BerandaCurrent ReportMengamati Reaksi Warganet dan Media Saat Ganjar Dipanggil DPP PDIP

Mengamati Reaksi Warganet dan Media Saat Ganjar Dipanggil DPP PDIP

Published on

Pemanggilan DPP PDIP dilakukan setelah Ganjar Pranowo menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang. Atas penyataannya itu Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut dimintai klarifikasinya oleh DPP PDIP. Ganjar mendapat teguran karena dinilai oleh partainya melakukan manuver politik 2024.

Nama Ganjar telah lama digadang-gadang akan maju sebagai capres di 2024 mendatang. Popularitas tersebut dapat dilihat dari konsistensi namanya yang selalu masuk bursa capres 2024 dari sejumlah survei. Bahkan pada pantauan Netray, Ganjar masuk 5 besar tokoh politik paling populer di media masa dan media sosial.

Dalam wawancara yang diunggah kanal YouTube BeritaSatu, Selasa (18/10/2022) Ganjar pun menyatakan siap jika dirinya harus maju pada Pilpres mendatang. Namun hal ini justru menimbulkan reaksi berbeda dari partai yang dinaunginya. Ganjar dipanggil untuk mengklarifikasi pernyataannya tersebut.

Pemanggilan Ganjar pun mencuri perhatian publik, terutama jagat media sosial. Hingga mendapat berbagai respon dari warganet dan menarik atensi media massa. Netray kemudian mengamati intensitas pembahasan topik ini, berikut hasil pantauan Netray.

Ganjar
Gambar 1. Infografik monitoring Netray

Netray mengamati perbincangan warganet dengan menggunakan kata kunci ganjar dan ganjar && pdip selama sepekan, yakni sejak tanggal 19–25 Oktober 2022. Selama periode tersebut ditemukan 35 ribu cuitan terkait Ganjar dengan didominasi oleh sentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 9,4 juta dan menjangkau 128,4 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 2. Grafik perbincangan warganet

Melalui Gambar 2 tampak intensitas perbincangan warganet terkait Ganjar yang muncul setiap harinya selama periode pantauan Netray. Intensitas tersebut mengalami peningkatan sejak 24 Oktober 2022 hingga 25 Oktober 2022. Hal tersebut dipicu oleh pemanggilan Ganjar oleh DPP PDIP setelah ia membuat statementnya terkait kesiapan maju capres 2024 ramai.

Sementara pada kosakata populer tampak gambaran perbincangan warganet terkait Ganjar, seperti dukungan, pilpres, maju, puan, teguran, pendukung, dan berbagai kosakata lainnya. Popularitas Ganjar memang tidak dapat dikesampingkan sejak dirinya menjabat sebagai Gubernur Jateng. Popularitas tersebut juga membuat dirinya sukses masuk dalam bursa capres 2024 di berbagai lembaga survei.

Gambar 3. Kosa kata populer

Meski popularitas Ganjar tidak dapat diragukan lagi, reaksi sinis berbagai pihak tetap tidak dapat terelakkan. Warganet yang tidak mendukung statement Ganjar terkait kesiapan dirinya maju capres pun mendukung teguran PDIP tersebut. Warganet berpendapat bahwa PDIP telah memiliki nama capres yang akan maju dari partainya, yakni Puan Maharani.

Gambar 4. Reaksi warganet

Meski demikian, dukungan warganet untuk Ganjar juga terus mengalir. Sebagian warganet yang mendukung majunya Ganjar sebagai capres 2024 pun semakin bersemangat setelah Ganjar mengatakan siap maju. Warganet menilai PDIP seharusnya memilih Ganjar untuk maju dari partainya dibanding Puan Maharani.

Gambar 5. Reaksi warganet

Tidak hanya di Twitter, di media pemberitaan daring topik terkait pemanggilan Ganjar juga ramai menjadi sorotan. Sebagaimana tampak pada Gambar 6 di bawah, terdapat 2.440 total artikel yang berasal dari 98 media. Dari 2.440 artikel tersebut 2.076 di antaranya berkategori politik dan setidaknya melibatkan 11,7 ribu tokoh sebagai entitas.

Gambar 6. Infografik news Netray

Seperti halnya di Twitter, tampak pada grafik pembahasan media terkait topik ini juga mencuat pada tanggal 24 Oktober 2022. Bahkan dalam sepekan topik tersebut menjadi topik yang paling banyak disoroti oleh media pemberitaan daring.

Gambar 7. Grafik pemberitaan

Pada 24 Oktober 2022 Ganjar diketahui memenuhi pemanggilan DPP PDIP untuk mengklarifikasi pernyataannya siap menjadi capres di 2024. Pemanggilan itu terendus menyusul surat pemanggilan Ganjar beredar di media sosial. Surat bernomor 4545/IN/DPP/X/2022 itu ditunjukkan kepada Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah perihal undangan klarifikasi. Berlangsung di Kantor DPP Partai PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 58, Menteng, Jakarta Pusat.

Gambar 8. Beberapa artikel pemberitaan

Top Kategori Klarifikasi Pernyataan Ganjar

Pemberitaan terkait Ganjar selama sepekan ini paling banyak diterbitkan oleh Warta Ekonomi dan Tribun News dengan jumlah masing-masing 172 dan 136 artikel. Sementara itu tampak pada peta wilayah Jawa Tengah dan DKI Jakarta menjadi lokasi yang paling banyak disebutkan dalam artikel pemberitaan terkait Ganjar. Hal ini berkaitan dengan wilayah kepemimpinan Gubernur Jateng tersebut dan kantor pusat DPP PDIP yang berada di Jakarta Pusat.

Sementara di Twitter perbincangan terkait Ganjar paling banyak dikaitkan dengan nama Anies Baswedan yang diduga akan menjadi rivalnya di Pilpres mendatang. Selain itu topik ini juga dipopulerkan oleh sepuluh akun yang masuk pada kategori Top Accounts. Salah satunya akun dengan nama @PutraErlangga95 dan @ChusnulCh__. Dari hasil monitoring akun berikut, keduannya terlihat memiliki sikap yang berseberangan.

Akun @PutraErlangga95 melalui beberapa cuitannya tampak tidak mendukung pencalonan Ganjar sebagai capres 2024 mendatang. Berbeda halnya dengan akun milik @ChusnulCh__ yang melalui akunnya kerap menyuarakan dukungannya terhadap Ganjar. Keduanya pun menjadi akun yang populer dalam sepekan pantauan Netray.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Respons Warganet Tanggapi Kenaikan UMP 2023

Pemerintah di tiap provinsi resmi mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi atau UMP 2023 pada...

Respons Warganet atas Pencopotan Label Gereja Tenda Pengungsian Cianjur

Pada 26 November lalu, tenda pengungsian gempa Cianjur mendadak viral di sosial media seperti...

Warganet Kecam Aspirasi Benny Rhamdani Pasca Acara Nusantara Bersatu

Acara Nusantara Bersatu yang digelar Aminuddin Ma'aruf pada Sabtu, 26 November 2022 lalu telah...
%d blogger menyukai ini: