HomeCurrent ReportRebranding Logo Burung Biru Jadi X, Elon Musk Dihujani Kritik Warga Twitter

Rebranding Logo Burung Biru Jadi X, Elon Musk Dihujani Kritik Warga Twitter

Published on

Elon Musk secara resmi telah mengganti logo burung biru Twitter dengan logo baru X berwarna putih berlatar belakang hitam pada versi desktop jejaring sosial. Tak sampai di situ, kabarnya pemilik Tesla tersebut akan mengubah sebutan “tweet” dan unggahan (posting) di Twitter menjadi “Xs” dan beberapa perubahan lainnya. Meskipun, perubahan logo ini belum diterapkan di versi aplikasi, respons negatif dari warga Twitter telah banyak dilemparkan ke Elon Musk.

Para pengguna media sosial ini lantas beramai-ramai memberikan reaksi atas perubahan yang signifikan tersebut. Dari pemantauan Netray sejak 24 sampai dengan 25 Juli 2023 dengan menggunakan kata kunci elon musk && logo dan logo && twitter, didapat hasil sebagai berikut.

logo
Gambar 1. Statistik report

Netray menemukan lebih dari 2,5 ribu tweet dengan didominasi oleh sentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 4,5 juta dan berpotensi menjangkau 65,4 juta akun pengguna Twitter. Sentimen negatif yang mendominasi tersebut menunjukkan reaksi kurang menyenangkan dari warganet atas digantinya logo burung biru di kanal media sosial mereka. Reaksi tersebut juga dapat diamati melalui kosakata populer berikut.

Gambar 2. Kosa kata populer

Mulai dari kata diganti, xwitter, ikonik, burung, hingga jelek muncul menjadi kata yang kerap disebut oleh warganet. Sebagai pemilik Twitter, Elon Musk telah mengubah nama bisnisnya menjadi X Corp dan mengatakan penggantian tersebut seharusnya dilakukan sejak lama. Sebelumnya, ia mengunggah gambar X yang berkedip-kedip di Twitter, hingga kemudian dalam obrolan audio Twitter Spaces ia memastikan logo Twitter akan berubah. Adapun intensitas perbincangan warganet dapat diamati melalui grafik berikut.

Gambar 3. Intensitas perbincangan warganet

Perbincangan warganet tampak muncul pada 24 Juli 2023 dan memuncak signifikan pada 25 Juli 2023. Tak hanya warganet yang merasa berduka atas hilangnya logo tersebut, Martin Grasser yang merancangnya pada 2012 pun dinilai akan merasakan hal yang sama. Dilansir melalui laman bbc.com, Komentator Bisnis, Justin Urquhart Stewart meramalkan bahwa para loyalis Twitter yang beranjak tua tidak akan menyukai perubahan itu.

Menurutnya, Elon Musk harus berhati-hati karena ia hampir memulai dari awal dengan audiens yang lebih tua sementara Elon dinilai telah merusak merek aslinya. Kemudian, Netray menemukan beberapa cuitan populer dalam topik ini yang dapat diamati melalui gambar berikut.

Gambar 4. Cuitan warganet

Logo burung kecil sebelumnya dinilai warganet memiliki konsep yang ikonik dan mudah dikenali. Konsep yang digunakan terbilang cerdas hingga kemelekatannya pada pengguna membuat banyak warganet menyayangkan rebranding dari Twitter ini. Bahkan sebagian warganet menilai logo X yang diluncurkan Ellon cukup aneh dan tidak menarik. Netray juga mengamati kata populer, yakni ‘jelek’ yang melekat pada peluncuran logo terbaru. Berikut komentar warganet dengan kata ‘jelek’.

Gambar 5. Cuitan warganet dengan kata ‘jelek’

Rebranding yang dilakukan oleh Musk seolah menunjukkan jika dirinya tengah mengejar ketertinggalan. Diketahui, Musk juga bermaksud mengubah Twitter dengan menciptakan beberapa layanan tambahan, seperti belanja atau pembayaran. Musk ingin membuat X lebih baik daripada Twitter. Meski rebranding ini disayangkan oleh pengguna aplikasinya dan dilihat terlalu berani oleh berbagai kalangan.

Sebagaimana diketahui, miliarder asal Amerika ini memang memiliki obsesi dengan huruf X, mulai dari salah satu usaha bisnis pertamanya pada 1999 yang dikenal sebagai X.com, SpaceX, hingga nama anak pertamanya dengan musisi Grimes (Claire Elise Boucher) yang juga menggunakan huruf X, yaitu X Æ A-12 Musk. Berikut media populer dalam topik ini.

Gambar 6. Media populer

Sejak 2006, Twitter memang telah beberapa kali mengganti logonya meski masih dalam tema yang sama, yakni burung biru kecil. Namun evolusi logo yang diluncurkan Elon secara total berubah ini menjadi hal yang sulit diterima oleh pengguna media sosial Twitter. Bukan tidak mungkin perubahan ini akan berisiko atau memberi dampak pada pengguna Twitter yang terkenal loyal tersebut untuk berhenti atau berpindah ke platform lain. Berikut beberapa akun terpopuler dalam perbincangan seputar rebranding Twitter.

Gambar 7. Akun terpopuler di Twitter

Akun @handokotjung menjadi akun dengan impresi tertinggi. Akun tersebut mengungkapkan kekecewaannya terhadap perubahan logo yang dilakukan oleh Musk. Tweetnya pun mendapat berbagai reaksi warganet hingga meraih impresi tertinggi selama periode pantauan Netray.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: