HomeCurrent ReportTren Sentimen Positif Demokrat Usai Resmi Dukung Anies

Tren Sentimen Positif Demokrat Usai Resmi Dukung Anies

Published on

Partai Demokrat akhirnya resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. Hal ini disampaikan oleh Ketum Demokrat AHY pada 26 Januari 2023. Dukungan ini semakin menaikkan suhu menjelang tahun politik di 2024 mendatang. Warganet pun menanggapi dengan beragam komentar. Pendukung Anies pun kini turut mengucapkan terima kasih di media sosial mereka karena dukungan yang diberikan Demokrat kepada Anies Baswedan. Lalu apakah dukungan ini memengaruhi sentimen publik terhadap AHY dan Demokrat?

Netray mengamati perbincangan terkait topik ini untuk mengetahui sejauh mana perbincangan warganet berdampak pada tren sentimen Demokrat dan AHY. Dengan menggunakan kata kunci anies && demokrat selama 21–27 Januari 2023, berikut hasil monitoring Netray.

Demokrat
Gambar 1. Intensitas perbincangan warganet topik anies && demokrat

Dari grafik di atas dapat diamati bahwa jumlah perbincangan melonjak pada 26 Januari 2023 ketika AHY membuat pernyataan tertulis terkait dukungan Demokrat kepada Anies. Pada tanggal tersebut tampak jumlah perbincangan warganet mencapai 4.711 cuitan dengan lonjakan signifikan sejak pukul 09.00 WIB. Dukungan Demokrat untuk Anies Baswedan disambut baik. Sentimen positif terlihat bergerak naik dan mencapai puncaknya di tanggal yang sama.

Gambar 2. Tren sentimen positif meningkat signifikan

Sebagai tokoh politik populer nama Anies Baswedan tentu memiliki pengaruh terhadap perbincangan dan sentimen publik. Tak heran apabila isu yang melibatkan dirinya kerap memengaruhi tren sentimen yang berkembang di media sosial. Seperti halnya tren perbincangan dan sentimen untuk Nasdem yang mendadak melonjak signifikan di awal pendeklarasian Anies . Sentimen positif untuk Partai Demokrat pun kini melambung saat pernyataan resmi dukungan terhadap Anies diumumkan.

Melalui grafik pada Gambar 2 dapat diamati jumlah cuitan yang meningkat signifikan dengan garis sentimen positif yang melambung menjauhi garis sentimen negatif. Hal ini menunjukkan respons positif warganet saat Demokrat turut mendukung Anies Baswedan maju sebagai bakal capres (bacapres) 2024 mendatang seperti yang dilakukan oleh Nasdem sebelumnya.

Gambar 3. Cuitan dukungan warganet atas majunya Demokrat sebagai koalisi Nasdem

Langkah Demokrat menegaskan posisi sebagai koalisi Nasdem dengan mengusun Anies sebagai bacapres membuat warganet kemudian bertanya-tanya soal sosok yang akan dipasangkan bersama Anies di 2024 mendatang. Sejumlah warganet menduga AHY-lah yang akan maju mendampingi Anies sebagai cawapres.

Gambar 4. Opini warganet soal sosok yang akan mendampingi Anies Baswedan

Namun, ada juga warganet yang justru berpikir kemungkinan PKS resmi maju dalam koalisi ini sehingga AHY bisa saja tidak mendapatkan kursi cawapres melainkan kursi tersebut mengarah pada sosok Khofifah.

Jika pada cuitan populer ditemukan banyak dukungan terhadap AHY dan Demokrat pada media populer justru berbeda. Pada kategori media populer justru ditemukan beberapa hate speech yang ditujukan kepada AHY. AHY dinilai tidak akan diberi kesempatan untuk menempati kursi cawapres seperti yang dikehendaki oleh Demokrat. Selain itu, tampak sejumlah opini soal sosok AHY yang dinilai tidak memiliki prestasi selain karena merupakan anak dari SBY.

Gambar 5. Media populer

Lalu pada akun populer dapat diamati sepuluh akun terpopuler pada topik ini yang didominasi oleh akun media pemberitaan dan pendukung Anies Baswedan seperti @JarnasABWBpn dan @Relawananies. Sebagian besar membahas dukungan Demokrat untuk Anies Baswedan dengan sentimen positif. Selain itu sejumlah akun media seperti @KompasTV, @tempodotco, @OposisiCerdas, dan @geloraco turut mempopulerkan topik ini.

Gambar 6. Akun populer
Gambar 7. Sampel twit dari akun populer

Pembahasan Media Pemberitaan: Anies, Demokrat Hingga Arah PKS

Gambar 8. Statistik pemberitaan

Di media pemberitaan terdapat 827 artikel terkait Demokrat dan Anies yang berasal dari 104 media yang hampir seluruhnya masuk dalam kategori politik. Hal ini berkaitan dengan topik pembahasan soal partai dan tokoh politik yang melibatkan setidaknya 4.561 entitas.

Gambar 9. Grafik intensitas pemberitaan

Seperti halnya di media sosial, intensitas pemberitaan di media daring juga mengalami peningkatan pada tanggal yang sama, yakni 26 Januari 2023. Pemberitaan ini didominasi oleh artikel bersentimen positif yang turut melonjak pada tanggal yang sama.

Gambar 10. Pemberitaan terkait Anies dan Demokrat

Majunya Demokrat sebagai koalisi untuk mengusung Anies dinilai akan semakin memperkuat simpatisan untuk memenangkan Anies sebagai presiden dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Dukungan ini pun mendapat apresiasi dari Sudirman Said, Perwakilan Anies Baswedan dalam tim kecil untuk bakal Koalisi Perubahan. Meski demikian, AHY dikabarkan enggan bernegosiasi terkait cawapres yang nantinya akan dipasangkan dengan Anies.

Gambar 11. Pemberitaan terkait Anies dan Demokrat

Selain Nasdem dan Demokrat, PKS juga dikabarkan akan segera mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Baswedan. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman. Jika dukungan tersebut benar adanya maka setidaknya di awal tahun 2023 ini sudah terdapat 3 partai yang berkoalisi mendukung Anies Baswedan untuk maju sebagai capres 2024.

Pada kategori Top People dapat diamati beberapa nama tokoh politik yang populer pada topik ini. Di urutan teratas terdapat nama Anies Baswedan, disusul AHY. Selain itu, tampak nama Prabowo Subianto dan Surya Paloh selaku ketua umum dari partai Gerindra dan Nasdem banyak disebut dalam artikel terkait koalisi dukungan untuk Anies Baswedan. Terutama saat Nasdem melakukan kunjungan ke Sekber Gerindra yang dinilai hanya sebagai gimik oleh pengamat karena Gerindra diketahui akan kekeh memajukan Prabowo sebagai capres di 2024 mendatang.

Gambar 12. Sampel berita

Sementara pada Top Portal tampak Kompas menjadi media yang paling banyak menerbitkan artikel terkait Anies, diikuti oleh Suara dan Fajar.co.id.

Secara resmi, saat ini terdapat dua partai yang berkoalisi untuk Anies Baswedan yakni Nasdem dan Demokrat. Keputusan Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres menambah dukungan terhadap Anies sekaligus menaikkan sentimen positif untuk Partai Demokrat. Hal ini menandakan pesta politik sudah semakin dekat dan suhunya juga semakin hangat.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: