HomeNetrayKeuntungan Monitoring Brand Pakai Netray Buat Pebisnis

Keuntungan Monitoring Brand Pakai Netray Buat Pebisnis

Published on

Kesehatan dan umur panjang bisnismu bergantung pada bagaimana kamu merawat citra brand kamu di hadapan publik. Di era digital saat ini, tentu saja media sosial berperan penting dalam membangun citra atau reputasi sebuah brand. Setelah bersusah payah menentukan strategi membangun brand, kamu harus selalu memantau bagaimana orang-orang membicarakannya. 

Melacak bagaimana pandangan orang terhadap brand kamu menjadi penting di era media sosial ini. Sebab, masyarakat kini lebih banyak mengulik informasi di medsos ketika mencari tahu baik atau buruknya sebuah brand. Mengetahui di mana dan bagaimana orang-orang membicarakan brand kamu dapat membantumu mengumpulkan umpan balik yang berharga guna menentukan langkah strategis untuk keberlangsungan brand kamu. 

Dengan melakukan pemantauan, kamu juga dapat mengawasi potensi krisis secara real time dan memitigasi persoalan sebelum menjadi tidak terkendali demi melindungi reputasi brand kamu. Lalu apa yang bisa Netray lakukan untuk kamu?

Netray adalah media monitoring (NMM) yang akan membantu kamu memantau percakapan di berbagai platform media online dan media sosial secara praktis dan efisien. Dari hasil pemantauan tersebut, kamu dapat menentukan langkah strategis terhadap keberlangsungan brand. Ini 10 hal yang akan kamu dapatkan jika melakukan pemantauan menggunakan NMM.

  1. Analisis Sentimen: Apa yang Orang Bicarakan Tentang Brand Kamu?

Secara sederhana analisis sentimen atau sentiment analysis merupakan proses menganalisis teks digital untuk menentukan apakah nada emosional pesan tersebut merupakan positif, negatif, atau netral. Monitoring brand dengan analsis ini memungkinkan kamu mengetahui bagaimana orang-orang memandang dan memaknai brand kamu. Selain statistik yang langsung dapat kamu amati secara real time, kamu juga dapat melihat bagaimana sentimen brand kamu bergerak selama periode tertentu dan apa yang mewakili perubahan tersebut. 

Gambar 1. Sentimen unggahan

Dengan adanya fitur perbandingan antar periode di Netray, kamu juga bisa melihat perubahan sentimen pada periode saat ini dan sebelumnya. Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lengkap tentang analisis sentimen di Netray silakan klik di sini.

  1. Analisis Peak Time: Kapan Orang Membicarakan Brand-mu, Kenapa?

Memahami kapan waktu yang tepat untuk melakukan campaign hingga memutuskan langkah yang tepat untuk meredakan sentimen negatif menjadi bagian penting dalam rangkaian strategi menjaga reputasi brand. Netray media monitoring menyajikan grafik peak time dan fitur analisis penunjang lain yang bisa kamu pantau secara realtime dan detail. Kapan orang ramai membicarakan brand kamu, dan kenapa?

Gambar 2. Peak Time monitoring brand Hamlin

Ini adalah keyword Hamlin, brand yang sempat dikuliti warganet pada akhir Maret lalu. Menariknya, orang-orang tidak pernah membicarakan brand ini sebelumnya. Namun, ketika ada satu review buruk, berbondong-bondong publik membicarakan brand ini dan secara signifikan ulasan negatif brand ini menjadi sangat liar. Ini adalah waktu krusial yang harus segera ditangani segera. Dengan mengamati apa yang terjadi menggunakan Netray, langkah strategis untuk menangani krisis ini dapat diambil lebih cepat dan praktis.

  1. Analisis Top Words: Apa yang Orang Bicarakan tentang Brand Kamu?

Data yang begitu besar membutuhkan pengolahan yang tepat agar mudah dibaca. Netray menghadirkan fitur Top Words untuk memudahkanmu menganalisis monitoring brand dan melihat apa saja yang orang bicarakan tentang brand kamu dengan menarik kata-kata paling banyak disebut.

Gambar 3. Top Words monitoring brand Eiger

Ini adalah rangkuman percakapan orang ketika membicarakan Eiger. Dari sini kita dapat mengetahui kenapa Eiger ramai dibicarakan di media sosial dan strategi seperti apa yang tepat untuk meredam keramaian yang berpotensi pada reputasi buruk?

  1. Analisis NER (named entity recognition)

Netray mengekstrak informasi seperti nama orang, organisasi, lokasi, dan waktu. Fitur ini memungkinkan kamu memahami entitas penting yang dibicarakan bersama dengan brand kamu. Di dashboard Netray, kamu akan menemukan Top Person, Top Organization, Top Location, Top Facility, Top Account, Top Mention, bahkan Top Hashtags dan Top Complaint.

Gambar 4. NER Top Hashtags monitoring brand Erspo
  1. Statistik Overview: Seberapa banyak dan sejauh mana brand kamu dibicarakan?

Selain statistik seperti total post, media, dan akun, di statistik Netray kamu juga bisa melihat sebaran jenis kelamin, impresi, hingga potensi jangkauan. Pada setiap monitoring brand, angka statistik semacam ini menjadi krusial guna melihat seberapa besar enggament publik terhadap campaign yang kamu jalankan.

Gambar 5. Summary statistic
  1. Analisis akun populer: siapa saja influencer dan buzzer?

Dengan Netray Media Monitoring, kamu dapat melacak siapa saja akun populer dalam perbincangan saat monitoring brand kamu. Apakah akun tersebut merupakan akun organik atau terindikasi sebagai buzzer? Karena memiliki impresi dan keterjangkauan paling luar, siapa saja dan seperti apa nada opini yang disampaikan di akun-akun populer juga berpotensi mempengaruhi opini publik.

Gambar 6. Top Account
  1. Analisis jaringan percakapan 

Social Network Analysis atau analisis jaringan percakapan bisa diartikan sebagai kelompok akun yang memiliki kedekatan opini atau isu. Ini bisa memperlihatkan siapa saja kelompok yang memiliki isu positif dan isu negatif. Atau bisa juga memperlihatkan isu apa yang paling banyak mendapat respons. 

Gambar 7. SNA/analisis jaring perbincangan
  1. Bandingkan dua kata kunci

Dorongan publik atas akuntabilitas dan transparansi sebuah organisasi bisnis membuat informasi yang dulu kerap tersimpan menjadi semakin mudah diakses. Akan tetapi butuh analisis guna mengolah informasi tersebut menjadi pertimbangan bisnis, terutama saat monitoring brand. Kamu bisa memanfaatkan fitur multiple keywords yang dimiliki NMM.

Gambar 8. Multiple keywords

Fitur ini memungkinkan kamu membandingkan dua kata kunci, bisa berupa isu maupun 2 brand atau lebih yang ingin kamu selidiki. Dengan tampilan 2 kolom, kamu bisa lebih mudah membandingkan keduanya. Memperbandingkan dua topik pemantauan merupakan bagian dari kerja.

  1. Fitur yang mudah digunakan

Memantau bisnis atau monitoring brand menggunakan Netray juga anti ribet. Tidak banyak aturan atau prasyarat teknis yang kalian harus pelajari. Kamu cukup kunjungi website aplikasi Netray Media Monitoring versi trial di sini lantas ikuti petunjuknya.

Gambar 9. Form page

Pelaku bisnis kadang tidak memiliki banyak waktu karena urusan bisnis yang tak berujung. Maka dari itu Netray memberimu kemudahan dalam menggunakan dashboard dengan cukup memasukan kata kunci, memfilter kata-kata yang tidak diinginkan, mengganti periode, serta menandai unggahan-unggahan yang dideteksi sebagai spam.

  1. Banyak pilihan kanal

Kelebihan lain dari Netray Media Monitoring adalah memiliki banyak kanal media pantauan. Selain memantau pemberitaan di ratusan media massa daring, Netray juga mampu memantau linimasa sejumlah media sosial seperti X (Twitter), Instagram, YouTube, dan TikTok.

Gambar 10. Kanal pemantauan NMM

Bahkan apabila pelaku bisnis seperti kamu membutuhkan pemantauan di situs atau aplikasi yang spesifik, Netray bisa lho membuat pemantauan kustom dengan dashboard tersendiri. Opsi semacam ini Netray buka lebar mengingat kebutuhan pebisnis bisa sangat beragam.

Bagaimana kawan-kawan bisnis sekalian? Kami rasa cukup sekian pemaparan terkait keunggulan Netray untuk monitoring brand yang sedang kalian kerjakan. Apabila kamu tertarik bisa mencoba versi trial dulu atau cek halaman website Netray. Stay tune ya’ll.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Potensi Ekonomi Kecerdasan Buatan di 2030 Hingga $15 Triliun

Prediksi potensi ekonomi kecerdasan buatan di 2030 diperkirakan mencapai $15 triliun dengan potensi kontribusi...

AI dalam Pelayanan Kesehatan: Kemudahan hingga Tantangan

Di era digital yang berkembang begitu pesat, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi...

Ini 5 Metrik Penting dalam Media Monitoring yang Harus Anda Pahami untuk Hasil Maksimal

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dalam memanfaatkan media monitoring sebagai bagian dari strategi...
%d bloggers like this: