BerandaAnalisisCovid-19 Pasien Positif Pertama Di Indonesia Hingga Kepanikan Masyarakat

Covid-19 Pasien Positif Pertama Di Indonesia Hingga Kepanikan Masyarakat

Published on

Covid-19 atau Corona virus telah mewabah ke berbagai negara sejak pertama kali ditemukan pada Desember tahun lalu di Wuhan, China. Penyebarannya terus meluas hingga pada tanggal 02 Maret 2020 Presiden Indonesia resmi mengumumkan dua warga Indonesia yang positif terinfeksi virus tersebut. Sontak hal tersebut menyebabkan kepanikan masyarakat. Berikut hasil pantauan Netray.

Netray memantau perkembangan terkait topik Corona sejak 26 Februari 2020 s.d 03 Maret 2020. Selama periode tersebut ditemukan sebanyak 134,026 cuitan terkait Corona dengan didominasi sentimen bercuitan negatif. Dilaporkan per Rabu 04 Maret 2020 Corona telah mewabah dan menyebar ke 77 negara dengan total infeksi sebanyak 94.225 dan jumlah kematian mencapai 3.214 jiwa secara global.

Perbincangan terkait Corona terus mencuat sejak mewabahnya virus tersebut ke berbagai negara. Adapun puncak perbincangan selama periode tersebut terjadi pada 02 Maret 2020. Pada tanggal tersebut Jokowi mengumumkan terkait dua warga negara Indonesia yang positif Corona. Kasus tersebut menjadi kasus Corona pertama di Indonesia.

Terlihat beberapa kosakata populer terkait topik Corona dan akun @CNNIndonesia yang menjadi Top Intitiator pada topik ini. Ditemukannya kasus Corona positif pertama di Indonesia menyebabkan kepanikan di masyarakat. Kepanikan tersebut mengakibatkan krisisnya masker dan handsanitizer yang biasanya tersedia di market-market ataupun apotek.

Sulitnya menemukan masker saat ini diakibatkan terjadinya penimbunan oleh beberapa oknum. Hal tersebut tentu semakin menambah keresahan masyarakat yang memang memerlukan masker untuk berkegiatan. Padahal penggunaan masker untuk mencegah Corona bukan tindakan yang tepat. Untuk dapat mencegah terinfeksi Corona kita dapat melakukan beberapa hal berikut.

● Sering mencuci tangan dengan sabun

● Gunakan masker bila flu atau batuk

● Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah

● Istirahat dan olahraga yang cukup

● Jangan mengkonsumsi daging yang belum dimasak

● Bila merasa batuk, pilek, dan sesak nafas segeralah mendatangi fasilitas kesehatan.

Beberapa tips di atas dapat dilakukan agar kita terhindar dari Corona. Hindari kepanikan yang berlebih yang justru semakin memperburuk keadaan. Pada tanggal 03 Maret 2020 warganet Twitter melayangkan tagar #StopPanikLawanCorona, tagar tersebut berhasil menjadi trending dengan jumlah cuitan mencapai 4,898. Berikut jaringan percakapan warganet.

Demikian hasil pantauan Netray terkait perkembangan terkait Corona Virus. Perang melawan Corona masih berlangsung di tiap negara yang terpapar. Meski demikian masyarakat diharap mampu untuk dapat mengantisipasi dengan lebih tenang. Dalam hal ini, Pemerintah juga menegaskan mengatasi permasalahan ini dengan serius. Semoga masyarakat di Indonesia tetap sehat dan aman.

More like this

Menilik Impresi Film KKN di Desa Penari di Twitter

Film horor KKN di Desa Penari akhirnya tayang di bioskop. Meski penayangannya sempat tertunda...

Hepatitis Akut Misterius, Akankah Menjadi Pandemi Kecil?

Belum selesai bergelut dengan permasalahan pandemi virus corona, kini dunia kembali bertarung dengan munculnya...

Memantau Isu #JogjaDaruratSampah dari Media Sosial & Pemberitaan

#JogjaDaruratSampah merupakan salah satu tagar seruan masyarakat yang diwakili oleh warganet Twitter, ketika beberapa...
%d blogger menyukai ini: