Berita seputar “Debat Capres Putaran Kedua”, sejak persiapan, pelaksanaan, hingga penampilan kedua paslon mampu menjadi isu yang paling banyak dibicarakan bagi kedua topik. Isu ini mendominasi pemberitaan media online baik secara umum maupun yang paling banyak menyumbang sentimen negatif dan positif untuk kedua topik
Kemeriahan “Debat Capres Putaran Kedua” juga terlihat di media sosial. Pendukung Jokowi di Twitter menggunakan #DebatPintarJokowi untuk mengapresiasi penampilan Jokowi, sementara #UninstallJokowi ramai digunakan oleh warganet yang kontra dengan Jokowi. Meski demikian, #PrabowoMenyapaJateng dan #SandiwaraAnakMami masih lebih banyak daripada hashtags tentang Debat Pilpres untuk topik Prabowo-Sandiaga. Pendukung kedua paslon capres – cawapres juga saling adu hashtags di media sosial lain. Di Facebook hashtags yang paling banyak muncul adalah #01 dan #02, sementara di Instagram #jokowi dan #prabowo masih mendominasi dengan sentimen yang saling berlawanan.
Di media sosial beberapa akun yang banyak memberikan sentimen positif untuk Jokowi-Ma’ruf justru memberikan sentimen negatif cukup banyak pula bagi Prabowo-Sandiaga, di antaranya adalah @DiniKurnia23 dan @achzam_prabu (Twitter) serta @sewordcom (Facebook). Sementara akun yang banyak memberi sentimen positif untuk Prabowo-Sandiaga dan memberi sentimen negatif untuk Jokowi-Ma’ruf adalah @2019prabowopresiden_ dan @media_sandiagauno (Instagram).