HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 15 – 22 Mei 2019

Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 15 – 22 Mei 2019

Published on

Hasil Pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” pada minggu ketiga Mei 2019 menunjukkan Joko Widodo selaku Petahana masih menjadi Media Darling dengan perolehan persentase lebih tinggi pada pemberitaan online maupun komentar. Sedangkan Prabowo mendominasi media sosial dengan persentase 57,3% dan Jokowi 42,7%.

Pada minggu ini Ma’ruf Amin sebagai pasangan dari Joko Widodo masih belum masuk ke dalam kategori top person. Akan tetapi, pada minggu ini muncul nama baru, yakni Bambang Widjojanto yang masuk dalam top person topik Prabowo-Sandiaga. Nama Bambang Widjojanto kemudian mencuat kembali setelah Tim Prabowo menggaetnya untuk memenangkan kasus sengketa pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi.

Pemberitaan di media berita online untuk kedua topik didominasi oleh sentimen positif dan netral, masing-masing yaitu 40,4% untuk berita positif Jokowi-Ma’ruf dan 44,3% untuk berita netral Prabowo-Sandiaga. Sementara di media sosial, pembicaraan terkait kedua topik justru didominasi oleh sentimen negatif sebesar 48,4% untuk Jokowi-Ma’ruf dan sebesar 44,0%  untuk Prabowo-Sandiaga dari total pemberitaan untuk masing-masing topik.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: