Home#Membaca2024Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 5-11 Februari 2024

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 5-11 Februari 2024

Published on

Tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) definitif secara resmi akan bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Mereka antara lain adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung oleh koalisi Partai Nasdem, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung koalisi Partai Gerindra, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung oleh koalisi PDIP.

Netray memantau popularitas ketiga pasangan capres cawapres menggunakan kata kunci ganjar&mahfud, prabowo&gibran, dan anies&muhaimin. Sementara popularitas capres cawapres secara individu dipantau dengan kata kunci ganjar pranowo, mahfud md, prabowo subianto, gibran, anies baswedan, dan muhaimin iskandar.

Berdasarkan pemantuan Netray Media Monitoring terkait popularitas capres cawapres, pada periode 5-11 Februari paslon Prabowo-Gibran kembali meraih posisi pertama dengan mengantongi total mention sebanyak 284.259. Demikian halnya dengan Ganjar-Mahfud yang kembali menempati urutan kedua dengan total 221.240 penyebutan. Paslon Anies-Muhaimin tetap berada di urutan terakhir karena hanya memperoleh 91.173 kali penyebutan. Meski urutan tetap, jumlah penyebutan untuk ketiga paslon meningkat dibandingkan pekan lalu.

Apabila dilihat dari popularitas individu capres cawapres pada pekan ini Gibran kembali menjadi yang terpopuler. Selanjutnya disusul Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Urutan ini sama seperti pekan lalu. Perubahan peringkat hanya terjadi di urutan keempat hingga keenam. Prabowo Subianto pekan ini ada di urutan keempat, Muhaimin di urutan kelima, dan Mahfud turun di urutan keenam.

Sentimen Penyebutan dalam Popularitas Capres Cawapres

Meski rasio sentimen positif paslon Ganjar-Mahfud turun di angka 64%, paslon ini masih menjadi peserta Pilpres 2024 yang mendapat banyak impresi positif dari warganet. Kemudian disusul Prabowo-Gibran di urutan kedua dengan persentase sentimen positif di angka 48%. Anies-Muhaimin bersaing ketat dengan Prabowo-Gibran dengan perolehan sentimen positif sebesar 46%. Di sisi lain, apabila melihat rasio sentimen negatif tertinggi diperoleh Prabowo-Gibran dengan perolehan sebesar 26%. Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin bersaing ketat dengan total 13% dan 12%.

Proporsi sentimen positif negatif paslon sedikit banyak tercermin pada perolehan impresi individu capres dan cawapres. Seperti proporsi sentimen positif Ganjar dan Mahfud yang masih dominan di angka 60%. Sentimen negatif paslon 02 paling dominan disumbang oleh Gibran yang mencapai 48% sedangkan Prabowo justru dominan sentimen positif sebesar 47%. Anies-Baswedan dan Muhaimin sama sama domianan memiliki sentimen positif. Namun angkanya tidak setinggi Ganjar dan Mahfud.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (media sosial X, TikTok, Instagram,...

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol)...
%d bloggers like this: