HomeCurrent ReportPerbincangan Film Sleep Call di Twitter, Laura Basuki Jadi Sorotan

Perbincangan Film Sleep Call di Twitter, Laura Basuki Jadi Sorotan

Published on

Film Sleep Call berhasil trending di sosial media Twitter. Film karya Fajar Nugros ini tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 7 September 2023. Film bergenre thriller ini mengisahkan Dina yang diperankan Laura Basuki, terjerat pinjaman online (pinjol) untuk membayar biaya rumah sakit ibunya yang menderita gangguan jiwa. Ia kemudian memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan pinjol ilegal.

Kepahitan hidup membuat Dina merasa kesepian dan membawanya untuk mencari ‘teman’ di aplikasi kencan. Dalam aplikasi tersebutlah ia mulai dekat dengan Rama dan sering melakukan sleep call; panggilan telepon yang dilakukan saat menjelang tidur. Sleep call dijadikannya sebagai pelarian dari rumitnya kehidupan dunia nyata.

Pemantauan Film Sleep Call di Lini Masa Twitter

Netray ingin memantau respons warganet Twitter terhadap film yang mengangkat isu terutama soal kesehatan mental. Dengan menggunakan kata kunci film&&sleep call, sleep call, dan tagar #sleepcall  selama periode 3 – 9 September 2023. Netray menemukan dari total kata kunci mampu menghasilkan 9.076 twit yang menyebabkan topik ini sempat menjadi trending topic.

Gambar 1. Grafik Cuitan Spam
sleep call
Gambar 2. Jajaran kata populer yang tidak berkaitan

Namun ternyata hanya ada 28,9% yang benar-benar membicarakan film ini. Sedangkan sebanyak 71,1% terdeteksi sebagai cuitan spam yang tidak berkaitan dengan pembicaraan film. Hal ini juga dapat dilihat pada jajaran top words pada Gambar 2 yang menunjukkan kosakata yang tak berkaitan dengan perbincangan film Sleep Call.

Gambar 3. Statistik perbincangan film Sleep Call

Dari total 2.764 cuitan yang membicarakan film berdurasi 100 menit ini, aktris ternama Laura Basuki berhasil menjadi sorotan pembicaraan selama periode pemantauan. Terlihat pada jajaran top words kata laura serta basuki terlihat mendominasi. Perbincangan terkait aktris 35 tahun ini banyak dibanjiri pujian terkait perannya. Laura dapat menampilkan akting terbaik sebagai pegawai pinjol yang depresi terlihat dituliskan akun @TarizSolis. Pujian untuk Laura yang tampak bersinar dalam film ini juga diungkapkan akun @CulturaMagz dan @HabisNontonFilm.

Gambar 4. Jajaran kata populer
Gambar 5. Sampel twit kata ‘laura’
Gambar 6. Sampel twit kata ‘laura’

Tak hanya itu, kecantikan Laura juga dielu-elukan warganet dalam film ini. Seperti terlihat pada akun @AgusMagelangan, twit yang memperoleh ratusan impresi ini mengungkapkan bahwa wajah cantik Laura Basuki terlalu sayang jika tidak dilihat di layar ukuran lebar. Sedangkan akun @dolpwl menyanjung Laura tampil cantik tapi gahar. Bahkan akun @wantitgood berkeinginan menonton film ini demi menonton sosok wanita keturunan Tionghoa tersebut.

Gambar 7. Sampel twit kata ‘laura’

Fajar Nugros sebagai sutradara film ini tak luput juga dari sorotan warganet. Namanya cukup  mendominasi jajaran kata yang sering digunakan. Akun @hafilova memiliki ekspektasi yang tinggi setelah film “Inang”, pembuka film Sleep Call baginya sangat mengagetkan. Lalu akun @SinemaTengahMlm menyukai arahan yang membuat Sleep Call indah dan penuh dengan makna implisit. Sedangkan akun @djaycoholyc memperhatikan membentuk karakter-karakter di dan sangat memperhatikan detail satu persatu karakter memiliki kekuatan masing-masing.

Gambar 8. Sampel twit kata ‘fajar’

Kata anjing pun terlihat mencuat pada jajaran top words. Hal ini berkaitan pada akting Laurabas yang berkata anjing dalam film ini. Seperti yang dicuitkan akun @kripikfilm memuji Laura tampak keren terutama saat bilang anjing. Hal serupa dituliskan akun @anainglathii. Anjing juga menjadi kata kiasan akan berhasilnya film ini hingga membuat penontonnya mengumpat. Hal ini seperti yang tertera pada akun @slvrsulfadiazin.

Gambar 9. Sampel twit kata ‘anjing’

Di balik pujian yang menghujani karya Fajar Nugros ini terdapat sekelumit kritikan bagi ‘Sleep Call’. Seperti yang dicuitkan akun @moviemenfes film ini tampak membosankan dengan alur yang melompat-lompat dengan ending yang kurang spesial. Akun @irfantfk pun mengungkapkan hal yang mirip, ia menganggap film ini terasa hambar dan terlalu berat dan plot twist-nya mudah ditebak seperti kebanyakan film thriller lainnya.

Sedangkan akun @omongomongcom lebih menyoroti pada topik yang diangkat, narasi ‘Sleep Call yang mengangkat soal keterasingan kelas pekerja namun menjejalkan semua permasalahan kelas pekerja perempuan dalam satu individu, Dina. Justru itu membuat fokus kelas pekerja yang sebenarnya merupakan masalah struktural menjadi kabur.

Gambar 10. Sampel twit negatif

Selama periode pemantauan seperti yang tertera pada gambar tampak akun @TarizSolis menjadi akun yang paling populer terlihat dari perolehan impresi hingga 12 ribu. Akun ini memberikan ulasan panjang yang positif bagi sleep call. Kemudian di posisi kedua terdapat akun @HabisNontonFilm akun reviewer film dan serial ini hanya berhasil memperoleh 2.728 reaksi dari warganet.

Selain memberi ulasan singkat film ini @HabisNontonFilm juga membagikan 10 tiket secara gratis dengan menuliskan alasan mengapa ingin menonton Sleep Call. Selanjutnya tak terpaut jauh, akun  WatchmenID meraup 2,066 impresi. Akun yang sering membahas dunia perfilman, pertelevisian & pop culture ini memaparkan secara panjang lebar ulasan gamblang tayangan layar lebar ini dalam sebuah utas.

Gambar 11. Jajaran akun populer
Gambar 12. Sampel twit akun terpopuler @TarizSolis
Gambar 13. Sampel twit akun populer @HabisNontonFilm
Gambar 14. Sampel twit akun populer @WatchmenID

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: