HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres-Cawapres Pilpres 2019: 7-13 Januari 2019

Laporan Mingguan Capres-Cawapres Pilpres 2019: 7-13 Januari 2019

Published on

SOCIAL SENTIMENT ANALYSIS

Di media sosial (Twitter, Facebook dan Instagram), mentions untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin didominasi oleh mentions bersentimen negatif, yaitu sebanyak 58.413 dari total 133.881 mentions. Puncak pemberitaan di sosial media untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin terjadi pada 7 Januari 2019, yaitu sebanyak 36.107 mentions dengan 6.863 di antaranya adalah mentions positif dan 16.348 di antaranya adalah mentions negatif. Pada tanggal tersebut, hashtags dengan sentimen positif yang paling banyak muncul adalah #01JokowiPresiden dengan dominasi oleh warganet Twitter. Sementara hastags bersentimen negatif yang dominan muncul adalah #KPUWasitRasaTimses. Hastags tersebut muncul sebagai reaksi warganet yang menganggap KPU tidak netral atau lebih condong ke salah satu oposisi.

Di media sosial, mentions untuk topik Prabowo – Sandiaga juga didominasi oleh berita bersentimen negatif sebanyak 44.062 total mentions. Hashtags yang mendominasi selama minggu kedua Januari 2019 adalah #2019PrabowoPresidenRI yang mencapai 1.124 mentions oleh warganet Twitter, Facebook dan Instagram. Puncak mentions untuk topik Prabowo – Sandiaga terjadi pada 7 Januari 2019, yaitu sebanyak 28.513 mentions dengan 8.221 di antaranya adalah mentions positif dan 13.510 adalah mentions negatif. Pada tanggal tersebut, hashtags bersentimen positif yang mendominasi adalah #PrabowoSandi. Sementara hashtags bersentimen negatif yang mendominasi adalah #PrabowoTakutTesNgaji yang dominan muncul di Twitter dan Facebook.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: