BerandaInfografikSoal Wacana Kenaikan Tiket Borobudur dari Warganet Instagram

Soal Wacana Kenaikan Tiket Borobudur dari Warganet Instagram

Published on

Tiket objek wisata Candi Borobudur Magelang kabarnya akan dinaikkan menjadi Rp750.000,- yang biasanya hanya berharga Rp50.000,- untuk wisatawan domestik dewasa. Rencana kenaikan ini diungkapkan oleh Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada tanggal 5 Juni 2022 lalu. Sedangkan wisatawan asing akan dikenai tarif masuk sebesar $100 US atau sekitar Rp1.400.000,-.

Kenaikan harga tiket ini bertujuan untuk mengurangi wisatawan yang berkunjung ke kompleks candi sehingga memudahkan pengelola untuk merawat bangunan bersejarah tersebut. Termasuk nantinya membatasi jumlah pengunjung menjadi sebanyak 1.200 orang per hari yang terlebih dulu harus mendaftar secara online.

Rencana kenaikan harga tiket yang berkali-kali lipat ini tentu berujung kontroversi di ruang publik. Banyak yang tidak setuju dengan Luhut dan tak jarang pula masyarakat yang mendukungnya. Netray memonitor media sosial Instagram guna melihat bagaimana kontroversi tersebut beredar di dunia maya. Hasilnya bisa disimak pada infografik berikut atau analysis.netray.id/tiketcandiborobudur.

Infografik: Alvito Madista

More like this

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 25 November-1 Desember 2022

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa...

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 25 November-1 Desember 2022

Berdasarkan pantauan Netray, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo mengisi...

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 18-24  November 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Erick Thohir mengisi 3 besar...
%d blogger menyukai ini: