Home

  • Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

    Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

    Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay. 

    Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.

    Cara Berlangganan Netray

    1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register

    2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

    3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.

    4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

    5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

    7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.

    8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

    9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.

    11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

    Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.

    Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.

  • Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

    Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

    Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.

    1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

    2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

    3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

    5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.

    6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.

    Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.

    7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.

    8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

    Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.

    Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)

    1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

    Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keywordpsbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).

    2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.

    Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?

    Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.

    Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?

    1. Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
    2. Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
    3. Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
    4. Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
    5. Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
    6. Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
    7. Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
    8. Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.

  • Ancaman Krisis Pangan yang Belum Reda

    Ancaman Krisis Pangan yang Belum Reda

    Isu krisis pangan mencuat dalam beberapa waktu terakhir akibat pandemi Covid-19, perang dan masalah lingkungan. Indeks harga pangan (IHP) dunia melonjak mencapai angka tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Negara-negara di dunia termasuk Indonesia menghadapi ancaman serius yakni krisis pangan.

    Dalam 20 tahun terakhir IHP tertinggi terjadi pada 2011 yakni pada 131,9. Setelah itu IHP dunia berkisar 91,9 sampai 122,8. Namun pada 2021 angka melonjak menjadi 125,7.

    Sejak perang Rusia dan Ukraina berkecamuk, dimulainya invasi Rusia terhadap Ukraina pada Maret 2022 IHP dunia mulai terkerek. Namun IHP dunia sejak akhir 2021 memang mulai melonjak hingga Agustus 2022. Bahkan jika dilihat pergerakannya per bulan angkanya tak pernah lagi di bawah 125. Pada Maret 2022 IHP dunia bahkan mencapai 159,7.

    Hingga Juni 2022 IHP dunia selalu di atas 150, kemudian berangsur turun di bulan Juli 140,7 dan Agustus 138. Meski berangsur turun,  namun laporan terbaru Economist Impact yang  dipublikasikan 20 September 2022 menyebut bahwa dunia masih dalam situasi berbahaya di tengah meroketnya harga pangan yang dapat meningkatkan angka kelaparan.

    Economist Impact membuat pemeringkatan indeks ketahanan pangan (IKP) 113 negara di dunia berdasarkan 64 indikator termasuk di antaranya terkait keterjangkauan, ketersediaan dan kualitas pasokan makanan, serta keberlanjutan dan adaptasi. Dari 113 negara peringkat pertama atau negara dengan IKP terbaik adalah Finlandia dengan skor sebesar 83,7. Kemudian negara terbawah adalah Syria yang memiliki skor IKP 36,3.

    Dimana Posisi Indonesia?

    Indonesia berada di tengah-tengah dalam daftar 113 negara, tepatnya di posisi 63 dengan skor IKP 60,2. Artinya IKP Indonesia dapat dikatakan tidak terlalu buruk, namun tidak juga dapat dikatakan dalam kondisi yang baik di tingkat global.

    Namun jika dilihat berdasarkan tingkat regional Asia Tenggara (Asean) posisi Indonesia berada di posisi 4 di antara negara Asean lainnya. Indonesia di bawah Singapura yang berada di urutan 28 global dengan level indeks sebesar 73,1, Malaysia dan Vietnam.

    Pada 2022 ini Indonesia mengalami kemajuan setelah sebelumnya berada di urutan 69 dengan total indeks sebesar 59,2. Skor indeks ketahanan pangan Indonesia sempat mengalami penurunan di tahun 2021 sebesar 3,58%. Namun, pada tahun ini skor IKP mengalami peningkatan dengan adanya peningkatan skor di salah satu pilar yang dijadikan sebagai indikator penilaian.
    Economist Impact mengukur nilai ketahanan pangan sebuah negara dengan empat indikator utama, yakni keterjangkauan harga pangan (affordability), ketersediaan pasokan (availability), kualitas dan keamanan pangan (quality and safety), dan ketahanan SDA (Sustainability and Adaptation). Dari keempat indikator tersebut, Indonesia memiliki nilai terlemah pada availability yang berada di urutan 84 dari 113 negara dengan nilai 50,9. Sedangkan terkait affordability, Indonesia menduduki peringkat ke 44 dengan total skor 81,4. 
    Indonesia memiliki keunggulan dalam memastikan makanan yang terjangkau bagi konsumen. Peningkatan skor pada indikator ini (+12,4) menjadikan Indonesia masuk ke dalam klasifikasi ‘very good’ yang mana sebelumnya hanya sebatas ‘moderate’ sejak 2012. 

    Peningkatan skor terbesar pada indikator keterjangkauan harga pangan didorong oleh penilaian atas dua hal, yakni perubahan biaya makanan rata-rata dan proporsi penduduk di bawah garis kemiskinan secara global. Keduanya mendapati peningkatan skor masing-masing 30 dan 26,6

    Sedangkan indikator availability dan sustainability and adaptation masih tergolong ke dalam kategori lemah dengan total skor masing-masing, yakni 50,9 dan 46,3. Dari kedua indikator ini terlihat bahwa Indonesia masih memiliki kekurangan pada penyediaan akses, riset, dan pengembangan agricultural, serta kecukupan pasokan.
    Gambar 1. Detail skor indikator indeks ketahanan pangan Indonesia

    IKP dalam Laporan Badan Ketahanan Pangan 2021

    Jika secara global IKP Indonesia dalam kategori ‘moderate’ atau sedang, maka bagaimana dengan IKP di setiap wilayah Indonesia? Mengacu pada laporan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian 2021, terdapat 2 wilayah yang masih memiliki skor IKP yang rendah. Kedua wilayah tersebut ialah Papua dan Papua Barat dengan total skor masing-masing yakni 35,48 dan 46,05. 

    Sedangkan wilayah yang termasuk ke dalam kategori ‘sangat tahan’ dengan skor IKP lebih dari 74,40 yakni sebanyak 17 provinsi. Tiga wilayah dengan capaian skor tertinggi ialah Bali (83,82), Jawa Tengah (82,73), dan D.I. Yogyakarta (81,43). 

    Gambar 2. Peta ketahanan pangan berdasarkan daerah di Indonesia

    IKP & Krisis Pangan dalam Pemberitaan Media

    Untuk mengetahui pemberitaan terkait ketahanan pangan di Indonesia, Netray melakukan pemantauan dengan menggunakan kata kunci ‘ketahanan pangan’. Hasilnya, dalam periode pemantauan 16-22 September 2022 Netray berhasil menghimpun 594 artikel yang menggunakan kata kunci tersebut. Dalam sepekan pemantauan, kata kunci tersebut diberitakan oleh 98 media massa. Topik pemberitaan ini didominasi oleh kategori 53% government dan 22% finance & insurance.

    Gambar 3. Statistik pemberitaan soal indeks ketahanan pangan Indonesia

    Kata kunci tersebut banyak dicatut pemberitaan terkait pasokan atau ketersediaan beras. Selain itu, dalam menghadapi tantangan dunia yakni krisis pangan pemberitaan terkait upaya-upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan menjadi sorotan media. 

    Gambar 4. Peta isu pemberitanan soal indeks ketahanan pangan Indonesia

    Meski mendapat skor dalam kategori ‘weak’ pada pilar availability, namun pemberitaan terkait ketersediaan pasokan pangan di Indonesia justru menunjukkan sisi positifnya. 

    Seperti yang diberitakan oleh media Republika, berdasarkan laporan Badan Pangan Nasional (NFA) hingga saat ini pasokan pangan pokok secara nasional masih dalam kondisi surplus. Menurut Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi komoditas yang mengalami surplus hingga Desember 2022 antara lain beras sebanyak 7,5 juta ton, jagung 2,8 juta ton, dan kedelai 250 ribu ton. Kemudian, bawang merah surplus 236 ribu ton, bawang putih 239 ribu ton, cabai besar 53 ribu ton, serta cabai rawit 72 ribu ton.

    Gambar 5. Sampel pemberitaan

    Pasokan pangan Indonesia yang diberitakan aman dari ancaman krisis global ternyata tidak menyurutkan upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan Indonesia. Wamen BUMN 1 Pahala Nugraha Mansury menyatakan bahwa akan mendorong BUMN untuk melakukan inovasi dan transformasi dalam meningkatkan kapasitas produksi. 

    Selain itu, Menteri Pertanian Yasin Limpo mengajak berbagai pihak untuk mengakselerasi ketahanan pangan nasional dengan pangan lokal. Salah satu caranya ialah dengan mengembangkan dan menggunakan sorgum sebagai alternatif penggunaan tepung terigu yang terbuat dari gandum.

    Gambar 6. Sampel pemberitaan

    Krisis Pangan Jadi Perhatian

    Krisis pangan masih menjadi kekhawatiran global, khususnya bagi negara-negara yang memiliki IKP rendah. Indonesia memang memiliki IKP tak terlalu buruk, namun ada pada indikator Sustainability and Adaptation perlu menjadi perhatian khusus. Sebab pada Indikator ini Indonesia menempati urutan 83 secara global dan urutan 15 di regional Asia. Economist Impact mengkategorikan Indonesia sangat lemah dalam ketegori ini.

    Oleh karena itu Economist Impact menyebut bahwa Indonesia perlu peningkatan dalam hal menyediakan makanan yang lebih aman dan berkualitas lebih tinggi kepada masyarakat dengan meningkatkan keragaman makanan dan berkembang di seluruh negeri standar dan pedoman gizi.

    Namun dalam pantauan pemberitaan, pemerintah cenderung menonjolkan soal stok pangan yang memang berdasarkan data Economist Impact memiliki skor yang baik. Sedangkan dalam hal Sustainability and Adaptation tak banyak yang diberitakan, hanya beberapa langkah yang disampaikan seperti kampanye konsumsi sorgum sebagai substitusi bahan pangan pokok.

    Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 16-22 September 2022

    Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 16-22 September 2022

    Berdasarkan pantauan Netray nama AHY, Anies Baswedan, dan Erick Thohir menjadi 3 besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 16 sd 22 September 2022. Seperti yang terjadi pada periode sebelumnya, ketiga nama tersebut memang konsisten mengisi tiga besar untuk kategori tokoh politik paling banyak disebut.

    Jika pada pekan lalu Anies yang mengisi urutan satu, kini giliran AHY yang naik peringkat satu setelah kemarin berhasil merebut posisi 2 dari Erick Thohir. Popularitas AHY memang tengah naik signifikan pada beberapa pekan terakhir, terutama dipicu oleh derasnya perbincangan topik AHY di Twitter yang mencapai 125 ribu twit. Jumlah ini paling tinggi di antara tokoh lain yang masih di bawah 50 ribu twit.

    Selain itu, Agus Harimurti Yudhoyono juga unggul di Youtube. Akan tetapi, untuk tingkat kemerataan atau porsi popularitas di semua kategori, AHY masih di bawah Anies. Sebab, Anies selalu konsisten masuk 2 besar tokoh politik terpopuler di semua channel media.

    Sementara itu, posisi 4 dan 5 diisi oleh Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Menariknya, meskipun jumlah penyebutan keduanya lebih sedikit dibandingkan Erick, tingkat popularitas keduanya lebih merata ketimbang Erick. Sebab Puan dan Ganjar selalu masuk 5 besar tokoh politik paling banyak disebut di semua channel media, sedangkan Erick hanya tembus 5 besar di Twitter dan Instagram.

    Infografik: Alvito Madista/ Editor: Irwan Syambudi

  • Anomali Lonjakan Angka Kematian Ibu Saat Pelayanan Kesehatan Membaik

    Anomali Lonjakan Angka Kematian Ibu Saat Pelayanan Kesehatan Membaik

    Pandemi Covid-19 menciptakan anomali angka kematian ibu yang melonjak pada 2021. Padahal persentase pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil sepanjang tahun itu mengalami peningkatan. 

    Pada tahun 2021, menurut catatan BPS Indonesia memiliki jumlah perempuan usia produktif sekitar 93,28 juta jiwa dari total 134,81 juta jiwa. Jumlah tersebut menjadi tantangan pemerintah untuk mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 yang menempatkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) menjadi indikator derajat kesehatan dan keberhasilan penyelenggaraan pembangunan kesehatan. 

    Namun kenyataan pada tahun 2021 Kemenkes mencatat AKI di Indonesia memecahkan angka tertinggi dalam empat tahun terakhir. Jumlah AKI di tahun 2021 yakni sebesar 7.389 jiwa. Angka ini bahkan naik hampir 50% dari tahun 2020.

    Salah satu penyebab tertinggi dari AKI ini ialah pandemi Covid-19. Proses inflamasi yang terjadi pada ibu hamil inilah yang menyebabkan daya tahan tubuh seorang ibu semakin rentan terkena virus. Faktor kedua yang menjadi penyebab AKI tinggi adalah perdarahan dengan total kematian mencapai 1.320 jiwa. 

    Simak analisis selengkapnya di analysis.netray.id.

  • Kritik Warganet Menyoal Fenomena Bandara Mati Suri

    Kritik Warganet Menyoal Fenomena Bandara Mati Suri

    Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September 2022 belum lama berlalu. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pidatonya menyatakan bahwa peringatan ini ditujukan guna merenungkan kembali apa yang telah dikontribusikan untuk bangsa dan negara. Termasuk berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

    Seiring dengan peringatan tersebut ada fakta ironis yang tengah terjadi. Bandara-bandara yang terhitung baru dan dibangun dengan APBN tampak sepi penumpang bahkan ada pula yang tidak memiliki jadwal penerbangan asal bandara tersebut. Bandara-bandara itu dijuluki bandara mati suri.

    Di antaranya adalah Bandara Jenderal Soedirman, Purbalingga dengan luas 125 hektar yang menghabiskan anggaran Rp350 milliar; Bandara Ngloram, Blora dengan biaya Rp80 miliar dan luas 27 hektar; Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya meraup biaya sebesar Rp 45 milliar dan memiliki luas 70 hektar; serta Bandara Kertajati, Majalengka yang menelan anggaran paling besar, yaitu Rp2,6 triliun dengan luas lahan 1800 hektar. Bandara yang terletak 68 kilometer di timur Bandung ini tak lama setelah peresmiannya justru tampak sepi penumpang.

    Berdasarkan pantauan Netray menggunakan kata kunci bandara&&kementerian perhubungan, bandara&&kemenhub, dan bandara&&mati suri selama periode 12–20 September 2022, topik bandara mati suri muncul dalam 1.099 twit. Total impresi sebanyak 542,5 ribu dan kurang lebih menjangkau 24,8 juta akun.

    Gambar 1. Statistik Perbincangan Bandara Mati Suri

    Sentimen negatif mendominasi perbincangan isu ini dengan total 823 twit atau 74,8 persen dari keseluruhan perbincangan. Respons negatif yang diberikan warganet berisi kritik terhadap pemerintah terkait pemborosan APBN dan kurangnya perencanaan matang soal pembangunan bandara. Puncak perbincangan terjadi pada 19 September 2020 dengan total 553 twit muncul membahas isu ini.

    Gambar. 2 Grafik Peak Time dan Sentiment Trend

    Dari pantauan Netray, perbincangan bandara mati suri menjadi populer setelah akun berita @detik.com dan seorang pengamat transportasi @alvinlie21 membagikan twitnya soal topik bandara mati suri. Kedua twit ini kemudian menarik perhatian warganet dan memantik perbincangan di Twitter. Kedua akun ini juga jadi yang paling populer yang membahas isu ini dengan muatan sentiment negatif.

    Muhammad Said Didu, pegiat media sosial yang juga mantan Sekretaris Kementerian BUMN pun turut berkomentar. Ia tampak mengunggah foto dirinya di Bandara Kertajati yang sepi sembari mengutip berita dari @detik.com. Ia seolah ingin memperkuat fakta bahwa bandara sepi itu benar adanya. Aktivis Andi Sinulingga pun menganggap fenomena ini merupakan dampak dari pemborosan anggaran.

    Banyak pula warganet lain yang memiliki pendapat serupa. Akun @henrys75761541 menganggap hal tersebut sebagai pembangunan infrastruktur tanpa perncanaan matang. Akun @erdowgan juga berpendapat bahwa pemerintah tidak melihat kebutuhan masyarakat sekitar, apakah perlu dibuat bandara atau tidak.

    Selain mengkritisi soal infrastuktur bandara, warganet mengeluhkan bandara sepi akibat harga tiket pesawat yang mahal sehingga tak mampu dijangkau masyarakat. Selain itu juga terkait rute yang kurang efisien untuk beberapa destinasi. Seperti yang diungkap oleh akun @Dhauz dan @umbarsupriadi.

    Perbincangan warganet pun kian meluas. Tak hanya membahas bandara, warganet juga mengkritisi proyek infrastruktur lainnya yang menggunakan APBN seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Proyek ini dinilai justru membuat utang negara melambung namun manfaat untuk rakyat masih dipertanyakan.

    Selain kritik dan hujatan, adapula warganet yang memberikan saran yang membangun. Seperti yang dicuitkan oleh @toegioneo bahwa pembangunan bandara memang bagus namun perlu dipikirkan juga infrastruktur pendukungnya seperti tol dan kereta. Terlebih apabila bandara jauh dari pusat kota. Akun @suluhpandu pun menilai bahwa konektivitas jalan dan bandara sudah bagus dan menyarankan pembangunan bandara perintis untuk daerah luar jawa.

    Ide meniru bandara luar negeri juga muncul dari akun @aden87 seperti bandara di Changi atau Taiwan yang mengintegrasikan mall dengan bandara serta menambahkan kios makanan, baju, ataupun bioskop agar biaya perawatan bisa terpenuhi.

    Menariknya, warganet Twitter tak hanya mengomentari berita bandara saja. Mereka juga berkelakar menyinggul detik.com yang dinilai tidak biasa mengunggah berita kritis semacam bandara mati suri. Cuitan tersebut muncul dari akun @Fauzi_21_, rbizniz2020, dan @bejonovski.

    Pantauan Media Online Soal Bandara Mati Suri

    Pantauan pemberitaan di media online dengan periode dan kata kunci yang sama ditemukan sebanyak 27 berita dari 10 media yang membahas topik ini. Mayoritas pemberitaan masuk dalam kategori transportasi, yaitu sebanyak 26 berita dan kategori hukum dengan 1 berita.

    Gambar 3. Statistik Pemberitaan di Media Online

    Pemberitaan soal bandara mati suri dan penjabarannya mendominasi pemberitaan topik ini. Tirto (tirto.id) menjadi insiator yang memunculkan pemberitaan isu ini, kemudian diikuti oleh CNBC Indonesia (cnbcindonesia.com) yang menjabarkan jumlah yang lebih banyak terkait bandara yang sepi penumpang.

    Situs detik.com menjadi portal yang paling banyak menerbitkan berita topik ini. Tercatat berdasarkan pantauan Netray 8 berita muncul sepanjang periode pemantauan.

    Pengamat penerbangan pun turut berkomentar terhadap topik ini. Gerry Soejatman mempertanyakan fenomena bandara yang dibuat besar dan megah padahal prasarana infrastruktur sekitar bandara belum selesai. Gerry menganggap keberadaan bandara adalah karena alasan politis provinsi. Ia mencontohkan Bandara Kertajati hanya memiliki jadwal beberapa penerbangan cargo dalam sehari. Ke depannya, dia melihat bandara ini akan lebih cocok bermain sebagai cargo hub.

    Pakar Transportasi Alvin Lie turut mengkritik bandara-bandara yang sepi ini. Menurutnya, fenomena sepinya bandara itu diakibatkan oleh Pemerintah yang tidak melakukan perencanaan yang optimal saat pembangunan bandara. dengan demikian mega proyek tersebut hanya dinilai sebagai prestasi politik.

    Meski tak begitu ramai, pemberitaan ini berhasil memantik Kementerian Perhubungan untuk buka suara. Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono mengklaim bahwa pandemi COVID-19 membuat pergerakan pesawat, jumlah penumpang dan kargo di semua bandara mengalami penurunan. Meski demikian, saat ini industri penerbangan mulai bangkit kembali.

    Pada masa pemerintahan Jokowi, pembangunan infrastruktur memang begitu diakselerasi. Bandara dan pesawat terbang menjadi sarana yang cukup eksklusif bagi warga Indonesia. Sayangnya, banyak bandara yang dibangun dengan megah berakhir mati suri. Dengan demikian, pemerintah perlu meninjau ulang secara mendalam apakah pembangunan bandara akan memberi manfaat dan menjangkau secara maksimal bagi masyarakat Indonesia agar tak menjadi bangunan yang mati suri dan kosong.

    Editor: Winda Trilatifah

  • Melihat Impresi Mi Instan Favorit Warganet; Indomie vs Lemonilo

    Melihat Impresi Mi Instan Favorit Warganet; Indomie vs Lemonilo

    Praktis dan mudah disajikan membuat mi instan banyak digandrungi masyarakat. Tak heran bila kemudian berbagai merek mi instan beredar luas di pasaran. Seperti halnya Indomie yang telah dikenalkan sejak tahun 1972 dan memiliki peminat tidak hanya di Tanah Air tetapi juga di negara-negara lain.

    Namun seiring berjalannya waktu, Indomie juga tidak dapat menolak kehadiran berbagai brand kompetitornya. Salah satunya adalah Mi Lemonilo. Meski terbilang baru, Lemonilo berhasil meraih atensi pasar mi instan di masyarakat apabila dilihat dari intensitas perbincangannya yang tidak kalah seru dibanding Indomie di Twitter.

    Untuk mengetahui seberapa populer kedua merek mi instan tersebut, Netray melakukan monitoring brand Indomie vs Lemonilo. Monitoring ini dilakukan sejak 13 September 2022 sampai dengan 19 September 2022. Simak hasil monitoring Netray berikut ini.

    mie instan
    Gambar 1. Infografik Indomie

    Dengan menggunakan kata kunci indomie, Netray menemukan 5,4 ribu cuitan yang didominasi oleh sentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 164,4 ribu dan berpotensi menjangkau 36 juta akun pengguna Twitter. Hal ini menunjukkan Indomie merupakan brand mi instan yang banyak diperbincangkan oleh warganet.

    Gambar 2. Kosa kata populer

    Berdasarkan kosakata populer di atas, tampak beberapa kata yang kerap dibahas ketika membicarakan Indomie, seperti goreng, kuah, ayam, rumah, mimpi, telor dan lain sebagianya. Berikut berbagai impresi warganet.

    Gambar 3. Impresi positif warganet

    Dengan tagline “Indomie Seleraku” Indomie berhasil menjadi salah satu mie instan yang banyak disukai warganet. Melalui cuitannya tidak sedikit warganet yang mengungkapkan keinginannya untuk menyantap Indomie. Bahkan menikmati sebungkus mie instan bagi sebagian warganet dapat menjadi simbol kebahagiaan tertentu.

    Meski demikian tidak semua warganet memberikan reaksi positif selama periode pantauan Netray tersebut. Sebagaimana tampak pada Gambar 4 di bawah, beberapa warganet tampak memberikan komentar negatifnya. Salah satu persoalan yang dinilai kurang baik bagi brand Indomie yakni porsi yang dirasa terlalu sedikit. Selain itu warganet juga turut mengomentari varian Indomie Aceh yang memiliki ukuran mi yang lebih besar dari Indomie varian lainnya.

    Gambar 4. Impresi negatif warganet

    Lalu bagaimana dengan kompetitornya?

    Lemonilo

    Berdasarkan hasil pantauan Netray, jumlah perbincangan warganet terkait Lemonilo mencapai 1,2 ribu cuitan yang didominasi oleh sentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 19,5 ribu dengan potensi jangkauan hingga 4 juta akun pengguna Twitter. Lemonilo menawarkan mi instan yang diklaim bebas dari bahan-bahan berbahaya.

    Gambar 5. Infografik Mie Lemonilo

    Lemonilo pada mulanya terlahir dari startup kesehatan bernama Konsula yang berdiri pada tahun 2015. Lemonilo resmi berdiri pada 1 Oktober 2016 dengan mengusung konsep gaya hidup sehat. Dengan harga yang cukup terjangkau konsep yang ditawarkan oleh Lemonilo ini kemudian berhasil mendapatkan atensi pasar.

    Gambar 5. Impresi positif warganet

    Mie instan yang aman, enak, murah ini kemudian mendapat impresi positif dari warganet. Beberapa di antaranya dapat diamati melalui Gambar 5. Tampak sebagian warganet memberikan testimoni yang baik terhadap produk ini, seperti rasa dan bumbu yang dinilai enak oleh warganet. Tak sampai di situ untuk dapat meraup pasar yang lebih besar Lemonilo pun memanfaatkan influencer Korea sebagai Brand Ambasador.

    Gambar 6. Kosa kata populer Lemonilo

    Lemonilo sempat menjadikan NCT sebagai BA mereka. Tak heran bila kemudian kosakata populer terkait Lemonilo didominasi oleh member NCT. Hal ini disebabkan oleh ramainya warganet yang memperbincangkan NCT dan Lemonilo. Dengan menawarkan foto ekslusif di dalam kemasan para penggemar boyband asal Negeri Gingseng tersebut pun ramai-ramai memburu Lemonilo untuk mendapatkan foto dari bias mereka.

    Meski demikian, sebagian warganet tetap fokus pada nilai rasa yang dimiliki oleh Lemonilo hingga beberapa di antaranya memberikan testimoni bersentimen negatif terhadap produk ini.

    Dalam cuitannya tampak beberapa warganet menilai varian yang dibuat oleh Lemonilo tidak sesuai dengan ekspektasi. Salah satunya adalah varian rendang yang dinilai kurang nikmat dan varian pedas korea yang membuat beberapa warganet mengeluhkan sakit perut setelah memakannya karena terlalu pedas.

    Gambar 7. Impresi negatif warganet

    Indomie dan Lemonilo merupakan dua di antara banyaknya mi instan yang beredar di Tanah Air dengan popularitas yang tinggi di mata warganet. Selama periode pantauan Netray, topik terkait kedua brand mi instan tersebut didominasi oleh perbincangan bersentimen positif. Meski tidak sedikit juga warganet yang turut mengomentari mi instan ini dengan impresi negatif.

    Sementara pada kosakata populer tampak perbandingan perbincangan antara kedua brand. Kosa kata populer Indomie menunjukkan dominasi impresi warganet terkait pengalaman dan testimoni saat menikmati Indomie. Sementara pada Lemonilo tampak warganet lebih fokus pada photo card kolaborasi Lemonilo dan NCT.

    Demikian hasil pengamatan Netray, simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

    Editor: Winda Trilatifah

  • Popularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

    Popularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

    Tonight Show merupakan salah satu program di Net TV yang telah tayang sejak 27 Mei 2013. Meski telah 9 tahun bertahan di layar kaca, program talkshow yang dipandu oleh empat host ini kini justru semakin populer dan digandrungi anak muda. Tak hanya disiarkan secara langsung di televisi, Tonight Show kini juga membuat konten khusus di channel YouTube Net TV dengan tajuk Tonight Show Premiere.

    Menilik ulasan Google Review, program Tonight Show disukai sebesar 96% dengan rating 4,9/5. Perluasan media yang dimanfaatkan oleh Tonight Show tentu semakin mendongkrak popularitas talkshow yang dipandu oleh Vincent, Desta, Hesti, dan Enzy ini. Seperti apakah popularitas Tonight Show bila diamati melalui monitoring media sosial Youtube dan TikTok? Berikut hasil pantauan Media Monitoring Netray.

    Tonight show
    Gambar 1. Infografik monitoring Youtube

    Netray melakukan pemantauan sejak 05 September 2022 sampai dengan 15 September 2022. Adapun intensitas ungggahan konten terkait Tonight Show dapat diamati pada Grafik 1 di atas. Hasilnya, selama periode pantauan Netray ditemukan 116 video dengan jumlah penonton sebanyak 13,6 juta dan disukai sebanyak 278,3 ribu penonton.

    Gambar 2. Channel populer

    Dari 116 video tersebut, Gimmick Comedy menjadi channel paling populer dengan konten terkait Tonight Show. Selain Gimmick Comedy, terdapat berbagai channel lainnya yang turut mengunggah konten terkait Tonight Show. Menariknya, channel resmi milik Tonight Show justru tidak masuk dalam kategori channel populer selama periode pantauan Netray.

    Gambar 3. Video paling banyak ditonton oleh warganet

    Pada Gambar 3 dapat diamati beberapa video yang masuk dalam kategori video paling banyak ditonton oleh warganet. Berbagai video tersebut tampak menampilkan berbagai candaan para host yang banyak disukai oleh para penggemar Tonight Show. Bahkan salah satu unggahan channel Gimmick Comedy telah memperoleh 4,1 juta penonton dan disukai oleh lebih dari 110,4 ribu kali.

    Gambar 4. Konten populer Tonight Show di Youtube

    Video yang diunggah pada 10 September 2022 tersebut memuat candaan Desta dan Vincent kepada Enzy dalam salah satu episode Tonight Show. Tak hanya banjir likes, konten yang menjadi populer ini pun ramai dikomentari warganet. Berbagai komentar tersebut pun memuat dukungan untuk para host Tonight Show yang dinilai menghibur warganet.

    Sementara itu, pada channel official milik Tonight Show terlihat jumlah subcribers channel ini mencapai 4,8 juta dengan jumlah unggahan sebanyak 6,7 ribu video dan ditonton sebanyak 3,2 juta warganet. Channel yang dibuat sejak 31 Agustus 2013 ini pun menjadi salah satu channel talkshow yang paling banyak ditonton oleh pengguna layanan Youtube. Hal tersebut tampak pada salah satu unggahan video pada 1 September 2022 yang ditonton sebanyak 2.8 juta kali.

    Gambar 5. Profil resmi channel YouTube Tonight Show Net
    Gambar 6. Konten video yang paling banyak ditonton warganet

    Video dengan bintang tamu Habib Jafar tersebut menjadi video dengan jumlah penonton terbanyak selama periode pantauan Netray. Bahkan video yang diunggah pada 01 September 2022 tersebut mendapat like sebanyak 77,7 ribu kali.

    Potongan Video Tonight Show Jadi Konten Populer di TikTok

    Tak hanya di YouTube, potongan berbagai video terkait Tonight Show juga menjadi konten populer di TikTok. Kebanyakan warganet membagikan kembali potongan yang diunggah pihak Tonight Show di YouTube menjadi beberapa konten video di TikTok. Dengan periode yang sama Netray melakukan pemantauan untuk mengetahui popularitas Tonight Show di platform ini.

    Gambar 7. Infografik TikTok

    Jumlah unggahan warganet pengguna TikTok terkait konten Tonight Show dalam rentang 01 September sampai dengan 15 September 2022 mencapai 212 unggahan. Adapun impresi yang dihasilkan mencapai 5,9 juta, ditonton sebanyak 84,3 juta kali dan dibagikan lebih dari 17,2 ribu kali. Adapun jumlah like pada keseluruhan konten mencapai 5,9 juta dengan total komentar sebanyak 15,6 ribu. Jumlah tersebut menunjukkan tingginya popularitas konten terkait Tonight Show di TikTok.

    Gambar 8. Konten populer Tonight Show di TikTok

    Dari seluruh konten terkait Tonight Show yang beredar di FYP TikTok, terdapat beberapa konten yang kemudian menjadi populer. Konten-konten tersebut tampak pada Gambar 8, salah satunya adalah konten dengan Vino G Bastian dan Ariel Tatum sebagai bintang tamu. Tak hanya itu, candaan Desta kepada Enzy yang menggunakan celana pendek di salah satu episode turut menjadi konten populer yang banyak ditonton warganet.

    Gambar 9. Details konten populer di TikTok

    Candaan Desta dan Vincent pada Enzy yang pada salah satu episode tersebut menggunakan celana pendek disukai lebih dari 246,2 ribu kali. Sebagian warganet pun menilai hal tersebut hanya berupa keisengan seorang kakak yang bercanda pada adiknya. Hal ini kemudian menjadi konten yang populer di TikTok.

    Gambar 10. Tagar populer dan pengguna populer

    Sementara pada kategori tagar populer, pengguna TikTok ramai mempopulerkan tagar #tonightshow, #fyp, dan nama keempat host di acara Tonight Show. Sedangkan pada kategori pengguna populer nama akun iseng dan Netmediatama menjadi akun yang paling banyak mengunggah konten terkait Tonight Show.

    Popularitas Tonight Show sebagai talk show tidak hanya disebabkan oleh konten-kontennya yang menarik namun juga pembawaan para host yang dinilai kompak dan memiliki karakter yang kuat turut mendongkrak popularitas dari Acara TV ini. Tak hanya memiliki rating yang baik di TV, Tonight Show juga berhasil menjadi talk show yang banyak digandrungi warganet. Hal tersebut terlihat dari bagaimana sebagian besar kontennya menjadi populer di berbagai kanal media sosial, baik Youtube maupun TikTok.

    Demikian hasil pengamatan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/

    Editor: Winda Trilatifah

  • Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 9-15 September 2022

    Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 9-15 September 2022

    Berdasarkan pantauan Netray nama Anies, Erick, dan AHY menjadi 3 besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 9 sd 15 September 2022. Anies Baswedan menguasai urutan satu baik berdasarkan jumlah mention terbanyak maupun berdasarkan proporsi popularitas di masing-masing kanal. Dengan kata lain, tingkat popularitas Anies pada periode ini paling tinggi dan merata di semua channel media.

    Sementara itu Erick Thohir dan AHY saling berebut posisi 2. Apabila AHY merebut urutan kedua berdasarkan jumlah mentions, Erick mengisi urutan kedua berdasarkan proporsi mention. Alasannya adalah AHY kini tengah populer di Twitter dengan mengantongi 36.532 mentions selama periode 9-15 September. Namun, namanya tidak masuk 5 besar di media News dan TikTok. Sedangkan Erick konsisten masuk 5 besar di semua kanal kecuali YouTube yang turun di posisi 6.

    Jika dibandingkan dengan periode sebelumnya hanya Anies yang masih konsisten di urutan pertama. Sedangkan Erick, Puan, dan Ganjar turun peringkat disalip AHY yang pada periode ini naik di urutan 2.

    Infografis: Zulfa Mahda/ Editor: Irwan Syambudi

  • Spekulasi & Perbincangan Wacana Presiden 2 Periode Jadi Cawapres

    Spekulasi & Perbincangan Wacana Presiden 2 Periode Jadi Cawapres

    Pernyataan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono bahwa presiden yang sudah menjabat 2 periode bisa menjadi wakil presiden di periode berikutnya jadi perbincangan di media sosial. Perbiancangaan itu memunculkan spekulasi Presiden 2 periode Joko Widodo akan maju menjadi Cawapres 2024.

    Pernyataan Jubir MK itu disampaikan pada Senin (12/9/2022) itu berbunyi bahwa secara normatif tidak ada aturan melarang presiden 2 periode menjadi cawapres. Dalam Undang – Undang Dasar 1945 Pasal 7 yang berbunyi “presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.”

    Tertulis dalam aturan tersebut ditekankan pada frasa “jabatan yang sama”. Fajar pun mengungkapkan hanya saja kembali kepada etika politik, jika ingin menjabat secara berturut-turut meski dalam posisi yang berbeda.

    Seketika pernyataan itu menjadi perbincangan warganet di Twitter. Berdasarkan pantauan Netray menggunakan kata kunci ‘mk && cawapres’, ‘mk && presiden’, dan ‘dua periode && presiden’ selama periode 12 – 15 September 2022 wacana presiden yang telah menjabat dua periode bisa menjabat menjadi wapres ini muncul dalam 1.761 twit. Total impresi sebanyak 703,4 ribu dan kurang lebih menjangkau 42 juta akun.

    Gambar 1. Statistik perbincangan presiden dua periode bsa jadi cawapres

    Sentimen negatif mendominasi isu ini dengan 1.424 twit. Sentimen negatif ini tertuju kepada dua pihak yaitu Jokowi dan MK.

    Gambar 2. Grafik Peak Time dan Sentiment Trend

    Warganet mengungkapkan opininya yang menganggap Jokowi haus kekuasaan dan serakah, karena telah menjabat selama 10 tahun berturut-turut. Adapula warganet yang menganggap kinerja Jokowi buruk sehingga tidak dapat dipercaya lagi.

    Selain itu dari akun @bepitulaz pun seolah sudah menerka skenario yang akan terjadi, wapres yang pernah menjabat presiden bisa naik menjadi presiden jika terjadi permakzulan. Bahkan ada akun yang menyamakan dengan yang terjadi pada Presiden Rusia, Vladimir Putin yang telah menjabat selama 24 tahun.

    Gelombang kontra untuk MK juga muncul dari  warganet. Pernyataan Jubir MK tersebut dianggap akan merusak konstitusi dan demokrasi Indonesia yang telah berjalan selama ini. Pernyataan kontra tersebut jika dilihat dari top tweets berasal dari akun @FfathurF

    Tampak berbeda dengan yang lain akun @burhankahfi justru mengkritisi berita yang beredar Ia merasa tersebarnya pendapat tersebut dirasa kurang tepat karena hakim dan Lembaga peradilan hanya boleh bicara lewat tulisan. Bahwa pernyataan Jubir MK kemudian dicatut menjadi pernyataan lembaga secara keseluruhan.

    Setali tiga uang dengan twit di atas, banyak warganet mengira pernyataan ini sebagai pernyataan resmi MK. Hal itu memancing komentar bahwa hal ini merupakan salah satu bentuk nepotisme yang bisa saja terjadi lantaran Ketua MK sekarang, Anwar Usman merupakan adik ipar dari Jokowi karena tak lama ini Anwar menikah dengan adik perempuan Jokowi.

    Selain komentar negatif mendominasi isu ini, ada beberapa komentar positif bernada sarkas. Twit tersebut dapat dilihat berdasarkan kepopuleran twit berasal dari akun @puthutea. Namun ada warganet yang tampak tulus memuji Jokowi seperti yang tertera pada akun @Chodry20032475.

    Bahkan kemudian nama lain pun muncul diajukan oleh warganet. Nama presiden yang pernah menjabat tersebut seperti Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono seolah diajak kembali menjadi presiden dengan nada bercanda. Seperti tertuang dalam akun @Choyrulmam dan @tualang

    Pantauan Media Online Soal Wacana Jokowi Cawapres

    Sementara itu berdasarkan pantauan pemberitaan di media online dengan periode dan kata kunci yang sama, total munucul 239 pmberitaan dan 57 media online. Mayoritas pemberitaan masuk dalam kategori politik.

    Gambar 3. Statistik pemberitaan di media online

    Jika dilihat dari timeline pemberitaan selama pemanatauan, isu pemberitaan mulai muncul sejak 12 September 2022 ketika Jubir MK mengeluarkan penyataanya. Hingga tanggal 15 September isu itu terus bergulir hingga makin banyak pemberitaan yang muncul.

    Gambar 4. Grafik Peak Time dan Sentiment Trend pemberitaan media online

    Pemberitaan isu ini didominasi oleh pernyataan Jubir MK Fajar Laksono yang memaparkan mengapa Presiden Jokowi yang menjabat sekarang, bisa saja mengajukan diri menjadi calon wakil presiden karena tidak dalam jabatan yang sama.

    Selain itu muncul juga pemberitaan respons PDIP terhadap isu ini. PDIP tak sepenuhnya membuka peluang dan mendorong Jokowi menjadi Cawapres 2024 begitulah yang disampaikan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto. Meski demikian jika ada keinginan Jokowi untuk menjadi cawapres bisa saja asalkan diajukan oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol.

    Beberapa berita mengenai pengamat yang merespons isu ini juga muncul jumlahnya tak begitu banyak. Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga menaggapi penegasan MK akan memberi angin kepada pihak-pihak yang menginginkan Jokowi tetap maju sebagai cawapres pada pilpres 2024. Kemauan Jokowi menjadi cawapres terkait erat dengan moral dan etika.

    Adapula pendapat dari Pengamat politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah meramalkan bahwa wibawa Jokowi akan terganggu, termasuk elit-elit parpol lain bila hal ini benar-benar terjadi. Ditambah lagi akan akan mempertajam polarisasi di masyarakat. Peneliti Perludem Fadhli Ramadanil cenderung menolak wacana ini. Menurutnya sangat tidak elok jika seorang presiden yang telah menjabat selama dua periode, maju untuk menjadi wakil presiden, dengan memanfaatkan ruang normatif di dalam pasal konstitusi.

    Dahlan Iskan pun langsung mengeluarkan opininya terkait masalah ini. Melalui opini yang berjudul “Petir Politik” muncul di empat media; jpnn.com, batamtoday.com, pojoksatu.id dan rmol.id Dahlan membandingkan hal ini dengan kepemimpinan Presiden Rusia Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan Walikota Surabaya Bambang DH. Di akhir opininya, ia justru mempertanyakan pernyataan MK itu berasal darimana tidak ada mendung dan hujan, tapi petir tersebut muncul dari MK.

    Tak hanya PDI-P, pengamat, dan Dahlan Iskan yang menanggapi masalah ini. Seniman kawakan Iwan Fals turut masuk dalam pemberitaan isu ini. Tidak merespon dengan kata-kata, Iwan Fals hanya memberi emotikon nerd face pada berita yang ia kutip di Twitter pribadinya.

    Dari pernyataan MK yang muncul dua hari terakhir ini, warganet, pengamat maupun parpol lebih cenderung tidak menyambut dengan tangan terbuka terhadap wacana ini. Mereka cenderung bosan terhadap pemimpin yang itu-itu saja, ditambah mereka tentu tidak ingin pemerintahan kala presiden Soeharto terjadi lagi. Perlu adanya sirkulasi posisi jabatan pemerintah yang lebih dinamis agar republik ini berkembang dengan pemikiran dan gagasan yang beragam. MK juga mesti lebih berhati-hati dalam berucap agar tak menimbulkan pertanyaan dan keraguan bagi publik atas kapasitasnya sebagai lembaga peradilan tertinggi di Indonesia.

    Demikian analisis Netray, simak artikel terkini lainnya dalam analysis.netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Penghapusan Daya Listrik 450 VA Tuai Sentimen Negatif Warganet

    Penghapusan Daya Listrik 450 VA Tuai Sentimen Negatif Warganet

    Penghapusan daya listrik 450 Volt Ampere (VA) dicanangkan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dalam rapat pembahasan RUU APBN tahun 2023 dengan Kementerian Keuangan, Senin, 12 September 2022. Berita ini pun sontak memicu komentar warganet Twitter. Meski digadang-gadang tidak akan dikenakan biaya tambahan terkait kenaikan daya menjadi 900 VA, namun keputusan ini sekali lagi dinilai menyulitkan kalangan menengah ke bawah.

    Melalui pantauan Media Monitoring Netray, berita ini pertama kali muncul di tanggal 12 September 2022. Artikel pertama diterbitkan pada pukul 09.40 WIB oleh media berita CNBC Indonesia. Sedangkan media berita online yang paling banyak memberitakan topik ini ialah Okezone, Merdeka, dan Liputan6 dengan total 11 artikel.

    Gambar 1. Top Portal pemberitaan soal listirk 450 VA
    Gambar 2. Sampel awal pemberitaan media online

    Dengan periode pemantauan 12-13 September 2022, topik dengan kata kunci “listrik && 450” ditemukan dalam 141 artikel. Sebanyak 39 media berita online telah memberitakan pengumuman ini dalam 2 hari tersebut. Pemberitaan terkait kata kunci ini didominasi oleh kategori berita Government dan Finance & Insurance.

    Gambar 3. Statistik pemberitaan media online

    Melihat dari jajaran top issue, berita terkait alasan penghapusan 450 VA yang diubah menjadi 900 VA menjadi salah satu top isu pada topik ini. Penghapusan tersebut dinilai sebagai bentuk penyerapan kelebihan pasokan (over supplay) listrik. Selain itu, alasan Said Abdullah mengusulkan hal tersebut yakni agar PLN melakukan pemutakhiran data terkait jumlah pelanggan yang masuk ke dalam golongan 450 VA juga menjadi top issue dalam topik ini.

    Gambar 4. Peta Top Issue pemberitaan media online

    Meski secara statistik pemberitaan soal penghapusan daya listrik 450 VA dominan bersentimen negatif, namun terdapat juga pemberitaan dengan sentimen negatif. Pemberitaan sentimen negatif muncul dalam bentuk kritik kebijakan tersebut yang dianggap belum tentu menguntung rakyat kecil.

    Gambar 5. Sampel pemberitaan sentimen negatif

    Penghapusan Listrik 450 VA Dominan Sentimen Negatif di Twitter

    Dengan periode pemantauan dan kata kunci yang sama dengan kanal news, topik ini ramai dibicarakan warganet hingga menyentuk angka 2.204 twit dengan total impresi mencapai 4,7 juta. Berbeda halnya dengan kanal news, di jagat Twitter perbincangan topik ini didominasi oleh twit bersentimen negatif dengan total mencapai 66%.

    Gambar 6. Statistik perbincangan di Twitter

    Berbagai keluhan terkait isu penghapusan daya listrik 450 VA ditwitkan warganet dalam 2 hari tersebut. Komplain seperti listrik naik, listrik mahal, bahkan bayar tagihan listrik menduduki jajaran Top Complaints. Kenaikan daya listrik menjadi 900 VA dinilai warganet akan menambah pengeluaran masyarakat terkait tagihan listrik.

    Gambar 7. Top Complaints perbincangan di Twitter

    Selain keluhan-keluhan di atas, terdapat beberapa kritikan terhadap isu kebijakan yang baru akan diresmikan tersebut. Dari kumpulan Top Words, ditemukan salah satu kosakata yang menarik, yakni kompor. Di balik perencanaan tersebut tersiar kabar bahwa pemerintah akan membagikan kompor listrik gratis bagi masyarakat. Hal ini pun lantas menjadi ajang kritik yang mana kebijakan kenaikan daya listrik tersebut justru akan semakin menyengsarakan masyarakat.

    Gambar 8. Top Words perbincangan di Twitter
    Gambar 9. Sampel perbincangan di Twitter

    Meski kebijakan tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan listrik rumah tangga, namun berbagai kritik atas kebijakan ini juga tak luput disampaikan oleh warganet. Tidak adanya penambahan biaya terkait kenaikan daya 450 VA menjadi 900 VA, namun warganet tetap sangsi akan tarif listrik yang akan membengkak di kemudian hari.

    Demikian analisis Netray, simak artikel terkini lainnya dalam analysis.netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi

  • Menilik Perbincangan Soal Hacker Bjorka di Twitter

    Menilik Perbincangan Soal Hacker Bjorka di Twitter

    Data rahasia pemerintah bocor oleh peretas yang mengidentifikasi diri sebagai Bjorka. Ia sempat muncul di Twitter dan menyampaikan sejumlah pesan. Sejak 12 September hingga 14 September 2022 nama Bjorka menjadi trending topic di Twitter hingga memunculkan berbagai sentimen.

    Berdsarkan pemantaun Netray dalam kanal Twitter selama sepekan dengan periode 7-13 September 2022 kata kunci ‘bjorka’ dan ‘hacker bjorka’ muncul dalam 132.457 twit. Total ada lebih dari 40 ribu akun terlibat dalam percakapan yang memiliki potensi jangkauan hingga 224,9 juta akun.

    Gambar 1. Statistik Twitter topik Bjorka

    Perbincangan mengenai Bjorka didominasi sentimen sengatif, perbandingannya sentimen positif 19.447 twit dan sentimen negatif mencapai 64.658 twit.

    Jika dilihat berdasarkan grafik Peak Time, perbincangan memuncak pada Senin tanggal 12 September 2022, yakni ada 68.466 ribu twit dalam sehari. Pada momen itu warganet ramai membagikan ulang twit dari akun @ZoelHelmiLubis1 yang penasaran dengan rapat pembahasan hacker Bjorka dengan Kominfo dan lembaga pemerintah lainnya.

    Gambar 2. Peak Time dan Sentimen Trend topik Bjorka

    Jika dilihat berdasarkan grafik Peak Time, perbincangan memuncak pada Senin tanggal 12 September 2022, yakni ada 68.466 twit dalam sehari. Pada momen itu warganet ramai membagikan ulang twit dari akun @ZoelHelmiLubis1 yang penasaran dengan rapat pembahasan hacker Bjorka dengan Kominfo dan lembaga pemerintah lainnya. 

    Gambar 3. Sampel twit puncak perbincangan Bjorka

    Twit tersebut banyak menuai interaksi dari warganet lain sehingga mejadi twit paling populer di tanggal 12 September. Twit sentimen negatif yang bernada menyindir pemerintah itu turut direspons warganet lain dengan pro dan kontra terkait publikasi data-data rahasia oleh Bjorka. Warganet kontra terbentuk dari opini warganet yang menilai bahwa hadirnya Bjorka untuk pengalihan isu seperti kenaikan BBM, kasus pembunuhan Brigadir J, dan lain-lain. 

    Gambar 4. Sampel twit kontra Bjorka

    Meski menuai banyak sentimen negatif, namun tak sedikit pula warganet yang bersimpati dan menungkapkan dukungan terhadap Bjorka. Salah satunya adalah akun @hacktivistlink yang mengungkapkan langsung dukungannya terhadap Bjorka. Bahkan Bjorka sampai disebut sebagai pahlawan.

    Beberapa contoh twit di atas memperlihatkan opini warganet yang mendukung Bjorka. Bahkan salah satu akun menyebutkan bahwa rakyat tidak bersama pemerintah melainkan bersama Bjorka.

    Bjorka dalam Pemberitaan Media Online

    Sementera itu di media online dalam dalam sepekan 7-13 September 2022 pemberitaan dengan kata kunci ‘Bjorka’ dan ‘Hacker Bjorka’ mencapai 1.635 dari 92 portal media. Sama seperti Twitter dalam pemberitaan Bjorka yang melakukan aktifitas peretasan secara ilegal itu banyak diberitakan dengan sentimen negatif.

    Gambar 6. Statistik pemberitaan kategori topik Bjorka

    Perbincangan isu bjorka banyak didominasi berita berkategori  teknologi sebesar 39%, kategori pemerintahan sebesar 27% dan kategori politik 15%. Meski Bjorka melakukan aktifitas ilegal yang mengarah pada pelangaran hukum namun pemberitaan lebih banyak berfokus pada informasi-informasi yang diretas atau dibocorkan ke publik.

    Gambar 7. Sentimen pemberitaan Bjorka
    Gambar 8. Sampel berita selama puncak pemberitaan

    Dari total keseluruhan jumlah pemberitaan, didominasi dengan sentimen negatif. Puncak pemberitaan terjadi pada 12 September 2022. Pada tanggal tersebut portal media banyak mengulas tentang bocoran informasi yang diberikan Bjorka terkait dalang pembunuhan Munir. Selain itu, media juga mengungkapkan dugaan masyarakat bahwa Bjorka adalah pengalihan isu dari kasus pembunuhan Sambo. 

    Gambar 9. Top Organisasi dalam pemberitaan topik Bjorka
    Gambar 10. Top Portal Media dalam pemberitaan Bjorka

    Media Suara, Pikiran Rakyat, dan Detik menjadi tiga teratas portal media yang paling banyak mengangkat berita tentang hacker Bjorka. Eksistensi Bjorka yang melemparkan opini untuk memancing Pemerintah dianggap berhasil. Bjorka mengaku telah memiliki banyak data rahasia dari beberapa lembaga pemerintah, termasuk data dari Badan Intelijen Negara.  

    Demikian analisis Netray, simak artikel terkini lainnya dalam analysis.netray.id.

    Editor: Irwan Syambudi