Media online detik.com, kompas.com, dan merdeka.com masuk ke dalam Top 5 media yang paling banyak memberitakan kedua topik. Namun, antara.com dan jawaposnationalnetwork.com hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Jokowi-Ma’ruf Amin. Sedangkan tempo.co dan merdeka.com hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Prabowo-Sandiaga.
Jelang Pilpres 17 April 2019, berita seputar survei elektabilitas dan kampanye terbuka kedua paslon mendominasi pemberitaan di media online untuk kedua topik. Survei elektabilitas sejauh ini masih mengunggulkan Jokowi-Ma’ruf menjadi top isu yang paling banyak dibicarakan sekaligus menyumbang sentimen positif untuk topik Jokowi-Ma’ruf. Di sisi lain, Kampanye akbar Prabowo juga mampu mendominasi top isu general dan memberikan sentimen positif untuk Prabowo-Sandiaga. Meski demikian, isu terkait Polri yang tidak netral atau condong ke paslon 01 serta pemberitaan terkait sikap Prabowo yang emosional menjadi isu yang banyak memberikan sentimen negatif untuk masing-masing topik.
Di media sosial, tagar yang marak digunakan adalah #JokowiMajuPrabowoMunjur dan #KitongPapuaCoblosJokowi dengan muatan positif sebagai bukti dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Sementara #PrabowoMenyapaJateng dan #sandiagauno merupakan tagar bermuatan positif untuk Prabowo-Sandiaga. Di sisi lain, akun yang paling banyak membicarakan Jokowi-Ma’ruf di Twitter adalah @FaGtng dengan sentimen positif. Sedangkan akun yang paling banyak membicarakan Prabowo-Sandiaga adalah @PadiOyan dengan sentimen positif.