harus diturunkan. Namun malah ada warganet yang justru lebih menyukai shell dibanding BBM dari perusahaan BUMN tersebut.

Gambar 17. Sampel unggahan bang djuple
Gambar 18 Sampel komentar warganet

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Ananditya Paradhi

Plot Twist Duet Anies-Cak Imin, Kemarahan Demokrat Hingga Tudingan Khianati Prabowo?

0

Jelang Pemilu 2024, kancah politik Tanah Air kian bergelora setelah Nasdem mendeklarasikan Cak Imin sebagai cawapres yang akan bertarung bersama Anies Baswedan. Deklarasi tersebut pun cukup mengagetkan publik. Pasalnya, diketahui Anies kerap diisukan akan berpasangan dengan AHY sebagai Ketum partai pengusungnya (Demokrat). Sedangkan Cak Imin tampak mesra bersama dalam koalisi pengusung Prabowo (Gerindra). Namun, secara tiba-tiba pada 2 September 2023 Partai Nasdem mengumumkan secara resmi duet Anies-Cak Imin.

Kabar tersebut disambut dengan respons yang beragam dari publik. Sebagaimana hasil pengamatan Netray yang menjaring berbagai impresi dari kanal media pemberitaan online dan media sosial X. Netray mengamati topik ini sejak 30 Agustus 2023 hingga 5 September 2023. Dengan menggunakan kata kunci Anies && Cak Imin berikut hasil pantauan Netray selengkapnya.

Anies-Cak Imin
Gambar 1. Statistik Report

Selama sepekan Netray menemukan 48,1 ribu tweet warganet dengan jumlah sentimen positif dan negatif yang berimbang. Sementara jumlah impresi tampak mencapai 24,6 juta reaksi yang berpotensi menjangkau 145,7 juta akun pengguna sosial media X. Kemudian intensitas perbincangan terkait topik ini dapat diamati melalui grafik berikut.

Gambar 2. Intensitas perbincangan warganet

Isu dipasangkannya Anies bersama Cak Imin mulai mencuat pada 31 Agustus 2023 hingga pada 2 September 2023 ketika Nasdem secara resmi mendeklarasikan duet tersebut. Secara intensitas tampak deklarasi ini pun cukup mencuri perhatian jagat maya hingga pada akhir periode pantauan Netray. Berikut ragam kosakata populer dalam topik ini.

Gambar 3. Kosakata populer

Tampak sejumlah kata yang kerap disebut warganet dalam membahas topik ini, seperti Demokrat, Nasdem, resmi, keputusan, Anies-Cak Imin. Selain itu, tampak kemunculan kata pengkhianat dan bekhianat yang turut membayangi duet Anies bersama Cak Imin. Berikut beberapa reaksi warganet dengan kosakata tersebut.

Gambar 4. Tweet warganet terkait kata khianat

Kata khianat dan berkhianat menjadi kata yang populer dalam popularitas duet Anies-Cak Imin selama sepekan ini. Baik Anies maupun Cak Imin dituding sebagai pengkhianat oleh sebagian warganet. Sejak pencalonannya Anies dinilai telah berkhianat dari Prabowo yang dahulu mencalonkannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kemudian Anies juga dinilai telah mengkhianati AHY dan Partai Demokrat yang telah mengusungnya dengan kesepakatan akan menjadikan AHY sebagai wakil.

Demikian halnya dengan Cak Imin yang dinilai melakukan hal serupa. Cak Imin dituding berkhianat dari Prabowo karena sebelumnya Cak Imin merupakan jajaran koalisi partai pendukung Prabowo. Terlebih Cak Imin juga dinilai pernah mengkhianati Gus Dur isu ini pun kembali mencuat. Warganet menilai keduanya memiliki track record yang sama, hal ini menyumbang sentimen negatif dalam respons warganet usai deklarasi tersebut. Meski demikian, tidak sedikit warganet yang juga menyambut antusias duet Anies-Cak Imin ini. Berikut beberapa impresi warganet.

Gambar 5. Tweet antusiasme warganet

Sebagian warganet berpendapat duet Anies-Cak Imin merupakan pilihan terbaik. Pendukung Anies tampak senantiasa memberikan semangatnya kepada siapapun yang mendampingi Anies pada Pilpres mendatang. Hal ini turut mempengaruhi sentimen yang berimbang antara respons positif warganet dengan respons negatif warganet. Tak hanya di Twitter pembahasan terkait pasangan ini juga ramai di media pemberitaan online.

Gambar 6. Statistik report news

Berdasarkan hasil monitoring Netray media tampak antusias memuat beragam artikel terkait duet pasangan ini. Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama Netray menemukan 3.938 artikel terkait yang berasal dari 194 total media. Kategori utama pada topik ini tentunya adalah politik.

Gambar 7. Intensitas pemberitaan

Pada grafik dapat diamati intensitas yang pemberitaan yang mencuat pada 1 dan 2 September 2023. Topik ini di media pun tampak didominasi oleh artikel bersentimen positif. Pemberitaan tersebut terus muncul hingga pada akhir periode pantauan Netray. Berikut beberapa artikel terkait.

Gambar 8. Artikel terkait

Artikel bersentimen positif pada periode ini didominasi oleh topik seputar antusiasme dan semangat kemenangan yang dicatat oleh berbagai media. Termasuk di antaranya harapan memenangkan suara NU dengan menggaet Cak Imin. Dengan memasangkan Cak Imin dengan Anies, Surya Paloh optimis partainya akan memenangkan Pemilu 2024. Pasalnya Cak Imin dianggap dapat mendulang suara di Jatim dan Jateng dua provinsi dengan tingkat pemilih terbanyak.

Selain artikel bersentimen positif Netray menemukan beragam artikel dengan muatan sentimen negatif dalam topik ini. Berikut beberapa di antaranya.

Gambar 9. Artikel terkait

Isu yang cukup menarik lainnya usai deklarasi duet bersama Nasdem dan Anies, adalah isu pemanggilan Cak Imin oleh KPK. Tidak sedikit yang mencurigai pemanggilan ini pun sarat akan kepentingan politik, termasuk Nasdem. Partai NasDem mencurigai langkah KPK yang memanggil Ketua Umum PKB Cak Imin sebagai saksi dalam kasus korupsi di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tahun 2012.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menilai pemanggilan Cak Imin oleh KPK bukan politisasi hukum. Dia meyakini pemanggilan itu merupakan prosedur hukum biasa untuk melengkapi informasi atas pengusutan kasus korupsi yang ditangani oleh KPK.

Tokoh, Organisasi, Hingga Media Terpopuler Dalam Topik Anies-Cak Imin

Berdasarkan hasil monitoring, Netray menemukan beragam kategori terpopuler dalam arus pembahasan topik ini. Pada kategori Top People tampak nama Anies dan Cak Imin berada pada urutan teratas. Diikuti oleh nama AHY yang disebut merasa terkhianati akan keputusan sepihak Anies dan Surya Paloh. Menariknya, pada kategori Top Organisasi nama Partai Demokrat justru menjadi organisasi yang paling banyak mendapat sorotan media dibanding dengan PKB, PKS, maupun Nasdem.

Gambar 10. Top Categories

Sementara pada kategori fasilitas terpopuler Hotel Majapahit dan Nasdem Tower menjadi fasilitas terpopuler. Mengingat Hotel Majapahit menjadi lokasi deklarasi pasangan Anies-Cak Imin yang dilakukan pada 2 September 2023 lalu. Adapun peta wilayah yang dijangkau pada topik ini dapat diamati melalui gambar berikut.

Gambar 11. Top Locations

Sebagaimana tampak pada Gambar 11 wilayah dengan intensitas pemberitaan tertinggi dalam jangkauan artikel terkait topik ini adalah wilayah Jawa Timur, diikuti oleh wilayah Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Sebagai wilayah asal Cak Imin tak heran jika Jawa Timur menjadi wilayah dengan intensitas pemberitaan tertinggi. Berikut akun dan media terpopuler pada topik ini.

Gambar 12. Akun dan media terpopuler

Di media sosial X akun @CNNIndonesia menjadi akun dengan raihan impresi tertinggi, diikuti oleh akun @OposisiCerdas yang turut populer pada topik ini. Kemudian pada kategori Top Portal Netray menemukan Kompas sebagai media yang paling banyak menerbitkan artikel terkait Anies-Cak Imin yakni sebanyak 376 artikel dalam sepekan dan Fajar.co.id 197 artikel, serta Gelora 193 artikel yang berada di urutan setelahnya.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi