HomeAnalisisAnalisis: Kata Netizen Tentang Debat Keempat Pilpres 2019

Analisis: Kata Netizen Tentang Debat Keempat Pilpres 2019

Published on

Analisis News dari Media Peliput Detik, Liputan 6, dan Antara

Melanjutkan topik perdebatan yang dibahas dalam debat ketiga pilpres 2019 masih berhubungan dengan pembahasan dalam debat keempat pilpres 2019. Kedua capres masih membawa nuansa-nuansa debat ketiga ke dalam debat keempat. Namun pada pembahasan kali ini tidak mengulas tema perdebatan. Pembahasan kali ini lebih menekankan pada persebaran komentar netizen di media sosial twitter dan news pada rentang pengambilan data pukul 19.00 – 24.00 . Berdasar pada data yang telah diperoleh akan disaring percakapan dengan grafik tertinggi dan jaringan percakapannya. Kemudian akan terlihat sentimen positif dan negatif untuk kedua capres dari masing-masing media peliput.

Berikut gambar data news jumlah topik untuk masing-masing pasangan capres – cawapres yang dibahas netizen dengan rentang pengambilan data pukul 19.00 – 24.00 kemudian pengambilan data terfokus pada pukul 21.00 – 22.00.

Gambar 1. Jumlah News Kedua Pasangan Capres – Cawapres Pilpres 2019

Pada gambar 1. terlihat bahwa jumlah news kedua pasangan capres – cawapres pada debat keempat hampir seimbang, hanya selisih sedikit antara kedua pasangan. Namun tetap pasangan nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf lebih unggul dibandingkan lawannya pasangan nomor urut 02 Prabowo – Sandi. Rentang jumlah news angka kedua pasangan berada pada sekitar angka 800an dengan total news kisaran angka 1600an.

Berikut gambar data frekuensi persebaran news topik kedua pasangan capres – cawapres dengan rentang pengambilan data pukul 19.00 – 24.00.

Gambar 2. Frekuensi Persebaran News

Pada gambar 2 terlihat frekuensi persebaran news topik debat pilpres 2019 puncak frekuensi news pukul 21.00 – 22.00. Berdasarkan pada puncak frekuensi maka pengambilan data terfokus pukul tersebut. Gambar selanjutnya memperlihatkan diagram beberapa media peliput debat capres pilpres 2019.

Pada gambar 3. terlihat bahwa media peliput debat pilpres 2019 terbanyak ialah Detik, Liputan 6, dan Antara. Ketiga media peliput tersebut bisa dikatakan media yang paling aktif mengulas berita mengenai pilpres 2019.

  1. ANTARA NEWS

Berikut gambar data sentimen news Antara dengan fokus pengambilan data pukul 20.00 – 22.00.

Gambar 4. Sentimen News Antara

Berdasar pada gambar 4., news sentimen dari media Antara mengenai debat keempat pilpres 2019 didominasi dengan sentimen positif. Rinciannya sentimen positif berada di kisaran angka 40an, sentimen netral berada di kisaran angka 20an, dan sentimen negatif paling sedikit di kisaran angka kurang dari 10.

2. DETIK NEWS

Berikut gambar data sentimen news Detik dengan fokus pengambilan data pukul 20.00 – 22.00.

Gambar 5. Sentimen News Detik

Berdasarkan gambar 5. news sentimen media Detik mengenai debat keempat pilpres 2019 didominasi dengan sentimen positif. Berbeda dengan Antara, jumlah news Detik lebih banyak. Rinciannya sentimen positif berada di kisaran angka 60an, sentimen netral berada di kisaran angka 20an, dan sentimen negatif di kisaran angka 30an. Meskipun didominasi sentimen positifnya tetapi sentimen negatif juga menginjak angka yang lumayan tinggi.

3. LIPUTAN 6 NEWS

Berikut gambar data sentimen news Liputan 6 dengan fokus pengambilan data pukul 20.00 – 22.00.

Gambar 6. Sentimen News Liputan 6

Pada gambar 6. sentimen news Liputan 6 mengenai debat keempat pilpres 2019 didominasi dengan sentimen positif. Hal tersebut sama seperti dua media peliput sebelumnya, hanya saja Liputan 6 memiliki sentimen negatif paling sedikit. Rinciannya sentimen positif berada di kisaran angka 50an, sentimen netral berada di kisaran angka 15an, dan sentimen negatif di kisaran angka 5.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: