HomeCurrent ReportMenyimak Artikel Tema Kaleidoskop dari Media Daring Indonesia

Menyimak Artikel Tema Kaleidoskop dari Media Daring Indonesia

Published on

Liputan kilas balik peristiwa, atau yang biasa disebut dengan kaleidoskop menjadi sajian wajib dari media massa luring maupun daring setiap memasuki momentum akhir tahun. Pada akhir tahun 2022, Netray Media Monitoring membuat pemantauan pemberitaan media massa daring untuk menggali bagaimana wajah kaleidoskop yang mengulas peristiwa-peristiwa penting sepanjang tahun.

Pemantauan Netray kali ini memanfaatkan kata kunci ‘kaleidoskop’ yang dilakukan selama hampir satu bulan penuh, yaitu sejak tanggal 1 Desember 2022 hingga 30 Desember 2022. Seperti yang sudah diprediksikan, tak sedikit laporan bertema kaleidoskop yang dibuat media-media daring dalam negeri.

Setidaknya Netray mendapati 1.033 artikel dengan kata kunci telah diterbitkan oleh 93 portal media massa daring. Jika dicermati dengan seksama selama hampir sebulan penuh, intensitas pemberitaan dengan kata kunci kaleidoskop terpantau merangkak naik di akhir bulan. Kuantitas melonjak drastis pada tanggal 26 Desember dan memuncak pada tanggal 28 Desember. 

Gambar 1. Stetistik pemantauan kata kunci kaleidoskop

Trend sentimen menunjukkan bahwa artikel kaleidoskop pada tahun 2022 terpantau cukup berimbang dengan jumlah sentimen positif sedikit lebih unggul.

Gambar 2. Frekuensi dan sentimen pemberitaan kata kunci kaleidoskop

Sejumlah kategori pemberitaan yang menyumbang artikel kaleidoskop terbanyak dari media massa daring di antaranya adalah kategori Law, Finance & Insurance, Entertainment, Government, Sport, Disaster, Automotive, Politic, hingga Religion. Lantas isu apa saja yang meramaikan masing-masing kategori?

Ferdy Sambo dan Robot Trading Jadi Sorotan Utama Kategori Hukum

Isu hukum menjadi isu yang paling banyak menjadi sorotan media massa daring dalam negeri. Terdapat 221 artikel kaleidoskop yang melihat kilas balik isu dan kasus hukum sepanjang tahun 2022. Sebagian besar artikel kaleidoskop tentang hukum memiliki tendensi sentimen negatif. Dari sekian ratus artikel dari media massa, terpantau sebanyak 192 artikel ditulis dengan kecenderungan sentimen negatif. Hanya 15 artikel yang memiliki sentimen positif.

Gambar 3. Frekuensi dan sentimen artikel kaleidoskop kategori hukum

Kasus dugaan pembunuhan yang dilakukan Irjen Pol Ferdy Sambo menjadi kasus hukum yang paling sering diangkat menjadi berita. Kasus ini memberi tamparan yang keras bagi citra kepolisian di Indonesia. Publik masih harus menunggu hasil persidangan ini di tahun 2023 nanti.

Gambar 4. Isu Ferdy Sambo dan Robot Trading jadi sorotan utama

Selanjutnya adalah kasus penipuan berupa investasi bodong melalui robot trading yang tak kalah populer. Kasus yang dilakukan Indra Kenz dan Doni Salmanan tersebut menjadi semakin populer karena melibatkan sejumlah publik figur dalam negeri.

Pernikahan Selebritis Kuasai Kaleidoskop Entertainment

Kategori Entertainment merupakan kategori kedua terbanyak dalam menyumbang sorotan akhir tahun, yakni sejumlah 172 artikel. Kali ini sentimen sedikit didominasi sentimen positif sebanyak 69 artikel. Sedangkan artikel dengan sentimen negatif sebanyak 36 artikel saja.

Gambar 5. Frekuensi dan Trend Sentiment kategori Entertainment

Intensitas penerbitan artikel kaleidoskop untuk kategori hiburan terpantau cukup acak. Meskipun sebagian besar diterbitkan di akhir bulan. Pada tanggal 20 Desember 2022 sempat terjadi lonjakan kuantitas hingga mencapai 18 artikel. Akan tetapi beberapa hari kemudian intensitas ini sempat mereda. Media massa daring kembali mengunggah artikel secara masif pada tanggal 28 Desember 2022 dan memuncak pada tanggal 29 Desember 2022.

Gambar 6. Pernikahan sejumlah selebritis jadi sorotan selama 2022

Berita tentang pernikahan pasangan selebritis menjadi kilas balik yang paling banyak disorot. Setidaknya terdapat sejumlah pesohor yang menikah pada tahun ini. Mulai dari Maudy Ayunda dengan Jesse Choi yang menikah pada bulan Mei, Deddy Corbuzier dengan Sabrina Chairunnisa pada bulan Juni hingga yang terbaru adalah pernikahan putra bungsu presiden Kaesang Pangarep dengan Erina sebagai penutup tahun.

Perang Rusia dan KTT G20 Dominasi Isu Government and Politic

Meskipun berangkat dari ranah yang sama, Netray membagi antara artikel dengan kategori Government dan Politic. Untuk kaleidoskop Government, Netray mendapati sebanyak 114 artikel sementara untuk kategori Politic sebanyak 38 artikel selama periode pemantauan.

Sentimen positif memang masih mendominasi artikel kaleidoskop akan tetapi tidak bisa diabaikan juga keberadaan artikel bersentimen negatif. Pasalnya terdapat 57 artikel dengan sentimen positif untuk kategori Government, sedangkan 38 artikel berisi sentimen negatif.

Gambar 7. Frekuensi dan Trend Sentiment kategori Government

Isu perang Rusia Ukraina tampaknya menjadi wacana yang cukup mendominasi pada kategori ini. Meskipun isu ini tidak terjadi di wilayah Indonesia, dampak dari perang tersebut bisa berpengaruh secara global. Wacana lain yang cukup masif dalam kategori ini adalah saat Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali.

Gambar 8. Perang Rusia Ukraina
Gambar 9. Indonesia sukses jadi tuan rumah KTT G20

Krisis Global dan Ketahanan Ekonomi Indonesia

Salah satu dampak dari situasi global adalah kondisi ekonomi di banyak negara. Media massa daring melakukan peneropongan kembali bagaimana situasi ekonomi dalam negeri selama tahun 2022. Terdapat 112 artikel dari kategori Finance & Insurance yang mengandung kata kunci kaleidoskop.

Gambar 10. Situasi ekonomi global dan dalam negeri

Selain karena perang Rusia Ukraina, menguatnya nilai tukar dolar terhadap sejumlah mata uang dunia ternyata memberi gambaran yang suram terhadap perekonomian sejumlah negara. Meskipun begitu, Indonesia ternyata dianggap cukup bisa bertahan sehingga kaleidoskop tahun ini banyak yang bernada positif.

Terpantau 62 artikel merupakan unggahan dengan sentimen positif. Sementara 20 artikel lainnya mengandung sentimen negatif. Sebagian besar artikel dengan sentimen positif dapat ditemukan pada tanggal 26, 27, dan 29 Desember yang kebetulan juga menjadi puncak dari intensitas pemberitaan.

Gambar 11. Frekuensi dan Trend Sentiment artikel kaleidoskop kategori Finance & Insurance

Kesuksesan MotoGP Mandalika dan Tragedi Kanjuruhan

Dunia olahraga dalam negeri sempat berbangga kala Indonesia sukses menyelenggarakan kejuaraan balap motor MotoGP di sirkuit Mandalika NTB. Kategori Sport meraup setidaknya 102 artikel kaleidoskop karena cukup banyak peristiwa penting pada dunia olahraga sepanjang tahun 2022.

Gambar 12. Topik paling hangat dalam kategori berita

Selain cerita kesuksesan balap MotoGP (Sirkuit Mandalika), berita kemenangan Argentina di Piala Dunia (Stadion Lusail) beberapa waktu yang lalu juga memberi nuansa yang positif. Akan tetapi dunia olahraga di Indonesia juga diliputi topik yang menyedihkan, yaitu tragedi tewasnya ratusan suporter sepakbola di Kanjuruhan, Malang awal bulan Oktober yang lalu (Stadion Kanjuruhan).

Gambar 13. Fasilitas terpopuler representasikan peristiwa penting pada tahun 2022
Gambar 14. Trend Sentiment artikel olahraga

Terdapat 43 artikel yang memiliki sentimen positif bersumber dari peristiwa dan prestasi. Tragedi tewasnya ratusan suporter di Stadion Kanjuruhan mau tak mau memberi sentimen negatif sebanyak 20 artikel pada pemantauan kaleidoskop peristiwa dari media massa daring saat ini.

Bencana Alam Indonesia: Banjir dan Gempa Bumi

Sejumlah bencana besar menghampiri Indonesia pada tahun ini sehingga cukup banyak ditemukan artikel kilas balik tentangnya. Salah satu yang paling besar adalah gempa bumi yang menimpa penduduk Cianjur Jawa Barat. Netray menemukan 53 artikel kaleidoskop dalam kategori Disaster.

Gambar 15. Kejadian bencana yang menimpa Indonesia selama 2022

Sentimen negatif terpantau lebih banyak digunakan media untuk membingkai peristiwa bencana alam di Indonesia pada tahun ini. Setidaknya terdapat 29 artikel jika dibandingkan dengan 10 artikel dengan sentimen positif.

Gambar 16. Frekuensi dan Trend Sentimen kategori Disaster

Bencana banjir meskipun selalu terjadi setiap musim hujan juga masih menjadi fokus kaleidoskop tahun 2022. Selain melanda wilayah DKI Jakarta, bencana banjir juga dirasakan warga Tangerang, Semarang, Majalengka, hingga Sumatera Utara.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: