Home

  • Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

    Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

    Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay. 

    Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.

    Cara Berlangganan Netray

    1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register

    2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

    3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.

    4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

    5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

    7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.

    8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

    9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.

    11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

    Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.

    Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.

  • Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

    Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

    Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.

    1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

    2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

    3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

    5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.

    6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.

    Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.

    7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.

    8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

    Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.

    Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)

    1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

    Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keywordpsbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).

    2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.

    Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?

    Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.

    Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?

    1. Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
    2. Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
    3. Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
    4. Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
    5. Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
    6. Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
    7. Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
    8. Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.

  • Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 23-29 Desember 2022

    Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 23-29 Desember 2022

    Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Masih merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi pada 14 Desember 2022 lalu, Netray menghilangkan Partai Ummat dari pemantauan dan memasukkan Partau Buruh dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dalam pemantauan terbaru.

    Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 23-29 Desember 2022. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Nasdem kembali ke urutan pertama, disusul Partai Demokrat di posisi kedua dan Partai Gerindra di posisi ketiga. Sedangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang pekan lalu diurutan teratas meroot ke posisi empat.

    Dari pantauan Netray, kembali naiknya penyebutan Nasdem karena adanya isu reshuffle Kabinet Kerja Jilid II. Menteri dari Partai Nasdem disebut-sebut masuk dalam radar reshuffle, hingga kemudian partai yang dipimpin Surya Paloh itu bereaksi hingga kemudian banyak disebut di Twitter maupun pemberitaan online.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Infografis: Zulfa M./ Editor: Winda Trilatifah

  • Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 23-29 Desember 2022

    Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 23-29 Desember 2022

    Berdasarkan pantauan Netray, nama Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ganjar Pranowo mengisi 3 besar tokoh politik populer yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (Twitter, Instagram, YouTube dan TikTok) selama periode 23-29 Desember 2022. Jika dilihat dari periode sebelumnya, minggu ini Ganjar Pranowo masuk 3 besar tokoh politik populer menggeser Puan Maharani yang sempat berada di posisi 3.

    Urutan 1, 2, dan 5 popularitas tokoh politik periode ini masih ditempati oleh sosok yang sama seperti periode sebelumnya. Hanya Puan dan Ganjar yang bertukar posisi pada pekan ini. Jika dilihat berdasarkan total mention masing-masing tokoh, penyebutan untuk Ganjar Pranowo naik tetapi tidak begitu signifikan, dari 26 ribu menjadi 29 ribu mention. Justru penurunan penyebutan untuk Puan Maharani yang sebelumnya berada di angka 31 ribu menjadi 23 ribu yang terlihat lebih mencolok.

    Yang menarik pada pekan ini adalah Ganjar Pranowo, meskipun menempati urutan 3 besar, porsi penyebutan di tiap kanal lebih merata dibanding Anies dan AHY. Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan secara konsisten masuk 2 besar paling banyak disebut di semua kanal. Anies unggul di News, Twitter, dan YouTube, sedangkan Ganjar lebih unggul di TikTok dan Instagram. Sementara AHY hanya masuk 3 besar di Twitter. Sisanya kurang maksimal.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

    Infografis: Zulfa Mahda/ Editor: Irwan Syambudi

  • Isu Bupati Cianjur Selewengkan Bantuan Bencana, PDIP Terseret Dalam Sentimen Negatif

    Isu Bupati Cianjur Selewengkan Bantuan Bencana, PDIP Terseret Dalam Sentimen Negatif

    Bupati Cianjur, Herman Suherman dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan penyelewengan bantuan bencana. Meski telah menampik isu tersebut, namun pemberitaan negatif terus tersiar dan perbincangan negatif membanjiri kanal Twitter. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang merupakan partai pendukung Herman juga terseret dalam sentimen negatif.

    Herman Suherman dilaporan ke KPK pada 16 Desember 2022 oleh perwakilan dari Acsenahumanis Respon Foundation. Pelaporan tersebut lantas didalami KPK dan dikonfirmasi pada tanggal 26 Desember 2022. Kemunculan isu ini membuat Bupati Cianjur memberikan klarifikasinya dengan mengunggah sebuah postingan pada akun Instagram pribadinya. Dalam postingan tersebut, Herman Suherman menyatakan bahwa saat ini ia sedang berkonsentrasi atau fokus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakan Cianjur yang terdampak bencana.

    Meski demikian, pemberitaan yang memberikan stigma pada dirinya terus bergulir. Memantau dengan kata kunci bupati && cianjur dan herman suherman pada kanal news, ditemukan sebanyak 255 artikel dari 61 media massa dalam periode pemantauan 25-29 Desember 2022. Dari sekian artikel, 156 di antaranya atau 61% pemberitaan memberikan sentimen negatif terhadap sosok bupati ini. Isu ini memuncak di tanggal 27 Desember 2022 dengan total 128 artikel per hari.

    Gambar 1. Statistik pemberitaan
    Gambar 2. Peak Time dan Sentiment Trend pemberitaan

    Pemberitaan mengenai penyelewengan bantuan bencana ini memberikan pandangan negatif terhadap sosok bupati tersebut. Dalam laporan yang dibuat oleh perwakilan Acsenahumanis Respon Foundation, penyelewengan yang dilakukan oleh terduga merupakan bantuan yang diberikan oleh Emirates Red Crescent berupa 2 ribu lembar selimut, 25 ton beras, 1.000 paket kebersihan, 500 lampu bertenaga solar, serta baterai charge untuk tenda. Tidak mengikuti SOP dari BNBP serta me-repacking bantuan dengan kemasan partai lalu menjualnya dinilai sebagai penyalahgunaan kekuasaan. Atas hal tersebut, nama Herman Suherman kini ramai menjadi sorotan.

    Gambar 3. Hot Issue pemberitaan media online
    Gambar 4. Sampel berita dari Hot Issue

    Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat pun tak luput dari sorotan media. Ditemui media di Gedung Sate pada Rabu, 28 Desember 2022, RK sebutan gubernur ini memberikan klarifikasinya terkait isu tersebut. RK menyatakan prihatin terkait isu negatif yang menimpa Bupati Cianjur. Bahkan ia membela Herman terkait persoalan repacking. Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar distribusi bantuan dapat merata. Pernyataan dari RK ini yang memberikan sumbangan pemberitaan positif pada sosok Herman.

    Gambar 5. Sampel berita
    Gambar 6. Sampel berita

    Mendapat banyak perhatian serta dukungan dari beberapa kalangan, isu yang menerpa Bupati Cianjur ini pun mendapat respons langsung dari pihak pelapor. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan isu dugaan yang telah dilayangkan ke KPK. Seperti yang diberitakan oleh Republika, Founder sekaligus CEO Acsenahumanis Respons Foundation, Andhika mengaku pihaknya tidak pernah melakukan pelaporan atas dugaan penyelewengan bantuan yang dilakukan Bupati Cianjur. Pemberitaan ini pun turut memberikan sumbangan positif terhadap Herman Suherman.

    Gambar 7. Sampel berita
    Gambar 8. Sampel berita

    PDIP Ikut Terseret Dalam Perbincangan Dugaan Korupsi Bupati Cianjur

    Tak hanya ramai diberitakan media massa online, isu ini pun juga santer diperbincangkan di kanal Twitter. Menggunakan kata kunci bupati && cianjur dan herman suherman ditemukan sebanyak 3.277 twit dalam periode pemantauan yang sama dengan kanal News. Cuitan-cuitan terkait kedua kata kunci ini telah memperoleh 1,9 juta impresi dengan potensi jangkauan mencapai 94,5 juta akun.

    Gambar 9. Statistik perbincangan di Twitter

    Sama halnya dengan kanal News, perbincangan warganet terhadap isu tersebut memuncak di tanggal 27 Desember 2022. Bahkan dalam satu hari pemantauan terdapat 1.252 twit yang mencatut kedua kata kunci. Sentimen negatif juga membanjiri di kanal ini, terlihat dari grafik sentiment trend pada gambar 10. Perbandingan antara sentimen positif dengan negatit terpaut jauh. Jumlah sentimen negatif pada topik ini mencapai 2.493 atau 76% dari keseluruhan twit. Sedangkan total sentimen positif hanya 103 twit atau 3,1% dari total twit.

    Gambar 10. Peak Time dan Sentimen Trend di Twitter

    Tak hanya mencuitkan tentang penyelewengan dana bantuan, warganet juga menyeret nama partai yang menaungi Bupati Cianjur. Terlihat dari gambar 11., kosakata seperti partai dan PDIP menduduki jajaran Top Words. Dilihat lebih detail, warganet mengkritik terkait pelaku korupsi lagi lagi berasal PDIP. Bahkan warganet juga menilai bahwa partai ini merupakan gudang koruptor. Hal ini tentu saja tak hanya memberikan pandangan negatif terhadap Herman, namun juga pada parpol yang mengayominya,

    Gambar 11. Jajaran Top Words
    Gambar 12. Sampel twit
    Gambar 13. Sampel twit

    Tak hanya itu, warganet juga memberikan sindiran perihal pernyataan bupati yang pernah mengatakan jika bencana alam merupakan berkah. Pernyataan tersebutkan yang kini justru menjadi ajang kritik warganet. Tak sedikit warganet yang mengecam pernyataan tersebut. Bahkan warganet juga menilai jika Herman tengah memanfaatkan jabatannya demi kepentingan pribadi.

    Gambar 14. Sampel twit
    Gambar 15. Sampel twit

    Korupsi bantuan bencana tentu saja membuat geram publik. Bagaimana tidak? Bak sudah jatuh tertimpa tangga, masyarakat yang tengah tertimpa musibah justri semakin dibuat miris lantaran haknya berupa bantuan sosial diduga tengah disewelengkan oleh pemimpinnya. Namun, isu tersebut langsung ditepis oleh terduga. Bukan hanya itu, beberapa kalangan pun turut tak meyakini isu tersebut. Meski demikian, isu tak sedap ini telah didengar publik dan kritikan mengalir deras dari warganet sehingga memberikan stigma bagi Bupati Cianjur.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Kritik OTT KPK, Luhut Malah Dibanjiri Sentimen Negatif

    Kritik OTT KPK, Luhut Malah Dibanjiri Sentimen Negatif

    Belum lama ini Luhut Binsar Panjaitan kembali menjadi sorotan publik usai dirinya mengkritik Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Tanah Air. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini OTT tidak terlalu bagus sebab membuat citra Indonesia semakin jelek. Sontak pernyataannya tersebut pun menjadi kontroversi hingga menimbulkan kritik dari warganet.

    Padahal OTT yang dilakukan oleh KPK juga merupakan salah satu upaya untuk menangani korupsi. Terlebih operasi ini melibatkan masyarakat secara langsung dan kerap mendapat apresiasi publik.

    Namun munculnya pernyataan Luhut yang tidak menyetujui OTT justru menimbulkan polemik. Di Twitter, pernyataannya tersebut pun dibanjiri oleh berbagai opini warganet yang didominasi oleh sentimen negatif.

    ott kpk
    Gambar 1. Infografik Twitter

    Netray melakukan monitoring di Twitter selama 19 sampai 28 Desember 2022 dengan menggunakan kata kunci luhut binsar, kpk && luhut, luhut && ott kpk. Hasilnya, jumlah cuitan pada topik ini sebanyak 4.120 dengaan 2.588 di antaranya bersentimen negatif. Sementara secara keseluruhan jumlah impresi mencapai 208,7 ribu dan berpotensi menjangkau 117,3 juta akun pengguna Twitter.

    Gambar 2. Infografik news

    Tak hanya di Twitter, Netray juga mengamati pembahasan terkait topik ini di media pemberitaan online. Dengan periode yang sama, Netray menemukan 614 artikel terkait Luhut Binsar Panjaitan dan OTT KPK. Dalam hal ini setidaknya terdapat 93 media pemberitaan terkait dengan kategori pemberitaan terbanyak berkategori pemerintah dan hukum.

    Gambar 3. Intensitas perbincangan warganet Twitter
    Gambar 4. Intensitas media pemberitaan

    Bukan OTT KPK yang Dikurangi tapi Korupsinya

    Secara intensitas, baik di Twitter maupun media pemberitaan tampak memiliki laju intensitas yang hampir serupa. Puncak intensitas tertinggi sama-sama terjadi pada 21 Desember 2022, yakni sehari setelah statement tersebut dibuat oleh Luhut. Kemudian tampak perbincangan terkait topik OTT dan Luhut terus muncul hingga pada 28 Desember 2022.

    Gambar 5. Sentimen trend di Twitter
    Gambar 6. Sentimen trend news

    Seperti halnya laju intensitas pembahasan topik ini di kedua kanal, di media pemberitaan maupun di Twitter juga memiliki tren sentimen yang sama. Pembahasan terkait OTT dan Luhut sama-sama didominasi oleh sentimen negatif. Pernyataan Luhut yang dinilai bersebrangan dengan publik menyebabkan namanya kini dibanjiri oleh sentimen negatif dari warganet.

    Gambar 7. Pemberitaan terkait pernyataan Luhut

    Di media pemberitaan tampak berbagai artikel memuat respons sejumlah publik figur yang turut mengomentari pernyataan Luhut. Salah satunya Wakil Presiden Maruf Amin yang menilai OTT KPK masih perlu dilakukan. Senada dengan tanggapan tersebut, Mantan Penyedik Senior KPK Novel Baswedan menilai bukan OTT yang membuat citra negara menjadi jelek melainkan menurunnya pemberantasan terhadap korupsi.

    Menurut Novel, pemberantasan korupsi dapat dilakukan dengan tiga pola secara bersamaan. Yakni, penindakan, pencegahan, dan pendidikan. Jika fase penindakan tidak dilakukan, pencegahan dan pendidikan tidak akan berdampak efektif.

    Gambar 8. Respons warganet

    Melalui cuitan populer tampak berbagai opini warganet dalam merespons pernyataan Luhut. Menurut warganet KPK saat ini saja dinilai jarang melakukan OTT. Dengan munculnya pernyataan Luhut justru membuat warganet semakin bertanya-tanya apakah OTT benar-benar dilarang. Terlebih saat ini korupsi di Indonesia masih marak terjadi, munculnya pernyataan Luhut justru ditafsirkan warganet dengan dibiarkannya para koruptor bebas melakukan aksinya.

    Gambar 9. Reaksi warganet

    Menurut warganet seharusnya bukan tindakan OTT yang diberhentikan melainkan perilaku korupsinya. Saat ini saja meski OTT masih dilakukan oleh KPK kasus korupsi masih marak terjadi dan tak kunjung membuat koruptor merasa jera. Tak heran bila kemudian pernyataan Luhut yang meminta KPK untuk mengurangi OTT justru menuai polemik.

    Gambar 9. Akun dan portal populer

    Di Twitter akun @NewsJerami dan @democrazymedia menjadi akun paling populer dalam perbincangan terkait Luhut dan OTT KPK. Sementara di media pemberitaan online tampak Suara dan Warta Ekonomi menjadi portal media online yang paling banyak menerbitkan artikel terkait Luhut pada periode ini.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Konflik Keraton Solo dari Sudut Pandang Pemberitaan Media & Warga YouTube

    Konflik Keraton Solo dari Sudut Pandang Pemberitaan Media & Warga YouTube

    Kondisi Keraton Solo kembali memanas. Pada Jumat lalu (23/12) terjadi keributan di Keraton Solo. Konflik terjadi antara kubu Sasonoputro yang mengatasnamakan Raja Keraton Solo, Sri Susuhunan Paku Buwono (PB) XIII dan kubu Lembaga Dewan Adat (LDA) Gusti Moeng yang terdiri dari para adik dan anak raja atau biasa disebut kerabat raja.

    Gusti Moeng dan keluarga mengaku diusir dari dalam Keraton oleh 50 orang bersenjata. Bahkan Bendara Raden Mas (BRM) Suryo Putro, cucu Raja Keraton Solo ini juga mengatakan ia ditodong pistol akibat menolak keluar dari Keraton. Pekan sebelumnya, terjadi pencurian barang kuno Keraton yang kemudian dilaporkan ke polisi oleh Putri Keraton Solo Gusti Raden Ayu (GRAy) Devi Lelyana Dewi.

    Dengan menggunakan kata kunci keraton solo dan keraton surakarta, Netray ingin melihat tren pemberitaan terkait konflik Keraton Solo selama periode 24-27 Desember 2022. Hasilnya ditemukan sebanyak 360 berita dari 70 memberitakan topik ini.

    Gambar 1. Statistik Pemberitaan Topik Konflik Keraton Solo

    Pemberitaan sepanjang periode pemantauan didominasi oleh berita kronologi dan fakta konflik Keraton Solo. Beberapa media bahkan menyebut kejadian ini sebagai bentrokan hingga kericuhan. Pihak LDA lebih banyak muncul dalam pemberitaan selama periode pemantauan bila dibanding dengan pihak PB XIII. Seperti yang diberitakan Galamedia. Portal berita ini juga menjabarkan bahwa konflik Keraton Solo mulai memanas akibat penetapan putra mahkota yang ditentang oleh LDA.

    Gambar 2. Sampel Berita Galamedia

    Selain itu, muncul berita terkait fakta kejadian versi kubu PB XIII, meski tak banyak jumlahnya, seperti yang dituliskan oleh Tribun Solo. Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo, KP H. Dani Nur Adiningrat mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan kericuhan dengan LDA. Pertama, LDA masuk untuk  mencari pencuri dengan membawa orang-orang yang  tidak dikenal.

    Kedua, ketika pencuri tidak ditemukan, dari keamanan Keraton ditugasi Sinuhun PB XIII untuk mengamankan pintu ternyata tidak diperbolehkan (LDA) dan kemudian menduduki keraton. Ketiga, kelompok LDA menggelar latihan menari Bedhaya Ketawang terlebih dahulu padahal tidak memiliki hak untuk mengadakan acara tarian ini. Tarian Bedhaya Ketawang hanya boleh ditampilkan atas perintah Sinuhun.

    Gambar 3. Sampel Berita Tribun Solo

    Akibat dari kejadian itu, kedua kubu saling melapor ke polisi juga menjadi berita yang banyak dituliskan oleh media daring. Pihak LDA yang diwakili oleh Gusti Devi melaporkan dugaan pengeroyokan dan penganiayaan, serta dugaan penodongan senjata api. Sedangkan kubu PB XIII diwakili oleh tiga abdi dalem PB XIII yang menjadi korban saat terjadi kisruh pada Jumat (23/12) malam.

    Ribut-ribut Keraton Solo ini menarik Gubernur Jawa Tengah untuk turut bereaksi. Respon Ganjar cukup banyak muncul dalam pemberitaan. Ia  berharap konflik Keraton Surakarta bisa diselesaikan melalui musyawarah keluarga karena apabila melibatkan pihak luar urusan menjadi semakin lama. Bahkan Ganjar sempat bercanda dengan berkata “Ya mbok digolekne kipas angin ben adem (dicarikan kipas angin biar dingin).”

    Ganjar mengaku terus memantau perkembangan konflik intens berkomunikasi dengan beberapa pihak yang memantau kondisi di keraton.Tak hanya Ganjar, Gibran Rakabuming Raka sebagai Walikota Solo juga turut muncul dalam pemberitaan. Melalui akun twitternya @gibran_tweet ia menjawab penasaran warganet yang mempertanyakan apakah Gibran tidak ingin menengahi konflik Keraton Solo. Gibran mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan polisi untuk memfasilitasi mediasi.

    Gambar 4. Sampel Berita

    Budayawan Kota Solo Tundjung W Sutirto juga menginginkan hal serupa. Ia berharap semua keluarga dari Paku Buwono (PB) XIII atau “darah dalem” mau melonggarkan hati. Ia juga mengingatkan bahwa Keraton Solo merupakan living heritage, keberadaanya masih sangat penting untuk saat ini dan masa mendatang.

    Selama periode pemantauan sosok Gusti Moeng Ketua LDA menjadi entitas tokoh yang paling banyak disebut dalam pemberitaan. Ia muncul dalam 175 berita, disusul Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi yang menjadi narasumber dalam 967 berita. GRAy Devi Lelyana Dewi, Putri Kedua Raja Keraton Solo menempati posisi ketiga muncul dalam 75 berita. Sedangkan media yang paling banyak mengangkat topik ini adalah Tribun Solo sebanyak 31 berita.

    Gambar 5. Jajaran Narasumber dalam Berita
    Gambar 6. Jajaran Top Portal

    Pantauan Kanal YouTube Isu Konflik Keraton Solo

    Netray juga memantau isu konflik Keraton Solo melalui kanal YouTube. Dengan menggunakan periode dan kata kunci yang sama ditemukan 284 unggahan membahas topik ini. Dari seluruh unggahan yang ada, telah ditonton sebanyak 3,1 juta kali dan mendapat 13,5 ribu komentar yang didominasi komentar negatif.

    Gambar 7 Statistik Unggahan Video Youtube

    Berdasarkan grafik di bawah (Gambar 10) unggahan tentang isu ini memuncak pada tanggal 26 Desember 2022. Sebanyak 79 unggahan terpantau muncul pada tanggal ini. Unggahan didominasi oleh kanal berita. Tribunnews, KOMPASTV, dan Kompas.com menjadi kanal yang paling banyak mendapat impresi dari penonton.

    Gambar 8. Grafik Video Peak Time
    Gambar 9. Jajaran Top Channel

    Video terpopuler selama periode pemantauan berasal dari unggahan KompasTV yang berhasil meraih 882 komentar dari warganet. Video ini menampilkan wawancara dengan Ketua LDA Gusti Moeng. Ia menyebut bahwa konflik ini terjadi dipicu oleh kesepakatan yang dilanggar. Pasca terjadi pencurian di Keraton, pihaknya membuka kembali pintu yang sudah ditutup selama lima tahun hingga akhirnya terjadi pengusiran oleh pihak keamanan PB XIII pada Jumat Malam.

    Gambar 10. Sampel Video Youtube KOMPASTV

    Unggahan terpopuler ini mendapat banyak komentar dari warganet. Banyak yang berharap masalah ini dapat segera selesai dengan musyawarah kekeluargaan. Di sisi lain warganet juga turut menyalahkan Ratu alias istri dari PB XIIII karena kurang mengerti adat istiadat Keraton Surakarta.

    Konten populer selanjutnya dari akun berita Tribun Timur yang menjelaskan tentang kronologi kericuhan di Keraton Solo. Dalam unggahan ini komentar warganet terlihat setuju atas pernyataan Walikota Solo, Gibran yang menginginkan pihak internal keraton menyelesaikan masalahnya terlebih dahulu. Bahkan ada pula yang meminta Keraton Solo dibubarkan saja karena konflik yang tak kunjung usai.

    Gambar 11. Sampel Video Youtube Tribun Timur

    Unggahan populer ketiga masih dari akun berita Tribunnews. Menampilkan berita pengakuan cucu PB XII ditodong pistol dan mengaku rela mati dan tidak akan keluar dari Keraton. Selain itu muncul pula pernyataan dari GRAy Devi yang mengaku dipukul dengan bambu saat mencoba membuka pintu gerbang. Ia bahkan melakukan visum akibat perlakuan tersebut untuk diproses secara hukum.

    Gambar 12. Sampel Video Youtube Tribunnews

    Unggahan ini banyak menerima hujatan dari warganet. Ada yang menilai pernyatan BRM Suryo tersebut arogan. Di sisi lain ada pula yang menyimpulkan bahwa konflik terjadi akibat Raja terlalu memiliki banyak selir.

    Keruwetan internal Keraton Solo telah terjadi sejak meninggalnya Paku Buwono XII karena tak menunjuk siapa penerusnya sebagai Raja. Pihak Keraton Solo sempat berdamai saat masa Walikota Solo dijabat oleh Jokowi. Namun selama 5 tahun terakhir konflik kembali menegang akibat pihak LDA tak diizinkan berkegiatan di dalam Keraton.

    Puncaknya terjadi tindak kekerasan pada Jumat lalu (23/12) terkait akses gerbang Keraton Solo. Masyarakat, Walikota Solo, hingga Gubernur Jawa Tengah terus berharap agar keributan ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Review Kereta Panoramic, Warganet Soroti Harga Tiket dan Fasilitas

    Review Kereta Panoramic, Warganet Soroti Harga Tiket dan Fasilitas

    Kereta Panoramic resmi beroperasi sejak 24 Desember 2022. Menyuguhkan fasilitas terbarunya, KAI mempersembahkan kereta panoramic dengan gerbong mewah yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan secara luas. Meski banyak menuai sentimen positif, kritik atas kehadiran gerbong glamor ini masih mengiringi perbincangan. Namun, tidak sedikit juga warganet yang tetap tertarik mencoba dan membagikan ulasannya di media sosial.

    Untuk melihat seperti apa impresi warganet terkait kehadiran kereta baru ini, Media Monitoring Netray memantau perbincangan warganet Twitter dan unggahan video TikTok (VT) dalam periode 22-28 Desember 2022.

    Hasilnya ialah dalam kanal Twitter ditemukan sebanyak 2.533 twit yang menggunakan kata kunci kereta && panoramic dan tagar keretapanoramic. Topik ini menarik perhatian publik, terutama warganet. Terlihat dari jumlah akun yang mencuitkan kata kunci tersebut ialah sebanyak 1.334 akun dengan potensi jangkauan yang mampu mencapai 85,5 juta akun.

    Gambar 1 Statistik Perbincangan

    Perbincangan tentang kata kunci ini mulai santer dicuitkan sejak 23 Desember 2022, sehari sebelum kereta tersebut resmi beroperasi. Lalu, puncak perbincangan terjadi pada tanggal 25 Desember 2022 dengan total 862 twit perhari. Meski sempat ramai menjadi pembahasan warganet Twitter, topik ini kemudian terus mengalami penurunan pembicaraan setelah peak time hingga akhir pemantauan.

    Gambar 2 Peak Time dan Sentiment Trend

    Cuitan tentang fasilitas, harga tiket, hingga rute perjalanan mendominasi perbincangan warganet terkait kedua kata kunci tersebut. Bahkan sebelum dioperasikan, informasi terkait rute ataupun harga tiket dari kereta ini sudah banyak dibagikan oleh warganet. Tak heran jika kemudian banyak yang tertarik dalam topik perbincangan karena penasaran.

    Gambar 3 Top Words
    Gambar 4 Sampel Twit
    Gambar 5 Sampel Twit

    Meski menawarkan pemandangan yang dapat dilihat lebih leluasa karena desain gerbong yang hanya terlapisi kaca, namun harga yang ditawarkan kereta panoramic masih banyak mendapat kritik dari warganet. Demi mendapat sensasi menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan, penumpang diharuskan merogoh kocek senilai 750 ribu rupiah selama masa promo. Lalu, tiket di luar masa tersebut akan dijual seharga satu juta rupiah.

    Tak sedikit warganet yang menilai harga tiket yang dijual KAI ini terbilang mahal. Bahkan dengan harga tersebut warganet justru mengira penumpang akan mendapatkan fasilitas yang lebih mewah, seperti seat sleeper.

    Gambar 6 Sampel Twit
    Gambar 7 Sampel Twit

    Tak hanya itu, penawaran terkait dapat menikmati pemandangan indah dan secara leluasa sepanjang perjalanan juga disangsikan warganet. Bagaimana tidak, dalam realitanya masih banyak pemukiman ‘kumuh’ yang berjejer-jejer di sepanjang hamparan rel kereta api.

    Gambar 8 Unggahan @arungbudoyo

    Seperti yang diunggah oleh akun @arungbudoyo dalam cuitannya. Ia membagikan sebuah gambar pemandangan rumah di pinggir rel kereta api yang dilewati oleh kereta panoramic. Hal tersebut ternyata juga telah disampaikan oleh beberapa warganet yang menilai kereta ini justru akan menyajikan pemandangan ketimpangan sosial ekonomi sepanjang perjalanan.

    Gambar 9 Sampel Twit
    Gambar 10 Sampel Twit

    Kereta Panoramic Ramai Dipromosikan di TikTok

    Dari kanal lain, Netray mencoba memantau topik ini pada kanal TikTok. Dengan menggunakan kata kunci dan periode pemantauan yang sama dengan Twitter, Netray menemukan 54 video yang diunggah oleh 49 akun. Video-video tersebut telah ditonton sebanyak 4,5 juta kali dengan raihan 392,5 ribu impresi.

    Gambar 11 Statistik TikTok

    Akun yang paling banyak mendapat impresi dari video TikTok (VT) yang diunggah menggunakan kata kunci ini ialah akun Andriawan Pratikto. Konten kreator yang memiliki konsentrasi sebagai pengulas transportasi, khususnya bus dan kereta api ini mendapat impresi sebanyak 174.252 reaksi dari VT yang diunggahnya pada 24 Desember 2022. Selain Andriawan, Decky Tri yang merupakan travel vlogger menduduki peringkat kedua setelah VT hasil review kereta panoramicnya mendapat 162.580 reaksi dari warganet TikTok.

    Gambar 12 Jajaran Top Users

    Kumpulan VT (Gambar 13) di bawah menunjukkan review positif terhadap kereta panoramic. Para penumpang menikmati fasilitas yang disajikan terutama gerbong yang full terlapis kaca sehingga dapat menikmati pemandangan lebih luas. Tak hanya itu, dalam beberapa VT ini ditunjukkan jika penumpang juga akan dimanjakan fasilitas tempat duduk yang dapat diputar hingga menghadap jendela.

    Gambar 13 Kumpulan VT by Popular

    Diluncurkan dalam rangka menemani libur Nataru, kereta panoramic yang juga memberikan harga tiket spesial di masa promonya ternyata tak lepas dari kritik warganet Twitter. Alasannya adalah harganya yang terlampau mahal dan tidak sebanding dengan fasilitas yang disuguhkan. Namun, apabila dilihat dari konten populer di TikTok terkait topik kereta panoramic, banyak warganet yang tertarik mencoba dan mengunggah hasil ulasan positifnya. Potret kursi penumpang terisi penuh dalam video juga memperlihatkan bahwa antusiasme masyarakat terkait kehadiran kereta ini cukup tinggi.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Menilik Tren Latto-Latto yang Meresahkan, Warganet: Berisik!

    Menilik Tren Latto-Latto yang Meresahkan, Warganet: Berisik!

    Latto-latto atau clackers ball merupakan permainan yang sempat populer pada tahun 1960-an. Sempat dilarang di berbagai negara kini permainan dua bandul bola keras ini pun kembali populer di Indonesia. Populernya latto-latto dapat diamati dari berbagai media sosial yang kini ramai memperbincangkan latto-latto dalam sebuah twit atau sebuah konten postingan.

    Maraknya permainan ini kini tak hanya mengundang perhatian publik namun juga memantik komentar bersentimen negatif dari warganet yang merasa terganggu dengan suaranya yang berisik. Untuk mengamati lebih jauh Netray melakukan pemantauan topik latto-latto di dua kanal media sosial, yakni Twitter dan TikTok. Pemantauan ini dilakukan sejak 21 Desember 2022 sampai dengan 27 Desember 2022 dengan menggunakan kata kunci latto latto. Hasilnya adalah sebagai berikut.

    latto
    Gambar 1. Infografik latto-latto di Twitter

    Jumlah cuitan selama sepekan terkait latto-latto mencapai 6.591 tweet dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Sementara jumlah impresi pada topik latto-latto sebanyak 1,8 juta dan berpotensi menjangkau hingga 12,3 juta akun pengguna Twitter. Sementara itu, di TikTok jumlah impresi topik latto-latto sebanyak 1,3 juta.

    Selama sepekan jumlah konten dengan kata kunci latto-latto,latto latto, dan latto ditemukan sebanyak 102 konten yang diputar sebanyak 17,2 juta kali, mendapat 1,2 juta like, dan mendapat jumlah komentar sebanyak 19,4 ribu.

    Gambar 2. Infografik di TikTok

    Jika diamati melalui kosakata populer pada Gambar 3 tampak berbagai kata yang kerap digunakan warganet Twitter dalam membahas topik terkait latto-latto, seperti bocil, berisik, lomba, suara, dan berbagai kata lainnya. Tak jauh berbeda dari Twitter, warganet TikTok (Gambar 4) pun banyak yang menyoroti “bocil” dalam kontennya.

    Gambar 3. Kosakata populer di Twitter
    Gambar 4. Kosakata populer di TikTok

    Latto-Latto dan Tanggapan Warganet

    Latto-latto pada umumnya memang dimainkan oleh anak kecil atau yang kini kerap disebut bocil. Namun sayangnya suara yang ditimbulkan dari permainan ini dinilai mengganggu oleh warganet. Sebab, seperti diketahui latto-latto dimainkan dengan cara mengayunkan dua bola latto dalam posisi yang seimbang sampai keduanya bersentuhan sehingga menghasilkan suara. Berikut beberapa tanggapan warganet Twitter terkait latto-latto.

    Sentimen negatif yang mendominasi impresi warganet Twitter terkait latto-latto disebabkan oleh komentar warganet terkait suara yang dihasilkan latto-latto. Menurut warganet suara latto-latto terlalu berisik sehingga berpotensi mengganggu. Bahkan salah satu cuitan populer warganet menamakan latto-latto sebagai permainan Firaun yang mengeluarkan suara merusak rumah tangga.

    Gambar 5. Impresi negatif warganet Twitter

    Meski demikian sebagian warganet justru merasa latto-latto bukanlah permainan yang buruk. Hal tersebut tampak dari berbagai cuitan warganet yang merasa ketagihan saat mencoba latto-latto. Bahkan sebagian warganet mengaku ketagihan setelah mencoba bermain latto-latto.

    Gambar 6. Impresi positif warganet Twitter

    Tren latto-latto juga turut dipopulerkan menjadi berbagai kontendi TikTok. Sama seperti di Twitter, banyak warga TikTok yang juga merasa resah dengan latto-latto. Hal ini terlihat dari sejumlah konten berupa reaksi warganet terhadap latto-latto. Berikut beberapa di antaranya.

    Gambar 7. Tren konten latto-latto di TikTok

    Viralnya konten terkait latto-latto di TikTok turut mempopulerkan permainan ini hingga ke penjuru negeri. Tampak salah satu konten warganet memuat video saat mencari latto-latto di Makassar. Konten tersebut pun mendapat 203,6 ribu like, 1,4 ribu komentar, dan dibagikan sebanyak 270 kali. Sementara dua konten lainnya memuat komentar terkait suara latto-latto yang dirasa mengganggu.

    Demikian halnya dengan berbagai konten populer lainnya di TikTok. Tampak sejumlah warganet pengguna TikTok turut melaporkan melalui kontennya jika virus permainan latto-latto telah menyebar hingga ke daerah mereka. Meski sebagian warganet merasa terganggu dengan suara dari latto-latto terdapat juga warganet yang merasa senang melihat anak-anak bermain dengan bahagia saat bermain latto-latto bersama.

    Gambar 8. Tren konten latto-latto di TikTok

    Di Twitter, tampak akun @jek__ dan @Askrlfess menjadi akun paling populer pada topik latto-latto. Sementara di TikTok, akun VeroYapari dan jek menjadi akun pengguna paling populer dalam konten terkait latto-latto.

    Gambar 9. Akun populer Twitter dan pengguna populer TikTok

    Demam latto-latto agaknya tengah menjangkiti Tanah Air dengan menyebarnya permainan ini ke berbagai daerah. Hal ini dapat diamati dari berbagai cuitan dan konten warganet yang melaporkan tren anak kecil yang bermain latto-latto di daerahnya. Sebagian warganet juga turut mencoba keseruan bermain latto-latto dan merasa turut berbahagia saat melihat anak-anak bermain latto-latto. Namun, seiring populernya permainan ini tidak sedikit dari warganet tersebut yang mulai merasa terganggu lantaran suara yang ditimbulkan dari permainan ini.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

  • Obrolan Warganet Twitter tentang Tradisi Tahlilan, NU Jadi Sorotan

    Obrolan Warganet Twitter tentang Tradisi Tahlilan, NU Jadi Sorotan

    Topik perbincangan warganet Twitter seperti tidak ada habisnya. Baru-baru ini, tahlilan menjadi topik menarik yang mampu memantik perbincangan luas di linimasa Twitter. Sebuah tradisi yang mengakar di kalangan umat Muslim Indonesia ini secara sederhana dapat diartikan sebagai ritual mendoakan orang yang sudah meninggal dunia pada waktu-waktu tertentu.

    Dari pemantauan Media Monitoring Netray sejumlah fakta menarik berhasil dihimpun. Pemantauan dilakukan selama sepekan yakni pada periode 16 Desember hingga 22 Desember 2022. Kata kunci yang digunakan untuk menyaring unggahan twit warganet adalah tahlil dan tahlilan. Simak pemaparannya di bawah ini.

    Statistik Perbincangan Topik Tahlilan di Twitter

    Sejak mencuat untuk pertama kalinya pada tanggal 18 Desember 2022, perbincangan tentang tradisi tahlilan menghasilkan 11.226 total twit dari warganet. Intensitas perbincangan meningkat tajam pada hari Selasa 20 Desember 2022 dan memuncak pada tanggal 21 Desember 2022 dengan jumlah 4.195 twit selama 24 jam.

    Gambar 1. Peak Time dan Total twit perbincangan topik tahlilan
    Gambar 2. Statistik pemantuan topik tahlilan

    Keesokan harinya, volume perbincangan mulai berangsur-angsur turun meskipun masih cukup tinggi, yakni di angka 1.891 twit. Hingga akhir periode pemantauan, intensitas perbincangan warganet terpantau tidak meningkat lagi.

    Dari total twit unggahan di linimasa Twitter, Netray menemukan bahwa kuantitas impresi mencapai angka 3 juta dalam rupa reply, retweet, dan favorite. Perbincangan tersebut secara potensial dapat menjangkau 52,5 juta akun pengguna Twitter berbahasa Indonesia. Setidaknya perbincangan ini diikuti oleh 3.839 akun dengan profil yang terindeks sebagai laki-laki dan 895 akun dengan profil perempuan.

    Gambar 3. Kecenderungan sentimen twit warganet

    Secara garis besar, warganet cenderung membicarakan topik tahlilan dengan sentimen negatif melalui twit yang diunggah sebanyak 5.175 kali. Sedangkan 1.531 twit lainnya diunggah dengan kecenderungan sentimen positif.

    Tahlilan Tak Wajib, Organisasi NU Jadi Sorotan Warganet

    Sorotan utama perbincangan warganet dari topik tahlilan adalah wajib atau tidaknya menjalani adat/ ritual ini. Warganet membagikan pengalaman dan pandangan mereka terkait pelaksanaan tahlilan. Ada yang merasa bahwa adat tahlilan itu membebani masyarakat secara ekonomi. Ada pula yang melihat bahwa tidak ada aturan yang mengikat dari tahlilan, sehingga bukan sesuatu yang wajib dilaksanakan.

    Gambar 4. Kata yang paling banyak disebut

    Perbincangan ini menaikkan sejumlah entitas seperti sosok orang/person dan entitas organisasi. Organisasi massa Islam Muhammadiyah terpantau cukup sering disebut dalam twit warganet. Keberadaanya dapat ditemukan dalam daftar kata yang paling banyak disebut oleh warganet di atas.

    Akan tetapi jika ditelisik lebih jauh lagi justru organisasi massa Islam lain yakni Nahdlatul Ulama (NU) yang mendominasi perbincangan. NU hampir menjadi satu-satunya organisasi yang paling sering dikaitkan warganet dengan topik tahlilan. NU disebut sebanyak 1.373 kali sepanjang periode pemantauan. 

    Gambar 5. NU jadi organisasi yang paling banyak dibicarakan warganet

    Tingginya mention terhadap NU salah satunya karena twit dari akun @salima252lagi. Ketika intensitas topik tahlilan mulai merangkak naik pada tanggal 19 Desember 2022, ia membuat twit yang meminta petinggi NU untuk mengingatkan jamaahnya bahwa tradisi ini tidaklah wajib. Keberadaan tahlilan hanya akan memberatkan warga miskin yang ia sebut banyak yang merupakan warga nahdliyin.

    Gambar 6. Twit dari akun @salima252lagi

    Melalui twit tersebut akun @salima252lagi menjadi akun yang paling banyak mendapat mention dari warganet. @salima252lagi disebut sebanyak 997 kali selama sepekan pemantauan. Setelah akun tersebut terdapat akun @disyarinda yang mendapat penyebutan sebanyak 649 kali.

    Gambar 7. Entitas person yang paling banyak disebut warganet

    Nama Gus Baha menjadi entitas person non akun yang paling banyak di mention warganet selain dua akun sebelumnya. Yaitu sebanyak 602 kali penyebutan. Gus Baha mendapat mention karena pernyataannya sempat dikutip oleh akun @jas_hijau. @jas_hijau pun menjadi entitas person yang mendapat mention terbanyak ketiga karena disebut sebanyak 639 kali dan mendapat 4.128 impresi.

    Gambar 8. Twit dari akun @jas_hijau

    Meskipun akun @disyarinda tidak menjadi entitas person yang paling sering disebut warganet, akun ini justru menjadi akun yang meraup impresi tertinggi. Akun @salima252lagi malah tidak mendapat cukup banyak impresi. Melalui beberapa twit yang ia unggah, akun @disyarinda mengumpulkan setidaknya 8.262 impresi dari warganet.

    Gambar 9. Akun dengan impresi tertinggi
    Gambar 10. Twit dari akun @disyarinda

    Salah satu twit yang mendapat respon tinggi adalah saat ia menceritakan pengalaman keluarganya. Orang tuanya meminta untuk tidak mengadakan tahlilan ketika meninggal dunia karena akan membebani anak dan keluarga, cukup didoakan saat shalat saja.

    Sedangkan akun yang memperoleh impresi terbanyak kedua adalah @TaufikDamas, yakni dengan 6.052 impresi. Berbeda dengan beberapa akun yang telah disebutkan sebelumnya, akun ini tidak tergolong akun yang mendapat mention terbanyak. Sebagai penceramah, Taufik Damas mengaku selalu menegaskan bahwa hukum tahlilan adalah boleh (mubah).

    Gambar 11. Twit dari akun @TaufikDamas

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Majalah Bobo Junior Berhenti Terbit, Warganet Kenang Masa Kecil

    Majalah Bobo Junior Berhenti Terbit, Warganet Kenang Masa Kecil

    Peredaran majalah Bobo Junior mulai diberhentikan Kompas Gramedia (KG Media) per Desember 2022. Isu ini ramai diperbincangkan warganet setelah surat resmi pemberhentian edaran tersebut tersiar di Twitter. Alhasil, banyak warganet yang merasa kehilangan kemudian bernostalgia atau mengenang masa-masa ketika Bobo menemani masa kecilnya.

    Dalam surat bernomor 085/SirDis/XII/2022 yang ditanda-tangani oleh GM Circulation & Distributor, Titus Kitot KS pada Kamis, 1 Desember 2022 ini tertulis KG Media telah memberhentikan empat media cetak yang salah satunya ialah Bobo Junior. Cetakan terakhir dari majalah ini ialah Nomor 20 yang terbit pada 21 Desember 2022. Atas pengumuman ini banyak publik yang dibuat terkejut lantaran majalah ini dinilai memiliki kenangan.

    Memantau memalui Media Monitoring Netray dengan kata kunci majalah && bobo ditemukan sebanyak 2.729 twit dengan total raihan impresi 247,8 ribu reaksi. Perbincangan terkait kata kunci tersebut berhasil menarik atensi warganet sebanyak kurang lebih 1.254 akun. Topik ini bahkan mampu menjangkau hingga 37,2 juta akun.

    Gambar 1 Statistik Perbincangan di Twitter

    Dalam periode pemantauan sepekan terakhir, yakni 16-23 Desember 2022, puncak perbincangan terjadi pada tanggal 20 Desember 2022. Perbincangan ini memuncak lantaran warganet ‘miskom’ perihal majalah Bobo versi mana yang telah diberhentikan penerbitannya.

    Gambar 2 Grafik Peak Time dan Sentiment Trend

    Jika diamati, intensitas perbincangan soal majalah Bobo mulai naik pada 17 Desember 2022. Hal ini terkait adanya informasi bahwa majalah Bobo tersedia pada menu salah satu brand handphone, merek Samsung. Warganet, khususnya pecinta Bobo pun ‘sumringah’ mengetahui hal tersebut.

    Gambar 3 Twit @convomf

    Informasi ini pertama kali diunggah oleh akun @convomf pada 17 Desember 2022. Dalam twitnya, Convomf menyebutkan bahwa majalah Bobo dapat diakses secara gratis melalui aplikasi bawaan handphone Samsung “S Lime”. Pengumuman ini pun lantas mendapat ribuan impresi dari warganet. Tak sedikit warganet yang merasa senang akan kehadiran fitur tersebut. Namun, banyak juga warganet yang ternyata belum tau jika fitur tersebut dapat digunakan untuk mengakses Bobo secara gratis.

    Gambar 4 Sampel Twit
    Gambar 5 Sampel Twit

    Tak berselang lama mendapat kabar gembira tersebut, warganet kini justru mendapat berita menyedihkan lantaran majalah Bobo Junior akan diberhentikan mulai Desember tahun ini. Pemberitahuan ini diunggah oleh akun @txtdaribrand pada 18 Desember 2022. Dalam unggahan tersebut txtdaribrand memberitahukan bahwa beberapa majalah KG Media akan discontinue pada tahun ini.

    Gambar 6 Twit @txtfrombrand

    Alhasil, banyak warganet yang merasa bersedih karena ditinggalkan oleh majalah favoritnya semasa kecil. Tak sedikit warganet yang berbagi kenangan masa kecilnya di saat dapat menikmati majalah tersebut. Bahkan ada juga warganet yang membagikan kisah harunya bersama Bobo lantaran harga majalah ini dinilai ‘ekslusif’ pada masanya sehingga hanya bisa dibeli oleh kalangan ekonomi menengah ke atas.

    Gambar 7 Sampel Twit
    Gambar 8 Sampel Twit

    Kumpulan Top Words pada topik ini pun dihiasi oleh kosakata yang berbau nostalgia, seperti kenangan, dulu, waktu, inget, menemani, dan lain sebagainya. Kata-kata tersebut mewakili perasaan warganet yang turut mengenang majalah yang sempat menemani di waktu masa anak-anak.

    Gambar 9 Jajaran Top Words

    Beberapa warganet berbagi kisah masa kecilnya bersama majalah Bobo dengan mengunggah foto majalah ini. Tak sedikit warganet yang justru hafal pada setiap bagian dari majalah ini. Mereka merasa senang karena bisa menikmati majalah tersebut dan menyayangkan anak zaman sekarang yang justru lebih suka menikmati hiburan digital (YouTube) dibandingkan dengan buku bergambar, seperti majalah Bobo Junior ini.

    Ramai diisukan berhenti terbit, ternyata banyak warganet yang salah persepsi terkait majalah Bobo versi mana yang diberhentikan edarannya. Tanggal 20 topik ini kembali memuncak setelah warganet mengetahui bahwa Bobo versi Junior-lah yang telah diberhentikan peredarannya. Kurang lebih 28 tahun menemani masa kecil anak Indonesia, kini Bobo Junior resmi berpamitan. Namun, Bobo untuk anak usia SD masih terbit seperti biasa.

    Gambar 12 Sampel Twit
    Gambar 13 Sampel Twit

    Topik ini pun kembali menjadi perbincangan lantaran akun menfess membagikan twit yang mempertanyakan hal tersebut dengan disertai gambar majalah Bobo bukan versi Junior. Hasilnya, tak sedikit warganet yang turut memberikan klarifikasi jika yang berhenti terbit bukanlah majalah Bobo versi tersebut.

    Kesalahan warganet dalam memahami isu pemberhentian terbit majalah Bobo Junior menjadikan topik Bobo sempat naik karena banyak warganet yang sedih dan bernostalgia.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 16-22 Desember 2022

    Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 16-22 Desember 2022

    Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi pada 14 Desember 2022 lalu, Netray menghilangkan Partai Ummat dari pemantauan dan memasukkan Partau Buruh dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN) dalam pemantauan terbaru.

    Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 16-22 Desember 2022. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berhasil menyalip Partai Nasdem yang selama beberapa periode berturut konsisten di urutan 1. Meski demikian, Partai Nasdem masih unggul di media pemberitaan. Nasdem hanya kalah dengan PDI-P di Twitter.

    Dari pantauan Netray, lonjakan penyebutan untuk PDI-P terjadi pada tanggal 21 Desember 2022 bersamaan dengan naiknya topik Puan Maharani di Twitter dalam narasi “Puan Nomor Satu PDIP Tetap Tiga”. Sementara di media pemberitaan, total artikel topik PDI-P masih kalah dengan Nasdem, Golkar, dan Demokrat.

    Di posisi 2-5 diisi oleh Nasdem, Demokrat, PKB dan PKS. Melesatnya penyebutan untuk PDI-P yang sebelumnya di urutan 7 membuat Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS harus turun peringkat dari periode sebelumnya. Hanya PKB yang berhasil naik satu peringkat dari periode sebelumnya.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Infografis: Zulfa M./ Editor: Irwan Syambudi