HomeCurrent ReportTingkah Absurd Aldi Taher Saat Live di tvOne Kembali Jadi Bahan Lelucon

Tingkah Absurd Aldi Taher Saat Live di tvOne Kembali Jadi Bahan Lelucon

Published on

Aldi Taher kembali menjadi perbincangan publik terkait pencalonannya sebagai anggota DPR untuk Pemilu 2024 melalui dua partai. Tak sampai disitu, kehebohan warganet berlanjut setelah viral momen dirinya bernyanyi saat wawancara berlangsung di sebuah stasiun televisi swasta hingga jawaban kocaknya ketika ditanya alasan maju dari dua partai sekaligus.

Merespons kejadian ini warganet pun ramai-ramai berkomentar sehingga namanya sempat trending di Twitter dan menjadi sorotan media pemberitaan selama 5 hari terakhir. Aksinya yang dinilai ‘nyeleneh’ tersebut membuat mantan suami Dewi Persik ini semakin populer meski dengan sentimen negatif yang mendominasi. Momen ini mengingatkan pada aksi serupa Aldi jelang Pilkada 2020 lalu.

Netray memantau pembahasan topik Aldi Taher di kanal Twitter dan News sejak 25 Mei 2023 sampai dengan 29 Mei 2023. Dengan menggunakan kata kunci aldi taher berikut hasil pengamatan Netray.

aldi taher
Gambar 1. Statistik Report

Di media pemberitaan terdapat 133 artikel terkait Aldi Taher yang berasal dari 53 portal media online. Dari 133 artikel tersebut 68 artikel di antaranya berkategori entertainment dan 61 di antaranya berkategori politik. Hal ini menunjukkan bahwa latar belakang Aldi Taher sebagai seorang entertain tidak dapat dilepaskan dari pemberitaan topik ini meskipun isu yang dimuat sedikit banyak bersinggungan dengan latar belakang politiknya.

Selama periode pemantauan tampak intensitas pembahasan media mengalami peningkatan pada 26 Mei 2023 sebagaimana tampak pada gambar berikut.

Gambar 2. Intensitas pemberitaan

Kemunculan kata kunci Aldi Taher dalam media pemberitaan online tampak sejak awal periode pemantauan. Namun, puncak pemberitaan terjadi pada 26 Mei 2023 dan berangsur menurun hingga 29 Mei 2023. Dari 133 artikel yang dimuat oleh berbagai portal media 57 di antaranya bersentimen negatif dan 38 bersentimen positif. Berikut berbagai kosakata populer yang kerap muncul dalam artikel terkait Aldi Taher.

Gambar 3. Kosakata yang paling banyak muncul dalam artikel soal Aldi Taher

Selain nama Aldi Taher terdapat berbagai kosakata yang turut mengiringi pembahasan terkait dirinya, seperti wawancara, bingung, coldplay, presenter, warganet, hingga partai perindo. Kemunculan berbagai kosakata tersebut disebabkan oleh berbagai aksi Aldi Taher yang cukup mengherankan jagat maya. Berikut beberapa artikel yang dimuat oleh media berita online.

Gambar 4. Artikel terkait Aldi Taher

Pada 25 Mei 2023 Aldi Taher menjadi topik pemberitaan usai dirinya membuat bingung Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di Pemilu 2024 mendatang melalui dua partai, yakni Perindo dan Partai Bulan Bintang (PBB). Aldi Taher diketahui maju sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari PPB dan anggota DPR dari Perindo.

Setelah diklarifikasi, ternyata ia telah memutuskan mengundurkan diri dari PBB dan resmi maju dari Partai Perindo. Tak sampai disitu, aksi kocak Aldi berlanjut ketika diwawancara terkait pendaftarannya sebagai bakal calon legislatif tersebut.

Gambar 5. Artikel terkait Aldi Taher

Keramaian ini pun bermula saat video live wawancara Aldi Taher bersama tvOne tersebar di jagat maya. Dalam video itu, Aldi Taher memulai menyapa pemirsa dengan mengucapkan salam dan setelah itu ia menyanyikan lagu “Yellow” yang dipopulerkan oleh Coldplay. Kemudian Aldi Taher juga sukses membuat warganet terhibur ketika ditanya mengenai alasannya maju sebagai caleg dari dua partai sekaligus, PBB dan Perindo.

“Kalau ditanya kenapa, saya juga bingung mbak. Jujur mbak,” kata Aldi Taher yang dikutip melalui AyoJakarta.com pada jumat (26/5). Selanjutnya ketika ditanya alasannya mau jadi calon wakil rakyat, Aldi Taher kembali memberikan jawaban nyeleneh.

“Bang Aldi kalau bingung sama diri sendiri, gimana nanti kalau kepilih jadi wakil rakyat bingung juga sama rakyatnya?” tanya hostnya.

“Memang mbak enggak bingung? Semua manusia di bumi ini bingung, nanti enggak bingung kalau udah di surga,” kata Aldi Taher secara blakblakan.

“Astaghfirullah,” lanjut host seraya tertawa dengan jawabannya.

Aksi ‘Nyeleneh’ Aldi Taher Jadi Bahan Lelucon Warga Twitter

Aksi ‘nyeleneh’ dari mantan pesinetron ini pun sempat menjadi trending topik Twitter pada Jumat 26/5/2023. Merespons kejadian ini warganet pun ramai-ramai memberi tanggapan. Dengan periode dan kata kunci yang sama Netray menemukan setidaknya 38,5 cuitan warganet yang menyebut Aldi Taher.

Gambar 5. Statistik report Twitter

Dari 38,5 ribu cuitan tersebut 15,9 ribu di antaranya bersentimen negatif. Topik ini pun mendapat 320,4 juta impresi warganet dan berpotensi menjangkau hingga 109 juta akun pengguna Twitter. Berikut berbagai kosakata yang kerap muncul dalam reaksi warganet terhadap Aldi Taher.

Gambar 6. Kosakata Populer

Dalam merespons aksi kocak Aldi Taher, Netray menemukan berbagai kata yang populer, seperti gila, stress, caleg, bingung, wawancara, tvone, hingga coldplay. Kemunculan kata gila dan stress menjadi kata bersentimen negatif yang mengiringi perbincangan warganet terhadap Aldi Taher. Selain itu, intensitas warganet pun diketahui meningkat signifikan usai wawancara dilakukan oleh tvOne sebagaimana dapat diamati melalui grafik berikut.

Gambar 6. Grafik intensitas perbincangan warganet

Perbincangan terkait aksi Aldi Taher ini terus berlanjut hingga 30 Mei 2023 meski secara keseluruhan perbincangan tersebut didominasi oleh sentimen negatif. Berikut beberapa cuitan populer warganet kala menanggapi tingkah kocak Aldi.

Gambar 7. Ragam komentar warganet

Di Twitter, pemantik perbincangan ini dimulai dari salah satu cuitan terpopuler yang diunggah oleh akun @vaneeaye yang mereka ulang tingkah laku Aldi Taher saat wawancara berlangsung. Atas hal ini beberapa warganet menilai aksi Aldi Taher tersebut cukup nyeleneh sehingga melabelinya tidak waras. Namun, tidak sedikit juga warganet yang meresponsnya dengan candaan sarkas, seperti halnya pada cuitan berikut.

Gambar 8. Ragam komentar warganet

Kemunculan Aldi Taher dengan segala aksinya selalu mampu membuat warganet geleng-geleng kepala. Warganet menilai aksinya cukup menghibur meski kerap membuat bingung berbagai pihak. Berikut berbagai akun dan portal populer dalam topik perbincangan terkait Aldi Taher selama periode pantauan Netray.

Gambar 9. Akun dan Portal populer

Akun @vaneeaye menjadi akun dengan impresi atau reaksi terbanyak dari warganet. Sebagaimana tampak pada Gambar 7, akunnya turut menjadi salah satu akun dengan cuitan terpopuler terkait Aldi Taher. Kemudian, pada kategori Top Portal tampak Ayo Jakarta menjadi portal dengan artikel terbanyak selama pemantauan.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: