HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres - Cawapres Pilpres 2019: 12 - 17 Februari 2019

Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 12 – 17 Februari 2019

Published on

Hasil pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” untuk topik Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga pada minggu kedua Februari, 12–17 Februari 2019. Topik Jokowi-Ma’ruf mendapatkan pemberitaan lebih banyak di media, baik dari media berita online, media sosial, maupun komentar berita dibandingkan topik Prabowo-Sandiaga. Dalam kontestasi Pilpres 2019, secara umum Joko Widodo masih menjadi media darling utama dibandingkan pesaingnya Prabowo Subianto dan pasangan cawapresnya Sandiaga Uno. Hal itu dapat dilihat dari Top Person dan sisi lain seperti Top Media, jumlah porsi pemberitaan, dan lain-lain. Meskipun topik Jokowi-Ma’ruf paling banyak disorot media, Ma’ruf Amin yang merupakan cawapres Joko Widodo tidak masuk dalam daftar Top Person

Dari keseluruhan berita yang diterbitkan oleh media berita online, porsi pemberitaan positif untuk topik Jokowi-Ma’ruf sedikit lebih besar dibandingkan untuk topik Prabowo-Sandiaga, masing-masing yaitu 57% dan 50,7%. Jumlah sentimen positif di media sosial untuk topik Jokowi-Ma’ruf juga sedikit lebih banyak dibandingkan mentions negatifnya, yaitu 39% kontra 38,4%. Sementara mentions untuk topik Prabowo-Sandiaga lebih didominasi oleh sentimen negatif sebesar 37,6%

Dilihat dari sisi Top Media, detik.com, merdeka.com, kompas.com, dan republika.co.id masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan topik Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga. Namun, antara.com hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Jokowi-Ma’ruf dan tempo.co hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Prabowo-Sandiaga.   

Dilihat dari Peak Date masing-masing topik, baik secara keseluruhan maupun yang bersentimen positif dan negatif. Debat Kedua Capres 2019 menarik perhatian yang sangat besar dari masyarakat dan media peliput. Hal itu dibuktikan dari sentiment trend Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga dengan jumlah pemberitaan, mentionsnya meroket di tanggal 17 Februari 2019. Jumlah publikasi di media daring, jumlah mentions di media sosial dan jumlah komentar berita baik yang bersentimen positif maupun negatif naik secara dratis pada hari dilaksanakannya debat kedua pilpres 2019 tersebut.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: