HomeAnalisisAnalisis: Kata Netizen Tentang Debat Keempat Pilpres 2019

Analisis: Kata Netizen Tentang Debat Keempat Pilpres 2019

Published on

Analisis Debat Berdasarkan Percakapan Netizen di Twitter

Debat keempat pilpres 2019 ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Masyarakat luas memberikan komentar mereka melalui Twitter. Data itulah yang diserap sehingga diperoleh frekuensi aktif pengguna pada saat membahas debat pilpres, topik debat pilpres, dan jaringan percakapan.

Berikut gambar frekuensi percakapan pengguna Twitter dengan rentang keseluruhan pengambilan data pukul 19.00 – 24.00 kemudian terlihat puncak frekuensinya pukul 21.00 – 22.00 dan seterusnya fokus pengambilan data pada pukul tersebut.

Gambar 7. Frekuensi Percakapan di Twitter

Gambar 7. terlihat bahwa puncak tertinggi penggunaan twitter terjadi pada pukul 21.00 – 22.00 grafik frekuensi sangat fkultuatif. Hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa puncak bahasan netizen paling banyak dan beragam terjadi diantara pukul 21.00 – 22.00. Data yang dapat diambil sangat banyak dan beragam diantara pukul tersebut.

Berikut ialah gambar jumlah keseluruhan hasil tweet netizen untuk kedua paslon capres dan cawapres pilpres 2019.

Gambar 8. Jumlah Tweet Kedua Paslon Capres – Cawapres Pilpres 2019

Berdasarkan pada gambar 8. terlihat bahwa jumlah tweet netizen dengan rentang pengambilan data pukul 21.00 – 22.00 berkisar 300.000 tweet. Pembahasan topik Prabowo – Sandi lebih banyak diperbincangkan oleh pengguna twitter daripada topik pembahasan Jokowi – Ma’ruf. Jumlah cuitan untuk pasangan capres – cawapres Prabowo – Sandi berkisar pada angka 180.000. Sedangkan jumlah cuitan pasangan capres – cawapres Jokowi – Ma’ruf berkisar di angka 130.000.

Berikut topik percakapan netizen di twitter pada pukul 21.00 – 22.00

Gambar 9. Topik Percakapan Jokowi – Prabowo di Twitter

Pada gambar 9. terlihat apabila perseberan sentimen percakapan netizen itu merata. Dalam beberapa topik netizen mempunyai sentimen negatif, positif maupun netral. Namun mayoritas didominasi dengan sentimen negatif.

Berikut gambar persebaran jaringan percakapan pengguna twitter

Berdasarkan gambar 10. tersebut terlihat bahwa jaringan percakapan Prabowo dan Jokowi mendominasi, namun tetap lebih sering membahas Prabowo. Beberapa pengguna twitter dari jaringan percakapan tersebut ialah pengguna twitter pendukung prabowo. Akun sandiuno, CakKhum, zarazettirazr, Fadlizon, dan Gerindra ternyata mempengaruhi jaringan percakapan twitter. Sedangkan akun habibthink, detik.com, dan MataNajwa ternyata mempunyai pengaruh bersar terhadap jaringan percakapan debat keempat pilpres di Twitter.

Berikut gambar map size dari percakapan netizen di twitter

Gambar 11 Map Size Percakapan Netizen

Gambar 11. menjelaskan apabila topik percakapan netizen terfokus hanya pada kedua capres, dengan pembahasan mengenai debat keempat. Beberapa hal terlihat dalam lingkaran map size paling besar mengarah pada capres 01 dan 02. Masih sama seperti jaringan percakapan beberapa akun pengguna twitter seperti fadlizon masih mendominasi persebaran topik bahasan dalam map size. Lingkaran lain diluar lingakaran utama juga didominasi oleh topik bahasan debat capres, namun bahasan fitur capres 02 masih mendominasi.

Kesimpulan

Media peliput detik, liputan 6, dan Antara news sentimen didominasi dengan sentimen positif. Topik pembahasan dan percakapan debat keempat pilpres 2019 untuk capres Jokowi dan Prabowo dipenuhi sentimen positif dan netaral dengan sedikit menipisnya sentimen negatif. Puncak persebaran di Twitter didominasi dengan pengguna twitter pendukung prabowo. Oleh sebab itu, jaringan percakapan, frekuensi Prabowo lebih unggul daripada Jokowi.


More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: