HomeCurrent ReportDeklarasi Ganjar-Mahfud Disambut Positif, Warganet: Terima Kasih Bu Mega!

Deklarasi Ganjar-Mahfud Disambut Positif, Warganet: Terima Kasih Bu Mega!

Published on

Teka-teki cawapres Ganjar telah terjawab pada Rabu, 18 Oktober 2023 lalu. Mahfud MD resmi dipilih sebagai pendamping Ganjar di Pilpres 2024. Sorak-sorai publik menggema di kanal Twitter menyambut positif deklarasi Ganjar-Mahfud yang diumumkan langsung oleh Ketum PDIP Megawati. Media pun berbondong-bondong menerbitkan topik hangat ini. 

Dalam tiga hari pemantauan, 17-19 Oktober 2023, Netray Media Monitoring menemukan 2.862 artikel yang mencatut kata kunci Ganjar Pranowo && Mahfud MD dari total 210 portal media yang tercatat dalam Dewan Pers. Topik ini menyedot atensi media berita dengan total artikel terbit pada hari pengumuman sebanyak 1,5 ribu artikel yang didominasi sentimen postif sebanyak 95%.

Gambar 1. Statistik pemberitaan media tentang deklarasi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD
Gambar 2. Sampel berita pengumuman

Di kanal Twitter, kata kunci ganjar && mahfud juga ditemukan dalam 66,8 ribu tweet dengan total impresi mencapai 66,6 juta reaksi. Topik ini melibatkan lebih dari 19 ribu akun turut dalam perbincangan dan memiliki potensi jangkauan hingga 171,8 juta akun Twitter berbahasa Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan kanal pemberitaan, pengumuman pasangan capres-cawapres oleh Ketum PDIP tersebut didominasi oleh perbincangan positif.

Sebanyak 41,2 ribu tweet atau 61% dari total perbincangan memiliki sentimen positif. Sedangkan sentimen negatif hanya di angka 8,3 persen. Hal ini berbeda dari pengumuman deklarasi sebelumnya, Anies-Muhaimin yang juga dipantau Netray. Pada topik Anies-Cak Imin, sentimen positif dan negatif tidak terpaut jauh, yakni 31% sentimen positif dan 28% sentimen negatif.

Gambar 3. Statistik perbincangan warganet tentang deklarasi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Perbincangan soal Mahfud-Ganjar meningkat tajam pada hari pengumuman, yakni tanggal 18 Oktober. Dari sebelumnya dibicarakan dalam 1,3 ribu tweet menjadi 33 ribu tweet dalam sehari yang didominasi sentimen positif sebanyak 65%. Bahkan, sehari setelah pengumuman, Ganjar dan Mahfud masih banyak diperbincangkan dengan total 31 ribu tweet dalam sehari seperti yang tampak pada gambar berikut.

Gambar 4. Intensitas perbincangan warganet tentang deklarasi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Akun portal berita yang santer memberitakan topik ini adalah Kompas dengan total 244 artikel, disusul oleh iNews.id sebanyak 127 artikel, dan Jawa Pos National Network sebanyak 122 artikel.

Gambar 5. Top media
Gambar 6. Top Akun berdasarkan tweet terbanyak
Gambar 7. Top akun berdasarkan total impresi

Sedangkan di Twitter, akun yang paling banyak mengetweet topik ini adalah @wil_ws_ sebanyak 276 tweet. Namun, impresi atau interaksi tertinggi tetap bermuara pada akun resmi Ganjar Pranowo @ganjarpranowo sebanyak 30,9 ribu impresi dan sejumlah pendukung seperti @ch_chotimah2 dan @GunRomli yang menarik 24,1 ribu impresi dan 17,7 ribu impresi. Berikut tweet populer ketiganya.

Gambar 8. Tweet populer @ganjarpranowo
Gambar 9. Tweet populer @ch_chotimah
Gambar 10. Tweet populer @GunRomli

Dari pantauan Netray, akun @ch_chotimah dan @GunRomli cukup intens membicarakan topik ini secara positif. Tweet-tweet keduanya juga termasuk di antara tweet yang populer karena selalu menarik banyak interaksi.  

Seruan Dukungan Warganet untuk Ganjar-Mahfud

Beragam respons atas deklarasi Ganjar-Mahfud diunggah warganet, mulai dari perasaan senang, harapan, hingga sudut pandang warganet atas sosok Ganjar-Mahfud. Hal tersebut tercermin dari jajaran Top Words atau berbagai kosakata yang mendominasi perbincangan warganet di bawah ini.

Gambar 10. Jajaran top words

Kosakata seperti menang, bersih, integritas, yakin, setuju, hingga tagar #ganjarmahfudsatset merefleksikan sambutan positif warganet terhadap pasangan Ganjar-Mahfud. Warganet optimis dipilihnya Mahfud sebagai pasangan Ganjar akan memberikan kemenangan di Pilpres 2024. Sosok keduanya dinilai sebagai tokoh yang memiliki integritas, rekam jejak yang baik, jujur, bahkan bersih. Tak ayal jika warganet merasa yakin jika keduanya akan menang dalam satu putaran. 

Pemilihan Mahfud MD sebagai pasangan Ganjar tentu bukan tanpa strategi. Mahfud yang merupakan seorang nahdliyin dan juga putra Madura diyakini akan mengangkat elektabilitas dan memenangkan Ganjar di Pilpres 2024. Benar saja, banyak warganet yang disinyalir warga Madura memberikan dukungan kepada pasangan ini. Warganet percaya warga Madura akan memilih Ganjar karena telah dipasangkan dengan Mahfud MD, putra Sampang Madura. 

Gambar 11. Jajaran top lokasi

Tidak hanya dikenal sebagai orang NU dan putra Madura, Menkopolhukam Mahfud juga dikenal sebagai tokoh yang tegas dalam penanganan hukum, terutama dalam kasus korupsi. Hal ini dinilai baik oleh warganet, terutama bagi pemilih yang berfokus pada penanganan korupsi. Bahkan warganet berpendapat bahwa para koruptor akan berkeringat dingin melihat pasangan yang dikenal sebagai pengusik atau musuh ‘tikus pencari cuan’ tersebut. 

Gambar 12. Twit tentang anti korupsi
Gambar 13 Twit tentang anti korupsi

Dukungan tak henti dicuitkan warganet melalui akun mereka di Twiter. Warganet juga menggaungkan #GanjarMahfudSatSet yang disertakan dengan twit dukungan. Berdasarkan pantauan Netray, tagar ini pertama kali dicuitkan oleh akun @YRadianto pada 19 Oktober 2023. Lalu, warganet lainnya pun berbondong-bondong meramaikan tagar ini serta menyatakan dukungan kepada Ganjar-Mahfud. 

Tidak hanya berfokus pada Ganjar-Mahfud. Warganet juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Megawati yang telah memilih Mahfud sebagai pasangan Ganjar di Pilpres 2024. Megawati yang dikenal tegas bahkan sering dinarasikan negatif oleh warganet kini justru sebaliknya. Atas keputusan tersebut, kali ini Ketum PDI-P banjir sentimen positif dari warganet. 

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Melacak Perkembangan Wacana Hak Angket Ganjar, dari Koalisi hingga Pemakzulan

Pasca Pemilu 2024, wacana hak angket muncul sebagai manuver politik guna merespons isu kecurangan...

Fenomena 5 Tahunan Akibat Kalah di Pemilu: Caleg Stres hingga Depresi

Calon legislatif mengalami stres atau depresi akibat tak mampu meraup suara seolah menjadi fenomena...

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...
%d bloggers like this: